RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) KURIKULUM 2013 TK PGRI MANDALAWANGI
TEMA :
REKREASI
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 1
KD : 1.1,1.2, 2.1, 2.5, 2.7, 2.9, 2.11, 2.14, 3.1,
4.1, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.13, 4.13, 3.14,
4.14, 3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
TEMPAT-TEMPAT
REKREASI
|
1.1.4.Mensyukuri
ciptaan Tuhan
|
1.Berdiskusi tentang
tempat – tempat rekreasi, manfaat & tata tertib
|
|
|
1.2.6.Kelestarian
lingkungan
|
2.Mengurutkan gambar
seri cara berkunjung ke tempat rekreasi
|
|
|
2.1.4.Menjaga
kesehatan
|
3.Mau bermain dengan
teman
|
|
|
2.5.6.Bercerita
tentang pengalaman
|
4.Bercerita tentang
pengalaman anak
|
|
|
2.7.2.Sabar menunggu
giliran
|
5.Pentingnya menjaga
kebersihan di tempat rekreasi
|
|
|
2.9.5. Mau berbagi
dengan teman
|
6.Menyanyi lagu
“Kebun Binatang, Pemandangan, Menuju pantai “
|
|
|
2.11.4. Mudah
bergaul/berteman
|
7.Memberi tanda
perbuatan baik dan buruk
|
|
|
2.14.4.Memberi dan
membalas salam
|
8.Mencari jejak
menuju tempat rekreasi
|
|
|
3.1.3.dan 4.1.3.Doa
sebelum bepergian
|
9.Berkunjung ke
tempat rekreasi terdekat
|
|
|
3.4.3.dan
4.4.3.Membuang sampah pada tempatnya
|
10.Mewarnai gambar
anak sedang rekreasi
|
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep pengurangan
|
11.Melengkapi huruf
gambar tempat rekreasi
|
|
|
3.5.2.dan
4.5.2.Mencari jejak tempat rekreasi
|
12.Bermain pasir,
bermain di bak air
|
|
|
3.8.5.dan 4.8.5Tanya
jawab tempat-tempat rekreasi.
|
13.Mengahafal doa
sebelum bepergian
|
|
|
3.10.4.dan
4.10.4.Suku kata awal sama
|
14.Menghitung hasil
penjumlahan dan pengurangan dengan benda
|
|
|
3.11.3.dan
4.11.3.Lagu anak-anak
|
15. Bermain sepak
bola, menaiki tangga
|
|
|
3.13.2.dan
3.13.2.Orang-orang yang ada di tempat rekreasi
|
16.Berlari sambil
melompat dengan seimbang
|
|
|
3.14.1.dan
4.14.1.Bermain bebas
|
17.Melipat kertas
menjadi bentuk keranjang sampah
|
|
|
3.15.1.dan
4.15.1.Senandung bunyi-bunyian yangmenyenangkan
|
18.Menggambar bebas
taman kota
|
|
|
|
19.Membedakan kata
yang mempunyai suku kata awal / akhir sama
|
|
|
|
20.Bermain dengan
alat perkusi
|
|
|
|
21.Berdiskusi
tentang memberi dan membalas salam
|
|
|
|
22.Berdiskusi
tentang orang – orang yang ada di pantai
|
|
|
|
23.Mengelompokkan
benda – benda yang ada di tempat rekreasi
|
|
|
|
24.Konsep waktu
(membaca jam)
|
|
|
|
25.Bermain peran
sebagai petugas penjaga tiket masuk
|
|
|
|
26.Membatik dan
jumputan
|
|
|
|
27.Gerak dan lagu
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
REKREASI
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 2
KD : 1.1,1.2, 2.1, 2.5, 2.7, 2.9, 2.11, 2.14, 3.1,
4.1, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.13, 4.13, 3.14,
4.14, 3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
PERLENGKAPAN
|
1.1.7.Tidak
menyakiti binatang
|
1.Berdiskusi tentang
perlengkapan untuk rekreasi
|
|
REKREASI
|
1.2.6.Kelestarian
lingkungan
|
2.Berdiskusi tentang
pentingnya rekreasi bagi kesehatan
|
|
|
2.1.4.Menjaga
kesehatan
|
3.Memberi tanda pada
gambar perlengkapan rekreasi
|
|
|
2.5.6.Bercerita ttg
prngalaman
|
4.Menghafal doa
sebelum bepergian
|
|
|
2.7.2.Sabar menunggu
giliran
|
5.Menggambar bebas
perlengkapan rekreasi
|
|
|
2.9.5. Mau berbagi
dengan teman
|
6.Tata tertib di
tempat rekreasi
|
|
|
2.11.4. Mudah
bergaul/berteman
|
7.Menggunting dan
menempel gambar pelampung
|
|
|
2.14.4.Memberi dan
membalas salam
|
8.Kolase topi mainan
dengan kertas
|
|
|
3.1.3.dan 4.1.3.Doa
sebelum bepergian
|
9.Memasangkan benda
sesuai kata
|
|
|
3.4.2.dan 4.4.2.Cuci
tangan, mandi, menyisir rambut
|
10.Menebali suku
kata awal sama perlengkapan rekreasi
|
|
|
3.5.3.dan
4.5.3.Puzel
|
11.Diskusi tentang
orang-orang yang ada ditempat rekreasi
|
|
|
3.8.5.dan 4.8.5Tanya
jawab perlengkapan rekreasi.
|
12.Menganyam bentuk
tas
|
|
|
3.10.2.dan
4.10.2.Menirukan 3 – 4 urutan kata
|
13.Bercerita tentang
pengalaman anak
|
|
|
3.11.3.dan
4.11.3.Lagu anak-anak
|
14.Mencocokkan
bilangan sesuai gambar
|
|
|
3.13.2.dan
3.13.2.Orang-orang yang ada di tempat rekreasi
|
15.Mewarnai gambar
tenda
|
|
|
3.14.1.dan
4.14.1.Bermain bebas
|
16.Menyanyi lagu
Topi saya bundar
|
|
|
3.15.1.dan
4.15.1.Senandung bunyi-bunyian yang menyenangkan
|
17.Menghitung topi
|
|
|
|
18.Praktek membuka
dan menutup payung
|
|
|
|
19.Membuat bentuk
payung dari kertas
|
|
|
|
20.Menceritakan
gambar yang disediakan
|
|
|
|
21.Menirukan gerkan
sederhana
|
|
|
|
22.Memilih baju
renang
|
|
|
|
23.Mengelompokkan
peralatan untuk berenang
|
|
|
|
24.Berjalan
membungkuk
|
|
|
|
25.Menyebutkan jenis
obat anti mabuk
|
|
|
|
26.Menari / tari
payung
|
|
|
|
27.Membedakan besar
– kecil benda
|
|
|
|
28.Bermain sambung
lidah
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
KENDARAAN
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 3
KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2,
4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12.
