PENIAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
SD NEGERI ........................................
UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN TASIKMALAYA
Tema : 1. Indahnyah Kebersamaan
Kelas : IV (empat)
Bacalah wacana di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1-5!
Batik
Batik merupakan kain tradisional asli Indonesia. Kain
batik dihasilkan dengan cara dilukis atau dicetak menggunakan malam (lilin yang
dipanaskan). Kain batik berasal dari Pulau Jawa. Seiring berkembangnya waktu,
batik tidak hanya ada di Pulau Jawa. Beberpa daerah di luar Pulau Jawa juga
menggunkan batik sebagai pakaian tradisional, misalnya batik Bali.
I. Berdasarkan
wacana di atas, jawablah pertanyaan-pertanyan di bawah ini!
1.
Gagasan
pendukung dari teks diatas terdapat pada kalimat ke ….
2.
Ringakasan
dari teks diatas menceritakan tentang ….
3.
Gagasan
pendukung dari kalimat kedua adalah ….
4.
Sebelum
membuat kerangka tulisan sebaiknya kita memyusun … dan ….
5.
Gagasan
pokok dari teks diatas terdapat pada kalimat ke ….
II. Berilah
tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D di depan jawaban yang benar!
6.
Cara
mengetahui gagasan pokok dari teks lisan adalah
....
A.
membaca
dengan seksama
B.
membaca
perlahan-lahan
C.
mendengarkan
dengan seksama
D.
mendengarkan
sambil berbicara
7.
Tujuan
utama disajikannya gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam bentuk tabel
adalah….
A.
agar
terlihat lebih rapih dan indah
B.
untuk
mempermudah memahami teks
C.
untuk
mempersulit penulisan teks
D.
agar
pembaca tidak bosan
8.
Berikut
ini yang bukan hari besar agama Islam ....
A.
Hari
Raya Idul Fitri
B.
Hari
Raya Idul Adha
C.
Hari
Raya Nyepi
D.
Tahun
Baru Hijriah
9.
Suku
Asmat berasal dari ….
A.
Jawa
Barat
B.
Kalimantan
Timur
C.
Sumatera
Utara
D.
Papua
10.
Permainan
lompat batu berasal dari daerah …..
A.
Pulau
Bali B.
Pulau
Sumatera |
C.
Pulau
Nias D.
Pulau
Madura |
11.
Contoh
kegiatan gotong royong yang baik di masyarakat adalah ….
A.
membuat
gapura untuk tujuh belasan
B.
bekerjasama
dengan panitia lomba agar juara
C.
bekerja
sama mengerjakan UH
D.
menyuruh
orang bekerja bakti, tetapi tidak ikut
12.
Berikut
ini yang bukan identitas nasional Indonesia adalah ….
A.
Bahasa
Indonesia
B.
Garuda
Pancasila
C.
Kepala
Naga
D.
Bendera
Merah Putih
13.
Hari
Raya Nyepi adalah hari besar umat ….
A.
Islam B.
Hindu |
C.
Budha D.
Kristen |
14.
Alat
musik yang mengeluarkan bunyi dengan cara digesek adalah ….
A.
drum B.
trompet |
C.
biola D.
gitar |
15.
Bunyi
tidak dapat merambat dalam ruang hampa udara, pengertian hampa udara adalah ….
A.
tempat
yang tidak memiliki udara
B.
tempat
penuh udara
C.
medium
perantara
D.
ruang
disekitar medan magnet
16.
Bunyi dapat dihasilkan
dari alat musik disamping
dengan cara .…
A.
digesek
B.
ditiup
C.
dipukul
D.
dipetik
17.
Benda-benda
yang dapat menimbulkan bunyi disebut dengan ….
A.
penyerap
bunyi
B.
bergetar
C.
resonansi
D.
sumber
bunyi
18.
Bunyi
pantul yang terdengar bersamaan dengan bunyi asli sehingga terdengar tidak jelas
karena bunyi pantul mengganggu bunyi asli disebut ….
A.
gaung B.
resonansi |
C.
gema D.
hidrofon |
19.
Rumah
adat di Sumatera Barat dinamakan ….
A.
Joglo B.
Walewangko |
C.
Baeleo D.
Gadang |
20.
Pergaulan
sehari–hari yang dilandasi rasa kerukunan antar warga dan suku bangsa merupakan
sikap …..
A.
perdebatan B.
perpecahan |
C.
persatuan D.
pertentangan |
21. Berikut ini yang tidak termasuk kegiatan
yang memerlukan sikap persatuan dan kesatuan adalah ....
A.
pembersihkan
kelas
B.
pengerjakan
ulangan
C.
pembersihkan
halaman seklah
D. melaksanakan
tugas kelompok
22. Sumber bunyi pada gitar yaitu ....
A.
setelan
gitar B.
tabung
resonansi |
C.
dawai
D.
tabung
gitar |
23. Angklung merupakan alat musik tradisionl
dari ....
A.
Jawa
Barat B.
Jawa
Tengah |
C.
Bali D.
JawaTimur |
24. Salah satu cara mewujudkan dan menjaga
persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia terutama terhadap keragaman suku bangsa
serta budaya yang berbeda adalah ....
