PENIAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
SD NEGERI ........................................
UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN TASIKMALAYA
Tema : 3. Peduli Terhadap
Makhluk Hidup
Kelas : IV (empat)
Bacalah wacana di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1-5!
Padi adalah tanaman yang sangat penting di Indonesia. Padi
menghasilkan beras. Banyak penduduk Indonesia yang mengonsumsinya. Padi dapat
tumbuh di daerah panas dengan curah hujan tinggi. Daerah utama penghasil padi
adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Sumatera
Utara.
Karawang, Jawa Barat, dikenal sebagai lumbung padi nasional.
Pertumbuhan padi dibagi menjadi 3 tahap besar. Pertama-tama, benih atau biji
padi dimasukkan ke dalam karung goni dan direndam satu malam di dalam air
mengalir supaya perkecambahan benih bersamaan. Selanjutnya, benih-benih ini
ditanam di lahan sementara. Petani juga mengairi, memberi pestisida dan pupuk
pada tanaman ini. Bibit yang telah siap dipindahtanamkan ke sawah. Biji atau
benih tadi akan tumbuh berkecambah hingga muncul ke permukaan. Bakal akar dan
tunas menonjol keluar. Lalu, batangnya memanjang. Selanjutnya, tanaman padi
berbunga hingga gabah matang, berkembang penuh, keras, dan berwarna kuning.
Gabah adalah bulir padi yang terbungkus dalam sekam (kulit padi). Gabah ini
nantinya yang akan dijadikan benih lagi.
Tahap pertumbuhan padi berlangsung antara 110 hari hingga 130
hari. Setelah panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga
sekam (kulit padi) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna
putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.
I. Berdasarkan
wacana di atas, jawablah pertanyaan-pertanyan di bawah ini!
1.
Apa isi bacaan di atas
....
2.
Mengapa tanaman tersebut
penting bagi masyarakat Indonesia ....
3.
Dimana tanaman tersebut
dapat tumbuh ....
4.
Berapa lama proses
tanaman tersebut ....
5.
Apa yang dimaksud dengan
gabah ....
II. Berilah
tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D di depan jawaban yang benar!
6.
Dataran
rendah merupakan daerah dengan permukaan bumi yang tingginya ... di atas
permukaan laut.
A.
300
meter B.
0-200
meter |
C.
200-300
meter D.
lebih
dari 200 meter |
7.
Apa
fungsi ekologis dari hutan mangrove?
A.
Sebagai
penghasil keuntungan bagi masyarakat sekitar
B.
Sebagai
tempat wisata indah bagi wisatawan
C.
Sebagai
pelindung dari bahaya gempa bumi
D.
Sebagai
habitat dari hidup binatang laut
8.
Jenis
ikan yang dibudidayakan ditambak adalah ....
A.
bandeng
dan tuna
B.
udang
dan tuna
C.
bandeng
dan cumi
D.
bandeng
dan udang
9.
Contoh
sikap mencintai lingkungan yaitu ....
A.
memanfaatkan
SDA dengan boros
B.
menimbun
sampah plastik ke dalam tanah
C.
membersihkan
limgkungan secara teratur
D.
membuang
sampah ke sungai
10.
Menjaga
kelestarian sumber daya alam merupakan kewajiban ....
A.
warga
setempat
B.
petugas
kebersihan
C.
kita
semua
D.
petugas
kehutanan
11.
Menggunakan
atau mengambil manfaat dari sumber daya alam hutan untuk kepentingan manusia
secara liar dapat mengakibatkan ...
A.
terpenuhi
semua kebutuhan manusia
B.
kesejahteraan
masyarakat meningkat
C.
terjadi
bencana alam seperti banjir
D.
kepadatan
penduduk
12.
Batang
berfungsi untuk mengangkut zat hara dari ....
A.
akar
ke batang
B.
batang
ke daun
C.
akar
ke daun
D.
daun
ke akar
13.
Menjaga
kelestarian hewan dapat dilakukan dengan cara ....
A.
membiarkan
hewan kelaparan
B.
menangkap
ikan dengan menggunakan racun
C.
tidak
berburu hewan yang dilindungi
D.
memelihara
hewan dalam sangkar
14.
Membakar
hutan dengan sengaja dapat mengakibatkan ....
