Saturday, March 30, 2019

119 BUKTI FISIK AKREDITASI SD/MI 2019,



119 BUKTI FISIK AKREDITASI SD/MI 2019
SDN MARGAMULYA CIKATOMAS

I.     STANDAR ISI
No Instrumen 1
Bukti Fisik
1.      Dokumen :
a)      Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap sepiritual di SD/MI. Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai (Sikap Spiritual Siswa)
b)      Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi sikap spiritual Siswa/Pengauatan Pendidikan Karakter Siswa, Notulen KKG tentang pembahasan pemetaan kompetensi sikap sepiritual/pendidikan karakter
c)      Rancangan dan hasil Penilaian sikap Spiritual, berupa Jurnal Penilaian, Dokumen Obsevasi, Penilaian Diri, dan Penilaian Antar Teman, Program penilaian/evaluasi dan hasil penilaian sikap spiritual
d)      Program Kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler berupa kegiatan keagamaan misalnya : Pesantren kilat, Ceramah Keagamaan, baca tulis Alquran, Retret atau kegiatan lainnya
Bukti fisiknya berupa Program kegiatan, Bukti pelaksanaan ( jadwal, daftar hadir, foto dokumen, evaluasi pelaksanaan)

2.      Wawancara dengan Guru Kelas/Guru Mapel
Pedoman wawancara :
1. Pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2. Keteladanan, pembiasaan dan budaya sekolah/madarosah

No Instrumen 2
Bukti Fisik
1.      Dokumen
a)      Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap sepiritual di SD/MI. Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai(sikap Sosial)
b)     Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi sikap sosial Siswa/Penguatan Pendidikan Karakter Siswa, Notulen KKG tentang pembahasan pemetaan kompetensi sikap sosial/pendidikan karakter.
c)      Rancangan dan hasil Penilaian sikap Sosial , berupa Jurnal Penilaian, Dokumen Obsevasi, Penilaian Diri, dan Penilaian Antar Teman, Program penilaian/evaluasi dan hasil penilaian sikap sosial.
d)     Program dan Hasil Kegiatan Ekstrakurikuler berupa kegiatan krida, misalnya : Keramukaan, PMR, UKS, Paskibra, dan lainnya. Latihan olah bakat latihan olah minat, misalnya : Pengembangan bakat olah raga, seni dan budaya dan lain-lain.
Bukti fisiknya berupa Program kegiatan, Bukti pelaksanaan ( jadwal, daftar hadir, foto dokumen, evaluasi pelaksanaan)

2.      Wawancara dengan guru kelas/Mapel tentang perangkat pembelajaran guru yang memuat tentang pelaksanaan kompetensi sikap sosial
Pedoman wawancara:
Menanyakan tentang perangkat pembelajaran yang memuat  sikap kejujuran, kedisiplinan, sopan santun, percaya diri, peduli dan bertanggungjawab.

No Instrumen 3
Bukti Fisik
1.      Dokumen
a)      Perangkat pembelajaran  guru  yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi Inti 3( Pengetahuan ) dan Kompetensi Dasar
Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai untuk kompetensi pengetahuan.
b)       Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan Siswa
Notulen KKG tentang pembahasan Pemetaan kompetensi Pengetahuan Siswa
c)      Program Kegiatan Ekstrakurikuler berupa Kegiatan Ilmiah Remaja(KIR), Kegiatan penguasaan keilmuan, kemampuan akademik, dan lainnya.
Untuk SD/MI Les mapel dan pembinaan lomba akademik

2.      Wawancara dengan guru kelas/ Mapel tentang kompetensi inti pengetahuan dan kompetensi dasar pada setiap mapel

No Instrumen 4
Bukti Fisik
1.      Dokumen
a)      Perangkat pembelajaran  guru  yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi Inti 4( Keterampilan) dan Kompetensi Dasar
Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Kegiatan intra kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, 6 Alat Evaluasi dan Buku Nilai untuk kompetensi keterampilan
b)      Buku Pelajaran
Memeriksa buku pelajaran yang ada di sekolah dari kelas 1 sampai kelas 6, memenuhi perbandingan 1:1 atau tidak.
c)      Hasil tugas intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
d) Penilaian ketrampilan berupa penilaian kinerja, proyek dan portopolio, berupa kegiatan pengamatan guru seperti menyanyi, bermain peran dan menari, atau produk siswa seperti poster, karangan, puisi dan lain-lain.

2.      Wawancara dengan guru kelas/ Mapel tentang kompetensi inti Ketrampilan dan kompetensi dasar pada setiap mapel

No Instrumen 5
Bukti Fisik Khusus Mapel PAI
1.      Dokumen
a)      Prota dan Prosem.
b)      Perangkat Pembelajaran
c)      buku yang digunakan oleh Guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
d)      Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan siswa
2.      Wawancara Terhadap minimal 3 siswa dari kelas yang berbeda.

