KISI-KISI
PENILAIAN
TENGAH SEMESTER ( PTS ) SEMESTER GANJIL KELAS I
SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bobot
|
1
|
3.1. Mengenal Vocal dan Konsonan
pada teks sederhana tentang merawat diri sendiri ( melalui menyebutkan
anggota badan, memperkenalkan diri, cara merawat diri )
|
o
Menyebutkan
huruf vokal yang ada pada suatu kata
o
Menyebutkan
kegunaan anggota badan
o
Mengidentiikasi
huruf konsonan
o
Mengidentiikasi
huruf konsonan pada suatu kata
o
Mengidentiikasi
kegunaan salah satu anggota badan
o
Menggunakan
kata untuk memperkenalkan diri
o
Mengidentiikasi
huruf konsonan pasa suatu kata
o
Mengidentifikasi
huruf konsonan pada salah satu kata
|
1
2
3
7
8
9
11
17
|
1
1
1
1
1
1
1
3
|
2
|
4.1. Melafalkan dan menyalin vokal
dan konsonan, ( cara menulis di udara di buku, menjiplak dan menyambung huruf
) tentang merawat diri
|
o
Menyebutkan
cara merawat salah satu anggota badan
o
Menyebutkan
bahasa sopannya salah satu anggota badan dalam bahasa sunda
o
Mengidentifikasi
kegunaan anggota badan
o
Mengidentifikasi
alat-alat yang digunakan untuk merawat diri
o
Meyebutkan
cara-cara merawat diri
o
Mengidentiikasi
kegunaan anggota badan
|
4
12
14
15
16
19
|
1
1
1
1
4
2
|
3
|
3.8. Mengenal kata pada teks sederhana
tentang kegemaranku ( bisa menggunakan kartu huruf dan kartu kata )
|
o
Menyebutkan
bahasa sopannya salah satu anggota badan
o
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat
|
5
13
|
1
1
|
4
|
4.8. melafalkan dan menyalin kata
tentang berbagai kegemaran
|
o
Mengidentifikasi
keemaran
o
Mengidentifikasi
alat untuk melakukan salah satu kegemaran
o
Mengidentikasi
makanan tradisional sunda
o
Menyalin
kalimah dengan baik
|
6
10
18
20
|
1
1
3
3
|
KISI-KISI
PENILAIAN
TENGAH SEMESTER ( PTS ) SEMESTER GANJIL KELAS II
SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bobot
|
1
|
3.1. mengenal dan memahami teks
pupuh tentang hidup rukun
|
o
Melengkapi
kata dari potongan pupuh pucung
o
Melangkapi
kalimat dengan kata yang sesuai
o
Mengidentifikasi
sikap yang harus dilakukan dengan orang lain
o
Melangkapi
kalimat dengan kata jadian yang sesuai
|
1
2
3
4
|
1
1
1
1
|
2
|
4.1. melantunkan teks pupuh
tentang hidup rukun
|
o
Mengidentifikasi
jenis pupuh
o
Mengidentifikasi
watak pupuh pucung
o
Mengidentifikasi
arti kata tentang hidup rukun
o
Mengidentifikasi
arti kata
o
Menyebutkan
bagaimana sikap kita terhadap orang lain
|
5
6
7
13
15
|
1
1
1
1
1
|
3
|
3.2. memahami teks sederhana
tentang bermain di lingkunganku ( bisa dengan gambar bermain tayangan,
bermain secara langsung di lingkungan sekolah ).
|
o
Mengidentifikasi
kaulinan tradisional
o
Mengidentifikasi
alat-alat serta kegunaannya
o
Mengidentifikasi
alat-alat serta kegunaannya
o
Menyebutkan
jenis-jenis kaulinan tradisional
o
Menyebutkan
alat-alat yang digunakan dalam suatu kegiatan
o
Membuat
kalimat sederhana
|
8
9
12
16
18
19
|
1
1
1
3
3
2
|
4
|
4.2. membaca nyaring bacaan yang
berupa teks deskripsi tentang kegiatan bermain di lingkunganku.
|
o
Melengkapi kalimat
dengan kecap panganteur
o
Melengkapi kalimat
dengan kecap panganteur yang sesuai
o
Mengidentifikasi
alat-alat yan digunakan untuk permainan tradisional
o
Mengidentifikasi
penggunaan huruf besar
o
Menyalin
kalimah dengan menggunakan huruf besar yang tepat
|
10
11
14
15
17
|
1
1
1
1
3
|
KISI-KISI
PENILAIAN
TENGAH SEMESTER ( PTS ) SEMESTER GANJIL KELAS III
SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bobot
|
1
|
3.1. memahami isi teks pupuh
tentang menyayangi hewan dan tumbuhan.