A.
udara
tercemar asap
B.
mudah
membuka lahan
C.
hewan
mudah mencari makan
D.
pohon
mudah tumbuh kembali
15.
Bagian
tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan biji adalah ....
A.
akar B.
batang |
C.
daun D.
bunga |
16.
Kewajiban
kita dalam memanfaatkan tumbuhan adalah ....
A.
merawatnya
B.
membiarkannya
C.
memandangnya
D.
merusaknya
17.
Berikut
ini hak kita sebagai warga masyarakat dalam memanfaatkan tumbuhan yang paling
tepat, yaitu ....
A.
mengambil
semua jenis tumbuhan sesuka hati sesuai dengan kebutuhan
B.
mengambil
jenis tumbuhan yang belum hampir punah saja tetapi dalam jumlah yang besar
C.
mengambil
jenis tumbuhan sesuai keperluan dengan jumlah secukupnya.
D.
mengambil
hanya tumbuhan langka saja supaya terkesan mewah
18.
Salah
satu kewajiban anak di rumah adalah ....
A.
mendapatkan
kasih sayang
B.
menggunakan
seragam sekolah
C.
mendengarkan
penjelasan guru
D.
mematikan
kran air setelah mandi
19.
Pelestarian
hewan dilakukan dengan tujuan untuk menjaga agar makhluk hidup ....
A.
berkembang
biak
B.
mudah
di sembelih
C.
tidak
punah
D.
harganya
mahal
20.
Pak
Karjo tinggal didaerah pantai. Ia dikenal sebagai pengrajin kerang. Hasil karya
beliau dipasarkan sendiri didaerah sekitar rumahnya yang dekat dekat pantai
saat liburan tiba.
Berdasarkan
bacaan di atas, pertanyaan yang tepat untuk mewawancarai pak Karjo adalah ….
A.
Dimana
bapak akan menjual kerang itu?
B.
Apakah
bapak senang kami datang kemari?
C.
Berapa
buah hiasan dari kerang yang dapat bapak buat salam satu bulan?
D.
Bagaimana
perasaan bapak saat menjual kerang di pantai?
21.
Pertanyaan
wawancara yang baik disusun menggunakan bahasa yang ....
A.
tidak
sopan B.
acak-acakan |
C.
sulit
dipahami D.
mudah
di pahami |
22.
Keterampilan
yang harus dimiliki oleh seorang narasumber dalam wawancara adalah ....
A.
memiliki
pengetahuan
B.
tidak
terlibat dalam peristiwa
C.
berbicara
tidak sopan
D.
tidak
memiliki keahlian
23.
Cara
menulis laporan hasil wawancara yang baik adalah memuat bagian-bagian berikut,
kecuali ...
A.
topik
wawancara B.
narasumber |
C.
pewawancara D.
pertanyaan
wawancara |
24.
Melalui
wawancara kita dapat menggali informasi secara rinci tentang suatu hal atau
peristiwa dengan cara ....
A.
menanggapi
laporan
B.
mencatat
laporan
C.
mengajukan
pertanyaan
D.
membaca
pertanyaan
25.
Dalam
memberikan pendapat terhadap laporan yang ditulis teman sebaiknya menggunakan
bahasa sebagai berikut, kecuali ....
A.
bahasa
yang menyinggung
B.
bahasa
yang asing
C.
bahasa
yang santun
D.
bahasa
yang bertele-tele
III. Isilah
titik-titik di bawah ini dengan benar!
26.
Dalam
memperbaiki tulisan pada laporan hasil wawancara sebaiknya menggunakan kalimat
efektif, artinya kalimat yang mudah ....
27.
Sumber
daya alam yang dapat di manfaatkan di daerah pantai untuk meningkatkan ikan
asin adalah ....
28.
Contoh
pemanfaatan sumber daya alam pada wilayah pegunungan adalah..., ...., dan ....
29.
Ayam
merupakan sumber daya alam hayati. Bagian dari ayam yang dapat di manfaatkan sebagai
sumber makanan adalah ... dan ....
30.
Tubuhnya
tegak dan lincah, kulitnyah bersih, dan matanya jernih merupakan ciri-ciri
hewan yang ....
31.
Proses
mengolah kembali sampah atau benda bekas menjadi produk baru yang bermanfaat
disebut ....
32.
Tidak
memakai pukat harimau merupakan upaya menjaga ekosistem di ....
33.