No Instrumen 6
Bukti Fisik
1.      Dokumen
a)      Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu pada setiap Kelas setiap semester.
RPP Tematik terpadu pada setiap kelas tiap semester
b)      Silabus dan RPP Pembelajaran Tematik Terpdu pada semua tingkat kelas dan kesesuaiannya dengan buku guru dan buku siswa.
Pemeriksaan kesesuaian antara silabus, RPP dengan buku guru dan buku siswa
c)      Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan Siswa
Memeriksa notulen KKG yang membahas tentang kompetensi pengetahuan

2.      Wawancara Terhadap minimal 3 siswa dari kelas IV, V dan VI
Pedoman Wawancara : Menayakan kepada siswa tentang pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah

No Instrumen 7
Bukti Fisik
1.      SK Penetapan Tim Pengembang Kurikulum Sekolah/Madrasah
Download  
SK Penetapan Tim Pengembang Kurikulum Sekolah/Madrasah
2.      Daftar Hadir Kegiatan Pengembangan Kurikulum
3.      Daftar Hadir Nara Sumber
4.      Berita Acara Pengembangan Kurikulum
Download 
Berita Acara Pengembangan Kurikulum
5.      Notulen Rapat Pengembangan Kurikulum

No Instrumen 8
Bukti Fisik
1.      Dokumen KTSP bagian Kerangka Dasar sesuai dengan Pedoman Pengembangan KTSP
Memeriksa Kerangka Dasar KTSP yang meliputi : 1) Perumusan Visi Missi dan Tujuan sekolah, 2) Pengorganisasian muatan kurikuler sekolah, 3) Pengaturan beban belajar siswa dan beban kerja guru pada tingkat kelas, 4) Penyususnan Kaldik Sekolah, 5) Penyusunan silabus muatan atau mapel Mulok, 6) Penyusunan RPP Setiap Mupel.
2.      Dokumen Silabus mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, dan silabus Mata Pelajaran lainnya termasuk muatan lokal dalam betuk soft copy  dan hard copy
 Memeriksa dokumen kurikulum muatan lokal yang ada di sekolah

No Instrumen 9
Bukti Fisik
1.      Dokumen KTSP yang telah disahkan Oleh Kepala Dinas Pendidikan KabupateN
2.      Memeriksa dokumen kurikulum yang berlaku ditahun berjalan dan tahun sebelumnya.

No Instrumen 10
Bukti Fisik
1.      Struktur kurikulum di sekolah/madarosah
2.      Dokumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri
Memeriksa Program Kegiatan mandiri terstruktur dan Program mandiri tidak terstruktur, bukti pelaksanaan (hasil kerja siswa).
Download 
Program Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
3.      Jadwal pelajaran, Daftar hadir, dan RPP
4.      Hasil belajar seni budaya, prakarya dan kewirausahaan
Memeriksa bukti foto dokumen seni budaya, hasil karya siswa dan hasil kewirausahaan
5.      Laporan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler
Memeriksa laporan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler yang menerangkan terlaksananya atau tidak terlaksananya suatu program

II.     STANDAR PROSES
Instrumen no 11
Bukti fisiknya Silabus semua kelas, semua pelajaran.

Instrumen no 12
Bukti fisiknya RPP semua kelas semua pelajaran.

Instrumen no 13
Bukti fisiknya Jadwal Pembelajaran,kalender akademik, SK PBM dan SK Pembagian Tugas Tambahan, Dokumen Silabus setiap mata pelajaran.

Instrumen no 14
Bukti fisiknya Data siswa atau absensi siswa per kelas maksimal 28 siswa perkelas untuk mendapat nilai A.

Instrumen no 15
Bukti fisiknya RPP pada Sumber Bahan.
Daftar Inventaris Kelas atau Buku inventaris kelas.
Wawancara dengan siswa tentang ketersediaan dan penggunaan buku teks pelajaran.

Instrumen no 16
Bukti fisiknya Pengamatan  PBM di 1-2 kelas dengan memperhatikan keterlaksanaan 12 hal Instrumen pengamatan (Download 
Instrumen pengamatan PBM)
Rekap Hasil Supervisi Kelas oleh KS ( Download 
format Rekap hasil supervisi)

Instrumen no 17
Bukti fisiknya Pengamatan PBM dengan memperhatikan pelaksanaan kegiatan pendahuluan dan kesesuaian RPP dengan Pelaksanaan Pembelajaran
Rekap Hasil Supervisi Kelas oleh KS

Instrumen no 18
Bukti fisiknya Pengamatan PBM dengan memperhatikan pelaksanaan model pembelajaran
Wawancara dengan guru dan siswa

Instrumen no 19
Bukti fisiknya Pengamatan PBM dengan memperhatikan pelaksanaan metode pembelajaran
Wawancara dengan guru dan siswa

Instrumen no 20
Bukti fisiknya Pengamatan PBM dengan media pembelajaran
Wawancara dengan guru dan siswa

Instrumen no 21
Bukti fisiknya Pengamatan PBM dengan menelaah sumber belajar yang dipakai.
Wawancara dengan guru dan siswa

Instrumen no 22

Bukti fisiknya Pengamatan PBM dengan memperhatikan pelaksanaan pendekatan pembelajaran
Wawancara dengan guru dan siswa

Instrumen no 23
Bukti fisiknya Pengamatan PBM dengan memperhatikan pelaksanaan langkah penutup pembelajaran

Instrumen no 24
Bukti fisiknya Instrumen penilaian otentik ( Bank Soal )
Bukti Pelaksanaan Penilaian otentik (Buku Pekerjaan Siswa/Edaran A dan B)
Hasil Penilaian Otentik (Daftar Nilai )
Wawancara dengan guru dan siswa

