PROGRAM
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GUGUS DEPAN SDN MARGAMULYA
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
SD
NEGERI MARGAMULYA
UPTD
PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS
KABUPATEN TASIKMALAYA
2020
KATA PENGANTAR
Pertama-tama, kami panjatkan puji
syukur ke hadirat Allah SWT. Atas kehendak-Nya jua, kami masih diberi
kesempatan untuk mengabdikan diri demi kemajuan pendidikan anak negeri di masa
yang akan datang.
Perubahan kurikulum merupakan upaya
untuk meninngkatkan kualitas pendidikan seiring adanya tuntutan dan tantangan
globalisasi bahwa pendidikan Indonesia harus lebih mampu bersaing dengan
negara-negara lain yang lebih maju.
Dengan bergulirnya kurikulum 2013
sekolah memiliki kewenangnan untuk menyusun kurikulum yang sesuai dengan
kebutuhan siswa, tuntutan masyarakat, kondisi dan kemampuan sekolah, serta
memanfaatkan potensi dan partisifasi masyarakat yang ada di lingkungan sekolah.
Untuk merealisasikan hal tersebut,
maka kami susun Program Kepramukaan SDN Margamulya berdasarkan
kondisi, potensi, dan kebutuhan sekolah.
Akhirnya, kami mengharapkan kritik
dan saran untuk perbaikan penyusunan Program Kepramukaan SDN Margamulya
di masa yang akan datang. Dan sebagai sebuah
pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan, semoga kurikulum ini dapat kami
laksanakan secara optimal dan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di SDN .Margamulya
dengan
perlindungan dan ridho Allah SWT.
|
Margamulya, ............................
|
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………. |
|
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………… |
|
|
|
BAB 1 PENDAHULUAN |
|
A.
LATA BELAKANG.................................................................................. |
|
B.
DASAR
KEGIATAN................................................................................ |
|
C.
TUJUAN.......................................................................................................... |
|
D.
SASARAN..................................................................................................... |
|
|
|
BAB II PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA |
|
A. BIDANG KEGIATAN DAN LATIHAN
PESERTA DIDIK........................... |
|
B. BIDANG
SARANA DAN ADMINISTRASI..................................................... |
|
C. BIDANG KEUANGAN........................................................................ |
|
D. PENJABARAN
MASING-MASING PROGRAM........................................... |
|
|
|
BAB III PEMBIAYAAN |
|
|
|
BAB
IV PENUTUP |
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pendidikan
Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di
sekolah. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang
berpangkalan disekolah. Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat dilakukan
berbagai macam pembinaan karakter dan ketrampilan bagi siswa. Sehingga
meringankan beban pendidikan karakter dan ketrampilan yang menjadi tanggung
jawab kurikulum wajib, yang tertuang dalam beberapa mata pelajaran wajib.
Pendidikan akhlak
mulia atau karakter yang tertuang dalam Kompetensi Inti 1 dan
2 Kurikulum Nasional dapat dibina dalam Pendidikan Kepramukaan ini. KI 1 yaitu
“Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. KI 2 yaitu “Menunjukan
perilaku jujur ,disiplin ,tanggung jawab, santun, perduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.Kompetensi
Inti 3 dan 4 dalam Kurikulum Nasional. KI 3 meliputi “Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang ditemuinya di rumah dan di sekolah”. Dan KI 4
meliputi “. Menyajikan pengetahuan yang faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
Dengan kompetensi
dasar yang berbeda akan menjadikan kegiatan pramuka akan berbeda sangat jauh
dengan kegiatan pembelajaran akademis. Kompetensi yang diharapkan pada kegiatan
pramuka adalah ketrampilan praktis dari kehidupan sehari-hari dalam
bermasyarakat. Membuat kegiatan pramuka tidak sulit untuk dipahami dan dipraktekkan.
Sehingga bentuk-bentuk kegiatannya bisa lebih banyak kegiatan luar ruang
yang menyenangkan dan aktif.
Maka sebagai
satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah, gerakan pramuka merupakan
tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan
dan penuh aktifitas praktis yang dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun
jam-jam keluarga. Sampai saat ini terbukti, pramuka masih sangat diharapkan
dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan
mental peserta didik di Indonesia. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan
santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun
perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata
diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang
merupakan kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih
berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka perlu adanya
keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung dalam suatu
gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik sebagai anggota pramuka,
pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang
baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif
dalam pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu
untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun suatu program kerja
gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak
dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan
kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan yang wajib dilaksa-nakan oleh
unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.
