RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) KURIKULUM 2013 TK PGRI MANDALAWANGI
TEMA                                     :
REKREASI 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 1
KD : 1.1,1.2, 2.1, 2.5, 2.7, 2.9, 2.11, 2.14, 3.1,
4.1, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.13, 4.13, 3.14,
4.14, 3.15, 4.15.
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | TEMPAT-TEMPAT
  REKREASI | 1.1.4.Mensyukuri
  ciptaan Tuhan | 1.Berdiskusi tentang
  tempat – tempat rekreasi, manfaat & tata tertib | 
 
  |   |   | 1.2.6.Kelestarian
  lingkungan | 2.Mengurutkan gambar
  seri cara berkunjung ke tempat rekreasi | 
 
  |   |   | 2.1.4.Menjaga
  kesehatan | 3.Mau bermain dengan
  teman | 
 
  |   |   | 2.5.6.Bercerita
  tentang pengalaman | 4.Bercerita tentang
  pengalaman anak | 
 
  |   |   | 2.7.2.Sabar menunggu
  giliran | 5.Pentingnya menjaga
  kebersihan di tempat rekreasi | 
 
  |   |   | 2.9.5. Mau berbagi
  dengan teman | 6.Menyanyi lagu
  “Kebun Binatang, Pemandangan, Menuju pantai “ | 
 
  |   |   | 2.11.4. Mudah
  bergaul/berteman  | 7.Memberi tanda
  perbuatan baik dan buruk | 
 
  |   |   | 2.14.4.Memberi dan
  membalas salam | 8.Mencari jejak
  menuju tempat rekreasi | 
 
  |   |   | 3.1.3.dan 4.1.3.Doa
  sebelum bepergian  | 9.Berkunjung ke
  tempat rekreasi terdekat | 
 
  |   |   | 3.4.3.dan
  4.4.3.Membuang sampah pada tempatnya  | 10.Mewarnai gambar
  anak sedang rekreasi | 
 
  |   |   | 3.5.1.dan
  4.5.1.Konsep pengurangan  | 11.Melengkapi huruf
  gambar tempat rekreasi | 
 
  |   |   | 3.5.2.dan
  4.5.2.Mencari jejak tempat rekreasi  | 12.Bermain pasir,
  bermain di bak air | 
 
  |   |   | 3.8.5.dan 4.8.5Tanya
  jawab tempat-tempat rekreasi. | 13.Mengahafal doa
  sebelum bepergian | 
 
  |   |   | 3.10.4.dan
  4.10.4.Suku kata awal sama | 14.Menghitung hasil
  penjumlahan dan pengurangan dengan benda | 
 
  |   |   | 3.11.3.dan
  4.11.3.Lagu anak-anak  | 15. Bermain sepak
  bola, menaiki tangga | 
 
  |   |   | 3.13.2.dan
  3.13.2.Orang-orang yang ada di tempat rekreasi | 16.Berlari sambil
  melompat dengan seimbang | 
 
  |   |   | 3.14.1.dan
  4.14.1.Bermain bebas | 17.Melipat kertas
  menjadi bentuk keranjang sampah | 
 
  |   |   | 3.15.1.dan
  4.15.1.Senandung bunyi-bunyian yangmenyenangkan | 18.Menggambar bebas
  taman kota | 
 
  |   |   |   | 19.Membedakan kata
  yang mempunyai suku kata awal / akhir sama | 
 
  |   |   |   | 20.Bermain dengan
  alat perkusi | 
 
  |   |   |   | 21.Berdiskusi
  tentang memberi dan membalas salam | 
 
  |   |   |   | 22.Berdiskusi
  tentang orang – orang yang ada di pantai | 
 
  |   |   |   | 23.Mengelompokkan
  benda – benda yang ada di tempat rekreasi | 
 
  |   |   |   | 24.Konsep waktu
  (membaca jam) | 
 
  |   |   |   | 25.Bermain peran
  sebagai petugas penjaga tiket masuk | 
 
  |   |   |   | 26.Membatik dan
  jumputan | 
 
  |   |   |   | 27.Gerak dan lagu | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
TEMA                                     :
REKREASI 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 2
KD : 1.1,1.2, 2.1, 2.5, 2.7, 2.9, 2.11, 2.14, 3.1,
4.1, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.13, 4.13, 3.14,
4.14, 3.15, 4.15.
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | PERLENGKAPAN  | 1.1.7.Tidak
  menyakiti binatang | 1.Berdiskusi tentang
  perlengkapan untuk rekreasi | 
 
  |   | REKREASI | 1.2.6.Kelestarian
  lingkungan | 2.Berdiskusi tentang
  pentingnya rekreasi bagi kesehatan | 
 
  |   |   | 2.1.4.Menjaga
  kesehatan | 3.Memberi tanda pada
  gambar perlengkapan rekreasi | 
 
  |   |   | 2.5.6.Bercerita ttg
  prngalaman | 4.Menghafal doa
  sebelum bepergian | 
 
  |   |   | 2.7.2.Sabar menunggu
  giliran | 5.Menggambar bebas
  perlengkapan rekreasi | 
 
  |   |   | 2.9.5. Mau berbagi
  dengan teman | 6.Tata tertib di
  tempat rekreasi | 
 
  |   |   | 2.11.4. Mudah
  bergaul/berteman  | 7.Menggunting dan
  menempel gambar pelampung | 
 
  |   |   | 2.14.4.Memberi dan
  membalas salam | 8.Kolase topi mainan
  dengan kertas | 
 
  |   |   | 3.1.3.dan 4.1.3.Doa
  sebelum bepergian  | 9.Memasangkan benda
  sesuai kata | 
 
  |   |   | 3.4.2.dan 4.4.2.Cuci
  tangan, mandi, menyisir rambut  | 10.Menebali suku
  kata awal sama perlengkapan rekreasi | 
 
  |   |   | 3.5.3.dan
  4.5.3.Puzel  | 11.Diskusi tentang
  orang-orang yang ada ditempat rekreasi | 
 
  |   |   | 3.8.5.dan 4.8.5Tanya
  jawab perlengkapan rekreasi. | 12.Menganyam bentuk
  tas | 
 
  |   |   | 3.10.2.dan
  4.10.2.Menirukan 3 – 4 urutan kata | 13.Bercerita tentang
  pengalaman anak | 
 
  |   |   | 3.11.3.dan
  4.11.3.Lagu anak-anak  | 14.Mencocokkan
  bilangan sesuai gambar | 
 
  |   |   | 3.13.2.dan
  3.13.2.Orang-orang yang ada di tempat rekreasi | 15.Mewarnai gambar
  tenda | 
 
  |   |   | 3.14.1.dan
  4.14.1.Bermain bebas | 16.Menyanyi lagu
  Topi saya bundar | 
 
  |   |   | 3.15.1.dan
  4.15.1.Senandung bunyi-bunyian yang menyenangkan | 17.Menghitung topi | 
 
