Tuesday, October 13, 2020

SOAL DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) KELAS 1 SEMESTER 1 PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDIPEKERTI

 



PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SEMESTER I

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SD NEGERI ………………………..

UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TASIKMALAYA

 

Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Kelas    : I (Satu)

 

     

I.   berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang benar!

 


1.    aku anak saleh. aku mencintai rasulullah saw. aku harus mencontoh perilaku kasih sayang dari ….

a.      malaikat

b.      nabi muhammad saw

c.      para pejabat

2.    insya allah aku hafal perilaku jujur nabi muhammad saw. karena kejujurannya ia diberi gelar ….

a.    al-amin.

b.    ar-rahman.

c.    ar-rahim.

 

3.    aku anak saleh. setiap melihat orang yang mendapat kecelakaan aku selalu ….

a.    membiarkannya

b.    menengoknya

c.    menolongnya

 

4.    allah swt maha pengasih. allah swt memiliki asmaul husna ….

a.    ar-rahmaan

b.    ar-rahiim

c.    al-malik

 

5.    allah swt sangat penyayang terhadap makhluknya. agar disayang allah swt aku selalu …. 

a.    menyayangi manusia.

b.    menyayangi semua ciptaan allah swt.

c.    menyayangi binatang

 

6.    aku anak saleh. setiap memulai pekerjaan aku selalu membaca ….

a.    do’a

b.    basmallah

c.    hamdallah

 

 

7.    arti alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin adalah ….

a.    segala puji hanya milik alloh swt

b.    alloh swt maha pengasih lagi maha penyayang

c.    yang menguasai di hari pembalasan

 

8.     maaliki yaumiddiin termasuk qs al-fatihah ayat ke ….

a.    dua

b.    tiga

c.    empat

 

9.    aku anak saleh. aku harus banyak bersyukur kepada allah swt. berterimakasih kepada allah swt disebut ….

a.    bersabar

b.    berterimakasih.

c.    bersyukur.

 

10.  allah swt maha pengasih.  buktinya aku mempunyai telinga yang berguna untuk ….

a.    mendengar.

b.    melihat.

c.    berjalan

 

11.  allah swt  mencintai orang yang selalu memelihara kesucian. bersuci sesudah buang air besar disebut …. 

a.    wudlu

b.    toharoh.

c.    istinja.

 

12.  nabi dan rasul adalah utusan allah swt. mereka diberi tugas untuk . . .

a.    memberikan rizki

b.    mencabut nyawa

c.    memberi teladan akhlak mulia

 

13.  manusia pertama yang diciptakan allah swt. adalah.

a.    nabi muhammad saw.

b.    nabi adam as.

c.    nabi nuh as.

 

14.  Insya allah aku hafal nabi dan rasul allah swt. nabi yang mempunyai mukjizat membuat perahu raksasa adalah . . .

a.    nabi adam as.

b.    nabi hud as.

c.    nabi nuh as.

15.  Insya allah aku bisa meneladani perilaku nabi hud as. sejak kecil ia mempunyai sikap ... pada semua orang

  1. santun                                              
  2. pemarah                               
  3. congkak

 

 

 

 


 

I. isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!

16.  aku anak saleh. setiap ada teman yang sakit aku selalu .........................................................

17.  allah swt memiliki asmaul husna ar-rahman yang artinya ........................................................

18.  arrahmaanirrahiim adalah qs al-fatihah ayat ke .....................................................................

19.  خّٰطٰبٰ dibaca ........................................................

20.  nabi adam as. selalu taat kepada allah swt. dia bertobat ketika berbuat salah. jika temanmu meminta maaf atas kesalahannya maka aku harus .................................................................

 

II. kerjakanlah soal-soal di bawah ini sesuai dengan perintah

21.  salinlah ayat al-quran disamping ini!  اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ

jawab :      .....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

22.  allah swt menciptakan air hujan untuk kebutuhan makhluk-nya. sebutkan tiga manfaat air hujan

jawab :      .....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

23.  aku bersyukur kepada allah swt karena diberi anggota tubuh. sebutkan manfaat mata, hidung, telinga, mulut, dan kaki

jawab :      .....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

24.  bersuci adalah menghilangkan kotoran. dalam bersuci ada yang disebut istinja. apa arti istinja

jawab :      .....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

25.  walaupun tidak ada air bersuci tetap harus dilaksanakan. sebutkan dua macam benda yang boleh dipakai untuk bersuci

jawab :      .....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

No comments:

Post a Comment