Tuesday, October 13, 2020

SOAL DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) KELAS 4 TEMA 1 INDAHNYAH KEBERSAMAAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 



PENIAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SD NEGERI ........................................

UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TASIKMALAYA

 

Tema   :  1. Indahnyah Kebersamaan

Kelas   :  IV (empat)

 


 

Bacalah wacana di bawah ini  untuk menjawab soal nomor 1-5!

 

Batik

 

          Batik merupakan kain tradisional asli Indonesia. Kain batik dihasilkan dengan cara dilukis atau dicetak menggunakan malam (lilin yang dipanaskan). Kain batik berasal dari Pulau Jawa. Seiring berkembangnya waktu, batik tidak hanya ada di Pulau Jawa. Beberpa daerah di luar Pulau Jawa juga menggunkan batik sebagai pakaian tradisional, misalnya batik Bali.

 

I.     Berdasarkan wacana di atas, jawablah pertanyaan-pertanyan di bawah ini!

1.    Gagasan pendukung dari teks diatas terdapat pada kalimat ke ….

2.    Ringakasan dari teks diatas menceritakan tentang  ….

3.    Gagasan pendukung dari kalimat kedua adalah  ….

4.    Sebelum membuat kerangka tulisan sebaiknya kita memyusun … dan ….

5.    Gagasan pokok dari teks diatas terdapat pada kalimat ke ….

 

II.  Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D di depan jawaban yang benar!


6.    Cara mengetahui gagasan pokok dari teks lisan adalah  ....

A.   membaca dengan seksama

B.    membaca perlahan-lahan          

C.    mendengarkan dengan seksama

D.   mendengarkan sambil berbicara

 

7.    Tujuan utama disajikannya gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam bentuk tabel adalah….

A.   agar terlihat lebih rapih dan indah         

B.    untuk mempermudah memahami teks

C.    untuk mempersulit penulisan teks

D.   agar pembaca tidak bosan

 

8.    Berikut ini yang bukan hari besar agama Islam ....

A.     Hari Raya Idul Fitri

B.      Hari Raya Idul Adha

C.      Hari Raya Nyepi

D.     Tahun Baru Hijriah

 

9.    Suku Asmat berasal dari ….

A.     Jawa Barat

B.      Kalimantan Timur

C.      Sumatera Utara

D.     Papua

 

10.      Permainan lompat batu berasal dari daerah …..

A.     Pulau Bali

B.      Pulau Sumatera

C.      Pulau Nias

D.     Pulau Madura

 

11.      Contoh kegiatan gotong royong yang baik di masyarakat adalah ….

A.   membuat gapura untuk tujuh belasan

B.   bekerjasama dengan panitia lomba agar juara

C.   bekerja sama mengerjakan UH

D.   menyuruh orang bekerja bakti, tetapi tidak ikut

 

12.      Berikut ini yang bukan identitas nasional Indonesia adalah ….

A.     Bahasa Indonesia

B.      Garuda Pancasila

C.      Kepala Naga

D.     Bendera Merah Putih

 

13.      Hari Raya Nyepi adalah hari besar umat  ….

A.     Islam

B.      Hindu

C.      Budha

D.     Kristen

 

14.      Alat musik yang mengeluarkan bunyi dengan cara digesek adalah ….

A.     drum

B.      trompet

C.      biola

D.     gitar          

 

15.      Bunyi tidak dapat merambat dalam ruang hampa udara, pengertian hampa udara adalah ….

A.   tempat yang tidak memiliki udara

B.   tempat penuh udara

C.   medium perantara

D.   ruang disekitar medan magnet

 

16.                                Bunyi dapat dihasilkan

                             dari alat musik disamping

                             dengan cara .…

A.   digesek

B.   ditiup        

C.   dipukul

D.   dipetik

 

17.      Benda-benda yang dapat menimbulkan bunyi disebut dengan ….

A.     penyerap bunyi

B.      bergetar

C.      resonansi

D.     sumber bunyi

 

18.      Bunyi pantul yang terdengar bersamaan dengan bunyi asli sehingga terdengar tidak jelas karena bunyi pantul mengganggu bunyi asli disebut ….