2.3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
KENDARAAN DARAT
|
2.1.4.Menjaga
kesehatan
|
1.Berdiskusi tentang
kendaraan darat, bagian – bagian kendaraan
|
|
|
2.2.3.Mengetahui apa
yang terjadi
|
2.Bercerita mengapa
mobil bisa berjalan
|
|
|
2.5.8.Mengikuti
lomba naik sepeda
|
3.Mencari jejak
tempat pemberhentian kendaraan
|
|
|
2.6.5.Mentaati
tertib lalu lintas
|
4.Bercerita tentang
tata tertib berkendara
|
|
|
2.7.1. Saling
menghormati antar pengendara
|
5.Mengelompokkan
gambar kendaraan darat (roda 2, roda 3, roda 4)
|
|
|
2.9.3. Mau
meminjamkan miliknya
|
6.Menyusun pusel
gambar mobil sedan
|
|
|
2.12.2. Memohon dan
memberi maaf
|
7.Naik sepeda roda 2
|
|
|
2.14.1.Mengucap
terima kasih
|
8.Membuat sajak
|
|
|
3.2.4.dan
4.2.4.Menolong orang yang kesusahan
|
9.Menggambar bebas
kendaraan darat
|
|
|
3.3.3.dan 4.3.3.Guna
anggota tubuh untuk
|
10.Menempel
bentuk-bentuk geometri pada gambar truk
|
|
|
mengendarai kendaraan
|
11.Mewarnai gambar
kendaraan darat
|
|
|
3.5.3.dan
4.5.3.Menyusun puzel bentuk mobil
|
12.Menghubungkan
gambar dengan kata
|
|
|
3.6.2.dan
4.6.2.Bagian-bagian kendaraan.
|
13.Menyanyi lagu
“Sepeda Baru, Bis kota “
|
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep bilangan
|
14.Penjumlahan dan
pengurangan dengan benda
|
|
|
3.7.4.dan
4.7.4.Macam-macam kendaraan darat
|
15.Bermain
mobil-mobilan
|
|
|
3.9.4.dan
4.9.4.Miniatur kendaraan darat
|
16.Membuat terminal
dengan balok-balok
|
|
|
3.11.4.dan
3.11.4.Syair
|
17.Membuat
mobil-mobilan dari kardus bekas
|
|
|
3.12.1.dan
4.12.1.Huruf vokal dan konsonan
|
18.Menghitung jumlah
roda kendaraan
|
|
|
3.15.2.dan
4.15.2.Tertarik ingin naik sepeda / becak
|
19.Memasangkan angka
dengan jumlah bagian – bagian kendaraan
|
|
|
.
|
20.Membuat tulisan /
cerita mengenai gambar yang telah dibuatnya
|
|
|
|
21.Mengamati sepeda,
sepeda motor
|
|
|
|
22.Menirukan gerakan
orang mengemudi
|
|
|
|
23.Membuat bentuk
kereta api dengan tehnik 3m
|
|
|
|
24.Melengkapi kata
|
|
|
|
25.Gerak dan lagu
“Tamasya “
|
|
|
|
26.Tepuk tangan
dengan pola
|
|
|
|
27.Membedakan dua
benda (sepeda dan sepeda motor)
|
|
|
|
28.Mengunjungi
stasiun
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
KENDARAAN
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 4
KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2,
4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12.
2.3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
KENDARAAN AIR
|
2.1.4.Menjaga
kesehatan
|
1.Berdiskusi tentang
kendaraan air
|
|
- Perahu layar
|
2.2.3.Mengetahui apa
yang terjadi
|
2.Mengelompokkan
gambar kendaraan air
|
|
- Kapal laut
|
2.5.1.Berani
bertanya
|
3.Bercerita tentang
gambar yang disediakan
|
|
- Rakit
|
2.6.5.Mentaati
tertib berkendara
|
4.Membuat bentuk
dermaga dari balok - balok
|
|
- Perahu karet /
|
2.7.1. Saling
menghormati antar penumpang
|
5.Mozaik gambar
kapal laut
|
|
pelampung
|
2.9.3. Mau
meminjamkan miliknya
|
6.Menyusun pusel
gambar kapal laut
|
|
|
2.12.1.
Menyelesaikan pekerjaan sampai selesai
|
7.Bersyair “Kapal
Laut”
|
|
|
2.14.1.Mengucap
terima kasih
|
8.Menyebutkan huruf
konsonan dari nama-nama kendaraan laut
|
|
|
3.2.4.dan
4.2.4.Menolong orang yang kesusahan
|
9.Membiasakan anak
mengucap terimakasih
|
|
|
3.3.3.dan 4.3.3.Guna
anggota tubuh untuk
|
10.Melipat kertas
menjadi bentuk perahu
|
|
|
mengendarai
kendaraan
|
11.Menirukan gerakan
mendayung perahu
|
|
|
3.5.3.dan
4.5.3.Menyusun puzel bentuk kapal laut
|
12.Menghubungkan
gambar kendaraan laut dengan kartu kata
|
|
|
3.6.2.dan
4.6.2.Bentuk-bentuk kendaraan air
|
13.Mencipta bentuk
perahu layar dengan kepingan geometri
|
|
|
3.7.4.dan
4.7.4.Macam-macam kendaraan air
|
14.Melengkapi gambar
kapal laut
|
|
|
3.9.4.dan
4.9.4.Miniatur kendaraan air
|
15.Bermain
manjalankan kapal laut di bak air
|
|
|
3.11.4.dan
4.11.4.Syair
|
16.Membuat urutan
bilangan
|
|
|
3.12.1.dan
4.12.1.Huruf vokal dan konsonan
|
17.Menggambar bebas
perahu layar
|
|
|
3.15.2.dan
4.15.2.Tertarik ingin naik perahu
|
18.Mengelompokkan
huruf vokal dari suatu kata
|
|
|
|
19.Menghitung gambar
perahu layar
|
|
|
.