B. DASAR KEGIATAN
Yang menjadi dasar penyusunan program kerja gugus
depan pramuka adalah:
1. UU Nomer 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional
2. Permendiknas no 62 tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan
dasar dan pendidikan menengah
3. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun
1961 tentang Gerakan Pramuka
4. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107
Tahun 1985 tentang Petunjuk Penmyelenggaraan Gerakan Pramuka di Gugus Depan
5. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 041
tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Satuan Pramuka.
6. Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 57 Tahun
1988 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
7. Keputusan Kwartir Nasonal Gerakan Pramuka Nomor 107
Tahun 1999, tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
8. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 045
Tahun 2003 tentang Pokok-pokok Pengorganisasian Gerakan Pramuka.Program kerja
sekolah yang dijabarkan dalam program kerja Tahunan SDN
...........................
C. TUJUAN
Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya program
kerja ini:
1.
Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan
kesiswaan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa melalui kegiatan
kepramukaan
2.
Untuk memberikan arahan kepada pelaksana gugus depan agar pelakasanaan
kinerja gugus depan dapat berjalan dengan baik.
3.
Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.
D. SASARAN
Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah
unsur-unsur yang terdapat dalam suatu gugus depan yang meliputi:
1. Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang
diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di sekolah yang dibantu
dengan Dewan Guru
2. Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana
kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan yang meliputi Instruktur
Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus
Mahir Dasar (KMD)
3. Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak,
pandega dan unsur lain yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka
dengan baik.
4. Peserta didik yang menjadi obyek pendidikan
kepramukaan di sekolah yang terbagi dalam siaga dan penggalang sesuai dengan
tingkat umur peserta didik.
BAB II
PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Program kerja
Ekstrakurikuler Pramuka SDN Margamulya dapat dijelaskan dan dirinci sebagai
berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan program. Masing-masing kelompok
program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Adapun pembagian kelompok
program tersebut adalah sebagai berikut:
A. BIDANG KEGIATAN DAN LATIHAN PESERTA DIDIK
Masa Orientasi Anggota Baru yang pelaksanaannya
dilakukan pada awal semester gasal dengan sasaran siswa kelas I
Penerapan Sistem Reguler Pembinaan Keparmukaan, melalui kegiatan:
1.
Latihan Rutin
2.
Pencapaian SKU
3.
Pencapaian SKK
4.
2 macam SKK Agama
5.
2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
6.
2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
7.
2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan
8.
2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat,
Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
9.
Peningkatan mutu latihan pramuka siaga dan penggalang
10. Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali )
11. Perkemahan Sabtu Minggu ( 1 kali )
12. Penjelajahan dan Survival Game
13. Perkemahan Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )
14. Lomba Tingkat I ( 1 kali )
15. Bakti Masyarakat ( 1 kali )
16. Pengiriman regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting,
Cabang, Daerah maupun Kwartir Nasional
17. Kegiatan dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )
18. Musyawarah Gugus Depan
B. BIDANG SARANA DAN ADMINISTRASI
Mengusahakan
tersedianya kelengkapan administrasi dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan
yang meliputi :
1.
Buku Induk Gugus Depan
- Stempel Gugus Depan
- Buku Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan
- Buku Administrasi Keuangan
- Daftar Inventaris Gugus Depan
- Buku Tamu Gugus Depan
- Laporan Semester Gugus Depan
- Catatan Peristiwa Penting Gugus Depan ( Log Book )
- Pengadaan Tenda Pramuka
- Pengadaan alat pionering
11. Bendera Gugus Depan
12. Bendera Semaphore dan Morse
13. Papan Nama Gugus Depan
14. Sanggar Bakti Pramuka
C. BIDANG KEUANGAN
Pengelolaan dana
kegiatan yang bersumber dari:
1.