A.
harus
mempertahankan kebudayaan sendiri apapun yang terjadi
B.
harus
mau menolak pengaruh budya lain walaupun
baik
C.
harus
mau menerima keragaman suku, bangsa, dan budaya.
D.
acuh
tak acuh karena bukan budaya kita
25. Contoh kegiatan kerjasama di
lingkungan adalah ....
A.
kerja
bakti C. halal bihalal
B.
perpecahan D. permusuhan
III. Isilah
titik-titik di bawah ini dengan benar!
26. Suatu topik yang dibahas pada teks disebut
….
27. Gagagsan pokok dan gagasan pendukung
dapat ditulis dalam bentuk ....
28. Waisak merupakan hari besar agama
....
29. Nasi Jinggo berasal dari ....
30. Suara dapat merambat melaui zat
padat, udara, dan ....
31. Cara yang tepat untuk
menghasilkan bunyi
dari
alat musik di samping
adalah ….
32. Bunyi pantul yang terdengar setelah
bunyi asli disebut ….
33. Contoh kegiatan kerjasama dalam membersihakan
lingkungan adalah …..
34. Untuk dapat menyelesakan permasalahan
dalam kegiatan belajar di sekolah, sebaiknya di adakan kegiatan ....
35. Uraian atau informasi tambahan pada
suatu teks atau paragrap disebut gagasan ….
IV. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
36. Sebutkan 3 contoh benda yang dapat memantulkan
bunyi!
37. Tuliskan 3 contoh kegiatan kerjasama
dalam keragaman di kelas!
38. Tuliskan 3 manfaat dari bekerja sama
dalam keragaman!
39. Sebutkan 3 contoh sikap persatuan dan
kesatuan dalam keragaman di lingkungan!
40. Sebutkan 3 contoh kerjasama dalam keberagaman
yang ada di Indonesia!
PENIAIAN
AKHIR SEMESTER (PAS) SEMESTER 1
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
SD
NEGERI ........................................
UPT
PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TASIKMALAYA
Tema : 1.
Indahnyah Kebersamaan
Kelas : IV
(empat)
KUNCI
JAWABAN
I.
Bagian
I Isian
1. Kalimat
ke 2, 3, 4 dan 5 (Bhs. Indonesia, KD 3.1)
2. Cara
membuat batik, tempat asal batik, dan pesebaran kain batik (Bhs. Indonesia, KD
3.1)
3. Tempat
asal kain batik. (Bhs. Indonesia, KD 3.1 )
4. Gagasan
pokok dan gagasan pendukung (Bhs.
Indonesia, KD 4.1 )
5. Kalimat
ke-1 (kalimat utama) (Bhs. Indonesia, KD 4.1)
II.
Bagian
II Pilihan Ganda
6. C
(B. INDONESIA, KD 3.2)
7. B
(B. INDONESIA, KD 3.2)
8. C
(IPS, KD 3.1 )
9. D
( IPS, KD 4.1 )
10. B
( IPS, KD 3.2 )
11. A
( IPS, KD 3.2 )
12. C(
IPS, KD 3.2 )
13. B
( IPS, KD 3.2 )
14. C
( IPA, KD 3.6 )
15. A(
IPA, KD 3.6 )
16. B(
IPA, KD 3.6 )
17. D
( IPA, KD 3.6 )
18. A
( IPA, KD 3.6 )
19. D
( PPKN, KD 3.4 )
20. C
( PPKN, KD 3.4 )
21. B ( PPKN, KD 3.4 )
22. C
( IPA, KD 4.6 )
23. A
( IPS, KD 4.6 )
24. C ( IPS, KD 4.6 )
25. A ( IPS, KD 3.4 )
III.
Bagian
III Isian
26. Gagasan
Pokok ( B. INDONESIA, KD. 4.2 )
27. Paragrap
(Bhs. Indonesia, KD. 4.2 )
28. Budha
(IPS, KD. 4.2 )
29. Bali(IPS,
KD. 4.2 )
30. Benda
cair (IPA, KD. 4.6 )
31. Di
tiup ( IPA, KD. 4.6 )
32. Gema
( IPA, KD 4.6)
33. Kerja
bakti ( PPKN, KD 3.4)
34. Diskusi
( PPKN, KD 4.4)
35. Pendukung
(Bhs. Indonesia, KD 4.1)
IV.
Bagian
IV Uraian
36. (
IPA, KD 4.6)
(1)
Kaca
(2)
Batu
(3)
Kayu
37. (
PPKN, KD 3.4 )
(1)
Piket Kelas
(2)
Mengumpulkan Sumbangan
(3)
Mengerjakan tugas kelompok
38. (
PPKN, KD 4.4 )
(1) Pekerjaan menjadi mudah
(2)
Meningkatakan rasa persatuan dan kesatuan
(3)
Mempererat persaudaraan
39. (
PPKN, KD 4.4 )
(1)
Ronda;
(2)
Kerja Bakti,
(3)
Gotong Royong
40. (
PPKN, KD 4.4 )
(1)
Kerja Bakti;
(2)
Festival Budaya
(3)
Festival makanan tradisional
Kriteria
penilaian :
Bagian I :
2
Bagian II :
1
Bagian III : 1
Bagian IV : 3
Jumlah skor maksimal
Nilai Akhir = skor perolehan x 100
Skor maksimal