A.     gaung

B.      resonansi

C.      gema

D.     hidrofon

 

 

19.      Rumah adat di Sumatera Barat dinamakan ….

A.     Joglo

B.      Walewangko

C.      Baeleo

D.     Gadang

 

20.      Pergaulan sehari–hari yang dilandasi rasa kerukunan antar warga dan suku bangsa merupakan sikap …..

A.     perdebatan

B.      perpecahan

C.      persatuan

D.     pertentangan

 

21.     Berikut ini yang tidak termasuk kegiatan yang memerlukan sikap persatuan dan kesatuan adalah ....

A.     pembersihkan kelas  

B.      pengerjakan ulangan

C.      pembersihkan halaman seklah

D.    melaksanakan tugas kelompok

 

22.     Sumber bunyi pada gitar yaitu ....

A.     setelan gitar

B.      tabung resonansi

C.      dawai

D.     tabung gitar

 

23.     Angklung merupakan alat musik tradisionl dari ....

A.     Jawa Barat

B.      Jawa Tengah

C.      Bali

D.     JawaTimur

 

24.     Salah satu cara mewujudkan dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia terutama terhadap keragaman suku bangsa serta budaya yang berbeda adalah ....

A.   harus mempertahankan kebudayaan sendiri apapun yang terjadi

B.   harus mau menolak pengaruh budya lain  walaupun baik

C.   harus mau menerima keragaman suku, bangsa, dan budaya.

D.   acuh tak acuh karena bukan budaya kita

 

25.     Contoh kegiatan kerjasama di lingkungan adalah ....

A.     kerja bakti                C. halal bihalal

B.      perpecahan               D. permusuhan



 

 


III.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!

26.     Suatu topik yang dibahas pada teks disebut ….

27.     Gagagsan pokok dan gagasan pendukung dapat ditulis dalam bentuk ....

28.     Waisak merupakan hari besar agama ....

29.     Nasi Jinggo berasal dari  ....

30.     Suara dapat merambat melaui zat padat, udara, dan ....

31.                                    Cara yang tepat untuk

                             menghasilkan bunyi dari

                             alat musik di samping  

                             adalah ….

 

 

32.     Bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli disebut ….

33.     Contoh kegiatan kerjasama dalam membersihakan lingkungan adalah …..

34.     Untuk dapat menyelesakan permasalahan dalam kegiatan belajar di sekolah, sebaiknya di adakan kegiatan ....

35.     Uraian atau informasi tambahan pada suatu teks atau paragrap disebut gagasan ….

 

IV.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

36.     Sebutkan 3 contoh benda yang dapat memantulkan bunyi!

 

37.     Tuliskan 3 contoh kegiatan kerjasama dalam keragaman di kelas!

 

38.     Tuliskan 3 manfaat dari bekerja sama dalam keragaman!

 

39.     Sebutkan 3 contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keragaman di lingkungan!

 

40.     Sebutkan 3 contoh kerjasama dalam keberagaman yang ada di Indonesia!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENIAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SD NEGERI ........................................

UPT PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TASIKMALAYA

 

Tema     :  1. Indahnyah Kebersamaan

Kelas     :  IV (empat)

 

