PENIAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
SD NEGERI ..............................
UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN TASIKMALAYA
Tema : 4. Berbagai Pekerjaan
Kelas : IV (empat)
Bacalah wacana di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1-5!
Kelinci dan Kura-Kura
Di sebuah hutan, ada seekor kelinci
yang terkenal mampu berlari sangat cepat. Namun sayang, kemampuan itu membuat
dia menjadi sombong. Pada suatu hari, kura-kura, keong, dan bekicot sedang
bercakap-cakap. Tiba-tiba, kelinci datang menhampiri mereka dengan berlari
sangat cepat. Debu yang bertebangan membuat tiga hewan tersebut batuk-batuk.
“Hai kelinci! Bisakah kamu menghargai teman-temanmu?” teriak kura-kura dengan
kesal.
Mendengar perkataan kura-kura,
kelinci berhenti dan berkata, mengapa aku harus mendengar perkataan dari hewan
lamban sepertimu? Pasti kalian iri karena tak mampu berlari secepat aku. Kalian
hanya bisa merayap pelan-pelan, hahaha . . .”.
Kura-kura tidak terima jika dia dan
teman-teman diejek seperti itu. “Jangan sombong kau kelinci! Kalau berani, mari
kita lomba lari!” tantang kura-kura. Mendengar tantangan dari kura-kura, kelinci
pun tertawa. “Hahaha . . . baiklah, aku akan memberimu pelajaran tentang arti
kecepatan dan kemenangan.” Akhirnya, mereka memutuskan untuk mengadakan lomba
lari. Bekicot dan keong pun ikut mendukung kura-kura.
Lomba lari pun dimulai kelinci
dengan mudah meminpin lomba lari jauh di depan kura-kura yang berjalan lambat.
Karena merasa sudah menang, kelinci berniat untuk mengejek kura-kura. Kelinci
memutuskan untuk beristirahat sejenak di pohon dekat garis akhir.
Dia mengira kalau kura-kura masih sulit
menyusulnya. Kura-kura pantang menyerah terus berjalan walaupun dengan lambat.
Tak lama kemudian, dia melihat kelinci sedang tertidur pulas di bawah pohon.
Kura-kura terus bejalan dengan pasti. Kura-kura berjalan dengan hati-hati agar
kelinci tidak terbangun. Beberapa saat kemudian, kura-kura pun sudah mendekati
garis akhir. Kelinci akhirnya terbangun dan kaget bahwa kura-kura sudah
menyusulnya. Dia langsung berlari dengan cepat untuk menyusul kura-kura. Namun
sayang, kura-kura sudah berhasil melewati garis akhir dan memenangkan
pertandingan.
I.
Berdasarkan wacana di atas,
jawablah pertanyaan-pertanyan di bawah ini!
1.
Siapakah
tokoh utama dalam cerita di atas ?
2.
Bagaimanakah
sikap tokoh utama cerita di atas ?
3.
Apa
pesan moral yang kamu temukan dalam cerita di atas?
4.
Mengapa
kelinci kalah dalam lomba lari melawan kura-kura ?
5.
Berdasarkan
cerita di atas, tuliskan tokoh, sifat tokoh dan tempat, dalam bentuk peta
pikiran !
II. Berilah
tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D di depan jawaban yang benar!
6.
Perhatikan
diagram venn berikut !
Dari diagram
Venn di atas dapat disimpulkan salah satu jenis pekerjaan, yaitu ....
A.
nelayan B.
pedagang |
C.
pelaut D.
nahkoda |
7.
Jenis
pekerjaan yang terdapat pada tahap distribusi adalah . . . .
A.
dokter
B.
pedagang
C.
nelayan
D.
peternak
8.
Jenis
pekerjaan yang menghasilkan barang adalah . . . .
A.
guru B.
dokter |
C.
pengacara D.
petani |
9.
