KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI
PEKERTI ALOKASI
WAKTU : 90 MENIT
KELAS SEMESTER : VI/I JUMLAH
SOAL :
30
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BOBOT
|
3.1 memahami makna
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan
benar
|
Q.S. AL KAFIRUN
|
Disajikan tabel ayat dan arti Q. S. Al kafirun,
siswa mampu memasangkan ayat dan arti dengan tepat
|
PG
|
1
|
1
|
3.1 memahami makna
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan
benar
|
Q.S. AL KAFIRUN
|
Disajikan salah satu ayat yang terdapat pada QS. Al
kafirun, siswa mampu menerjemahkan dengan benar!
|
PG
|
2
|
1
|
3.1 memahami makna
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan
benar
|
Q.S. AL KAFIRUN
|
Disajikan wacana , siswa mampu mengartikan Al
Kafirun dengan tepat
|
PG
|
3
|
1
|
3.1 memahami makna
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan
benar
|
Q.S. AL KAFIRUN
|
Disajikan ayat, siswa dapat menentukan ayat dengan
tepat
|
PG
|
4
|
1
|
3.1 memahami makna
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan
benar
|
Q.S. AL KAFIRUN
|
Disajikan ayat, siswa dapat melengkapi dengan tepat
|
PG
|
5
|
1
|
3.1 memahami makna
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan
benar
|
Q.S. AL KAFIRUN
|
Disajikan wacana, siswa mampu menyebutkan ayat yang lafalnya
sama
|
PG
|
6
|
1
|
3.1 memahami makna
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan
benar
|
Q.S. AL KAFIRUN
|
Disajikan terjemah, siswa mampu menentukan ayat
dengan tepat
|
PG
|
7
|
1
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Disajikan wacana, siswa mampu mengartikan salah satu
nam lain hari ahir
|
PG
|
8
|
1
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Diasajikan wacana, siswa mampu menyebutkan salah
satu nama lain hari ahir dengan tepat
|
PG
|
9
|
1
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Disajikan wacana, siswa mampu menyebutkan Surat yang
menjelaskan hari kiamat
|
PG
|
10
|
1
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Disajikan wacana, siswa mampu menentukan tanda-tanda
sugro hari ahir
|
PG
|
11
|
1
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Disajikan wacana, siswa mampu menyebutkan nama lain
hari ahir dengan tepat
|
PG
|
12
|
1
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Disajikan wacana, siswa mampu menentukan penyebab
hilangnya ilmu agama dengan tepat
|
PG
|
13
|
1
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Disajikan wacana, siswa mampu menjelaskan tentang
tibanya hari kiamat
|
PG
|
14
|
1
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Siswa mampu menyebutkan nama lain hari ahir yang
terdapat pada surat Al fatihah
|
PG
|
15
|
1
|
3.1 memahami makna
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan
benar
|
Q.S. AL KAFIRUN
|
Siswa mampu mennentukan urutan surat Al kafirun
dalam al quran
|
ISIAN
|
16
|
2
|
3.1 memahami makna
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan
benar
|
Q.S. AL KAFIRUN
|
Disajikan ayat siswa, siswa mampu menyebutkan ayat
dengan benar
|
ISIAN
|
17
|
2
|
3.1 memahami makna
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan
benar
|
Q.S. AL KAFIRUN
|
Siswa mampu menjelaskan isi surat Al Kafirun dengan tepat
|
ISIAN
|
18
|
2
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Disajikan wacana, siswa mampu menyebutkan nama lain
hari ahir dengan tepat
|
ISIAN
|
19
|
2
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Siswa mampu menyebutkan urutan rukun iman kepada
hari ahir
|
ISIAN
|
20
|
2
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Siswa mampu menjelaskan salah satu tanda hari ahir
|
ISIAN
|
21
|
2
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Siswa mampu menyebutkan istilah ketika hancurnya
alam semesta dengan tepat
|
ISIAN
|
22
|
2
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Disajikan wacana, siswa mampu menyebutkan kategori
tanda hari ahir dengan benar
|
ISIAN
|
23
|
2
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Disajikan wacana, siswa mampu menentukan istilah
dengan tepat
|
ISIAN
|
24
|
2