Alokasi dana dari BOS
- Sumbangan lain yang tidak mengikat
- Bidang Pendidikan Orang Dewasa
- Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir
Ranting maupun Kwartir Cabang
- Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir
Ranting maupun Kwartir Cabang
- Pertemuan-pertemuan Gugus Depan yang dihadiri oleh MABIGUS
- Penjabaran Program dalam Semester
Penjabaran
program dalam semester gugus depan SDN Margamulya dapat dijabarkan
sebagai berikut:
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL
BULAN : JULI 2020 SAMPAI DENGAN DESEMBER 2020
No |
KEGIATAN |
BULAN KE |
KET |
|||||
Jul |
Ags |
Sept |
Okt |
Nop |
Des |
|||
1. |
Masa Orientasi Anggota Baru |
X |
||||||
2. |
Latihan Rutin (Sistem Reguler) |
X |
X |
X |
X |
|||
3. |
Ujian SKU Siaga |
X |
X |
X |
X |
|||
Ujian SKU Penggalang |
||||||||
6. |
Ujian SKK |
X |
X |
X |
X |
|||
7. |
Gladian Pemimpin Regu |
X |
||||||
8. |
Perkemahan Dekat ( Persami ) |
|||||||
9. |
Penjelajahan dan Halang Rintang |
X |
||||||
10. |
Bakti Masyarakat |
X |
||||||
11. |
Latihan gabungan |
X |
||||||
12. |
Lomba Tingkat I |
X |
||||||
13. |
Laporan Semester ke Kwartir Ranting |
X |
||||||
14 |
Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional |
Menyesuaikan |
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP
BULAN : JANUARI 2021 SAMPAI DENGAN JUNI 2021
No |
KEGIATAN |
BULAN KE |
KET |
|||||
JUN |
JUL |
AGS |
SEP |
OKT |
DES |
|||
1. |
Latihan Rutin (Sistem Reguler) |
X |
X |
X |
X |
X |
||
2. |
Ujian SKU Siaga |
X |
X |
X |
X |
|||
3. |
Ujian SKU Penggalang |
X |
X |
X |
||||
5. |
Ujian SKK |
X |
X |
X |
X |
|||
6. |
Gladian Pemimpin Regu |
X |
||||||
7. |
Perkemahan Dekat ( Persami ) |
X |
||||||
8. |
Penjelajahan dan Halang Rintang |
X |
||||||
9. |
Bakti Masyarakat |
X |
||||||
10. |
Latihan gabungan |
X |
||||||
11. |
Laporan Semester ke Kwartir Ranting |
X |
||||||
12. |
Pemilihan pramuka terbaik |
X |
||||||
13. |
Musyawarah Gugus Depan |
X |
||||||
14. |
Perkemahan jauh dan Pengembaraan |
X |
||||||
15. |
Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional |
Menyesuaikan |
D. PENJABARAN MASING-MASING PROGRAM
1.
Latihan Rutin Pramuka
Dalam melakukan
kegiatan latihan rutin dapat dirinci sebagai berikut :
a. Latihan rutin dilakukan setiap hari Sabtu dimulai
pukul 30 WIB dan diakhiri pukul 09.30 WIB
b.
Latihan rutin dilakukan dengan pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek
lapangan
c.
Pemberi materi adalah Pembantu Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka.
d.
Rincian materi latihan rutin adalah :
o
Sejarah Pramuka
o
Dasa Dharma dan Trisatya
o
PBB dan Upacara Pramuka
o
Sandi pramuka (huruf rahasia)
o
Semaphore
o
Kompas
o
Pionering, tali temali, macam-macam ikatan
o
Api Unggun
o
Tata Boga
o
Hasta karya Pramuka
o
Lambang Gerakan Pramuka dan Struktur Organisasi Kperamukaan
o
Musyawarah dan Mufakat
o
Tanda Jejak, Peta
o
P3K
o
Penjelajahan dam Permainan Pramuka
o
Lagu Wajib dan Lagu Daerah
o
Bakti karya
o
Kegiatan lain yang berupa kegiatan insidental dan spontan
2.
Musyawarah Gugus Depan
a.
Musyawarah Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan musyawarah yang dilakukan
anggota gugus depan untuk menentukan kelangsungan hidup gugus depan.
b.
Dalam kegiatan ini dirumuskan :
o
Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
o
Susunan Pembina Gugus Depan
o
Susunan Pengurus Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang)
c.
Peserta dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah:
o
Perwakilan Anggota yang meliputi Pinru dan Wapinru setiap regu
o
Pemimpin Regu Utama (Pratama) putra dan putri
o
Pembina pramuka
o
Pembantu pembina yang terdiri para pramuka penegak
o
Unsur Mejelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala
Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan unusur guru yang membidangi ekstrakurikuler
Pramuka.
o
Unsur Komite Sekolah
o
Unsur Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan
o
Unsur Kwartir Ranting diantaranya Andalan Ranting Urusan Penggalang
o
Kegiatan ini bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan
Sabtu Minggu di sekolahan.
3.
Kegiatan Perkemahan
a.
Perkemahan Sehari (Persari)
o Kegiatan Persari dilaksanakan pada bulan.........
o Kegiatan ini biasanya dimulai pukul 07.00 WIB dan
diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)
o Kegiatan ini meliputi :
ü Penjelajahan dan halang rintang
ü Kegiatan latihan gabungan
ü Latihan Dasar Kepemimpinan
ü Lomba Tingkat I
b.
