BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pendidikan
merupakan aspek terpenting dalam memajukan suatu bangsa, sehingga pendidikan harus
dilakukan secara profesional. Dan guru adalah ujung tombak dalam menentukan
sukses atau tidaknya pendidikan, oleh karena itu guru garus mampu bersikap
profesional dalam menyelenggarakan pendidikan.
Dalam
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor
16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, jabatan
fungsional guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas,
tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar,
membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada
pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan
pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diduduki
oleh pegawai negeri sipil
Kegiatan
mendidik, mengajar dan mebimbing adalah kegiatan yang urgen dalam keberhasilan
pembelajaran maupun pendidikan, oleh karena itu sebelum melaksanakan
pembelajaran guru dituntut untuk mampu menyusun sebuah perencanaan dengan baik.
Berdasarkan
latar belakang tersebut maka Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG-MI)
Keamatan Banyuputih melaksanakan pelatihan Pengembangan Silabus dan RPP, dengan
harapan dapat meningkatkan kemampuan profesionalnya dan kompetensinya di bidang
perencanaan pembelajaran.
B.
TUJUAN KEGIATAN
Tujuan
dilaksanakannya KKG Paket 1 materi Pengembangan Silabus dan RPP adalah :
1.
Mengembangkan
kompetensi guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran.
2.
Terwujudnya sebuah
pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti (1) pembuatan rencana
pengelolaan pembelajaran baik secara klasikal, kelompok kecil maupun
pembelajaran secara individual; (2) penyusunan materi ajar; (3) pengembangan sistem penilaian dalam
pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi, yaitu sistem penilaiaan yang
selalu mengacu kepada Strandar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan indikator pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.
3.
Hasil pengembangan
silabus dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk
aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan,
sehingga memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran
C.
MANFAAT DIKLAT
1.
Memotivasi
guru yang profesional untuk mengembangkan
mutu dan prestasi kerja pada madrasah tempat tugas masing-masing.
2.
Meningkatkan
kemampuan profesional Guru dalam mengembangkan kemampuannya di bidang penyusunan
perangkan pembelajaran
D.
SASARAN
Terwujudnya
peningkatan kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Banyuputih yang
memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap yang profesional sebagai guru sesuai
dengan tugas dan tanggung jawab sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undaang
Guru.
E.
TARGET
Target yang
harus dicapai dari kegiatan tersebut adalah peserta KKG dapat memahami dan
memiliki keterampilan tentang pengembangan Silabus dan RPP.
BAB II
LAPORAN KEGIATAN
A.
DESKRIPSI TEMPAT DAN WAKTU
1.
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) MI
Kecamatan Banyuputih Paket 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 dilaksanakan pada :
a. Hari : Sabtu
b. Waktu : pukul 10.00 WIB s.d. selesai
Kegiatan
dilaksanakan dalam 3 (tiga) kali pertemuan
Pertemuan Ke-
|
Hari, Tanggal
|
1
|
Sabtu, 1
Agustus 2015
|
2
|
Sabtu, 8 Agustus 2015
|
3
|
Sabtu, 15
Agustus 2015
|
2.
Tempat Pelaksanaan
a. Tempat : Ruang Kelas MI Negeri Kalibalik
b. Alamat : Jl. Lapangan No. 43 Kalibalik, Banyuputih
B.
MATERI KEGIATAN
1.
Hari ke 1 ; 1 Agustus
2015
a. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan
kompetensi dasar ke dalam materi pokok, kegiatan pembe-lajaran, dan indikator
pencapaian kom-petensi untuk penilaian.
b. Prinsip-prinsip pengembangan silabus
-
ILMIAH,yaitu
keseluruhan materi dan kegiatan yg menjadi muatan dlm silabus harus benar dan
dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
-
RELEVAN, yaitu
cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus
sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan
spiritual peserta didik.
-
SISTEMATIS, yaitu
komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai
kompetensi.
-
KONSISTEN, yaitu
adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar,
indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem
penilaian
-
MEMADAI, yaitu
cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem
penialian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
2.
Hari ke 2 ; 8 Agustus
2015
a. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap
muka untuk satu
pertemuan atau lebih.
RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran
peserta didik dalam
upaya mencapai Kompetensi
Dasar (KD): Permendikbud No
65/2013
b. Prinsip Pengembangan RPP
-
Mengakomodasi
perbedaan individu peserta didik
-
Mendorong partisipasi
aktif peserta didik
-
Berpusat pada peserta
didik
-
Mengembangkan budaya
membaca dan menulis
-
Memberikan umpan
balik dan tindak lanjut
-
Mengakomodasi
keterkaitan dan keterpaduan
-
Menerapkan teknologi
informasi dan komunikasi
3.
Hari Ke 3; 15 Agustus
2015
a. Praktik Penyusunan Silabus dan RPP
b. Penutupan
BAB III
PENUTUP
A.
SIMPULAN
Pelaksanaan KKG-MI Paket 1 Materi Pengembangan Silabus dan RPP sangat
bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan
dan keterampilan Guru agar lebih berdaya
guna dan berhasil guna dalam mengembangkan kualitas pembelajaran di madrasah
masing-masing.
B.
TINDAK LANJUT
Peserta
KKG-MI Kecamatan Banyuputih, mengimplementasikan
pengembangan silabus dan RPP pada madrasah tempat tugas masing-masing.
C.
DAMPAK
Peningkatan
pengetahuan dan keterampilan guru dalam pengembangan silabus dan RPP yang akan
memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus membantu
pengembangan karir guru sebagai tenaga profesional.
D.
SARAN
KKG-MI hendaknya secara berkelanjutan melaksanakan program kerja dengan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait
untuk benar-benar bisa membimbing dan memantau dari rencana tindak lanjut yang
telah dibuat sehingga tujuan dan sasaran setiap kegiatan KKG akan tercapai.
No comments:
Post a Comment