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Disajikan salah satu nama lain hari ahir, siswa
mampu mengartikan dengan tepat
|
ISIAN
|
25
|
2
|
3.1 memahami makna
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan
benar
|
Q.S. AL KAFIRUN
|
Siswa mampu menjelaskan isi pokok surat Al Kafirun
|
URAIAN
|
26
|
3
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Siswa mampu menjelaskan tiga tanda kubro ahri kiamat
|
URAIAN
|
27
|
3
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Siswa mampu menjelaskan nama-nama lain hari ahir
dengan tepat
|
URAIAN
|
28
|
3
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Siswa mampu menjelaskan hikmah iman kepada hari ahir
|
URAIAN
|
29
|
3
|
3.3 memahami
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
IMAN KEPADA HARI AKHIR
|
Siswa mampu memberikan contoh kiamat sugro dengan
tepat
|
URAIAN
|
30
|
3
|
KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI
PEKERTI ALOKASI
WAKTU : 90 MENIT
KELAS SEMESTER : V/I JUMLAH
SOAL :
30
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BOBOT
|
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan
baik dan tartīl
|
Q. S. At Tiin
|
Disajikan salah satu ayat, siswa mampu
menerjemahkannya dengan tepat
|
PG
|
1
|
1
|
3.1 memahami makna
Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
|
Q. S. At Tiin
|
Disajikan wacana tentang kandungan surat At Tiin,
siswa mampu menyebutkan ayat yang tepat
|
PG
|
2
|
1
|
3.1 memahami makna
Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
|
Q. S. At Tiin
|
Siswa mampu menyebutkan urutan surat At Tiin dalam
Al Quran
|
PG
|
3
|
1
|
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan
baik dan tartīl
|
Q. S. At Tiin
|
Disajikan terjemah, siswa mampu menentukan ayat
dengan tepat
|
PG
|
4
|
1
|
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan
baik dan tartīl
|
Q. S. At Tiin
|
Disajikan wacana tentang ayat tiga surat At tiin, siswa mampu menjelaskan
negri yang aman dengan tepat
|
PG
|
5
|
1
|
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan
baik dan tartīl
|
Q. S. At Tiin
|
Disajikan ayat dan terjemah, siswa mampu
memasangkannya dengan tepat
|
PG
|
6
|
1
|
3.2 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Mumit,
Al-Hayy, Al-Qayyum, dan Al-Ahad
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Disajikan wacana tentang Allah Maha hidup, siswa
mampu menyebutkan Asmaul Husna yang tepat
|
PG
|
7
|
1
|
3.2 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Mumit,
Al-Hayy, Al-Qayyum, dan Al-Ahad
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Disajikan wacana tentang Allah itu Tunggal, siswa
mampu menyebutkan Asmaul Husna yang tepat
|
PG
|
8
|
1
|
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Disajikan wacana tentang perilaku terpuji, siswa
mampu menyebutkan perilaku terpuji dengan tepat
|
PG
|
9
|
1
|
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Disajikan wacana tentang kitab suci, siswa mampu
menentukan Nabi yang menerima kitab Zabur dengan tepat
|
PG
|
10
|
1
|
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Disajikan beberapa pernyataan, siswa mampu
menunjukkan perilaku terpuji terhadap diri sendiri
|
PG
|
11
|
1
|
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Siswa mampu menentukan kitab yang diturunkan kepada
Nabi Musa
|
PG
|
12
|
1
|
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Siswa mampu menyebutkan peristiwa diturunkannya Al
Quran dengan tepat
|
PG
|
13
|
1
|
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Disajikan wacana perilaku terpuji, siswa mampu
menyebutkan perilaku terpuji dengan tepat
|
PG
|
14
|
1
|
3.2 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Mumit,
Al-Hayy, Al-Qayyum, dan Al-Ahad
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Siswa mampu menyebutkan Asmaul Husna dengan tepat
|
PG
|
15
|
1
|
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Siwa mampu menyebutkan kitab suci yang diturunkan
kepada Nabi Isa dengan tepat
|
ISIAN
|
16
|
2
|
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Siswa dapat meyebutkan perilaku terpuji dengan tepat
|
ISIAN
|
17
|
2
|
