LAPORAN
KEGIATAN
KESISWAAN
TAHUN
PELAJARAN 2020/2021
SD
NEGERI MARGAMULYA
UPTD
PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS
KABUPATEN TASIKMALAYA
2020
KATA
PENGANTAR
Puji dan Syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan
Hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan dan penyusunan laporan
program kerja Kepala Sekolah Bidang
Kesiswaan Tahun Pelajaran 2020-2021.
Laporan Program kerja
ini disusun berdasarkan berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan
program kerja pada tahun pelajaran sebelumnya serta saran pendapat dan masukan
berbagai elemen dan pihak-pihak yang berkepentingan seperti:
1.
Instruksi
tertulis / Edaran kepala Sekolah tentang tugas pokok Wakil Kepala Sekolah
Bidang Kesiswaan.
2.
Visi
misi dan strategi yang hendak dicapai.
3.
Suara
rekan Pembina Kesiswaan dan rekan pengajar dan karyawan.
4.
Pengurus
Kesiswaan dan siswa/SDN Margamulya Kec.Cikatomas.
5.
Pemikiran
penyusun dalam rangka pelaksanaan dan tuntutan tugas dilandasi juklak dan
juknis buku pedoman Pembina kesiswaan.
6.
Pengurus
komite Sekolah.
Didasari keberadaan
siswa di Sekolah sebagai subjek dan pusat kegiatan yang kompleks maka
pelaksanaan kegiatan bersifat skala prioritas yang penjadwalan kegiatannya
disesuaikan anggaran, situasi dan kondisi serta waktu akademik yang
tersedia.
Partisipasi aktif
siswa lebih diarahkan kepada keseimbangan kemampuan akademik dan non akademik
sesuai minat dan bakatnya, sehingga siswa memiliki keuntungan ganda. Dengan
demikian diharapkan siswa yang berbakat dan kreatif, maupun siswa yang extrim
pelanggaran tata tertib siswa terarahkan, terwadahi dan tersalurkan melalui
pembinaan dan para Pembina Kesiswaan dan pendidik diharapkan keberadaan Sekolah
semakin maju dan Sekolah sebagai tempat pusat belajar. Semakin dipercaya semua
pihak sehingga masyarakat memberi nilai yang makin meningkat serta terbentuk
kepercayaan publik ke Sekolah yang akhirnya bermuara pada kesejahteraan warga
atau keluarga besar SDN Margamulya Kec.Cikatomas.
Menyadari
kekurangan-kekurangan penyusun dalam pembuatan program dan laporan hasil
kegiatan ini, maka diharapkan dapat memberikan masukan saran dan kritik
berbagai pihak demi penyempurnaan penyusun program-program serupa khusunya
program kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan di masa yang akan datang
merupakan referensi yang amat berharga serta merupakan satu kekayaan yang tak
ternilai yang kami nantikan.
Mudah-mudahan
program kerja ini dapat dijadikan acuan dan gambaran kami dalam melaksanakan
tugas pada Negara dan bangsa di dunia pendidikan sesuai tujuan pendidikan
nasional khususnya di SDN Margamulya Kec.Cikatomas.
Dengan visi dan misi
Sekolah sebagai tolak ukur keberhasilan kerja Sekolah, amin;
Margamulya,
, 2020
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar.......................................................................................................................
Daftar Isi
...............................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN ...................................................................................................
A.
Latar Belakang ..........................................................................................................
B.
Dasar Hukum.............................................................................................................
C.
Maksud dan Tujuan ..................................................................................................
BAB II PELAKSANAAN
KEGIATAN............................................................................
A.
Rencana Kegiatan .....................................................................................................
1. Garis-Garis
Besar Program Kegiatan .................................................................
2. Pendistribusian
Rincian Kegiatan ......................................................................
B.
Pelaksanaan Kegiatan................................................................................................
BAB III EVALUASI
HASIL KEGIATAN.......................................................................
A.
Laporan Kegiatan Kesiswaan 2020-2021 .................................................................
B.
