Friday, September 27, 2019

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP STANDAR 1 AKREDITASI


INSTRUMEN OBSERVASI PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
Nama Peserta Didik: ....................                                          Kelas                     :  1 ( SATU )

1.      Berdoa sebelum dan sesudah beraktifitas:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya Berdoa sebelum memulai belajar




2
Saya Berdoa sesudah melaksanakan belajar




3
Saya Berdoa sebelum mengerjakan tugas




4
Saya Berdoa sesudah mengerjakan tugas




5
Saya Berdoa sebelum dan sesudah makan/minum





2.       Aspek Bersyukur:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya bersyukur mempunyai teman baru




2
Saya bersyukur bisa mengikuti pembelajaran sampai selesai




3
Saya bersyukur bisa menikmati makanan sehat dan halal




4
Saya bersyukur bisa berbagi dengan teman




5
Saya bersyukur mendapatkan kasih sayang orang tua





3.      Ketaatan Beribadah:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya Mengikuti pembacaaan surat – surat pendek




2
Saya Mengikuti baca asma’ul husna




3
Saya Mengikuti baca tulis Al-Qur’an ( Mengaji Ummi )




4
Saya Beramal tiap hari jum’at





4.      Mengucapkan Salam:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya mengucapkan salam ketika masuk kelas




2
Saya mengucapkan salam ketika ada guru




3
Saya mengucapkan salam ketika pulang sekolah





5.      Meyakini (keimanan):
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya meyakini semua ciptaan Allah SWT




2
Saya meyakini Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah




3
Saya meyakini Al-Qur’an sebagai kitab suci kita





6.      Toleransi Beribadah:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya menghormati teman yang sedang mengaji Ummi




2
Saya berpuasa pada bulan Ramadhan




3
Saya menghormati teman yang sedang berpuasa Ramadhan




4
Saya menghargai berapapun nominal infaq setiap hari jum’at




5
Saya membantu teman yang sedang dalam kesulitan







INSTRUMEN PENILAIAN ANTAR TEMAN SIKAP SPIRITUAL
Nama Peserta Didik: ....................                                          Kelas                     :   1 ( SATU )

1.      Berdoa sebelum dan sesudah beraktifitas:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku Berdoa sebelum memulai belajar




2
Temanku Berdoa sesudah melaksanakan belajar




3
Temanku Berdoa sebelum mengerjakan tugas




4
Temanku Berdoa sesudah mengerjakan tugas




5
Temanku Berdoa sebelum dan sesudah makan/minum





2.       Aspek Bersyukur:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku bersyukur mempunyai teman baru




2
Temanku bersyukur bisa mengikuti pembelajaran sampai selesai




3
Temanku bersyukur bisa menikmati makanan sehat dan halal




4
Temanku bersyukur bisa berbagi dengan teman




5
Temanku bersyukur mendapatkan kasih sayang orang tua





3.      Ketaatan Beribadah:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku Mengikuti pembacaaan surat – surat pendek




2
Temanku Mengikuti baca asma’ul husna




3
Temanku Mengikuti baca tulis Al-Qur’an ( Mengaji Ummi )




4
Temanku Beramal tiap hari jum’at





4.      Mengucapkan Salam:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku mengucapkan salam ketika masuk kelas




2
Temanku mengucapkan salam ketika ada guru




3
Temanku mengucapkan salam ketika pulang sekolah





5.      Meyakini (keimanan):
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku meyakini semua ciptaan Allah SWT




2
Temanku meyakini Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah




3
Temanku meyakini Al-Qur’an sebagai kitab suci kita





6.      Toleransi Beribadah:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku menghormati teman yang sedang mengaji Ummi




2
Temanku berpuasa pada bulan Ramadhan




3
Temanku menghormati teman lain yang sedang berpuasa Ramadhan




4
Temanku menghargai berapapun nominal infaq setiap hari jum’at




5
Temanku membantu teman yang sedang dalam kesulitan






INSTRUMEN OBSERVASI PENILAIAN DIRI SIKAP SOSIAL

Nama               :                                                                                            Kelas : 1 (Satu )
1.      Aspek  Percaya diri

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya berani memperkenalkan diri didepan kelas




