MATERI KELAS 4 SEMESTER 1 SD NEGERI MARGAMULYA
PEMBELAJARAN 1 TEMA 1 INDANYAH
KEBERSAMAAN SUB TEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU
MUATAN BI KD 3.3 DAN 4.3
Tahukah kamu bahwa Indonesia terdiri atas banyak pulau, suku
bangsa, tarian, rumah adat, serta agama? Ayo, kita cari tahu lebih jauh tentang
keberagaman itu.
Ayo Membaca
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan
budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Keberagaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib
mensyukurinya. Berikut adalah bacaan tentang keberagaman budaya Indonesia.
Bacalah teks berikut dalam hati!
PAWAI BUDAYA
Pawai Budaya sangat menarik
bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya
Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai
lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek
Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan
rombongan pawai semakin dekat.
Di barisan pawai terdepan
terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih,
jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan
mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang
serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari
Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang.
Budaya Maluku sangat unik dan menarik.
Budaya Bali terkenal karena
bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik
daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang
terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.
Rombongan dari Bali diikuti
oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut
baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa
Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang
namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti
angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik
untuk dipelajari.
Udin dan teman-teman senang
melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian
adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati. Benar
kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan
mengagumkan.
Gagasan Utama/Pokok dan Gagasan Pendukung Suatu Teks
Paragraf adalah rangkaian kalimat yang di susun secara
berurtan sehngga membentuk satu pikiran utama. Setiap bacaan biasanya terdiri
atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok yang diperkuat
oleh gagasan pendukung.
Gagasan Utama/pokok adalah ide utama yang dibahas dalam
suatu bacaan, bisa berupa kalimat inti atau pokok paragraf. Gagasan utama letaknya
bisa di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf.
Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan
informasi untuk gagasan pokok.
Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk
menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf.
1. Bacalah paragraf dengan
cermat!
2. Cermati kalimat pertama
hingga terakhir pada setiap paragraf!
3. Temukan kalimat utama dan
kalimat penjelas dalam suatu paragraf!
4. Apakah kalimat pertama
merupakan gagasan pokok atau gagasan penjelas?
5. Apakah kalimat kedua yang
merupakan gagasan pokok?
6. Teruslah membaca kalimat demi
kalimat hingga gagasan pokok paragraf ditemukan. Ingat, gagasan pokok sebagai
isi atau inti paragraf dapat terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di
seluruh paragraf.
Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap
paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan
berikut untuk paragraf pertama!
No.
|
Paraggraf
|
Gagasan Utama
|
Gagasan Pendukung
|
1.
|
Paragraf 1
|
Pawai budaya menarik perhatian warga Kampung Babakan
|
Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya
Indonesia
|
2.
|
Paragraf 2
|
Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari
Maluku
|
Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas
merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan.
|
3.
|
Paragraf 3
|
Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang
berbeda
|
Rombongan dari Bali membunyikan alat musik
daerahnya, Ceng-Ceng namanya
|
4
|
Paragraf 4
|
Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari
Toraja
|
Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju
Pokko
|
5
|
Paragraf 5
|
Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya
|
Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap
tahun.
|
Ayo Berlatih
Bertanyalah kepada temanmu untuk mencari informasi
tentang keberagaman suku bangsa di kelasmu!
No.
|
Nama Siswa
|
Daerah Asal
|
Ciri Khas Daerah
|
1.
|
Siti
|
Padang (Sumatera Barat)
|
Rendang, rumah Gadang
|
2.
|
Endi Ruskendi
|
Bandung (Jawa Barat)
|
Tari Jaipong, Bahasa Sunda
|
3.
|
Novalia Metiaman
|
Jayapura (Papua)
|
Tari Yospan, Rumah Honai
|
4.
|
Edison Manurung
|
Medan (Sumatera Utara)
|
Bika Ambon, Rumah Bolon
|
5.
|
Ni Putu Erni Andiani
|
Denpasar (Bali)
|
Tari Kecak, Tari Legong, Gapura Candi Bentar
|
6.
|
Bagus Hermono
|
Semarang (Jawa Tengah)
|
Lumpia, Rumah Joglo, Kethoprak
|
Setelah mendapatkan informasi di atas, jawablah
pertanyaan berikut.
1.
