Tuesday, August 18, 2020

TAHUN BERSEJARAH UNTUK DUNIA PENDIDIKAN (BELAJAR MATEMATIKA DI ERA PANDEMI COVID-19


TAHUN BERSEJARAH DI DUNIA PENDIDIKAN

BELAJAR MATEMATIKA DI ERA PANDEMI COVID-19

 

SUTIANA, S.Pd.SD

GURU SDN MARGAMULYA

 

Pada Tahun 2020 ini adalah tahun sangat bersejarah untuk dunia pendidikan, dengan adanya pandemi Covid-19 ini merubah semua kegiatan siswa yang biasa berangkat kesekolah sekarang harus berdiam diri di rumah dengan menerapkan pola pembelajaran BDR (belajar dari rumah), kagiatan pemebelajaran  matematika cukup  menyulitkan  siswa  dan  guru saat pandemi Covid-19, apalagi siswa harus  belajar  dari rumah.  Belajar jarak jauh di rumah  berarti  orang  tua  memiliki  peran  penting  untuk  memantau  kegiatan  anak  di rumah  selama  sekolah  diliburkan  di  Era  Covid-19  ini,  apalagi  kalau  siswa  diajak belajaran  matematika  melalui  Daring  (dalam  jaringan).  Sudah  saatnya  guru meninggalkan proses pembelajaran yang mengutamakan hapalan atau menemukan satu jawaban soal  yang  benar,  metode pembelajaran  era globalisasi saat  ini, pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan untuk pengembangan media dan multimedia pembelajaran matematika.

Setalah Era Revoluasi 4.0, maka ada Era Revolusi 5.0, dimana seorang pendidik harus bisa    memanfaatkan  dan  menggunakan  teknologi  dengan  baik  dan  benar,  sehingga pembelajaran  matematika  tetap  menyenangkan,  seperti  halnya  membuat  video pembelajaran  animasi  yang  unik,  atau  game  matematika  yang  menarik.  Dengan demikinan  minat  siswa  untuk  menyukai  matematika  semakin  tinggi,  karena  peran teknologi dapat mengubah dunia yang biasa menjadi luar biasa.

 

Ada  beberapa  solusi  pembelajaran  Matematika  di  Era  Covidd-19,


1)      menjelaskan situasi yang terjadi saat ini kepada anak dan siswa tentang social distancing dan aktivitas di  rumah. Berikan pemahaman  bahwa anak dan siswa tetap harus belajar di rumah.  Berikan  pelaskan  bahwa  belajar  di  rumah  merupakan  salah  satu  bentuk pencegahan penularan virus corona. Tempat ramai seperti sekolah dan juga ruang publik lainnya dapat meningkatkan potensi penularan virus;


2)      saling koordinasi secara noline antara orang tua dengan guru dan sekolah. Orang tua harus aktif menanyakan kepada guru  mengenai  materi  yang  harus  dipelajari  anak,  metode  pembelajaran  yang  akan digunakan, dan tugas apa saja yang harus dikerjakan oleh siswa. Orang tua juga perlu berkoordinasi aktif dengan pihak sekolah. Bagitu juga guru dan sekolah dengan orang tua harus saling memberitahukan atas perkembangan anak selama belajar di rumah agar guru dapat mengantisipasi langkah pembelajaran selanjutnya dan sekolah memberikan arahan  yang  tepat  dalam  melaksanakan  proses  pembelajaran  di  era  Covid-19;


3)      manfaatkan  media  pembelajaran  daring,  salah  satunya  adalah  pembelajaran  dalam bentuk video yang diupload ke channel Youtobe, banyak sekali video pembelajaran di platform  youtobe  yang  mudah untuk  diperhatikan  ketika  pembelajaran  berlangsung, dengan youtube dosen atau guru bisa siaran langsung di channelnya tetapi dengan syarat harus 1000 subscribers baru bisa siaran langsung, atau guru dan dosen  bisa membuat video pembelajaran berbasis animasi kartun atau presentasi matematika ketika mengajar dikelas;


4)      suasana belajar  yang nyaman dan menyenangkan. Kegiatan pembelajaran diselingi dengan  aktivitas yang  nyaman untuk  bekerja dan  belajar di  rumah.  Belajar matematika di rumah sangat membosankan apabila tidak diselingi dengan aktivitas lain yang menyenangkan, yaitu berilah kebebasan dan keleluasaan anak untuk bereksplorasi. Orang tua bisa mengajak anak belajar di ruang keluarga atau pekarangan rumah untuk mendapatkan udara yang terbuka. Sesekali orang tua memberikan hadiah kepada anak apabila sudah menyelesaikan tugas dengan baik.