  |   |   |   | 18.Praktek membuka
  dan menutup payung | 
 
  |   |   |   | 19.Membuat bentuk
  payung dari kertas | 
 
  |   |   |   | 20.Menceritakan
  gambar yang disediakan | 
 
  |   |   |   | 21.Menirukan gerkan
  sederhana | 
 
  |   |   |   | 22.Memilih baju
  renang | 
 
  |   |   |   | 23.Mengelompokkan
  peralatan untuk berenang | 
 
  |   |   |   | 24.Berjalan
  membungkuk | 
 
  |   |   |   | 25.Menyebutkan jenis
  obat anti mabuk | 
 
  |   |   |   | 26.Menari / tari
  payung | 
 
  |   |   |   | 27.Membedakan besar
  – kecil benda | 
 
  |   |   |   | 28.Bermain sambung
  lidah | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
TEMA                                     :
KENDARAAN 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 3
KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2,
4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12.
2.3.15, 4.15.
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | KENDARAAN DARAT | 2.1.4.Menjaga
  kesehatan | 1.Berdiskusi tentang
  kendaraan darat, bagian – bagian kendaraan | 
 
  |   |   | 2.2.3.Mengetahui apa
  yang terjadi | 2.Bercerita mengapa
  mobil bisa berjalan | 
 
  |   |   | 2.5.8.Mengikuti
  lomba naik sepeda | 3.Mencari jejak
  tempat pemberhentian kendaraan  | 
 
  |   |   | 2.6.5.Mentaati
  tertib lalu lintas | 4.Bercerita tentang
  tata tertib berkendara | 
 
  |   |   | 2.7.1. Saling
  menghormati antar pengendara | 5.Mengelompokkan
  gambar kendaraan darat (roda 2, roda 3, roda 4) | 
 
  |   |   | 2.9.3. Mau
  meminjamkan miliknya | 6.Menyusun pusel
  gambar mobil sedan | 
 
  |   |   | 2.12.2. Memohon dan
  memberi maaf  | 7.Naik sepeda roda 2 | 
 
  |   |   | 2.14.1.Mengucap
  terima kasih | 8.Membuat sajak  | 
 
  |   |   | 3.2.4.dan
  4.2.4.Menolong orang yang kesusahan  | 9.Menggambar bebas
  kendaraan darat | 
 
  |   |   | 3.3.3.dan 4.3.3.Guna
  anggota tubuh untuk  | 10.Menempel
  bentuk-bentuk geometri pada gambar truk | 
 
  |   |   |  mengendarai kendaraan  | 11.Mewarnai gambar
  kendaraan darat | 
 
  |   |   | 3.5.3.dan
  4.5.3.Menyusun puzel bentuk mobil  | 12.Menghubungkan
  gambar dengan kata | 
 
  |   |   | 3.6.2.dan
  4.6.2.Bagian-bagian kendaraan. | 13.Menyanyi lagu
  “Sepeda Baru, Bis kota “ | 
 
  |   |   | 3.6.7.dan
  4.6.7.Konsep bilangan | 14.Penjumlahan dan
  pengurangan dengan benda | 
 
  |   |   | 3.7.4.dan
  4.7.4.Macam-macam kendaraan darat | 15.Bermain
  mobil-mobilan | 
 
  |   |   | 3.9.4.dan
  4.9.4.Miniatur kendaraan darat  | 16.Membuat terminal
  dengan balok-balok | 
 
  |   |   | 3.11.4.dan
  3.11.4.Syair | 17.Membuat
  mobil-mobilan dari kardus bekas | 
 
  |   |   | 3.12.1.dan
  4.12.1.Huruf vokal dan konsonan  | 18.Menghitung jumlah
  roda kendaraan  | 
 
  |   |   | 3.15.2.dan
  4.15.2.Tertarik ingin naik sepeda / becak | 19.Memasangkan angka
  dengan jumlah bagian – bagian kendaraan | 
 
  |   |   | . | 20.Membuat tulisan /
  cerita mengenai gambar yang telah dibuatnya | 
 
  |   |   |   | 21.Mengamati sepeda,
  sepeda motor | 
 
  |   |   |   | 22.Menirukan gerakan
  orang mengemudi | 
 
  |   |   |   | 23.Membuat bentuk
  kereta api dengan tehnik 3m | 
 
  |   |   |   | 24.Melengkapi kata | 
 
  |   |   |   | 25.Gerak dan lagu
  “Tamasya “ | 
 
  |   |   |   | 26.Tepuk tangan
  dengan pola | 
 
  |   |   |   | 27.Membedakan dua
  benda (sepeda dan sepeda motor) | 
 
  |   |   |   | 28.Mengunjungi
  stasiun | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
TEMA                                     :
KENDARAAN 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 4
KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2,
4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12.
2.3.15, 4.15.
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | KENDARAAN AIR | 2.1.4.Menjaga
  kesehatan | 1.Berdiskusi tentang
  kendaraan air | 
 
  |   | - Perahu layar | 2.2.3.Mengetahui apa
  yang terjadi | 2.Mengelompokkan
  gambar kendaraan air | 
 
  |   | - Kapal laut | 2.5.1.Berani
  bertanya | 3.Bercerita tentang
  gambar yang disediakan | 
 
  |   | - Rakit | 2.6.5.Mentaati
  tertib berkendara | 4.Membuat bentuk
  dermaga dari balok - balok | 
 
  |   | - Perahu karet / | 2.7.1. Saling
  menghormati antar penumpang | 5.Mozaik gambar
  kapal laut | 
 
  |   |  pelampung | 2.9.3. Mau
  meminjamkan miliknya | 6.Menyusun pusel
  gambar kapal laut | 
 
  |   |   | 2.12.1.
  Menyelesaikan pekerjaan sampai selesai  | 7.Bersyair “Kapal
  Laut” | 
 
  |   |   | 2.14.1.Mengucap
  terima kasih | 8.Menyebutkan huruf
  konsonan dari nama-nama kendaraan laut | 
 
  |   |   | 3.2.4.dan
  4.2.4.Menolong orang yang kesusahan  | 9.Membiasakan anak
  mengucap terimakasih | 
 
  |   |   | 3.3.3.dan 4.3.3.Guna
  anggota tubuh untuk  | 10.Melipat kertas
  menjadi bentuk perahu | 
 
  |   |   | mengendarai
  kendaraan  | 11.Menirukan gerakan
  mendayung perahu | 
 
  |   |   | 3.5.3.dan
  4.5.3.Menyusun puzel bentuk kapal laut  | 12.Menghubungkan
  gambar kendaraan laut dengan kartu kata | 
 
  |   |   | 3.6.2.dan
  4.6.2.Bentuk-bentuk kendaraan air | 13.Mencipta bentuk
  perahu layar dengan kepingan geometri | 
 
  |   |   | 3.7.4.dan
  4.7.4.Macam-macam kendaraan air | 14.Melengkapi gambar
  kapal laut | 
 
  |   |   | 3.9.4.dan
  4.9.4.Miniatur kendaraan air  | 15.Bermain
  manjalankan kapal laut di bak air | 
 
  |   |   | 3.11.4.dan
  4.11.4.Syair | 16.Membuat urutan
  bilangan | 
 
  |   |   | 3.12.1.dan
  4.12.1.Huruf vokal dan konsonan  | 17.Menggambar bebas
  perahu layar | 
 
  |   |   | 3.15.2.dan
  4.15.2.Tertarik ingin naik perahu | 18.Mengelompokkan
  huruf vokal dari suatu kata | 
 