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Siswa mampu menyebutkan jumlah surat yang terdapat
pada Al Quran
|
ISIAN
|
18
|
2
|
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Siswa mampu menyebutkan jumlah ayat yang terdapat
pada Al Quran
|
ISIAN
|
19
|
2
|
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Siswa mampu menyebutkan waktu diturunkannya Al Quran
|
ISIAN
|
20
|
2
|
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Siswa mampu menentukan istilah Islam sebagai rahmat
bagi semesta alam
|
ISIAN
|
21
|
2
|
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan
baik dan tartīl
|
Q. S. At Tiin
|
Siswa mampu menjelaskan keistimewaan buah zaitun
|
ISIAN
|
22
|
2
|
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan
baik dan tartīl
|
Q. S. At Tiin
|
Siswa mampu menjelaskan letak Gunung Sinai
|
ISIAN
|
23
|
2
|
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan
baik dan tartīl
|
Q. S. At Tiin
|
Siswa mampu menjelaskan hal yang dilakukan Nabi
Muhammad saw di Gunung Sinai
|
ISIAN
|
24
|
2
|
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan
baik dan tartīl
|
Q. S. At Tiin
|
Siswa mampu menjelaskan perilaku orang yang tidak
akan pernah hina
|
ISIAN
|
25
|
2
|
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan
baik dan tartīl
|
Q. S. At Tiin
|
Siswa mampu menjelaskan manfaat buah tiin
|
URAIAN
|
26
|
3
|
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan
baik dan tartīl
|
Q. S. At Tiin
|
Disajikan ayat siswa mampu menuliskan terjemahnya
dengan tepat
|
URAIAN
|
27
|
3
|
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan
baik dan tartīl
|
Q. S. At Tiin
|
Siswa mampu menjelaskan tata cara berpakaian dengan
baik
|
URAIAN
|
28
|
3
|
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan
baik dan tartīl
|
Q. S. At Tiin
|
Siswa mampu menjelaskan penyebab Gunung Sunai
disebut dengan Jabal Musa
|
URAIAN
|
29
|
3
|
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
|
Siswa mampu menjelaskan dua contoh ajaran terpuji
terhadap lingkungan sekitar
|
URAIAN
|
30
|
3
|
KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI
PEKERTI ALOKASI
WAKTU : 90 MENIT
KELAS SEMESTER : IV/I JUMLAH
SOAL :
30
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BOBOT
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Disajikan ayat, siswa dapat menyebutkan urutan ayat
dengan tepat
|
PG
|
1
|
1
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Disajikan terjemah ayat, siswa dapat menentukan ayat
yang tepat
|
PG
|
2
|
1
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Siswa dapat menentukan golongan surat Al Falaq
|
PG
|
3
|
1
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Disajikan tabel,
siswa dapat menentukan pasangan nama surat dan artinya dengan tepat
|
PG
|
4
|
1
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Disajikan beberapa ayat, siswa dapat
mengidentifikasi ayat yang termasuk surat Al falaq
|
PG
|
5
|
1
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Siswa dapat menentukan tempat memohon perlindungan
dengan tepat
|
PG
|
6
|
1
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Siswa dapat menentukan urutan surat Al Falaq dalam
al Quran
|
PG
|
7
|
1
|
3.3
memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
|
Asmaul Husna
|
Disajikan wacana, siswa dapat menentukan salah satu
asmaul Husna dengan tepat
|
PG
|
8
|
1
|
3.3
memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
|
Asmaul Husna
|
Disajikan wacana, siswa dapat menentukan salah satu
asmaul Husna dengan tepat
|
PG
|
9
|
1
|
3.3
memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
|
Asmaul Husna
|
Siswa dapat menentukan orang yang paling bertaqwa
disisi Allah
|
PG
|
10
|
1
|
3.3
memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
|
Asmaul Husna
|
Disajikan wacana, siswa dapat menentukan salah satu
asmaul Husna dengan tepat
|
PG
|
11
|
1
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Disajikan ayat, siswa dapat menentukan terjemah
dengan tepat
|
PG
|
12
|
1
|
3.2
memahami Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di
sekitar rumah dan sekolah
|
Iman Kepada Allah
|
