Tuesday, February 2, 2021

Bukti Fisik PKKS #Akreditasi #Program Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

 

 

PROGRAM

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

GUGUS DEPAN SDN MARGAMULYA

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

 

 

 


SD NEGERI MARGAMULYA

UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS

 KABUPATEN TASIKMALAYA

2020

 

 

KATA PENGANTAR

 

Pertama-tama, kami panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT. Atas kehendak-Nya jua, kami masih diberi kesempatan untuk mengabdikan diri demi kemajuan pendidikan anak negeri di masa yang akan datang.

Perubahan kurikulum merupakan upaya untuk meninngkatkan kualitas pendidikan seiring adanya tuntutan dan tantangan globalisasi bahwa pendidikan Indonesia harus lebih mampu bersaing dengan negara-negara lain yang lebih maju.

Dengan bergulirnya kurikulum 2013 sekolah memiliki kewenangnan untuk menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa, tuntutan masyarakat, kondisi dan kemampuan sekolah, serta memanfaatkan potensi dan partisifasi masyarakat yang ada di lingkungan sekolah.

Untuk merealisasikan hal tersebut, maka kami susun Program Kepramukaan SDN Margamulya berdasarkan kondisi, potensi, dan kebutuhan sekolah.

Akhirnya, kami mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan penyusunan Program Kepramukaan SDN Margamulya  di masa yang akan datang. Dan sebagai sebuah pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan, semoga kurikulum ini dapat kami laksanakan secara optimal dan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di SDN .Margamulya dengan perlindungan dan ridho Allah SWT.

 

 

Margamulya, ............................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR …………………………………………………………….

 

DAFTAR ISI ………………………………………………………………………

 

 

 

BAB 1 PENDAHULUAN

 

A.    LATA BELAKANG..................................................................................

 

B.     DASAR KEGIATAN................................................................................

 

C.     TUJUAN..........................................................................................................

 

D.    SASARAN.....................................................................................................

 

 

 

BAB II PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

 

A.    BIDANG KEGIATAN DAN LATIHAN PESERTA DIDIK...........................

 

B.     BIDANG SARANA DAN ADMINISTRASI.....................................................

 

C.     BIDANG KEUANGAN........................................................................

 

D.    PENJABARAN MASING-MASING PROGRAM...........................................

 

 

 

BAB III PEMBIAYAAN

 

 

 

BAB IV PENUTUP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.      LATAR BELAKANG

Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan disekolah. Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat dilakukan berbagai macam pembinaan karakter dan ketrampilan bagi siswa. Sehingga meringankan beban pendidikan karakter dan ketrampilan yang menjadi tanggung jawab kurikulum wajib, yang tertuang dalam beberapa mata pelajaran wajib.

Pendidikan akhlak mulia atau karakter yang   tertuang dalam Kompetensi Inti 1 dan  2 Kurikulum Nasional dapat dibina dalam Pendidikan Kepramukaan ini. KI 1 yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. KI 2 yaitu “Menunjukan perilaku jujur ,disiplin ,tanggung jawab, santun, perduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.Kompetensi Inti 3 dan 4 dalam Kurikulum Nasional. KI 3 meliputi “Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang ditemuinya di rumah dan di sekolah”. Dan KI 4 meliputi “. Menyajikan pengetahuan yang faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Dengan kompetensi dasar yang berbeda akan menjadikan kegiatan pramuka akan berbeda sangat jauh dengan kegiatan pembelajaran akademis. Kompetensi yang diharapkan pada kegiatan pramuka adalah ketrampilan praktis dari kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat. Membuat kegiatan pramuka tidak sulit untuk dipahami dan dipraktekkan. Sehingga bentuk-bentuk kegiatannya  bisa lebih banyak kegiatan luar ruang yang  menyenangkan dan aktif.

Maka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah, gerakan pramuka merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan dan penuh aktifitas praktis yang  dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sampai saat ini terbukti, pramuka masih sangat diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik di Indonesia. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.

Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.

Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.

 

B.      DASAR KEGIATAN

Yang menjadi dasar penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah:

1.      UU Nomer 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

2.      Permendiknas no 62 tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah

3.      Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka

4.      Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1985 tentang Petunjuk Penmyelenggaraan Gerakan Pramuka di Gugus Depan

5.      Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 041 tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Satuan Pramuka.