  |   |   |   | 19.Menghitung gambar
  perahu layar | 
 
  |   |   | . | 20.Membuat bentuk
  rakit dari sedotan | 
 
  |   |   |   | 21.Membedakan besar
  – kecil kendaraan air | 
 
  |   |   |   | 22.Menyebutkan
  posisi benda | 
 
  |   |   |   | 23.Berjalan di atas
  papan titian | 
 
  |   |   |   | 24.Mengulang kalimat
  sederhana | 
 
  |   |   |   | 25.Bemain lompat
  tali | 
 
  |   |   |   | 26.Mencocok gambar
  perahu layar | 
 
  |   |   |   | 27.Mencocokkan
  bilangan dengan benda | 
 
  |   |   |   | 28.Bercerita tentang
  pengalaman | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
TEMA                                     :
KENDARAAN 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 5
KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2,
4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12,
4.12,  2.3.15, 4.15.
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | KENDARAAN UDARA | 2.1.4.Menjaga
  kesehatan | 1.Berdiskusi tentang
  kendaraan udara | 
 
  |   | - Pesawat terbang | 2.2.3.Mengetahui apa
  yang terjadi | 2.Bermain peran
  sebagai pilot | 
 
  |   | - Helikopter | 2.5.1.Berani
  bertanya | 3.Menggunting gambar
  pesawat terbang | 
 
  |   | -Kapal layang | 2.6.5.Mentaati
  tertib berkendara | 4.Mengelompokkan
  gambar kendaraan udara | 
 
  |   | - Balon udara | 2.7.1. Saling
  menghormati antar penumpang | 5.Bersyair
  “Pesawatku” | 
 
  |   |   | 2.9.3. Mau
  meminjamkan miliknya | 6.Memasangkan kartu
  huruf pada gambar kendaraan udara | 
 
  |   |   | 2.12.1.
  Menyelesaikan pekerjaan sampai selesai  | 7.Menggambar bentuk
  helikopter | 
 
  |   |   | 2.14.1.Mengucap
  terima kasih | 8.Membuat bentuk
  pesawat terbang | 
 
  |   |   | 3.2.4.dan
  4.2.4.Menolong orang yang kesusahan  | 9.Mau meminjamkan
  pesawat mainan miliknya | 
 
  |   |   | 3.3.3.dan 4.3.3.Guna
  anggota tubuh untuk  | 10.Mencari huruf
  awal sama nama kendaraan udara | 
 
  |   |   | mengendarai
  kendaraan  | 11.Kolase gambar
  helikopter dengan kertas | 
 
  |   |   | 3.5.2.dan
  4.5.2.Mencari jejak  | 12.Menyebutkan
  konsep waktu | 
 
  |   |   | 3.6.2.dan
  4.6.2.Bentuk-bentuk kendaraan udara | 13.Menirukan gerakan
  pesawat terbang | 
 
  |   |   | 3.7.4.dan
  4.7.4.Macam-macam kendaraan udara | 14.Menghitung jumlah
  pesawat, helikopter dll | 
 
  |   |   | 3.9.4.dan
  4.9.4.Miniatur kendaraan udara  | 15.Mencari jejak
  menuju bandara | 
 
  |   |   | 3.11.4.dan
  4.11.4.Syair | 16.Memasangkan kartu
  huruf pada gambar kendaraan udara | 
 
  |   |   | 3.12.2.dan
  4.12.2.Huruf awal sama  | 17.Gerak dan lagu | 
 
  |   |   | 3.15.2.dan
  4.15.2.Tertarik ingin naik pesawat | 18.Membuat baling –
  baling dari stiker es | 
 
  |   |   |   | 19.Mencari perbedaan
  pesawat terbang dengan helikopter | 
 
  |   |   | . | 20.Membuat mainan
  balon udara | 
 
  |   |   |   | 21.Melambungkan bola | 
 
  |   |   |   | 22.Mengukur panjang
  benang dengan jengkal | 
 
  |   |   |   | 23.Menceritakan
  mengapa balon udara bisa terbang | 
 
  |   |   |   | 24.Mewarnai gambar
  kapal layang | 
 
  |   |   |   | 25.Menghitunghasil
  penjumlahan dengan benda | 
 
  |   |   |   | 26.Meneruskan pola
  gambar kendaraan udara | 
 
  |   |   |   | 27.Melengkapi
  kalimat | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
 
TEMA                                     :
PEKERJAAN 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 6
KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14,
3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3,3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14,
4.14. .3.15, 4.15.
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | BIDANG PENDIDIKAN | 1.1.6.Memanfaatkan
  cipataan Tuhan | 1.Berdiskusi tentang
  pekerjaan di bidang pendidikan, kesehatan | 
 
  |   | - Guru | 1.2.7.Menghargai
  hasil karya orang lain | 2.Bertepuk tangan
  membentuk irama | 
 
  |   | - TU / Pesuruh | 2.1.1.Berolah raga | 3.Mengelompokkan
  peralatan yang dipakai bekerja guru,dokter | 
 
  | 2 | BIDANG KESEHATAN | 2.2.2.Mengetahui
  sebab akibat | 4.Bermain peran
  sebagai guru,dokter,bidan dll | 
 
  |   | - Dokter | 2.6.5. Mentaati tata
  tertib dalam bekerja | 5.Memberi tanda pada
  gambar alat-alat dokter | 
 
  |   | - Bidan | 2.7.4. Saling
  menghargai sesama teman | 6.Menggambar bebas
  peralatan guru,dokter | 
 
  |   | - Perawat | 2.9.2. Tenggang rasa
   | 7.Menyanyi lagu
  “Guruku” | 
 
  |   |   | 2.13.2.Mengakui
  kesalahannya | 8.Mencocok gambar
  termometer | 
 
  |   |   | 2.14.2.Memperhatikan
  orang tua bicara  | 9.Melipat baju
  dokter | 
 
  |   |   | 3.1.7.dan
  4.1.7.Tenaga pendidik dan tenaga medis  | 10.Pantomim pergi ke
  dokter | 
 
  |   |   | 3.2.6.dan
  4.2.6.Simpati terhadap orang sakit  | 11.Mencipta bentuk
  alat-alat dokter dengan plastisin | 
 
  |   |   | 3.3.6.dan
  4.3.6.Koordinasi motorik halus  | 12.Membuat urutan
  bilangan gambar alat-alat untuk bekerja | 
 
  |   |   | 3.6.7.dan
  4.6.7.Konsep bilangan | 13.Menyebutkan
  konsep waktu | 
 
  |   |   | 3.7.5.dan
  4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak | 14.Mencari jejak
  tempat bekerja guru | 
 
  |   |   | 3.9.2.dan
  4.9.2.Alat-alat untuk bekerja | 15.Menghitung jumlah
  guru di sekolahnya | 
 
  |   |   | 3.11.2.dan
  4.11.2.Pantomim  | 16.Menyebutkan nama
  – nama guru | 
 
  |   |   | 3.13.5.dan
  3.13.5.Dapat bekerja kelompok | 17.Senam irama | 
 
  |   |   | 3.14.4.dan
  4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia  | 18.Memberi tanda
  pada gambar anak yang sopan  | 
 
  |   |   | 3.15.4.dan
  4.15.4.Tertarik aktifitas seni | 19.Menirukan 3 – 4
  urutan kata | 
 
  |   |   | . | 20.Permainan warna
  dengan cat & kuas | 
 
  |   |   |   | 21.Menyebutkan
  perbedaan guru & TU / pesuruh | 
 
  |   |   |   | 22.Membuat sajak | 
 
  |   |   |   | 23.Mengurutkan
  peralatan dokter dari kecil – besar | 
 
  |   |   |   | 24.Menghitung jarum
  suntik maiana | 
 
  |   |   |   | 25.Menghubungkan
  tulisan dengan benda | 
 
  |   |   |   | 26.Membuat bentuk
  jarum suntik | 
 
  |   |   |   | 27.Menimbang berat
  badannya sendiri & teman | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
 
