Monday, October 7, 2019

KISI KISI PTS BAHASA SUNDA KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 SEMESTER 1 TAHUN 2019 KURIKULUM 2013


KISI-KISI
PENILAIAN TENGAH SEMESTER ( PTS ) SEMESTER GANJIL KELAS I
SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Nomor Soal
Bobot
1
3.1. Mengenal Vocal dan Konsonan pada teks sederhana tentang merawat diri sendiri ( melalui menyebutkan anggota badan, memperkenalkan diri, cara merawat diri )
o   Menyebutkan huruf vokal yang ada pada suatu kata
o   Menyebutkan kegunaan anggota badan
o   Mengidentiikasi huruf konsonan
o   Mengidentiikasi huruf konsonan pada suatu kata
o   Mengidentiikasi kegunaan salah satu anggota badan
o   Menggunakan kata untuk memperkenalkan diri
o   Mengidentiikasi huruf konsonan pasa suatu kata
o   Mengidentifikasi huruf konsonan pada salah satu kata
1
2
3
7
8
9
11
17
1
1
1
1
1
1
1
3
2
4.1. Melafalkan dan menyalin vokal dan konsonan, ( cara menulis di udara di buku, menjiplak dan menyambung huruf ) tentang merawat diri
o   Menyebutkan cara merawat salah satu anggota badan
o   Menyebutkan bahasa sopannya salah satu anggota badan dalam bahasa sunda
o   Mengidentifikasi kegunaan anggota badan
o   Mengidentifikasi alat-alat yang digunakan untuk merawat diri
o   Meyebutkan cara-cara merawat diri
o   Mengidentiikasi kegunaan anggota badan
4
12
14
15
16
19
1
1
1
1
4
2
3
3.8. Mengenal kata pada teks sederhana tentang kegemaranku ( bisa menggunakan kartu huruf dan kartu kata )
o   Menyebutkan bahasa sopannya salah satu anggota badan
o   Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat

5
13
1
1
4
4.8. melafalkan dan menyalin kata tentang berbagai kegemaran
o   Mengidentifikasi keemaran
o   Mengidentifikasi alat untuk melakukan salah satu kegemaran
o   Mengidentikasi makanan tradisional sunda
o   Menyalin kalimah dengan baik
6
10
18
20
1
1
3
3



KISI-KISI
PENILAIAN TENGAH SEMESTER ( PTS ) SEMESTER GANJIL KELAS II
SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Nomor Soal
Bobot
1
3.1. mengenal dan memahami teks pupuh tentang hidup rukun
o   Melengkapi kata dari potongan pupuh pucung
o   Melangkapi kalimat dengan kata yang sesuai
o   Mengidentifikasi sikap yang harus dilakukan dengan orang lain
o   Melangkapi kalimat dengan kata jadian yang sesuai
1
2
3
4
1
1
1
1
2
4.1. melantunkan teks pupuh tentang hidup rukun
o   Mengidentifikasi jenis pupuh
o   Mengidentifikasi watak pupuh pucung
o   Mengidentifikasi arti kata tentang hidup rukun
o   Mengidentifikasi arti kata
o   Menyebutkan bagaimana sikap kita terhadap orang lain
5
6
7
13
15
1
1
1
1
1
3
3.2. memahami teks sederhana tentang bermain di lingkunganku ( bisa dengan gambar bermain tayangan, bermain secara langsung di lingkungan sekolah ).
o   Mengidentifikasi kaulinan tradisional
o   Mengidentifikasi alat-alat serta kegunaannya
o   Mengidentifikasi alat-alat serta kegunaannya
o   Menyebutkan jenis-jenis kaulinan tradisional
o   Menyebutkan alat-alat yang digunakan dalam suatu kegiatan
o   Membuat kalimat sederhana
8
9
12
16
18
19
1
1
1
3
3
2
4
4.2. membaca nyaring bacaan yang berupa teks deskripsi tentang kegiatan bermain di lingkunganku.
o   Melengkapi kalimat dengan kecap panganteur
o   Melengkapi kalimat dengan kecap panganteur yang sesuai
o   Mengidentifikasi alat-alat yan digunakan untuk permainan tradisional
o   Mengidentifikasi penggunaan huruf besar
o   Menyalin kalimah dengan menggunakan huruf besar yang tepat
10
11
14
15
17
1
1
1
1
3



