Monday, October 7, 2019

KISI KISI SOAL PTS PABP KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 SEMESTER 1 TAHUN 2019 KURIKULUM 2013


KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
MATA PELAJARAN           : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI                                               ALOKASI WAKTU                : 90 MENIT
KELAS SEMESTER              : VI/I                                                                                                                                      JUMLAH SOAL                   : 30
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT
3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar

Q.S. AL KAFIRUN
Disajikan tabel ayat dan arti Q. S. Al kafirun, siswa mampu memasangkan ayat dan arti dengan tepat

PG
1
1
3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar

Q.S. AL KAFIRUN
Disajikan salah satu ayat yang terdapat pada QS. Al kafirun, siswa mampu menerjemahkan dengan benar!
PG
2
1
3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar

Q.S. AL KAFIRUN
Disajikan wacana , siswa mampu mengartikan Al Kafirun dengan tepat
PG
3
1
3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar

Q.S. AL KAFIRUN
Disajikan ayat, siswa dapat menentukan ayat dengan tepat
PG
4
1
3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar

Q.S. AL KAFIRUN
Disajikan ayat, siswa dapat melengkapi dengan tepat
PG
5
1
3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar

Q.S. AL KAFIRUN
Disajikan wacana, siswa mampu menyebutkan ayat yang lafalnya sama
PG
6
1
3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar

Q.S. AL KAFIRUN
Disajikan terjemah, siswa mampu menentukan ayat dengan tepat
PG
7
1
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Disajikan wacana, siswa mampu mengartikan salah satu nam lain hari ahir
PG
8
1
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Diasajikan wacana, siswa mampu menyebutkan salah satu nama lain hari ahir dengan tepat
PG
9
1
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Disajikan wacana, siswa mampu menyebutkan Surat yang menjelaskan hari kiamat
PG
10
1
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Disajikan wacana, siswa mampu menentukan tanda-tanda sugro hari ahir
PG
11
1
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Disajikan wacana, siswa mampu menyebutkan nama lain hari ahir dengan tepat
PG
12
1
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Disajikan wacana, siswa mampu menentukan penyebab hilangnya ilmu agama dengan tepat
PG
13
1
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Disajikan wacana, siswa mampu menjelaskan tentang tibanya hari kiamat
PG
14
1
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Siswa mampu menyebutkan nama lain hari ahir yang terdapat pada surat Al fatihah
PG
15
1
3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar

Q.S. AL KAFIRUN
Siswa mampu mennentukan urutan surat Al kafirun dalam al quran
ISIAN
16
2
3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar

Q.S. AL KAFIRUN
Disajikan ayat siswa, siswa mampu menyebutkan ayat dengan benar
ISIAN
17
2
3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar

Q.S. AL KAFIRUN
Siswa mampu menjelaskan isi surat Al Kafirun  dengan tepat
ISIAN
18
2
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Disajikan wacana, siswa mampu menyebutkan nama lain hari ahir dengan tepat
ISIAN
19
2
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Siswa mampu menyebutkan urutan rukun iman kepada hari ahir
ISIAN
20
2
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Siswa mampu menjelaskan salah satu tanda hari ahir
ISIAN
21
2
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Siswa mampu menyebutkan istilah ketika hancurnya alam semesta dengan tepat
ISIAN
22
2
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Disajikan wacana, siswa mampu menyebutkan kategori tanda hari ahir dengan benar
ISIAN
23
2
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Disajikan wacana, siswa mampu menentukan istilah dengan tepat
ISIAN
24
2
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Disajikan salah satu nama lain hari ahir, siswa mampu mengartikan dengan tepat
ISIAN
25
2
3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar

Q.S. AL KAFIRUN
Siswa mampu menjelaskan isi pokok surat Al Kafirun
URAIAN
26
3
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Siswa mampu menjelaskan tiga tanda kubro ahri kiamat
URAIAN
27
3
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Siswa mampu menjelaskan nama-nama lain hari ahir dengan tepat
URAIAN
28
3
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Siswa mampu menjelaskan hikmah iman kepada hari ahir
URAIAN
29
3
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