Perkemahan Dekat (di Sekolah)
o
Kegiatan Persami dilaksanakan pada bulan
o
Bentuk kegiatan adalah kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu yang dimulai pada
pukul 14.30 WIB (Jumat) dan diakhiri pada pukul 09.00 WIB (Sabtu)
o
Macam-macam kegiatan yang dapat dimasukkan dalam kegiatan Persami adalah
ü Penerimaan tamu pasukan (anggota baru)
ü Kegiatan Pelantikan Kenaikan Tingkat
ü Kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
ü Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
4.
Laporan Rutin Ke Kwartir Ranting
a.
Kegiatan ini dilakukan pada tiap bulan
b.
Hal-hal yang dilaporkan adalah keadaan gugus depan yang meliputi keanggota
gugus depan dan kegiatan yang telah dilakukan gugus depan pada kurun waktu
tertentu.
5.
Kegiatan Insidental
a.
Kegiatan ini dilakukan diluar program yang tidak mengikat
b.
Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan
c.
Macam kegiatan dalam kegiatan ini adalah
o Kegiatan kunjungan ke anggota gugus depan karena
sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar undangan)
o Mengikuti kegiatan yang berasal dari luar gugus depan
(Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain.
E. SILABUS KEGIATAN
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA SIAGA
No |
Bulan/Minggu |
Materi Latihan |
No |
Bulan/Minggu |
Materi Latihan |
1 |
Juli 2020 |
a.
Pelantikan Siga b.
Pengenalan Pramuka c.
Pengenalan Siaga |
7. |
Januari 2021 |
a.
Makanan, Vitamin, Mineral dan
penyakit b.
Toga c.
Tali Temali |
2. |
Agustus 2020 |
a.
Rukun Iman dan Rukun Islam b.
PBB Dasar c.
Dwi Dharma dan Dwi Satya d.
Salam Pramuka |
8. |
Februari 2021 |
a.
Lambang Gerakan Pramuka b.
Mengenal Pahlawan c.
Pu & PUK d.
Permainan Siaga |
3. |
September 2020 |
a.
PBB Dasar b.
Keagamaan dan Do’a Harian c.
Sejarah Pramuka |
9. |
Maret 2021 |
a. Morse b. Semapore c. Mengenal
Obyek Wisata d. Survival
dan Perkemahan |
4. |
Oktober 2020 |
a.
PBB Dasar b.
Lambang Gerakan Pramuka c.
Lagu-lagu daerah d.
Seragam Pramuka |
10 |
April 2021 |
a.
Tali – temali b.
Membuat Drakbar c.
Morse d.
Lagu Wajib e.
Ujian TKK |
5 |
November 2020 |
a. PBB dASAR b. Ujian SKU
Siaga c. Lagu
Indonesia Raya d. Bendera
Merah Putih e. Hari Besar
Nasional dan Hari Besar Keagamaan |
9. |
Mei 2021 |
a.
Mengenal Negara ASEAN b.
KIM c.
Rambu Lalu Lintas d.
Pandawa Lima dan Ponakawan e.
Senam Pramuka |
6 |
Desember 2020 |
a.
Pemerintahan Indonesia b.
Pancasila c.
Membaca Jam d.
Arah Mata Angin e.
