Tuesday, February 2, 2021

Bukti Fisik PKKS #Akreditasi #Program Kesiswaan

 

  

PROGRAM KESISWAAN

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 



 


SD NEGERI MARGAMULYA

UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS

 KABUPATEN TASIKMALAYA

2020

 



KATA PENGANTAR

 

Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan dan penyusunan program kerja bidang kesiswaan tahun  2020.

Program kerja ini disusun berdasarkan berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan program kerja pada tahun sebelumnya serta saran pendapat dan masukan berbagai elemen dan pihak-pihak yang berkepentingan seperti:

1.      Instruksi tertulis / Edaran kepala sekolah tentang tugas pokok wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.

2.      Visi misi dan strategi yang hendak dicapai.

3.      Rekan pengajar dan Tenaga kependidikan.

4.      Pemikiran penyusun dalam rangka pelaksanaan dan tuntutan tugas dilandasi juknis buku pedoman Pembina kesiswaan.

5.      Pengurus komite sekolah.

Didasari keberadaan siswa disekolah sebagai subjek dan pusat kegiatan yang kompleks maka pelaksanaan kegiatan bersifat skala prioritas yang penjadwalan kegiatannya disesuaikan anggaran, situasi dan kondisi serta waktu akademik yang tersedia.

Partisipasi aktif siswa lebih diarahkan kepada keseimbangan kemampuan akademik dan nonakademik sesuai minat dan bakatnya, sehingga siswa memiliki keuntungan ganda.

Dengan demikian diharapkan siswa yang berbakat dan kreatif, maupun siswa yang extrim pelanggaran tata tertib siswa terarahkan, terwadahi dan tersalurkan melalui pembinaan. Sehingga diharapkan keberadaan sekolah semakin maju dan sekolah sebagai tempat pusat belajar. Semakin dipercaya semua pihak sehingga masyarakat memberi nilai yang makin meningkat serta terbentuk kepercayaan public kesekolah yang akhirnya bermuara pada kesejahteraan warga atau keluarga besar SDN Lengongbarang Kabupaten Tasikmalaya.

Menyadari kekurangan-kekurangan penyusun dalam pembuatan program ini, maka diharapkan dapat memberikan masukan saran dan kritik berbagai pihak demi penyempurnaan penyusun program-program serupa khusunya program kerja bidang kesiswaan di masa yang akan datang merupakan reperensi yang amat berharga serta merupakan satu kekayaan yang tak ternilai yang kami nantikan.

Mudah-mudahan program kerja ini dapat dijadikan acuan dan gambaran kami dalam melaksanakan tugas pada Negara dan bangsa di dunia pendidikan sesuai tujuan pendidikan nasional khususnya di SDN Margamulya dengan visi dan misi sekolah sebagai tolak ukur keberhasilan kerja sekolah. Amin.

 

Margamulya, ..................2020

Bidang Kesiswaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

i

DAFTAR ISI

ii

BAB I. PENDAHULUAN

1

A.    Latar Belakang

1

B.     Maksud dan Tujuan

2

C.     Landasan Pelaksanaan

2

BAB II. PROGRAM KESISWAAN SDN MARGAMULYA TAHUN 2020

3

1.      Program Harian

3

2.      Program Pekanan

4

3.      Program Bulanan

5

4.      Program Tahunan

6

BAB III. PENUTUP

7

LAMPIRAN

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang Beriman dan Bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani kepribadian  yang menetap dan mandiri serta memilliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Pembangunan dibidang pendidikan diarahkan kepada pengembangan sumber daya manusia yang bermutu tinggi, guna memenuhi kebutuhan dan menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Melalui pendidikan, sumber daya manusia yang bersifat potensi dikualisasikan hingga optimal, dan seluruh aspek kepribadian dikembangkan secara terpadu.

Sejalan dengan peningkatan mutu sumber daya manusia, Departemen Pendidikan Nasional terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Direktorat Jendral Pendidikan , dalam hal ini telah melakukan berbagai upaya, baik pengembangan mutu pembelajaran, pengadaan sarana prasarana, perbaikan manajemen kelembagaan sekolah maupun pembinaan kesiswaan.

Peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya terpaku pada pencapaian aspek akademi, melainkan aspek non akademik juga, baik penyelenggaraannya dalam bentuk kegiatan kurikuler ataupun akstrakulikuler, melalui berbagai program kegiatan yang sistematis dan sistematik. Dengan upaya seperti itu, peserta didik (siswa) diharapkan memperoleh pengalaman yang utuh, hingga seluruh modalitas belajarnya berkembang secara optimal.