6.      Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 57 Tahun 1988 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka

7.      Keputusan Kwartir Nasonal Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1999, tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka

8.      Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 045 Tahun 2003 tentang Pokok-pokok Pengorganisasian Gerakan Pramuka.Program kerja sekolah yang dijabarkan dalam program kerja Tahunan SDN ...........................

 

C.      TUJUAN

Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya program kerja ini:

1.         Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa melalui kegiatan kepramukaan

2.         Untuk memberikan arahan kepada pelaksana gugus depan agar pelakasanaan kinerja gugus depan dapat berjalan dengan baik.

3.         Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.

 

D.      SASARAN

Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu gugus depan yang meliputi:

1.      Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di sekolah yang dibantu dengan Dewan Guru

2.      Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan yang meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)

3.      Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.

4.      Peserta didik yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan di sekolah yang terbagi dalam siaga dan penggalang sesuai dengan tingkat umur peserta didik.

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

 

Program kerja Ekstrakurikuler Pramuka SDN Margamulya dapat dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan program. Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Adapun pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:

A.    BIDANG KEGIATAN DAN LATIHAN PESERTA DIDIK

Masa Orientasi Anggota Baru yang pelaksanaannya dilakukan pada awal semester gasal dengan sasaran siswa kelas I

Penerapan Sistem Reguler Pembinaan Keparmukaan, melalui kegiatan:

1.      Latihan Rutin

2.      Pencapaian SKU

3.      Pencapaian SKK

4.      2 macam SKK Agama

5.      2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya

6.      2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan

7.      2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan

8.      2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup

9.      Peningkatan mutu latihan pramuka siaga dan penggalang

10.  Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali )

11.  Perkemahan Sabtu Minggu ( 1 kali )

12.  Penjelajahan dan Survival Game

13.  Perkemahan Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )

14.  Lomba Tingkat I ( 1 kali )

15.  Bakti Masyarakat ( 1 kali )

16.  Pengiriman regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Kwartir Nasional

17.  Kegiatan dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )

18.  Musyawarah Gugus Depan

 

B.     BIDANG SARANA DAN ADMINISTRASI

Mengusahakan tersedianya kelengkapan administrasi dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi :

1.      Buku Induk Gugus Depan

  1. Stempel Gugus Depan
  2. Buku Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan
  3. Buku Administrasi Keuangan
  4. Daftar Inventaris Gugus Depan
  5. Buku Tamu Gugus Depan
  6. Laporan Semester Gugus Depan
  7. Catatan Peristiwa Penting Gugus Depan ( Log Book )
  8. Pengadaan Tenda Pramuka
  9. Pengadaan alat pionering

11.  Bendera Gugus Depan

12.  Bendera Semaphore dan Morse

13.  Papan Nama Gugus Depan

14.  Sanggar Bakti Pramuka

 

C.    BIDANG KEUANGAN

Pengelolaan dana kegiatan yang bersumber dari:

1.      Alokasi dana dari BOS

  1. Sumbangan lain yang tidak mengikat
  2. Bidang Pendidikan Orang Dewasa
  3. Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
  4. Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
  5. Pertemuan-pertemuan Gugus Depan yang dihadiri oleh MABIGUS
  6. Penjabaran Program dalam Semester

 

 

 

Penjabaran program dalam semester gugus depan  SDN Margamulya dapat dijabarkan sebagai berikut:

PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL

BULAN : JULI 2020 SAMPAI DENGAN DESEMBER 2020

 

No

KEGIATAN

BULAN KE

KET

Jul

Ags

Sept

Okt

Nop

Des

1.

Masa Orientasi Anggota Baru

X

2.

Latihan Rutin (Sistem Reguler)

X

X

X

X

3.

Ujian SKU Siaga

X

X

X

X

Ujian SKU Penggalang

6.

Ujian SKK

X

X

X

X

7.

Gladian Pemimpin Regu

X

8.

Perkemahan Dekat ( Persami )

9.

Penjelajahan dan Halang Rintang

X

10.

Bakti Masyarakat

X

11.

Latihan gabungan

X

12.

Lomba Tingkat I

X

13.

Laporan Semester ke Kwartir Ranting

X

14

Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional

Menyesuaikan

 

 

PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP

BULAN : JANUARI 2021 SAMPAI DENGAN JUNI 2021

 

No

KEGIATAN

BULAN KE

KET

JUN

JUL

AGS

SEP

OKT

DES

1.

