Friday, January 22, 2021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) KURIKULUM 2013 TK PGRI MANDALAWANGI

  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) KURIKULUM 2013 

TK PGRI MANDALAWANGI


TEMA                                     : REKREASI

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 1

KD : 1.1,1.2, 2.1, 2.5, 2.7, 2.9, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.13, 4.13, 3.14, 4.14, 3.15, 4.15.

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

TEMPAT-TEMPAT REKREASI

1.1.4.Mensyukuri ciptaan Tuhan

1.Berdiskusi tentang tempat – tempat rekreasi, manfaat & tata tertib

 

 

1.2.6.Kelestarian lingkungan

2.Mengurutkan gambar seri cara berkunjung ke tempat rekreasi

 

 

2.1.4.Menjaga kesehatan

3.Mau bermain dengan teman

 

 

2.5.6.Bercerita tentang pengalaman

4.Bercerita tentang pengalaman anak

 

 

2.7.2.Sabar menunggu giliran

5.Pentingnya menjaga kebersihan di tempat rekreasi

 

 

2.9.5. Mau berbagi dengan teman

6.Menyanyi lagu “Kebun Binatang, Pemandangan, Menuju pantai “

 

 

2.11.4. Mudah bergaul/berteman

7.Memberi tanda perbuatan baik dan buruk

 

 

2.14.4.Memberi dan membalas salam

8.Mencari jejak menuju tempat rekreasi

 

 

3.1.3.dan 4.1.3.Doa sebelum bepergian

9.Berkunjung ke tempat rekreasi terdekat

 

 

3.4.3.dan 4.4.3.Membuang sampah pada tempatnya

10.Mewarnai gambar anak sedang rekreasi

 

 

3.5.1.dan 4.5.1.Konsep pengurangan

11.Melengkapi huruf gambar tempat rekreasi

 

 

3.5.2.dan 4.5.2.Mencari jejak tempat rekreasi

12.Bermain pasir, bermain di bak air

 

 

3.8.5.dan 4.8.5Tanya jawab tempat-tempat rekreasi.

13.Mengahafal doa sebelum bepergian

 

 

3.10.4.dan 4.10.4.Suku kata awal sama

14.Menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan dengan benda

 

 

3.11.3.dan 4.11.3.Lagu anak-anak

15. Bermain sepak bola, menaiki tangga

 

 

3.13.2.dan 3.13.2.Orang-orang yang ada di tempat rekreasi

16.Berlari sambil melompat dengan seimbang

 

 

3.14.1.dan 4.14.1.Bermain bebas

17.Melipat kertas menjadi bentuk keranjang sampah

 

 

3.15.1.dan 4.15.1.Senandung bunyi-bunyian yangmenyenangkan

18.Menggambar bebas taman kota

 

 

 

19.Membedakan kata yang mempunyai suku kata awal / akhir sama

 

 

 

20.Bermain dengan alat perkusi

 

 

 

21.Berdiskusi tentang memberi dan membalas salam

 

 

 

22.Berdiskusi tentang orang – orang yang ada di pantai

 

 

 

23.Mengelompokkan benda – benda yang ada di tempat rekreasi

 

 

 

24.Konsep waktu (membaca jam)

 

 

 

25.Bermain peran sebagai petugas penjaga tiket masuk

 

 

 

26.Membatik dan jumputan

 

 

 

27.Gerak dan lagu

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 


 

TEMA                                     : REKREASI

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 2

KD : 1.1,1.2, 2.1, 2.5, 2.7, 2.9, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.13, 4.13, 3.14, 4.14, 3.15, 4.15.

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

PERLENGKAPAN

1.1.7.Tidak menyakiti binatang

1.Berdiskusi tentang perlengkapan untuk rekreasi

 

REKREASI

1.2.6.Kelestarian lingkungan

2.Berdiskusi tentang pentingnya rekreasi bagi kesehatan

 

 

2.1.4.Menjaga kesehatan

3.Memberi tanda pada gambar perlengkapan rekreasi

 

 

2.5.6.Bercerita ttg prngalaman

4.Menghafal doa sebelum bepergian

 

 

2.7.2.Sabar menunggu giliran

5.Menggambar bebas perlengkapan rekreasi

 

 

2.9.5. Mau berbagi dengan teman

6.Tata tertib di tempat rekreasi

 

 

2.11.4. Mudah bergaul/berteman

7.Menggunting dan menempel gambar pelampung

 

 

2.14.4.Memberi dan membalas salam

8.Kolase topi mainan dengan kertas

 

 

3.1.3.dan 4.1.3.Doa sebelum bepergian

9.Memasangkan benda sesuai kata

 

 

3.4.2.dan 4.4.2.Cuci tangan, mandi, menyisir rambut

10.Menebali suku kata awal sama perlengkapan rekreasi

 

 

3.5.3.dan 4.5.3.Puzel

11.Diskusi tentang orang-orang yang ada ditempat rekreasi

 

 

3.8.5.dan 4.8.5Tanya jawab perlengkapan rekreasi.

12.Menganyam bentuk tas

 

 

3.10.2.dan 4.10.2.Menirukan 3 – 4 urutan kata

13.Bercerita tentang pengalaman anak

 

 

3.11.3.dan 4.11.3.Lagu anak-anak

14.Mencocokkan bilangan sesuai gambar

 

 

3.13.2.dan 3.13.2.Orang-orang yang ada di tempat rekreasi

15.Mewarnai gambar tenda

 

 

3.14.1.dan 4.14.1.Bermain bebas

16.Menyanyi lagu Topi saya bundar

 

 

3.15.1.dan 4.15.1.Senandung bunyi-bunyian yang menyenangkan

17.Menghitung topi

 

 

 

18.Praktek membuka dan menutup payung

 

 

 

19.Membuat bentuk payung dari kertas

 

 

 

20.Menceritakan gambar yang disediakan

 

 

 

21.Menirukan gerkan sederhana

 

 

 

22.Memilih baju renang

 

 

 

23.Mengelompokkan peralatan untuk berenang

 

 

 

24.Berjalan membungkuk

 

 

 

25.Menyebutkan jenis obat anti mabuk

 

 

 

26.Menari / tari payung

 

 

 

27.Membedakan besar – kecil benda

 

 

 

28.Bermain sambung lidah

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 


 

TEMA                                     : KENDARAAN

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 3

KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12. 2.3.15, 4.15.