|
o
Mengidentifikasi
arti kata
o
Mengidentifika
basa lemes
o
Mengidentifikasi
arti kata
o
Menyebutkan
manfaat tumbuhan
|
1
2
3
22
|
1
1
1
4
|
2
|
4.1. melantunkan pupuh tentang
menyayangi hewan dan tumbuhan
|
o
Mengidentifikasi
cara memelihara lingkungan
o
Mengidentifikasi
cara memelihara lingkungan
o
Menyebutkan
cara memelihara hewan dengan baik
|
11
15
18
|
1
1
1
|
3
|
3.2. memahami teks narasi
sederhana tentang pengalaman yang mengesankan.
|
o
Mengidentifikasi
kecap asal
o
Melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai
o
Melengkapi
kalimat dengan kata seru yang tepat
o
Mengidentifikasi
basa lemes
o
Melengkapi
kalimat dengan kata seru yang tepat
o
Mengidentifikasi
basa lemes
o
Mengidentifikasi
basa lemes
o
Melengkapi
kalimat dengan kata seru yang tepat
o
Melengkapi kalimat
dengan kata yang sesuai
o
Menyebutkan
kata-kata yang dipakai untuk membuat kalimat seru
o
Membuat
kalimat seru
o
Menyebutkan
basa lemes dari suatu kata
|
4
5
6
7
9
14
16
19
20
23
24
25
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
4
4
4
|
4
|
4.2. membaca nyaring teks narasi sederhana
tentang pengalaman yang mengesankan dengan lafal dan intonasi yang benar
|
o
Mengidentifikasi
cara merawat diri
o
Menyebutkan
Sinonim kata
o
Mengidentifikasi
cara merawat diri
o
Mengidentifikasi
Sinonim kata
o
Melengkapi
kalimat dengan basa lemes yang sesuai
o
Menyebutkan
cara-cara merawat diri yang baik
|
8
10
12
13
17
21
|
1
1
1
1
1
4
|
KISI-KISI
PENILAIAN
TENGAH SEMESTER ( PTS ) SEMESTER GANJIL KELAS IV
SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bobot
|
1
|
3.1. mengidentifikasi isi
percakapan tentang indahnya kebersamaan.
|
o
Mengidentifikasi
kecap pagawean
o
Mengidentifikasi
jumlah engang dalam satu padalisan
o
Menyebutkan
waditra yan digunakan untuk mengiringi pupujian
o
Menyebutkan
arti kecap nu hartina saurang atawa lobaan
o
Merubah kata
yang artinya sendiri jadi jamak
o
Merubah kata
yang artinya sendiri jadi jamak
o
Merubah kata
yang artinya sendiri jadi jamak
o
Mengidentifikasi
padalisan
|
1
2
3
4
9
18
19
26
|
1
1
1
1
1
1
1
2
|
2
|
4.1. memeragakan percakapan
tentang indahnya kebersamaan..
|
o
Mengidentifikasi
alat musik yang mengiringi pupujian
o
Menyebutkan
sikap yang harus dilakukan pada orang lain
|
20
27
|
1
3
|
3
|
3.2. memahami teks argumentasi
sederhana tentang selalu berhemat energ1.
|
o
Mencari arti
kata
o
Melengkapi kalimat
o
Melangkapi
kalimat dengan kata Tanya yang tepat
o
Menyebutkan
kata yang sama artinya
o
Menyebutkan
arti kata
o
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat
o
Menyebutkan
arti kata
o
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat
o
Menyebutkan
jenis benda yang menggunakan energi listrik
o
Menyebutkan
arti kata
o
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat
o
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat
o
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat
o
|
5
6
7
8
10
11
12
16
17
21
23
24
25
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
4
|
4.2. menceritakan isi teks
argumentasi sederhana tentang selalu berhemat energi.
|
o
Menuliskan
kepanjangan dari suatu singkatan
o
Mengidentifikasi
alat-alat yang berhubungan dengan energi
o
Menyebutkan
cara-cara menghemat energy
o
Menuliskan
kepanjangan dari singkatan
o
Menyebutkan
cara-cara menghemat energy yang baik
o
Mengidentifikasi
alat-alat yang menggunakan energi listrik
o
Menyebutkan
akibat-akibat yang diterima apabila kita tidak menghemat energi
|
13
14
15
22
28
29
30
|
1
1
1
1
3
3
4
|
KISI-KISI
PENILAIAN
TENGAH SEMESTER ( PTS ) SEMESTER GANJIL KELAS V
SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bobot
|
1
|
3.1. memahami teks deskripsi
tentang kaulinan barudak yang menggunakan benda di sekitar.
|
o
Menyebutkan
orang-orang yang biasa melakukan kaulinan barudak
o
Menyebutkan
arti kata
o
Menyebutkan
arti kata
o
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat
o
Menyebutkan
orang-orang yang biasa melakukan kaulinan barudak
o
Menyebutkan
manfaat adanya kaulinan barudak
o
Menyebutkan
istilah-istilah yang ada pada kaulinan barudak
o
Menyebutkan
arti kata
o
Menyebutkan
jenis-jenis kaulinan barudak
|
1
2
5
6
11
12
17
19
27
|
1
1
1
1
1
1
1
1
3
|
2
|
4.1. memeragakan kaulinan barudak
yang menggunakan benda di sekitar.