Instrumen no 25

Bukti fisiknya Pemanfaatan hasil evaluasi  ( Program Perbaikan / Remidi,Program Pengayaan)
Hasil Perbaikan dan Pengayaan ( Buku Analisis Hasil Evaluasi )

Instrumen no 26

Bukti fisiknya Bukti perencanaan dan pelaksanaan pengawasan proses pembelajaran  yang dilakukan oleh kepala sekolah ,serta tindak lanjut hasil pengawasan dalam peningkatan mutu secara berkelanjutan.( Program Pelaksanaan Pengawasan PBM,Jadwal pelaksanaan,Instrumen Pengawasan ,Rekap Hasil Pengawasan,Penugasan guru ,kepala sekolah dalam kegiatan peningkatan professional . (Download 
contoh Program Pengawasan/Supervisi Kepala Sekolah)
Wawancara dengan guru tentang pelaksanaan pengawasan yang dilakukan kepala sekolah.

Instrumen no 27

Bukti fisiknya Bukti Pelaksanaan Supervisi proses pembelajaran terhadap guru yang dilakukan oleh kepala sekolah atau guru senior yang diberi wewenang oleh kepala sekolah. (Rekap Hasil Pengawasan)

Instrumen no 28
Bukti fisiknya Dokumen bukti pemantauan proses pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah. ( Instrumen Pelaksanaan pemantauan PBM,Kegiatan Diskusi,Pengamatan,Pencatatan,Perekaman,Wawancara,Pendokumentasian)
Download 
Instrumen Pemantauan Pelaksanaan PBM

Wawancara dengan guru tentang pelaksanaan pemantauan. Wawancara dengan siswa tentang pelaksanaan pemantauan.

Instrumen no 29

Bukti fisiknya Bukti Tindak Lanjut Supervisi( Kegiatan Pemberian Contoh, Diskusi,Konsultasi,Pelatihan)

Instrumen no 30

Bukti fisiknya Laporan hasil pemantauan,supervise,dan evaluasi proses pembelajaran.
Program tindak lanjut  pengawasan.( Download 
contoh Laporan Pemantauan/Supervisi)

Instrumen no 31
Bukti fisiknya Bukti pelaksanaan tindak lanjut pengawasan.(Surat tugas PKB,STTPL,SK Pemberian penghargaan kepada guru yang telah berhasil mengikuti kegiatan peningkatan professional,Piagam Penghargaan).(Download 
contoh tindak lanjut hasil pengawasan/sipervisi)

Wawancara dengan guru tentang tindak lanjut hasil pengawasan.

III.     STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Instrumen No 32
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME ,sesuai perkembangan siswa yang diperoleh dari pengalaman siswa       
dalam pembelajaran melalui pembiasaan :
1)      integrasi pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam kegiatan pembelajaran,
2)      berdoa setiap memulai dan mengakhiri kegiatan,
3)      santun dalam berbicara dan berperilaku,
4)      berpakaian sopan sesuai aturan sekolah / madrasah,
5)      mengucapkan salam saat masuk kelas,
6)      melaksanakan kegiatan ibadah,
7)      menyukuri setiap nikmat yang diperoleh,
8)       menumbuhkan sikap saling menolong / berempati,       
9)      menghormati perbedaan,
10)  antre saat bergantian memakai fasilitas sekolah sekolah / madrasah.      
Bukti fisiknya:
1.Dokumen      
a.Program Pembiasaan yang ada di Sekolah/Madarsah  dan bukti pelaksanaan program dapat didownload pada link di bawah
     
b.Foto2 kegiatan yang mencerminkan sikap religius siswa     

2.Observasi lingkungan tentang aktifitas yang dilakukan oleh siswa     
baik dalam kegitan intrakurikuler,kokurikuler dan ekstrakurikuler.     
idikan dan komite.     

3.Wawancara dengan kepala sekolah,guru,tenaga pendidikan dan      
komite sekolah     
    
Download 
Contoh Program pembiasaan, Berita acara, Daftar hadir rapat, Notulen,Undangan  
Program pembiasaan Sekolah/Madrasah. Jadwal pembiasaan, SK Pembagian Tugas  
PBM dan tugas lain. Foto Sholat berjamaah, Duha dll.  
Foto antre masuk kelas, WC, Perpus dll.  
Tata tertib sekolah (Download  
contoh Tata Tertib Sekolah), kelas, Perpus.  
Dokumen hasil pengamatan PBM, Kokurikuler, Ekstrakurikuler.  
Dokumen kegiatan Ekstrakurikuler ( Program,Jadwal,Daftar Hadir,Pelaksanaan, Evaluasi Program) 
          
Instrumen No 33.
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sosial dengan karakter :
1)      jujur dan bertanggung jawab ,
2)      peduli,
3)      gotong-royong dan demokratis,
4)      percaya diri,
5)      nasionalisme yang diperoleh melalui kegiatan pembelajaran dan pembiasaan.          
Bukti Fisik:
1.Dokumen     
a.Program pembiasaan Sekolah/Madrasah. Jadwal, dan Laporan pelaksanaan kegiatan serta evaluasi.     
b.Dokumentasi kegiatan. (Foto kegiatan yang berkaitan pengembangan karakter).   
2.Observasi aktifitas siswa terkait dengan pengembangan karakter.     
3.Wawancara dengan guru kelas dan siswa.    

