Sunday, October 8, 2017

RPP REVISI 2017 KELAS 4 TEMA 3 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 2






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM 2013 REVISI 2016


TEMA 3                                   :  PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP
SUB TEMA 1                                      :  HEWAN DAN TUMBUHAN DI
                                                     LINGKUNGAN RUMAHKU
KELAS / SEMESTER           :  IV / I
PEMBELAJARAN                :  2
FOKUS PEMBELAJARAN  :  MATEMATIKA, PPKn, SBDP

 












Disusun Oleh :
NAMA           :  SUTIANA S.Pd.SD


SD NEGERI MARGAMULYA
UPT PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS
KECAMATAN CIKATOMAS KABUPATEN TASIKMALAYA
TAHUN 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :     SD Negeri Margamulya
Kelas / Semester              :     IV (Empat) / 1 (Satu)
Tema 3                             :     Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1                      :     Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan
                                                Rumahku
Pembelajaran                  :     2
Alokasi Waktu                 :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Matematika
Kompetensi Dasar :
3.3  Menjelaskan dan melakukan  penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil
       bagi dua bilangan cacah  maupun pecahan dan  desimal.
4.3  Menyelesaikan masalah  penaksiran dari jumlah,  selisih, hasil kali, dan hasil    
        bagi dua bilangan cacah  maupun pecahan dan  desimal.
Indikator
3.3.4 Menjelaskan cara melakukan penaksiran bilangan decimal
4.3.4 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran
         bilangan desimaldan kalimat efektif untuk persiapan
         wawancara.


PPKn
Kompetensi Dasar:
3.2  Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai  warga masyarakat
       dalam  kehidupan sehari-hari.
4.2  Menyajikan hasil identifikasi  pelaksanaan kewajiban  dan hak sebagai warga
  masyarakat dalam kehidupan  sehari-hari.
Indikator
3.2.9  Mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat
           dalam memanfaatkan tumbuhan secara bijak.
4.2.9 Menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban
         dalam memanfaatkan tumbuhan secara bijak.
SBdP
Kompetensi Dasar:
3.4  Memahami karya seni rupa  teknik tempel.
4.4  Membuat karya kolase,  montase, aplikasi, dan  mozaik.
Indikator
3.4.1. Menjelaskan teknik membuat kolase
          Membuat kolase dari bahan alam

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban  sebagai warga masyarakat dalam memanfaatkan tumbuhan dengan  benar.
2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan refleksi diri mengenai hak dan kewajiban memanfaatkan tumbuhan secara bijak dengan terperinci.
3.     Setelah bereksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara melakukan penaksiran bilangan desimal dengan benar.
4.     Setelah bereksplorasi, siswa mampu menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran bilangan desimal dengan benar.
5.     Setelah mengamati, siswa mampu menjelaskan teknik membuat kolase dengan benar.
6.     Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat kolase dari bahan alam dengan teknik yang kreatif.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
¡   Mendiskusikan sikap bijak terhadap tumbuhan
¡  Melakukan Penaksiran bilangan desimal
¡  Berkreasi membuat kolase dari bahan alam