Uji TKK |
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG
No. |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Kegiatan |
1 |
1. Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan
mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek kehidupan |
1.1 Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia |
1.1 Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia |
Sejarah kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka |
1.2 Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia |
1.2 Mengetahui sejarah singkat pramuka di
Indonesia |
|||
1.3 Mengetahui dan mengamal kan Tri satya pramuka
dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga, sekolah & masyarakat |
1.3 Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa
Dharma |
Dasa Dharma dan Trisatya |
||
1.4 Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan
keluarga , sekolah dan masyarakat |
||||
2 |
2. Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam
pendidikan kepramukaan serta mampu mengimplementasikan dalam upacara
Penggalang |
2.1 Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/
kiri, balik kanan / kiri) |
2.1 Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap
sempurna, hadap kanan/kiri, balik kanan/kiri) |
PBB dan Latihan Upacara |
2.2 Memperagakan upacaraPenggalang di
lapangan |
2.2 Memperagakan upacara Penggalang di lapangan |
|||
3 |
3. Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui
fungsi bendera semaphore |
3.1 Mengetahui macam-macam SANDI |
3.1 Mengetahui macam-macam SANDI |
Huruf SANDI |
3.2 Mengetahui fungsi bendera Semaphore |
3.2 Mengetahui fungsi bendera Semaphore |
Semaphore |
||
3.3 Memperagakan bendera semaphore dengan benar |
3.3 Memperagakan bendera semaphore dengan benar |
|||
4 |
4. Memahami manfaat kegunaan kompas dalam
kehidupan sehari-hari |
4.1 Menggunakan pedoman kompas dengan benar |
4.1 Menggunakan pedoman kompas dengan benar |
Pedoman kompas |
5 |
5. Memahami penggunaan tali, cara mendirikan
tenda dan berkemah |
5.1 Membuat macam-macam simpul tali dan menyambung
tongkat |
5.1 Mengetahui macam-macam simpul tali dan
menyambung tongkat |
Tali temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah |
5.2 Membuat tandu dan kaki tiga |
5.2 Membuat tandu dan kaki tiga |
|||
5.3 Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda |
5.3 Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda |
|||
6 |
6. Memahami arti dan manfaat api unggun dalam
kepramukaan |
6.1 Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |
6.1 Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun
dalam berkemah |
Api unggun |
6.2 Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah |
6.2 Membuat miniatur api unggun di lapangan
sekolah |
|||
7 |
7. Memahami resep dasar memasak |
7.1 Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana |
7.1 Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an
sederhana |
Tata boga |
7.2 Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan
lauk-pauk) |
7.2 Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur
dan lauk-pauk) |
|||
8 |
8. Memahami cara membuat hasta karya |
8.1 Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) |
8.1 Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap
gubug) |
Hasta karya Pramuka |
8.2 Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas |
8.2 Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang
bekas |
|||
9 |
9. Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur
organisasi pramuka |
9.1 Mengetahui lambang gerakan pramuka |
9.1 Mengetahui lambang gerakan pramuka |
Lambang Gerakan Pramuka dan struktur kepramukaan |
9.2 Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah |
9.2 Mengetahui definisi dan struktur organisasi
pramuka sekolah |
|||
9.3 Membentuk kepengurusan regu |
9.3 Membentuk kepengurusan regu |
|||
10 |
10. Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka |
10.1 Mengetahui arti musyawarah secara sederhana |
10.1 Mengetahui arti musyawarah dan mufakat secara
sederhana |
Musyawarah dan mufakat Pramuka |
10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut |
10.2 Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut |
|||
11 |
11. Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan |
11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam
kepramukaan |
Mencari jejak dan penggunaan peta |
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
|||
12 |
12. Memahami definisi dan praktek P3K |
12.1 Mengetahui arti P3K |
12.1 Mengetahui arti P3K |
P3K |
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K |
12.2 Mengetahui cara praktek P3K |
|||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD |
12.2 Memperagakan P3K dan PPGD |
|||
13 |
13. Memahami definisi jelajah alam dan out bound |
13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond |
13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound |
Jelajah alam dan out bout |
13.2 Mengetahui macam-macam jenis out bound |
13.2 Mengetahui macam-macam jenis outbound |
|||
13.3 Jelajah alam dan out bound sederhana |
13.3 Jelajah alam dan out bout sederhana |
|||
14 |
14. Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah. |
14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah |
14.1 Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah |
Lagu-lagu wajib dan daerah |
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang
benar |
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan
lafal dan intonasi yang benar |
|||
15 |
15. Memahami makna bakti karya Penggalang. |
15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang |
15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang |
Bakti karya |
15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa |
15.2 Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan |
BAB III
PEMBIAYAAN
Pembiayaan yang
digunakan untuk mendukung terlaksananya program keprmukaan di SDN Margamulya ,
sebagian besar diambil dari Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang merujuk
kepada Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) SDN Margamulya Tahun
Anggaran 2020.
BAB IV
PENUTUP
Program
kepramukaan ini merupakan pedoman dan
langkah kerja yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2020/2021. Diharapkan
dengan tatanan sistem kerja yang profesional akan memudahkan untuk mengevaluasi
hasil kerja, memperbaiki kegagalan atau mengerjakan pekerjaan yang tertunda,
sehingga secara berkesinambungan akan selalu memprioritaskan program unggulan,
mengkaji dan mengevaluasi hasil kerja untuk perbaikan kualitas di masa yang
akan datang.
Jalin
kerja yang harmonis antara guru, kepala sekolah, pengawas, komite sekolah, dan
masyarakat akan memperingan langkah untuk mencapai keberhasilan yang diharapkan
di SDN Margamulya.
Dengan
mengharap ridho dan perlindungan dari Alloh SWT, semoga kurikulum ini dapat dilaksanakan secara
optimal dalam pelaksanaan pendidikan di SDN Margamulya Aamiin…
.