Instrumen No 34.
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap pembelajar sejati sepanjang hayat sesuai dengan perkembangan anak, yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran dan pembiasaan melalui gerakan literasi sekolah/madrasah, meliputi:      
(1) perencanaan dan penilaian program literasi,
(2) waktu yang cukup untuk kegiatan literasi,
(3) membaca buku,
(4) lomba terkait literasi,
(5) memajang karya tulis,       
(6) penghargaan berkala untuk siswa,
(7) pelatihan literasi      

Instrumen No 35.
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan rohani melalui kegiatan Kesiswaan , berupa :
(1) olahraga,
(2) seni,
(3) kepramukaan,
(4) UKS,        
(5) keagamaan,
(6) lomba yang terkait dengan kesehatan jasmani dan rohani      
       
Bukti Fisik:
1.Dokumen     
a.Program, Laporan dan Dokumentasi Kegiatan Kesiswaan.     
b.Kehadiran siswa dalam pembelajaran     
c.Kegiatan Ekstrakulikuler Wajib maupun pilihan.     
d.Kegiatan UKS yang meliputi: Kantin Sehat,Bina mental Untuk pencegahan  Napza (Narkotika,Alkohol,Psikotropika dan Zat Aditif lainnya) HIV/AIDS,tindak kekerasan dll     
e.Prestasi dalam bidang OR dan seni.     

f.Catatan perkembangan siswa dari guru PJOK wali kelas dan kepala sekolah     
2.Wawancara Guru, siswa dan komite sekolah.     

3.Observasi lingkungan sekolah yang meliputi kantin,UKS dan Koperasi.     
       
Dibuktikan dengan adanya Program ekstra kurikuler ( OR,Seni,Pramuka,TPQ ), Jadwal, Daftar hadir, Penilaian kegiatan ekstra, buku pembimbingan dan pengiriman dan hasil lomba ( dibuktikan dengan piagam ), Administrasi UKS, Kantin, Koperasi.  
Silahkan Download 
Contoh Program Ekstrakurikuler Sekolah
Silahkan Download 
Contoh Program UKS
            
Instrumen No 36.
Siswa memiliki pengetahuan :
(1) faktual,
(2) konseptual,
(3) prosedural,
(4) metakognitif dalam setiap tema sesuai dengan pembelajaran tematik terpadu            

Bukti fisik:
1.Dokumen     
a.Silabus,RPP setiap mapel     
b.Portofolio dan Laporan Kegiatan     
c.Penilaian.     

2.Observasi     
a.Proses Kegiatan PBM dikelas dan di luar kelas.     
b.Sarpras yang berkaitan dengan KBM.     

3.Wawancara dengan guru dan siswa.     
              
Instrumen No 37.
Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran yang ditunjukkan oleh kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal, meliputi:
(1) kegiatan yang menunjukkan keberagaman budaya,
(2) peringatan hari-hari besar ,
(3) peringatan hari-hari besar agama,
(4) pentas seni budaya,
(5) bulan bahasa      
       
Bukti Fisik:
1.Dokumen     
a.Program Sekolah     
Program literasi
b.Laporan Pelaksanaan Kegiatan seni dan Budaya Lokal.     

2.Observasi Proses pembelajaran kegiatan Intrakurikuler,Kokurikuler dan Ekstrakurikuler.     
3.Wawancara dengan guru dan siswa.     

Dokumen ( Karnaval mengenakan pakaian adat, Kliping keragaman budaya,)  
penggunaan metode bermain peran     
Dukumen kegiatan hari besar nasional  
Dokumen kegiatan PHBI  
Dokumen kegiatan pentas seni dan Budaya  
Dokumen kegiatan Bulan Bahasa  
          
Instrumen No 38.
Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran menggunakan informasi  tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan sumber belajar berupa 
(1) bahan ajar,
(2) buku teks,
(3) perpustakaan,
(4) alat peraga,
(5) internet

Bukti fisik:
Dibuktikan dengan adanya Buku Peminjaman penggunaan sumber belajar ( Bahan ajar,Buku teks, Perpustakaan, Alat peraga dan,
Internet dibuktikan dengan hasil download dari internet berkaitan dengan materi pelajaran) .

IV.     STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Instrumen no 39
Bukti fisik
Dokumen Ijazah setiap  guru, Prosentase guru yang berijah SI PGSD/ PGMI /  sudah linier

Instrumen no 40
Bukti fisik
Telaah dokumen Sertifikat Pendidik yang dimiliki guru, Prosentase guru yang memiliki sertifikat pendidik

Instrumen no 41 
Bukti fisik
Dokumen Ijazah setiap guru, Prosentase guru yang berijazah S1 PGSD/ PGMI/ sudah linier

Instrumen no 42 
Bukti fisik
1. Surat Tugas Mengajar
2. Ijazah / sertifikat pendidik yang dimiliki guru sesuai penugasanya

Instrumen no 43
Bukti fisik
1. Menelaah RPP guru sesuai kurikulum yang berlaku
2. Mengamati Proses Pembelajaran dikelas I sd VI yang dipilih Asesor
3. Menelaah hasil PTK yang dibuat guru.
Prosentase guru yang memiliki kompetensi paedagogik