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

KENDARAAN DARAT

2.1.4.Menjaga kesehatan

1.Berdiskusi tentang kendaraan darat, bagian – bagian kendaraan

 

 

2.2.3.Mengetahui apa yang terjadi

2.Bercerita mengapa mobil bisa berjalan

 

 

2.5.8.Mengikuti lomba naik sepeda

3.Mencari jejak tempat pemberhentian kendaraan

 

 

2.6.5.Mentaati tertib lalu lintas

4.Bercerita tentang tata tertib berkendara

 

 

2.7.1. Saling menghormati antar pengendara

5.Mengelompokkan gambar kendaraan darat (roda 2, roda 3, roda 4)

 

 

2.9.3. Mau meminjamkan miliknya

6.Menyusun pusel gambar mobil sedan

 

 

2.12.2. Memohon dan memberi maaf

7.Naik sepeda roda 2

 

 

2.14.1.Mengucap terima kasih

8.Membuat sajak

 

 

3.2.4.dan 4.2.4.Menolong orang yang kesusahan

9.Menggambar bebas kendaraan darat

 

 

3.3.3.dan 4.3.3.Guna anggota tubuh untuk

10.Menempel bentuk-bentuk geometri pada gambar truk

 

 

 mengendarai kendaraan

11.Mewarnai gambar kendaraan darat

 

 

3.5.3.dan 4.5.3.Menyusun puzel bentuk mobil

12.Menghubungkan gambar dengan kata

 

 

3.6.2.dan 4.6.2.Bagian-bagian kendaraan.

13.Menyanyi lagu “Sepeda Baru, Bis kota “

 

 

3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan

14.Penjumlahan dan pengurangan dengan benda

 

 

3.7.4.dan 4.7.4.Macam-macam kendaraan darat

15.Bermain mobil-mobilan

 

 

3.9.4.dan 4.9.4.Miniatur kendaraan darat

16.Membuat terminal dengan balok-balok

 

 

3.11.4.dan 3.11.4.Syair

17.Membuat mobil-mobilan dari kardus bekas

 

 

3.12.1.dan 4.12.1.Huruf vokal dan konsonan

18.Menghitung jumlah roda kendaraan

 

 

3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik ingin naik sepeda / becak

19.Memasangkan angka dengan jumlah bagian – bagian kendaraan

 

 

.

20.Membuat tulisan / cerita mengenai gambar yang telah dibuatnya

 

 

 

21.Mengamati sepeda, sepeda motor

 

 

 

22.Menirukan gerakan orang mengemudi

 

 

 

23.Membuat bentuk kereta api dengan tehnik 3m

 

 

 

24.Melengkapi kata

 

 

 

25.Gerak dan lagu “Tamasya “

 

 

 

26.Tepuk tangan dengan pola

 

 

 

27.Membedakan dua benda (sepeda dan sepeda motor)

 

 

 

28.Mengunjungi stasiun

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 


 

TEMA                                     : KENDARAAN

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 4

KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12. 2.3.15, 4.15.

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

KENDARAAN AIR

2.1.4.Menjaga kesehatan

1.Berdiskusi tentang kendaraan air

 

- Perahu layar

2.2.3.Mengetahui apa yang terjadi

2.Mengelompokkan gambar kendaraan air

 

- Kapal laut

2.5.1.Berani bertanya

3.Bercerita tentang gambar yang disediakan

 

- Rakit

2.6.5.Mentaati tertib berkendara

4.Membuat bentuk dermaga dari balok - balok

 

- Perahu karet /

2.7.1. Saling menghormati antar penumpang

5.Mozaik gambar kapal laut

 

 pelampung

2.9.3. Mau meminjamkan miliknya

6.Menyusun pusel gambar kapal laut

 

 

2.12.1. Menyelesaikan pekerjaan sampai selesai

7.Bersyair “Kapal Laut”

 

 

2.14.1.Mengucap terima kasih

8.Menyebutkan huruf konsonan dari nama-nama kendaraan laut

 

 

3.2.4.dan 4.2.4.Menolong orang yang kesusahan

9.Membiasakan anak mengucap terimakasih

 

 

3.3.3.dan 4.3.3.Guna anggota tubuh untuk

10.Melipat kertas menjadi bentuk perahu

 

 

mengendarai kendaraan

11.Menirukan gerakan mendayung perahu

 

 

3.5.3.dan 4.5.3.Menyusun puzel bentuk kapal laut

12.Menghubungkan gambar kendaraan laut dengan kartu kata

 

 

3.6.2.dan 4.6.2.Bentuk-bentuk kendaraan air

13.Mencipta bentuk perahu layar dengan kepingan geometri

 

 

3.7.4.dan 4.7.4.Macam-macam kendaraan air

14.Melengkapi gambar kapal laut

 

 

3.9.4.dan 4.9.4.Miniatur kendaraan air

15.Bermain manjalankan kapal laut di bak air

 

 

3.11.4.dan 4.11.4.Syair

16.Membuat urutan bilangan

 

 

3.12.1.dan 4.12.1.Huruf vokal dan konsonan

17.Menggambar bebas perahu layar

 

 

3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik ingin naik perahu

18.Mengelompokkan huruf vokal dari suatu kata

 

 

 

19.Menghitung gambar perahu layar

 

 

.

