Friday, September 27, 2019

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP STANDAR 1 AKREDITASI


INSTRUMEN OBSERVASI PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
Nama Peserta Didik: ....................                                          Kelas                     :  1 ( SATU )

1.      Berdoa sebelum dan sesudah beraktifitas:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya Berdoa sebelum memulai belajar




2
Saya Berdoa sesudah melaksanakan belajar




3
Saya Berdoa sebelum mengerjakan tugas




4
Saya Berdoa sesudah mengerjakan tugas




5
Saya Berdoa sebelum dan sesudah makan/minum





2.       Aspek Bersyukur:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya bersyukur mempunyai teman baru




2
Saya bersyukur bisa mengikuti pembelajaran sampai selesai




3
Saya bersyukur bisa menikmati makanan sehat dan halal




4
Saya bersyukur bisa berbagi dengan teman




5
Saya bersyukur mendapatkan kasih sayang orang tua





3.      Ketaatan Beribadah:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya Mengikuti pembacaaan surat – surat pendek




2
Saya Mengikuti baca asma’ul husna




3
Saya Mengikuti baca tulis Al-Qur’an ( Mengaji Ummi )




4
Saya Beramal tiap hari jum’at





4.      Mengucapkan Salam:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya mengucapkan salam ketika masuk kelas




2
Saya mengucapkan salam ketika ada guru




3
Saya mengucapkan salam ketika pulang sekolah





5.      Meyakini (keimanan):
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya meyakini semua ciptaan Allah SWT




2
Saya meyakini Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah




3
Saya meyakini Al-Qur’an sebagai kitab suci kita





6.      Toleransi Beribadah:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya menghormati teman yang sedang mengaji Ummi




2
Saya berpuasa pada bulan Ramadhan




3
Saya menghormati teman yang sedang berpuasa Ramadhan




4
Saya menghargai berapapun nominal infaq setiap hari jum’at




5
Saya membantu teman yang sedang dalam kesulitan







INSTRUMEN PENILAIAN ANTAR TEMAN SIKAP SPIRITUAL
Nama Peserta Didik: ....................                                          Kelas                     :   1 ( SATU )

1.      Berdoa sebelum dan sesudah beraktifitas:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku Berdoa sebelum memulai belajar




2
Temanku Berdoa sesudah melaksanakan belajar




3
Temanku Berdoa sebelum mengerjakan tugas




4
Temanku Berdoa sesudah mengerjakan tugas




5
Temanku Berdoa sebelum dan sesudah makan/minum





2.       Aspek Bersyukur:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku bersyukur mempunyai teman baru




2
Temanku bersyukur bisa mengikuti pembelajaran sampai selesai




3
Temanku bersyukur bisa menikmati makanan sehat dan halal




4
Temanku bersyukur bisa berbagi dengan teman




5
Temanku bersyukur mendapatkan kasih sayang orang tua





3.      Ketaatan Beribadah:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku Mengikuti pembacaaan surat – surat pendek




2
Temanku Mengikuti baca asma’ul husna




3
Temanku Mengikuti baca tulis Al-Qur’an ( Mengaji Ummi )




4
Temanku Beramal tiap hari jum’at





4.      Mengucapkan Salam:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku mengucapkan salam ketika masuk kelas




2
Temanku mengucapkan salam ketika ada guru




3
Temanku mengucapkan salam ketika pulang sekolah





5.      Meyakini (keimanan):
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku meyakini semua ciptaan Allah SWT




2
Temanku meyakini Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah




3
Temanku meyakini Al-Qur’an sebagai kitab suci kita





6.      Toleransi Beribadah:
No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku menghormati teman yang sedang mengaji Ummi




2
Temanku berpuasa pada bulan Ramadhan




3
Temanku menghormati teman lain yang sedang berpuasa Ramadhan




4
Temanku menghargai berapapun nominal infaq setiap hari jum’at




5
Temanku membantu teman yang sedang dalam kesulitan






INSTRUMEN OBSERVASI PENILAIAN DIRI SIKAP SOSIAL

Nama               :                                                                                            Kelas : 1 (Satu )
1.      Aspek  Percaya diri

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya berani memperkenalkan diri didepan kelas




2
Saya berani melakukan permainan lempar dan tangkap bola didepan kelas




3
Saya berani bertanya kepada guru ketika tidak faham pelajaran .




4
Saya bisa menjawab semua pertanyaan guru




5
Saya mengejakan tugas tidak kenal lelah





2.      Aspek disiplin

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya datang tepat waktu kesekolah