Disamping itu, peningkatan mutu diarahkan pula kepada guru sebagai tenaga kependidikan yang berperan sentral dengan strategis dalam memfasilitasi perkembangan pribadi peserta didik disekolah. Peningkatan mutu guru merupakan upaya mediasi dalam rangka pembinaan kesiswaan. Tujuan dari peningkatan mutu guru adalah pengembangan dalam pembbinaan kesiswaan terlingkup program kegiatan yang langsung melibatkan peserta didik (siswa) sebagai sasaran, adapula program yang melibatkan guru sebagai mediasi atau sasaran antara (tidak langsung). Namun, sasaran akhir dari kinerja pembinaan kesiswaan adalah perkembangan siswa yang optimal,sesuai dengan karakteristik pribadi tugas perkembangan, kebutuhan , bakat, minat, dan kreativitasnya.

Pada dasarnya, pembinaan kesiswaan disekolah merupakan tanggung jawab semua tenaga kependidikan. Guru adalah salah satu tenaga kependidikan yang kerap kali berhadapan dengan peserta didik dalam proses pendidikan. Guru sebagai pendidik bertanggung jawab  atas terselenggarannya proses tersebut disekolah baik melalui bimbingan, pengajaran, dan atau pelatihan. Seluruh tanggung jawab itu dijalankan dalam upaya memfasilitasi peserta didik agar kompetensi dan seluruh aspek pribadinya berkembang optimal. Apabila guru hanya menjalankan salah satu bagian dari tanggung jawabnya, maka perkembangan peserta didik tidak mungkin optimal. dengan kata lain, pencapaian hasil pada peserta didik yang optimal, mempersyaratkan pelayanan dari guru yang optimal pula.

Oleh karena guru merupakan tenaga kependidikan, maka gurupun bertanggung jawab atas terselenggaranya pembinaan kesiswaan disekolah secara umum dan secara khusus terpadu dalam setiap mata pelajaran yang menjadi tanggung  jawab masing-masing. Dengan demikian, setiap guru sebagai pendidik seyogyanya memahami, menguasai, dan menerapkan kompetensi bidang pembinaan kesiswaan.

Dalam kerangka berpikir dan bertindak seperti itulah dikembangkan standar kompetennsi guru bidang pembinaan kesiswaan, yang selanjutnya dirinci kedalam sub-sub kompetensi dan indikator-indikator sebagai rujukan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan. Keseluruhan indikator yang diturunkan dari enam kompetensi dasar yang dimaksud dapat dijadikan acuan, baik bagi penyelenggaraan pembinaan kesiswaan secara umum dalam program pendidikan disekolah, maupun secara khusus terpadu dalam program pembelajaran dan bimbingan yang menjadi tanggung jawab guru mata pelajaran dan guru pembimbing.

 

B.  Maksud dan Tujuan

a)      Maksud

Penyusunan program dimaksudkan untuk membantu mewujudkkan visi dan misi SDN

Margamulya  yang tertuang dalam program strategi sekolah program kerja kepala sekolah.

 

b)      Tujuan

Fungsi dan tujuan akhir pembinaan kesiswaan secara umum sama dengan fungsi dan tujuan

pendidikan nasional, sebagaimana tercantum dalam undang-undang No. 20 tahun 2003

tentang sistem pendidikan nasional, bab II, pasal 3 yang berbunyi sebagai berikut :“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan  menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Adapun secara khusus, pembinaan kesiswaan ditujukan untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik (siswa) melalui penyelenggaraan program bimbingan, pembelajaran, dan atau pelatihan, agar peserta didik dapat mewujudkan kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan.

 

C.  Landasan Program

1.      Undang-Undang Dasar 1945 (Pembukaan dan Pasal 31 & 32)

“Mengamanatkan upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, serta agar pemerintah mengupayakan satu sistem pengajaran dan pendidikan nasional yang diatur undang-undang, yang memungkinkan warganya mengembangkan diri sebagai manusia Indonesia seutuhnya (Insan Kamil)”.

2.      Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran

Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3839)

 

 

 

 

 

 

BAB II

PROGRAM KESISWAAN SDN MARGAMULYA

TAHUN 2020

 

I.            HARIAN

A.    Visi Satuan Pendidikan

Terwujudnya peserta didik yang religius, cerdas, terampil, mandiri, dan berkarakter.

 

B.     Misi Satuan Pendidikan

1.      Menanamkan keimanan dan ketaqwaan melalui pengamalan ajaran agama.

2.      Mengoptimalkan proses pembelajaran yang PAIKEM dengan bimbingan yang berkualitas.

3.      Mengembangkan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan minat, bakat, dan potensi peserta didik.

4.      Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan, kewirausahaan, dan pengembangan diri.