20.Membuat bentuk rakit dari sedotan

 

 

 

21.Membedakan besar – kecil kendaraan air

 

 

 

22.Menyebutkan posisi benda

 

 

 

23.Berjalan di atas papan titian

 

 

 

24.Mengulang kalimat sederhana

 

 

 

25.Bemain lompat tali

 

 

 

26.Mencocok gambar perahu layar

 

 

 

27.Mencocokkan bilangan dengan benda

 

 

 

28.Bercerita tentang pengalaman

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 


 

TEMA                                     : KENDARAAN

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 5

KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12,  2.3.15, 4.15.

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

KENDARAAN UDARA

2.1.4.Menjaga kesehatan

1.Berdiskusi tentang kendaraan udara

 

- Pesawat terbang

2.2.3.Mengetahui apa yang terjadi

2.Bermain peran sebagai pilot

 

- Helikopter

2.5.1.Berani bertanya

3.Menggunting gambar pesawat terbang

 

-Kapal layang

2.6.5.Mentaati tertib berkendara

4.Mengelompokkan gambar kendaraan udara

 

- Balon udara

2.7.1. Saling menghormati antar penumpang

5.Bersyair “Pesawatku”

 

 

2.9.3. Mau meminjamkan miliknya

6.Memasangkan kartu huruf pada gambar kendaraan udara

 

 

2.12.1. Menyelesaikan pekerjaan sampai selesai

7.Menggambar bentuk helikopter

 

 

2.14.1.Mengucap terima kasih

8.Membuat bentuk pesawat terbang

 

 

3.2.4.dan 4.2.4.Menolong orang yang kesusahan

9.Mau meminjamkan pesawat mainan miliknya

 

 

3.3.3.dan 4.3.3.Guna anggota tubuh untuk

10.Mencari huruf awal sama nama kendaraan udara

 

 

mengendarai kendaraan

11.Kolase gambar helikopter dengan kertas

 

 

3.5.2.dan 4.5.2.Mencari jejak

12.Menyebutkan konsep waktu

 

 

3.6.2.dan 4.6.2.Bentuk-bentuk kendaraan udara

13.Menirukan gerakan pesawat terbang

 

 

3.7.4.dan 4.7.4.Macam-macam kendaraan udara

14.Menghitung jumlah pesawat, helikopter dll

 

 

3.9.4.dan 4.9.4.Miniatur kendaraan udara

15.Mencari jejak menuju bandara

 

 

3.11.4.dan 4.11.4.Syair

16.Memasangkan kartu huruf pada gambar kendaraan udara

 

 

3.12.2.dan 4.12.2.Huruf awal sama

17.Gerak dan lagu

 

 

3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik ingin naik pesawat

18.Membuat baling – baling dari stiker es

 

 

 

19.Mencari perbedaan pesawat terbang dengan helikopter

 

 

.

20.Membuat mainan balon udara

 

 

 

21.Melambungkan bola

 

 

 

22.Mengukur panjang benang dengan jengkal

 

 

 

23.Menceritakan mengapa balon udara bisa terbang

 

 

 

24.Mewarnai gambar kapal layang

 

 

 

25.Menghitunghasil penjumlahan dengan benda

 

 

 

26.Meneruskan pola gambar kendaraan udara

 

 

 

27.Melengkapi kalimat

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 

 


 

TEMA                                     : PEKERJAAN

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 6

KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3,3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14, 4.14. .3.15, 4.15.

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

BIDANG PENDIDIKAN

1.1.6.Memanfaatkan cipataan Tuhan

1.Berdiskusi tentang pekerjaan di bidang pendidikan, kesehatan

 

- Guru

1.2.7.Menghargai hasil karya orang lain

2.Bertepuk tangan membentuk irama

 

- TU / Pesuruh

2.1.1.Berolah raga

3.Mengelompokkan peralatan yang dipakai bekerja guru,dokter

2

BIDANG KESEHATAN

2.2.2.Mengetahui sebab akibat

4.Bermain peran sebagai guru,dokter,bidan dll

 

- Dokter

2.6.5. Mentaati tata tertib dalam bekerja

5.Memberi tanda pada gambar alat-alat dokter

 

- Bidan

2.7.4. Saling menghargai sesama teman

6.Menggambar bebas peralatan guru,dokter

 

- Perawat

2.9.2. Tenggang rasa

7.Menyanyi lagu “Guruku”

 

 

2.13.2.Mengakui kesalahannya

8.Mencocok gambar termometer

 

 

2.14.2.Memperhatikan orang tua bicara

9.Melipat baju dokter

 

 

3.1.7.dan 4.1.7.Tenaga pendidik dan tenaga medis

10.Pantomim pergi ke dokter

 

 

3.2.6.dan 4.2.6.Simpati terhadap orang sakit

11.Mencipta bentuk alat-alat dokter dengan plastisin

 

 

3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi motorik halus

12.Membuat urutan bilangan gambar alat-alat untuk bekerja

 

 

3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan

13.Menyebutkan konsep waktu

 

 

3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak

14.Mencari jejak tempat bekerja guru

 

 

3.9.2.dan 4.9.2.Alat-alat untuk bekerja

15.Menghitung jumlah guru di sekolahnya

 

 

3.11.2.dan 4.11.2.Pantomim

16.Menyebutkan nama – nama guru

 

 

3.13.5.dan 3.13.5.Dapat bekerja kelompok

17.Senam irama

 

 

3.14.4.dan 4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia

18.Memberi tanda pada gambar anak yang sopan

 

 

3.15.4.dan 4.15.4.Tertarik aktifitas seni

19.Menirukan 3 – 4 urutan kata

 

 

.