KUNCI JAWABAN

I.     Bagian I Isian

1.     Kalimat ke 2, 3, 4 dan 5 (Bhs. Indonesia, KD 3.1)

2.     Cara membuat batik, tempat asal batik, dan pesebaran kain batik (Bhs. Indonesia, KD 3.1)

3.     Tempat asal kain batik. (Bhs. Indonesia, KD 3.1 )

4.     Gagasan pokok dan gagasan pendukung  (Bhs. Indonesia, KD 4.1 )

5.     Kalimat ke-1 (kalimat utama) (Bhs. Indonesia, KD 4.1)

II.   Bagian II Pilihan Ganda


6.     C (B. INDONESIA, KD 3.2)

7.     B (B. INDONESIA, KD 3.2)

8.     C (IPS, KD 3.1 )

9.     D ( IPS, KD 4.1 )

10.      B ( IPS, KD 3.2 )

11.      A ( IPS, KD 3.2 )

12.      C( IPS, KD 3.2 )

13.      B ( IPS, KD 3.2 )

14.      C ( IPA, KD 3.6 )

15.      A( IPA, KD 3.6 )

16.      B( IPA, KD 3.6 )

17.      D ( IPA, KD 3.6 )

18.      A ( IPA, KD 3.6 )

19.      D ( PPKN, KD 3.4 )

20.      C ( PPKN, KD 3.4 )

21.      B  ( PPKN, KD 3.4 )

22.      C ( IPA, KD 4.6 )

23.      A ( IPS, KD 4.6 )

24.      C  ( IPS, KD 4.6 )

25.      A  ( IPS, KD 3.4 )


III.     Bagian III Isian


26.      Gagasan Pokok ( B. INDONESIA, KD. 4.2 )

27.      Paragrap (Bhs. Indonesia, KD. 4.2 )

28.      Budha (IPS, KD. 4.2 )

29.      Bali(IPS, KD. 4.2 )

30.      Benda cair (IPA, KD. 4.6 )

31.      Di tiup ( IPA, KD. 4.6 )

32.      Gema ( IPA, KD 4.6)

33.      Kerja bakti ( PPKN, KD 3.4)

34.      Diskusi ( PPKN, KD 4.4)

35.      Pendukung (Bhs. Indonesia, KD 4.1)


IV.     Bagian IV Uraian


36.      ( IPA, KD 4.6)

(1) Kaca

(2) Batu

(3) Kayu

37.      ( PPKN, KD 3.4 )

(1) Piket Kelas

(2) Mengumpulkan Sumbangan

(3) Mengerjakan tugas kelompok

 

 

 

 

38.      ( PPKN, KD 4.4 )

(1) Pekerjaan menjadi mudah

(2) Meningkatakan rasa persatuan dan kesatuan

(3) Mempererat persaudaraan

39.      ( PPKN, KD 4.4 )

(1) Ronda;

(2) Kerja Bakti,

(3) Gotong Royong

40.      ( PPKN, KD 4.4 )

(1) Kerja Bakti;

(2) Festival Budaya

(3) Festival makanan tradisional


 

Kriteria penilaian :

 

Bagian I                                       : 2

Bagian II                                      : 1

Bagian III                                    : 1

Bagian IV                                    : 3

Jumlah skor maksimal             

 

Nilai Akhir = skor perolehan x 100

                                      Skor maksimal

SURAT KETERANGAN BERKINERJA BAIK, UNTUK PENGAJUAN INFASING GURU HONORER KE KEMENDIKBUD

 


 

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TASIKMALAYA

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS

TK PGRI MANDALAWANGI

Kp. Parunggolong  Desa Lengkongbarang Kec. Cikatomas Kab. Tasikmalaya 46193

 

SURAT KETERANGAN KINERJA BAIK

Nomor :  015/TK-233/X/2020

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

            Nama                           :  Hj. ELIS ROSYATI, S.Pd

            NIP                             :  19620909 198204 2 006

            Pangkat/Golongan      :  Pembina / IVa

            Jabatan                                    :  Kepala TK

Unit Kerja                   :  TK PGRI Mandalawangi UPTD Pendidikan Wilayah Cikatomas

   Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat

           

            Dengan ini menerangkan dengan sebenar-benarnya orang tersebut di bawah ini :

            Nama                           :  ANE SONDARI, S.Pd

            Tempat tanggal lahir   :  Tasikmalaya, 10 Juni 1975

            NUPTK                       :  8942-7536-5530-0052

            Jabatan                                    :  Guru Kelas

Unit Kerja                   :  TK PGRI Mandalawangi UPTD Pendidikan Wilayah Cikatomas

    Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat

 

Orang tersebut di atas benar-benar Berdisiplin, berloyalitas, berdedikasi dan tidak tercela serta berkinerja baik.

 

Demikian agar maklum dan menjadi bahan  sebagaimana mestinya.