Apakah kalian
semua berasal dari daerah asal yang sama? Jelaskan! Kami berasal dari beberapa
daerah yang berbeda.
2.
Apakah kalian
mempunyai ciri khas daerah yang sama? Jelaskan! Tidak
3.
Bagaimana sikap
yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada? Saling
menghormati dan menghargai. Perbedaan yang ada pada setiap daerah di
Indonesia merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri.
Nah sekarang, tuliskan apa yang telah kamu lakukan
untuk menghargai perbedaan yang ada pada kolom berikut!
No.
|
Sikap Menghargai Keberagaman
|
1.
|
Sikap toleransi berarti menahan diri, bersikap
sabar, membiarkan orang berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap
orang-orang yang memiliki pendapat berbeda.
|
2,
|
Mempelajari dan menikmati kebudayaan daerah lain
|
3.
|
Menjadikan keberagaman sebagai kekayaan bukan
kekurangan
|
4.
|
Belajar dan bermain bersama teman yang beda suku
bangsa
|
5
|
Mengadakan pentas seni untuk menunjukkan seni budaya
setiap suku.
|
Kamu juga bisa menuliskan contoh-contoh sikap tidak
menghargai keberagaman yang kamu ketahui.
No.
|
Sikap Tidak Menghargai Keberagaman
|
1.
|
Hanya mau bekerjasama dengan teman yang sesuku dan
daerah asal.
|
2,
|
Hanya mau mempelajari dan menikmati kebudayaan
sensiri
|
3.
|
Menganggap budaya daerah lain kurang bermutu
|
4.
|
Menganggap suku sendiri yang terbaik dan suku lain
bukan yang terbaik
|
5
|
Bermain hanya dengan teman yang satu suku bangsa.
|
MUATAN IPA KD 3.1 DAN 4.1
Ayo Mengamati
Pengertian Bunyi
Bunyi adalah suara yang dihasilkan dari benda yang
bergetar. Benda tersebut dapat berupa benda padat, gas, dan cair.
1.
Syarat Terjadinya Bunyi.
a.
Ada medium atau
zat perantara. Contohnya suara petir dapat kita dengar karena ada udara.
b.
Ada sumber bunyi.
Contohnya senar gitar, membran gendang, atau pita suara.
c.
Ada pendengar
yaitu manusia dan hewan.
2.
Sumber Bunyi
Benda-benda yang
menghasilkan bunyi disebut Sumber Bunyi. Contohnya gitar akan
menghasilkan bunyi jika di petik, suling akan menghasilkan bunyi jika di tiup
dan lain sebagainya.
Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas
daerah, Indonesia juga kaya akan jenis alat musik. Berikut adalah contoh alat
musik yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Cara memainkannya
berbeda-beda.
Kecapi yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik.
Angklung yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara
digoyangkan.
Saluang yang berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara
ditiup.
Kendang yang berasal dari Jawa barat dan Tifa dari Papua
dimainkan dengan cara dipukul.
Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui! Jelaskan asal alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat musik tersebut!
Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui! Jelaskan asal alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat musik tersebut!
No.
|
Nama Alat Musik
|
Asal Daerah
|
Cara memainkan dan cara terjadinya bunyi
|
1.
|
Suling
|
Jawa Barat
|
Alat tersebut dimainkan dengan cara ditiup sehingga menimbulkan
getaran pada seruling dan getaran menghasilkan bunyi.
|
2.
|
Tifa
|
Maluku dan Papua
|
Alat ini dimainkan dengan cara dipukul. Bagian yang
dipukul berbentukm membran yang terbuat dari kulit. Getaran dari membran akan
menggetarkan udara yang ada dalam tabung.
|
3.
|
Kendang
|
Jawa Tengah
|
Kendang pada prinsipnya sama dengan tifa yaitu alat
musik pukul dengan membran yang terbuat dari kulit. Ketika membran dipukul
maka udara dalam kendang akan ikut bergetar
|
4.
|
Angklung
|
Jawa Barat
|
Angklung dimainkan dengan cara menggoyangkan batang
bambu. Angklung dapat berbunyi karena benturan tabung resonator besar
dan tabung resonator terkecil dengan tabung dasar. Getaran yang dihasilkan
diperkuat oleh resonator sehingga bisa menghasilkan bunyi.
|
5.
|
Kecapi
|
Jawa Barat
|
Bentuk kecapi adalah sebuah kotak kayu yang
diatasnya berjajar dawai/senar, kotak kayu tersebut berguna sebagai
resonatornya.
|
6.
|
Gong
|
Jawa tengah
|
Gong dimainkan dengan cara dipukul. Bentuk
gong adalah bulat, lingkaran, dan mempunyai titik di tengahnya sebagai pusat
resonansi dengan bentuk yang lebih menonjol.
|
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima
benda yang kamu anggap sebagai sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu
temukan berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau
ditekan).