Evaluasi Hasil Kegiatan............................................................................................
BAB IV
PENUTUP ............................................................................................................
A.
Kesimpulan ...............................................................................................................
B.
Saran-Saran ...............................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan Nasional bertujuan
mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya
yaitu manusia yang Beriman dan Bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan
berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani
dan rohani kepribadian yang menetap dan mandiri serta memilliki rasa
tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Pembangunan dibidang pendidikan diarahkan
kepada pengembangan sumber daya manusia yang bermutu tinggi, guna memenuhi
kebutuhan dan menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Melalui pendidikan,
sumber daya manusia yang bersifat potensi dikualisasikan hingga optimal, dan
seluruh aspek kepribadian dikembangkan secara terpadu.
Sejalan dengan peningkatan mutu sumber
daya manusia, Departemen Pendidikan Nasional terus berupaya untuk meningkatkan
mutu pendidikan. Direktorat Jendral Pendidikan, dalam hal ini telah melakukan
berbagai upaya, baik pengembangan mutu pembelajaran, pengadaan sarana prasarana,
perbaikan manajemen kelembagaan Sekolah maupun pembinaan kesiswaan.
Peningkatan mutu pendidikan di Sekolah tidak hanya terpaku pada pencapaian aspek akademi, melainkan aspek
non akademik juga, baik penyelenggaraannya dalam bentuk kegiatan kurikuler
ataupun ekstrakurikuler, melalui berbagai program kegiatan yang sistematis dan
sistematik. Dengan upaya seperti itu, peserta didik (siswa) diharapkan
memperoleh pengalaman yang utuh, hingga seluruh modalitas belajarnya berkembang
secara optimal.
Disamping itu, peningkatan mutu diarahkan
pula kepada guru sebagai tenaga kependidikan yang berperan sentral dengan
strategis dalam memfasilitasi perkembangan pribadi peserta didik di Sekolah. Peningkatan mutu guru merupakan upaya mediasi dalam rangka
pembinaan kesiswaan. Tujuan dari peningkatan mutu guru adalah pengembangan
dalam pembbinaan kesiswaan terlingkup program kegiatan yang langsung melibatkan
peserta didik (siswa) sebagai sasaran, adapula program yang melibatkan guru
sebagai mediasi atau sasaran antara (tidak langsung). Namun, sasaran akhir dari
kinerja pembinaan kesiswaan adalah perkembangan siswa yang optimal sesuai
dengan karakteristik pribadi tugas perkembangan, kebutuhan, bakat, minat, dan
kreativitasnya.
SDN Margamulya Kec.Cikatomas merupakan lembaga
pendidikan yang berada dibawah naungan Departemen Pendidikan yang merupakan
pendidikan formal yang dipimpin oleh kepala Sekolah, fungsi kepala Sekolah diantaranya sebagai pimpinan administrative dan
supervisor memiliki banyak tugas yang tidak mungkin seluruhnya dapat ditanganai
sendiri. Maka dalam melaksanakan tugasnya didelegasikan kepada guru yang
ditugasi sebagai wakil kepala Sekolah.
Pada dasarnya, pembinaan kesiswaan di Sekolah merupakan tanggung jawab semua tenaga kependidikan. Guru adalah
salah satu tenaga kependidikan yang kerap kali berhadapan dengan peserta didik
dalam proses pendidikan. Guru sebagai pendidik bertanggung jawab atas
terselenggarannya proses tersebut di Sekolah baik melalui bimbingan, pengajaran, dan atau
pelatihan. Seluruh tanggung jawab itu dijalankan dalam upaya memfasilitasi
peserta didik agar kompetensi dan seluruh aspek pribadinya berkembang optimal.
Apabila guru hanya menjalankan salah satu bagian dari tanggung jawabnya, maka
perkembangan peserta didik tidak mungkin optimal. Dengan kata lain, pencapaian
hasil pada peserta didik yang optimal, mempersyaratkan pelayanan dari guru yang
optimal pula.