|
20.Membuat bentuk
rakit dari sedotan
|
|
|
|
21.Membedakan besar
– kecil kendaraan air
|
|
|
|
22.Menyebutkan
posisi benda
|
|
|
|
23.Berjalan di atas
papan titian
|
|
|
|
24.Mengulang kalimat
sederhana
|
|
|
|
25.Bemain lompat
tali
|
|
|
|
26.Mencocok gambar
perahu layar
|
|
|
|
27.Mencocokkan
bilangan dengan benda
|
|
|
|
28.Bercerita tentang
pengalaman
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
KENDARAAN
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 5
KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2,
4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12,
4.12, 2.3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
KENDARAAN UDARA
|
2.1.4.Menjaga
kesehatan
|
1.Berdiskusi tentang
kendaraan udara
|
|
- Pesawat terbang
|
2.2.3.Mengetahui apa
yang terjadi
|
2.Bermain peran
sebagai pilot
|
|
- Helikopter
|
2.5.1.Berani
bertanya
|
3.Menggunting gambar
pesawat terbang
|
|
-Kapal layang
|
2.6.5.Mentaati
tertib berkendara
|
4.Mengelompokkan
gambar kendaraan udara
|
|
- Balon udara
|
2.7.1. Saling
menghormati antar penumpang
|
5.Bersyair
“Pesawatku”
|
|
|
2.9.3. Mau
meminjamkan miliknya
|
6.Memasangkan kartu
huruf pada gambar kendaraan udara
|
|
|
2.12.1.
Menyelesaikan pekerjaan sampai selesai
|
7.Menggambar bentuk
helikopter
|
|
|
2.14.1.Mengucap
terima kasih
|
8.Membuat bentuk
pesawat terbang
|
|
|
3.2.4.dan
4.2.4.Menolong orang yang kesusahan
|
9.Mau meminjamkan
pesawat mainan miliknya
|
|
|
3.3.3.dan 4.3.3.Guna
anggota tubuh untuk
|
10.Mencari huruf
awal sama nama kendaraan udara
|
|
|
mengendarai
kendaraan
|
11.Kolase gambar
helikopter dengan kertas
|
|
|
3.5.2.dan
4.5.2.Mencari jejak
|
12.Menyebutkan
konsep waktu
|
|
|
3.6.2.dan
4.6.2.Bentuk-bentuk kendaraan udara
|
13.Menirukan gerakan
pesawat terbang
|
|
|
3.7.4.dan
4.7.4.Macam-macam kendaraan udara
|
14.Menghitung jumlah
pesawat, helikopter dll
|
|
|
3.9.4.dan
4.9.4.Miniatur kendaraan udara
|
15.Mencari jejak
menuju bandara
|
|
|
3.11.4.dan
4.11.4.Syair
|
16.Memasangkan kartu
huruf pada gambar kendaraan udara
|
|
|
3.12.2.dan
4.12.2.Huruf awal sama
|
17.Gerak dan lagu
|
|
|
3.15.2.dan
4.15.2.Tertarik ingin naik pesawat
|
18.Membuat baling –
baling dari stiker es
|
|
|
|
19.Mencari perbedaan
pesawat terbang dengan helikopter
|
|
|
.
|
20.Membuat mainan
balon udara
|
|
|
|
21.Melambungkan bola
|
|
|
|
22.Mengukur panjang
benang dengan jengkal
|
|
|
|
23.Menceritakan
mengapa balon udara bisa terbang
|
|
|
|
24.Mewarnai gambar
kapal layang
|
|
|
|
25.Menghitunghasil
penjumlahan dengan benda
|
|
|
|
26.Meneruskan pola
gambar kendaraan udara
|
|
|
|
27.Melengkapi
kalimat
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
PEKERJAAN
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 6
KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14,
3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3,3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14,
4.14. .3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
BIDANG PENDIDIKAN
|
1.1.6.Memanfaatkan
cipataan Tuhan
|
1.Berdiskusi tentang
pekerjaan di bidang pendidikan, kesehatan
|
|
- Guru
|
1.2.7.Menghargai
hasil karya orang lain
|
2.Bertepuk tangan
membentuk irama
|
|
- TU / Pesuruh
|
2.1.1.Berolah raga
|
3.Mengelompokkan
peralatan yang dipakai bekerja guru,dokter
|
2
|
BIDANG KESEHATAN
|
2.2.2.Mengetahui
sebab akibat
|
4.Bermain peran
sebagai guru,dokter,bidan dll
|
|
- Dokter
|
2.6.5. Mentaati tata
tertib dalam bekerja
|
5.Memberi tanda pada
gambar alat-alat dokter
|
|
- Bidan
|
2.7.4. Saling
menghargai sesama teman
|
6.Menggambar bebas
peralatan guru,dokter
|
|
- Perawat
|
2.9.2. Tenggang rasa
|
7.Menyanyi lagu
“Guruku”
|
|
|
2.13.2.Mengakui
kesalahannya
|
8.Mencocok gambar
termometer
|
|
|
2.14.2.Memperhatikan
orang tua bicara
|
9.Melipat baju
dokter
|
|
|
3.1.7.dan
4.1.7.Tenaga pendidik dan tenaga medis
|
10.Pantomim pergi ke
dokter
|
|
|
3.2.6.dan
4.2.6.Simpati terhadap orang sakit
|
11.Mencipta bentuk
alat-alat dokter dengan plastisin
|
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Koordinasi motorik halus
|
12.Membuat urutan
bilangan gambar alat-alat untuk bekerja
|
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep bilangan
|
13.Menyebutkan
konsep waktu
|
|
|
3.7.5.dan
4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak
|
14.Mencari jejak
tempat bekerja guru
|
|
|
3.9.2.dan
4.9.2.Alat-alat untuk bekerja
|
15.Menghitung jumlah
guru di sekolahnya
|
|
|
3.11.2.dan
4.11.2.Pantomim
|
16.Menyebutkan nama
– nama guru
|
|
|
3.13.5.dan
3.13.5.Dapat bekerja kelompok
|
17.Senam irama
|
|
|
3.14.4.dan
4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia
|
18.Memberi tanda
pada gambar anak yang sopan
|
|
|
3.15.4.dan
4.15.4.Tertarik aktifitas seni
|
19.Menirukan 3 – 4
urutan kata
|
|
|
.