Pekerjaan
ayahku adalah pengrajin kayu. Ayahku membuat meja dan kursi. Untuk menghasilkan
kursi, awalnya ayahku membeli kayu, memotongnya, membentuk menjadi kursi,
menghaluskan, lalu mengecatnya. Waktu yang dihabiskan untuk membuat kursi
kurang lebih satu minggu. Ayahku menjual meja dan kursi yang dibuat ke toko
mebel. Dari toko mebel itulah orang-orang bisa membeli meja dan kursi buatan
ayahku.
Produk dari
pekerjaan ayahku adalah ....
A.
kayu
B.
kursi
dan meja
C.
barang
D.
jasa
10.
Pak
Tono adalah seorang pedagang daging ayam, ia membeli daging ayam tersebut dari
peternak ayam, lalu ia menjual kembali ke masyarakat. Kegiatan yang dilakukan
pedagang ayam ini termasuk kegiatan ekonomi jenis . . . .
A.
prodiksi
B.
distribusi
C.
konsumsi
D.
koveksi
11.
Perhatikan
peta pikiran di bawah ini !
|
|
1 Melakukan
reboisasi |
|
|
|
|
|
|
|
4 Melakukan
illegal logging |
|
Cara menjaga keseimbangan alam
dan kelestarian alam sumber daya alam |
|
2 Mendaur
ulang sampah |
|
|
|
|
|
|
|
3 Penggunaan
BBM yang bijak |
|
|
Kegiatan yang sesuai berdasarkan peta
pikiran di atas adalah ....
A.
1,
2, dan 3 B.
1,
2, dan 4 |
C.
1,
3, dan 4 D.
2,
3, dan 4 |
12.
Untuk
menahan air di lahan miring dapat dilakukan dengan cara ....
A.
reboisasi B.
irigasi |
C.
illegal
logging D.
terasering |
13.
|
1.
Penggunaan
pukat harimau 2.
Penggunaan
turbin untuk PLTA 3.
Penggunaan
gergaji mesin untuk kegiatan illegal logging 4.
Penggarapan
traktor di sawah |
Penggunaan
teknlogi yang berdampak negatif bagi keberadaan sumber daya alam yaitu....
A.
1
dan 2 B.
2
dan 3 |
C.
1
dan 3 D.
2
dan 4 |
14.
Kegiatan
yang tidak termasuk penghematan air adalah ....
A.
mandi
dengan air secukupnya
B.
jangan
terlalu sering mencuci kendaraan
C.
menyiram
tanaman dengan air cucian piring
D.
membiarkan
kran air terbuka terus menerus
15.
Pemanfaatan
sampah plastik untuk dijadikan berbagai kerajinan disebut ....
A.
abiotik
B.
daur
ulang
C.
biotik
D.
organik
16.
Makna sila Pancasila
berdasarkan simbol
di
samping adalah ....
A.
mengakui
persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia
B.
menggalang
persatuan dan keasatuan Indoesia
C.
bermusyawarah
mufakat dengan semangat kekeluargaan
D.
menjamin
penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya
17.
Jika
ada teman kita yang berbeda agama sedang melaksanakan ibadah, yang harus kita
lakukan adalah ....
A.
menunggunya
B.
mengikutinya
C.
menghargaianya
D.
mengganggunya
18.
Adi
sebagai KM di kelas IV. Sudah tiga hari Adi tidak masuk sekolah dikarenakan
sakit. Semua teman kelasnya menjenguk Adi. Sikap yang ditunjukkan oleh teman
Adi sesuai dengan nilai yang terkandung dalam pancasila yaitu ....
A.
Ketuhanan
Yang Maha Esa
B.
Kemanusiaan
yang adil dan beradab
C.
Persatuan
Indonesia
D.
Keadilan
bagi seluruh rakyat Indonesia
19.
Bentuk
rantai yang persegi pada simbol sila kedua pancasila mencerminkan ....