TEMA                                     :
PEKERJAAN 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 7
KD : 1.2, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1,
3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6 ,3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14, 4.14, 3.15,
4 15
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | BIDANG KEAMANAN | 1.2.7.Menghargai
  hasil karya orang lain | 1.Mengulang kalimat
  sederhana | 
 
  | 2 | BIDANG PEMERINTAHAN | 2.2.2.Mengetahui
  sebab akibat | 2.Diskusi tentang
  polisi tentara, satpam, hansip, kepala desa, bupati | 
 
  |   | (POLISI, TENTARA, | 2.6.5. Mentaati tata
  tertib dalam bekerja | 3.Membuat pos ronda
  dengan balok-balok | 
 
  |   | HANSIP, SATPAM,
  BUPATI | 2.7.4. Saling
  menghargai sesama teman | 4.Menyanyi lagu
  Polisi | 
 
  |   | KEPALA DESA) | 2.9.2. Tenggang rasa
   | 5.Senam fantasi
  (bapak polisi) | 
 
  |   |   | 2.13.2.Mengakui
  kesalahannya | 6.Membuat bentuk
  trafe ligt dari kepingan geometri | 
 
  |   |   | 2.14.2.Memperhatikan
  orang tua bicara  | 7.Mencari peralatan
  polisi | 
 
  |   |   | 3.1.7.dan
  4.1.7.Tenaga pemerintahan dan tenaga | 8.Membuat bentuk
  pistol dari bombig | 
 
  |   |   | keamanan | 9.Bermain balok | 
 
  |   |   | 3.2.6.dan
  4.2.6.Peduli terhadap keamanan  | 10.Menggambar rambu
  – rambu lalu lintas | 
 
  |   |   | 3.3.6.dan
  4.3.6.Koordinasi motorik halus  | 11.Mengurutkan
  bilangan | 
 
  |   |   | 3.6.7.dan
  4.6.7.Konsep bilangan  | 12.Melengkapi
  kalimat | 
 
  |   |   | 3.7.5.dan
  4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak | 13.Menari (Tari
  Perang) | 
 
  |   |   | 3.9.2.dan
  4.9.2.Alat-alat untuk bekerja | 14.Membuat baju
  untuk tentara | 
 
  |   |   | 3.11.2.dan
  4.11.2.Pantomim  | 15.Membuat topi
  tentara | 
 
  |   |   | 3.13.5.dan
  4.13.5.Dapat bekerja kelompok | 16.Membedakan polisi
  dengan tentara | 
 
  |   |   | 3.14.4.dan
  4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia  | 17.Mencocok gambar
  rangsel tentara | 
 
  |   |   | 3.15.4.dan
  4.15.4.Tertarik aktifitas seni | 18.Mengulang kalimat
  sederhana | 
 
  |   |   |   | 19.Lari estafet
  membawa tongkat | 
 
  |   |   | . | 20.Membuat sabuk
  hansip dari karton bekas | 
 
  |   |   |   | 21.Mengukur panjang
  sabuk dengan penggaris | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
 
TEMA                                     :
PEKERJAAN 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 8
KD : 1.1, 1.2, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6. 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14, 4.14, 3.15,
4.15.
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | BIDANG SWASTA | 1.1.6.Memanfaatkan
  cipataan Tuhan | 1.Diskusi tentang
  petani, nelayan, koki, penjahit | 
 
  |   | (PETANI,KOKI, | 1.2.7.Menghargai
  hasil karya orang lain | 2.Diskus tentang
  peralatan untuk bekerja | 
 
  |   | TUKANG KAYU,  | 2.2.2.Mengethui
  sebab akibat | 3.Pantomim sebagai
  petani | 
 
  |   | NELAYAN) | 2.6.5. Mentaati tata
  tertib dalam bekerja | 4.Mengelompokkan
  alat pertanian, tukang kayu, koki, penjahit dll | 
 
  |   |   | 2.7.4. Saling
  menghargai sesama teman | 5.Meniru angka pada
  gambar kue | 
 
  |   |   | 2.9.2. Tenggang rasa
   | 6.Membaca buku
  cerita bergambar | 
 
  |   |   | 2.13.2.Mengakui
  kesalahannya | 7.Mewarnai gambar
  petani | 
 
  |   |   | 2.14.2.Memperhatikan
  orang tua bicara  | 8.Mengisi pola
  gambar palu dengan serbuk gergaji | 
 
  |   |   | 3.1.7.dan
  4.1.7.Seniman,wira usahawan,wartawan | 9.Menghitung hasil
  petani (penjumlahan) | 
 
  |   |   | 3.2.6.dan
  4.2.6.Simpati terhadap berita dimedia  | 10.Membuat cangkul
  dari karton bekas | 
 
  |   |   | 3.3.6.dan
  4.3.6.Koordinasi motorik halus  | 11.Bergerak bebas
  sesuai irama musik | 
 
  |   |   | 3.6.7.dan
  4.6.7.Konsep bilangan | 12.Senam fantasi
  meniru petani | 
 
  |   |   | 3.7.5.dan
  4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak | 13.Menghitung hasil
  petani | 
 
  |   |   | 3.9.2.dan
  4.9.2.Alat-alat untuk bekerja | 14.Mencari jejak
  hasil pertanian | 
 
  |   |   | 3.11.2.dan
  4.11.2.Pantomim  | 15.Mengurutkan
  caramenanam padi | 
 
  |   |   | 3.13.5.dan
  4.13.5.Dapat bekerja kelompok | 16.Melompati simpai | 
 
  |   |   | 3.14.4.dan
  4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia  | 17.Menganyam bentuk
  caping petani | 
 
  |   |   | 3.15.4.dan
  4.15.4.Tertarik aktifitas seni | 18.Mengukur panjang
  meja dengan meteran | 
 
  |   |   |   | 19.Permainan fisik
  ular naga | 
 
  |   |   | . | 20.Bermain dengan
  pasir (mencetak kue 0 | 
 
  |   |   |   | 21.Menggunting pola
  baju | 
 
  |   |   |   |   | 
 
  |   |   |   |   | 
 
  |   |   |   |   | 
 
  |   |   |   |   | 
 
  |   |   |   |   | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
 
TEMA                                     :
AIR, UDARA, API 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 9
KD : 1.1, 1.2, 2.1,2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12.  
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | AIR | 1.1.2.Air ciptaan
  Tuhan | 1.Diskusi tentang
  guna,sumber,manfaat dan bahaya air | 
 
  |   | - Sumber air | 1.2.1.Bersyukur atas
  nikmat Tuhan | 2.Mengelompokkan
  sumber – sumber air | 
 
  |   | - Guna air | 2.1.3.Menjaga
  kebersihan air | 3.Praktek berwudhu | 
 
  |   | - Tempat air | 2.2.2.Mengetahui
  sebab akibat | 4.Mengurutkan cara
  anak sedang mandi, cara mencuci baju dll | 
 