|
20.Permainan warna
dengan cat & kuas
|
|
|
|
21.Menyebutkan
perbedaan guru & TU / pesuruh
|
|
|
|
22.Membuat sajak
|
|
|
|
23.Mengurutkan
peralatan dokter dari kecil – besar
|
|
|
|
24.Menghitung jarum
suntik maiana
|
|
|
|
25.Menghubungkan
tulisan dengan benda
|
|
|
|
26.Membuat bentuk
jarum suntik
|
|
|
|
27.Menimbang berat
badannya sendiri & teman
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
PEKERJAAN
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 7
KD : 1.2, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1,
3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6 ,3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14, 4.14, 3.15,
4 15
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
BIDANG KEAMANAN
|
1.2.7.Menghargai
hasil karya orang lain
|
1.Mengulang kalimat
sederhana
|
2
|
BIDANG PEMERINTAHAN
|
2.2.2.Mengetahui
sebab akibat
|
2.Diskusi tentang
polisi tentara, satpam, hansip, kepala desa, bupati
|
|
(POLISI, TENTARA,
|
2.6.5. Mentaati tata
tertib dalam bekerja
|
3.Membuat pos ronda
dengan balok-balok
|
|
HANSIP, SATPAM,
BUPATI
|
2.7.4. Saling
menghargai sesama teman
|
4.Menyanyi lagu
Polisi
|
|
KEPALA DESA)
|
2.9.2. Tenggang rasa
|
5.Senam fantasi
(bapak polisi)
|
|
|
2.13.2.Mengakui
kesalahannya
|
6.Membuat bentuk
trafe ligt dari kepingan geometri
|
|
|
2.14.2.Memperhatikan
orang tua bicara
|
7.Mencari peralatan
polisi
|
|
|
3.1.7.dan
4.1.7.Tenaga pemerintahan dan tenaga
|
8.Membuat bentuk
pistol dari bombig
|
|
|
keamanan
|
9.Bermain balok
|
|
|
3.2.6.dan
4.2.6.Peduli terhadap keamanan
|
10.Menggambar rambu
– rambu lalu lintas
|
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Koordinasi motorik halus
|
11.Mengurutkan
bilangan
|
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep bilangan
|
12.Melengkapi
kalimat
|
|
|
3.7.5.dan
4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak
|
13.Menari (Tari
Perang)
|
|
|
3.9.2.dan
4.9.2.Alat-alat untuk bekerja
|
14.Membuat baju
untuk tentara
|
|
|
3.11.2.dan
4.11.2.Pantomim
|
15.Membuat topi
tentara
|
|
|
3.13.5.dan
4.13.5.Dapat bekerja kelompok
|
16.Membedakan polisi
dengan tentara
|
|
|
3.14.4.dan
4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia
|
17.Mencocok gambar
rangsel tentara
|
|
|
3.15.4.dan
4.15.4.Tertarik aktifitas seni
|
18.Mengulang kalimat
sederhana
|
|
|
|
19.Lari estafet
membawa tongkat
|
|
|
.
|
20.Membuat sabuk
hansip dari karton bekas
|
|
|
|
21.Mengukur panjang
sabuk dengan penggaris
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
PEKERJAAN
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 8
KD : 1.1, 1.2, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6. 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14, 4.14, 3.15,
4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
BIDANG SWASTA
|
1.1.6.Memanfaatkan
cipataan Tuhan
|
1.Diskusi tentang
petani, nelayan, koki, penjahit
|
|
(PETANI,KOKI,
|
1.2.7.Menghargai
hasil karya orang lain
|
2.Diskus tentang
peralatan untuk bekerja
|
|
TUKANG KAYU,
|
2.2.2.Mengethui
sebab akibat
|
3.Pantomim sebagai
petani
|
|
NELAYAN)
|
2.6.5. Mentaati tata
tertib dalam bekerja
|
4.Mengelompokkan
alat pertanian, tukang kayu, koki, penjahit dll
|
|
|
2.7.4. Saling
menghargai sesama teman
|
5.Meniru angka pada
gambar kue
|
|
|
2.9.2. Tenggang rasa
|
6.Membaca buku
cerita bergambar
|
|
|
2.13.2.Mengakui
kesalahannya
|
7.Mewarnai gambar
petani
|
|
|
2.14.2.Memperhatikan
orang tua bicara
|
8.Mengisi pola
gambar palu dengan serbuk gergaji
|
|
|
3.1.7.dan
4.1.7.Seniman,wira usahawan,wartawan
|
9.Menghitung hasil
petani (penjumlahan)
|
|
|
3.2.6.dan
4.2.6.Simpati terhadap berita dimedia
|
10.Membuat cangkul
dari karton bekas
|
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Koordinasi motorik halus
|
11.Bergerak bebas
sesuai irama musik
|
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep bilangan
|
12.Senam fantasi
meniru petani
|
|
|
3.7.5.dan
4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak
|
13.Menghitung hasil
petani
|
|
|
3.9.2.dan
4.9.2.Alat-alat untuk bekerja
|
14.Mencari jejak
hasil pertanian
|
|
|
3.11.2.dan
4.11.2.Pantomim
|
15.Mengurutkan
caramenanam padi
|
|
|
3.13.5.dan
4.13.5.Dapat bekerja kelompok
|
16.Melompati simpai
|
|
|
3.14.4.dan
4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia
|
17.Menganyam bentuk
caping petani
|
|
|
3.15.4.dan
4.15.4.Tertarik aktifitas seni
|
18.Mengukur panjang
meja dengan meteran
|
|
|
|
19.Permainan fisik
ular naga
|
|
|
.
|
20.Bermain dengan
pasir (mencetak kue 0
|
|
|
|
21.Menggunting pola
baju
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
AIR, UDARA, API
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 9
KD : 1.1, 1.2, 2.1,2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
AIR
|
1.1.2.Air ciptaan
Tuhan
|
1.Diskusi tentang
guna,sumber,manfaat dan bahaya air
|
|
- Sumber air
|
1.2.1.Bersyukur atas
nikmat Tuhan
|
2.Mengelompokkan
sumber – sumber air
|
|
- Guna air
|
2.1.3.Menjaga
kebersihan air
|
3.Praktek berwudhu
|
|
- Tempat air
|
2.2.2.Mengetahui
sebab akibat
|
4.Mengurutkan cara
anak sedang mandi, cara mencuci baju dll
|
|
- Sifat air
|
2.6.1.Perilaku baik
/buruk
|
5.Menghubungkan
tempat air dengan kartu kata
|
|
- Bahaya air
|
2.10.5. Toleransi
|
6.Menggunting gambar
bak air
|
|
|
2.11.1. Menyesuaikan
diri dengan orang lain
|
7.Cuci tangan,gosok
gigi yang benar
|
|
|
2.12.3.
Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan
|
8.Mencoba membuat
hujan, proses terjadinya banjir
|
|
|
3.1.2dan
4.1.2.Berwudhu
|
9.Penjumlahan dengan
benda-benda:mis cangkir
|
|
|
3.2.6.dan
4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang
|
10.Menirukan 4
urutan kata
|
|
|
kebanjiran
|
11.Mengisi wadah
dengan air
|
|
|
3.4.2.dan 4.4.2.Cuci
tangan,mandi,gosok gigi
|
12.Membuat urutan
bilangan
|
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep penjumlahan
|
13.Diskusi tentang
mengapa bisa terjadi hujan,banjir dll
|
|
|
3.6.5.dan
4.6.5.Sifat air.
|
14.Mewarnai gambar
orang mencuci baju
|
|
|
3.8.7.dan
4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur
|
15.Meniru gerakan
sederhana
|
|
|
Mis,Proses
terjadinya banjir
|
16.Menyanyi lagu
|
|
|
3.10.2.dan
4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata
|
17.Memberi tanda
perbuatan benar dan salah
|
|
|
3.12.3.dan
4.12.3.Cerita tentang hujan/banjir
|
18.Melipat kertas
|
|
|
|
19.Perlombaan
memindahkan air ke dalam timba
|
|
|
.
|
20.Percampuran air
dengan sabun, benda – benda dimasukkan dalam
|
|
|
|
Air (terapung, melayang, tenggelam)
|
|
|
|
21.Membuat sajak
sederhana
|
|
|
|
22.Mencari jejak
|
|
|
|
23.Membedakan besar
– kecil tempat air
|
|
|
|
24.Bermain balok ;
membuat tanggul air
|
|
|
|
25.Melakukan tiga
perintah secara urut
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
AIR, UDARA, API
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 10
KD : 1.1, 1.2, 2.1,2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
API
|
1.1.2.Api ciptaan
Tuhan
|
1.Diskusi tentang
guna ,manfaat,sumber dan bahaya api
|
|
- Guna api
|
1.2.1.Bersyukur atas
nikmat Tuhan
|
2.Menyebutkan benda
yang mudah terbakar
|
|
- Sumber api
|
2.1.3.Menjaga
kebersihan lingkungan
|
3.Cerita tentang
Kebakaran
|
|
- Sifat api
|
2.2.2.Mengetahui
sebab akiabt
|
4.Mengelompokkan
sumber-sumber api
|
|
- Bahaya api
|
2.6.1.Perilaku baik
/buruk
|
5.Membakar
kertas,membuat abu
|
|
|
2.10.5. Toleransi
|
6.Memberi angka pada
gambar lilin sesuai jumlahnya
|
|
|
2.11.1. Menyesuaikan
diri dengan orang lain
|
7.Mengurutkan
bilangan
|
|
|
2.12.3.
Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan
|
8.Mengurutkan pola
lilin,dop, api unggun
|
|
|
3.1.2dan
4.1.2.Beribadah
|
9.Mencocok gambar
alat pemadam api
|
|
|
3.2.6.dan
4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang
|
10.Menebali suku
kata awal sama
|
|
|
terkena musibah
kebakaran
|
11.Menggambar dengan
arang
|
|
|
3.4.1.dan 4.4.1.Alat
alat
|
12.Pengurangan
dengan benda-benda
|
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep penjumlahan
|
13.Mencoba membuat
panas dengan menggesekan batu
|
|
|
3.6.5.dan
4.6.5.Sifat api
|
14.Mewarnai gambar
lilin
|
|
|
3.8.7.dan
4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur
|
15.Senam fantasi
|
|
|
membuat arang
|
16.Dramatisasi
memadamkan api
|
|
|
3.10.2.dan
4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata
|
17.Mencoba memasak
air
|
|
|
3.12.2.dan
4.12.2.Huruf awal sama
|
18.Permainan fisik
kata berantai
|
|
|
|
19.Tepuk api
|
|
|
.
|
20.Menyanyi lagu Api
|
|
|
|
21.Menyempurnakan /
menjiplak gambar kompor
|
|
|
|
22.Memasangkan kartu
huruf dengan benda
|
|
|
|
23.Membuat bentuk
api unggun dengan batang korek api
|
|
|
|
24.Berjalan pada
garis lurus
|
|
|
|
25.Mengukur panjang
kabel
|
|
|
|
26.Mengisi pola pada
gambar lampu belajar
|
|
|
|
27.Membedakan
perilaku baik dan buruk
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
AIR, UDARA, API
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 11
KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12,
3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12,
4.12.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
UDARA
|
1.1.2.Udara ciptaan
Tuhan
|
1.Diskusi tentang
manfaat udara
|
|
- Manfaat udara
|
1.2.1.Bersyukur atas
nikmat Tuhan
|
2.Menyanyi lagu
balonku
|
|
- Sumber udara
|
2.1.3.Menjaga
kebersihan lingkungan
|
3.Meniup balon
|
|
- Sifat udara
|
2.2.2.Mengetahui
sebab akibat
|
4.Menghitung gambar
balon
|
|
- Bahaya udara
|
2.6.1.Perilaku baik
/buruk
|
5.Cerita tentang
balon udara,angin puting beliung dll
|
|
|
2.10.5. Toleransi
|
6.Membuat
layang-layang dari kertas
|
|
|
2.11.1. Menyesuaikan
diri dengan orang lain
|
7.Menghitung gambar
layang-layang
|
|
|
2.12.3.
Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan
|
8.Menyebutkan posisi
benda
|
|
|
3.1.2dan
4.1.2.Beribadah
|
9.Bercerita tentang
pengalaman
|
|
|
3.2.6.dan
4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang terkena musibah
|
10.Menggunting
gambar balon udara
|
|
|
angin puting beliung
|
11.Membuat coretan
bentuk angin puting beliung
|
|
|
3.4.1.dan
4.4.1.Benda yang membutuhkan udara
|
12.Melipat kertas
menjadi bentuk kipas / baling – baling / kitiran
|
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep penjumlahan
|
13.Diskusi tentang
sifat/wujud udara
|
|
|
3.6.5.dan
4.6.5.Sifat udara.
|
14.Melukis didalam
gambar balon, melukis dengan meniup
|
|
|
3.8.7.dan
4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur meniup balon
|
15.Bermain kempit
balon, bermain menggelindingkan roda
|
|
|
3.10.2.dan
4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata
|
16.Percobaan tanaman
dimasukkan dalam toples (tertutup dan terbuka)
|
|
|
3.12.3.dan
4.12.3.Cerita tentang balon udara
|
17.Membedakan besar
– kecil pompa
|
|
|
|
18.Mengelompokkan
benda yang membutuhkan udara
|
|
|
|
19.Menirukan 3 – 4
urutan kata
|
|
|
.
|
20.Menceritakan jika
tidak ada udara
|
|
|
|
21.Menirukan gerakan
sederhana (ambil nafas)
|
|
|
|
22.Menyalakan kipas
angin dan merasakan akibat yang ditimbulkannya
|
|
|
|
23.Menggunting
gambar kipas angin
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
ALAT KOMUNIKASI
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 12
KD : 1.1, 2.2, 2.3, 2.4, 2.5, 2.7, 2.9, 2.12, 2.14,
3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12.3.13, 4.13,
3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
ALAT KOMUNIKASI
|
1.2.7.Menghargai
hasil karya orang lain
|
1.Diskusi tentang
alat komunikasi elektronik
|
|
ELEKTRONIK
|
2.2.3.Mengetahui apa
yang terjadi bila tidak ada
|
2.Menggambar bebas
alat komunikasi elektronik (hp, televisi, radio dll)
|
|
-Radio
|
Telepon,televisi,hp,computer
dll
|
3.Belajar
menggunakan hp
|
|
-Televisi
|
2.3.2.Berkreasi
menggunakan berbagai media
|
4.Bicara sopan saat
menelepon
|
|
-Telepon
|
2.4.1. Bergerak
sesuai irama musik
|
5.Membuatbentuk
televisi dengan kardus bekas
|
|
-Handphone
|
2.5.2. Menyampaikan
pendapat lewat telepon
|
6.Menjawab
pertanyaan tentang sopan santun dalam menelepon
|
|
-Laptop
|
2.7.3. Mendengarkan
temannya bicara
|
7.Membuat garis
menjadi bentuk radio,televisi, HP
|
|
-Komputer
|
2.9.3.Mau
meminjamkan miliknya
|
8.Bergerak bebas
sambil mendengarkan musik
|
|
|
2.12.2.Memberi dan
memohon maaf
|
9.Menyanyi lagu
radio televisi
|
|
|
2.14.3.Berbicara
sopan
|
10.Menyampaikan
pendapat lewat telepon
|
|
|
3.2.2.dan
4.2.2.Ucapan salam
|
11.Percakapan dua
arah
|
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Mengkoordinasikan motorik halus
|
12.Melengkapi gambar
radio, telepon
|
|
|
3.6.6.dan
4.6.6.Mengembalikan mainan.
|
13.Bermain alat
perkusi
|
|
|
3.9.4.dan 4.9.4.Alat
tehnologi sederhana.
|
14.Membuat bentuk
alat komunikasi dengan plastisin
|
|
|
3.10.1.dan
4.10.1.Percakapan dua arah/lebih
|
15.Menyebutkan
perbedaan radio dan televisi
|
|
|
3.12.4.dan 4.12.4.
Garis tegak,datar,lengkung
|
16.Konsep waktu
(membaca jam)
|
|
|
3.13.1.dan
4.13.1.Mengendalikan emosi
|
17.Menirukan 3
urutan kata
|
|
|
3.15.1.dan
4.15.1.Senandung bunyi-bunyian,
|
18.Membuat urutan
angkan pada Hp
|
|
|
|
19.Menyebutkan
bagian – bagian alat komunikasi
|
|
|
.
|
20.Membuat laptop
mainan
|
|
|
|
21.Menghubungkan
bagian – bagian alat komunikasi dengan tulisan
|
|
|
|
22.Membedakan besar
– kecil benda
|
|
|
|
23.Mencocok bentuk
komputer
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
ALAT KOMUNIKASI
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 13
KD : 1.1, 2.2, 2.3, 2.4, 2.5, 2.7, 2.9, 2.12, 2.14,
3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12.3.13, 4.13,
3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
ALAT KOMUNIKASI
|
1.2.7.Menghargai
hasil karya orang lain
|
1.Diskusi tentang
alat komunikasi cetak & tradisional
|
|
CETAK &
TRADISIONAL
|
2.2.3.Mengetahui apa
yang terjadi bila tidak ada
|
2.Membaca majalah
bersama-sama
|
|
-Koran
|
Alat komunikasi
|
3.Mengulang kalimat
yang sudah didengar
|
|
-Majalah
|
2.3.2.Berkreasi
menggunakan berbagai media
|
4.Kolase dengan
koran bekas pada gambar koran
|
|
-Baleho / selebaran
|
2.4.1. Bergerak
sesuai irama musik
|
5.Bermain alat
perkusi
|
|
-Kentongan
|
2.5.2. Menyampaikan
pesan
|
6.Mencocok bentuk
gambar kentongan
|
|
-Peluit
|
2.7.3. Mendengarkan
temannya bicara
|
7.Bermain kentongan
sambil bernyanyi
|
|
-Bedug
|
2.9.3.Mau
meminjamkan miliknya
|
8.Membuat betuk
baleho
|
|
|
2.12.2.Memberi dan
memohon maaf
|
9.Mengukur panjang
koran
|
|
|
2.14.3.Berbicara
sopan
|
10.Meronce dengan
koran bekas
|
|
|
3.2.2.dan
4.2.2.Ucapan salam
|
11.Bermain dengan
bola dari koran
|
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Mengkoordinasikan motorik halus
|
12.Berjalan maju
membawa beban majalah di atas kepala
|
|
|
3.9.4.dan 4.9.4.Alat
komunikasi tradisional.
|
13.Montase gambar –
gambar dari majalah
|
|
|
3.10.1.dan
4.10.1.Percakapan dua arah/lebih
|
14.Menghitung
majalah, kentongan dll
|
|
|
3.12.4.dan 4.12.4.
