Tuesday, February 2, 2021

Bukti Fisik PKKS #Akreditasi #Laporan Kegiatan Kesiswaan

 

 

LAPORAN

KEGIATAN KESISWAAN

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 


 

 


SD NEGERI MARGAMULYA

UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS

 KABUPATEN TASIKMALAYA

2020

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan dan penyusunan laporan program kerja  Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Tahun Pelajaran 2020-2021.

Laporan Program kerja ini disusun berdasarkan berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan program kerja pada tahun pelajaran sebelumnya serta saran pendapat dan masukan berbagai elemen dan pihak-pihak yang berkepentingan seperti:

1.           Instruksi tertulis / Edaran kepala Sekolah tentang tugas pokok Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

2.           Visi misi dan strategi yang hendak dicapai.

3.           Suara rekan Pembina Kesiswaan dan rekan pengajar dan karyawan.

4.           Pengurus Kesiswaan dan siswa/SDN Margamulya Kec.Cikatomas.

5.           Pemikiran penyusun dalam rangka pelaksanaan dan tuntutan tugas dilandasi juklak dan juknis buku pedoman Pembina kesiswaan.

6.           Pengurus komite Sekolah.

Didasari keberadaan siswa di Sekolah sebagai subjek dan pusat kegiatan yang kompleks maka pelaksanaan kegiatan bersifat skala prioritas yang penjadwalan kegiatannya disesuaikan anggaran, situasi dan kondisi serta waktu akademik yang tersedia.

Partisipasi aktif siswa lebih diarahkan kepada keseimbangan kemampuan akademik dan non akademik sesuai minat dan bakatnya, sehingga siswa memiliki keuntungan ganda. Dengan demikian diharapkan siswa yang berbakat dan kreatif, maupun siswa yang extrim pelanggaran tata tertib siswa terarahkan, terwadahi dan tersalurkan melalui pembinaan dan para Pembina Kesiswaan dan pendidik diharapkan keberadaan Sekolah semakin maju dan Sekolah sebagai tempat pusat belajar. Semakin dipercaya semua pihak sehingga masyarakat memberi nilai yang makin meningkat serta terbentuk kepercayaan publik ke Sekolah yang akhirnya bermuara pada kesejahteraan warga atau keluarga besar SDN Margamulya Kec.Cikatomas.

Menyadari kekurangan-kekurangan penyusun dalam pembuatan program dan laporan hasil kegiatan ini, maka diharapkan dapat memberikan masukan saran dan kritik berbagai pihak demi penyempurnaan penyusun program-program serupa khusunya program kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan di masa yang akan datang merupakan referensi yang amat berharga serta merupakan satu kekayaan yang tak ternilai yang kami nantikan.

Mudah-mudahan program kerja ini dapat dijadikan acuan dan gambaran kami dalam melaksanakan tugas pada Negara dan bangsa di dunia pendidikan sesuai tujuan pendidikan nasional khususnya di SDN Margamulya Kec.Cikatomas.

Dengan visi dan misi Sekolah sebagai tolak ukur keberhasilan kerja Sekolah, amin;

 

Margamulya,                 , 2020

Penyusun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

Kata Pengantar.......................................................................................................................

Daftar Isi ...............................................................................................................................

 

BAB I PENDAHULUAN ...................................................................................................

A.    Latar Belakang ..........................................................................................................

B.     Dasar Hukum.............................................................................................................

C.     Maksud dan Tujuan ..................................................................................................

 

BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN............................................................................

A.    Rencana Kegiatan .....................................................................................................

1.      Garis-Garis Besar Program Kegiatan .................................................................

2.      Pendistribusian Rincian Kegiatan ......................................................................

B.     Pelaksanaan Kegiatan................................................................................................

 

BAB III EVALUASI HASIL KEGIATAN.......................................................................

A.    Laporan Kegiatan Kesiswaan 2020-2021 .................................................................

B.     Evaluasi Hasil Kegiatan............................................................................................

 

BAB IV PENUTUP ............................................................................................................

A.    Kesimpulan ...............................................................................................................

B.     Saran-Saran ...............................................................................................................

 





BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang Beriman dan Bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani kepribadian  yang menetap dan mandiri serta memilliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Pembangunan dibidang pendidikan diarahkan kepada pengembangan sumber daya manusia yang bermutu tinggi, guna memenuhi kebutuhan dan menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Melalui pendidikan, sumber daya manusia yang bersifat potensi dikualisasikan hingga optimal, dan seluruh aspek kepribadian dikembangkan secara terpadu.