KISI-KISI
PENILAIAN TENGAH SEMESTER ( PTS ) SEMESTER GANJIL KELAS III
SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Nomor Soal
Bobot
1
3.1. memahami isi teks pupuh tentang menyayangi hewan dan tumbuhan.
o   Mengidentifikasi arti kata
o   Mengidentifika basa lemes
o   Mengidentifikasi arti kata
o   Menyebutkan manfaat tumbuhan
1
2
3
22
1
1
1
4
2
4.1. melantunkan pupuh tentang menyayangi hewan dan tumbuhan
o   Mengidentifikasi cara memelihara lingkungan
o   Mengidentifikasi cara memelihara lingkungan
o   Menyebutkan cara memelihara hewan dengan baik
11
15
18
1
1
1
3
3.2. memahami teks narasi sederhana tentang pengalaman yang mengesankan.
o   Mengidentifikasi kecap asal
o   Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai
o   Melengkapi kalimat dengan kata seru yang tepat
o   Mengidentifikasi basa lemes
o   Melengkapi kalimat dengan kata seru yang tepat
o   Mengidentifikasi basa lemes
o   Mengidentifikasi basa lemes
o   Melengkapi kalimat dengan kata seru yang tepat
o   Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai
o   Menyebutkan kata-kata yang dipakai untuk membuat kalimat seru
o   Membuat kalimat seru
o   Menyebutkan basa lemes dari suatu kata
4
5
6
7
9
14
16
19
20
23
24
25
1
1
1
1
1
1
1
1
1
4
4
4
4
4.2. membaca nyaring teks narasi sederhana tentang pengalaman yang mengesankan dengan lafal dan intonasi yang benar
o   Mengidentifikasi cara merawat diri
o   Menyebutkan Sinonim kata
o   Mengidentifikasi cara merawat diri
o   Mengidentifikasi Sinonim kata
o   Melengkapi kalimat dengan basa lemes yang sesuai
o   Menyebutkan cara-cara merawat diri yang baik
8
10
12
13
17
21
1
1
1
1
1
4

KISI-KISI
PENILAIAN TENGAH SEMESTER ( PTS ) SEMESTER GANJIL KELAS IV
SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Nomor Soal
Bobot
1
3.1. mengidentifikasi isi percakapan tentang indahnya kebersamaan.
o   Mengidentifikasi kecap pagawean
o   Mengidentifikasi jumlah engang dalam satu padalisan
o   Menyebutkan waditra yan digunakan untuk mengiringi pupujian
o   Menyebutkan arti kecap nu hartina saurang atawa lobaan
o   Merubah kata yang artinya sendiri jadi jamak
o   Merubah kata yang artinya sendiri jadi jamak
o   Merubah kata yang artinya sendiri jadi jamak
o   Mengidentifikasi padalisan
1
2
3
4
9
18
19
26
1
1
1
1
1
1
1
2
2
4.1. memeragakan percakapan tentang indahnya kebersamaan..
o   Mengidentifikasi alat musik yang mengiringi pupujian
o   Menyebutkan sikap yang harus dilakukan pada orang lain
20
27
1
3
3
3.2. memahami teks argumentasi sederhana tentang selalu berhemat energ1.
o   Mencari arti kata
o   Melengkapi kalimat
o   Melangkapi kalimat dengan kata Tanya yang tepat
o   Menyebutkan kata yang sama artinya
o   Menyebutkan arti kata
o   Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
o   Menyebutkan arti kata
o   Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
o   Menyebutkan jenis benda yang menggunakan energi listrik
o   Menyebutkan arti kata
o   Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
o   Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
o   Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
o    
5
6
7
8
10
11
12
16
17
21
23
24
25
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
4
4.2. menceritakan isi teks argumentasi sederhana tentang selalu berhemat energi.
o   Menuliskan kepanjangan dari suatu singkatan
o   Mengidentifikasi alat-alat yang berhubungan dengan energi
o   Menyebutkan cara-cara menghemat energy
o   Menuliskan kepanjangan dari singkatan
o   Menyebutkan cara-cara menghemat energy yang baik
o   Mengidentifikasi alat-alat yang menggunakan energi listrik
o   Menyebutkan akibat-akibat yang diterima apabila kita tidak menghemat energi
13
14
15
22
28
29
30
1
1
1
1
3
3
4















KISI-KISI
PENILAIAN TENGAH SEMESTER ( PTS ) SEMESTER GANJIL KELAS V
SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Nomor Soal
Bobot
1
3.1. memahami teks deskripsi tentang kaulinan barudak yang menggunakan benda di sekitar.
o   Menyebutkan orang-orang yang biasa melakukan kaulinan barudak
o   Menyebutkan arti kata
o   Menyebutkan arti kata
o   Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
o   Menyebutkan orang-orang yang biasa melakukan kaulinan barudak
o   Menyebutkan manfaat adanya kaulinan barudak
o   Menyebutkan istilah-istilah yang ada pada kaulinan barudak
o   Menyebutkan arti kata
o   Menyebutkan jenis-jenis kaulinan barudak

