PROGRAM KESISWAAN
TAHUN
PELAJARAN 2020/2021
SD
NEGERI MARGAMULYA
UPTD
PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS
KABUPATEN TASIKMALAYA
2020
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga kami
dapat menyelesaikan penulisan dan penyusunan program kerja bidang kesiswaan
tahun 2020.
Program kerja ini disusun berdasarkan
berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan program kerja pada tahun
sebelumnya serta saran pendapat dan masukan berbagai elemen dan pihak-pihak
yang berkepentingan seperti:
1. Instruksi
tertulis / Edaran kepala sekolah tentang tugas pokok wakil kepala sekolah
bidang kesiswaan.
2. Visi
misi dan strategi yang hendak dicapai.
3. Rekan
pengajar dan Tenaga kependidikan.
4. Pemikiran
penyusun dalam rangka pelaksanaan dan tuntutan tugas dilandasi juknis buku
pedoman Pembina kesiswaan.
5. Pengurus
komite sekolah.
Didasari keberadaan siswa disekolah
sebagai subjek dan pusat kegiatan yang kompleks maka pelaksanaan kegiatan
bersifat skala prioritas yang penjadwalan kegiatannya disesuaikan anggaran,
situasi dan kondisi serta waktu akademik yang tersedia.
Partisipasi aktif siswa lebih
diarahkan kepada keseimbangan kemampuan akademik dan nonakademik sesuai minat
dan bakatnya, sehingga siswa memiliki keuntungan ganda.
Dengan demikian diharapkan siswa yang
berbakat dan kreatif, maupun siswa yang extrim pelanggaran tata tertib siswa
terarahkan, terwadahi dan tersalurkan melalui pembinaan. Sehingga diharapkan
keberadaan sekolah semakin maju dan sekolah sebagai tempat pusat belajar.
Semakin dipercaya semua pihak sehingga masyarakat memberi nilai yang makin
meningkat serta terbentuk kepercayaan public kesekolah yang akhirnya bermuara
pada kesejahteraan warga atau keluarga besar SDN Lengongbarang Kabupaten
Tasikmalaya.
Menyadari kekurangan-kekurangan
penyusun dalam pembuatan program ini, maka diharapkan dapat memberikan masukan
saran dan kritik berbagai pihak demi penyempurnaan penyusun program-program
serupa khusunya program kerja bidang kesiswaan di masa yang akan datang
merupakan reperensi yang amat berharga serta merupakan satu kekayaan yang tak
ternilai yang kami nantikan.
Mudah-mudahan program kerja ini dapat
dijadikan acuan dan gambaran kami dalam melaksanakan tugas pada Negara dan
bangsa di dunia pendidikan sesuai tujuan pendidikan nasional khususnya di SDN
Margamulya dengan visi dan misi sekolah sebagai tolak ukur keberhasilan kerja
sekolah. Amin.
Margamulya,
..................2020
Bidang
Kesiswaan
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR |
i |
DAFTAR ISI |
ii |
BAB I. PENDAHULUAN |
1 |
A. Latar Belakang |
1 |
B. Maksud dan Tujuan |
2 |
C. Landasan Pelaksanaan |
2 |
BAB II. PROGRAM KESISWAAN SDN MARGAMULYA TAHUN 2020 |
3 |
1. Program Harian |
3 |
2. Program Pekanan |
4 |
3. Program Bulanan |
5 |
4. Program Tahunan |
6 |
BAB III. PENUTUP |
7 |
LAMPIRAN |
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan Nasional bertujuan
mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya
yaitu manusia yang Beriman dan Bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan
berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani
dan rohani kepribadian yang menetap dan
mandiri serta memilliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Pembangunan dibidang pendidikan
diarahkan kepada pengembangan sumber daya manusia yang bermutu tinggi, guna
memenuhi kebutuhan dan menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Melalui
pendidikan, sumber daya manusia yang bersifat potensi dikualisasikan hingga
optimal, dan seluruh aspek kepribadian dikembangkan secara terpadu.