Latihan Rutin (Sistem Reguler)

X

X

X

X

X

2.

Ujian SKU Siaga

X

X

X

X

3.

Ujian SKU Penggalang

X

X

X

5.

Ujian SKK

X

X

X

X

6.

Gladian Pemimpin Regu

X

7.

Perkemahan Dekat ( Persami )

X

8.

Penjelajahan dan Halang Rintang

X

9.

Bakti Masyarakat

X

10.

Latihan gabungan

X

11.

Laporan Semester ke Kwartir Ranting

X

12.

Pemilihan pramuka terbaik

X

13.

Musyawarah Gugus Depan

X

14.

Perkemahan jauh dan Pengembaraan

X

15.

Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional

Menyesuaikan

 

 

D.    PENJABARAN MASING-MASING PROGRAM

1.      Latihan Rutin Pramuka

Dalam melakukan kegiatan latihan rutin dapat dirinci sebagai berikut :

a.       Latihan rutin dilakukan setiap hari Sabtu dimulai pukul 30 WIB dan diakhiri pukul 09.30 WIB

b.      Latihan rutin dilakukan dengan pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek lapangan

c.       Pemberi materi adalah Pembantu Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka.

d.      Rincian materi latihan rutin adalah :

o     Sejarah Pramuka

o     Dasa Dharma dan Trisatya

o     PBB dan Upacara Pramuka

o     Sandi pramuka (huruf rahasia)

o     Semaphore

o     Kompas

o     Pionering, tali temali, macam-macam ikatan

o     Api Unggun

o     Tata Boga

o     Hasta karya Pramuka

o     Lambang Gerakan Pramuka dan Struktur Organisasi Kperamukaan

o     Musyawarah dan Mufakat

o     Tanda Jejak, Peta

o     P3K

o     Penjelajahan dam Permainan Pramuka

o     Lagu Wajib dan Lagu Daerah

o     Bakti karya

o     Kegiatan lain yang berupa kegiatan insidental dan spontan

2.      Musyawarah Gugus Depan

a.         Musyawarah Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk menentukan kelangsungan hidup gugus depan.

b.        Dalam kegiatan ini dirumuskan :

o    Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan

o    Susunan Pembina Gugus Depan

o    Susunan Pengurus Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang)

c.         Peserta dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah:

o   Perwakilan Anggota yang meliputi Pinru dan Wapinru setiap regu

o   Pemimpin Regu Utama (Pratama) putra dan putri

o   Pembina pramuka

o   Pembantu pembina yang terdiri para pramuka penegak

o   Unsur Mejelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan unusur guru yang membidangi ekstrakurikuler Pramuka.

o   Unsur Komite Sekolah

o   Unsur Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan

o   Unsur Kwartir Ranting diantaranya Andalan Ranting Urusan Penggalang

o   Kegiatan ini bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di sekolahan.

3.      Kegiatan Perkemahan

a.    Perkemahan Sehari (Persari)

o    Kegiatan Persari dilaksanakan pada bulan.........

o    Kegiatan ini biasanya dimulai pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)

o    Kegiatan ini meliputi :

ü  Penjelajahan dan halang rintang

ü  Kegiatan latihan gabungan

ü  Latihan Dasar Kepemimpinan

ü  Lomba Tingkat I

b.    Perkemahan Dekat (di Sekolah)

o     Kegiatan Persami dilaksanakan pada bulan

o     Bentuk kegiatan adalah kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu yang dimulai pada pukul 14.30 WIB (Jumat) dan diakhiri pada pukul 09.00 WIB (Sabtu)

o     Macam-macam kegiatan yang dapat dimasukkan dalam kegiatan Persami adalah

ü   Penerimaan tamu pasukan (anggota baru)

ü   Kegiatan Pelantikan Kenaikan Tingkat

ü   Kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)

ü   Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

4.      Laporan Rutin Ke Kwartir Ranting

a.         Kegiatan ini dilakukan pada tiap bulan

b.        Hal-hal yang dilaporkan adalah keadaan gugus depan yang meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah dilakukan gugus depan pada kurun waktu tertentu.

5.      Kegiatan Insidental

a.         Kegiatan ini dilakukan diluar program yang tidak mengikat

b.        Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan

c.         Macam kegiatan dalam kegiatan ini adalah

o  Kegiatan kunjungan ke anggota gugus depan karena sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar undangan)

o  Mengikuti kegiatan yang berasal dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain.