Garis tegak,datar,lengkung
|
15.Membuat bentuk
baleho
|
|
|
3.13.1.dan
4.13.1.Mengendalikan emosi
|
16.Menyebutkan
posisi benda
|
|
|
3.15.1.dan
4.15.1.Senandung bunyi-bunyian,
|
17.Membuat tulisan
isi dari baleho
|
|
|
|
18.Bercerita tentang
pengalaman
|
|
|
|
19.Lomba lari
|
|
|
.
|
20.Membuat peluit
mainan dari daun / sedotan
|
|
|
|
21.Memasangkan
gambar peluit sesuai angka
|
|
|
|
22.Membedakan suara
peluit
|
|
|
|
23.Menirukan suara
bedug
|
|
|
|
24.Menghubungkan
gambar dengan tulisan
|
|
|
|
25.Melengkapi gambar
bedug
|
|
|
|
26.Kolase gambar
bedug dengan kertas
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
NEGARAKU
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 14
KD : 1.1, 1.2,2.4, 2.5, 2.6, 2.9, 2.10, 2.11, 2.14,
3.1, 4.1, 3.5, 4.5, 3.6, 4 .6,3.7, 4.7, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11.3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
NAMA NEGARA
|
1.1.4.Mensyukuri
ciptaan Tuhan
|
1.Diskusi tentang
nama,dasar ,lambang negara indonesia, pulau
|
|
DASAR NEGARA
|
1.2.7.Menghargai
hasil karya orang lain
|
2.Menyanyi lagu ANAK
INDONESIA
|
|
LAMBANG NEGARA
|
2.5.6.Menceritakan
pengalaman
|
3.Menggunting gambar
burung garuda
|
|
BENDERA NEGARA
|
2.6.5.Mentaati tata
tertib yang ada
|
4.Menjahit membuat
bentuk bendera
|
|
PULAU
|
2.9.1.Gotong royong
|
5.Menghafal syair
Pancasila
|
|
|
2.10.5.Toleransi
|
6.Menghubungkan
gambar-gambar perisai Burung garuda
|
|
|
2.11.3.Menyesuaikan
diri dengan lingkungan
|
sesuai angka sila
Pancasila
|
|
|
2.14.2.Mendengarkan
orang tua bicara
|
7.Bermain balok
membuat tugu monas
|
|
|
3.1.8.dan
4.1.8.Hari-hari besar nasional
|
8.Mencari jejak
gambar tugu monas
|
|
|
3.5.2.dan
4.5.2.Mencari jejak
|
9.Melengkapi gambar
pada perisai burung garuda
|
|
|
3.6.4.dan
4.6.4.Meniru pola
|
10.Berjalan maju
pada garis lurus
|
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep bilangan
|
11.Meloncat dengan
ketinggian 40cm
|
|
|
3.7.5.dan
4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak
|
12.Memasangkan nama
pulau dengan gambarnya
|
|
|
3.10.3.dan
4.10.3.Menceritakan isi buku
|
13.Meniru pola pulau
jawa
|
|
|
3.11.3.dan.4.11.3.Lagu
lagu-lagu nasional
|
14.Menggunting
gambar burung garuda
|
|
|
3.15.2.dan
4.15.2.Tertarik pada karya seni
|
15.Menghitung bulu
pada gambar burung garuda
|
|
|
|
16.Melengkapi
tulisan di bawah gambar burung garuda
|
|
|
|
17.Permainan fisik
pindah bendera
|
|
|
|
18.Meniru menulis
syair lagu bendera mebrah putih
|
|
|
.
|
19.Meniru gerakan
sederhana
|
|
|
|
20.Mengurutkan benda
berdasarkan tinggi – rendah
|
|
|
|
21.Menghitung hasil
pengurangan dengan benda
|
|
|
|
22.Mozaik pada gabar
tugu monas
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
NEGARAKU
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 15
KD : 1.1, 1.2,2.4, 2.5, 2.6, 2.9, 2.10, 2.11, 2.14,
3.1, 4.1, 3.5, 4.5,3.6,4.6, 3.7, 4.7, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11.3.15, 4.15..
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
PRESIDEN &
WAKILNYA
|
1.1.4.Mensyukuri
ciptaan Tuhan
|
1.Menunjukkan foto
presiden dan wakil presiden Indonesia
|
|
PAHLAWAN
|
1.2.7.Menghargai
hasil karya orang lain
|
2.Menebali huruf
nama presiden dan wakil presiden
|
|
HARI BESAR NASIONAL
|
2.4.5.Adat istiadat
|
3.Diskusi tentang
hari-hari besar nasional
|
|
ADAT ISTIADAT
|
2.5.6.Menceritakan
pengalaman
|
4.Menari
|
|
LAGU – LAGU NASIONAL
|
2.6.5.Mentaati tata
tertib yang ada
|
5.Bercerita tentang
pengalaman ikut /melihat pawai
|
|
|
2.9.1.Gotong royong
|
6.Menjiplak gambar
benda pusaka
|
|
|
2.10.5.Toleransi
|
7.Mewarnai gambar
pakaian adat
|
|
|
2.11.3.Menyesuaikan
diri dengan lingkungan
|
8.Memakai pakaian
adat
|
|
|
2.14.2.Mendengarkan
orang tua bicara
|
9.Menyanyi lagu-lagu
nasional
|
|
|
3.1.8.dan
4.1.8.Hari-hari besar nasional
|
10.Mengisi pola
dengan garis pada gambar rumah adat
|
|
|
3.5.2.dan
4.5.2.Mencari jejak
|
11.Senam irama
|
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep bilangan
|
12.Melipat kertas
menjadi bentuk pigura
|
|
|
3.7.5.dan
4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak
|
13.Menulis nama
pahlawan sesuai gambar
|
|
|
3.10.3.dan
4.10.3.Menceritakan isi buku
|
14.Menghubungkan
gambar dengan angka
|
|
|
3.11.3.dan.4.11.3.Lagu
lagu-lagu nasional
|
15.Mencari jejak
gambar rumah adat
|
|
|
3.15.2.dan
4.15.2.Tertarik pada karya seni
|
16.Diskusi tentang
adat istiadat
|
|
|
|
17.Lomba memasang
foto persiden
|
|
|
|
18.Membuat bentuk
umbul – umbul
|
|
|
|
19.Meronce hiasan
dengan kertas merah putih
|
|
|
.