Sejalan dengan peningkatan mutu sumber daya manusia, Departemen Pendidikan Nasional terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Direktorat Jendral Pendidikan, dalam hal ini telah melakukan berbagai upaya, baik pengembangan mutu pembelajaran, pengadaan sarana prasarana, perbaikan manajemen kelembagaan Sekolah maupun pembinaan kesiswaan.

Peningkatan mutu pendidikan di Sekolah tidak hanya terpaku pada pencapaian aspek akademi, melainkan aspek non akademik juga, baik penyelenggaraannya dalam bentuk kegiatan kurikuler ataupun ekstrakurikuler, melalui berbagai program kegiatan yang sistematis dan sistematik. Dengan upaya seperti itu, peserta didik (siswa) diharapkan memperoleh pengalaman yang utuh, hingga seluruh modalitas belajarnya berkembang secara optimal.

Disamping itu, peningkatan mutu diarahkan pula kepada guru sebagai tenaga kependidikan yang berperan sentral dengan strategis dalam memfasilitasi perkembangan pribadi peserta didik di Sekolah. Peningkatan mutu guru merupakan upaya mediasi dalam rangka pembinaan kesiswaan. Tujuan dari peningkatan mutu guru adalah pengembangan dalam pembbinaan kesiswaan terlingkup program kegiatan yang langsung melibatkan peserta didik (siswa) sebagai sasaran, adapula program yang melibatkan guru sebagai mediasi atau sasaran antara (tidak langsung). Namun, sasaran akhir dari kinerja pembinaan kesiswaan adalah perkembangan siswa yang optimal sesuai dengan karakteristik pribadi tugas perkembangan, kebutuhan, bakat, minat, dan kreativitasnya.

SDN Margamulya Kec.Cikatomas merupakan lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Departemen Pendidikan yang merupakan pendidikan formal yang dipimpin oleh kepala Sekolah, fungsi kepala Sekolah diantaranya sebagai pimpinan administrative dan supervisor memiliki banyak tugas yang tidak mungkin seluruhnya dapat ditanganai sendiri. Maka dalam melaksanakan tugasnya didelegasikan kepada guru yang ditugasi sebagai wakil kepala Sekolah.

Pada dasarnya, pembinaan kesiswaan di Sekolah merupakan tanggung jawab semua tenaga kependidikan. Guru adalah salah satu tenaga kependidikan yang kerap kali berhadapan dengan peserta didik dalam proses pendidikan. Guru sebagai pendidik bertanggung jawab atas terselenggarannya proses tersebut di Sekolah baik melalui bimbingan, pengajaran, dan atau pelatihan. Seluruh tanggung jawab itu dijalankan dalam upaya memfasilitasi peserta didik agar kompetensi dan seluruh aspek pribadinya berkembang optimal. Apabila guru hanya menjalankan salah satu bagian dari tanggung jawabnya, maka perkembangan peserta didik tidak mungkin optimal. Dengan kata lain, pencapaian hasil pada peserta didik yang optimal, mempersyaratkan pelayanan dari guru yang optimal pula.

Oleh karena guru merupakan tenaga kependidikan, maka gurupun bertanggung jawab atas terselenggaranya pembinaan kesiswaan di sekolah secara umum dan secara khusus terpadu dalam setiap mata pelajaran yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Dengan demikian, setiap guru sebagai pendidik seyogyanya memahami, menguasai, dan menerapkan kompetensi bidang pembinaan kesiswaan.

Dalam kerangka berpikir dan bertindak seperti itulah dikembangkan standar kompetensi guru bidang pembinaan kesiswaan, yang selanjutnya dirinci kedalam sub-sub kompetensi dan indikator-indikator sebagai rujukan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan. Keseluruhan indikator yang diturunkan dari enam kompetensi dasar yang dimaksud dapat dijadikan acuan, baik bagi penyelenggaraan pembinaan kesiswaan secara umum dalam program pendidikan di Sekolah, maupun secara khusus terpadu dalam program pembelajaran dan bimbingan yang menjadi tanggung jawab guru mata pelajaran dan guru pembimbing.

 

B.     Dasar Hukum

Dasar hukum penyelenggaraan pembinaan kesiswaan:

1.      Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional, pasal 1 butir 6 yang mengemukakan bahwa konselor adalah pendidik, pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi anak didik, dan pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan diselengggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran, dan pasal 12 ayat (1b) yang menyatakan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.

2.      Peraturan pemerintah no 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, pasal 5 s.d pasal 18 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.

3.      Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, yang memuat pengembangan diri peserta didik dalam struktur kurikulum setiap satuan pendidikan difasilitasi dan / atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan.