 

 

 

                                                                                                Cikatomas,  07 Oktober 2020

Kepala TK PGRI Mandalawangi

 

 

 

 

Hj. ELIS ROSYATI, S.Pd

NIP. 19620909 198204 2 006

 

 

 

 

 

PENALARAN PERKALIAN SISWA ATAS NAMA IZMI KELAS 4 SDN MARGAMULYA


 

DESKRIPSI AKUN YOUTUB SAGALA AYA DONGENG SUNDA

 DONGENG SUNDA



Sagala Aya Dongeng Sunda nyaeta salasahiji Chanel youtub ker ngamumule, ngajaga jeung ngariksa budaya seni sunda, anu paling utama dina chanel iyeu simkuring ngintunkeun dongeng dongeng sunda jaman baheula nyaeta garapan Wakepoh, Kang Barna jeng sajabana. Wargi wargi/dulur dulur sadayana anu micinta sareng mikanyaah kana budaya sunda. Carita dongeng teh nyaeta carita rakyat jaman  baheula anu leubeut ku atikan sareng tauladan, beda jeng jaman kiwari barudak ayeunamah geus loba anu te apal kana dongeng-dongeng ti tatar pasundan anu kalintang luhur ajenna. Jalaran kitu hayu ayeuna urang guar deui, sasieureun-sabeunyeureun mugi ka petik hasilna sareng ka ala buahna, aya manfaatna khususna kanggo nu gaduh chanelna, umumna kanggo urang balarea. Hayu urang kembangkeun seni budaya sunda anu sipatna mendidik bangsa urang sorangan.

 

#Dongeng sunda Sirawing Kiwari
#Dongeng Wa kepoh

#Dongeng Mang Barna

#Dongeng Kepoh Sarakah

#Dongeng Si Bopeng

#Dongeng Si Keling

 

Video Taken : By : SUTIANA, S.Pd

Video Editor : By : SUTIANA, S.Pd

 

Folow on Facebook : https://web.facebook.com/sutiana.ian

Folow on Twiter : https://twitter.com/sutianaian

Folow on Istagram : https://www.instagram.com/sutiana37/?hl=id

Folow on Linkedin : https://www.linkedin.com/in/sutiana-ian-525aa5117/

Folow on Pinterest : https://id.pinterest.com/ssutiana/_saved/

Folow on Tiktok : https://www.tiktok.com/@mandalaproduction?lang=en

 

Whatsaf : 085282944922

Call: 085282944922

 

Like,

Tinggalkan Pesan &

Subscribe,

Tekan Loncengnya

Tuesday, September 1, 2020

Tuesday, August 18, 2020

TAHUN BERSEJARAH UNTUK DUNIA PENDIDIKAN (BELAJAR MATEMATIKA DI ERA PANDEMI COVID-19


TAHUN BERSEJARAH DI DUNIA PENDIDIKAN

BELAJAR MATEMATIKA DI ERA PANDEMI COVID-19

 

SUTIANA, S.Pd.SD

GURU SDN MARGAMULYA

 

Pada Tahun 2020 ini adalah tahun sangat bersejarah untuk dunia pendidikan, dengan adanya pandemi Covid-19 ini merubah semua kegiatan siswa yang biasa berangkat kesekolah sekarang harus berdiam diri di rumah dengan menerapkan pola pembelajaran BDR (belajar dari rumah), kagiatan pemebelajaran  matematika cukup  menyulitkan  siswa  dan  guru saat pandemi Covid-19, apalagi siswa harus  belajar  dari rumah.  Belajar jarak jauh di rumah  berarti  orang  tua  memiliki  peran  penting  untuk  memantau  kegiatan  anak  di rumah  selama  sekolah  diliburkan  di  Era  Covid-19  ini,  apalagi  kalau  siswa  diajak belajaran  matematika  melalui  Daring  (dalam  jaringan).  Sudah  saatnya  guru meninggalkan proses pembelajaran yang mengutamakan hapalan atau menemukan satu jawaban soal  yang  benar,  metode pembelajaran  era globalisasi saat  ini, pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan untuk pengembangan media dan multimedia pembelajaran matematika.