Sejalan dengan peningkatan mutu
sumber daya manusia, Departemen Pendidikan Nasional terus berupaya untuk
meningkatkan mutu pendidikan. Direktorat Jendral Pendidikan , dalam hal ini
telah melakukan berbagai upaya, baik pengembangan mutu pembelajaran, pengadaan
sarana prasarana, perbaikan manajemen kelembagaan sekolah maupun pembinaan
kesiswaan.
Peningkatan mutu pendidikan di
sekolah tidak hanya terpaku pada pencapaian aspek akademi, melainkan aspek non
akademik juga, baik penyelenggaraannya dalam bentuk kegiatan kurikuler ataupun
akstrakulikuler, melalui berbagai program kegiatan yang sistematis dan
sistematik. Dengan upaya seperti itu, peserta didik (siswa) diharapkan
memperoleh pengalaman yang utuh, hingga seluruh modalitas belajarnya berkembang
secara optimal.
Disamping itu, peningkatan mutu
diarahkan pula kepada guru sebagai tenaga kependidikan yang berperan sentral
dengan strategis dalam memfasilitasi perkembangan pribadi peserta didik
disekolah. Peningkatan mutu guru merupakan upaya mediasi dalam rangka pembinaan
kesiswaan. Tujuan dari peningkatan mutu guru adalah pengembangan dalam
pembbinaan kesiswaan terlingkup program kegiatan yang langsung melibatkan
peserta didik (siswa) sebagai sasaran, adapula program yang melibatkan guru
sebagai mediasi atau sasaran antara (tidak langsung). Namun, sasaran akhir dari
kinerja pembinaan kesiswaan adalah perkembangan siswa yang optimal,sesuai
dengan karakteristik pribadi tugas perkembangan, kebutuhan , bakat, minat, dan
kreativitasnya.
Pada dasarnya, pembinaan kesiswaan
disekolah merupakan tanggung jawab semua tenaga kependidikan. Guru adalah salah
satu tenaga kependidikan yang kerap kali berhadapan dengan peserta didik dalam
proses pendidikan. Guru sebagai pendidik bertanggung jawab atas terselenggarannya proses tersebut
disekolah baik melalui bimbingan, pengajaran, dan atau pelatihan. Seluruh
tanggung jawab itu dijalankan dalam upaya memfasilitasi peserta didik agar
kompetensi dan seluruh aspek pribadinya berkembang optimal. Apabila guru hanya
menjalankan salah satu bagian dari tanggung jawabnya, maka perkembangan peserta
didik tidak mungkin optimal. dengan kata lain, pencapaian hasil pada peserta
didik yang optimal, mempersyaratkan pelayanan dari guru yang optimal pula.
Oleh karena guru merupakan tenaga
kependidikan, maka gurupun bertanggung jawab atas terselenggaranya pembinaan
kesiswaan disekolah secara umum dan secara khusus terpadu dalam setiap mata
pelajaran yang menjadi tanggung jawab
masing-masing. Dengan demikian, setiap guru sebagai pendidik seyogyanya
memahami, menguasai, dan menerapkan kompetensi bidang pembinaan kesiswaan.
Dalam kerangka berpikir dan bertindak
seperti itulah dikembangkan standar kompetennsi guru bidang pembinaan
kesiswaan, yang selanjutnya dirinci kedalam sub-sub kompetensi dan
indikator-indikator sebagai rujukan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan.
Keseluruhan indikator yang diturunkan dari enam kompetensi dasar yang dimaksud
dapat dijadikan acuan, baik bagi penyelenggaraan pembinaan kesiswaan secara
umum dalam program pendidikan disekolah, maupun secara khusus terpadu dalam
program pembelajaran dan bimbingan yang menjadi tanggung jawab guru mata
pelajaran dan guru pembimbing.
B.