2
Saya berani melakukan permainan lempar dan tangkap bola didepan kelas




3
Saya berani bertanya kepada guru ketika tidak faham pelajaran .




4
Saya bisa menjawab semua pertanyaan guru




5
Saya mengejakan tugas tidak kenal lelah





2.      Aspek disiplin

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya datang tepat waktu kesekolah




2
Saya memakai seragam lengkap setiap hari




3
Saya mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru




4
Saya mematuhi peraturan  yang ada disekolah / kelas




5
Saya pulang tepat waktu selesai sekolah





3.      Aspek  Kerjasama

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya melaksanakan piket kelas bersama teman




2
Saya  membantu teman melaksanakan tugas kelompok




3
Saya membantu teman yang membutuhkan tanpa mengharap imbalan




4
Saya mengajak teman untuk melaksanakan tugas kelompok




5






4.      Aspek  Kesantunan

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya mengucapkan salam ketika bertemu ibu dan bapak guru




2
Saya tidak berkata kotor kepada teman  saat disekolah




3
Saya tidak menyela pembicaraan guru saat pelajaran berlangsung.




4
Saya mengucapkan terimakasih ketika menerima bantuan dari teman / orang lain




5
Saya meminta izin guru ketika masuk dan keluar kelas





5.      Ketelitian

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya menyiapkan tas dan buku pelajaran setiap hari




2
Saya mengerjakan tugas dengan hati-hati




3
Saya mengerjakan soal ulangan dengan baik dan hati-hati




4
Saya mengoreksi kembali hasil pekerjaan sebelum dikumpulkan




5
Saya selalu memperhatikan tugas yang diberikan oleh guru





6.      Tanggungjawab

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya menyelesaikan tugas  sekolah dengan baik




2
Saya mau menerima sangsi ketika melakukan kesalahan




3
Saya mengembalikan barang yang saya pinjam




4
Saya mengakui dan meminta maaf kalau melakukan kesalahan pada orang lain




5
Saya menepati janji yang  saya ucapkan












INSTRUMEN PENILAIAN ANTAR TEMAN SIKAP SOSIAL

Nama   : -----------------                                                                                     Kelas : 1 ( Satu )

1.      Aspek  Percaya diri

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku berani memperkenalkan diri didepan kelas




2
Temanku berani melakukan permainan, bernyanyi, dan membaca didepan kelas




3
Temanku berani bertanya kepada guru ketika tidak faham pelajaran




4
Temanku mau menjawab semua pertanyaan dari guru




5
Temanku  mengejakan tugas tidak kenal lelah





2.      Aspek disiplin

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku datang tepat waktu kesekolah




2
Temanku memakai seragam lengkap setiap hari




3
Temanku mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru




4
Temanku mematuhi tatatertib yang ada disekolah




5
Temanku pulang tepat waktu selesai sekolah





3.      Aspek  Kerjasama

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku melaksanakan piket kelas bersama teman




2
Temanku membantu teman melaksanakan tugas kelompok




3
Temanku membantu teman yang membutuhkan tanpa mengharap imbalan




4
Temanku mengajak teman mengerjakan tugas kelompok




5






4.      Aspek  Kesantunan

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku mengucapkan salam dan  salim  ketika bertemu ibu dan bapak guru




2
Temanku tidak berkata kotor saat disekolah




3
Temanku tidak menyela pembicaraan guru saat pelajaran berlangsung.




4
Temanku mengucapkan terimakasih ketika menerima bantuan dari orang lain




5
Temanku meminta izin guru ketika masuk dan keluar kelas





5.      Ketelitian

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku menyiapkan tas dan buku pelajaran setiap hari




2
Temanku mengerjakan tugas dengan hati-hati




3
Temanku mengerjakan soal ulangan dengan baik dan hati-hati




4
Temanku mengoreksi kembali hasil pekerjaan sebelum dikumpulkan




5
Temanku selalu memperhatikan tugas yang diberikan oleh guru





6.      Tanggungjawab

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku  menyelesaikan tugas  sekolah dengan baik




2
Temanku  mau menerima sangsi ketika melakukan kesalahan




3
Temanku  mengembalikan barang yang di pinjam




4
Temanku mengakui dan meminta maaf kalau melakukan kesalahan pada orang lain




5
Temanku  menepati janji yang pernah diucapkan











No comments:

Post a Comment