INSTRUMEN
OBSERVASI PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
Nama
Peserta Didik: .................... Kelas
:
1 ( SATU )
1.
Berdoa sebelum dan sesudah beraktifitas:
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Saya
Berdoa sebelum memulai belajar
|
|
|
|
|
2
|
Saya
Berdoa sesudah melaksanakan belajar
|
|
|
|
|
3
|
Saya
Berdoa sebelum mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
4
|
Saya
Berdoa sesudah mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
5
|
Saya
Berdoa sebelum dan sesudah makan/minum
|
|
|
|
|
2.
Aspek Bersyukur:
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Saya
bersyukur mempunyai teman baru
|
|
|
|
|
2
|
Saya
bersyukur bisa mengikuti pembelajaran sampai selesai
|
|
|
|
|
3
|
Saya
bersyukur bisa menikmati makanan sehat dan halal
|
|
|
|
|
4
|
Saya
bersyukur bisa berbagi dengan teman
|
|
|
|
|
5
|
Saya
bersyukur mendapatkan kasih sayang orang tua
|
|
|
|
|
3.
Ketaatan Beribadah:
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Saya
Mengikuti pembacaaan surat – surat pendek
|
|
|
|
|
2
|
Saya
Mengikuti baca asma’ul husna
|
|
|
|
|
3
|
Saya
Mengikuti baca tulis Al-Qur’an ( Mengaji Ummi )
|
|
|
|
|
4
|
Saya
Beramal tiap hari jum’at
|
|
|
|
|
4.
Mengucapkan Salam:
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Saya
mengucapkan salam ketika masuk kelas
|
|
|
|
|
2
|
Saya
mengucapkan salam ketika ada guru
|
|
|
|
|
3
|
Saya
mengucapkan salam ketika pulang sekolah
|
|
|
|
|
5.
Meyakini (keimanan):
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Saya
meyakini semua ciptaan Allah SWT
|
|
|
|
|
2
|
Saya
meyakini Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah
|
|
|
|
|
3
|
Saya
meyakini Al-Qur’an sebagai kitab suci kita
|
|
|
|
|
6.
Toleransi Beribadah:
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Saya
menghormati teman yang sedang mengaji Ummi
|
|
|
|
|
2
|
Saya
berpuasa pada bulan Ramadhan
|
|
|
|
|
3
|
Saya
menghormati teman yang sedang berpuasa Ramadhan
|
|
|
|
|
4
|
Saya
menghargai berapapun nominal infaq setiap hari jum’at
|
|
|
|
|
5
|
Saya
membantu teman yang sedang dalam kesulitan
|
|
|
|
|
INSTRUMEN
PENILAIAN ANTAR TEMAN SIKAP SPIRITUAL
Nama
Peserta Didik: .................... Kelas
:
1 ( SATU )
1.
Berdoa sebelum dan sesudah beraktifitas:
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Temanku
Berdoa sebelum memulai belajar
|
|
|
|
|
2
|
Temanku
Berdoa sesudah melaksanakan belajar
|
|
|
|
|
3
|
Temanku
Berdoa sebelum mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
4
|
Temanku
Berdoa sesudah mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
5
|
Temanku
Berdoa sebelum dan sesudah makan/minum
|
|
|
|
|
2.
Aspek Bersyukur:
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Temanku
bersyukur mempunyai teman baru
|
|
|
|
|
2
|
Temanku
bersyukur bisa mengikuti pembelajaran sampai selesai
|
|
|
|
|
3
|
Temanku
bersyukur bisa menikmati makanan sehat dan halal
|
|
|
|
|
4
|
Temanku
bersyukur bisa berbagi dengan teman
|
|
|
|
|
5
|
Temanku
bersyukur mendapatkan kasih sayang orang tua
|
|
|
|
|
3.
Ketaatan Beribadah:
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Temanku
Mengikuti pembacaaan surat – surat pendek
|
|
|
|
|
2
|
Temanku
Mengikuti baca asma’ul husna
|
|
|
|
|
3
|
Temanku
Mengikuti baca tulis Al-Qur’an ( Mengaji Ummi )
|
|
|
|
|
4
|
Temanku
Beramal tiap hari jum’at
|
|
|
|
|
4.
Mengucapkan Salam:
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Temanku
mengucapkan salam ketika masuk kelas
|
|
|
|
|
2
|
Temanku
mengucapkan salam ketika ada guru
|
|
|
|
|
3
|
Temanku
mengucapkan salam ketika pulang sekolah
|
|
|
|
|
5.
Meyakini (keimanan):
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Temanku
meyakini semua ciptaan Allah SWT
|
|
|
|
|
2
|
Temanku
meyakini Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah
|
|
|
|
|
3
|
Temanku
meyakini Al-Qur’an sebagai kitab suci kita
|
|
|
|
|
6.
Toleransi Beribadah:
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Temanku
menghormati teman yang sedang mengaji Ummi
|
|
|
|
|
2
|
Temanku
berpuasa pada bulan Ramadhan
|
|
|
|
|
3
|
Temanku
menghormati teman lain yang sedang berpuasa Ramadhan
|
|
|
|
|
4
|
Temanku
menghargai berapapun nominal infaq setiap hari jum’at
|
|
|
|
|
5
|
Temanku
membantu teman yang sedang dalam kesulitan
|
|
|
|
|
INSTRUMEN
OBSERVASI PENILAIAN DIRI SIKAP SOSIAL
Nama : Kelas
: 1 (Satu )
1.