1
2
5
6
11
12
17
19
27
1
1
1
1
1
1
1
1
3
2
4.1. memeragakan kaulinan barudak yang menggunakan benda di sekitar.
o   Mengidentifikasi kalimat aktif
o   Mengidentifikasi jenis-jenis kaulinan barudak
o   Mengidentifikasi alat-alat yang digunakan pada kaulinan barudak
o   Mengidentifikasi jenis-jenis kecap rajekan
o   Membuat kalimat aktif
o   Membuat kalimat Tanya
o   Menyebutkan alat-alat yang digunakan pada kaulinan barudak
3
4
16
18
26
28
30

1
1
1
1
4
2
2
3
3.2. memahami teks narasi tentang peristiwa dalam kehidupan ( peristiwa yang menyenangkan, menyedihkan, berkesan ).
o   Melengkapi kalimat dengan kata Tanya yang tepat
o   Mengidentifikasi nama-nama waktu dalam bahasa sunda
o   Menyebutkan watak pupuh durma
o   Mengidentifikasi padalisan pupuh maskumambang
o   Melengkapi kalimah dengan kata yang sesuai
o   Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai
7
8
13
14
15
25
1
1
1
1
1
1
4
4.2. membuat ringkasan dari teks narasi tentang peristiwa dalam kehidupan.
o   Menggunakan tanda baca seru
o   Menggunakan kalimat ajakan
o   Menggunakan kata ajakan yang sesuai
o   Menggunakan kata Tanya yang sesuai
o   Menggunakan istilah waktu dalam bahasa sunda
o   Mengidentifikasi kegunaan benda
o   Membuat kalimat ajakan
9
10
20
21
22
24
29
1
1
1
1
1
1
4
















KISI-KISI
PENILAIAN TENGAH SEMESTER ( PTS ) SEMESTER GANJIL KELAS VI
SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Nomor Soal
Bobot
1
3.1. memahami teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk.
o   Menyebutkan wilayah-wilayah yang masih mempertahankan adat
o   Menyebutkan sinonim kata
o   Menyebutkan jenis hewan yang dilindungi di suatu suaka marga satwa
o   Menyebutkan hewan yang dilindungi di suatu suaka marga satwa
o   Menyebutkan akibat dari penyelamatan makhluk
o   Melengkapi  kalimat dengan kata yang sesuai
o   Melengkapi  kalimat dengan kata yang sesuai
o   Menyebutkan akibat-akibat yang akan dialami apabila tidak memelihara alam
o   Menyebutkan manfaat –manfaat dari adanya pepohonan di hutan
o   Menyebutkan jenis-jenis pupuh
2
5
11
13
16
17
18
26
28
29

1
1
1
1
1
1
1
3
3
5
2
4.1. menceritakan isi teks carpon tentang penyelamatan makhluk.
o   Mengidentifikasi akibat dari kerusakan alam
o   Mengidentifikasi tempat-tempat untuk melindungi makhluk hidup
o   Mengidentifikasi jenis-jenis hutan
o   Mengidentifikasi suku bangsa
o   Mengidentifikasi jumlah pupuh
o   Mengidentifikasi guru lagu dan guru wilangan pada pupuh
o   Mengidentifikasi cara penyelamatan makhluk hidup
o   Mengidentifikasi jenis-jenis pupuh
o   Mengidentifikasi tempat-tempat untuk melindungi makhluk hidup
o   Mengidentifikasi jenis-jenis hewan yang dilindungi di suatu suaka marga satwa
o   Mengidentifikasi guru lagu dan guru wilangan pada pupuh
o   Mengidentifikasi watak dari pupuh dandanggula
o   Membuat kalimat Tanya yang sesuai dengan jawaban
1
3
4
6
7
8
12
14
19
20

21
23
27
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1

1
1
2
3
3.2. memahami teks argumentasi tentang persatuan dalam perbedaan ( melalui kegiatan mengamati ggambar dan tayangan video ).
o   Menyebutkan perumpamaan tentang persatuan
o   Menyebutkan arti istilah tentang persatuan
o   Menyebutkan sikap yang harus dilakukan pada orang yang beda suku bangsa
o   Menyebutkan budaya dari slah satu suku bangsa
o   Merubah kalimat aktif jadi kalimah pasif
15
22
24
25
30
1
1
1
1
2
4
4.2. menyajikan isi teks argumentasi tentang persatuan dalam perbedaan.
o   Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai
o   Mengidentifikasi kalimat pasif
9
10
1
1