No.
|
Nama Benda
|
Cara Menghasilkan Bunyi
|
1.
|
Peluit
|
Peluit ditiup sehingga terjadi getaran pada bagian
tertentu pada peluit dan getaran
tersebut menghasilkan bunyi. |
2.
|
Piano
|
Piano dimainkan dengan cara ditekan pad tuts-tutnya.
Dalam kotak piano terdapat dawai-dawai yang bergetar jika dipukul.
|
3.
|
Drum
|
Drum dimainkan dengan cara dipukul. Getaran pada
membran akan menggetarkan udara yang ada dalam tabung drum.
|
4.
|
Gitar
|
Gitar dimainkan dengan cara memetik dawai atau
senarnya. Senar yang dipetik akan menghasilkan getaran yang dapat
menggetarkan udara dalam kotak gitar.
|
5.
|
Bel Listrik
|
Bel Listrik yang dapat menghasilkan suara secara
terus menerus ketika diberikan arus listrik. Arus listrik akan mengalir ke
Kumparan Elektromagnet melalui Interuptor sehingga terjadi medan magnet untuk
menarik pemukul. Pemukul yang ditarik tersebut kemudian memukul Lonceng
sehingga Bel Listrik berbunyi.
|
Menurutmu, bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh
benda-benda tadi?
Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang
bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya
bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda
yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan
gas. Akan tetapi, bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa.
Ayo Mencoba
Secara berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang
seperti botol, sendok, ember, dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang
dihasilkan enak didengar. Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu
sudah enak di dengar? Mengapa?
MUATAN IPS KD 3.2 DAN 4.2
Dalam kehidupan sehari-hari, banyak perbedaan yang
kita temui, mulai dari perbedaan agama, suku, ras, hingga warna kulit.
Sebagaimana halnya sebuah permainan musik yang terdiri atas berbagai alat
musik, kehidupan nyata yang penuh dengan perbedaan pun dapat berdampingan
dengan baik, asalkan setiap orang dapat saling menghargai keberagaman.
Keberagaman
Budaya
Indonesia
memiliki banyak Pulau. Pulau-pulau tersebut terdiri dari bermacam-macam
kebudayaan yang terdapat suku bangsa, tarian adat, rumah adat, agama, senjata
tradisional dan lain lain. Keberagaman tersebut menjadi iri khas suatu daerah
di Indonesia. Walaupun Indonesia memiliki berbagai macam perbedaan namun tetap
dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman
tersebut merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu,
keragaman budaya haru di lestarikan dan di jaga.
BENTUK-BENTUK
KERAGAMAN DI INDONESIA
Indonesia
memiliki keragaman sosial dan budaya. Keragaman tersebut meliputi hal-hal berikut.
1. Keragaman Suku
Bangsa
2. Keragaman Bahasa
3. Keragaman Rumah
Adat
4. Keragaman Tarian
5. Keragama Pakaian
Tradisional
6. Keragaman Senjata
Tradisional
7. Keragaman Alat
Musik Tradisional
DITUNGGU KRITIK, SARAN DAN MASUKANNNYA BIAR TULISANNNYA BIASA BERKEMBANG DAN BERMANFAAT BAGI DUNIA PENDIDIKAN, 085282944922
ReplyDeletebagus pak sangat membantu
ReplyDeleteSangat membantu
ReplyDeleteijin copas ya ka, buat bikin bahan materi di power point
ReplyDeletesangat bagus sekali ka, tapi pembelajaran 2 dan seterusnya memangnya tidak ada?
ReplyDeletesangat membantu, dan bagus. lanjutkan pembelajarannya
ReplyDeletesangat membantu
ReplyDeletesangat membantu, bagus lanjutkan pembelajarannya
ReplyDeleteok
ReplyDeleteMakasih pak. Atas mapel rangkumannya
ReplyDelete