IMAN KEPADA HARI AKHIR
Siswa mampu memberikan contoh kiamat sugro dengan tepat
URAIAN
30
3



KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
MATA PELAJARAN           : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI                                               ALOKASI WAKTU                : 90 MENIT
KELAS SEMESTER              : V/I                                                                                                                                       JUMLAH SOAL                   : 30
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
Q. S. At Tiin
Disajikan salah satu ayat, siswa mampu menerjemahkannya dengan tepat
PG
1
1
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
Q. S. At Tiin
Disajikan wacana tentang kandungan surat At Tiin, siswa mampu menyebutkan ayat yang tepat
PG
2
1
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
Q. S. At Tiin
Siswa mampu menyebutkan urutan surat At Tiin dalam Al Quran
PG
3
1
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
Q. S. At Tiin
Disajikan terjemah, siswa mampu menentukan ayat dengan tepat
PG
4
1
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
Q. S. At Tiin
Disajikan wacana tentang ayat  tiga surat At tiin, siswa mampu menjelaskan negri yang aman dengan tepat
PG
5
1
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
Q. S. At Tiin
Disajikan ayat dan terjemah, siswa mampu memasangkannya dengan tepat
PG
6
1
3.2 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayyum, dan Al-Ahad
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Disajikan wacana tentang Allah Maha hidup, siswa mampu menyebutkan Asmaul Husna yang tepat
PG
7
1
3.2 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayyum, dan Al-Ahad
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Disajikan wacana tentang Allah itu Tunggal, siswa mampu menyebutkan Asmaul Husna yang tepat
PG
8
1
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Disajikan wacana tentang perilaku terpuji, siswa mampu menyebutkan perilaku terpuji dengan tepat
PG
9
1
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Disajikan wacana tentang kitab suci, siswa mampu menentukan Nabi yang menerima kitab Zabur dengan tepat
PG
10
1
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Disajikan beberapa pernyataan, siswa mampu menunjukkan perilaku terpuji terhadap diri sendiri
PG
11
1
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Siswa mampu menentukan kitab yang diturunkan kepada Nabi Musa
PG
12
1
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Siswa mampu menyebutkan peristiwa diturunkannya Al Quran dengan tepat
PG
13
1
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Disajikan wacana perilaku terpuji, siswa mampu menyebutkan perilaku terpuji dengan tepat
PG
14
1
3.2 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayyum, dan Al-Ahad
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Siswa mampu menyebutkan Asmaul Husna dengan tepat
PG
15
1
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Siwa mampu menyebutkan kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Isa dengan tepat
ISIAN
16
2
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Siswa dapat meyebutkan perilaku terpuji dengan tepat
ISIAN
17
2
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Siswa mampu menyebutkan jumlah surat yang terdapat pada Al Quran
ISIAN
18
2
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Siswa mampu menyebutkan jumlah ayat yang terdapat pada Al Quran
ISIAN
19
2
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Siswa mampu menyebutkan waktu diturunkannya Al Quran

ISIAN
20
2
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Siswa mampu menentukan istilah Islam sebagai rahmat bagi semesta alam
ISIAN
21
2
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
Q. S. At Tiin
Siswa mampu menjelaskan keistimewaan buah zaitun
ISIAN
22
2
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
Q. S. At Tiin
Siswa mampu menjelaskan letak Gunung Sinai
ISIAN
23
2
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
Q. S. At Tiin
Siswa mampu menjelaskan hal yang dilakukan Nabi Muhammad saw di Gunung Sinai
ISIAN
24
2
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
Q. S. At Tiin
Siswa mampu menjelaskan perilaku orang yang tidak akan pernah hina
ISIAN
25
2

3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
Q. S. At Tiin
Siswa mampu menjelaskan manfaat buah tiin
URAIAN
26
3
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl

Q. S. At Tiin
Disajikan ayat siswa mampu menuliskan terjemahnya dengan tepat
URAIAN
27
3
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
Q. S. At Tiin
Siswa mampu menjelaskan tata cara berpakaian dengan baik
URAIAN
28
3
3.1 memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl
Q. S. At Tiin
Siswa mampu menjelaskan penyebab Gunung Sunai disebut dengan Jabal Musa
URAIAN
29
3
3.4 memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
Mengenal Nama Allah dan Kitab Nya
Siswa mampu menjelaskan dua contoh ajaran terpuji terhadap lingkungan sekitar
URAIAN
30
3




KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
MATA PELAJARAN           : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI                                               ALOKASI WAKTU                : 90 MENIT
KELAS SEMESTER              : IV/I                                                                                                                                      JUMLAH SOAL                   : 30
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT
3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Disajikan ayat, siswa dapat menyebutkan urutan ayat dengan tepat
PG
1
1
3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Disajikan terjemah ayat, siswa dapat menentukan ayat yang tepat
PG
2
1
3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Siswa dapat menentukan golongan surat Al Falaq
PG
3
1
3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Disajikan tabel,  siswa dapat menentukan pasangan nama surat dan artinya dengan tepat
PG
4
1
3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Disajikan beberapa ayat, siswa dapat mengidentifikasi ayat yang termasuk surat Al falaq
PG
5
1
3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Siswa dapat menentukan tempat memohon perlindungan dengan tepat
PG
6
1
3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Siswa dapat menentukan urutan surat Al Falaq dalam al Quran
PG
7
1
3.3 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
Asmaul Husna
Disajikan wacana, siswa dapat menentukan salah satu asmaul Husna dengan tepat
PG
8
1
3.3 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
Asmaul Husna
Disajikan wacana, siswa dapat menentukan salah satu asmaul Husna dengan tepat
PG
9
1
3.3 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
Asmaul Husna
Siswa dapat menentukan orang yang paling bertaqwa disisi Allah
PG
10
1
3.3 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
Asmaul Husna
Disajikan wacana, siswa dapat menentukan salah satu asmaul Husna dengan tepat
PG
11
1
3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Disajikan ayat, siswa dapat menentukan terjemah dengan tepat
PG
12
1
3.2 memahami Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah

Iman Kepada Allah
Disajikan wacana, siswa dapat menyebutkan pengertian iman
PG
13
1
3.2 memahami Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah

Iman Kepada Allah
Siswa dapat menentukan pencipta alam semesta
PG
14
1
3.5 memahami makna iman kepada Rasul Allah
Iman kepada rasul
Dasajikan wacana, siswa dapat mengartikan gelar Al Amin dengan tepat
PG
15
1
3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Disajikan ayat, siswa dapat menentukan urutan ayat dalam surat Al Falaq
ISIAN
16
2
3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Disajikan ayat, siswa dapat melengkapi terjemah dengan tepat
ISIAN
17
2
3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Siswa dapat menentukan tempat diturunkannya Surat Al falaq
ISIAN
18
2
3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Siswa dapat menjelaskan keuntungan membaca Surat Al Falaq
ISIAN
19
2
3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Disajikan terjemah surat Al Falaq, siswa dapat menentukan urutan ayat yang tepat
ISIAN
20
2
3.3 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
Asmaul Husna
Disajikan wacana, siswa dapat menyebutkan istilah nama-nama Allah yang baik
ISIAN
21
2
3.3 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
Asmaul Husna
Disajikan wacana, siswa dapat menyebutkan jumlah nama-nama Allah yang baik
ISIAN
22
2
3.5 memahami makna iman kepada Rasul Allah
Iman kepada rasul
Disajikan definisi, siswa dapat menyebutkan istilah dengan tepat
ISIAN
23
2
3.3 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
Asmaul Husna
Disajikan definisi, siswa dapat menyebutkan istilah dengan tepat
ISIAN
24
2
3.3 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
Asmaul Husna
Disajikan wacana, siswa dapat melengkapi perilaku yang tepat sebagai pengamalan Asmaul Husna Al Bashir
ISIAN
25
2