5.      Melakukan penguatan pendidikan karakter secara terencana dan berkesinambungan.

6.      Menciptakan suasana sekolah yang kondusif.

7.      Menjalin kerjasama yang harmonis antar warga sekolah dan lembaga yang terkait.

 

C.    Tujuan Satuan Pendidikan

1.      Mengembangkan budaya sekolah yang religius Islami melalui berbagai kegiatan keagamaan.

2.      Melaksanakan pembelajaran PAIKEM di setiap jenjang kelas yang disertai penggunaan sarana, media pembelajaran, dan LSSB secara optimal.

3.      Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana pengembangan bakat, minat, dan potensi peserta didik secara kontinyu.

4.      Menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka penguatan pendidikan karakter dan kemandirian.

5.      Berpartisipasi aktif dan meraih prestasi dalam berbagai kegiatan pesrta didik,, baik akademik maupun non akademik yang diselenggarakan di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, dan nasional

6.      Menerapkan konsep pendidikan “ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso, tut wuri handayani”.

7.      Menciptakan suasana sekolah yang bersih, sehat, indah, dan nyaman.

8.      Menjalin kerjasama yang baik dengan lembaga-lembaga terkait dalam rangka merealisasikan berbagai program sekolah.

D.     Tugas

Mengajak teman untuk melakukan dalam hal :

1)        Membuang sampah pada tempatnya

2)        Kerapian dalam berpakaian

3)        Datang tidak terlambat ke sekolah

4)        Membiasakan mengucapkan salam

5)        Ucapan dan perkataan yang baik

6)        Bersalaman ketika datang dan pulang

7)        Persahabatan

8)        Kawasan bebas asap rokok

E.      Teknik Pelaksanaan

o  Bertugas secara bergiliran dalam satu kelas 1 siswa untuk melakukan pemantauan dalam kelas

o  Mengajak teman untuk melakukan kedisiplinan seperti yang tercantum pada poin C, dengan pantauan dari wali kelas dan guru bidang studi.

 

1.1               Budayakan 5 S  ( Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan 2 B (Bersih Diri, Bersih Lingkungan)

a)      Tujuan

o   Membiasaka budaya 5 S dan 2 B pada siswa sehingga menjadi karakter anak

b)      Teknis Pelaksanaan 5 S

o   Di mulai dari diri kita dahulu dalam kelas (waktu datang  dan mau  pulang) dibawah bimbingan guru/wali kelas

o   Jika pelaksanaan di kelas sudah baik maka meningkat ke semua teman yang ditemui (lain kelas)

o   Apabila sudah berjalan dengan baik meningkat lagi kepada semua orang yang ditemui di sekolah termasuk tamu yang datang kesekolah

o   Adanya keteladanan dari guru

c)      Teknis Pelaksanaan Bersih Diri dan Bersih Lingkungan (2 B)

o   Budaya 2 B adalah tanggung jawab semua warga sekolah. Berkewajiban mengingatkan apabila ada sampah atau kotoran berserakan (melihat anak membuang sampah sembarangan)

o   Budaya 2B dimulai dari diri kita terlebih dahulu

o   Adanya keteladanan dari guru

1.2   Operasi Semut

a)         Tujuan

o   Membiasakan anak dalam lingkungan yang bersih

o   Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan sekitarnya

b)      Sasaran

o   Seluruh warga sekolah SDN Margamulya

o   Jadwal Pelaksanaan (Terlampir)

 

II.            PEKANAN

a.          Upacara

a)    Tujuan

o  Menanamkan/melatih anak dalam kedisiplinan, kemandirian dan percaya diri.

b)   Teknis Pelaksanaan

o  Petugas dan Pembina upacara dirolling sesuai jadwal.

o  Pelatihan petugas upacara oleh guru kelas / wali kelas.

o  Upacara dilaksanakan 1 pekan sekali

b.      Shalat Berjamaah

a)      Tujuan

o  Untuk menanamkan kebersamaan dalam beribadah atau pendidikan ruhiyah.

o  Mengenalkan anak dengan ibadah / sholat sunnah.

b)      Bentuk Kegiatan

o  Sholat dhuha

o  Sholat Dhuhur

o  Infak

o  Pemantauan program 2B

c)    Teknis Pelaksanaan

o   Pelaksananaan shalat Dhuha dan dhuhur secara berjamaah di lakukan dari hari Senin sampai hari kamis didampingi oleh wali kelas

o   Dilaksanakan secara bergilir dari kelas IV –VI sesuai dengan jadwal

o   Pengumpulan infak oleh wali kelas, yang kemudian  disetor ke pengumpul BAZ

o   Pemantauan 2B oleh wali kelas dan atau guru pendamping.

c)    Jadwal Pendamping Sholat  (Terlampir)

c.       Imtaq

a)      Tujuan

Untuk membangun kepribadian siswa agar menjadi manusia yang memiliki kecerdasan emosional dan spiritual

b)      Bentuk dan  Kegiatan (Terlampir)