Maksud
dan Tujuan
a) Maksud
Penyusunan program
dimaksudkan untuk membantu mewujudkkan visi dan misi SDN
Margamulya yang tertuang dalam program strategi sekolah
program kerja kepala sekolah.
b) Tujuan
Fungsi
dan tujuan akhir pembinaan kesiswaan secara umum sama dengan fungsi dan tujuan
pendidikan
nasional, sebagaimana tercantum dalam undang-undang No. 20 tahun 2003
tentang
sistem pendidikan nasional, bab II, pasal 3 yang berbunyi sebagai berikut
:“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia,
sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta
bertanggung jawab”.
Adapun secara khusus, pembinaan
kesiswaan ditujukan untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik (siswa)
melalui penyelenggaraan program bimbingan, pembelajaran, dan atau pelatihan,
agar peserta didik dapat mewujudkan kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan.
C.
Landasan
Program
1. Undang-Undang
Dasar 1945 (Pembukaan dan Pasal 31 & 32)
“Mengamanatkan
upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, serta agar pemerintah mengupayakan
satu sistem pengajaran dan pendidikan nasional yang diatur undang-undang, yang
memungkinkan warganya mengembangkan diri sebagai manusia Indonesia seutuhnya
(Insan Kamil)”.
2. Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran
Negara
Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3839)
BAB II
PROGRAM KESISWAAN SDN MARGAMULYA
TAHUN 2020
I.
HARIAN
A.
Visi
Satuan Pendidikan
Terwujudnya peserta didik
yang religius, cerdas, terampil, mandiri, dan berkarakter.
B.
Misi
Satuan Pendidikan
1. Menanamkan keimanan dan ketaqwaan melalui
pengamalan ajaran agama.
2. Mengoptimalkan
proses pembelajaran yang PAIKEM dengan bimbingan yang berkualitas.
3. Mengembangkan
bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan minat, bakat, dan potensi
peserta didik.
4. Membina
kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan, kewirausahaan, dan
pengembangan diri.
5. Melakukan
penguatan pendidikan karakter secara terencana dan berkesinambungan.
6. Menciptakan
suasana sekolah yang kondusif.
7. Menjalin
kerjasama yang harmonis antar warga sekolah dan lembaga yang terkait.
C.
Tujuan
Satuan Pendidikan
1. Mengembangkan
budaya sekolah yang religius Islami melalui berbagai kegiatan keagamaan.
2. Melaksanakan
pembelajaran PAIKEM di setiap jenjang kelas yang disertai penggunaan sarana,
media pembelajaran, dan LSSB secara optimal.
3. Melaksanakan
kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana pengembangan bakat, minat, dan potensi
peserta didik secara kontinyu.
4. Menyelenggarakan
berbagai kegiatan dalam rangka penguatan pendidikan karakter dan kemandirian.
5. Berpartisipasi
aktif dan meraih prestasi dalam berbagai kegiatan pesrta didik,, baik akademik
maupun non akademik yang diselenggarakan di tingkat kecamatan, kabupaten,
provinsi, dan nasional
6. Menerapkan
konsep pendidikan “ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso, tut wuri
handayani”.
7. Menciptakan
suasana sekolah yang bersih, sehat, indah, dan nyaman.
8. Menjalin
kerjasama yang baik dengan lembaga-lembaga terkait dalam rangka merealisasikan
berbagai program sekolah.
D. Tugas
Mengajak
teman untuk melakukan dalam hal :
1)
Membuang sampah pada
tempatnya
2)
Kerapian dalam berpakaian
3)
Datang tidak terlambat ke
sekolah
4)
Membiasakan mengucapkan
salam
5)
Ucapan dan perkataan yang
baik
6)
Bersalaman ketika datang
dan pulang
7)
Persahabatan
8)
Kawasan bebas asap rokok
E. Teknik Pelaksanaan
o Bertugas
secara bergiliran dalam satu kelas 1 siswa untuk melakukan pemantauan dalam
kelas
o Mengajak
teman untuk melakukan kedisiplinan seperti yang tercantum pada poin C, dengan
pantauan dari wali kelas dan guru bidang studi.