Disajikan wacana, siswa dapat menyebutkan pengertian
iman
|
PG
|
13
|
1
|
3.2
memahami Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di
sekitar rumah dan sekolah
|
Iman Kepada Allah
|
Siswa dapat menentukan pencipta alam semesta
|
PG
|
14
|
1
|
3.5
memahami makna iman kepada Rasul Allah
|
Iman kepada rasul
|
Dasajikan wacana, siswa dapat mengartikan gelar Al
Amin dengan tepat
|
PG
|
15
|
1
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Disajikan ayat, siswa dapat menentukan urutan ayat
dalam surat Al Falaq
|
ISIAN
|
16
|
2
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Disajikan ayat, siswa dapat melengkapi terjemah
dengan tepat
|
ISIAN
|
17
|
2
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Siswa dapat menentukan tempat diturunkannya Surat Al
falaq
|
ISIAN
|
18
|
2
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Siswa dapat menjelaskan keuntungan membaca Surat Al
Falaq
|
ISIAN
|
19
|
2
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Disajikan terjemah surat Al Falaq, siswa dapat
menentukan urutan ayat yang tepat
|
ISIAN
|
20
|
2
|
3.3
memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
|
Asmaul Husna
|
Disajikan wacana, siswa dapat menyebutkan istilah
nama-nama Allah yang baik
|
ISIAN
|
21
|
2
|
3.3
memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
|
Asmaul Husna
|
Disajikan wacana, siswa dapat menyebutkan jumlah
nama-nama Allah yang baik
|
ISIAN
|
22
|
2
|
3.5
memahami makna iman kepada Rasul Allah
|
Iman kepada rasul
|
Disajikan definisi, siswa dapat menyebutkan istilah
dengan tepat
|
ISIAN
|
23
|
2
|
3.3
memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
|
Asmaul Husna
|
Disajikan definisi, siswa dapat menyebutkan istilah
dengan tepat
|
ISIAN
|
24
|
2
|
3.3
memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
|
Asmaul Husna
|
Disajikan wacana, siswa dapat melengkapi perilaku
yang tepat sebagai pengamalan Asmaul Husna Al Bashir
|
ISIAN
|
25
|
2
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Disajikan wacana, siswa dapat menuliskan 4 kejahatan
yang dijelaskan dalam Q. S. Al Falaq
|
URAIAN
|
26
|
3
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Siswa dapat menjelaskan manfaat membaca Q. S. Al
Falaq dalam perjalanan
|
URAIAN
|
27
|
3
|
3.3
memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
|
Asmaul Husna
|
Disajikan wacana, siswa dapat menjelaskan 3 Asmaul
Husna berikut artinya
|
URAIAN
|
28
|
3
|
3.5
memahami makna iman kepada Rasul Allah
|
Iman kepada rasul
|
Disajikan wacana, siswa dapat menuliskan 5 nama
rasul
|
URAIAN
|
29
|
3
|
3.1
memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan
benar
|
Q. S. Al Falaq
|
Disajikan ayat surah Al Falaq secara acak, siswa
dapat menyusunnya sesuia urutan ayat yang tepat
|
URAIAN
|
30
|
3
|
KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI
PEKERTI ALOKASI
WAKTU : 90 MENIT
KELAS SEMESTER : III/I JUMLAH
SOAL :
30
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BOBOT
|
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan
al-Kausar dengan benar
|
Q. S. An Nasr
|
Disajikan ayat secara acak, siswa mampu
mengurutkannya dengan tepat
|
PG
|
1
|
1
|
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan
al-Kausar dengan benar
|
Q. S. An Nasr
|
Disajikan terjemah ayat, siswa mampu menentukan ayat
yang tepat dengan terjemah tersebut
|
PG
|
2
|
1
|
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan
al-Kausar dengan benar
|
Q. S. An Nasr
|
Disajikan salah satu ayat, siswa mampu
menerjemahkannya dengan tepat
|
PG
|
3
|
1
|
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan
al-Kausar dengan benar
|
Q. S. An Nasr
|
Disajikan wacana tentang Al Quran, siswa mampu menyebutkan
urutan surat An Nasr dengan tepat
|
PG
|
4
|
1
|
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan
al-Kausar dengan benar
|
Q. S. An Nasr
|
Siswa mampu menyebutkan golongan surat An Nasr
|
PG
|
5
|
1
|
3.2 memahami Hadis yang terkait dengan
perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab
|
PERILAKU MANDIRI DAN PERCAYA DIRI
|
Disajikan ilustrasi perilaku, siswa mampu
menyebutkan perilaku yang tepat.