Aspek Percaya diri
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Saya
berani memperkenalkan diri didepan kelas
|
|
|
|
|
2
|
Saya
berani melakukan permainan lempar dan tangkap bola didepan kelas
|
|
|
|
|
3
|
Saya
berani bertanya kepada guru ketika tidak faham pelajaran .
|
|
|
|
|
4
|
Saya
bisa menjawab semua pertanyaan guru
|
|
|
|
|
5
|
Saya
mengejakan tugas tidak kenal lelah
|
|
|
|
|
2.
Aspek disiplin
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Saya
datang tepat waktu kesekolah
|
|
|
|
|
2
|
Saya
memakai seragam lengkap setiap hari
|
|
|
|
|
3
|
Saya
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
|
|
|
|
|
4
|
Saya
mematuhi peraturan yang ada disekolah
/ kelas
|
|
|
|
|
5
|
Saya
pulang tepat waktu selesai sekolah
|
|
|
|
|
3.
Aspek Kerjasama
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Saya
melaksanakan piket kelas bersama teman
|
|
|
|
|
2
|
Saya membantu teman melaksanakan tugas kelompok
|
|
|
|
|
3
|
Saya
membantu teman yang membutuhkan tanpa mengharap imbalan
|
|
|
|
|
4
|
Saya
mengajak teman untuk melaksanakan tugas kelompok
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
4.
Aspek Kesantunan
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Saya
mengucapkan salam ketika bertemu ibu dan bapak guru
|
|
|
|
|
2
|
Saya
tidak berkata kotor kepada teman saat
disekolah
|
|
|
|
|
3
|
Saya
tidak menyela pembicaraan guru saat pelajaran berlangsung.
|
|
|
|
|
4
|
Saya
mengucapkan terimakasih ketika menerima bantuan dari teman / orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Saya
meminta izin guru ketika masuk dan keluar kelas
|
|
|
|
|
5.
Ketelitian
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Saya
menyiapkan tas dan buku pelajaran setiap hari
|
|
|
|
|
2
|
Saya
mengerjakan tugas dengan hati-hati
|
|
|
|
|
3
|
Saya
mengerjakan soal ulangan dengan baik dan hati-hati
|
|
|
|
|
4
|
Saya
mengoreksi kembali hasil pekerjaan sebelum dikumpulkan
|
|
|
|
|
5
|
Saya
selalu memperhatikan tugas yang diberikan oleh guru
|
|
|
|
|
6.
Tanggungjawab
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Saya
menyelesaikan tugas sekolah dengan
baik
|
|
|
|
|
2
|
Saya
mau menerima sangsi ketika melakukan kesalahan
|
|
|
|
|
3
|
Saya
mengembalikan barang yang saya pinjam
|
|
|
|
|
4
|
Saya
mengakui dan meminta maaf kalau melakukan kesalahan pada orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Saya
menepati janji yang saya ucapkan
|
|
|
|
|
INSTRUMEN
PENILAIAN ANTAR TEMAN SIKAP SOSIAL
Nama : ----------------- Kelas
: 1 ( Satu )
1.
Aspek Percaya diri
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Temanku
berani memperkenalkan diri didepan kelas
|
|
|
|
|
2
|
Temanku
berani melakukan permainan, bernyanyi, dan membaca didepan kelas
|
|
|
|
|
3
|
Temanku
berani bertanya kepada guru ketika tidak faham pelajaran
|
|
|
|
|
4
|
Temanku
mau menjawab semua pertanyaan dari guru
|
|
|
|
|
5
|
Temanku mengejakan tugas tidak kenal lelah
|
|
|
|
|
2.
Aspek disiplin
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Temanku
datang tepat waktu kesekolah
|
|
|
|
|
2
|
Temanku
memakai seragam lengkap setiap hari
|
|
|
|
|
3
|
Temanku
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
|
|
|
|
|
4
|
Temanku
mematuhi tatatertib yang ada disekolah
|
|
|
|
|
5
|
Temanku
pulang tepat waktu selesai sekolah
|
|
|
|
|
3.
Aspek Kerjasama
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Temanku
melaksanakan piket kelas bersama teman
|
|
|
|
|
2
|
Temanku
membantu teman melaksanakan tugas kelompok
|
|
|
|
|
3
|
Temanku
membantu teman yang membutuhkan tanpa mengharap imbalan
|
|
|
|
|
4
|
Temanku
mengajak teman mengerjakan tugas kelompok
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
4.
Aspek Kesantunan
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Temanku
mengucapkan salam dan salim ketika bertemu ibu dan bapak guru
|
|
|
|
|
2
|
Temanku
tidak berkata kotor saat disekolah
|
|
|
|
|
3
|
Temanku
tidak menyela pembicaraan guru saat pelajaran berlangsung.
|
|
|
|
|
4
|
Temanku
mengucapkan terimakasih ketika menerima bantuan dari orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Temanku
meminta izin guru ketika masuk dan keluar kelas
|
|
|
|
|
5.
Ketelitian
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Temanku
menyiapkan tas dan buku pelajaran setiap hari
|
|
|
|
|
2
|
Temanku
mengerjakan tugas dengan hati-hati
|
|
|
|
|
3
|
Temanku
mengerjakan soal ulangan dengan baik dan hati-hati
|
|
|
|
|
4
|
Temanku
mengoreksi kembali hasil pekerjaan sebelum dikumpulkan
|
|
|
|
|
5
|
Temanku
selalu memperhatikan tugas yang diberikan oleh guru
|
|
|
|
|
6.
Tanggungjawab
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Temanku menyelesaikan tugas sekolah dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Temanku mau menerima sangsi ketika melakukan
kesalahan
|
|
|
|
|
3
|
Temanku mengembalikan barang yang di pinjam
|
|
|
|
|
4
|
Temanku
mengakui dan meminta maaf kalau melakukan kesalahan pada orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Temanku menepati janji yang pernah diucapkan
|
|
|
|
|