KUNJUNGI TERUS BLOG https://sdnmargamulya.blogspot.com/

SOAL ULANGAN HARIAN MATEMATIKA KELAS 4 (MATERI PECAHAN)

 


 

 

  

Pilihlah jawaban a, b, c atau d dengan cara memberi tanda silang pada jawaban yang paling tepat di bawah ini !


1.    Bentuk pecahan yang senilai dengan 3⁄5 adalah....


       a. 6⁄5                              b. 9⁄12

       c. 6⁄10                            d. 12⁄15


2.    Pada pecahan, bilangan yang berada di atas      

       dinamakan....

       a. Pembilang                  b. Pemfaktor

       c. Penyebut                    d. Pembagi

3.    Pecahan 1⁄6  dibaca .....

       a. Satu enam                  b. Enam satu

       c. Seperenam                 d. Enam persatu


4.    Pecahan lima persembilan ditulis ....

       a. 1⁄59                             b. 9⁄5   

       c. 5⁄9                               d. 59⁄1


5.

         

       Bagian yang diberi warna merah tersebut bernilai ....

       a.  5⁄3                              b.  1⁄5  

       c.  3⁄8                               d.  5⁄8


6.    Badu membelah semangka menjadi 9 bagian. Badu

        kemudian memakan tiga bagian semangka.

       Maka nilai semangka yang dimakan Badu jika ditulis

      dalam bentuk pecahan adalah ....

       a.  1⁄3                              b.  9⁄3 

       c.  3⁄9                              d.  2⁄3


7.    2⁄6 , .....  ,  4⁄6  , 5⁄6

       Pecahan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas  

       agar menjadi urutan yang tepat adalah .....

       a.  1⁄6                               b.  2⁄6

       c.  3⁄6                               d.  6⁄6


8.    1⁄4  ......  1⁄9

       Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas   

        adalah .....

        a. >                                  b. <   

        c. =                                  d. +-


9.    9⁄10 ,  4⁄10 ,  5⁄10 ,  1⁄10

       Pecahan-pecahan di atas jika ditulis secara urut dari

       yang terkecil menjadi ....

       a.   1⁄10 ,  4⁄10 ,  5⁄10 ,  9⁄10   

       b.  9⁄10 ,  5⁄10 ,  4⁄10 ,  1⁄10   

       c.  9⁄10 ,  1⁄10 ,  5⁄10 ,  4⁄10

       d.  5⁄10 ,  4⁄10 ,  9⁄10 ,  1⁄10

 

10.  Bentuk paling sederhana dari 75⁄100 adalah ....

       a. 1⁄2                                 b. 1⁄4    

       c. 2⁄3                                 d. 3⁄4


11.  Pecahan di bawah ini yang tidak senilai dengan 1⁄2

       adalah ....

       a. 2⁄4                                 b. 6⁄10    

       c. 11⁄22                             d. 50⁄100


12.  Siti mempunyai pita sepanjang 1⁄3 meter, Amelia

       sepanjang 4⁄10  meter dan Ni Luh sepanjang

       3⁄4 meter. Maka dari hal tersebut dapat diketahui  

       bahwa   ....

       a. Pita Siti paling panjang

       b. Pita Amelia yang paling pendek

       c. Pita Siti lebih panjang dari pita Amelia

       d. Pita Ni Luh paling panjang


13.  3⁄8  + 2⁄3  = ....

        Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....

        a. 5⁄24                                 b. 5⁄11   

        c. 25⁄24                               d. 6⁄24


14.  1⁄4  + 1⁄2  + 2⁄5 = ....

       Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....

       a. 4⁄11                                 b. 23⁄20   

       c. 4⁄20                                 d. 2⁄40


15.  3⁄4  - 2⁄3  = ....