  |   | - Sifat air | 2.6.1.Perilaku baik
  /buruk | 5.Menghubungkan
  tempat air dengan kartu kata | 
 
  |   | - Bahaya air | 2.10.5. Toleransi | 6.Menggunting gambar
  bak air | 
 
  |   |   | 2.11.1. Menyesuaikan
  diri dengan orang lain | 7.Cuci tangan,gosok
  gigi yang benar | 
 
  |   |   | 2.12.3.
  Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan  | 8.Mencoba membuat
  hujan, proses terjadinya banjir | 
 
  |   |   | 3.1.2dan
  4.1.2.Berwudhu | 9.Penjumlahan dengan
  benda-benda:mis cangkir | 
 
  |   |   | 3.2.6.dan
  4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang | 10.Menirukan 4
  urutan kata | 
 
  |   |   | kebanjiran | 11.Mengisi wadah
  dengan air | 
 
  |   |   | 3.4.2.dan 4.4.2.Cuci
  tangan,mandi,gosok gigi | 12.Membuat urutan
  bilangan | 
 
  |   |   | 3.5.1.dan
  4.5.1.Konsep penjumlahan  | 13.Diskusi tentang
  mengapa bisa terjadi hujan,banjir dll | 
 
  |   |   | 3.6.5.dan
  4.6.5.Sifat air.  | 14.Mewarnai gambar
  orang mencuci baju | 
 
  |   |   | 3.8.7.dan
  4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur | 15.Meniru gerakan
  sederhana | 
 
  |   |   | Mis,Proses
  terjadinya banjir | 16.Menyanyi lagu | 
 
  |   |   | 3.10.2.dan
  4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata | 17.Memberi tanda
  perbuatan benar dan salah | 
 
  |   |   | 3.12.3.dan
  4.12.3.Cerita tentang hujan/banjir  | 18.Melipat kertas | 
 
  |   |   |   | 19.Perlombaan
  memindahkan air ke dalam timba | 
 
  |   |   | . | 20.Percampuran air
  dengan sabun, benda – benda dimasukkan dalam  | 
 
  |   |   |   |  Air (terapung, melayang, tenggelam) | 
 
  |   |   |   | 21.Membuat sajak
  sederhana | 
 
  |   |   |   | 22.Mencari jejak | 
 
  |   |   |   | 23.Membedakan besar
  – kecil tempat air | 
 
  |   |   |   | 24.Bermain balok ;
  membuat tanggul air | 
 
  |   |   |   | 25.Melakukan tiga
  perintah secara urut | 
 
  |   |   |   |   | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
 
TEMA                                     :
AIR, UDARA, API 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 10
KD : 1.1, 1.2, 2.1,2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12. 
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | API | 1.1.2.Api ciptaan
  Tuhan | 1.Diskusi tentang
  guna ,manfaat,sumber dan bahaya api | 
 
  |   | - Guna api | 1.2.1.Bersyukur atas
  nikmat Tuhan | 2.Menyebutkan benda
  yang mudah terbakar | 
 
  |   | - Sumber api | 2.1.3.Menjaga
  kebersihan lingkungan | 3.Cerita tentang
  Kebakaran | 
 
  |   | - Sifat api | 2.2.2.Mengetahui
  sebab akiabt | 4.Mengelompokkan
  sumber-sumber api | 
 
  |   | - Bahaya api | 2.6.1.Perilaku baik
  /buruk | 5.Membakar
  kertas,membuat abu | 
 
  |   |   | 2.10.5. Toleransi | 6.Memberi angka pada
  gambar lilin sesuai jumlahnya | 
 
  |   |   | 2.11.1. Menyesuaikan
  diri dengan orang lain | 7.Mengurutkan
  bilangan | 
 
  |   |   | 2.12.3.
  Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan  | 8.Mengurutkan pola
  lilin,dop, api unggun | 
 
  |   |   | 3.1.2dan
  4.1.2.Beribadah | 9.Mencocok gambar
  alat pemadam api | 
 
  |   |   | 3.2.6.dan
  4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang | 10.Menebali suku
  kata awal sama | 
 
  |   |   | terkena musibah
  kebakaran | 11.Menggambar dengan
  arang | 
 
  |   |   | 3.4.1.dan 4.4.1.Alat
  alat | 12.Pengurangan
  dengan benda-benda | 
 
  |   |   | 3.5.1.dan
  4.5.1.Konsep penjumlahan  | 13.Mencoba membuat
  panas dengan menggesekan batu | 
 
  |   |   | 3.6.5.dan
  4.6.5.Sifat api  | 14.Mewarnai gambar
  lilin | 
 
  |   |   | 3.8.7.dan
  4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur | 15.Senam fantasi | 
 
  |   |   | membuat arang | 16.Dramatisasi
  memadamkan api | 
 
  |   |   | 3.10.2.dan
  4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata | 17.Mencoba memasak
  air | 
 
  |   |   | 3.12.2.dan
  4.12.2.Huruf awal sama  | 18.Permainan fisik
  kata berantai | 
 
  |   |   |   | 19.Tepuk api | 
 
  |   |   | . | 20.Menyanyi lagu Api | 
 
  |   |   |   | 21.Menyempurnakan /
  menjiplak gambar kompor | 
 
  |   |   |   | 22.Memasangkan kartu
  huruf dengan benda | 
 
  |   |   |   | 23.Membuat bentuk
  api unggun dengan batang korek api | 
 
  |   |   |   | 24.Berjalan pada
  garis lurus | 
 
  |   |   |   | 25.Mengukur panjang
  kabel | 
 
  |   |   |   | 26.Mengisi pola pada
  gambar lampu belajar | 
 
  |   |   |   | 27.Membedakan
  perilaku baik dan buruk | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
 
TEMA                                     :
AIR, UDARA, API 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 11
KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12,
3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12,
4.12.                
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | UDARA | 1.1.2.Udara ciptaan
  Tuhan | 1.Diskusi tentang
  manfaat udara | 
 
  |   | - Manfaat udara | 1.2.1.Bersyukur atas
  nikmat Tuhan | 2.Menyanyi lagu
  balonku | 
 
  |   | - Sumber udara | 2.1.3.Menjaga
  kebersihan lingkungan | 3.Meniup balon | 
 
  |   | - Sifat udara | 2.2.2.Mengetahui
  sebab akibat | 4.Menghitung gambar
  balon | 
 
  |   | - Bahaya udara | 2.6.1.Perilaku baik
  /buruk | 5.Cerita tentang
  balon udara,angin puting beliung dll | 
 
  |   |   | 2.10.5. Toleransi | 6.Membuat
  layang-layang dari kertas | 
 
  |   |   | 2.11.1. Menyesuaikan
  diri dengan orang lain | 7.Menghitung gambar
  layang-layang | 
 
  |   |   | 2.12.3.
  Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan  | 8.Menyebutkan posisi
  benda | 
 
  |   |   | 3.1.2dan
  4.1.2.Beribadah | 9.Bercerita tentang
  pengalaman | 
 
  |   |   | 3.2.6.dan
  4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang terkena musibah | 10.Menggunting
  gambar balon udara | 
 
  |   |   |  angin puting beliung | 11.Membuat coretan
  bentuk angin puting beliung | 
 
  |   |   | 3.4.1.dan
  4.4.1.Benda yang membutuhkan udara | 12.Melipat kertas
  menjadi bentuk kipas / baling – baling / kitiran | 
 
