Tuesday, August 18, 2020

TAHUN BERSEJARAH UNTUK DUNIA PENDIDIKAN (BELAJAR MATEMATIKA DI ERA PANDEMI COVID-19


TAHUN BERSEJARAH DI DUNIA PENDIDIKAN

BELAJAR MATEMATIKA DI ERA PANDEMI COVID-19

 

SUTIANA, S.Pd.SD

GURU SDN MARGAMULYA

 

Pada Tahun 2020 ini adalah tahun sangat bersejarah untuk dunia pendidikan, dengan adanya pandemi Covid-19 ini merubah semua kegiatan siswa yang biasa berangkat kesekolah sekarang harus berdiam diri di rumah dengan menerapkan pola pembelajaran BDR (belajar dari rumah), kagiatan pemebelajaran  matematika cukup  menyulitkan  siswa  dan  guru saat pandemi Covid-19, apalagi siswa harus  belajar  dari rumah.  Belajar jarak jauh di rumah  berarti  orang  tua  memiliki  peran  penting  untuk  memantau  kegiatan  anak  di rumah  selama  sekolah  diliburkan  di  Era  Covid-19  ini,  apalagi  kalau  siswa  diajak belajaran  matematika  melalui  Daring  (dalam  jaringan).  Sudah  saatnya  guru meninggalkan proses pembelajaran yang mengutamakan hapalan atau menemukan satu jawaban soal  yang  benar,  metode pembelajaran  era globalisasi saat  ini, pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan untuk pengembangan media dan multimedia pembelajaran matematika.

Setalah Era Revoluasi 4.0, maka ada Era Revolusi 5.0, dimana seorang pendidik harus bisa    memanfaatkan  dan  menggunakan  teknologi  dengan  baik  dan  benar,  sehingga pembelajaran  matematika  tetap  menyenangkan,  seperti  halnya  membuat  video pembelajaran  animasi  yang  unik,  atau  game  matematika  yang  menarik.  Dengan demikinan  minat  siswa  untuk  menyukai  matematika  semakin  tinggi,  karena  peran teknologi dapat mengubah dunia yang biasa menjadi luar biasa.

 

Ada  beberapa  solusi  pembelajaran  Matematika  di  Era  Covidd-19,


1)      menjelaskan situasi yang terjadi saat ini kepada anak dan siswa tentang social distancing dan aktivitas di  rumah. Berikan pemahaman  bahwa anak dan siswa tetap harus belajar di rumah.  Berikan  pelaskan  bahwa  belajar  di  rumah  merupakan  salah  satu  bentuk pencegahan penularan virus corona. Tempat ramai seperti sekolah dan juga ruang publik lainnya dapat meningkatkan potensi penularan virus;


2)      saling koordinasi secara noline antara orang tua dengan guru dan sekolah. Orang tua harus aktif menanyakan kepada guru  mengenai  materi  yang  harus  dipelajari  anak,  metode  pembelajaran  yang  akan digunakan, dan tugas apa saja yang harus dikerjakan oleh siswa. Orang tua juga perlu berkoordinasi aktif dengan pihak sekolah. Bagitu juga guru dan sekolah dengan orang tua harus saling memberitahukan atas perkembangan anak selama belajar di rumah agar guru dapat mengantisipasi langkah pembelajaran selanjutnya dan sekolah memberikan arahan  yang  tepat  dalam  melaksanakan  proses  pembelajaran  di  era  Covid-19;


3)      manfaatkan  media  pembelajaran  daring,  salah  satunya  adalah  pembelajaran  dalam bentuk video yang diupload ke channel Youtobe, banyak sekali video pembelajaran di platform  youtobe  yang  mudah untuk  diperhatikan  ketika  pembelajaran  berlangsung, dengan youtube dosen atau guru bisa siaran langsung di channelnya tetapi dengan syarat harus 1000 subscribers baru bisa siaran langsung, atau guru dan dosen  bisa membuat video pembelajaran berbasis animasi kartun atau presentasi matematika ketika mengajar dikelas;


4)      suasana belajar  yang nyaman dan menyenangkan. Kegiatan pembelajaran diselingi dengan  aktivitas yang  nyaman untuk  bekerja dan  belajar di  rumah.  Belajar matematika di rumah sangat membosankan apabila tidak diselingi dengan aktivitas lain yang menyenangkan, yaitu berilah kebebasan dan keleluasaan anak untuk bereksplorasi. Orang tua bisa mengajak anak belajar di ruang keluarga atau pekarangan rumah untuk mendapatkan udara yang terbuka. Sesekali orang tua memberikan hadiah kepada anak apabila sudah menyelesaikan tugas dengan baik.