4.      Dasar standarisasi profesi konseling yang dikeluarkan oleh direktorat jendral pendidikan tinggi tahun 2004 untuk memberi arah pengembangan profesi konseling  di Sekolah dan diluar Sekolah.

 

C.    Maksud dan Tujuan

1.      Maksud

Penyusunan program dimaksudkan untuk membantu mewujudkkan visi dan misi SDN Margamulya Kec.Cikatomas yang tertuang dalam program strategi Sekolah program kerja kepala Sekolah serta mewadahi suara siswa aktivitas dan kreativitas siswa melalui suatu wadah organisasi kesiswaan dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dengann sejumlah kegiatannya.

 

2.      Tujuan

Fungsi dan tujuan akhir pembinaan kesiswaan secara umum sama dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, sebagaimana tercantum dalam undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, bab II, pasal 3 yang berbunyi sebagai berikut :

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan  menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

BAB II

PELAKSANAAN KEGIATAN

 

A.   RENCANA KEGIATAN

1.      Garis-Garis Besar Program Kegiatan

a.      Kegiatan Utama

1).    Menyusun program pembinaan kesiswaan melaksanaan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan dalam ranngka menegakan disiplin dan tata tertib Sekolah.

2).    Membina dan melaksanakan koordinasi keamannan, kkebersihan, ketertiban, keindahan kerindangban dan kekeluargaan (6K).

3).    Memberikan pengarahan dan pemilihan pengurus , melakukan pembinaan pengurus  dalam berorganisasi.

4).    Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil.

5).    Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon penerima beasiswa

6).    Melaksanakan pemillihan siswa untuk mewakili Sekolah dalam kegiatan diluar Sekolah.

7).    Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala

8).    Mengadakan rapat koordinasi dengan perwakilan kelas dan pengurus

9).    Mengghadiri rapat pertanggungjawaban  pengurus  lama

10). Melaksanakan pemilihan Pengurus

 

b.      Kegiatan Lainnya

1).    Menentukan bidang kegiatan

2).    Mengajukan usulan Pembina  dan Pembina ekstrakurikuler

3).    Menghaadiri rapat-rapat pengurus

4).    Menghadiri siswa diberbagai event perlombaan baik latihan maupun kejuaraan.

5).    Penataan lingkungan melalui 5K

6).    Evaluasi seluruh kegiatan

 

2.      Pendistribusian Rincian Kegiatan

a.      Kegiatan Awal Tahun

1).    Menyusun program kerja, Wakil kesiswaan dan para Pembina

2).    Melaksanakan rapat koordinasi kesiswaan

3).    Bersama wakil kepala bidang kurikulum menyusun jadwal petugas upacara pengibaran bendera serta pembina upacara.

4).    Rapat koordinasi, pembentukan panitia dan pelaksanaan MOS (Masa Orientasi Siswa) sesuai juklak dan juknis.

5).    Membina dan melaksanakan koordinasi 5K yakni keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindangan dan kekeluargaan.

6).    Mempublikasikan para Pembina, pelatih dan coordinator kesiswaan.

7).    Mengadakan latihan dasar kepemimpinan bagi siswa baru dan pengurus

8).    Pempublikasian pengurus

 

b.      Kegiatan Harian

1).    Membina siswa untuk tetap disiplin dan patuh pada aturan yang berada di Sekolah baik yang tertulis maupun yang tak tertulis.

2).    Mengamati dan mendata serta menggali informasi calon siswa berprestasi di SDN Margamulya Kec.Cikatomas.

3).    Mendata dan memberikan point nilai pelanggaran bagi siswa yang melangggar peraturan

4).    Mewakili guru piket jika yang bersangkutan tidak hadir sesuai jadwal piket pimpinan.

5).    Melaksanakan piket pimpinan

6).    Mengirimkan siswa untuk mengikuti undangan dan penataran atas persetujuan kepala Sekolah

 

c.       Kegiatan Mingguan

1).    Mengawasi, mengontrol dan mengabsen pelaksanaan kegiatan ektra kurikiler

2).    Melaksanakan pengibaran bendera tiap satu minggu sekali

3).    Pembinaan tentang perlunya siswa disiplin dan mentaati peraturan tata tertib Sekolah

4).    Membinaan  dalam kegiatan  Mading

 

d.      Kegiatan Bulanan

1).    Membimbing pengurus  untuk melaksanakan berbagai kegiatan  sesuai jadwal kegiatan seperti hari besar agama atau nasional

2).    Melaksanakan koordinasi dengan pengurus

3).    Bersama para Pembina dan petugas piket mengadakan razia.