A.
abiotik
B.
daur
ulang
C.
biotik
D.
organik
20.
Sikap
yang sesuai dengan sila kedua Pancasila yaitu ....
A.
musyawarah
B.
gemar
menabung
C.
menghargai
umat lain
D.
tenggang
rasa
21.
Anto
dan adiknya sedang berjalan-jalan di taman. Mereka menemukan dompet yang
terjatuh. Di dalam dompet tersebut terdapat tanda pengenal. Ternyata dompet
tersebut milik Pak Budi, tetangga mereka. Anto dan adiknya segera mengembalikan
dompet tersebut kepada pemiliknya.
Tokoh
utama dalam cerita tersebut adalah ....
A.
Pak
Budi dan adik Anto
B.
Pak
Budi dan Anto
C.
Anto
dan adiknya
D.
Anto
dan tetangganya
22.
Di
sebuah desa di kaki bukit, hiduplah seorang petani miskin. Setiap hari ia
bekerja di sawah. Bila sudah lelah mencangkul, ia pergi ke hutan mencari kayu
bakar. Selain untuk kebutuhan sendiri, kayu bakar itu dijual ke pasar. Uangnya
untuk membeli keperluan dapur, seperta garam, ikan asin, dan gula.
Sifat
tokoh petani dalam cerita di atas adalah ....
A.
penakut
B.
rajin
bekerja
C.
kikir
D.
periang
23.
Orang
yang berperan dengan watak tertentu dalam sebuah cerita disebut ....
A.
alur
cerita B.
latar |
C.
amanat D.
tokoh |
24.
Setiap
hari Senin Cakra upacara. Pagi itu dia tampak kebingungan. Dia mondar-mandir di
dalam rumah mencari sesuatu. Dia ternyata mencari topi. Hari senin kemarin dia
menaruhnya di kursi tamu. Akan tetapi, topi itu sudah tidak ada.
Amanat
yang dapat diambil dari cerita tersebut adalah ....
A.
segera
membeli yang baru apabila ada barang kita yang hilang
B.
bangun
lebih pagi agar tidak terlambat mengikuti upacara
C.
menyuruh
ibu menyiapkan segala keperluan sekolah
D.
kita
tidak boleh sembarangan meletakkan barang-barang
25.
Suasana
kelas siang itu sangat gaduh. Seorang anak mencuri uang temannya.” Ada apa
ini ?” kata guru mereka dengan nada
tinggi. “ Ada maling, bu” kata Dito kepada gurunya. Latar
atau tempat kejadian pada penggalan cerita tersebut adalah .... A. di sekolah B. di pasar C. di kantor polisi D. di dalam sebuah rumah |
III. Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
26.
Seseorang
yang mempunyai keterampilan khusus dan bekerja membuat barang-barang kerajinan
disebut ....
27.
Proses
pengolahan bahan baku menjadi barang jadi disebut ....
28.
Di
daerah pantai banyak dijumpai penduduk yang bermata pencaharian sebagai ....
29.
Seseorang
yang mempunyai keahlian khusus memainkan boneka wayang disebut ....
30.
Makan
nasi, minum susu dan memakai sepatu termasuk kegiatan ekonomi jenis ....
31.
Tidak
mengambil dan tidak merusak terumbu karang, serta melakukan pemeliharaan hewan
laut termasuk menjaga keseimbangan dan kelestarian sumberdaya alam di ....
32.
Menanam
pohon kembali untuk penghijauan disebut ....
33.
Kotoran
hewan bisa menghasilkan energi yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan
manusia, yang disebut energi ....
34.
Apabila
menebang pohon sebaiknya ... kembali pohon yang baru
35.
Menggunakan
botol bekas air mineral untuk membuat vas bunga merupakan contoh kegiatan ....
IV. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
36.
Sikap
jujur merupakan contoh pengamalan Pancasila. Sila keberapakah yang sesuai
dengan sikap tersebut tuliskan bunyinya?
37.