Oleh karena guru merupakan tenaga
kependidikan, maka gurupun bertanggung jawab atas terselenggaranya pembinaan
kesiswaan di sekolah secara umum dan secara khusus terpadu dalam setiap
mata pelajaran yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Dengan demikian,
setiap guru sebagai pendidik seyogyanya memahami, menguasai, dan menerapkan
kompetensi bidang pembinaan kesiswaan.
Dalam kerangka berpikir dan bertindak
seperti itulah dikembangkan standar kompetensi guru bidang pembinaan kesiswaan,
yang selanjutnya dirinci kedalam sub-sub kompetensi dan indikator-indikator sebagai
rujukan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan. Keseluruhan indikator yang
diturunkan dari enam kompetensi dasar yang dimaksud dapat dijadikan acuan, baik
bagi penyelenggaraan pembinaan kesiswaan secara umum dalam program pendidikan
di Sekolah, maupun secara khusus terpadu dalam program
pembelajaran dan bimbingan yang menjadi tanggung jawab guru mata pelajaran dan
guru pembimbing.
B.
Dasar Hukum
Dasar hukum
penyelenggaraan pembinaan kesiswaan:
1.
Undang-undang Nomor 20
tahun 2003 tentang system pendidikan nasional, pasal 1 butir 6 yang
mengemukakan bahwa konselor adalah pendidik, pasal 3 bahwa pendidikan nasional
bertujuan untuk berkembangnya potensi anak didik, dan pasal 4 ayat (4) bahwa
pendidikan diselengggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan
mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran, dan pasal 12
ayat (1b) yang menyatakan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan
pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat,
dan kemampuannya.
2.
Peraturan pemerintah no
19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, pasal 5 s.d pasal 18 tentang
standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
3.
Peraturan menteri
pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan
dasar dan menengah, yang memuat pengembangan diri peserta didik dalam struktur
kurikulum setiap satuan pendidikan difasilitasi dan / atau dibimbing oleh
konselor, guru, atau tenaga kependidikan.
4.
Dasar standarisasi
profesi konseling yang dikeluarkan oleh direktorat jendral pendidikan tinggi
tahun 2004 untuk memberi arah pengembangan profesi konseling di Sekolah dan diluar Sekolah.
C.
Maksud dan Tujuan
1.
Maksud
Penyusunan program dimaksudkan untuk
membantu mewujudkkan visi dan misi SDN
Margamulya Kec.Cikatomas yang tertuang dalam
program strategi Sekolah program kerja kepala Sekolah serta mewadahi suara siswa aktivitas dan kreativitas siswa
melalui suatu wadah organisasi kesiswaan dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK)
dengann sejumlah kegiatannya.
2.
Tujuan
Fungsi dan tujuan akhir pembinaan
kesiswaan secara umum sama dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional,
sebagaimana tercantum dalam undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem
pendidikan nasional, bab II, pasal 3 yang berbunyi sebagai berikut :
“Pendidikan
Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta
bertanggung jawab.”
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A.
RENCANA KEGIATAN
1.
Garis-Garis Besar
Program Kegiatan
a.
Kegiatan Utama
1). Menyusun program pembinaan kesiswaan melaksanaan
bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan dalam ranngka
menegakan disiplin dan tata tertib Sekolah.
2). Membina dan melaksanakan koordinasi keamannan,
kkebersihan, ketertiban, keindahan kerindangban dan kekeluargaan (6K).
3). Memberikan pengarahan dan pemilihan pengurus , melakukan
pembinaan pengurus dalam berorganisasi.
4). Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara
berkala dan insidentil.
5). Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon
penerima beasiswa
6). Melaksanakan pemillihan siswa untuk mewakili Sekolah dalam kegiatan diluar Sekolah.
7). Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan
secara berkala
8). Mengadakan rapat koordinasi dengan perwakilan kelas
dan pengurus
9). Mengghadiri rapat pertanggungjawaban pengurus lama
10). Melaksanakan pemilihan Pengurus
b.