Setalah Era Revoluasi 4.0, maka ada Era Revolusi 5.0, dimana seorang pendidik harus bisa    memanfaatkan  dan  menggunakan  teknologi  dengan  baik  dan  benar,  sehingga pembelajaran  matematika  tetap  menyenangkan,  seperti  halnya  membuat  video pembelajaran  animasi  yang  unik,  atau  game  matematika  yang  menarik.  Dengan demikinan  minat  siswa  untuk  menyukai  matematika  semakin  tinggi,  karena  peran teknologi dapat mengubah dunia yang biasa menjadi luar biasa.

 

Ada  beberapa  solusi  pembelajaran  Matematika  di  Era  Covidd-19,


1)      menjelaskan situasi yang terjadi saat ini kepada anak dan siswa tentang social distancing dan aktivitas di  rumah. Berikan pemahaman  bahwa anak dan siswa tetap harus belajar di rumah.  Berikan  pelaskan  bahwa  belajar  di  rumah  merupakan  salah  satu  bentuk pencegahan penularan virus corona. Tempat ramai seperti sekolah dan juga ruang publik lainnya dapat meningkatkan potensi penularan virus;


2)      saling koordinasi secara noline antara orang tua dengan guru dan sekolah. Orang tua harus aktif menanyakan kepada guru  mengenai  materi  yang  harus  dipelajari  anak,  metode  pembelajaran  yang  akan digunakan, dan tugas apa saja yang harus dikerjakan oleh siswa. Orang tua juga perlu berkoordinasi aktif dengan pihak sekolah. Bagitu juga guru dan sekolah dengan orang tua harus saling memberitahukan atas perkembangan anak selama belajar di rumah agar guru dapat mengantisipasi langkah pembelajaran selanjutnya dan sekolah memberikan arahan  yang  tepat  dalam  melaksanakan  proses  pembelajaran  di  era  Covid-19;


3)      manfaatkan  media  pembelajaran  daring,  salah  satunya  adalah  pembelajaran  dalam bentuk video yang diupload ke channel Youtobe, banyak sekali video pembelajaran di platform  youtobe  yang  mudah untuk  diperhatikan  ketika  pembelajaran  berlangsung, dengan youtube dosen atau guru bisa siaran langsung di channelnya tetapi dengan syarat harus 1000 subscribers baru bisa siaran langsung, atau guru dan dosen  bisa membuat video pembelajaran berbasis animasi kartun atau presentasi matematika ketika mengajar dikelas;


4)      suasana belajar  yang nyaman dan menyenangkan. Kegiatan pembelajaran diselingi dengan  aktivitas yang  nyaman untuk  bekerja dan  belajar di  rumah.  Belajar matematika di rumah sangat membosankan apabila tidak diselingi dengan aktivitas lain yang menyenangkan, yaitu berilah kebebasan dan keleluasaan anak untuk bereksplorasi. Orang tua bisa mengajak anak belajar di ruang keluarga atau pekarangan rumah untuk mendapatkan udara yang terbuka. Sesekali orang tua memberikan hadiah kepada anak apabila sudah menyelesaikan tugas dengan baik.



KUNJUNGI TERUS BLOG https://sdnmargamulya.blogspot.com/

SOAL ULANGAN HARIAN MATEMATIKA KELAS 4 (MATERI PECAHAN)

 


 

 

  

Pilihlah jawaban a, b, c atau d dengan cara memberi tanda silang pada jawaban yang paling tepat di bawah ini !


1.    Bentuk pecahan yang senilai dengan 3⁄5 adalah....


       a. 6⁄5                              b. 9⁄12

       c. 6⁄10                            d. 12⁄15


2.    Pada pecahan, bilangan yang berada di atas      

       dinamakan....

       a. Pembilang                  b. Pemfaktor

       c. Penyebut                    d. Pembagi

3.    Pecahan 1⁄6  dibaca .....

       a. Satu enam                  b. Enam satu

       c. Seperenam                 d. Enam persatu


4.    Pecahan lima persembilan ditulis ....

       a. 1⁄59                             b. 9⁄5   

       c. 5⁄9                               d. 59⁄1


5.