Instrumen no 44 
Bukti fisik
1. Mengamati pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru kelas
2. Melihat kesesuaian antara RPP  dan pelaksanaan pembelajaran
3. Melihat Rekapitulasi hasil UKG
4. Laporan hasil Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB), Laporan Diklat dll
5. PTK yang dibuat Guru
Prosentase Guru yang memiliki kompetensi profesional

Instrumen no 45 
Bukti fisik
1. Dokumen Pernyataan Kepala Sekolah/ madrasah bahwa tidak ada guru yang tersangkut perkara criminal dan idak pengaduan dari masyarakat atau pakta integritas dalam satu tahun rerakhir
Download 
Pernyataan Kepala Sekolah/ madrasah bahwa tidak ada guru yang tersangkut perkara criminal 
2. Wawncara dengan kepala sekolah/Madrasah, Komte, dan beberapa siswa.
Prosentase Guru yang memiliki kompetensi kepribadian

Instrumen no 46 
Bukti fisik
Wawancara kepala sekolah/madrasah, guru, tenaga kependidikan, komite, dan beberapa siswa.
- Buku Humas
- Peran serta guru dalam kehidupan bermasyarakat dibuktikan dengan dokumen (SK kepengurusan organisasi kemasyarakatan seperti LKMD, PKK, takmir masjid, dll.)
Prosentase Guru yang memiliki kompetensi sosial

Instrumen no 47 
Bukti fisik
1. Dokumen program BK
2. Dokumen pelaksanaan BK
3. Pedoman wawancara dan assessment dengan siswa.
4. Dokumen hasil layanan konseling.
Prosestase guru yang melaksanakan tugas layanan BK



Instrumen no 48 
Bukti fisik
1. Ijazah
2. Sertifikat pendidik
3. Sertifikat Kepala Sekolah/Madrasah (STTPL Diklat KS)
4. SK Pengangkatan sebagai guru
5. SK Pangkat golongan terakhir
6. Penilaian kinerja oleh yang berwenang ( SKP, Realisasi pencapaian, Penilaian Perilaku pegawai, PPKP)

Instrumen no 49 
Bukti fisik
Dokumen:
a. RKT dan RKJM ( Download 
Contoh RKT  dan   Contoh RKJM )
b. Struktur organisasi ( Download 
Contoh Struktur Organisasi )
c. Surat Penugasan Guru dan Tenaga Kepndidikan
d. Hasil Monev kepala sekolah/madrasah tentang pelaksanaan program sekolah/madrasah.( Download 
contoh Program MONEV )
Wawancara dengan:
a. Kepala sekolah, tentang PPDB, pemanfaatan TIK, sarpras, humas, kurikulum.
b. Guru dan siswa tentang kemampuan mengelola perubahan, pengembangan, dan menciptakan budaya inovatif serta pemanfaatan TIK untuk pembelajaran.
c. Bendahara BOS, tentang keuangan.
d. Tenaga administrasi tentang tujuan sekolah/madrasah
e. Petugas Unit Layanan Khusus, tentang dukungan kegiatan pembelajaran
f. Petugas TIK, tentang sistim informasi sekolah/madrasah dan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran.

Instrumen no 50 
Bukti fisik
Mengamati:
a. Hasil inovasi dalam bentuk program kegiatan di sekolah/madrasah
b. Unit-unit usaha yang bermanfaat untuk mengembangkan sekolah.
Dokumen:
a. Kerja sama antara sekolah dengan lembaga lain melalui pemanfatan jaringan IT.
b. Kegiatan yang melibatkan warga di linglungan sekolah/madrasah
Wawancara dengan siswa/guru dan tenaga kependidikan lainnya tentang kemampuan kewirausahaan kepala sekolah/madrasah.

Instrumen no 51 

Bukti fisik
1. Dokumen perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut hasil supervise.
2. Wawancara dengan guru

Instrumen no 52 
Bukti fisik
1. Ijazah
2. SK Tenaga administrasi

Instrumen no 53 
Bukti fisik
1. Ijazah
2. SK Tenaga administrasi

Instrumen no 54 
Bukti fisik
1. SK/Surat Tugas
2. Pelaksanaan Tugas Layanan Khusus

V.     STANDAR SARANA PRASARANA
Instrumen no 55
Bukti fisik
Dokumen yang memuat luas lahan bangunan S/M. Bandingkan luas lahan tersebut dengan luas lahan minimum sesuai jumlah rambel dan jumlah lantai

Instrumen no 56
Bukti fisik
1. Mengamati lingkungan
2. wawancara dengan berbagai pihak terkait sarpras.

Instrumen no 57
Bukti fisik
Dokumen yang memuat luas lantai bangunan S/M. Bandingkan luas lahan tersebut dengan luas lantai minimum sesuai jumlah rambel dan jumlah lantai .

Instrumen no 58
Bukti fisik
1. Mengamati kondisi bangunan meliputi :
a. konstruksi yang kukuh dan stabil
b. Perangkat pencegahan bahaya kebakaran,
c. Penangkal petir.
2. Wawancara dengan berbagai pihak terkait dengan sarpras.

Instrumen no 59
Bukti fisik
1. Mengamati kondisi bangunan S/M dan sarpras yang ada,meliputi :
a. ventilasi,
b. pencahayaan,
c.  sanitasi,
d. tempat sampah,
e. bahan bangunan
2. Wawancara dengan berbagai pihak terkait dengan sarpras.