4).    Melaksanakan rapat koordinasi dengan para Pembina.

 

e.       Kegiatan Semester Ganjil

1).    Upacara Bendera

2).    Mengadakan clasmeeting dengan mata lomba wajib :

·         Pidato bahasa inggris, bahasa Arab dan bahasa Indonesia.

·         Dakwah

·         Lomba Baca Puisi

·         Olahraga (Bola voli, Sepak bola, Takraw

3).    Safari Ramdhan/Pesantren kilat

4).    Latihan Pramuka

5).    Perkaderan/LDKS

    

f.        Kegiatan semester Genap

1).    Menyiapkan dan melaksanakan perpisahan kelas VI

2).    Mengadakan rapat koordinasi dengan pengurus  dan para Pembina

3).    Mengadakan razia

4).    Mengadakan clasmeeting dengan mata lomba wajib.

·         Pidato bahasa inggris, bahasa Arab dan bahasa Indonesia.

·         Dakwah

·         Lomba Baca Puisi

·         Olahraga (Bola voli, Sepak bola, Takraw

5).    Upacara pengibaran bendera

6).    Peringatan Isra Mi’raj

7).    Peringatan maulid Nabi Muhammad saw

 

g.      Kegiatan Akhir Tahun

1).    Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia siswa baru

2).    Memberikan SK kepala Sekolah pada panitia penerimaan siswa baru

3).    Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia mos

4).    Memberikan SK kepsek pada panitia MOS

5).    Melaksanakan MOS

6).    Laporan evaluasi Program

 

B.    PELAKSANAAN  KEGIATAN

Agenda Bidang Kesiswaan

SD Negeri Margamulya Kecamatan Cikatomas

Tahun Ajaran 2020 – 2021

 

No.

 

Hari/Tanggal

 

Nama Kegiatan

 

Pelaksana/Peserta

8 s/d 10 Juli 2019

Masa Orientasi Siswa (MOS)

Panitia

11-14 Juli 2020

Pesantren Kilat/Latihan Muballigh (ah)

Kls V dan VI

15-20 Juli 2020

Safari Ramadhan Keliling

Kls V dan VI

25 Juli-14 Ags 2019

Latihan Gerak Jalan

Pembina Pramuka

15 Agt 2019

Mengikuti Lomba Gerak Jalan

Kwarcab

15 Nop-15 Des  19

Lomba HAB

kelas IV-V-VI

April 2020

Persiapan Perpisahan kls VI

Panitia (Kesiswaan)

Mei 2020

Perpisahana kls VI

Panitia (Kesiswaan)

16-20 Juni 2020

Class Meeting Siswa Semester Genap 2020-2021

Panitia (Kesiswaan)

23-28 Juni 2020

Perkaderan

Panitia (Kesiswaan)

 

 

 

Cikatomas,                           2020

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

JAJANG SURYANA, S.Pd.SD

NIP: 19630216 198305 1 004

Wakepsek Kesiswaan

 

 

 

TUTIN KARSITI, S.Pd.SD

NIP: 19610826 198109 2 002

 

 

 

 

 

BAB III

EVALUASI HASIL KEGIATAN

 

A.    Laporan Kegiatan Kesiswaan 2020-2021

 

REALISASI PROGRAM KERJA BIDANG

WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN

SEKOLAH DASAR NEGERI MARGAMULYA

TAHUN AJARAN 2020 – 2021

 

No

Nama

Kegiatan

Wkt

Plksn

Tmpt Pelaksnaan

Pelaksana

Penanggung

jawab

Peserta

Ket/

Hasil yg dicpai

1

Masa Orientasi Siswa (MOS)

8 -10 Jul 2019

Lingk SD Jymkt.

Lap.KegSD

 Jymkt.

Waka Kesiswaan

SisBa (18 org)

Siswa Baru dapat mengetahui, memahami situasi, kondisi dan  aturan main diSekolah

2

Latihan Muballigh (ah)

11-14 Jul 19

Ruang SD Jymkt.

Lap.KegSD

 Jymkt

Dede, M. S.Pd.I

15 org

Melahirkn Kader Mubaligh(ah)

3

Safari Ramadhan Keliling

15-20 Jul 13

Wilayah Kec. Cikatomas

SD

 Jymkt.

Dede, M. S.Pd.I Siti Patimah,S.Pd.I

Yanti Pitriyani,S.Pd

15 org

Masy. Terinspirasi dan termotifasi serta tercerahkan

 

 

 

B.     Evaluasi Hasil Kegiatan

Memperhatikan serta membandingkan keseluruhan agenda/program yang telah dicanangkan dengan realisasi program Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, maka tentu saja akan kita jumpai beberapa kenyataan yang sedikit tidak sesuai.