E.     PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
a.      Kegiatan Pembuka ( 10 menit )
·         Guru memberikan salam.
·         Guru mengajak siswa untuk berdo’a terlebih dahulu dan menunjuk salah seorang siswa untuk memimpin do’a.
·         Guru melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
·         Guru melakukan motivasi kepada siswa.
·         Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan bertanya kepada siswa
ü  Apa manfaat tumbuhan bagi manusia ?
·         Siswa menyampaikan jawabannya. Guru menulis di papan tulis. Guru kembali lagi bertanya apakah yang kita makan sehari-hari juga berasal dari tumbuhan?
·         Bagaimana sikap kita terhadap makanan yang kita makan sehari-hari?
·         Siswa menjawab pertanyaan itu secara bergantian.
·         Kemudian mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
·         Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
b.      Kegiatan Inti (150 menit )
·         Siswa membaca teks cerita tentang Beni.
·         Siswa membaca teks dalam hati.
·         Siswa dibagi menjadi kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks.Siswa menuliskan jawabannya pada kalender bekas. Siswa menuliskan jawabannya dengan tulisan yang cukup besar.
·         Salah satu perwakilan kelompok akan berkunjung ke kelompok lain dan mempresentasikan jawabannya. Guru memberikan aba-aba tepuk tangan dan siswa berputar searah jarum jam.
·         Diskusi kelas. Guru membahas satu-persatu pertanyaan yang ada. Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan menyampaikan pendapatnya.
·         Siswa membaca teks “Berpikirlah Sebelum Kamu Membuangnya”
·         Guru menguatkan bahwa betapa lama proses nasi ada di meja makan kita. Betapa petani bekerja keras untuk menanam sampai memanen padi. Masihkah kita membuang-buang makanan?
·         Siswa masih berada dalam kelompok. Siswa kembali mengamati gambar yang ada di buku siswa (menebang pohon, merawat tanaman, dan merusak tanaman)
·         Guru meminta setiap kelompok untuk membuat pertanyaan berdasarkan gambar yang ada.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pertanyaannya.
·         Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang ada dari teks dan tabel di buku siswa.
·         Presentasi, beberapa siswa perwakilan kelompok diminta maju ke depan untuk menyampaikan hasil pekerjaannya.
·         Setiap siswa menuliskan refleksi tentang sikapnya dalam memanfaatkan tumbuhan secara bijak
·         Siswa diminta mencari pasangan. Dengan pasangannya siswa akan menyampaikan refleksinya.
·         Guru menguatkan bahwa kita harus bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam, termasuk makanan.
·         Guru meminta membayangkan jika semua orang membuang makanannya seperti adik Beni, apa yang akan terjadi?
·         Siswa membaca masalah yang diberikan di buku  siswa.
·         Guru meminta siswa membayangkan makanan yang dibuang setiap tahunnya. Guru meminta pendapat siswa tentang fakta ini. Guru bertanya, Apa dampak dari membuang-buang makanan?
·         Apa yang bisa kita lakukan supaya makanan tidak terbuang sia-sia? Siswa menjawab secara bergantian.
·         Siswa akan menjawab pertanyaan dari cerita tersebut dengan melakukan penaksiran desimal.
·         Guru menyampaikan bahwa untuk menaksir nilai desimal siswa bisa membulatkan. Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya cara untuk melakukan pembulatan bilangan desimal.
·         Siswa menjelaskan cara membulatkan menurut pengetahuan mereka dan membuatkan contoh soal.
·         Siswa bereksplorasi untuk membulatkan nilai desimal ke satuan, persepuluh, dan perseratus.
·         Siswa secara berpasangan bereksplorasi dengan mengisi lembar kerja yang ada di buku siswa.
·         Siswa mengamati garis bilangan. Meletakkan bilangan misalkan 5,3 ke garis bilangan. Siswa memperkirakan bilangan 5,3 lebih dekat kemana? 5,0 atau 6,0?
·         Siswa menjelaskan jawabannya. (hal ini dilakukan untuk pembulatan ke persepuluh)
·         Siswa menuliskan kesimpulannya. Guru memandu bagaimana cara melakukan pembulatan?
·         Guru meminta setiap pasangan untuk mendiskusikan kesimpulan tersebut.
·         Siswa diminta berganti pasangan untuk menyampaikan hasil kesimpulannya. Hal ini dilakukan sebanyak 3x. Guru memberikan aba-aba dengan  tepuk tangan.
·         Diskusi kelas, guru dan siswa menyimpulkan cara melakukan  pembulatan.
·         Dari kesimpulan yang diberikan siswa diminta untuk melakukan pembulatan ke perseratusan. Siswa menjelaskan caranya dan menjawab soal yang di berikan.
·         Siswa mengerjakan soal-soal yang ada di buku siswa. Siswa dimotivasi untuk menghitung secara teliti. Siswa saling menukarkan jawaban dengan teman pasangannya. Siswa bisa saling menilai apakah jawaban temannya benar atau masih kurang tepat.
·         Siswa menemukan bilangan desimal di sekitar. Siswa meminta teman pasangannya untuk membulatkan bilangan tersebut. Siswa yang membuat soal bisa memilih dibulatkan ke satuan, persepuluh, perseratus atau lainnya.
·         Setiap siswa akan menuliskan kesimpulan belajarnya.
·         Siswa akan berkreasi untuk membuat kolase. Siswa mengamati kolase yang ada di buku siswa. Jika memungkinkan guru bisa membuat kolase sendiri.
·         Siswa diminta membuat pertanyaan berdasarkan kolase yang diamatinya. Guru bisa menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh siswa. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara klasikal.
·         Siswa mendiskusikan dengan temannya teknik membuat kolase. Siswa juga mendiskusikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuatnya. Siswa membaca langkah-langkah membuat kolase yang ada di buku siswa. Guru mempraktikkan satu persatu langkah dengan hati-hati. Siswa diberi kesempatan jika ada hal- hal yang masih kurang jelas.
·         Siswa membuat kolase. Siswa bisa menggambar sendiri gambar yang diinginkan atau guru bisa membagikan sketsa gambar kupu-kupu. (terlampir)
·         Siswa bisa mengambil daun-daun kering atau yang sudah tidak digunakan di lingkungan sekolah (siswa bisa membawa sendiri dari rumah, guru menginformasikan di pertemuan sebelumnya).
·         Guru menyiapkan lem dan gunting. Siswa mulai menempel daun-daun atau ranting kering. Siswa memperhatikan keindahan dan keserasian.
·         Guru memotivasi siswa untuk membuat dengan teliti dan hati-hati. Siswa dibebaskan untuk berkreasi seindah mungkin.
c.       Kegiatan akhir (15 menit )
·         Sebagai penutup, guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·         Guru melakukan evaluasi.
·         Guru memberikan umpan balik tentang proses dan hasil pembelajaran.
·         Guru memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah kepada siswa.
·         Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
·         Kelas ditutup dengan doa bersama.