2
Saya memakai seragam lengkap setiap hari




3
Saya mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru




4
Saya mematuhi peraturan  yang ada disekolah / kelas




5
Saya pulang tepat waktu selesai sekolah





3.      Aspek  Kerjasama

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya melaksanakan piket kelas bersama teman




2
Saya  membantu teman melaksanakan tugas kelompok




3
Saya membantu teman yang membutuhkan tanpa mengharap imbalan




4
Saya mengajak teman untuk melaksanakan tugas kelompok




5






4.      Aspek  Kesantunan

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya mengucapkan salam ketika bertemu ibu dan bapak guru




2
Saya tidak berkata kotor kepada teman  saat disekolah




3
Saya tidak menyela pembicaraan guru saat pelajaran berlangsung.




4
Saya mengucapkan terimakasih ketika menerima bantuan dari teman / orang lain




5
Saya meminta izin guru ketika masuk dan keluar kelas





5.      Ketelitian

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya menyiapkan tas dan buku pelajaran setiap hari




2
Saya mengerjakan tugas dengan hati-hati




3
Saya mengerjakan soal ulangan dengan baik dan hati-hati




4
Saya mengoreksi kembali hasil pekerjaan sebelum dikumpulkan




5
Saya selalu memperhatikan tugas yang diberikan oleh guru





6.      Tanggungjawab

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Saya menyelesaikan tugas  sekolah dengan baik




2
Saya mau menerima sangsi ketika melakukan kesalahan




3
Saya mengembalikan barang yang saya pinjam




4
Saya mengakui dan meminta maaf kalau melakukan kesalahan pada orang lain




5
Saya menepati janji yang  saya ucapkan












INSTRUMEN PENILAIAN ANTAR TEMAN SIKAP SOSIAL

Nama   : -----------------                                                                                     Kelas : 1 ( Satu )

1.      Aspek  Percaya diri

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku berani memperkenalkan diri didepan kelas




2
Temanku berani melakukan permainan, bernyanyi, dan membaca didepan kelas




3
Temanku berani bertanya kepada guru ketika tidak faham pelajaran




4
Temanku mau menjawab semua pertanyaan dari guru




5
Temanku  mengejakan tugas tidak kenal lelah





2.      Aspek disiplin

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku datang tepat waktu kesekolah




2
Temanku memakai seragam lengkap setiap hari




3
Temanku mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru




4
Temanku mematuhi tatatertib yang ada disekolah




5
Temanku pulang tepat waktu selesai sekolah





3.      Aspek  Kerjasama

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku melaksanakan piket kelas bersama teman




2
Temanku membantu teman melaksanakan tugas kelompok




3
Temanku membantu teman yang membutuhkan tanpa mengharap imbalan




4
Temanku mengajak teman mengerjakan tugas kelompok




5






4.      Aspek  Kesantunan

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku mengucapkan salam dan  salim  ketika bertemu ibu dan bapak guru




2
Temanku tidak berkata kotor saat disekolah




3
Temanku tidak menyela pembicaraan guru saat pelajaran berlangsung.




4
Temanku mengucapkan terimakasih ketika menerima bantuan dari orang lain




5
Temanku meminta izin guru ketika masuk dan keluar kelas





5.      Ketelitian

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku menyiapkan tas dan buku pelajaran setiap hari




2
Temanku mengerjakan tugas dengan hati-hati




3
Temanku mengerjakan soal ulangan dengan baik dan hati-hati




4
Temanku mengoreksi kembali hasil pekerjaan sebelum dikumpulkan




5
Temanku selalu memperhatikan tugas yang diberikan oleh guru





6.      Tanggungjawab

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Temanku  menyelesaikan tugas  sekolah dengan baik




2
Temanku  mau menerima sangsi ketika melakukan kesalahan




3
Temanku  mengembalikan barang yang di pinjam




4
Temanku mengakui dan meminta maaf kalau melakukan kesalahan pada orang lain




5
Temanku  menepati janji yang pernah diucapkan











ISI HASIL LAPORAN KEGIATAN KKG DI GUGUS BINA


BAB I
PENDAHULUAN


A.    LATAR  BELAKANG
Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam memajukan suatu bangsa, sehingga pendidikan harus dilakukan secara profesional. Dan guru adalah ujung tombak dalam menentukan sukses atau tidaknya pendidikan, oleh karena itu guru garus mampu bersikap profesional dalam menyelenggarakan pendidikan.
Dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, jabatan fungsional guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diduduki oleh pegawai negeri sipil
Kegiatan mendidik, mengajar dan mebimbing adalah kegiatan yang urgen dalam keberhasilan pembelajaran maupun pendidikan, oleh karena itu sebelum melaksanakan pembelajaran guru dituntut untuk mampu menyusun sebuah perencanaan dengan baik.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG-MI) Keamatan Banyuputih melaksanakan pelatihan Pengembangan Silabus dan RPP, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan profesionalnya dan kompetensinya di bidang perencanaan pembelajaran.
                                                                                           