       Hasil dari pengurangan pecahan di atas adalah ....

       a.  3⁄12                                b. 4⁄12  

       c. 1⁄12                                 d. 1⁄1


16.  Bentuk pecahan desimal dari 3⁄8  adalah ....

       a. 0,5                                   b. 0,25  

       c. 0,125                               d. 0,375


17.  Bilangan 30% jika ditulis kedalam bentuk pecahan

       adalah...

       a.  2⁄5                                   b.  3⁄5

       c.  2⁄10                                 d. 3⁄10


18. Bilangan pecahan 18⁄4 jika ditulis dalam bentuk

      pecahan  campuran adalah ....

       a.  4 1⁄2                                 b.  3 3⁄4

       c. 3  1⁄2                                 d. 4 3⁄4


19. Bilangan 0,675 jika ditulis dalam bentuk persen

      adalah....

      a.  6%                                     b. 67,5%

      c. 65%                                    d. 675%


20. Bilangan 0,15 jika ditulis dalam bentuk pecahan biasa

      adalah....

      a.  3⁄10                                   b.  3⁄20

      c.  3⁄15                                   d. 3⁄25



Monday, July 27, 2020

TUGAS SISWA SELAMA BELAJAR DARI RUMAH (BDR) KELAS 4


TUGAS SISWA SELAMA BELAJAR DARI RUMAH ( BDR )
SD NEGERI MARGAMULYA
KELAS 4 SEMESTER 1
GURU KELAS :  SUTIANA, S.Pd.                                                      NO. Hp. :  085282944922
 


TUGAS MINGGU KE 1 ( 27 Juli s/d 01 Agustus 2020)

TEMA 1           :  INDAHNYA KEBERSAMAAN
Sub Tema 1    :  Keberagaman Budaya Bangsaku

Kegiatan BDR Ke 1 :  27 Juli 2020
1.      Jangan lupa selalu jaga kebersihan Cuci Tangan dan Pakai selalu Masker.
2.      Membuat rangkuman tentang Bunyi (Buku Akses halaman 6)
3.      Melengkapi Tabel alat musik no.1-5 (Buku siswa Tema 1 Halaman 11)

Kegiatan BDR Ke 2 :  28 Juli 2020
1.      Jangan lupa selalu jaga kebersihan Cuci Tangan dan Pakai selalu Masker.
2.      Parsial Matematika (Buku Akses halaman 164) Membaca dan Mencoba tentang Pecahan  ( ada pembilang dan penyebut )
3.      Gambarlah salah satu bentuk rumah adat di indonesia (bahan Crayon, Cat Air, Spidol)

Kegiatan BDR Ke 3 :  29 Juli 2020
1.      Jangan lupa selalu jaga kebersihan Cuci Tangan dan Pakai selalu Masker.
2.      Membuat Rangkuman Sifat-sifat Bunyi, Perambatan Bunyi dan Macam-macam gelombang bunyi (Buku Akses halaman 9 dan 10) atau bisa melihat gambarnya di buku siswa halaman 37, 38, 39 .

Kegiatan BDR Ke 4 :  30 Juli 2020
1.      Jangan lupa selalu jaga kebersihan Cuci Tangan dan Pakai selalu Masker                                           
2.      Gambar Desain Batik motif Bebas di buku gambar

Kegiatan BDR Ke 5 :  31 Juli 2020
1.      Jangan lupa selalu jaga kebersihan Cuci Tangan dan Pakai selalu Masker.
2.      Membuat rangkuman Keberagaman Sosial dan budaya, keanekaragaman suku bangsa di indonesia (Buku akses halaman 12                                                                                                       

Kegiatan BDR Ke 6 :  01 Agustus 2020
1.      Jangan lupa selalu jaga kebersihan Cuci Tangan dan Pakai selalu Masker.
2.      Baca Buku siswa dari pembelajaran 1 s/d 6.
3.      Buatlah beberapa Contoh yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah
4.      Kerjakan soal penilaian harian subtema 1 tema 1 bagian I dan II ( buku akses halaman 15)


Catatan :
1.      Kerjakan tugas di buku tugas
2.      Foto kegiatan anak untuk 1 kali kegiatan BDR 1 foto di upload ke grup,
3.      Selalu pantau Grup Whatsaf kelas 4 kalau ada informasi terbaru
4.       Di mungkinkan ada tugas online dari gogle form (linknya menyusul) boleh di bantu sama orantuanya
5.       Informasi tambahan ada di blog https://sdnmargamulya.blogspot.com/