 

E.     SILABUS KEGIATAN

SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA SIAGA

 No

Bulan/Minggu

Materi Latihan

No

Bulan/Minggu

Materi Latihan

1

Juli 2020

a.       Pelantikan Siga

b.      Pengenalan Pramuka

c.       Pengenalan Siaga

7.

Januari 2021

a.       Makanan, Vitamin, Mineral dan penyakit

b.      Toga

c.       Tali Temali

2.

Agustus 2020

a.       Rukun Iman dan Rukun Islam

b.      PBB Dasar

c.       Dwi Dharma dan Dwi Satya

d.      Salam Pramuka

 

8.

Februari 2021

a.       Lambang Gerakan Pramuka

b.      Mengenal Pahlawan

c.       Pu & PUK

d.      Permainan Siaga

3.

September 2020

a.       PBB Dasar

b.       Keagamaan dan Do’a Harian

c.       Sejarah Pramuka

9.

Maret 2021

a.       Morse

b.      Semapore

c.       Mengenal Obyek Wisata

d.      Survival dan Perkemahan

 4.

Oktober 2020

a.       PBB Dasar

b.      Lambang Gerakan Pramuka

c.       Lagu-lagu daerah

d.      Seragam Pramuka

10

April 2021

a.       Tali – temali

b.      Membuat Drakbar

c.       Morse

d.      Lagu Wajib

e.       Ujian TKK

 5

November 2020

a.       PBB dASAR

b.      Ujian SKU Siaga

c.       Lagu Indonesia Raya

d.      Bendera Merah Putih

e.       Hari Besar Nasional dan Hari Besar Keagamaan

9.

Mei 2021

a.       Mengenal Negara ASEAN

b.      KIM

c.       Rambu Lalu Lintas

d.      Pandawa Lima dan Ponakawan

e.       Senam Pramuka

 6

Desember 2020

a.       Pemerintahan Indonesia

b.      Pancasila

c.       Membaca Jam

d.      Arah Mata Angin

e.       Uji TKK

 

SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG

No.

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Kegiatan

1

 

 

 

1.   Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek kehidupan

 

 

 

1.1   Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia

1.1     Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia

Sejarah kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka

1.2   Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia

1.2     Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia

1.3   Mengetahui dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga, sekolah & masyarakat

 

1.3     Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma

 Dasa Dharma dan Trisatya

1.4     Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan masyarakat

2

 

2.     Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu mengimplementasikan dalam upacara Penggalang

 

2.1 Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri)

2.1     Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik kanan/kiri)

PBB dan Latihan Upacara

2.2   Memperagakan upacaraPenggalang  di  lapangan

2.2     Memperagakan upacara Penggalang di lapangan

3

 

 

3.     Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore

 

 

3.1   Mengetahui macam-macam SANDI

3.1     Mengetahui macam-macam SANDI

Huruf SANDI

3.2   Mengetahui fungsi bendera Semaphore

3.2     Mengetahui fungsi bendera Semaphore

Semaphore

3.3   Memperagakan bendera semaphore dengan benar

3.3     Memperagakan bendera semaphore dengan benar

4

4.     Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari

4.1   Menggunakan pedoman kompas dengan benar

4.1     Menggunakan pedoman kompas dengan benar

Pedoman kompas

5

 

 

5.     Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah

 

 

5.1   Membuat macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat

5.1     Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat

Tali temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah

5.2   Membuat tandu dan kaki tiga

5.2     Membuat tandu dan kaki tiga

5.3   Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda

5.3     Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda

6

 

6.     Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan

 

6.1   Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah

6.1     Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah

Api unggun

6.2   Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah

6.2     Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah

7

 

7.     Memahami resep dasar memasak

 

7.1   Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana

7.1     Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana

Tata boga

7.2   Latihan memasak  tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)

7.2     Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)

8

 

8.     Memahami cara membuat hasta karya

 

8.1   Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)

8.1     Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug)

Hasta karya Pramuka

8.2   Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas

8.2     Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas

9

 

 

9.     Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka

 

 