3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Disajikan wacana, siswa dapat menuliskan 4 kejahatan yang dijelaskan dalam Q. S. Al Falaq
URAIAN
26
3

3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Siswa dapat menjelaskan manfaat membaca Q. S. Al Falaq dalam perjalanan
URAIAN
27
3
3.3 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
Asmaul Husna
Disajikan wacana, siswa dapat menjelaskan 3 Asmaul Husna berikut artinya
URAIAN
28
3
3.5 memahami makna iman kepada Rasul Allah
Iman kepada rasul
Disajikan wacana, siswa dapat menuliskan 5 nama rasul
URAIAN
29
3
3.1 memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
Q. S. Al Falaq
Disajikan ayat surah Al Falaq secara acak, siswa dapat menyusunnya sesuia urutan ayat yang tepat
URAIAN
30
3




KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
MATA PELAJARAN           : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI                                               ALOKASI WAKTU                : 90 MENIT
KELAS SEMESTER              : III/I                                                                                                                                      JUMLAH SOAL                   : 30
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar
Q. S. An Nasr
Disajikan ayat secara acak, siswa mampu mengurutkannya dengan tepat
PG
1
1
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar
Q. S. An Nasr
Disajikan terjemah ayat, siswa mampu menentukan ayat yang tepat dengan terjemah tersebut
PG
2
1
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar
Q. S. An Nasr
Disajikan salah satu ayat, siswa mampu menerjemahkannya dengan tepat
PG
3
1
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar
Q. S. An Nasr
Disajikan wacana tentang Al Quran, siswa mampu menyebutkan urutan surat An Nasr dengan tepat
PG
4
1
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar
Q. S. An Nasr
Siswa mampu menyebutkan golongan surat An Nasr
PG
5
1
3.2 memahami Hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab

PERILAKU MANDIRI DAN PERCAYA DIRI
Disajikan ilustrasi perilaku, siswa mampu menyebutkan perilaku yang tepat.
PG
6
1
3.2 memahami Hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab

PERILAKU MANDIRI DAN PERCAYA DIRI
Disajikan definisi salah satu perilaku terpuji, siswa dapat mnyebutkan perilaku terpuji dengan benar
PG
7
1
3.2 memahami Hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab

PERILAKU MANDIRI DAN PERCAYA DIRI
Disajikan beberapa pernyataan, siswa mampu menunjukkan contoh perilaku percaya diri
PG
8
1
3.4 memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, dan as-Sami‘
Asmaul Husna Al Wahhab
Disajikan wacana tentang Alloh Maha pemberi, siswa mampu menyebutkan Asmaul Husna yang tepat
PG
9
1
3.4 memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, dan as-Sami‘
Asmaul Husna Al Wahhab
Siswa mampu menunjukkan cara meneladani Asmaul Husna Al Wahhab dengan tepat
PG
10
1
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar
Q. S. An Nasr
Siswa mampu menjelaskan arti An Nasr
ISIAN
11
2
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar
Q. S. An Nasr
Disajikan penggalan ayat, siswa mampu melengkapi terjemah dengan tepat
ISIAN
12
2
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar
Q. S. An Nasr
Siswa mampu menyebutkan tempat diturunkannya surat An Nasr
ISIAN
13
2
3.3 memahami keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah

Allah Maha Esa
Siswa mampu menjelaskan arti Asmaul Husna Al Ahad
ISIAN
14
2
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar
Q. S. An Nasr
Disajikan penggalan ayat, siswa mampu melengkapi terjemah dengan tepat
ISIAN
15
2
3.3 memahami keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah

Allah Maha Esa
Siswa mampu menjelaskan pengertian Allah Maha Esa
ISIAN
16
2
3.3 memahami keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah

Allah Maha Esa
Siswa mampu menjelaskan bahwa hanya Allah yang wajib kita sembah
ISIAN
17
2
3.3 memahami keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah

Allah Maha Esa
Siswa mampu melengkapi wacana tentang larangan menyekutukan Allah dengan kata yang tepat