G.    SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Daun-daun, ranting, lem, kertas, sketsa gambar kupu kupu (atau lainnya), gunting

H.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.      Penilaian Sikap :
Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan berlangsung

2.      Penilaian Pengetahuan
Penilaian
1. PPKn Refleksi diri siswa dinilai menggunakan rubrik

Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan (1)
Sikap baik
Menuliskan 3 sikap baik yang sudah dilakukan
Menuliskan 2 sikap baik yang sudah
dilakukan
Menuliskan 1 sikap baik yang  sudah
dilakukan
Belum mampu menuliskan sikap baik yang sudah
dilakukan
Dampak sikap baik
Menjelaskan 3 dampak dari sikap baik
tersebut bagi lingkungan
Menjelaskan 2 dampak dari sikap baik
tersebut bagi lingkungan
Menjelaskan 1 dampak dari sikap baik
tersebut bagi lingkungan
Belum mampu menuliskan dampak dari si-
kap tersebut bagi lingkungan
Sikap perlu diperbaiki
Menuliskan 3 sikap  be- lum baik
yang sudah dilakukan
Menuliskan 2 sikap  be- lum baik
yang sudah dilakukan
Menuliskan 1 sikap  be- lum baik
yang sudah dilakukan
Belum mampu menuliskan
sikap belum baik yang sudah di- lakukan
Dampak sikap belum baik
Menjelaskan 3 dampak dari sikap belum
baik terse- but bagi lingkungan
Menjelaskan 2 dampak dari sikap belum
baik terse- but bagi lingkungan
Menjelaskan 1 dampak dari sikap  belum
baik terse- but bagi lingkungan
Belum mampu menuliskan dampak dari si-
kap tersebut bagi lingkungan
Rencana tindak lanjut
Menuliskan 3 rencana tindak lanjut untuk
lebih bijak ter- hadap tumbu- han
Menuliskan 2 rencana tindak lanjut untuk
lebih bijak ter- hadap tumbu- han
Menuliskan 1 rencana tindak lanjut  untuk
lebih bijak ter- hadap tumbu- han
Belum mampu menuliskan rencana tindak
Lanjut

Matematika :
Proses Eksplorasi dan kesimpulan siswa dinilai dengan rubrik

Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan (1)
Keterampilan berpikir
Membuat rencana dan melaksanakannya
untuk menemukan masalah.
Strategi yang digunakan sesuai dan dapat menyelesaikan masalah.
Membuat rencana dan melaksanakannya
untuk menemukan masalah.
Strategi yang digunakan sesuai namun tidak dapat menyelesaikan masalah.
Membuat rencana dan melaksanakannya
untuk menemukan masalah.
Strategi yang digunakan tidak sesuai sehingga tidak dapat menyelesaikan masalah.
Rencana yang dihasilkan tidak sesuai dengan kebutuhan. Tidak ada strategi yang digunakan.
Pengetahuan dan Pemahaman
Pemahaman ditunjukkan saat meletakkan bilangan ke garis bilangan, menentukan bilangan yang nilainya paling dekat, dan menuliskan
nilai yang paling mendekati
Pemahaman ditunjukkan saat mendemonstrasikan 2 dari 3 hal yang diharapkan.
Pemahaman ditunjukkan saat mendemonstrasikan  1 dari 3 yang diharapkan.
Pemahaman ditunjukkan saat mendemonstrasikan tidak sesuai dengan konsep.
Komunikasi
Mengomunikasikan hasil pekerjaan dengan logis, sistematis dan menggunakan kalimat matematika dengan benar.
Mengomunikasikan hasil pekerjaan dengan logis, dan menggunakan kalimat matematika dengan benar namun kurang sistematis.
Mengomunikasikan hasil   pekerjaan dengan logis namun kurang sistematis atau menggunakan kalimat matematika
yang tidak tepat.
Masih membutuhkan bimbingan saat mengomunikasikan hasil.

3.  SBdP: Kolase siswa dinilai dengan rubrik
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan (1)
Teknik Menempel
Seluruh bahan ditempel dengan rapi
Sebagian besar ba- han ditempel dengan rapi
Sebagian bahan ditempel dengan rapi
Sebagian kecil ditempel dengan rapi
Pemilihan
Memilih
Memilih
Memilih
Memilih
Bahan
seluruh ba-
sebagian besar
sebagian ba-
sebagian kecil

han (daun dan
bahan (daun
han (daun dan
bahan (daun

ranting) den-
dan ranting)
ranting) den-
dan ranting)

gan sesuai
dengan sesuai
gan sesuai
dengan sesuai
Keserasian
Menempel semuan bahan-bahan dengan serasi
Menempel sebagian besar bahan-bahan dengan serasi
Menempel sebagian bahan-bahan dengan serasi
Menempel sebagian kecil bahan-bahan dengan serasi

Mengetahui,
Kepala SDN Margamulya



....................
NIP. ...................................

Cikatomas,   Agustus 2017
Guru Kelas I,



..........................

Mengetahui,
Pendamping Kurikulum 2013



RIVANI HERMAN MUNANDAR, S.PD.
NIP. 19691125 1990 09 1 002

No comments:

Post a Comment