         

       Bagian yang diberi warna merah tersebut bernilai ....

       a.  5⁄3                              b.  1⁄5  

       c.  3⁄8                               d.  5⁄8


6.    Badu membelah semangka menjadi 9 bagian. Badu

        kemudian memakan tiga bagian semangka.

       Maka nilai semangka yang dimakan Badu jika ditulis

      dalam bentuk pecahan adalah ....

       a.  1⁄3                              b.  9⁄3 

       c.  3⁄9                              d.  2⁄3


7.    2⁄6 , .....  ,  4⁄6  , 5⁄6

       Pecahan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas  

       agar menjadi urutan yang tepat adalah .....

       a.  1⁄6                               b.  2⁄6

       c.  3⁄6                               d.  6⁄6


8.    1⁄4  ......  1⁄9

       Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas   

        adalah .....

        a. >                                  b. <   

        c. =                                  d. +-


9.    9⁄10 ,  4⁄10 ,  5⁄10 ,  1⁄10

       Pecahan-pecahan di atas jika ditulis secara urut dari

       yang terkecil menjadi ....

       a.   1⁄10 ,  4⁄10 ,  5⁄10 ,  9⁄10   

       b.  9⁄10 ,  5⁄10 ,  4⁄10 ,  1⁄10   

       c.  9⁄10 ,  1⁄10 ,  5⁄10 ,  4⁄10

       d.  5⁄10 ,  4⁄10 ,  9⁄10 ,  1⁄10

 

10.  Bentuk paling sederhana dari 75⁄100 adalah ....

       a. 1⁄2                                 b. 1⁄4    

       c. 2⁄3                                 d. 3⁄4


11.  Pecahan di bawah ini yang tidak senilai dengan 1⁄2

       adalah ....

       a. 2⁄4                                 b. 6⁄10    

       c. 11⁄22                             d. 50⁄100


12.  Siti mempunyai pita sepanjang 1⁄3 meter, Amelia

       sepanjang 4⁄10  meter dan Ni Luh sepanjang

       3⁄4 meter. Maka dari hal tersebut dapat diketahui  

       bahwa   ....

       a. Pita Siti paling panjang

       b. Pita Amelia yang paling pendek

       c. Pita Siti lebih panjang dari pita Amelia

       d. Pita Ni Luh paling panjang


13.  3⁄8  + 2⁄3  = ....

        Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....

        a. 5⁄24                                 b. 5⁄11   

        c. 25⁄24                               d. 6⁄24


14.  1⁄4  + 1⁄2  + 2⁄5 = ....

       Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....

       a. 4⁄11                                 b. 23⁄20   

       c. 4⁄20                                 d. 2⁄40


15.  3⁄4  - 2⁄3  = ....

       Hasil dari pengurangan pecahan di atas adalah ....

       a.  3⁄12                                b. 4⁄12  

       c. 1⁄12                                 d. 1⁄1


16.  Bentuk pecahan desimal dari 3⁄8  adalah ....

       a. 0,5                                   b. 0,25  

       c. 0,125                               d. 0,375


17.  Bilangan 30% jika ditulis kedalam bentuk pecahan

       adalah...

       a.  2⁄5                                   b.  3⁄5

       c.  2⁄10                                 d. 3⁄10


18. Bilangan pecahan 18⁄4 jika ditulis dalam bentuk

      pecahan  campuran adalah ....

       a.  4 1⁄2                                 b.  3 3⁄4

       c. 3  1⁄2                                 d. 4 3⁄4


19. Bilangan 0,675 jika ditulis dalam bentuk persen

      adalah....

      a.  6%                                     b. 67,5%

      c. 65%                                    d. 675%


20. Bilangan 0,15 jika ditulis dalam bentuk pecahan biasa

      adalah....

      a.  3⁄10                                   b.  3⁄20

      c.  3⁄15                                   d. 3⁄25