Burung
cendrawasih berasal dari ....
34.
Bagian
tubuh ikan yang berfungsi untuk bergerak adalah ....
35.
Tempat
untuk melestarikan hewan agar tidak punah adalah ....
IV. Jawablah
pertanyaan ini dengan benar!
36.
Lengkapi
diagram ven tubuh hewan berikut
37.
Tuliskan
2 hak dan kewajiban dalam memanfaatkan tumbuhan!
38.
Tuliskan
4 kegiatan dalam rangka melaksanakan kewajiban merawat tanaman!
39.
Jelaskan
tujuan melaksanakan hak dan kewajiban dan tanggung jawab dalam masyarakat!
40.
Tuliskan
hak dan kewajiban kita dalam melindungi hewan langka!
PENIAIAN AKHIR
SEMESTER (PAS) SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN
2020/2021
SD NEGERI
........................................
UPTD PENDIDIKAN
WILAYAH CIKATOMAS
DINAS PENDIDIKAN
DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TASIKMALAYA
Tema : 3.
Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Kelas : IV
(empat)
KUNCI JAWABAN
Bagian I Isian
1.
Tempat
( Bhs. Indonesia KD 4.3 )
2.
dimana
alamat rumah Pak Amir ? ( Bhs. Indonesia KD 4.3 )
3.
Kapan
( Bhs. Indonesia KD 4.3 )
4.
Laporan
hasil wawancara ( Bhs. Indonesia KD 4.3 )
5.
Dimana
bapak menemukan dompet tersebut ? ( Bhs. Indonesia KD 4.3 )
Bagian II pilihan ganda
6.
B
( IPS KD 3.1 )
7.
D
( IPS KD 3.1 )
8.
D
( IPS KD 3.1 )
9.
C
( IPS KD 3.1 )
10.
C
( IPS KD 3.1 )
11.
C
(IPA KD 3.8)
12.
C
(IPA KD 3.8)
13.
C
(IPA KD 3.8)
14.
A
(IPA KD 4.8)
15.
D
(IPA KD 4.8)
16.
A
(PPKn KD 3.2)
17.
C
(PPKn KD 3.2)
18.
A
(PPKn KD 3.2)
19.
C
(PPKn KD 3.2)
20.
A
( Bhs. Indonesia KD. 3.3 )
21.
D
( Bhs. Indonesia KD. 3.3 )
22.
B
( Bhs. Indonesia KD. 3.3 )
23.
D
( Bhs. Indonesia KD. 3.3 )
24.
A
( Bhs. Indonesia KD. 3.3 )
25.
C
( Bhs. Indonesia KD. 4.3 )
Bagian III
26.
Pahami
( Bhs. Indonesia KD. 4.3 )
27.
Matahari ( IPS KD. 4.1 )
28.
Teh,
kopi dan kina ( IPS KD. 4.1 )
29.
Daging
dan telurnya ( IPS KD. 4.1 )
30.
Terawat
( IPS KD. 4.1 )
31.
Recycle
(IPS KD. 4.1 )
32.
Laut
( IPA KD. 4.8 )
33.
Papua
( IPA KD. 3.1 )
34.
Sirip
( IPA KD. 3.1 )
35.
Suaka
margasatwa ( IPA KD. 4.1 )
Bagian IV Uraian
36.
37.
1.
menebang tumbuhan yang sudah pantas untuk di
tebang
2. memanfaatkan
buah, ranting maupun daunnya untuk keperluan sehari-hari
38.
1.
Pemupukan
2. menyiangi
tanaman
3. mencabut rumput
liar sekitar tanaman
4. menyiram
tanaman ( PKn KD. 4.2 )
39.
1.
Untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat yang selaras dan seimbang dimana
tidak ada pelanggaran peraturan yang berlaku
2. akan
terciptanya kenyamanan dan keamanan ( PKn KD. 4.2 )
40.
Hak
: memiliki hak untuk menikmati keindahan hewan dan tumbuhan langka tersebut
Kewajiban :
menjaga dan melestarikan hewan dan tumbuhan langka tersebut ( PKn KD. 4.2 )
Kriteria penilaian
:
Bagian
I :
2
Bagian
II :
1
Bagian
III :
1
Bagian
IV :
3
Jumlah
skor maksimal
Nilai
Akhir = skor perolehan x 100
Skor maksimal