9.1   Mengetahui lambang gerakan pramuka

9.1     Mengetahui lambang gerakan pramuka

Lambang Gerakan Pramuka dan struktur kepramukaan

9.2   Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah

9.2     Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah

9.3   Membentuk kepengurusan regu

9.3     Membentuk kepengurusan regu

10

10.   Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka

10.1 Mengetahui arti musyawarah secara sederhana

10.1   Mengetahui arti musyawarah  dan mufakat secara sederhana

Musyawarah dan mufakat Pramuka

10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut

10.2   Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut

11

 

11.   Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan

 

11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan

11.1   Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan

Mencari jejak dan penggunaan peta

11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan

11.2   Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan

12

 

 

12.   Memahami definisi dan praktek P3K

 

 

12.1 Mengetahui arti P3K

12.1   Mengetahui arti P3K

P3K

12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K

12.2   Mengetahui cara praktek P3K

12.3 Memperagakan P3K dan PPSD

12.2   Memperagakan P3K dan PPGD

13

 

 

13.   Memahami definisi jelajah alam dan out bound

 

 

13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond

13.1   Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound

Jelajah alam dan out bout

13.2 Mengetahui macam-macam jenis out bound

13.2   Mengetahui macam-macam jenis outbound

13.3 Jelajah alam dan out bound sederhana

13.3   Jelajah alam dan out bout sederhana

14

 

14.   Memahami  macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.

 

14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah

14.1   Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah

Lagu-lagu wajib dan daerah

14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar

14.2   Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi yang benar

15

 

15.   Memahami makna bakti karya Penggalang.

 

15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang

15.1   Mengetahui makna bakti karya Penggalang

Bakti karya

15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa

15.2   Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PEMBIAYAAN

 

Pembiayaan yang digunakan untuk mendukung terlaksananya program keprmukaan di SDN Margamulya , sebagian besar diambil dari Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang merujuk kepada Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) SDN Margamulya Tahun Anggaran 2020.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

 

Program kepramukaan ini  merupakan pedoman dan langkah kerja yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2020/2021. Diharapkan dengan tatanan sistem kerja yang profesional akan memudahkan untuk mengevaluasi hasil kerja, memperbaiki kegagalan atau mengerjakan pekerjaan yang tertunda, sehingga secara berkesinambungan akan selalu memprioritaskan program unggulan, mengkaji dan mengevaluasi hasil kerja untuk perbaikan kualitas di masa yang akan datang.

Jalin kerja yang harmonis antara guru, kepala sekolah, pengawas, komite sekolah, dan masyarakat akan memperingan langkah untuk mencapai keberhasilan yang diharapkan di SDN Margamulya.

Dengan mengharap ridho dan perlindungan dari Alloh SWT, semoga  kurikulum ini dapat dilaksanakan secara optimal dalam pelaksanaan pendidikan di SDN Margamulya Aamiin…

 

 

.

 

 


Bukti Fisik PKKS #Akreditasi #Program Kegiatan Ekstrakurikuler

 

 

PROGRAM

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 


 

 

SD NEGERI MARGAMULYA

UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS

 KABUPATEN TASIKMALAYA

2020

 


 

KATA PENGANTAR

 

Pertama-tama, kami panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT. Atas kehendak-Nya jua, kami masih diberi kesempatan untuk mengabdikan diri demi kemajuan pendidikan anak negeri di masa yang akan datang.

Pelaksanaan proses belajar mengajar  di tingkat sekolah dasar diwadahi dalam dua kegiatan pembelajaran yakni dalam kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Kedua proses kegiatan pembelajaran itu memiliki karakteristik pembelajaran yang berbeda sesuai dengan tujuan dari pelaksanaan pembelajaran yang dilakukannya. Pada kegiatan pembelajaran seni intrakurikuler tujuan pembelajaran bentul-betul dioptimalkan sesuai dengan ketentuan rambu-rambu kurikulum yang didalamnya tergambar dengan jelas dan sistematis tentang kompenetis yang harus dicapai oleh peserta didik. Tingkatan kompetensi ini dirumuskan secara jelas, sistematis dan hirarki. Sedangkan dalam kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler lebih menekankan pembinaan dan pengembangan potensi peserta didik sesuai dengan bakat dan minatnya.

Program Kegiatan Ekstrakurikuler ini kami susun dengan melibatkan guru, komite sekolah dan stakeholder di SD Negeri Margamulya sehingga dapat memperkaya dan memperlancar penyusunan program ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan program Kegiatan Ekstrakurikuler ini.