20.Permainan warna dengan cat & kuas

 

 

 

21.Menyebutkan perbedaan guru & TU / pesuruh

 

 

 

22.Membuat sajak

 

 

 

23.Mengurutkan peralatan dokter dari kecil – besar

 

 

 

24.Menghitung jarum suntik maiana

 

 

 

25.Menghubungkan tulisan dengan benda

 

 

 

26.Membuat bentuk jarum suntik

 

 

 

27.Menimbang berat badannya sendiri & teman

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 

 


 

TEMA                                     : PEKERJAAN

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 7

KD : 1.2, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6 ,3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14, 4.14, 3.15, 4 15

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

BIDANG KEAMANAN

1.2.7.Menghargai hasil karya orang lain

1.Mengulang kalimat sederhana

2

BIDANG PEMERINTAHAN

2.2.2.Mengetahui sebab akibat

2.Diskusi tentang polisi tentara, satpam, hansip, kepala desa, bupati

 

(POLISI, TENTARA,

2.6.5. Mentaati tata tertib dalam bekerja

3.Membuat pos ronda dengan balok-balok

 

HANSIP, SATPAM, BUPATI

2.7.4. Saling menghargai sesama teman

4.Menyanyi lagu Polisi

 

KEPALA DESA)

2.9.2. Tenggang rasa

5.Senam fantasi (bapak polisi)

 

 

2.13.2.Mengakui kesalahannya

6.Membuat bentuk trafe ligt dari kepingan geometri

 

 

2.14.2.Memperhatikan orang tua bicara

7.Mencari peralatan polisi

 

 

3.1.7.dan 4.1.7.Tenaga pemerintahan dan tenaga

8.Membuat bentuk pistol dari bombig

 

 

keamanan

9.Bermain balok

 

 

3.2.6.dan 4.2.6.Peduli terhadap keamanan

10.Menggambar rambu – rambu lalu lintas

 

 

3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi motorik halus

11.Mengurutkan bilangan

 

 

3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan

12.Melengkapi kalimat

 

 

3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak

13.Menari (Tari Perang)

 

 

3.9.2.dan 4.9.2.Alat-alat untuk bekerja

14.Membuat baju untuk tentara

 

 

3.11.2.dan 4.11.2.Pantomim

15.Membuat topi tentara

 

 

3.13.5.dan 4.13.5.Dapat bekerja kelompok

16.Membedakan polisi dengan tentara

 

 

3.14.4.dan 4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia

17.Mencocok gambar rangsel tentara

 

 

3.15.4.dan 4.15.4.Tertarik aktifitas seni

18.Mengulang kalimat sederhana

 

 

 

19.Lari estafet membawa tongkat

 

 

.

20.Membuat sabuk hansip dari karton bekas

 

 

 

21.Mengukur panjang sabuk dengan penggaris

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 

 


 

TEMA                                     : PEKERJAAN

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 8

KD : 1.1, 1.2, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6. 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14, 4.14, 3.15, 4.15.

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

BIDANG SWASTA

1.1.6.Memanfaatkan cipataan Tuhan

1.Diskusi tentang petani, nelayan, koki, penjahit

 

(PETANI,KOKI,

1.2.7.Menghargai hasil karya orang lain

2.Diskus tentang peralatan untuk bekerja

 

TUKANG KAYU,

2.2.2.Mengethui sebab akibat

3.Pantomim sebagai petani

 

NELAYAN)

2.6.5. Mentaati tata tertib dalam bekerja

4.Mengelompokkan alat pertanian, tukang kayu, koki, penjahit dll

 

 

2.7.4. Saling menghargai sesama teman

5.Meniru angka pada gambar kue

 

 

2.9.2. Tenggang rasa

6.Membaca buku cerita bergambar

 

 

2.13.2.Mengakui kesalahannya

7.Mewarnai gambar petani

 

 

2.14.2.Memperhatikan orang tua bicara

8.Mengisi pola gambar palu dengan serbuk gergaji

 

 

3.1.7.dan 4.1.7.Seniman,wira usahawan,wartawan

9.Menghitung hasil petani (penjumlahan)

 

 

3.2.6.dan 4.2.6.Simpati terhadap berita dimedia

10.Membuat cangkul dari karton bekas

 

 

3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi motorik halus

11.Bergerak bebas sesuai irama musik

 

 

3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan

12.Senam fantasi meniru petani

 

 

3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak

13.Menghitung hasil petani

 

 

3.9.2.dan 4.9.2.Alat-alat untuk bekerja

14.Mencari jejak hasil pertanian

 

 

3.11.2.dan 4.11.2.Pantomim

15.Mengurutkan caramenanam padi

 

 

3.13.5.dan 4.13.5.Dapat bekerja kelompok

16.Melompati simpai

 

 

3.14.4.dan 4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia

17.Menganyam bentuk caping petani

 

 

3.15.4.dan 4.15.4.Tertarik aktifitas seni

18.Mengukur panjang meja dengan meteran

 

 

 

19.Permainan fisik ular naga

 

 

.

20.Bermain dengan pasir (mencetak kue 0

 

 

 

21.Menggunting pola baju

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 

 


 

TEMA                                     : AIR, UDARA, API

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 9

KD : 1.1, 1.2, 2.1,2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12.