Ada beberapa gambaran kondisi ketidak sesuaian yang kami maksudkan adalah antara lain:

1.     Ada program yang telah direncanakan secara matang, namun dlm realisasinya tidak terwujud;

2.     Ada program yang telah direncanakan secara matang, alhamdulillah tetap terlaksana meskipun waktu dan tempat bergeser dari rencana awal

3.     Ada program yang tidak direncanakan sama sekali justru terwujud dengan baik dan lancar.

4.     Ada juga program yang terlaksana, namun hasilnya kurang sesuai dengan harapan

 

Kondisi-kondisi yang kami gambarkan diatas disebabkan oleh beberapa faktor yang antara lain:

1.      Kurangnya waktu yang tersedia untuk melakukan persiapan dalam melaksanakan suatu kegiatan tersebut

2.      Kurangnya kesiapan yang dari Pembimbing/Penanggungjawab sehingga menyebabkan hasil dari kegiatan yang dilaksanakan  kurang maksimal

3.      Terjadi perbenturan antara agenda yang mau direalisasikan dengan kepentingan  (pribadi) para pembina

4.      Terjadi perbenturan antara agenda yang telah direncanakan dengan kegiatan yang lebih penting namun datangnya secara tiba-tiba dan tak terduga

5.      Sumber Daya Siswa yang kurang maksimal

6.      Minimnya Anggaran

7.      Dan masih banyak lagi kendala-kendala lain yang sangat mempengaruhi terlaksananya program kegiatan yang telah direncanakan sebelumny         

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

       PENUTUP

 

A.    Kesimpulan

Keberhasilan suatu program kegiatan tidaklah cukup dari sejauhmana indah dan banyaknya suatu program kegiatan yang direncanakan, akan tetapi suatu proses dan output dari kegiatan yang telah dilaksanakan merupakan tolak ukur nyata akan keberhasilan program kegiatan yang dicangkan, sekecil apapun kegiatan tersebut.

Maksimalnya suatu proses kegiatan terhadap program yang dilaksanakan sangat bergantung pada daya dukung dari bebera pihak dan unsur, seperti ketersediaan anggaran, sumber daya siswa, sumber daya pembina, waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, fasilitas serta semangat dari beberapa pihak yang terkait langsung dengan kegiatan tertentu.

Kualitas keberhasilan dari suatu program kegiatan tertentu berbanding lurus dengan bagaimana proses dari kegiatan yang berlangsung.

 

B.     Saran-Saran

1.      Bagaimanapun juga usaha yang telah ditunjukkan oleh berbagai pihak dalam setiap program kegiatan yang telah dilaksanakan selama Tahun Pelajaran (2019-2020) yang tengah berjalan ini kami rasa sudah maksimal. Akan tetapi kami sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan masih sangat mengharapkan semangat dan kerjasamanya serta dukungannya untuk terus menuntaskan program yang telah dicanangkan dan tetap mempertahankan serta semakin meningkatkan (baik kuntitas maupun kualitas) program-program kegiatan pada tahun ajaran berikutnya (2020-2021)

2.      Belajar dari pengalaman tahun pelajaran (2019-2020) ini, bahwa masih banyak program kegiatan yang telah direncanakan dan dirasakan sangat urgen untuk dilaksanakan dan diikuti  yang terpaksa tidak dilaksanakan dan diikuti karena kendala anggaran, maka diharapkan kepada Kepala Sekolah untuk terus memberikan dukungan baik moril terutama meteril kiranya alokasi anggaran untuk Waka Kesiswaan dinaikkan lagi, sehingga baik kuantitas maupun kualitas dari program yang dicanangkan  akan maksimal hasilnya

3.      Kamipun masih sangat menyadari bahwa masih banyak seabrek kegiatan-kegitan lain yang  belum sempat kami canangkan padahal kegiatan tersebut sangat memberikan nilai yang cukup berharga dan bermanfaat baik bagi terbentuknya watak siswa/i maupun untuk kemajuan Sekolah kedepannya, untuk itu kiranya kepada Bapak/Ibu Pengawas kiranya kami mendapatkan pembinaan yang kontinu dan berkala.

 

Margamulya,                      2020

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

JAJANG SURYANA, S.Pd.SD

NIP: 19630216 198305 1 004

Wakepsek Kesiswaan

 

 

 

TUTIN KARSITI, S.Pd.SD

NIP: 19610826 198109 2 002