Kami menyadari sepenuhnya bahwa Program Kegiatan Ekstrakurikuler ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan adanya kritik, saran dan masukan yang dapat kami gunakan untuk menyempurnakan pogram ini.

Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa selalu mencurahkan rahmat, bimbingan dan petunjuk- Nya kepada kita. Amiin

 

 

Margamulya,     Juli 2020

Kepala SD Negeri Margamulya

 

 

 

JAJANG SURYANA, S.Pd.SD

NIP. 19630216 19830 1 004

 

DAFTAR ISI

 

 

                              halaman                          

KATA PENGANTAR                                                                                                          i

DAFTAR ISI                                                                                                                        ii

BAB  I     PENDAHULUAN                                                                                   

A.    Latar Belakang ..............................................................................                   1

B.     Landasan Hukum .........................................................................                   1

C.     Tujuan ……………………………………………………….. …                  2

BAB II    DESKRIPSI KEGIATAN................................................................                   3

BAB III   PELAKSANAAN

A.    Pelaksana dan Pembina ................................................................                   4

B.     Sasaran .........................................................................................                   4

C.     Waktu Pelaksanaa ………………………………………………                   5

BAB IV   PEMBIAYAAN ................................................................................                   6

BAB V    EVALUASI .......................................................................................                   7

BAB VI   PENUTUP ………………………………………………………….                   9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




BAB 1

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Guna meningkatkan minat dan bakat peserta didik, khususnya peserta didik Sekolah Dasar, maka perlu diadakannya suatu kegiatan di luar jam pelajaran yang mengarahkan pada minat dan bakat peserta didik tersebut. Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan ekstrakurikuler.

Kegiatan ekstrakurikuler ini selain merupakan kegiatan rutinitas sekolah diluar jam pelajaran, juga merupakan ajang penggemblengan peserta didik didik sesuai minat dan bakat peserta didik masing-masing tanpa tekanan, namun bersifat sukarela. Sekolah memiliki misi yang seimbang antrara akademik dan non akademik. Bidang akademik mengharapkan ketuntasan  pembelajaran sementara akademik/non akademik sekolah mempunyai target berkembangnya bakat pribadi peserta didik serta mampu bersaing dalam lomba-lomba non akademik antar Sekolah Dasar minimal sampai tingkat kecamatan.

Dari uraian diatas maka SD  Negeri Margamulya memiliki program kegiatan ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan minat dan bakat  peserta didik serta sesuai dengan agenda kegiatan lomba non Akademik khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya.

 

B.     Landasan Hukum

Adapun yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler di SD Negeri Margamulya adalah sebagai berikut :

1.      Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

2.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar

3.      Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler

4.      Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses

5.      Misi SD Negeri Margamulya

6.      Keputusan bersama Kepala Sekolah dan Guru SD Negeri Margamulya

 

 

 

 

C.    Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri Margamulya adalah sebagai berikut :

1.      Menyaring dan menggembangkan minat dan bakat peserta didik

2.      Berpartisipasi aktif dalam program pendidikan Nasional dalam pengembangan diri peserta didik

3.      Mempersiapkan peserta didik siap bersaing dalam ajang perlombaan non akademik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

DESKRIPSI KEGIATAN

Macam-macam kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan adalah sebagai berikut

1.  Pramuka

a)    Pramuka Siaga

b)   Pramuka Penggalang

2. Pendidikan Jasmani Olahraga da Kesehatan

a)         Sepak Bola

b)        Bola Volly

c)         Tenis Meja

3. Kesenian

a)         Seni Rupa

Mewarnai untuk kelas rendah dan melukis untuk kelas tinggi

b)        Seni Musik

Bermain alat musik

Olah Vokal

c)         Keterampilan

Menganyam

4. Keagamaan

a)         Baca Tulis Al Qur’an

b)        Seni Rebana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PELAKSANAAN KEGIATAN

  1. Pelaksana dan Pembina

a.    Pelaksana

Yang melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler adalah guru kelas dan guru bidang studi atas perintah dan pengawasan serta dibawah pertanggungjawaban Kepala Sekolah

( Susunan pengurus kegiatan terlampir )

b.    Pembina

Kegiatan ekstrakurikuler dibina langsung oleh guru kelas dan atau guru bidang studi yang berkepentingan sesuai tugas / jabatan membina dari Kepala Sekolah.