Instrumen no 60
Bukti fisik
1. Melihat ketersediaan penerangan listrik di semua ruangan.
2. Rekening pembayaan listrik.

Instrumen no 61
Bukti fisik
1. Melihat kondisi fisik.
2. Dokumen pelaksanaan pemeliharaan S/M
Download Contoh Program pengelolaan, pemeliharaan dan pengadaan sarana dan prasarana

Instrumen no 62
Bukti fisik
Melihat ketersediaan dan kondisi prasarana yang dimiliki S/M . Khusus perpustakaan dan laboratorium dibuktikan dengan adanya jadwal penggunaan dan laporan kegiatan .

Instrumen no 63
Dibuktikan dengan hasil pengamatan/observasi di lokasi dan wawancara engan berbagai pihak/wakil sarpras

Instrumen no 64
Dibuktikan dengan memeriksa ruang dan pemanfaatan perpustakaan, katalog/e-katalog, perabot, media pembelajaran, dan perlengkapan lain

Instrumen no 65
Dibuktikan dengan mengamati alat peraga yang tersedia di S/M.




Instrumen no 66
Dibuktikan dengan memeriksa ruang pimpinan, perobot, dan perlengkapan lain

Instrumen no 67
Dibuktikan dengan memeriksa ruang guru, perabot, dan perlengkapan lain

Instrumen no 68
Dibuktikan dengan memeriksa tempat ibadah, perabot, dan perlengkapan lain.

Instrumen no 69
Dibuktikan dengan memeriksa ruang UKS, perabot, dan perlengkapan lain

Instrumen no 70
Dibuktikan dengan memeriksa jamban dan perlengkapan lain

Instrumen no 71
Dibuktikan dengan memeriksa ruang simpan/gudang dan perabot.

Instrumen no 72 
Dibuktikan dengan memeriksa keberadaan dan kemanfaatan tempat bermain/tempat olah raga, peralatan pendidikan, dan perlengkapan lain

Instrumen no 73
 Dibuktikan dengan memeriksa ruang sirkulasi.

Instrumen no 74
Dibuktikan dengan memeriksa  kantin.

Instrumen no 75
 Dibuktikan dengan memeriksa tempat parkir.
1) Menempati area tersendiri
2) Dibuat dengan mengikuti standar perda
3) Memiliki sistem pengamanan
4) Dilengkapi rambu-rambu lalu lintas sesuai keperluan


VI.     STANDAR PENGELOLAAN
Instrumen no 76
Bukti Fisik
1. Dokumen visi misi dan tujuan sekolah yang telah ditetapkan oleh Kepala sekolah
Contoh visi misi dan tujuan sekolah
Visi, Misi, Tujuan dan Profil Sekolah SDN .......... 2019/2020
Visi Sekolah
"Terbentuk dan Terwujudnya warga sekolah yang unggul dalam Mutu Santun dalam perilaku berdasarkan Iman dan Taqwa serta mempunyai kecakapan hidup"

Misi Sekolah
a. Melaksanakan Pembelajaran Tematik Integrated, menggunakan Pendekatan Scientific dan Penilaian Outentik;
b. Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara PAKEM sebagai upaya mewujudkan sekolah  sebagai pusat keunggulan dalam berprestasi;
c. Melaksanakan kegiatan keagamaan baik secara akademik maupun non akademik agar siswa berbudi pekerti luhur;
d. Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler untuk memupuk bakat dan kreatifitas peserta didik;
e. Memberikan keteladanan budi pekerti luhur melalui pembiasaan budaya adiluhung Jawa
f. Menumbuhkembangkan kecintaan terhadap seni budaya bangsa;
g. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi generasi penerus bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tujuan Sekolah
Tujuan yang ingin di capai SD Negeri ...... Terlaksana Pembelajaran Tematik Integrated, Pendekatan Scientific dan Penilaian Outentik;
a. Tercipta Manajemen Sekolah  yang partisipasif, transparan dan akuntabel.
b. Terselenggara Proses Belajar Mengajar yang Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan
( PAKEM )
c. Terwujud peran serta masyarakat yang optimal
d. Peningkatan prestasi akademik dan non akademik
e. Memfasilitasi kegiatan dalam rangka pemupukan bakat dan kreatifitas peserta didik.
f. Meningkatkan kegiatan keagamaan melalui praktik Tadarus Al’Quran, pembinaan akhlakulkarimah serta praktik sholat berjamaah.
g. Membudayakan semboyan “ S3 “ ( Senyum, Salam, Sapa ).
h. Meningkatkan layanan perpustakaan.
i. Meningkatkan penerapan pendidikan karakter bangsa.
j. Mengembangkan budaya sekolah meliputi bidang agama,olahraga dan seni
k. Terciptanya kerukunan warga sekolah yang kondusif melalui pendidikan karakter bangsa
l. Terciptanya kerukunan warga sekolah yang kondusif melalui pendidikan karakter bangsa


2. Berita acara dan daftar hadir kegiatan perumusan, penetapan, peninjauan kembali visi, misi dan tujuan
Contoh Berita Acara

BERITA ACARA
RUMUSAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SD NEGERI ......
TH PELAJARAN 2017/ 2018

Bahwa pada hari senin tanggal tiga bulan Agustus tahun dua ribu tujuh belas bertempat di SD Negeri ......... UPT Dinas Pendidikan Unit Kecamatan ...... telah diadakan musyawarah perumusan, penetapan, peninjauan kembali visi, misi, dan tujuan SD Negeri ........ Tahun Pelajaran 2017/ 2018 yang dihadiri :
a) Kepala SD Negeri ......
b) Guru/ Karyawan SD Negeri ......
c) Komite SD Negeri .........