  |   |   | 3.5.1.dan
  4.5.1.Konsep penjumlahan  | 13.Diskusi tentang
  sifat/wujud udara  | 
 
  |   |   | 3.6.5.dan
  4.6.5.Sifat udara.  | 14.Melukis didalam
  gambar balon, melukis dengan meniup | 
 
  |   |   | 3.8.7.dan
  4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur meniup balon | 15.Bermain kempit
  balon, bermain menggelindingkan roda | 
 
  |   |   | 3.10.2.dan
  4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata | 16.Percobaan tanaman
  dimasukkan dalam toples (tertutup dan terbuka) | 
 
  |   |   | 3.12.3.dan
  4.12.3.Cerita tentang balon udara  | 17.Membedakan besar
  – kecil pompa | 
 
  |   |   |   | 18.Mengelompokkan
  benda yang membutuhkan udara | 
 
  |   |   |   | 19.Menirukan 3 – 4
  urutan kata | 
 
  |   |   | . | 20.Menceritakan jika
  tidak ada udara | 
 
  |   |   |   | 21.Menirukan gerakan
  sederhana (ambil nafas) | 
 
  |   |   |   | 22.Menyalakan kipas
  angin dan merasakan akibat yang ditimbulkannya | 
 
  |   |   |   | 23.Menggunting
  gambar kipas angin | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
 
TEMA                                     :
ALAT KOMUNIKASI 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 12
KD : 1.1, 2.2, 2.3, 2.4, 2.5, 2.7, 2.9, 2.12, 2.14,
3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12.3.13, 4.13,
3.15, 4.15.
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | ALAT KOMUNIKASI | 1.2.7.Menghargai
  hasil karya orang lain | 1.Diskusi tentang
  alat komunikasi elektronik | 
 
  |   | ELEKTRONIK | 2.2.3.Mengetahui apa
  yang terjadi bila tidak ada  | 2.Menggambar bebas
  alat komunikasi elektronik (hp, televisi, radio dll) | 
 
  |   | -Radio | Telepon,televisi,hp,computer
  dll | 3.Belajar
  menggunakan hp | 
 
  |   | -Televisi | 2.3.2.Berkreasi
  menggunakan berbagai media | 4.Bicara sopan saat
  menelepon | 
 
  |   | -Telepon | 2.4.1. Bergerak
  sesuai irama musik | 5.Membuatbentuk
  televisi dengan kardus bekas | 
 
  |   | -Handphone | 2.5.2. Menyampaikan
  pendapat lewat telepon | 6.Menjawab
  pertanyaan tentang sopan santun dalam menelepon | 
 
  |   | -Laptop | 2.7.3. Mendengarkan
  temannya bicara  | 7.Membuat garis
  menjadi bentuk radio,televisi, HP | 
 
  |   | -Komputer | 2.9.3.Mau
  meminjamkan miliknya | 8.Bergerak bebas
  sambil mendengarkan musik | 
 
  |   |   | 2.12.2.Memberi dan
  memohon maaf | 9.Menyanyi lagu
  radio televisi  | 
 
  |   |   | 2.14.3.Berbicara
  sopan | 10.Menyampaikan
  pendapat lewat telepon | 
 
  |   |   | 3.2.2.dan
  4.2.2.Ucapan salam | 11.Percakapan dua
  arah | 
 
  |   |   | 3.3.6.dan
  4.3.6.Mengkoordinasikan motorik halus  | 12.Melengkapi gambar
  radio, telepon | 
 
  |   |   | 3.6.6.dan
  4.6.6.Mengembalikan mainan.  | 13.Bermain alat
  perkusi | 
 
  |   |   | 3.9.4.dan 4.9.4.Alat
  tehnologi sederhana.  | 14.Membuat bentuk
  alat komunikasi dengan plastisin | 
 
  |   |   | 3.10.1.dan
  4.10.1.Percakapan dua arah/lebih | 15.Menyebutkan
  perbedaan radio dan televisi | 
 
  |   |   | 3.12.4.dan 4.12.4.
  Garis tegak,datar,lengkung | 16.Konsep waktu
  (membaca jam) | 
 
  |   |   | 3.13.1.dan
  4.13.1.Mengendalikan emosi | 17.Menirukan 3
  urutan kata | 
 
  |   |   | 3.15.1.dan
  4.15.1.Senandung bunyi-bunyian,  | 18.Membuat urutan
  angkan pada Hp | 
 
  |   |   |   | 19.Menyebutkan
  bagian – bagian alat komunikasi | 
 
  |   |   | . | 20.Membuat laptop
  mainan | 
 
  |   |   |   | 21.Menghubungkan
  bagian – bagian alat komunikasi dengan tulisan | 
 
  |   |   |   | 22.Membedakan besar
  – kecil benda  | 
 
  |   |   |   | 23.Mencocok bentuk
  komputer | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
 
TEMA                                     :
ALAT KOMUNIKASI 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 13
KD : 1.1, 2.2, 2.3, 2.4, 2.5, 2.7, 2.9, 2.12, 2.14,
3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12.3.13, 4.13,
3.15, 4.15.
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | ALAT KOMUNIKASI | 1.2.7.Menghargai
  hasil karya orang lain | 1.Diskusi tentang
  alat komunikasi cetak & tradisional | 
 
  |   | CETAK &
  TRADISIONAL | 2.2.3.Mengetahui apa
  yang terjadi bila tidak ada  | 2.Membaca majalah
  bersama-sama | 
 
  |   | -Koran | Alat komunikasi | 3.Mengulang kalimat
  yang sudah didengar | 
 
  |   | -Majalah | 2.3.2.Berkreasi
  menggunakan berbagai media | 4.Kolase dengan
  koran bekas pada gambar koran | 
 
  |   | -Baleho / selebaran | 2.4.1. Bergerak
  sesuai irama musik | 5.Bermain alat
  perkusi | 
 
  |   | -Kentongan | 2.5.2. Menyampaikan
  pesan  | 6.Mencocok bentuk
  gambar kentongan | 
 
  |   | -Peluit | 2.7.3. Mendengarkan
  temannya bicara  | 7.Bermain kentongan
  sambil bernyanyi | 
 
  |   | -Bedug | 2.9.3.Mau
  meminjamkan miliknya | 8.Membuat betuk
  baleho  | 
 
  |   |   | 2.12.2.Memberi dan
  memohon maaf | 9.Mengukur panjang
  koran | 
 
  |   |   | 2.14.3.Berbicara
  sopan | 10.Meronce dengan
  koran bekas | 
 
  |   |   | 3.2.2.dan
  4.2.2.Ucapan salam | 11.Bermain dengan
  bola dari koran | 
 
  |   |   | 3.3.6.dan
  4.3.6.Mengkoordinasikan motorik halus  | 12.Berjalan maju
  membawa beban majalah di atas kepala | 
 
  |   |   | 3.9.4.dan 4.9.4.Alat
  komunikasi tradisional.  | 13.Montase gambar –
  gambar dari majalah | 
 
  |   |   | 3.10.1.dan
  4.10.1.Percakapan dua arah/lebih | 14.Menghitung
  majalah, kentongan dll | 
 
  |   |   | 3.12.4.dan 4.12.4.
  Garis tegak,datar,lengkung | 15.Membuat bentuk
  baleho | 
 