1.1
Budayakan 5 S
( Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan 2 B (Bersih Diri, Bersih
Lingkungan)
a) Tujuan
o Membiasaka
budaya 5 S dan 2 B pada siswa sehingga menjadi karakter anak
b) Teknis
Pelaksanaan 5 S
o Di
mulai dari diri kita dahulu dalam kelas (waktu datang dan mau
pulang) dibawah bimbingan guru/wali kelas
o Jika
pelaksanaan di kelas sudah baik maka meningkat ke semua teman yang ditemui
(lain kelas)
o Apabila
sudah berjalan dengan baik meningkat lagi kepada semua orang yang ditemui di
sekolah termasuk tamu yang datang kesekolah
o Adanya
keteladanan dari guru
c) Teknis
Pelaksanaan Bersih Diri dan Bersih Lingkungan (2 B)
o Budaya
2 B adalah tanggung jawab semua warga sekolah. Berkewajiban mengingatkan
apabila ada sampah atau kotoran berserakan (melihat anak membuang sampah
sembarangan)
o Budaya
2B dimulai dari diri kita terlebih dahulu
o Adanya
keteladanan dari guru
1.2 Operasi Semut
a)
Tujuan
o Membiasakan
anak dalam lingkungan yang bersih
o Menjaga
kebersihan lingkungan sekolah dan sekitarnya
b) Sasaran
o Seluruh
warga sekolah SDN Margamulya
o Jadwal
Pelaksanaan (Terlampir)
II.
PEKANAN
a. Upacara
a) Tujuan
o Menanamkan/melatih
anak dalam kedisiplinan, kemandirian dan percaya diri.
b) Teknis
Pelaksanaan
o Petugas
dan Pembina upacara dirolling sesuai jadwal.
o Pelatihan
petugas upacara oleh guru kelas / wali kelas.
o Upacara
dilaksanakan 1 pekan sekali
b. Shalat
Berjamaah
a) Tujuan
o Untuk
menanamkan kebersamaan dalam beribadah atau pendidikan ruhiyah.
o Mengenalkan
anak dengan ibadah / sholat sunnah.
b) Bentuk
Kegiatan
o Sholat
dhuha
o Sholat
Dhuhur
o Infak
o Pemantauan
program 2B
c)
Teknis Pelaksanaan
o Pelaksananaan
shalat Dhuha dan dhuhur secara berjamaah di lakukan dari hari Senin sampai hari
kamis didampingi oleh wali kelas
o Dilaksanakan
secara bergilir dari kelas IV –VI sesuai dengan jadwal
o Pengumpulan
infak oleh wali kelas, yang kemudian
disetor ke pengumpul BAZ
o Pemantauan
2B oleh wali kelas dan atau guru pendamping.
c) Jadwal
Pendamping Sholat (Terlampir)
c. Imtaq
a) Tujuan
Untuk membangun
kepribadian siswa agar menjadi manusia yang memiliki kecerdasan emosional dan
spiritual
b) Bentuk
dan Kegiatan (Terlampir)
2.4 Jum’at
Sehat dan Bersih
a) Tujuan
o Menanamkan
kebersamaan dalam kesehatan dan kebugaran jasmani
o Membiasakan
budaya sehat/olah raga pada seluruh warga sekolah
o Menanamkan
dan membiasakan kebersihan diri dan lingkungan
b) Bentuk
Kegiatan
1. Senam
2. Kebersihan
Lingkungan
c) Pelaksanaan
Seluruh Peserta didik dan Tenaga
kependidikan
d) Program
dan Jadwal Kegiatan Terlampir
2.5 Bimbingan dan Konseling
a) Tujuan
o Menangani
anak-anak yang mempunyai masalah dan mencari solusinya ( ditangani wali kelas
masing-masing)
o Supaya
orang Tua bisa berkonsultasi kepada wali kelas masing-masing
b) Teknis
Pelaksanaan
o Dilaksanakan
Wali kelas, mendata anak yang akan di konsultasikan dan
Orang tua yang akan berkonsultasi.