|
PG
|
6
|
1
|
3.2 memahami Hadis yang terkait dengan
perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab
|
PERILAKU MANDIRI DAN PERCAYA DIRI
|
Disajikan definisi salah satu perilaku terpuji,
siswa dapat mnyebutkan perilaku terpuji dengan benar
|
PG
|
7
|
1
|
3.2 memahami Hadis yang terkait dengan
perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab
|
PERILAKU MANDIRI DAN PERCAYA DIRI
|
Disajikan beberapa pernyataan, siswa mampu
menunjukkan contoh perilaku percaya diri
|
PG
|
8
|
1
|
3.4 memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Wahhab,
al-‘Alim, dan as-Sami‘
|
Asmaul Husna Al Wahhab
|
Disajikan wacana tentang Alloh Maha pemberi, siswa
mampu menyebutkan Asmaul Husna yang tepat
|
PG
|
9
|
1
|
3.4 memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Wahhab,
al-‘Alim, dan as-Sami‘
|
Asmaul Husna Al Wahhab
|
Siswa mampu menunjukkan cara meneladani Asmaul Husna
Al Wahhab dengan tepat
|
PG
|
10
|
1
|
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan
al-Kausar dengan benar
|
Q. S. An Nasr
|
Siswa mampu menjelaskan arti An Nasr
|
ISIAN
|
11
|
2
|
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan
al-Kausar dengan benar
|
Q. S. An Nasr
|
Disajikan penggalan ayat, siswa mampu melengkapi
terjemah dengan tepat
|
ISIAN
|
12
|
2
|
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan
al-Kausar dengan benar
|
Q. S. An Nasr
|
Siswa mampu menyebutkan tempat diturunkannya surat
An Nasr
|
ISIAN
|
13
|
2
|
3.3 memahami keesaan Allah Yang Maha
Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang
dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
|
Allah Maha Esa
|
Siswa mampu menjelaskan arti Asmaul Husna Al Ahad
|
ISIAN
|
14
|
2
|
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan
al-Kausar dengan benar
|
Q. S. An Nasr
|
Disajikan penggalan ayat, siswa mampu melengkapi
terjemah dengan tepat
|
ISIAN
|
15
|
2
|
3.3 memahami keesaan Allah Yang Maha
Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang
dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
|
Allah Maha Esa
|
Siswa mampu menjelaskan pengertian Allah Maha Esa
|
ISIAN
|
16
|
2
|
3.3 memahami keesaan Allah Yang Maha
Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang
dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
|
Allah Maha Esa
|
Siswa mampu menjelaskan bahwa hanya Allah yang wajib
kita sembah
|
ISIAN
|
17
|
2
|
3.3 memahami keesaan Allah Yang Maha
Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang
dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
|
Allah Maha Esa
|
Siswa mampu melengkapi wacana tentang larangan
menyekutukan Allah dengan kata yang tepat
|
ISIAN
|
18
|
2
|
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan
al-Kausar dengan benar
|
Q. S. An Nasr
|
Disajikan wacana tentang melakukan kesalahan, siswa
mampu menyebutkan perilaku yang tepat
|
ISIAN
|
19
|
2
|
3.4 memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Wahhab,
al-‘Alim, dan as-Sami‘
|
Asmaul Husna Al Wahhab
|
Disajikan salah satu contoh perilaku pengamalan
Asmaul Husna, siswa mampu menyebutkan Asmaul husna dengan tepat
|
ISIAN
|
20
|
2
|
3.2 memahami Hadis yang terkait dengan
perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab
|
PERILAKU MANDIRI DAN PERCAYA DIRI
|
Siswa mampu menjelaskan contoh perilaku mandiri
|
URAIAN
|
21
|
2
|
3.2 memahami Hadis yang terkait dengan
perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab
|
PERILAKU MANDIRI DAN PERCAYA DIRI
|
Siswa mampu menjelaskan contoh perilaku percaya diri
|
URAIAN
|
22
|
2
|
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan
al-Kausar dengan benar
|
Q. S. An Nasr
|
Siswa mampu menyebutkan jumlah ayat yang terdapat
pada surat An Nasr
|
URAIAN
|
23
|
2
|
3.4 memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Wahhab,
al-‘Alim, dan as-Sami‘
|
Asmaul Husna Al Wahhab
|
Disajikan wacana tentang musibah banjir, siswa mampu
menyebutka perilaku yang tepat
|
URAIAN
|
24
|
2
|
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan
al-Kausar dengan benar
|
Q. S. An Nasr
|
Siswa mampu menjelaskan perintah yang terdapat pada
Surat An Nasr
|
URAIAN
|
25
|
2
|
KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI
PEKERTI ALOKASI
WAKTU : 90 MENIT
KELAS SEMESTER : II/I JUMLAH
SOAL :
30
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BOBOT
|
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S.
al-‘Asr
|
Q. S. An Naas
|
Disajikan wacana tentang perintah dalam surat An
naas, siswa mampu menyebutkan tempat memohon perlindungan dengan benar
|
PG
|
1
|
1
|
3.15 memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
Nabi Muhammad Teladanku
|
Disajikan wacana tentang sikap Nabi Muhammad saw.
Siswa dapat melengkapi dengan benar
|
PG
|
2
|
1
|
3.15 memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
Nabi Muhammad Teladanku
|
Siswa dapat menyebutkan gelar yang diberikan kepada
Nabi Muhammad karena kejujurannya dengan benar
|
PG
|
3
|
1
|
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S.
al-‘Asr
|
Q. S. An Naas
|
Siswa dapat menyebutkan kota tempat diturunkannya
surat An Naas
|
PG
|
4
|
1
|
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S.
al-‘Asr
|
Q. S. An Naas
|
Disajikan salah satu ayat, siswa dapat menyebutkan
urutan ayat dengan benar
|
PG
|
5
|
1
|
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S.
al-‘Asr
|
Q. S. An Naas
|
Disajikan salah satu ayat, siswa dapat menentukan
cara melafalkannya dengan tepat
|
PG
|
6
|
1
|
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S.
al-‘Asr
|
Q. S. An Naas
|
Disajikan wacana tentang surat An Naas, siswa dapat
melengkapi dua golongan yang dapat mendatangkan kejahatan dengan tepat
|
PG
|
7
|
1
|
3.5
memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
|
Asmaul Husna Al Khaliq
|
Siswa dapat menentukan salah satu contoh ciptaan
Alloh yang ada dilangit dengan tepat
|
PG
|
8
|
1
|
3.5
memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
|
Asmaul Husna Al Khaliq
|
Siswa dapat menentukan istilah ciptaan Alloh dengan
benar
|
PG
|
9
|
1
|
3.1 mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan
makharijul huruf
|
Huruf hijaiyah sambung
|
Disajikan huruf hijaiyah bersambung, siswa dapat
menentukan cara menulis dalam huruf latin dengan benar
|
PG
|
10
|
1
|
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S.
al-‘Asr
|
Q. S. An Naas
|
Siswa dapat menentukan jumlah ayat yang terdapat
pada surat An Naas
|
ISIAN
|
11
|
1
|
3.5
memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
|
Asmaul Husna Al Khaliq
|
Disajikan salah satu Asmaul Husna, siswa dapat
mengartikannya dengan benar
|
ISIAN
|
12
|
1
|
3.1 mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan
makharijul huruf
|
Huruf hijaiyah sambung
|
Disajikan nama-nama harakat, siswa dapat menjelaskan
harakat yang terdapat pada Al Quran dengan benar
|
ISIAN
|
13
|
1
|
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S.
al-‘Asr
|
Q. S. An Naas
|
Siswa dapat menjelaskan keuntungan membaca Al Quran
|
ISIAN
|
14
|
1
|
3.15
memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
Nabi Muhammad Teladanku
|
Siswa dapat menjelaskan arti al amiin dengan benar
|
ISIAN
|
15
|
1
|
3.1 mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan
makharijul huruf
|
Huruf hijaiyah sambung
|
Disajikan huruf hijaiyah tunggal, siswa dapat
menuliskan dalam huruf hijaiyah sambung dengan benar
|
URAIAN
|
16
|
2
|
3.15 memahami
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
Nabi Muhammad Teladanku
|
Siswa dapat menjelaskan keuntungan bersikap jujur
dengan benar
|
URAIAN
|
17
|
2
|
3.15
memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
Nabi Muhammad Teladanku
|
Disajikan wacana, siswa dapat menentukan sikap yang
tepat ketika menemukan uang di lapang sekolah .