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

AIR

1.1.2.Air ciptaan Tuhan

1.Diskusi tentang guna,sumber,manfaat dan bahaya air

 

- Sumber air

1.2.1.Bersyukur atas nikmat Tuhan

2.Mengelompokkan sumber – sumber air

 

- Guna air

2.1.3.Menjaga kebersihan air

3.Praktek berwudhu

 

- Tempat air

2.2.2.Mengetahui sebab akibat

4.Mengurutkan cara anak sedang mandi, cara mencuci baju dll

 

- Sifat air

2.6.1.Perilaku baik /buruk

5.Menghubungkan tempat air dengan kartu kata

 

- Bahaya air

2.10.5. Toleransi

6.Menggunting gambar bak air

 

 

2.11.1. Menyesuaikan diri dengan orang lain

7.Cuci tangan,gosok gigi yang benar

 

 

2.12.3. Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan

8.Mencoba membuat hujan, proses terjadinya banjir

 

 

3.1.2dan 4.1.2.Berwudhu

9.Penjumlahan dengan benda-benda:mis cangkir

 

 

3.2.6.dan 4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang

10.Menirukan 4 urutan kata

 

 

kebanjiran

11.Mengisi wadah dengan air

 

 

3.4.2.dan 4.4.2.Cuci tangan,mandi,gosok gigi

12.Membuat urutan bilangan

 

 

3.5.1.dan 4.5.1.Konsep penjumlahan

13.Diskusi tentang mengapa bisa terjadi hujan,banjir dll

 

 

3.6.5.dan 4.6.5.Sifat air.

14.Mewarnai gambar orang mencuci baju

 

 

3.8.7.dan 4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur

15.Meniru gerakan sederhana

 

 

Mis,Proses terjadinya banjir

16.Menyanyi lagu

 

 

3.10.2.dan 4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata

17.Memberi tanda perbuatan benar dan salah

 

 

3.12.3.dan 4.12.3.Cerita tentang hujan/banjir

18.Melipat kertas

 

 

 

19.Perlombaan memindahkan air ke dalam timba

 

 

.

20.Percampuran air dengan sabun, benda – benda dimasukkan dalam

 

 

 

 Air (terapung, melayang, tenggelam)

 

 

 

21.Membuat sajak sederhana

 

 

 

22.Mencari jejak

 

 

 

23.Membedakan besar – kecil tempat air

 

 

 

24.Bermain balok ; membuat tanggul air

 

 

 

25.Melakukan tiga perintah secara urut

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 

 


 

TEMA                                     : AIR, UDARA, API

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 10

KD : 1.1, 1.2, 2.1,2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12.

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

API

1.1.2.Api ciptaan Tuhan

1.Diskusi tentang guna ,manfaat,sumber dan bahaya api

 

- Guna api

1.2.1.Bersyukur atas nikmat Tuhan

2.Menyebutkan benda yang mudah terbakar

 

- Sumber api

2.1.3.Menjaga kebersihan lingkungan

3.Cerita tentang Kebakaran

 

- Sifat api

2.2.2.Mengetahui sebab akiabt

4.Mengelompokkan sumber-sumber api

 

- Bahaya api

2.6.1.Perilaku baik /buruk

5.Membakar kertas,membuat abu

 

 

2.10.5. Toleransi

6.Memberi angka pada gambar lilin sesuai jumlahnya

 

 

2.11.1. Menyesuaikan diri dengan orang lain

7.Mengurutkan bilangan

 

 

2.12.3. Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan

8.Mengurutkan pola lilin,dop, api unggun

 

 

3.1.2dan 4.1.2.Beribadah

9.Mencocok gambar alat pemadam api

 

 

3.2.6.dan 4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang

10.Menebali suku kata awal sama

 

 

terkena musibah kebakaran

11.Menggambar dengan arang

 

 

3.4.1.dan 4.4.1.Alat alat

12.Pengurangan dengan benda-benda

 

 

3.5.1.dan 4.5.1.Konsep penjumlahan

13.Mencoba membuat panas dengan menggesekan batu

 

 

3.6.5.dan 4.6.5.Sifat api

14.Mewarnai gambar lilin

 

 

3.8.7.dan 4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur

15.Senam fantasi

 

 

membuat arang

16.Dramatisasi memadamkan api

 

 

3.10.2.dan 4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata

17.Mencoba memasak air

 

 

3.12.2.dan 4.12.2.Huruf awal sama

18.Permainan fisik kata berantai

 

 

 

19.Tepuk api

 

 

.

20.Menyanyi lagu Api

 

 

 

21.Menyempurnakan / menjiplak gambar kompor

 

 

 

22.Memasangkan kartu huruf dengan benda

 

 

 

23.Membuat bentuk api unggun dengan batang korek api

 

 

 

24.Berjalan pada garis lurus

 

 

 

25.Mengukur panjang kabel

 

 

 

26.Mengisi pola pada gambar lampu belajar

 

 

 

27.Membedakan perilaku baik dan buruk

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 

 


 

TEMA                                     : AIR, UDARA, API

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 11

KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12.              

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

UDARA

1.1.2.Udara ciptaan Tuhan

1.Diskusi tentang manfaat udara

 

- Manfaat udara

1.2.1.Bersyukur atas nikmat Tuhan

2.Menyanyi lagu balonku

 

- Sumber udara

2.1.3.Menjaga kebersihan lingkungan

3.Meniup balon

 

- Sifat udara

2.2.2.Mengetahui sebab akibat

4.Menghitung gambar balon

 

- Bahaya udara

2.6.1.Perilaku baik /buruk

5.Cerita tentang balon udara,angin puting beliung dll

 

 

2.10.5. Toleransi

6.Membuat layang-layang dari kertas

 

 

2.11.1. Menyesuaikan diri dengan orang lain

7.Menghitung gambar layang-layang

 

 

2.12.3. Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan

8.Menyebutkan posisi benda

 

 

3.1.2dan 4.1.2.Beribadah

9.Bercerita tentang pengalaman

 

 

3.2.6.dan 4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang terkena musibah

10.Menggunting gambar balon udara

 

 

 angin puting beliung

11.Membuat coretan bentuk angin puting beliung

 

 

3.4.1.dan 4.4.1.Benda yang membutuhkan udara

12.Melipat kertas menjadi bentuk kipas / baling – baling / kitiran

 

 

3.5.1.dan 4.5.1.Konsep penjumlahan

13.Diskusi tentang sifat/wujud udara

 

 

3.6.5.dan 4.6.5.Sifat udara.