|
20.Meneruskan pola
|
|
|
|
21.Membuat bentuk
bambu runcing
|
|
|
|
22.Menyebutkan nama
pahlawan wanita
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
ALAM SEMESTA
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 16
KD : 1.1, 1.2,2.1, 2.2, 2.3, 2.5, 2.7, 2.9,, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.11, 4.11, 3.13, 4.13.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
BUMI
|
1.1.1.Alam semesta
ciptaan Tuhan
|
1.Bersyukur atas
nikmat Tuhan
|
|
- Pegunungan
|
1.2.1.Bersyukur
|
2.Diskusi tentang
benda-benda yang ada di bumi
|
|
- Perkotaan
|
2.1.5.Kebersihan
diri sendiri
|
3.Lomba mengumpulkan
batu
|
|
- Pedesaan
|
2.2.3.Mengetahui apa
yang terjadi
|
4.Menghitung
batu/kerikil
|
|
- Gunung meletus
|
2.3.1.Mengembangkan
hasil karyanya
|
5.Membatik jumputan
dengan kerikil
|
|
- Tanah longsor
|
2.5.6.Menceritakan
pengalaman sederhana
|
6.Bermain dengan
tanah liat
|
|
|
2.7.5.Mengendalikan
emosi
|
7.Mengelompokkan
benda – benda yang ada di sekitar anak
|
|
|
2.9.4.Rasa empati
padaorang lain
|
8.Mneyebutkan benda
yang terbuat dari tanah liat
|
|
|
3.1.3.dan
4.1.3.Hafalan doa sehari-hari
|
9.Mencetak dengan
jari pada gambar guci / kendi
|
|
|
3.2.7.dan
4.2.7.Perbuatan baik terhadap sesama
|
10.Gerak dan lagu
naik – nai ke puncak gunung
|
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep penjumlahan dan pengurangan
|
11.Percobaan membuat
gunung meletus
|
|
|
3.8.4.dan
4.8.4.Suasana pedesaan,pegunungan, perkotaan.
|
12.Membuat sajak
sederhana
|
|
|
3.10.3.dan
4.10.3.Menceritakan isi buku
|
13.Menyanyi lagu
matahari terbenam
|
|
|
3.11.4.dan
4.11.4.Sajak sederhanan
|
14.Membuat mainan
dengan tehnik 3m
|
|
|
3.13.2.dan
4.13.2.Beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
|
15.Mencari jejak
daerah pegunungan
|
|
|
|
16.Bermain perosotan
|
|
|
|
17.Memberi tanda
perbuatan benar dan salah
|
|
|
|
18.Permainan warna
usap abur dengan krayon
|
|
|
|
19.Menirukan 4
urutan kata
|
|
|
|
20.Membuat orang –
orangan sawah
|
|
|
|
21.Menggambar
suasana desa
|
|
|
|
22.Menceritakan isi
gambar yang dibuatnya dengan tulisan
|
|
|
|
23.Memanjat tangga
majemuk
|
|
|
|
24.Membuat bentuk
gedung bertingkat dengan kubus
|
|
|
|
25.Menyebutkan kota
yang dikenal anak
|
|
|
|
26.Mengulang kalimat
yang sudah didengar
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
ALAM SEMESTA
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 17
KD : 1.1, 1.2,2.1, 2.2, 2.3, 2.5, 2.7, 2.9,, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.11, 4.11, 3.13, 4.13.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
BENDA – BENDA
|
1.1.1.Alam semesta
ciptaan Tuhan
|
1.Dikusi tentang
benda – benda langit
|
|
LANGIT
|
1.2.1.Bersyukur
|
2.Bercerita tentang
pengalaman anak
|
|
- Matahari
|
2.1.5.Kebersihan
diri sendiri
|
3.Menyanyi lagu
matahari terbenam, pelangi dll
|
|
- Bulan
|
2.2.3.Mengetahui apa
yang terjadi
|
4.Membuat sajak
sederhana
|
|
- Bintang
|
2.3.1.Mengembangkan
hasil karyanya
|
5.Membuat coretan
menjadi bentuk halilintar
|
|
- Pelangi
|
2.5.6.Menceritakan
pengalaman sederhana
|
6.Diskusi tentang
terjadinya pelang, hujan dll
|
|
- Awan
|
2.7.5.Mengendalikan
emosi
|
7.Menggunting ganbar
pelangi
|
|
- Petir / halilintar
|
2.9.4.Rasa empati
padaorang lain
|
8.Mengisi pola pada
gambar matahari
|
|
|
3.1.3.dan
4.1.3.Hafalan doa sehari-hari
|
9.Percobaan membuat
sinar dengan senter
|
|
|
3.2.7.dan
4.2.7.Perbuatan baik terhadap sesama
|
10.Menghafal doa
waktu hujan/ada petir
|
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep penjumlahan dan pengurangan
|
11.Menghitung hasil
pengurangan dengan benda
|
|
|
3.8.4.dan
4.8.4.Suasana pedesaan, pegunungan, perkotaan.
|
12.Kolase pada
gambar bulan, bentuk awan
|
|
|
3.10.3.dan
4.10.3.Menceritakan isi buku
|
13.Membedakan dua
benda
|
|
|
3.11.4.dan
4.11.4.Sajak sederhanan
|
14.Mencocokkan
bilangan dengan benda
|
|
|
3.13.2.dan
4.13.2.Beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
|
15.Permainan fisik
lintang alihan, petak umpet
|
|
|
|
16.Melipat kertas
menjadi bentuk bintang
|
|
|
|
17.Menghitung bentuk
– bentuk bintang
|
|
|
|
18.Membaca buku
cerita bergambar
|
|
|
|
19.Menyebutkan
konsep waktu
|
|
|
|
20.Bersenandung
sesuai irama lagu
|
|
|
|
21.Permainan warna
dengan krayon
|
|
|
|
22.Melengkapi kata
di bawah gambar
|
|
|
|
23.Meneruskan pola
bentuk benda – benda langit
|
|
|
|
24.Menyebutkan huruf
awal sama
|
|
|
|
25.Membedakan suara
– suara (petir, halilintar)
|
|
|
|
26.Mengelompokkan
gambar benda – benda langit
|
|
|
|
27.Menghubungkan
gambar benda langit dengan kartu kata
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________