Selamat bekerja semoga covid-19 virus corona yang melanda dunia segera sirna agar kita bisa belajar tatap muka seperti biasa. Aminnn

Saturday, July 4, 2020

ADAPTASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KKG GUGUS II CIKATOMAS


ADAPTASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19
DI FKKG GUGUS II CIKATOMAS

Oleh : Tutin Karsiti, S.Pd.SD (SDN Margamulya)





Pembelajaran untuk tahun ajaran 2020/2021 akan dilaksanakan mulai tanggal 13 Juli 2020, dengan sistem pembelajaran yang berbeda dengan biasanya yaitu dengan cara Daring dan Luring, khususnya di kecamatan kami yaitu kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya.
Untuk persiapan tahun ajaran baru kami pengurus FKKKG Gugus II Kecamatan Cikatomas menyelenggarakan kegiatan KKG Untuk Guru Kelas I sd VI dengan bahasan materi tentang pembelajaran masa Pandemi Covid-19 (prota, Promes dll) Dengan Bimbingan Bapak/Ibu Pengawas yaitu Pak Rivani Herman Munandar dan Ibu Hj. Dede Dewiyani, Kami Sangat terbantu, karena mereka mengarahkan dan membimbing kami dengan baik.
Pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 memaksa guru menyajikan pembelajaran yang berbeda. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian, sampai tindak lanjut yang dilakukan. Berbagai penyesuaian harus dilakukan dengan tetap berorientasi pada kepentingan siswa sebagai subjek utama pembelajaran.
Dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 mengenai pembelajaran di masa pandemi, tertulis bahwa pembelajaran tidak harus menuntaskan kurikulum. Pembelajaran yang disajikan merupakan pembelajaran bermakna dan memuat kecakapan hidup. Surat edaran tersebut dikeluarkan ketika akhir tahun ajaran. Namun, sebagai guru harus bisa menyikapinya ketika tahun ajaran baru telah datang.
Tidak dapat dipungkiri, bahwa tidak sedikit guru yang bingung untuk menyajikan pembelajaran jarak jauh pada awal tahun ajaran. Jika pembelajaran hanya difokuskan pada kecakapan hidup tanpa menyentuh kurikulum akan membuat siswa menjadi bosan. Dampak lain yang bisa muncul juga siswa tidak mengenal kurikulum yang nantinya akan ditemuinya ketika sekolah dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka kembali.
Berdasarkan pertimbangan tersebut, Kelompok Kerja Guru (KKG) merupakan wadah yang tepat untuk berdiskusi menghadapi permasalahan yang dihadapi. Sebagaimana tertuang dalam Rambu-Rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP (Kemdiknas, 2010: 10) bahwa hasil dari kegiatan KKG diantaranya memberi kesempatan kepada guru untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik.

Pada kegiatan KKG, pengurus dan anggota KKG mendiskusikan perencanaan kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan secara daring atau luring sehingga seluruh anggota KKG dapat menggunakan perencanaan tersebut. Tentunya disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing.
Kegiatan diawali dengan musyawarah anatara pengurus KKG kelas. Hasil musyawarah tersebut diteruskan ke anggota KKG untuk ditindak lanjuti. Pembagian tugas antar anggota KKG pun dapat dimusyawarahkan di grup anggota. Hasilnya, rencana pembelajaran jarak jauh masing-masing kelas dapat tersusun untuk nantinya digunakan di sekolah masing-masing.
Melalui gotong royong yang dilakukan di dalam forum KKG, berbagai kendala yang dihadapi guru dapat teratasi. Saling berbagi pengalaman, saling memberi masukan, serta saling bertukar pikiran dalam mencapai kesepakatan yang dapat digunakan oleh semua pihak. Tidak lupa dukungan dari Dinas Pendidikan juga kan memperlancar kegiatan KKG.