B.     TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dilaksanakannya KKG Paket 1 materi Pengembangan Silabus dan RPP adalah :
1.      Mengembangkan kompetensi guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran.
2.      Terwujudnya sebuah pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti (1) pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran baik secara klasikal, kelompok kecil maupun pembelajaran secara individual; (2) penyusunan materi ajar; (3)  pengembangan sistem penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi, yaitu sistem penilaiaan yang selalu mengacu kepada Strandar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan indikator   pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.
3.      Hasil pengembangan silabus dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran

C.    MANFAAT DIKLAT
1.      Memotivasi guru yang profesional untuk mengembangkan mutu dan prestasi kerja pada madrasah tempat tugas masing-masing.
2.      Meningkatkan kemampuan profesional Guru dalam mengembangkan kemampuannya di bidang penyusunan perangkan pembelajaran

D.    SASARAN
Terwujudnya peningkatan kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Banyuputih yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap yang profesional sebagai guru sesuai dengan tugas dan tanggung jawab sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undaang Guru.

E.     TARGET
Target yang harus dicapai dari kegiatan tersebut adalah peserta KKG dapat memahami dan memiliki keterampilan tentang pengembangan Silabus dan RPP.

BAB II
LAPORAN KEGIATAN


A.    DESKRIPSI TEMPAT DAN WAKTU
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) MI Kecamatan Banyuputih Paket 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 dilaksanakan pada :
a.       Hari                :  Sabtu
b.      Waktu            :  pukul 10.00 WIB s.d. selesai
      Kegiatan dilaksanakan dalam 3 (tiga) kali pertemuan
Pertemuan Ke-
Hari, Tanggal
1
Sabtu, 1 Agustus  2015
2
Sabtu, 8 Agustus  2015
3
Sabtu, 15 Agustus  2015

2.      Tempat Pelaksanaan
a.       Tempat                       :  Ruang Kelas MI Negeri Kalibalik
b.      Alamat                       :  Jl. Lapangan No. 43 Kalibalik, Banyuputih

B.     MATERI KEGIATAN
1.      Hari ke 1 ; 1 Agustus 2015
a.       Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok, kegiatan pembe-lajaran, dan indikator pencapaian kom-petensi untuk penilaian.
b.      Prinsip-prinsip pengembangan silabus
-          ILMIAH,yaitu keseluruhan materi dan kegiatan yg menjadi muatan dlm silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
-          RELEVAN, yaitu cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik.
-          SISTEMATIS, yaitu komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
-          KONSISTEN, yaitu adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian
-          MEMADAI, yaitu cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penialian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
2.      Hari ke 2 ; 8 Agustus 2015
a.     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran  (RPP)  adalah  rencana  kegiatan pembelajaran  tatap  muka  untuk  satu  pertemuan  atau  lebih.  RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta  didik  dalam  upaya  mencapai  Kompetensi  Dasar  (KD): Permendikbud No 65/2013
b.     Prinsip Pengembangan RPP
-          Mengakomodasi perbedaan individu peserta didik
-          Mendorong partisipasi aktif peserta didik
-          Berpusat pada peserta didik
-          Mengembangkan budaya membaca dan menulis
-          Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
-          Mengakomodasi keterkaitan dan keterpaduan
-          Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
3.      Hari Ke 3; 15 Agustus 2015
a.       Praktik Penyusunan Silabus dan RPP
b.      Penutupan












BAB III
PENUTUP

A.    SIMPULAN
Pelaksanaan KKG-MI Paket 1 Materi Pengembangan Silabus dan RPP sangat bermanfaat untuk  meningkatkan kemampuan dan keterampilan Guru  agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengembangkan kualitas pembelajaran di madrasah masing-masing.

B.     TINDAK LANJUT
Peserta KKG-MI Kecamatan Banyuputih, mengimplementasikan pengembangan silabus dan RPP pada madrasah tempat tugas masing-masing.

C.    DAMPAK
Peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pengembangan silabus dan RPP yang akan memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus membantu pengembangan karir guru sebagai tenaga profesional.

D.    SARAN
KKG-MI hendaknya secara berkelanjutan melaksanakan program kerja  dengan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk benar-benar bisa membimbing dan memantau dari rencana tindak lanjut yang telah dibuat sehingga tujuan dan sasaran setiap kegiatan KKG akan tercapai.