14.Melukis didalam gambar balon, melukis dengan meniup

 

 

3.8.7.dan 4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur meniup balon

15.Bermain kempit balon, bermain menggelindingkan roda

 

 

3.10.2.dan 4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata

16.Percobaan tanaman dimasukkan dalam toples (tertutup dan terbuka)

 

 

3.12.3.dan 4.12.3.Cerita tentang balon udara

17.Membedakan besar – kecil pompa

 

 

 

18.Mengelompokkan benda yang membutuhkan udara

 

 

 

19.Menirukan 3 – 4 urutan kata

 

 

.

20.Menceritakan jika tidak ada udara

 

 

 

21.Menirukan gerakan sederhana (ambil nafas)

 

 

 

22.Menyalakan kipas angin dan merasakan akibat yang ditimbulkannya

 

 

 

23.Menggunting gambar kipas angin

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 

 


 

TEMA                                     : ALAT KOMUNIKASI

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 12

KD : 1.1, 2.2, 2.3, 2.4, 2.5, 2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12.3.13, 4.13, 3.15, 4.15.

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

ALAT KOMUNIKASI

1.2.7.Menghargai hasil karya orang lain

1.Diskusi tentang alat komunikasi elektronik

 

ELEKTRONIK

2.2.3.Mengetahui apa yang terjadi bila tidak ada

2.Menggambar bebas alat komunikasi elektronik (hp, televisi, radio dll)

 

-Radio

Telepon,televisi,hp,computer dll

3.Belajar menggunakan hp

 

-Televisi

2.3.2.Berkreasi menggunakan berbagai media

4.Bicara sopan saat menelepon

 

-Telepon

2.4.1. Bergerak sesuai irama musik

5.Membuatbentuk televisi dengan kardus bekas

 

-Handphone

2.5.2. Menyampaikan pendapat lewat telepon

6.Menjawab pertanyaan tentang sopan santun dalam menelepon

 

-Laptop

2.7.3. Mendengarkan temannya bicara

7.Membuat garis menjadi bentuk radio,televisi, HP

 

-Komputer

2.9.3.Mau meminjamkan miliknya

8.Bergerak bebas sambil mendengarkan musik

 

 

2.12.2.Memberi dan memohon maaf

9.Menyanyi lagu radio televisi

 

 

2.14.3.Berbicara sopan

10.Menyampaikan pendapat lewat telepon

 

 

3.2.2.dan 4.2.2.Ucapan salam

11.Percakapan dua arah

 

 

3.3.6.dan 4.3.6.Mengkoordinasikan motorik halus

12.Melengkapi gambar radio, telepon

 

 

3.6.6.dan 4.6.6.Mengembalikan mainan.

13.Bermain alat perkusi

 

 

3.9.4.dan 4.9.4.Alat tehnologi sederhana.

14.Membuat bentuk alat komunikasi dengan plastisin

 

 

3.10.1.dan 4.10.1.Percakapan dua arah/lebih

15.Menyebutkan perbedaan radio dan televisi

 

 

3.12.4.dan 4.12.4. Garis tegak,datar,lengkung

16.Konsep waktu (membaca jam)

 

 

3.13.1.dan 4.13.1.Mengendalikan emosi

17.Menirukan 3 urutan kata

 

 

3.15.1.dan 4.15.1.Senandung bunyi-bunyian,

18.Membuat urutan angkan pada Hp

 

 

 

19.Menyebutkan bagian – bagian alat komunikasi

 

 

.

20.Membuat laptop mainan

 

 

 

21.Menghubungkan bagian – bagian alat komunikasi dengan tulisan

 

 

 

22.Membedakan besar – kecil benda

 

 

 

23.Mencocok bentuk komputer

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 

 


 

TEMA                                     : ALAT KOMUNIKASI

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 13

KD : 1.1, 2.2, 2.3, 2.4, 2.5, 2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12.3.13, 4.13, 3.15, 4.15.

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

ALAT KOMUNIKASI

1.2.7.Menghargai hasil karya orang lain

1.Diskusi tentang alat komunikasi cetak & tradisional

 

CETAK & TRADISIONAL

2.2.3.Mengetahui apa yang terjadi bila tidak ada

2.Membaca majalah bersama-sama

 

-Koran

Alat komunikasi

3.Mengulang kalimat yang sudah didengar

 

-Majalah

2.3.2.Berkreasi menggunakan berbagai media

4.Kolase dengan koran bekas pada gambar koran

 

-Baleho / selebaran

2.4.1. Bergerak sesuai irama musik

5.Bermain alat perkusi

 

-Kentongan

2.5.2. Menyampaikan pesan

6.Mencocok bentuk gambar kentongan

 

-Peluit

2.7.3. Mendengarkan temannya bicara

7.Bermain kentongan sambil bernyanyi

 

-Bedug

2.9.3.Mau meminjamkan miliknya

8.Membuat betuk baleho

 

 

2.12.2.Memberi dan memohon maaf

9.Mengukur panjang koran

 

 

2.14.3.Berbicara sopan

10.Meronce dengan koran bekas

 

 

3.2.2.dan 4.2.2.Ucapan salam

11.Bermain dengan bola dari koran

 

 

3.3.6.dan 4.3.6.Mengkoordinasikan motorik halus

12.Berjalan maju membawa beban majalah di atas kepala

 

 

3.9.4.dan 4.9.4.Alat komunikasi tradisional.