ISIAN
18
2
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar
Q. S. An Nasr
Disajikan wacana tentang melakukan kesalahan, siswa mampu menyebutkan perilaku yang tepat
ISIAN
19
2
3.4 memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, dan as-Sami‘
Asmaul Husna Al Wahhab
Disajikan salah satu contoh perilaku pengamalan Asmaul Husna, siswa mampu menyebutkan Asmaul husna dengan tepat
ISIAN
20
2
3.2 memahami Hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab

PERILAKU MANDIRI DAN PERCAYA DIRI
Siswa mampu menjelaskan contoh perilaku mandiri
URAIAN
21
2
3.2 memahami Hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab

PERILAKU MANDIRI DAN PERCAYA DIRI
Siswa mampu menjelaskan contoh perilaku percaya diri
URAIAN
22
2
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar
Q. S. An Nasr
Siswa mampu menyebutkan jumlah ayat yang terdapat pada surat An Nasr
URAIAN
23
2
3.4 memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, dan as-Sami‘
Asmaul Husna Al Wahhab
Disajikan wacana tentang musibah banjir, siswa mampu menyebutka perilaku yang tepat
URAIAN
24
2
4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar
Q. S. An Nasr
Siswa mampu menjelaskan perintah yang terdapat pada Surat An Nasr
URAIAN
25
2



KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
MATA PELAJARAN           : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI                                               ALOKASI WAKTU                : 90 MENIT
KELAS SEMESTER              : II/I                                                                                                                                        JUMLAH SOAL                   : 30
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr

Q. S. An Naas
Disajikan wacana tentang perintah dalam surat An naas, siswa mampu menyebutkan tempat memohon perlindungan dengan benar
PG
1
1
3.15 memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Nabi Muhammad Teladanku
Disajikan wacana tentang sikap Nabi Muhammad saw. Siswa dapat melengkapi dengan benar
PG
2
1
3.15 memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Nabi Muhammad Teladanku
Siswa dapat menyebutkan gelar yang diberikan kepada Nabi Muhammad karena kejujurannya dengan benar
PG
3
1
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr

Q. S. An Naas
Siswa dapat menyebutkan kota tempat diturunkannya surat An Naas
PG
4
1
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr

Q. S. An Naas
Disajikan salah satu ayat, siswa dapat menyebutkan urutan ayat dengan benar
PG
5
1
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr

Q. S. An Naas
Disajikan salah satu ayat, siswa dapat menentukan cara melafalkannya dengan tepat
PG
6
1
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr

Q. S. An Naas
Disajikan wacana tentang surat An Naas, siswa dapat melengkapi dua golongan yang dapat mendatangkan kejahatan dengan tepat
PG
7
1
3.5 memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
Asmaul Husna Al Khaliq
Siswa dapat menentukan salah satu contoh ciptaan Alloh yang ada dilangit dengan tepat
PG
8
1
3.5 memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
Asmaul Husna Al Khaliq
Siswa dapat menentukan istilah ciptaan Alloh dengan benar
PG
9
1
3.1 mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf

Huruf hijaiyah sambung
Disajikan huruf hijaiyah bersambung, siswa dapat menentukan cara menulis dalam huruf latin dengan benar
PG
10
1
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr

Q. S. An Naas
Siswa dapat menentukan jumlah ayat yang terdapat pada surat An Naas
ISIAN
11
1
3.5 memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
Asmaul Husna Al Khaliq
Disajikan salah satu Asmaul Husna, siswa dapat mengartikannya dengan benar
ISIAN
12
1
3.1 mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf

Huruf hijaiyah sambung
Disajikan nama-nama harakat, siswa dapat menjelaskan harakat yang terdapat pada Al Quran dengan benar
ISIAN
13
1
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr

Q. S. An Naas
Siswa dapat menjelaskan keuntungan membaca Al Quran
ISIAN
14
1
3.15 memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Nabi Muhammad Teladanku
Siswa dapat menjelaskan arti al amiin dengan benar
ISIAN
15
1
3.1 mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf

Huruf hijaiyah sambung
Disajikan huruf hijaiyah tunggal, siswa dapat menuliskan dalam huruf hijaiyah sambung dengan benar
URAIAN
16
2
3.15 memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Nabi Muhammad Teladanku
Siswa dapat menjelaskan keuntungan bersikap jujur dengan benar
URAIAN
17
2
3.15 memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Nabi Muhammad Teladanku
Disajikan wacana, siswa dapat menentukan sikap yang tepat ketika menemukan uang di lapang sekolah .
URAIAN
18
2
3.5 memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
Asmaul Husna Al Khaliq
Siswa dapat menyebutkan tiga contoh ciptaan alloh yang ada di laut
URAIAN
19
2
3.1 mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf

Huruf hijaiyah sambung
Disajikan huruf hijaiyah sambung, siswa dapat menulisnya ke dalam huruf latin
URAIAN
20
2




KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
MATA PELAJARAN           : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI                                               ALOKASI WAKTU                : 90 MENIT
KELAS SEMESTER              : I/I                                                                                                                                         JUMLAH SOAL                   : 30
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT
3.5 memahami makna al-Asmau al- Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik

Kasih sayang
Disajikan salah satu Asmaul Husna. Siswa mampu mengartikannya dengan benar

PG
1
1
3.5 memahami makna al-Asmau al- Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik

Kasih sayang
Disajikan wacana tentang menyayangi tanaman, siswa mampu menyebutkan cara menyayangi tanaman
PG
2
1
3.5 memahami makna al-Asmau al- Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik

Kasih sayang
Disajikan salah satu arti Asmaul Husna, siswa dapat menentukan Asmaul Husna dengan tepat
PG
3
1
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas

Q. S. al fatihah
Disajikan wacana tentang memulai pekerjaan, siswa mampu menyebutkan bacaan ketiaka memulai pekerjaan dengan tepat
PG
4
1
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas

Q. S. al fatihah
Disajikan wacana tentang jumlah ayat pada Surat Al fatihah, siswa mampu menjelaskan arti Al fatihah dengan benar
PG
5
1
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas

Q. S. al fatihah
Disajikan wacana tentang Al Fatihah, siswa mampu nenyebutkan urutan surat Al Fatihah dengan benar
PG
6
1
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas

Q. S. al fatihah
Disajikan salah satu ayat yang terdapat pada Surat Al fatihah, siswa mampu menyebutkan urutan ayat dengan benar
PG
7
1
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas

Q. S. al fatihah
Siswa mampu menjelaskan salah satu isi pokok surat Al fatihah tentang beribadah dan berdoa dengan benar
PG
8
1
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas

Q. S. al fatihah
Disajikan salah satu ayat yang terdapat pada Surat Al fatihah, siswa mampu menyebutkan urutan ayat dengan benar
PG
9
1
3.1 mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap

Huruf hijaiyah
Siswa mampu menyebutkan jumlah huruf hijaiyah dengan tepat
PG
10
1
3.5 memahami makna al-Asmau al- Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik

Asmaul husna Ar Rahman Ar Rahiim
Disajikan wacana tentang teman yang terjatuh, siswa mampu menjelaskan perilaku yang harus dilakukan dengan tepat
ISIAN
11
1
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas

Asmaul husna Ar Rahman Ar Rahiim
Siswa mampu menjelaskan tempat diturunkannya Surat Al fatihah dengan benar
ISIAN
12
1
3.3 memahami adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Iman Kepada Alloh SWT.
Siswa mampu menyebutkan pencipta alam semesta beserta seluruh isinya
ISIAN
13
1
3.1 mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap

Huruf hijaiyah
Disajikan salah satu pelafalan huruf, siswa dapat menuliskan huruf hijaiyah dengan tepat
ISIAN
14
1
3.1 mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap

Huruf hijaiyah
Disajikan salah satu pelafalan huruf, siswa dapat menuliskan huruf hijaiyah dengan tepat
ISIAN
15
1


No comments:

Post a Comment