  |   |   | 3.13.1.dan
  4.13.1.Mengendalikan emosi | 16.Menyebutkan
  posisi benda | 
 
  |   |   | 3.15.1.dan
  4.15.1.Senandung bunyi-bunyian,  | 17.Membuat tulisan
  isi dari baleho | 
 
  |   |   |   | 18.Bercerita tentang
  pengalaman | 
 
  |   |   |   | 19.Lomba lari | 
 
  |   |   | . | 20.Membuat peluit
  mainan dari daun / sedotan | 
 
  |   |   |   | 21.Memasangkan
  gambar peluit sesuai angka | 
 
  |   |   |   | 22.Membedakan suara
  peluit | 
 
  |   |   |   | 23.Menirukan suara
  bedug | 
 
  |   |   |   | 24.Menghubungkan
  gambar dengan tulisan | 
 
  |   |   |   | 25.Melengkapi gambar
  bedug | 
 
  |   |   |   | 26.Kolase gambar
  bedug dengan kertas | 
 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
TEMA                                     :
NEGARAKU 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 14
KD : 1.1, 1.2,2.4, 2.5, 2.6, 2.9, 2.10, 2.11, 2.14,
3.1, 4.1, 3.5, 4.5, 3.6, 4 .6,3.7, 4.7, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11.3.15, 4.15.    
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | NAMA NEGARA | 1.1.4.Mensyukuri
  ciptaan Tuhan | 1.Diskusi tentang
  nama,dasar ,lambang negara indonesia, pulau | 
 
  |   | DASAR NEGARA | 1.2.7.Menghargai
  hasil karya orang lain | 2.Menyanyi lagu ANAK
  INDONESIA | 
 
  |   | LAMBANG NEGARA | 2.5.6.Menceritakan
  pengalaman | 3.Menggunting gambar
  burung garuda | 
 
  |   | BENDERA NEGARA | 2.6.5.Mentaati tata
  tertib yang ada | 4.Menjahit membuat
  bentuk bendera | 
 
  |   | PULAU | 2.9.1.Gotong royong | 5.Menghafal syair
  Pancasila | 
 
  |   |   | 2.10.5.Toleransi | 6.Menghubungkan
  gambar-gambar perisai Burung garuda  | 
 
  |   |   | 2.11.3.Menyesuaikan
  diri dengan lingkungan | sesuai angka sila
  Pancasila | 
 
  |   |   | 2.14.2.Mendengarkan
  orang tua bicara | 7.Bermain balok
  membuat tugu monas | 
 
  |   |   | 3.1.8.dan
  4.1.8.Hari-hari besar nasional | 8.Mencari jejak
  gambar tugu monas | 
 
  |   |   | 3.5.2.dan
  4.5.2.Mencari jejak | 9.Melengkapi gambar
  pada perisai burung garuda | 
 
  |   |   | 3.6.4.dan
  4.6.4.Meniru pola | 10.Berjalan maju
  pada garis lurus | 
 
  |   |   | 3.6.7.dan
  4.6.7.Konsep bilangan | 11.Meloncat dengan
  ketinggian 40cm | 
 
  |   |   | 3.7.5.dan
  4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak | 12.Memasangkan nama
  pulau dengan gambarnya | 
 
  |   |   | 3.10.3.dan
  4.10.3.Menceritakan isi buku | 13.Meniru pola pulau
  jawa | 
 
  |   |   | 3.11.3.dan.4.11.3.Lagu
  lagu-lagu nasional | 14.Menggunting
  gambar burung garuda | 
 
  |   |   | 3.15.2.dan
  4.15.2.Tertarik pada karya seni | 15.Menghitung bulu
  pada gambar burung garuda | 
 
  |   |   |   | 16.Melengkapi
  tulisan di bawah gambar burung garuda | 
 
  |   |   |   | 17.Permainan fisik
  pindah bendera | 
 
  |   |   |   | 18.Meniru menulis
  syair lagu bendera mebrah putih | 
 
  |   |   | . | 19.Meniru gerakan
  sederhana | 
 
  |   |   |   | 20.Mengurutkan benda
  berdasarkan tinggi – rendah | 
 
  |   |   |   | 21.Menghitung hasil
  pengurangan dengan benda | 
 
  |   |   |   | 22.Mozaik pada gabar
  tugu monas | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
TEMA                                     :
NEGARAKU 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 15
KD : 1.1, 1.2,2.4, 2.5, 2.6, 2.9, 2.10, 2.11, 2.14,
3.1, 4.1, 3.5, 4.5,3.6,4.6, 3.7, 4.7, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11.3.15, 4.15..      
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | PRESIDEN &
  WAKILNYA | 1.1.4.Mensyukuri
  ciptaan Tuhan | 1.Menunjukkan foto
  presiden dan wakil presiden Indonesia | 
 
  |   | PAHLAWAN | 1.2.7.Menghargai
  hasil karya orang lain | 2.Menebali huruf
  nama presiden dan wakil presiden | 
 
  |   | HARI BESAR NASIONAL | 2.4.5.Adat istiadat | 3.Diskusi tentang
  hari-hari besar nasional | 
 
  |   | ADAT ISTIADAT | 2.5.6.Menceritakan
  pengalaman | 4.Menari | 
 
  |   | LAGU – LAGU NASIONAL | 2.6.5.Mentaati tata
  tertib yang ada | 5.Bercerita tentang
  pengalaman ikut /melihat pawai | 
 
  |   |   | 2.9.1.Gotong royong | 6.Menjiplak gambar
  benda pusaka | 
 
  |   |   | 2.10.5.Toleransi | 7.Mewarnai gambar
  pakaian adat | 
 
  |   |   | 2.11.3.Menyesuaikan
  diri dengan lingkungan | 8.Memakai pakaian
  adat | 
 
  |   |   | 2.14.2.Mendengarkan
  orang tua bicara | 9.Menyanyi lagu-lagu
  nasional | 
 
  |   |   | 3.1.8.dan
  4.1.8.Hari-hari besar nasional | 10.Mengisi pola
  dengan garis pada gambar rumah adat | 
 
  |   |   | 3.5.2.dan
  4.5.2.Mencari jejak | 11.Senam irama | 
 
  |   |   | 3.6.7.dan
  4.6.7.Konsep bilangan | 12.Melipat kertas
  menjadi bentuk pigura | 
 
  |   |   | 3.7.5.dan
  4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak | 13.Menulis nama
  pahlawan sesuai gambar | 
 
  |   |   | 3.10.3.dan
  4.10.3.Menceritakan isi buku | 14.Menghubungkan
  gambar dengan angka | 
 
  |   |   | 3.11.3.dan.4.11.3.Lagu
  lagu-lagu nasional | 15.Mencari jejak
  gambar rumah adat | 
 
  |   |   | 3.15.2.dan
  4.15.2.Tertarik pada karya seni | 16.Diskusi tentang
  adat istiadat | 
 
  |   |   |   | 17.Lomba memasang
  foto persiden | 
 
  |   |   |   | 18.Membuat bentuk
  umbul – umbul | 
 
  |   |   |   | 19.Meronce hiasan
  dengan kertas merah putih | 
 
  |   |   | . | 20.Meneruskan pola | 
 
  |   |   |   | 21.Membuat bentuk
  bambu runcing | 
 
  |   |   |   | 22.Menyebutkan nama
  pahlawan wanita | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
 