Tuesday, June 30, 2020

CARA GURU MENGAJAR SAAT PANDEMI COVID-19 DI SDN MARGAMULYA


CARA GURU MENGAJAR SAAT PANDEMI COVID-19

(WABAH CORONA )

 

PENDIDIKAN BERSEJARAH DI TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020, 2020 / 2021

SD NEGERI MARGAMULYA



Suasana para siswa SDN Margamulya saat belajar di rumah di era Pandemi Covid-19, di Desa Lengkongbarang, Cayur, Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya. Kami guru SDN Margamulya mesti mendatangi rumah siswanya agar proses belajar di rumah berjalan maksimal, dan kadang kadang juga memberikan tugas lewat Whatsaf atau dengan Google Clasroom, tetapi terkendala dengan beberapa siswa yang tidak mempunyai HP android sehingga harus mendatangi siswa tersebut ke rumahnya masing masing.
Pada pertengahan Bulan Maret, Pemerintah telah menginstruksikan kepada sekolah-sekolah mulai dari tingkatan pendidikan usia dini (PAUD) hingga universitas menerapkan sistem belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19. Namun, tak semua sekolah dapat melakukan sistem belajar di rumah dengan baik, khususnya untuk sekolah saya. Karena terkendala dengan biaya, sinyal dan keadaan siswa yang tidak memiliki HP untuk belajar Daring sehingga kadang kadang dilakukan secara luring.
Para guru di sekolah kami kadang kadang mendatangi siswanya satu per satu agar materi pembelajaran dapat disampaikan dengan baik. Salah satu guru di SDN Margamulya, Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Ibu Enung Nurhaeni sebagai Guru Kelas satu di SDN Margamulya, memilih mendatangi rumah siswanya untuk mengajar. Dia tak bisa mengandalkan teknologi sebagai panduan siswa belajar.
Sejak pekan pertama sekolah diliburkan, pada pertengahan Maret 2020, Ibu Enung Nurhaeni, S.Pd.SD selalu mendatangi rumah siswanya satu per satu dengan ditemani suaminya dengan menggunakan sepeda motor (Suaminya Pensiunan Kepala Sekolah Yaitu Pak Ujang , sama sama dari dunia Pendidikan ). Ia ingin memastikan aktivitas para siswa belajar di rumah berjalan dengan baik. "Jadi ke rumah-rumah siswa kasih materi pelajaran selama 30 menit sampai satu jam,"
Ia mengakui, sudah ada anjuran agar siswa belajar secara daring. Bahkan, saat ini program belajar juga sudah ditayangkan melalui TVRI. Namun, tak banyak yang memiliki telepon pintar dan menggunakannya untuk belajar. Sementara jaringan TVRI di kami juga tak semua jernih.
Dengan segala keterbatasan fasilitas itu, dia mengatakan, tak memungkinkan proses pembelajaran siswanya akan berjalan dengan maksimal. Karena itu, Ibu Enung Nurhaeni berinisiatif mendatangi rumah para siswanya, siswa kelas I, untuk memberi materi pelajaran. "Alhamdulillah orang tua juga banyak yang mengerti. Kadang saya disuguhkan kopi, kadang saat pulang dibekali makanan," kata dia.
Menurut dia, para siswanya juga rindu untuk belajar di sekolah. Sebab, lanjut dia, ketika belajar di sekolah para siswa bisa bertemu dengan teman-temannya.
Ibu Enung Nurhaeni yang mengajar kelas I SD itu setiap hari rutin datang ke rumah siswa. Total terdapat 25 siswa yang harus diajarnya. Ia membagi ke dalam beberapa kelompok untuk memudahkan tugasnya. "Murid saya tinggal di 3 Desa 4 kampung. Jadi kalau tinggalnya sekampung, dikumpulkan di satu rumah. Pas selama empat hari itu untuk datang ke empat kampung," kata dia.
Mengajar ke rumah, diakui Bu Enung jadi inisiatif sendiri. Ia merasa punya tanggung jawab untuk tetap memberikan pelajaran ke muridnya. Pihak sekolah, menurut dia, tak menginstruksikan untuk mengajar siswa secara langsung.
Ibu Enung berharap, para guru tetap memerhatikan siswanya belajar di rumah, bukan semata mengandalkan teknologi. Apalagi masa belajar di rumah kemungkinan bisa diperpanjang selama pandemi corona belum berakhir. Karena pada semester 2 tahun peajaran 20202021 kemungkinan siswa masih belajar di rumah secara Daring dan Luring, sampai bulan september, dan mudah mudahan bulan september siswa bisa masuk sekolah seperti biasa dengan New Normal.