Amati
gambar di bawah ini!
Gambar 1 |
Gambar 2 |
Gambar 3 |
Gambar
nomor berapa saja yang sesuai dengan Sila Pertama Pancasila? Jelaskan alasanmu!
38.
Dayu
suka menolong temannya yang kesusahan. Sikap tersebut sesuai dengan sila pada
Pancasila. Sila keberapakah yang sesuai dengan sikap Dayu tersebut. Tuliskan
bunyinya!
39.
Perhatikan
gambar di samping!
Apa
nama kegiatan pada gambar di samping? Sila keberapakah
pada
Pancasila yang menerminkan sikap tersebut?
40.
Tuliskan
contoh prilaku/sikap yang sesuai dengan sila ke tiga Pancasila di lingkungan
rumah, sekolah, dan masyarakat!
PENIAIAN AKHIR
SEMESTER (PAS) SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN
2020/2021
SD NEGERI
..............................
UPTD PENDIDIKAN
WILAYAH CIKATOMAS
DINAS PENDIDIKAN
DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TASIKMALAYA
Tema : 4.
Berbagai Pekerjaan
Kelas : IV
(empat)
Kunci Jawaban
Bagian I Isian
Bahasa Indonesia KD.
4.5
1.
Kelinci
dan Kura-kura
2.
Kelinci:
Sombong Kura-kura:
pantang menyerah
3.
Jangan
sombong dan menganggap rendah orang lain, tetap bersemangat dan gigih dalam
mencapai sesuatu
4.
Karena
kelinci menganggap remeh yakin bisa mengalahkan kura-kura karena jalannya lebih
cepat.
5.
Peta
pikiran Tokoh : Kelinci, Kura-kura, Babicot, Keong
Sifat
tokoh : kelinci: sombong, kura-kura pantang menyerah
Tempat
: Hutan
Bagian II Pilihan Ganda
IPS
KD. 3.3 6.
A 7.
B 8.
D 9.
C 10.
B |
IPA
KD. 3.8 11.
A 12.
D 13.
C 14.
D 15.
B |
PPKn
KD. 3.1 16.
D 17.
C 18.
B 19.
A 20.
D |
Bahasa
Indonesia KD. 3.5 21.
C 22.
B 23.
D 24.
D 25.
A |
Bagian III Isian
IPS KD 3.3 26.
Pengrajin 27.
Produksi 28.
Nelayan 29.
Dalang 30.
Konsumsi |
IPA KD. 4.8 31.
Laut 32.
Reboisasi 33.
Biogas 34.
Ditanam atau menanam 35.
Reuse |
Bagian IV Uraian
PPKn
KD. 4.1
36.
Sila
pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa
37.
Gambar
1 : Karena gambar 1 sesuai dengan sila
pertama Pancasila yaitu sedang beribadah.
Gambar
2 : Karena gambar 1 sesuai dengan sila
pertama Pancasila yaitu anak melaksakan
kewajibannya yaitu belajar mengaji.
38.
Ke
dua, kemanusiaan yang adil dan beradab
39.
Bakti
sosial, Sila ke dua, Penjelasan (diserahkan pada guru)
40. (diserahkan kepada guru)
1)
Di lingkungan keluarga :
a.
Mencintai sesama anggota keluarga dan membina
kerukunan serta keutuhan keluarga.
2)
Di lingkungan sekolah :
a.
Mencintai dan saling menghormati antarteman,
guru dan petugas sekolah.
b.
Tertib membayar uang sekolah.
3)
Di lingkungan masyarakat :
a.
Saling tukar kesenian daerah.
b.
Bergaul dengan masyarakat tanpa memandang
perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan.
Penilaian : |
|
||
Bagian I Bagian II Bagian III Bagian IV |
2 1 2 3 |
|
|
Skor maksimal |
|
|
|
Nilai = |
Skor yang diperoleh |
X 100 |
|
Skor maksimal |