Dalam musyawarah diambil kesepakatan sebagai berikut :
a) Merumuskan Visi SD Negeri ....
b) Merumuskan Misi SD Negeri ....
c) Merumuskan Tujuan SD Negeri ....
d) Bertanggung jawab untuk mensukseskan Visi, Misi, dan Tujuan SD Negeri ....

Demikian berita acara ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya

............., 03 Agustus 2017
Kepala SD N ........




.................                                                                                                                                                 
NIP. ............

Berita acara dilampiri daftar hadir dan tanda tangan

3. Dokumen sosialisasi visi ,misi,dan tujuan sekolah (undangan, daftar hadir, notulen).
4. wawancara dengan warga sekolah, komite dan pihak pihak pemangku kepentingan tentang perumusan dan sosialisasi visi, misi,dan tujuan sekolah
 

Instrumen no 77
Bukti Fisik
1. dokumen RKJM,dan RKT yangdi sahkan oleh kepala UPTD Pendidikan. Silahkan 
Download contoh RKJM,dan RKT
2. Kesesuaian antara RKJM, RKT dg hasil EDS ,SPMI
3. Dokumen bukti rapat tim pengembang sekolah dalam penyusunan RKJM dan RKT. 
Download bukti rapat tim  sekolah, berita acara  penyusunan RKJM dan RKT
 
Instrumen no 78
Bukti Fisik
1. Dokumen  aspek pengelolaan ,meliputi :
1). KTSP
2). Kaldik
3). Struktur organisasi sekolah (Download Contoh Struktur organisasi)
4). Pembagian tugas diantara guru ( SK Semester )
5). Pembagian tugas diantara tenaga kependidikan
6). Peraturan akademik ( 
Silahkan lihat contoh Peraturan Akademik dengan cara klik link )
7). Tata tertib sekolah
8). Kode etik sekolah
9). Biaya oprasional sekolah
 
Instrumen no 79
Bukti Fisik
1. Dokumen bukti rapat penyusunan struktur organisasi sekolah (Undangan,daftar hadir,notulen,berita acara).
2. SKKS tentang penetapan struktur organisasi sekolah (
Download contoh SKKS tentang penetapan struktur organisasi sekolah)
3. Bukti sosialisasi kepada semua warga sekolah dan pihak-pihak pemangku kepentingan (Undangan,daftar hadir,notulen,berita acara).
4. Bagan /struktur organisasi sekolah
5. Rincian tugas setiap personil dalam struktur organisasi
 
Instrumen no 80
Bukti Fisik
1. Laporan pelaksanaan kegiatan dari RKT (
Download Contoh Laporan pelaksanaan  RKT)

Instrumen no 81

Bukti Fisik
1. Administrasi PPDP, SK Panitia PPDP,Juknis PPDP, Buku S1 dan S2).
2. Buku layanan konseling oleh guru kelas (
Lihat dan download layanan konseling)
3. Dokumen pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler wajib dan pilihan (Daftar hadir dan dokumen foto kegiatan).
4. Dokumen pelaksaan pembinaan prestasi (Daftar hadir dan dokumen foto kegiatan).
5. Buku penelusuran alumni (
Download Buku Penelusuran Alumni)
 
Instrumen no 82
Bukti Fisik
1. Dokumen KTSP
2. Kalender pendidikan
3. Program pembelajaran
4. Dokumen Penilaian
5. Peraturan Akademik ( Lihat pada Link berikut, Klik saja)
 
Instrumen no 83
Bukti Fisik
1. Data usulan pemenuhan kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan
2. SKKS pembagian tugas mengajar dan tugas tambahan. (
Download contoh SK Tugas Tambahan)
3. Buku pengembangan dan promosi pendidik dan tenaga kependidikan
4. SKKS tentang pemberian penghargaan dan bukti pelaksanaan pemberian penghargaan. (Download 
SKKS tentang pemberian penghargaan)
 
Instrumen no 84
Bukti Fisik
1. Kesesuaian tugas dari KS dengan latar pendidikannya
2. Daftar hadir pendidik dan tenaga kependidikan
3. Piagam,sertifikat dan penghargaan lainnya
4. Piagam atau surat keterangan keikutsertaan dalam berbagai lomba
5. Hasil PK guru dan penilaian tenaga kependidikan
 
Instrumen no 85
Bukti Fisik
1. Dokumen pengelolaan biaya investasi dan oprasional ( Buku pedoman pengelolaan BOS )
2. Berita acara kegiatan penyusunan pedoman pengelolaan biaya investasi dan oprasional