|
URAIAN
|
18
|
2
|
3.5
memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
|
Asmaul Husna Al Khaliq
|
Siswa dapat menyebutkan tiga contoh ciptaan alloh
yang ada di laut
|
URAIAN
|
19
|
2
|
3.1 mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan
makharijul huruf
|
Huruf hijaiyah sambung
|
Disajikan huruf hijaiyah sambung, siswa dapat
menulisnya ke dalam huruf latin
|
URAIAN
|
20
|
2
|
KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI
PEKERTI ALOKASI
WAKTU : 90 MENIT
KELAS SEMESTER : I/I JUMLAH
SOAL :
30
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BOBOT
|
3.5 memahami makna
al-Asmau al- Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik
|
Kasih sayang
|
Disajikan salah satu Asmaul Husna. Siswa mampu
mengartikannya dengan benar
|
PG
|
1
|
1
|
3.5 memahami makna
al-Asmau al- Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik
|
Kasih sayang
|
Disajikan wacana tentang menyayangi tanaman, siswa
mampu menyebutkan cara menyayangi tanaman
|
PG
|
2
|
1
|
3.5 memahami makna
al-Asmau al- Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik
|
Kasih sayang
|
Disajikan salah satu arti Asmaul Husna, siswa dapat menentukan
Asmaul Husna dengan tepat
|
PG
|
3
|
1
|
3.2 memahami
pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas
|
Q. S. al fatihah
|
Disajikan wacana tentang memulai pekerjaan, siswa
mampu menyebutkan bacaan ketiaka memulai pekerjaan dengan tepat
|
PG
|
4
|
1
|
3.2 memahami
pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas
|
Q. S. al fatihah
|
Disajikan wacana tentang jumlah ayat pada Surat Al
fatihah, siswa mampu menjelaskan arti Al fatihah dengan benar
|
PG
|
5
|
1
|
3.2 memahami
pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas
|
Q. S. al fatihah
|
Disajikan wacana tentang Al Fatihah, siswa mampu
nenyebutkan urutan surat Al Fatihah dengan benar
|
PG
|
6
|
1
|
3.2 memahami
pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas
|
Q. S. al fatihah
|
Disajikan salah satu ayat yang terdapat pada Surat
Al fatihah, siswa mampu menyebutkan urutan ayat dengan benar
|
PG
|
7
|
1
|
3.2 memahami
pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas
|
Q. S. al fatihah
|
Siswa mampu menjelaskan salah satu isi pokok surat
Al fatihah tentang beribadah dan berdoa dengan benar
|
PG
|
8
|
1
|
3.2 memahami
pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas
|
Q. S. al fatihah
|
Disajikan salah satu ayat yang terdapat pada Surat
Al fatihah, siswa mampu menyebutkan urutan ayat dengan benar
|
PG
|
9
|
1
|
3.1 mengetahui
huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
|
Huruf hijaiyah
|
Siswa mampu menyebutkan jumlah huruf hijaiyah dengan
tepat
|
PG
|
10
|
1
|
3.5 memahami makna
al-Asmau al- Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik
|
Asmaul husna Ar Rahman Ar Rahiim
|
Disajikan wacana tentang teman yang terjatuh, siswa
mampu menjelaskan perilaku yang harus dilakukan dengan tepat
|
ISIAN
|
11
|
1
|
3.2 memahami
pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas
|
Asmaul husna Ar Rahman Ar Rahiim
|
Siswa mampu menjelaskan tempat diturunkannya Surat
Al fatihah dengan benar
|
ISIAN
|
12
|
1
|
3.3 memahami
adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
|
Iman Kepada Alloh SWT.
|
Siswa mampu menyebutkan pencipta alam semesta
beserta seluruh isinya
|
ISIAN
|
13
|
1
|
3.1 mengetahui
huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
|
Huruf hijaiyah
|
Disajikan salah satu pelafalan huruf, siswa dapat
menuliskan huruf hijaiyah dengan tepat
|
ISIAN
|
14
|
1
|
3.1 mengetahui
huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
|
Huruf hijaiyah
|
Disajikan salah satu pelafalan huruf, siswa dapat
menuliskan huruf hijaiyah dengan tepat
|
ISIAN
|
15
|
1
|