( Daftar Pembina terlampir )

  1. Sasaran

Masing – masing Cabang Kegiatan Ekstrakurikuler difokuskan pada :

1)             Peserta didik yang berminat

2)             Pesrta didik yang berbakat

3)             Peserta didik yang ditunjuk secara khusus

4)             Kelas tertentu

  1. Waktu Pelaksanaan

JADWAL  KEGIATAN EKSTRA KURIKULER

SDN MARGAMULYA

 TAHUN AJARAN 2019 / 2020

NO

HARI

WAKTU

KEGIATAN

PEMBINA

1

Selasa

13.00-14.10

Olahraga

1.    Soleh, S.Pd

 

2

Rabu

13.00-14.10

Kesenian

1.    N. Teti, S.Pd.SD

2.    Mamay Rohmayati, S.Pd

3

Kamis

13.00-14.10

Keagamaan

1.    Mia Syarifatunnisa, S.Pd

 

4

Jum’at

13.30-15.00

Pramuka Penggalang

1.    Sutiana, S.Pd

5

Sabtu

13.00-14.10

Pramuka Siaga

1.     Rita Juaningsih, S.Pd.SD

 

 

 

BAB IV

ANGGARAN PEMBIAYAAN

Program Kegiatan Ekstrakurikuler yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Margamulya tahun pelajaran 2020/2021 dibiayai dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sesuai dengan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) tahun anggaran 2020 dan sumbangan suka rela dari peserta didik/ wali murid.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

EVALUASI

  1. Metode Penilaian

Cara melakukan penilaian Kegiatan Ektrakurikuler adalah melalui observasi (pengamatan langsung) untuk mengumpulkan data, baik data-data administratif maupun catatan-catatan pendukung untuk menilai sebuah kegiatan. Observasi bisa dilakukan secara individual, bila instansi yang menilai adalah individu di luar sekolah, seperti pengawas, atau dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Bila sekolah yang melakukan evaluasi diri, sekolah bisa mempergunakan masukan data-data observasi dari anggota komunitas sekolah (guru, siswa, dan lain-lain) untuk menjustifikasi indikator keberhasilan sesuai dengan rubrik.

 

  1. Penilai Kegiatan Ektrakurikuler

Penilai Kegiatan Ekstrakurikuler adalah pihak sekolah yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan pendidikan. Untuk menjaga objektivitas, penilaian keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan minimal dengan melibatkan tiga pemangku kepentingan utama pendidikan, yaitu sekolah, komite sekolah/orangtua, dan pengawas. Perwakilan komunitas atau dinas bisa juga dilibatkan untuk membuat evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler  bila dibutuhkan.

 

  1. Monitoring dan Evaluasi

Monitoring dan Evaluasi bertujuan mengembangkan dan meningkatkan kualitas program Kegiatan Ekstrakurikuler sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan, tujuan monitoring dan evaluasi  adalah sebagai berikut:

1)             Melakukan pengamatan dan pembimbingan secara langsung keterlaksanaan program ekstrakurikuler di sekolah.

2)             Memperoleh gambaran mutu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah secara umum.

3)             Melihat kendala-kendala yang terjadi

4)             Mengumpulkan dan menganalisis data yang ditemukan di lapangan untuk   menyusun rekomendasi terkait perbaikan pelaksanaan program ekstrakurikuler ke depan

5)             Mengetahui tingkat keberhasilan implementasi program ekstrakurikuler di sekolah.

 

BAB VI

PENUTUP

 

Demikian program kegiatan ekstrakurikuler ini dibuat, guna meningkatkan minat dan bakat peserta didik secara terarah dan terencana. Semoga seluruh program yang tercantum benar-benar dapat tepat sasaran serta membuahkan hasil yang maksimal.

Penyusun sadar adanya kekurangan dalam penysunan program ini, oleh karena itu penyusun berharap kritik dan saran untuk kelengkapan dan kesempurnaan program selanjutnya.

Akhirnya semoga buku program ini dapat berguna khususnya dikalangan sendiri dan umumnya didunia pendidikan yang sederajat. Amin.

 

 

Margamulya,            Juli 2020

Kepala Sekolah

 

 

 

JAJANG SURYANA, S.Pd.SD

NIP. 19630216 198305 1 004