|
o
Mengidentifikasi
kalimat aktif
o
Mengidentifikasi
jenis-jenis kaulinan barudak
o
Mengidentifikasi
alat-alat yang digunakan pada kaulinan barudak
o
Mengidentifikasi
jenis-jenis kecap rajekan
o
Membuat
kalimat aktif
o
Membuat
kalimat Tanya
o
Menyebutkan
alat-alat yang digunakan pada kaulinan barudak
|
3
4
16
18
26
28
30
|
1
1
1
1
4
2
2
|
3
|
3.2. memahami teks narasi tentang
peristiwa dalam kehidupan ( peristiwa yang menyenangkan, menyedihkan,
berkesan ).
|
o
Melengkapi
kalimat dengan kata Tanya yang tepat
o
Mengidentifikasi
nama-nama waktu dalam bahasa sunda
o
Menyebutkan
watak pupuh durma
o
Mengidentifikasi
padalisan pupuh maskumambang
o
Melengkapi
kalimah dengan kata yang sesuai
o
Melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai
|
7
8
13
14
15
25
|
1
1
1
1
1
1
|
4
|
4.2. membuat ringkasan dari teks
narasi tentang peristiwa dalam kehidupan.
|
o
Menggunakan
tanda baca seru
o
Menggunakan
kalimat ajakan
o
Menggunakan
kata ajakan yang sesuai
o
Menggunakan
kata Tanya yang sesuai
o
Menggunakan
istilah waktu dalam bahasa sunda
o
Mengidentifikasi
kegunaan benda
o
Membuat
kalimat ajakan
|
9
10
20
21
22
24
29
|
1
1
1
1
1
1
4
|
KISI-KISI
PENILAIAN
TENGAH SEMESTER ( PTS ) SEMESTER GANJIL KELAS VI
SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bobot
|
1
|
3.1. memahami teks carita pondok
tentang penyelamatan makhluk.
|
o
Menyebutkan
wilayah-wilayah yang masih mempertahankan adat
o
Menyebutkan
sinonim kata
o
Menyebutkan
jenis hewan yang dilindungi di suatu suaka marga satwa
o
Menyebutkan
hewan yang dilindungi di suatu suaka marga satwa
o
Menyebutkan
akibat dari penyelamatan makhluk
o
Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai
o
Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai
o
Menyebutkan
akibat-akibat yang akan dialami apabila tidak memelihara alam
o
Menyebutkan
manfaat –manfaat dari adanya pepohonan di hutan
o
Menyebutkan
jenis-jenis pupuh
|
2
5
11
13
16
17
18
26
28
29
|
1
1
1
1
1
1
1
3
3
5
|
2
|
4.1. menceritakan isi teks carpon
tentang penyelamatan makhluk.
|
o
Mengidentifikasi
akibat dari kerusakan alam
o
Mengidentifikasi
tempat-tempat untuk melindungi makhluk hidup
o
Mengidentifikasi
jenis-jenis hutan
o
Mengidentifikasi
suku bangsa
o
Mengidentifikasi
jumlah pupuh
o
Mengidentifikasi
guru lagu dan guru wilangan pada pupuh
o
Mengidentifikasi
cara penyelamatan makhluk hidup
o
Mengidentifikasi
jenis-jenis pupuh
o
Mengidentifikasi
tempat-tempat untuk melindungi makhluk hidup
o
Mengidentifikasi
jenis-jenis hewan yang dilindungi di suatu suaka marga satwa
o
Mengidentifikasi
guru lagu dan guru wilangan pada pupuh
o
Mengidentifikasi
watak dari pupuh dandanggula
o
Membuat
kalimat Tanya yang sesuai dengan jawaban
|
1
3
4
6
7
8
12
14
19
20
21
23
27
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
2
|
3
|
3.2. memahami teks argumentasi
tentang persatuan dalam perbedaan ( melalui kegiatan mengamati ggambar dan
tayangan video ).
|
o
Menyebutkan
perumpamaan tentang persatuan
o
Menyebutkan
arti istilah tentang persatuan
o
Menyebutkan
sikap yang harus dilakukan pada orang yang beda suku bangsa
o
Menyebutkan
budaya dari slah satu suku bangsa
o
Merubah kalimat
aktif jadi kalimah pasif
|
15
22
24
25
30
|
1
1
1
1
2
|
4
|
4.2. menyajikan isi teks
argumentasi tentang persatuan dalam perbedaan.
|
o
Melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai
o
Mengidentifikasi
kalimat pasif
|
9
10
|
1
1
|