TEMA                                     :
ALAM SEMESTA 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 16
KD : 1.1, 1.2,2.1, 2.2, 2.3, 2.5, 2.7, 2.9,, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.11, 4.11, 3.13, 4.13.                 
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | BUMI  | 1.1.1.Alam semesta
  ciptaan Tuhan | 1.Bersyukur atas
  nikmat Tuhan | 
 
  |   | - Pegunungan | 1.2.1.Bersyukur | 2.Diskusi tentang
  benda-benda yang ada di bumi | 
 
  |   | - Perkotaan | 2.1.5.Kebersihan
  diri sendiri | 3.Lomba mengumpulkan
  batu | 
 
  |   | - Pedesaan | 2.2.3.Mengetahui apa
  yang terjadi | 4.Menghitung
  batu/kerikil | 
 
  |   | - Gunung meletus | 2.3.1.Mengembangkan
  hasil karyanya | 5.Membatik jumputan
  dengan kerikil | 
 
  |   | - Tanah longsor | 2.5.6.Menceritakan
  pengalaman sederhana | 6.Bermain dengan
  tanah liat | 
 
  |   |   | 2.7.5.Mengendalikan
  emosi | 7.Mengelompokkan
  benda – benda yang ada di sekitar anak | 
 
  |   |   | 2.9.4.Rasa empati
  padaorang lain | 8.Mneyebutkan benda
  yang terbuat dari tanah liat | 
 
  |   |   | 3.1.3.dan
  4.1.3.Hafalan doa sehari-hari | 9.Mencetak dengan
  jari pada gambar guci / kendi | 
 
  |   |   | 3.2.7.dan
  4.2.7.Perbuatan baik terhadap sesama | 10.Gerak dan lagu
  naik – nai ke puncak gunung | 
 
  |   |   | 3.5.1.dan
  4.5.1.Konsep penjumlahan dan pengurangan | 11.Percobaan membuat
  gunung meletus | 
 
  |   |   | 3.8.4.dan
  4.8.4.Suasana pedesaan,pegunungan, perkotaan. | 12.Membuat sajak
  sederhana | 
 
  |   |   | 3.10.3.dan
  4.10.3.Menceritakan isi buku | 13.Menyanyi lagu
  matahari terbenam | 
 
  |   |   | 3.11.4.dan
  4.11.4.Sajak sederhanan | 14.Membuat mainan
  dengan tehnik 3m | 
 
  |   |   | 3.13.2.dan
  4.13.2.Beradaptasi dengan lingkungan sekitar. | 15.Mencari jejak
  daerah pegunungan | 
 
  |   |   |   | 16.Bermain perosotan | 
 
  |   |   |   | 17.Memberi tanda
  perbuatan benar dan salah | 
 
  |   |   |   | 18.Permainan warna
  usap abur dengan krayon | 
 
  |   |   |   | 19.Menirukan 4
  urutan kata | 
 
  |   |   |   | 20.Membuat orang –
  orangan sawah | 
 
  |   |   |   | 21.Menggambar
  suasana desa | 
 
  |   |   |   | 22.Menceritakan isi
  gambar yang dibuatnya dengan tulisan | 
 
  |   |   |   | 23.Memanjat tangga
  majemuk | 
 
  |   |   |   | 24.Membuat bentuk
  gedung bertingkat dengan kubus | 
 
  |   |   |   | 25.Menyebutkan kota
  yang dikenal anak | 
 
  |   |   |   | 26.Mengulang kalimat
  yang sudah didengar | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________
 
 
TEMA                                     :
ALAM SEMESTA 
KELOMPOK                         :
B 
SEMESTER / MINGGU      :
2 / 17
KD : 1.1, 1.2,2.1, 2.2, 2.3, 2.5, 2.7, 2.9,, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.11, 4.11, 3.13, 4.13.                 
 
  | NO | SUB TEMA | MUATAN / MATERI | RENCANA KEGIATAN | 
 
  | 1 | BENDA – BENDA | 1.1.1.Alam semesta
  ciptaan Tuhan | 1.Dikusi tentang
  benda – benda langit | 
 
  |   | LANGIT | 1.2.1.Bersyukur | 2.Bercerita tentang
  pengalaman anak | 
 
  |   | - Matahari | 2.1.5.Kebersihan
  diri sendiri | 3.Menyanyi lagu
  matahari terbenam, pelangi dll | 
 
  |   | - Bulan | 2.2.3.Mengetahui apa
  yang terjadi | 4.Membuat sajak
  sederhana | 
 
  |   | - Bintang | 2.3.1.Mengembangkan
  hasil karyanya | 5.Membuat coretan
  menjadi bentuk halilintar | 
 
  |   | - Pelangi | 2.5.6.Menceritakan
  pengalaman sederhana | 6.Diskusi tentang
  terjadinya pelang, hujan dll | 
 
  |   | - Awan | 2.7.5.Mengendalikan
  emosi | 7.Menggunting ganbar
  pelangi | 
 
  |   | - Petir / halilintar | 2.9.4.Rasa empati
  padaorang lain | 8.Mengisi pola pada
  gambar matahari | 
 
  |   |   | 3.1.3.dan
  4.1.3.Hafalan doa sehari-hari | 9.Percobaan membuat
  sinar dengan senter | 
 
  |   |   | 3.2.7.dan
  4.2.7.Perbuatan baik terhadap sesama | 10.Menghafal doa
  waktu hujan/ada petir | 
 
  |   |   | 3.5.1.dan
  4.5.1.Konsep penjumlahan dan pengurangan | 11.Menghitung hasil
  pengurangan dengan benda | 
 
  |   |   | 3.8.4.dan
  4.8.4.Suasana pedesaan, pegunungan, perkotaan. | 12.Kolase pada
  gambar bulan, bentuk awan  | 
 
  |   |   | 3.10.3.dan
  4.10.3.Menceritakan isi buku | 13.Membedakan dua
  benda | 
 
  |   |   | 3.11.4.dan
  4.11.4.Sajak sederhanan | 14.Mencocokkan
  bilangan dengan benda | 
 
  |   |   | 3.13.2.dan
  4.13.2.Beradaptasi dengan lingkungan sekitar. | 15.Permainan fisik
  lintang alihan, petak umpet | 
 
  |   |   |   | 16.Melipat kertas
  menjadi bentuk bintang | 
 
  |   |   |   | 17.Menghitung bentuk
  – bentuk bintang | 
 
  |   |   |   | 18.Membaca buku
  cerita bergambar | 
 
  |   |   |   | 19.Menyebutkan
  konsep waktu | 
 
  |   |   |   | 20.Bersenandung
  sesuai irama lagu | 
 
  |   |   |   | 21.Permainan warna
  dengan krayon | 
 
  |   |   |   | 22.Melengkapi kata
  di bawah gambar  | 
 
  |   |   |   | 23.Meneruskan pola
  bentuk benda – benda langit | 
 
  |   |   |   | 24.Menyebutkan huruf
  awal sama | 
 
  |   |   |   | 25.Membedakan suara
  – suara (petir, halilintar) | 
 
  |   |   |   | 26.Mengelompokkan
  gambar benda – benda langit | 
 
  |   |   |   | 27.Menghubungkan
  gambar benda langit dengan kartu kata | 
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru
Kelas
 
 
 
 
__________________________                                                     __________________________