13.Montase gambar – gambar dari majalah

 

 

3.10.1.dan 4.10.1.Percakapan dua arah/lebih

14.Menghitung majalah, kentongan dll

 

 

3.12.4.dan 4.12.4. Garis tegak,datar,lengkung

15.Membuat bentuk baleho

 

 

3.13.1.dan 4.13.1.Mengendalikan emosi

16.Menyebutkan posisi benda

 

 

3.15.1.dan 4.15.1.Senandung bunyi-bunyian,

17.Membuat tulisan isi dari baleho

 

 

 

18.Bercerita tentang pengalaman

 

 

 

19.Lomba lari

 

 

.

20.Membuat peluit mainan dari daun / sedotan

 

 

 

21.Memasangkan gambar peluit sesuai angka

 

 

 

22.Membedakan suara peluit

 

 

 

23.Menirukan suara bedug

 

 

 

24.Menghubungkan gambar dengan tulisan

 

 

 

25.Melengkapi gambar bedug

 

 

 

26.Kolase gambar bedug dengan kertas

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 


 

TEMA                                     : NEGARAKU

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 14

KD : 1.1, 1.2,2.4, 2.5, 2.6, 2.9, 2.10, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.5, 4.5, 3.6, 4 .6,3.7, 4.7, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11.3.15, 4.15.  

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

NAMA NEGARA

1.1.4.Mensyukuri ciptaan Tuhan

1.Diskusi tentang nama,dasar ,lambang negara indonesia, pulau

 

DASAR NEGARA

1.2.7.Menghargai hasil karya orang lain

2.Menyanyi lagu ANAK INDONESIA

 

LAMBANG NEGARA

2.5.6.Menceritakan pengalaman

3.Menggunting gambar burung garuda

 

BENDERA NEGARA

2.6.5.Mentaati tata tertib yang ada

4.Menjahit membuat bentuk bendera

 

PULAU

2.9.1.Gotong royong

5.Menghafal syair Pancasila

 

 

2.10.5.Toleransi

6.Menghubungkan gambar-gambar perisai Burung garuda

 

 

2.11.3.Menyesuaikan diri dengan lingkungan

sesuai angka sila Pancasila

 

 

2.14.2.Mendengarkan orang tua bicara

7.Bermain balok membuat tugu monas

 

 

3.1.8.dan 4.1.8.Hari-hari besar nasional

8.Mencari jejak gambar tugu monas

 

 

3.5.2.dan 4.5.2.Mencari jejak

9.Melengkapi gambar pada perisai burung garuda

 

 

3.6.4.dan 4.6.4.Meniru pola

10.Berjalan maju pada garis lurus

 

 

3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan

11.Meloncat dengan ketinggian 40cm

 

 

3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak

12.Memasangkan nama pulau dengan gambarnya

 

 

3.10.3.dan 4.10.3.Menceritakan isi buku

13.Meniru pola pulau jawa

 

 

3.11.3.dan.4.11.3.Lagu lagu-lagu nasional

14.Menggunting gambar burung garuda

 

 

3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik pada karya seni

15.Menghitung bulu pada gambar burung garuda

 

 

 

16.Melengkapi tulisan di bawah gambar burung garuda

 

 

 

17.Permainan fisik pindah bendera

 

 

 

18.Meniru menulis syair lagu bendera mebrah putih

 

 

.

19.Meniru gerakan sederhana

 

 

 

20.Mengurutkan benda berdasarkan tinggi – rendah

 

 

 

21.Menghitung hasil pengurangan dengan benda

 

 

 

22.Mozaik pada gabar tugu monas

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 


 

TEMA                                     : NEGARAKU

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 15

KD : 1.1, 1.2,2.4, 2.5, 2.6, 2.9, 2.10, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.5, 4.5,3.6,4.6, 3.7, 4.7, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11.3.15, 4.15..    

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

PRESIDEN & WAKILNYA

1.1.4.Mensyukuri ciptaan Tuhan

1.Menunjukkan foto presiden dan wakil presiden Indonesia

 

PAHLAWAN

1.2.7.Menghargai hasil karya orang lain

2.Menebali huruf nama presiden dan wakil presiden

 

HARI BESAR NASIONAL

2.4.5.Adat istiadat

3.Diskusi tentang hari-hari besar nasional

 

ADAT ISTIADAT

2.5.6.Menceritakan pengalaman

4.Menari

 

LAGU – LAGU NASIONAL

2.6.5.Mentaati tata tertib yang ada

5.Bercerita tentang pengalaman ikut /melihat pawai

 

 

2.9.1.Gotong royong

6.Menjiplak gambar benda pusaka

 

 

2.10.5.Toleransi

7.Mewarnai gambar pakaian adat

 

 

2.11.3.Menyesuaikan diri dengan lingkungan

8.Memakai pakaian adat

 

 

2.14.2.Mendengarkan orang tua bicara

9.Menyanyi lagu-lagu nasional

 

 

3.1.8.dan 4.1.8.Hari-hari besar nasional

10.Mengisi pola dengan garis pada gambar rumah adat

 

 

3.5.2.dan 4.5.2.Mencari jejak

11.Senam irama

 

 

3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan

12.Melipat kertas menjadi bentuk pigura

 

 

3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak

13.Menulis nama pahlawan sesuai gambar

 

 

3.10.3.dan 4.10.3.Menceritakan isi buku

14.Menghubungkan gambar dengan angka

 

 

3.11.3.dan.4.11.3.Lagu lagu-lagu nasional

15.Mencari jejak gambar rumah adat

 

 

3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik pada karya seni

16.Diskusi tentang adat istiadat

 

 

 

17.Lomba memasang foto persiden

 

 

 

18.Membuat bentuk umbul – umbul

 

 

 

19.Meronce hiasan dengan kertas merah putih

 

 

.

20.Meneruskan pola

 

 

 

21.Membuat bentuk bambu runcing

 

 

 

22.Menyebutkan nama pahlawan wanita

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 

 


 

TEMA                                     : ALAM SEMESTA

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 16

KD : 1.1, 1.2,2.1, 2.2, 2.3, 2.5, 2.7, 2.9,, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.11, 4.11, 3.13, 4.13.                