Kegiatan Lainnya
1). Menentukan bidang kegiatan
2). Mengajukan usulan Pembina dan Pembina ekstrakurikuler
3). Menghaadiri rapat-rapat pengurus
4). Menghadiri siswa diberbagai event perlombaan baik
latihan maupun kejuaraan.
5). Penataan lingkungan melalui 5K
6).
Evaluasi seluruh
kegiatan
2.
Pendistribusian Rincian
Kegiatan
a.
Kegiatan Awal Tahun
1). Menyusun program kerja, Wakil kesiswaan dan para
Pembina
2). Melaksanakan rapat koordinasi kesiswaan
3). Bersama wakil kepala bidang kurikulum menyusun jadwal
petugas upacara pengibaran bendera serta pembina upacara.
4). Rapat koordinasi, pembentukan panitia dan pelaksanaan
MOS (Masa Orientasi Siswa) sesuai juklak dan juknis.
5). Membina dan melaksanakan koordinasi 5K yakni
keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindangan dan kekeluargaan.
6). Mempublikasikan para Pembina, pelatih dan coordinator
kesiswaan.
7). Mengadakan latihan dasar kepemimpinan bagi siswa baru
dan pengurus
8). Pempublikasian pengurus
b.
Kegiatan Harian
1). Membina siswa untuk tetap disiplin dan patuh pada
aturan yang berada di Sekolah baik yang tertulis maupun yang tak tertulis.
2). Mengamati dan mendata serta menggali informasi calon
siswa berprestasi di SDN Margamulya Kec.Cikatomas.
3). Mendata dan memberikan point nilai pelanggaran bagi
siswa yang melangggar peraturan
4). Mewakili guru piket jika yang bersangkutan tidak
hadir sesuai jadwal piket pimpinan.
5). Melaksanakan piket pimpinan
6). Mengirimkan siswa untuk mengikuti undangan dan
penataran atas persetujuan kepala Sekolah
c.
Kegiatan Mingguan
1). Mengawasi, mengontrol dan mengabsen pelaksanaan
kegiatan ektra kurikiler
2). Melaksanakan pengibaran bendera tiap satu minggu
sekali
3). Pembinaan tentang perlunya siswa disiplin dan
mentaati peraturan tata tertib Sekolah
4). Membinaan dalam kegiatan Mading
d.
Kegiatan Bulanan
1).
Membimbing pengurus untuk melaksanakan berbagai kegiatan sesuai jadwal kegiatan seperti hari besar
agama atau nasional
2).
Melaksanakan koordinasi
dengan pengurus
3).
Bersama para Pembina
dan petugas piket mengadakan razia.
4).
Melaksanakan rapat
koordinasi dengan para Pembina.
e.
Kegiatan Semester
Ganjil
1).
Upacara Bendera
2).
Mengadakan clasmeeting
dengan mata lomba wajib :
·
Pidato bahasa inggris,
bahasa Arab dan bahasa Indonesia.
·
Dakwah
·
Lomba Baca Puisi
·
Olahraga (Bola voli,
Sepak bola, Takraw
3).
Safari
Ramdhan/Pesantren kilat
4).
Latihan Pramuka
5).
Perkaderan/LDKS
f.
Kegiatan semester Genap
1).
Menyiapkan dan melaksanakan
perpisahan kelas VI
2).
Mengadakan rapat
koordinasi dengan pengurus dan para
Pembina
3).
Mengadakan razia
4).
Mengadakan clasmeeting
dengan mata lomba wajib.
·
Pidato bahasa inggris,
bahasa Arab dan bahasa Indonesia.
·
Dakwah
·
Lomba Baca Puisi
·
Olahraga (Bola voli,
Sepak bola, Takraw
5).
Upacara pengibaran
bendera
6).
Peringatan Isra Mi’raj
7).
Peringatan maulid Nabi
Muhammad saw
g.
Kegiatan Akhir Tahun
1).
Menyiapkan dan menyusun
kelompok kerja panitia siswa baru
2).
Memberikan SK kepala Sekolah pada panitia penerimaan siswa baru
3).
Menyiapkan dan menyusun
kelompok kerja panitia mos
4).
Memberikan SK kepsek
pada panitia MOS
5).
Melaksanakan MOS
6).
Laporan evaluasi
Program
B.
PELAKSANAAN KEGIATAN
Agenda Bidang Kesiswaan
SD
Negeri Margamulya Kecamatan Cikatomas
Tahun Ajaran 2020 – 2021
No. |
Hari/Tanggal |
Nama Kegiatan |
Pelaksana/Peserta |
8 s/d 10 Juli 2019 |
Masa Orientasi Siswa (MOS) |
Panitia |
|
11-14 Juli 2020 |
Pesantren Kilat/Latihan Muballigh (ah) |
Kls V dan VI |
|
15-20 Juli 2020 |
Safari Ramadhan Keliling |
Kls V dan VI |
|
25 Juli-14 Ags 2019 |
Latihan Gerak Jalan |
Pembina Pramuka |
|
15 Agt 2019 |
Mengikuti Lomba Gerak
Jalan |
Kwarcab |
|
15 Nop-15 Des 19 |
Lomba HAB |
kelas IV-V-VI |
|
April 2020 |
Persiapan Perpisahan kls VI |
Panitia (Kesiswaan) |
|
Mei 2020 |
Perpisahana kls VI |
Panitia (Kesiswaan) |
|
16-20 Juni 2020 |
Class Meeting Siswa Semester Genap 2020-2021 |
Panitia (Kesiswaan) |
|
23-28 Juni 2020 |
Perkaderan |
Panitia (Kesiswaan) |
Cikatomas, 2020
Mengetahui, |
|
Kepala Sekolah JAJANG SURYANA, S.Pd.SD NIP: 19630216 198305 1 004 |
Wakepsek Kesiswaan TUTIN KARSITI, S.Pd.SD NIP: 19610826 198109 2 002 |
BAB III
EVALUASI HASIL KEGIATAN
A.
Laporan Kegiatan
Kesiswaan 2020-2021
REALISASI PROGRAM KERJA BIDANG
WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN
SEKOLAH DASAR NEGERI MARGAMULYA
TAHUN AJARAN 2020 – 2021
No |
Nama Kegiatan |
Wkt Plksn |
Tmpt Pelaksnaan |
Pelaksana |
Penanggung jawab |
Peserta |
Ket/ Hasil yg dicpai |
1 |
Masa Orientasi Siswa (MOS) |
8 -10 Jul 2019 |
Lingk SD Jymkt. |
Lap.KegSD Jymkt. |
Waka Kesiswaan |
SisBa (18 org) |
Siswa Baru dapat mengetahui, memahami
situasi, kondisi dan aturan main diSekolah |
2 |
Latihan Muballigh (ah) |
11-14 Jul 19 |
Ruang SD Jymkt. |
Lap.KegSD Jymkt |
Dede, M. S.Pd.I |
15 org |
Melahirkn Kader Mubaligh(ah) |
3 |
Safari Ramadhan Keliling |
15-20 Jul 13 |
Wilayah Kec. Cikatomas |
SD Jymkt. |
Dede, M. S.Pd.I Siti Patimah,S.Pd.I Yanti Pitriyani,S.Pd |
15 org |
Masy. Terinspirasi dan termotifasi
serta tercerahkan |
B.
Evaluasi Hasil Kegiatan
Memperhatikan serta membandingkan keseluruhan agenda/program yang
telah dicanangkan dengan realisasi program Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, maka tentu saja akan kita jumpai beberapa
kenyataan yang sedikit tidak sesuai.
Ada beberapa gambaran
kondisi ketidak sesuaian yang kami maksudkan adalah antara lain:
1.
Ada program yang telah
direncanakan secara matang, namun dlm realisasinya tidak terwujud;
2.
Ada program yang telah
direncanakan secara matang, alhamdulillah tetap terlaksana meskipun waktu dan
tempat bergeser dari rencana awal
3.
Ada program yang tidak
direncanakan sama sekali justru terwujud dengan baik dan lancar.
4.
Ada juga program yang
terlaksana, namun hasilnya kurang sesuai dengan harapan
Kondisi-kondisi yang kami gambarkan
diatas disebabkan oleh beberapa faktor yang antara lain:
1.
Kurangnya waktu yang
tersedia untuk melakukan persiapan dalam melaksanakan suatu kegiatan tersebut
2.
Kurangnya kesiapan yang
dari Pembimbing/Penanggungjawab sehingga menyebabkan hasil dari kegiatan yang
dilaksanakan kurang maksimal
3.
Terjadi perbenturan
antara agenda yang mau direalisasikan dengan kepentingan (pribadi)
para pembina
4.
Terjadi perbenturan
antara agenda yang telah direncanakan dengan kegiatan yang lebih penting namun
datangnya secara tiba-tiba dan tak terduga
5.
Sumber Daya Siswa yang
kurang maksimal
6.
Minimnya Anggaran
7.
Dan masih banyak lagi
kendala-kendala lain yang sangat mempengaruhi terlaksananya program kegiatan
yang telah direncanakan sebelumny
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Keberhasilan suatu program kegiatan tidaklah cukup
dari sejauhmana indah dan banyaknya suatu program kegiatan yang direncanakan,
akan tetapi suatu proses dan output dari kegiatan yang telah dilaksanakan
merupakan tolak ukur nyata akan keberhasilan program kegiatan yang dicangkan,
sekecil apapun kegiatan tersebut.
Maksimalnya suatu proses kegiatan terhadap program
yang dilaksanakan sangat bergantung pada daya dukung dari bebera pihak dan
unsur, seperti ketersediaan anggaran, sumber daya siswa, sumber daya pembina,
waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, fasilitas serta semangat dari beberapa
pihak yang terkait langsung dengan kegiatan tertentu.
Kualitas keberhasilan dari suatu program kegiatan tertentu
berbanding lurus dengan bagaimana proses dari kegiatan yang berlangsung.
B.
Saran-Saran
1.
Bagaimanapun juga usaha
yang telah ditunjukkan oleh berbagai pihak dalam setiap program kegiatan yang
telah dilaksanakan selama Tahun Pelajaran (2019-2020) yang tengah berjalan ini kami rasa sudah maksimal. Akan tetapi kami
sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan masih sangat mengharapkan semangat
dan kerjasamanya serta dukungannya untuk terus menuntaskan program yang telah
dicanangkan dan tetap mempertahankan serta semakin meningkatkan (baik kuntitas
maupun kualitas) program-program kegiatan pada tahun ajaran berikutnya (2020-2021)
2.
Belajar dari pengalaman
tahun pelajaran (2019-2020) ini, bahwa masih banyak program kegiatan yang telah
direncanakan dan dirasakan sangat urgen untuk dilaksanakan dan
diikuti yang terpaksa tidak dilaksanakan dan diikuti karena kendala
anggaran, maka diharapkan kepada Kepala Sekolah untuk terus memberikan dukungan baik moril terutama meteril
kiranya alokasi anggaran untuk Waka Kesiswaan dinaikkan lagi, sehingga baik
kuantitas maupun kualitas dari program yang dicanangkan akan
maksimal hasilnya
3.
Kamipun masih sangat
menyadari bahwa masih banyak seabrek kegiatan-kegitan lain
yang belum sempat kami canangkan padahal kegiatan tersebut sangat
memberikan nilai yang cukup berharga dan bermanfaat baik bagi terbentuknya
watak siswa/i maupun untuk kemajuan Sekolah kedepannya, untuk itu kiranya kepada Bapak/Ibu
Pengawas kiranya kami mendapatkan pembinaan yang kontinu dan berkala.
Margamulya,
2020
Mengetahui, |
|
Kepala Sekolah JAJANG SURYANA, S.Pd.SD NIP: 19630216 198305 1 004 |
Wakepsek Kesiswaan TUTIN KARSITI, S.Pd.SD NIP: 19610826 198109 2 002 |