2.4  Jum’at Sehat dan Bersih

a)      Tujuan

o  Menanamkan kebersamaan dalam kesehatan dan kebugaran jasmani

o  Membiasakan budaya sehat/olah raga pada seluruh warga sekolah

o  Menanamkan dan membiasakan kebersihan diri dan lingkungan

b)      Bentuk Kegiatan

1.   Senam

2.   Kebersihan Lingkungan

c)      Pelaksanaan

Seluruh Peserta didik dan Tenaga kependidikan

d)      Program dan Jadwal Kegiatan Terlampir

2.5     Bimbingan dan Konseling

a)      Tujuan

o      Menangani anak-anak yang mempunyai masalah dan mencari solusinya ( ditangani wali kelas masing-masing)

o      Supaya orang Tua bisa berkonsultasi kepada wali kelas masing-masing

b)      Teknis Pelaksanaan

o   Dilaksanakan Wali kelas, mendata anak yang akan di konsultasikan  dan  Orang tua yang akan berkonsultasi.

2.6     Ekstra Kurikuler

A.  Jenis-Jenis Ekstra Kurikuler

1.    Ekstra Kurikuler Wajib

o  Pramuka

B.  Ekstra Kurikuler Pilihan

o  Volly

o  Futtsall

C.  Tehnik Pelaksanaan

o  Pramuka  dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat

o  Kegiatan Eskul dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat

D.  Jadwal dan Kegiatan  Ekstra Wajib, Pilihan ( Terlampir )

2.7    Membaca di Perpustakaan

a.       Tujuan

o         Membudayakan dan membiasakan anak gemar membaca

b.      Sasaran

o         Seluruh tingkatan kelas yang didampingi wali kelas

c.       Jadwal Kunjungan ( Terlampir )

 

3.      BULANAN

3.1     Mading

e)    Tujuan

o   Menumbuhkan kreatifitas anak.

o   Melatih anak dalam membuat karya.

f)       Pelaksanaan

o   Pengisi mading adalah anak kelas I-VI.

o   Pembuatan mading di bawah bimbingan wali kelas

g)      Jadwal Pengisi Mading ( Terlampir )

3.2     Komite Sekolah

o   Dilaksanakan minimal sekali dalam semester

o   Dihadiri oleh komite sekolah, komite masing-masing kelas (minimal 3), waka serta kepala sekolah.

o   Pertemuan komite sekolah akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan

 

3.4    Laporan Bulanan Keadaan Siswa

o   Laporan keadaan siswa dikumpulkan setiap bulan

 

4.      TAHUNAN

5.1    PSB ( Penerimaan Siswa Baru )

Susunan panitia akan diputuskan melalui rapat koordinasi dengan guru dan staf minimal 1 (satu ) Minggu sebelum pelaksanaan

1.2                 PHBI dan PHBN

4.5  Jenis Kegiatan PHBI

o   Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

o   Hari Raya Idul Fitri dan Ramadhan (Pesantren kilat)

o   Hari Raya Idul Adha (Kurban)

o   Tahun Baru Islam

o   Maulid Nabi

4.6  Jadwal dan Jenis Kegiatan PHBI  (Terlampir )

4.7  Jenis Kegiatan PHBN

o   Peringatan Hari Kartini

o   Peringatan Hari Pendidikan Nasional

o   Peringatan HUT RI

5.3  Pelepasan kelas VI

Panitia dan waktu pelaksanaan disusun paling lambat 1 minggu sebelum pelaksanaan kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

Kita menyadari bahwa siswa yang merupakan bagian dari generasi muda akan menjadi pelaku-pelaku pembangunan bangsa di masa yang akan datang. Kualitas siswa pada masa kini akan memberikan corak perkembangan masa depan bangsa Indonesia.

Kita sadari bahwa berhasil tidaknya pembinaan dan pengembangan siswa di SDN Margamulya, tergantung pada peran serta sekolah dan seluruh siswa SDN Margamulya

Pedoman pembinaan kesiswaan ini akan sangat bermanfaat di dalam melaksanakan dan mengembangkan kreatifitas, minat dan bakat siswa, sehingga para siswa dapat melatih dan menyiapkan dirinya sebagai kader pimpinan masa datang dengan selalu berorientasi kepada program yang mereka siapkan sendiri.

Program kerja ini tidak luput dari segala kekurangan, oleh karena itu diharapkan kritikan dan masukan dari berbagai pihak untuk kesempurnaan program kerja ini. Terima kasih

Assalamu Alaikum wr.wb!

 

 

 

Margamulya, ......................20

Bidang  Kesiswaan

 

 

 

................................................

NIP