KUNJUNGI TERUS BLOG https://sdnmargamulya.blogspot.com/

SOAL ULANGAN HARIAN MATEMATIKA KELAS 4 (MATERI PECAHAN)

 


 

 

  

Pilihlah jawaban a, b, c atau d dengan cara memberi tanda silang pada jawaban yang paling tepat di bawah ini !


1.    Bentuk pecahan yang senilai dengan 3⁄5 adalah....


       a. 6⁄5                              b. 9⁄12

       c. 6⁄10                            d. 12⁄15


2.    Pada pecahan, bilangan yang berada di atas      

       dinamakan....

       a. Pembilang                  b. Pemfaktor

       c. Penyebut                    d. Pembagi

3.    Pecahan 1⁄6  dibaca .....

       a. Satu enam                  b. Enam satu

       c. Seperenam                 d. Enam persatu


4.    Pecahan lima persembilan ditulis ....

       a. 1⁄59                             b. 9⁄5   

       c. 5⁄9                               d. 59⁄1


5.

         

       Bagian yang diberi warna merah tersebut bernilai ....

       a.  5⁄3                              b.  1⁄5  

       c.  3⁄8                               d.  5⁄8


6.    Badu membelah semangka menjadi 9 bagian. Badu

        kemudian memakan tiga bagian semangka.

       Maka nilai semangka yang dimakan Badu jika ditulis

      dalam bentuk pecahan adalah ....

       a.  1⁄3                              b.  9⁄3 

       c.  3⁄9                              d.  2⁄3


7.    2⁄6 , .....  ,  4⁄6  , 5⁄6

       Pecahan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas  

       agar menjadi urutan yang tepat adalah .....

       a.  1⁄6                               b.  2⁄6

       c.  3⁄6                               d.  6⁄6


8.    1⁄4  ......  1⁄9

       Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas   

        adalah .....

        a. >                                  b. <   

        c. =                                  d. +-


9.    9⁄10 ,  4⁄10 ,  5⁄10 ,  1⁄10

       Pecahan-pecahan di atas jika ditulis secara urut dari

       yang terkecil menjadi ....

       a.   1⁄10 ,  4⁄10 ,  5⁄10 ,  9⁄10   

       b.  9⁄10 ,  5⁄10 ,  4⁄10 ,  1⁄10   

       c.  9⁄10 ,  1⁄10 ,  5⁄10 ,  4⁄10

       d.  5⁄10 ,  4⁄10 ,  9⁄10 ,  1⁄10

 

10.  Bentuk paling sederhana dari 75⁄100 adalah ....

       a. 1⁄2                                 b. 1⁄4    

       c. 2⁄3                                 d. 3⁄4


11.  Pecahan di bawah ini yang tidak senilai dengan 1⁄2

       adalah ....

       a. 2⁄4                                 b. 6⁄10    

       c. 11⁄22                             d. 50⁄100


12.  Siti mempunyai pita sepanjang 1⁄3 meter, Amelia

       sepanjang 4⁄10  meter dan Ni Luh sepanjang

       3⁄4 meter. Maka dari hal tersebut dapat diketahui  

       bahwa   ....

       a. Pita Siti paling panjang

       b. Pita Amelia yang paling pendek

       c. Pita Siti lebih panjang dari pita Amelia

       d. Pita Ni Luh paling panjang


13.  3⁄8  + 2⁄3  = ....

        Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....

        a. 5⁄24                                 b. 5⁄11   

        c. 25⁄24                               d. 6⁄24


14.  1⁄4  + 1⁄2  + 2⁄5 = ....

       Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....

       a. 4⁄11                                 b. 23⁄20   

       c. 4⁄20                                 d. 2⁄40


15.  3⁄4  - 2⁄3  = ....

       Hasil dari pengurangan pecahan di atas adalah ....

       a.  3⁄12                                b. 4⁄12  

       c. 1⁄12                                 d. 1⁄1


16.  Bentuk pecahan desimal dari 3⁄8  adalah ....

       a. 0,5                                   b. 0,25  

       c. 0,125                               d. 0,375


17.  Bilangan 30% jika ditulis kedalam bentuk pecahan

       adalah...

       a.  2⁄5                                   b.  3⁄5

       c.  2⁄10                                 d. 3⁄10


18. Bilangan pecahan 18⁄4 jika ditulis dalam bentuk

      pecahan  campuran adalah ....

       a.  4 1⁄2                                 b.  3 3⁄4

       c. 3  1⁄2                                 d. 4 3⁄4


19. Bilangan 0,675 jika ditulis dalam bentuk persen

      adalah....

      a.  6%                                     b. 67,5%

      c. 65%                                    d. 675%


20. Bilangan 0,15 jika ditulis dalam bentuk pecahan biasa

      adalah....

      a.  3⁄10                                   b.  3⁄20

      c.  3⁄15                                   d. 3⁄25