Instrumen no 86
Bukti Fisik
1. Laporan kegiatan kerjasama bidang : pendidikan,kesehatan,kepolisian,keagamaan,kemasyarakatan,dunia usaha,pengembangan minat bakat
2. Dokumen tertulis tentang keterlibatan masyarakat dan/lembaga lain yang relevan dalam mendukung pengelolaan pendidikan di sekolah, seperti:
a) Penyusunan Program kegiatan sekolah
b) Pelaksanaan program kegiatan
c) MoU dengan lembaga lain dan sebagainya
 
Instrumen no 87
Bukti Fisik
1.Dokumen laporan EDS / SPMI (Dokumen EDS/SPMI setiap tahun dalam 3 tahun terakhir).
Download  
Contoh laporan EDS / SPMI
 
Instrumen no 88
Bukti Fisik
1. Penjabaran Visi kedalam misi target mutu
2. Merumuskan tujuan dan target mutu yang akan di capai
3. Menganalisis SWOT (ada dalam EDS/SPMI)
4. Membuat RKS dan RKT untuk pelaksanaan peningkatan mutu
5. Melibatkan guru dan komite dalam pengambilan keputusan (dokumen bukti rapat)
6. Meningkatkan motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan
7. Menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif bagi siswa
8. Meningkatkan mutu pendidikan
9. Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga
 
Instrumen no 89
Bukti Fisik
1. Observasi lingkungan kerja
2. Wawancara dengan guru dan siswa
3. Dokumen :
a. Laporan pelaksanaan supervisi proses pembelajaran secara teratur
b. Penilaian hasil belajar
c. Data pokok pendidikan semua pendidik dan tenaga kependidikan
 
Instrumen no 90
Bukti Fisik
1. Dokumen hasil pengelolaan SIM (data-data : Kepegawaian,kesiswaan,keuangan,sarpras,prestasi,dll).
2. Fasilitas SIM (SIM online : website,blogg,email,media sosial).
3. Surat tugas pengelola SIM (SIM tertulis : papan data dan dokumen data).
4. Laporan data dan informasi (SK operator SIM).

VII.     STANDAR PEMBIAYAAN
91-106


VIII.     STANDAR PENILAIAN
Instrumen no 107
Bukti Fisik
a. Alat-alat tes yang digunakan guru sesuai dengan KD setiap mapel/tema.
• Bank soal
• Pensekoran

b. Instrumen Penilaian model rubrik
c. Perumusan penetapan KKM yang diketahui siswa.
• Papan Penetapan KKM Dipasang di kelas ( Download 
SK Penetapan KKM dan KKM perkelas)

d. Portofolio
• Kumpulan hasil karya siswa yang dapat menggambarkan kemajuan suatu kompetensi.
e. Hasil Penilaian yang dikembalikan kepada siswa
• Buku penyerahan hasil ulangan.

Instrumen no 108

Bukti Fisik
a. Dokumen Penetapan KKM untuk setiap mapel/tema
Undangan, Daftar hadir, Notulen, Berita acara Rapat penetapan KKM
Download 
Dokumen Berita Acara

Instrumen no 109

Bukti Fisik
Dokumen pelaksanaan dan hasil :
a. Ulangan
b. Pengamatan
c. Penugasan
Kumpulan soal/Instrumen,
Daftar Nilai Ulangan, Pengamatan, Penugasan.

d.Bentuk penilaian lain
Bentuk penilaian lain
• Portofolio
• Hasil kinerja

Instrumen no 110
Bukti Fisik
a. Analisis hasil belajar siswa (Buku analisis)
b. Laporan hasil belajar siswa (Buku Penyerahan hasil ulangan)
c. Tindak lanjut hasil penilaian (Tindak lanjut hasil penilaian:
• Remidi
• Pengayaan

Instrumen no 111
Bukti Fisik
a. RPP
b. Kisi-kisi dan soal tes
c. Tugas praktik, portofolio, dan proyek
d. Pedoman pensekoran

Instrumen no 112
Bukti Fisik
a. RPP
b. Kisi-kisi dan soal tes
c. Tugas praktik, portofolio, dan proyek
d. Pedoman pensekoran

Instrumen no 113

Bukti Fisik
a. RPP
b. Kisi-kisi dan soal tes
c. Tugas praktik, portofolio, dan proyek
d. Pedoman pensekoran

Instrumen no 114
Bukti Fisik
a. Dokumen hasil penilaian sikap

Instrumen no 115
Bukti Fisik
b. Dokumen hasil penilaian pengetahuan

Instrumen no 116
Bukti Fisik
c. Dokumen hasil penilaian ketrampilan

Instrumen no 117
Bukti Fisik
Dokumen rekap hasil 2 tahun terakhir
a. Penilaian harian
b. Penilaian akhir semester
c. Penilaian akhir tahun
d. Ujian Sekolah/Madrasah (Ujian Sekolah Dokumen nilai hasil ujian sekolah)

Instrumen no 118
Bukti Fisik
a. Pedoman ketentuan kelulusan (POS Ujian S/M)
 
b. Notulen rapat penentuan kelulusan (Cukup jelas)

Instrumen no 119
Bukti Fisik
Dokumen pelaksanaan penilaian proses dan hasil belajar
• Kisi-kisi Ujian
• Soal Ujian
• Analisis Instrumen
• Jadwal Ujian



1 comment:

  1. terimakasih telah berbagi. Sangat membantu dalam menyiapkan administrasi yang harus disusun dan dilaksanakan sekolah.

    ReplyDelete