2.6 Ekstra Kurikuler
A. Jenis-Jenis
Ekstra Kurikuler
1. Ekstra
Kurikuler Wajib
o Pramuka
B. Ekstra
Kurikuler Pilihan
o Volly
o Futtsall
C. Tehnik
Pelaksanaan
o Pramuka dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah
dibuat
o Kegiatan
Eskul dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat
D. Jadwal
dan Kegiatan Ekstra Wajib, Pilihan (
Terlampir )
2.7
Membaca di Perpustakaan
a. Tujuan
o
Membudayakan dan membiasakan anak gemar
membaca
b. Sasaran
o
Seluruh tingkatan kelas yang didampingi wali kelas
c. Jadwal
Kunjungan ( Terlampir )
3. BULANAN
3.1 Mading
e) Tujuan
o Menumbuhkan
kreatifitas anak.
o Melatih
anak dalam membuat karya.
f) Pelaksanaan
o Pengisi
mading adalah anak kelas I-VI.
o Pembuatan
mading di bawah bimbingan wali kelas
g) Jadwal
Pengisi Mading ( Terlampir )
3.2 Komite Sekolah
o Dilaksanakan
minimal sekali dalam semester
o Dihadiri
oleh komite sekolah, komite masing-masing kelas (minimal 3), waka serta kepala
sekolah.
o Pertemuan
komite sekolah akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan
3.4 Laporan Bulanan Keadaan Siswa
o Laporan
keadaan siswa dikumpulkan setiap bulan
4. TAHUNAN
5.1 PSB ( Penerimaan Siswa Baru )
Susunan panitia akan
diputuskan melalui rapat koordinasi dengan guru dan staf minimal 1 (satu )
Minggu sebelum pelaksanaan
1.2
PHBI dan PHBN
4.5 Jenis
Kegiatan PHBI
o Isra
Mi’raj Nabi Muhammad SAW
o Hari
Raya Idul Fitri dan Ramadhan (Pesantren kilat)
o Hari
Raya Idul Adha (Kurban)
o Tahun
Baru Islam
o Maulid
Nabi
4.6 Jadwal
dan Jenis Kegiatan PHBI (Terlampir )
4.7 Jenis
Kegiatan PHBN
o Peringatan
Hari Kartini
o Peringatan
Hari Pendidikan Nasional
o Peringatan
HUT RI
5.3 Pelepasan kelas VI
Panitia
dan waktu pelaksanaan disusun paling lambat 1 minggu sebelum pelaksanaan
kegiatan
BAB III
PENUTUP
Kita menyadari bahwa siswa yang
merupakan bagian dari generasi muda akan menjadi pelaku-pelaku pembangunan
bangsa di masa yang akan datang. Kualitas siswa pada masa kini akan memberikan
corak perkembangan masa depan bangsa Indonesia.
Kita sadari bahwa berhasil tidaknya
pembinaan dan pengembangan siswa di SDN Margamulya, tergantung pada peran serta
sekolah dan seluruh siswa SDN Margamulya
Pedoman pembinaan kesiswaan ini akan
sangat bermanfaat di dalam melaksanakan dan mengembangkan kreatifitas, minat
dan bakat siswa, sehingga para siswa dapat melatih dan menyiapkan dirinya
sebagai kader pimpinan masa datang dengan selalu berorientasi kepada program
yang mereka siapkan sendiri.
Program kerja ini tidak luput dari
segala kekurangan, oleh karena itu diharapkan kritikan dan masukan dari berbagai
pihak untuk kesempurnaan program kerja ini. Terima kasih
Assalamu
Alaikum wr.wb!
Margamulya,
......................20
Bidang Kesiswaan
................................................
NIP