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

BUMI

1.1.1.Alam semesta ciptaan Tuhan

1.Bersyukur atas nikmat Tuhan

 

- Pegunungan

1.2.1.Bersyukur

2.Diskusi tentang benda-benda yang ada di bumi

 

- Perkotaan

2.1.5.Kebersihan diri sendiri

3.Lomba mengumpulkan batu

 

- Pedesaan

2.2.3.Mengetahui apa yang terjadi

4.Menghitung batu/kerikil

 

- Gunung meletus

2.3.1.Mengembangkan hasil karyanya

5.Membatik jumputan dengan kerikil

 

- Tanah longsor

2.5.6.Menceritakan pengalaman sederhana

6.Bermain dengan tanah liat

 

 

2.7.5.Mengendalikan emosi

7.Mengelompokkan benda – benda yang ada di sekitar anak

 

 

2.9.4.Rasa empati padaorang lain

8.Mneyebutkan benda yang terbuat dari tanah liat

 

 

3.1.3.dan 4.1.3.Hafalan doa sehari-hari

9.Mencetak dengan jari pada gambar guci / kendi

 

 

3.2.7.dan 4.2.7.Perbuatan baik terhadap sesama

10.Gerak dan lagu naik – nai ke puncak gunung

 

 

3.5.1.dan 4.5.1.Konsep penjumlahan dan pengurangan

11.Percobaan membuat gunung meletus

 

 

3.8.4.dan 4.8.4.Suasana pedesaan,pegunungan, perkotaan.

12.Membuat sajak sederhana

 

 

3.10.3.dan 4.10.3.Menceritakan isi buku

13.Menyanyi lagu matahari terbenam

 

 

3.11.4.dan 4.11.4.Sajak sederhanan

14.Membuat mainan dengan tehnik 3m

 

 

3.13.2.dan 4.13.2.Beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

15.Mencari jejak daerah pegunungan

 

 

 

16.Bermain perosotan

 

 

 

17.Memberi tanda perbuatan benar dan salah

 

 

 

18.Permainan warna usap abur dengan krayon

 

 

 

19.Menirukan 4 urutan kata

 

 

 

20.Membuat orang – orangan sawah

 

 

 

21.Menggambar suasana desa

 

 

 

22.Menceritakan isi gambar yang dibuatnya dengan tulisan

 

 

 

23.Memanjat tangga majemuk

 

 

 

24.Membuat bentuk gedung bertingkat dengan kubus

 

 

 

25.Menyebutkan kota yang dikenal anak

 

 

 

26.Mengulang kalimat yang sudah didengar

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 


 

TEMA                                     : ALAM SEMESTA

KELOMPOK                         : B

SEMESTER / MINGGU      : 2 / 17

KD : 1.1, 1.2,2.1, 2.2, 2.3, 2.5, 2.7, 2.9,, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.11, 4.11, 3.13, 4.13.               

NO

SUB TEMA

MUATAN / MATERI

RENCANA KEGIATAN

1

BENDA – BENDA

1.1.1.Alam semesta ciptaan Tuhan

1.Dikusi tentang benda – benda langit

 

LANGIT

1.2.1.Bersyukur

2.Bercerita tentang pengalaman anak

 

- Matahari

2.1.5.Kebersihan diri sendiri

3.Menyanyi lagu matahari terbenam, pelangi dll

 

- Bulan

2.2.3.Mengetahui apa yang terjadi

4.Membuat sajak sederhana

 

- Bintang

2.3.1.Mengembangkan hasil karyanya

5.Membuat coretan menjadi bentuk halilintar

 

- Pelangi

2.5.6.Menceritakan pengalaman sederhana

6.Diskusi tentang terjadinya pelang, hujan dll

 

- Awan

2.7.5.Mengendalikan emosi

7.Menggunting ganbar pelangi

 

- Petir / halilintar

2.9.4.Rasa empati padaorang lain

8.Mengisi pola pada gambar matahari

 

 

3.1.3.dan 4.1.3.Hafalan doa sehari-hari

9.Percobaan membuat sinar dengan senter

 

 

3.2.7.dan 4.2.7.Perbuatan baik terhadap sesama

10.Menghafal doa waktu hujan/ada petir

 

 

3.5.1.dan 4.5.1.Konsep penjumlahan dan pengurangan

11.Menghitung hasil pengurangan dengan benda

 

 

3.8.4.dan 4.8.4.Suasana pedesaan, pegunungan, perkotaan.

12.Kolase pada gambar bulan, bentuk awan

 

 

3.10.3.dan 4.10.3.Menceritakan isi buku

13.Membedakan dua benda

 

 

3.11.4.dan 4.11.4.Sajak sederhanan

14.Mencocokkan bilangan dengan benda

 

 

3.13.2.dan 4.13.2.Beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

15.Permainan fisik lintang alihan, petak umpet

 

 

 

16.Melipat kertas menjadi bentuk bintang

 

 

 

17.Menghitung bentuk – bentuk bintang

 

 

 

18.Membaca buku cerita bergambar

 

 

 

19.Menyebutkan konsep waktu

 

 

 

20.Bersenandung sesuai irama lagu

 

 

 

21.Permainan warna dengan krayon

 

 

 

22.Melengkapi kata di bawah gambar

 

 

 

23.Meneruskan pola bentuk benda – benda langit

 

 

 

24.Menyebutkan huruf awal sama

 

 

 

25.Membedakan suara – suara (petir, halilintar)

 

 

 

26.Mengelompokkan gambar benda – benda langit

 

 

 

27.Menghubungkan gambar benda langit dengan kartu kata

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

 

 

 

 

__________________________                                                     __________________________

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment