PENIAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
SD NEGERI ..............
UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN TASIKMALAYA
Tema : 2.
Selalu Berhemat Energi
Kelas : IV
(empat)
Bacalah wacana di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1-5!
KERBAU
Hewan merupakan sumber daya alam yang banyak
dimanfaatkan oleh manusia, salah satunya kerbau. Kerbau memiliki tubuh yang
besar. Kulit kerbau berwarna hitam dan memiliki ekor yang panjang. Habitat
kerbau adalah darat. Kerbau yang diternak biasanya ditempatkan di kandang.
Manusia memanfaatkan kerbau untuk berbagai hal. Kulit kerbau dimanfaatkan
sebagai bahan pembuat pakaian atau alat musik. Daging kerbau juga dapat
dikonsumsi. Tenaga kerbau dapat dimanfaatkan untuk membajak sawah. Sebagai
sumber daya alam, kerbau harus dilestarikan.
I. Berdasarkan
wacana di atas, jawablah pertanyaan-pertanyan di bawah ini!
1.
Ciri-
ciri kerbau adalah …, …, dan ….
2.
Kulit
kerbau dimanfaatkan untuk … dan …
3.
Gagasan
pokok dari teks diatas adalah ….
4.
Gagasan
pendukung dari teks diatas adalah ….
5.
Gagasan
pokok pada teks diatas terdapat pada kalimat di ... paragraph.
II. Berilah
tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D di depan jawaban yang benar!
6.
Sumber
daya alam yang dimanfaatkan dalam kegiatan pembuatan pakaian adalah ….
A.
tanah B.
kapas |
C.
air D.
batu
bara |
7.
Contoh
pemanfaatan sumber daya alam di daerah pantai adalah ….
A.
perkebunan
teh
B.
perkebunan
kopi
C.
perkebunan
kelapa
D.
perkebunan kina
8.
Sumber
daya alam matahari, air, dan tanah
dimanfaatkan dalm bidang .…
A.
pertaian
B.
transportasi
C.
pembuatan
patung
D.
pembuatan
pakaian
9.
Alat
musik kecapi, gendang, dan seruling secara
beruntun dapat menghasilkan bunyi dengan cara ….
A.
dipukul,
dipetik, dan ditekan
B.
dipetik,
ditiup, dan dipukul
C.
dipetik,
dipukul, dan ditiup
D.
ditiup,
digese, dan digetarkan.
10.
Media
yang tidak dapat merambatkan bunyi adalah …..
A.
benda
cair B.
benda
padat |
C.
benda
gas D.
ruang
hampa |
11.
Bunyi
dari biola dihasilkan dengan cara ….
A.
menggesek
senarnya
B.
meniup
sernarnya
C.
menggetarkan
senarnya
D.
memetik
senarnya
12.
Segala
sesuatu yang harus kita laksanakan disebut ….
A.
keinginan B.
kemauan |
C.
hak D.
kewajiban |
13.
Pernyataan
berikut yang tidak benar tentang hak dan kewajiban adalah
…
A.
kita
harus melaksanakan hak tanpa melaksanakan kewajiban
B.
kewajiban
harus didahulukan dari pada hak
C.
setelah
melaksanakan kewajiban, kita akan mendapatkan hak
D.
setiap
orang memiliki hak dan kewajiban yang harus dilakukan secara seimbang
14.
Menghemat
penggunaan air merupakan kewajiban ….
A.
pemerintah B.
orangtua |
C.
perusahaan D.
semua
orang |
15.
Berikut
ini adalah contoh kewajiban dalam kehidupan sehari–hari, antara lain ….
A.
mendapatkan
air bersih
B.
menggunakan
bahan bakar minyak
C.
menggunakan
air sesuai kebutuhan
D.
memanfaatkan
energi listrik
16.
Berikut
ini adalah contoh kewajiban sebagai
warga masyarakat, antara lain ….
A.
membersihkan
lingkungan
B.
membuang
sampah sembarangan
C.
menggunakan
air secara tidak hemat
D.
menggunakan kertas secara berlebihan
17.
Kertas
berasal dari pohon di hutan. Ketika kita menghemat kertas, kita ikut
menjaga kelestarian hutan. Menjaga kelestarian
hutan merupakan … setiap warga.
A.
hak
B.
penghematan
C.
kewajiban
D.
pemborosan
18.
Dalam
menjaga kebersihan lingkungan sebaiknya dilakukan dengan cara ….
A.
bergotong
royong
B.
individu
C.
terpisah
D.
masing-masing
19.
Kegiatan
yang merupakan contoh keseimbangan antara hak dan kewajiban adalah ….
A.
tidur
dengan televisi menyala
B.
mematikan
kran air setelah menggunakannya
C.
menonton
televisi sesukanya
D.
mendengarkan
music dengan keras
20.
Perhatikan
teks petunjuk berikut
Persamaan alat dan bahan pada kedua
teks petunjuk diatas adalah …..
A. gunting B. paku payung |
C. kertas D. lem |
21.
Selain
dapat dimakan, kentang juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi ....
A.
energi
kimia B.
energi
alternatif |
C.
energi
potensial D.
energi
gerak |
22.
Bambu,
kertas, benag, dan lem, adalah jenis – jenis bahan yang dapat digunakan untuk
membuat ....
A.
lukisan B.
patung |
C.
orang
– orangan D.
layang
- layang |
23.
Alat permainan di samping
diterbangkan dengan
bantuan
energi ....
A.
Angin
B.
Api
C.
Air
D.
gas
24.
Jika
kita sedang menyertrika pakaian, perubahan energi yanng terjadi adalah ....
A.
energi
panas menjadi energi listrik
B.
energi
panas menjadi energi gerak
C.
energi
listrik menjadi energi panas
D.
energi
listrik menjadi energi kimia
25.
Sumber
daya alam yang tidak dapat dimanfaatkan oleh petani adalah .... A.
minyak
bumi B.
tanah C.
air D.
sinar matahari |
III.
Isilah titik-titik di bawah ini
dengan benar!
26.
Bunyi
yang dapat didengar oleh telinga manusia
adalah bunyi yang berfrekuensi antara ... sampai ....
27.
Selain
dapat merambat dan diserap, bunyi juga dapat ....
28.
Bunyi
dapat dihasilkan jika kita berada di dalam air yang berbatu, yaitu dengan cara
....
29.
Selain
dapat merambat melalui zat padat dan zat cair, bunyi juga dapat merambat
melalui ....
30.
Proses
sampainya sumber bunyi ke telinga kita yang benar adalah ...,..., dan ....
31.
Saat
menyelam, kita dapat mendengar suara yang berada di permukaan. Hal ini membuktikan
bahwa bunyi dapat ....
32.
Bunyi
dapat dipantulkan jika mengenai permukaan benda yang ….
33.
Menggunakan
energi adalah hak setiap orang, tetapi kita mempunyai kewajiban untuk … energi.
34.
Manusia
dapat memanfaatkan air untuk memenuhi kebutuhannya, tetapi manusia mempunyai
kewajiban untuk tidak … air dengan limbah.
35.
Hak
adalah sesuatu yang didapatkan oleh manusia sejak dalam kandungan. Hak yang
dapat kita peroleh dari pemanfaatan air
adalah mendapatkan air yang ….
IV. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat!
36.
Buatlah
poster mengenai kewajiban menghemat energi!
37.
Tuliskan
3 cara menentukan gagasan pokok!
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Burung
kutilang merupakan sumber daya alam. Burung kutilang memiliki suara yang merdu.
Burung kurtilang memilliki panjang tubuhnya hanya 20 cm. Tubuh burung kutilang
berwarna coklat kelabu. Burung kutilang dapat ditemukan di pekarangan, kebun,
dan hutam kecil.
38.
Tuliskan
gagasan pokok pada teks di atas!
39.
Apa
yang dimaksud dengan gagasan pendukung?
40.
Sebutkan
3 sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan ikan asin!
PENIAIAN
AKHIR SEMESTER (PAS) SEMESTER 1
TAHUN
PELAJARAN 2020/2021
SD
NEGERI ..............
UPT
PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TASIKMALAYA
Tema : 2.
Selalu Berhemat Energi
Kelas : IV
(empat)
KUNCI
JAWABAN
I.
Bagian
I
1. Memiliki
tubuh besar, kulit hitam, dan ekor yang panjang. ( B. INDONESIA, KD 3.2)
2. Bahan
pembuatan pakaian dan alat musik ( B. INDONESIA, KD 3.2)
3. Kerbau
merupakan sumber daya alam. ( B. INDONESIA, KD 4.2 )
4. Ciri
– ciri, habitat, dan pemanfaatan kerbau
( B. INDONESIA, KD 3.1 )
5. Bagian
awal ( B. INDONESIA, KD 4.1 )
II.
Bagian
II
6. B
( IPS, KD 3.1 )
7. C
( IPS, KD 3.1 )
8. A
( IPS, KD 4.1 )
9. C
( IPA, KD 3.5 )
10. D
( IPA, KD 3.5 )
11. A
( IPA, KD 3.5 )
12. D
( PPKN, KD 3.2 )
13. B
( PPKN, KD 3.2 )
14. D
( PPKN, KD 3.2 )
15. C
( PPKN, KD 3.2 )
16. A
( PPKN, KD 4.2 )
17. C
( PPKN, KD 4.2 )
18. A
( PPKN, KD 4.2 )
19. B
( PPKN, KD 4.2 )
20. A
( B. Indonesia, KD 3.4 )
21. B (B. Indonesia, KD 3.4 )
22. D
( B. Indonesia, KD 3.4 )
23. A
( B. Indonesia, KD 3.4 )
24. C (B. Indonesia, KD 3.4 )
25. A ( IPS, KD 4.1 )
III.Bagian
III
26. 20
Hz sampai 20.000 Hz ( IPA, KD. 3.5 )
27. Dipantulkan
( IPA, KD. 3.5 )
28. Batu
yang satu dengan yang lainnya dibenturkan (IPA, KD. 4.5 )
29. Udara
( IPA, KD. 4.5 )
30. Sumber
bunyi, penghantar bunyi, dan telinga (IPA, KD. 4.5 )
31. Merambat
( IPA, KD 4.5)
32. Keras ( IPA, KD 4.5)
33. Menghemat ( PPKN, KD 3.2)
34. Mencemari ( PPKN, KD 3.2)
35. Bersih ( PPKN, KD 4.2)
IV.
Bagian
IV
36. Alternatif
jawaban ( PPKN, KD 4.2)
37. (
B. INDONESIA, KD 4.2)
(1) Membaca dengan seksama;
(2) Mencermati kalimat pertama sampai
akhir; dan
(3) Menemukan kalimat
utama dan penjelas dalam paragraph.
38. (
B. INDONESIA, KD 3.1)
Burung Kutilang merupakan sumber daya alam.
39. (
B. INDONESIA, KD 4.1)
Gaasan pendukung adalah uraian atau informasi tambahan
pada suatu teks yang terletak pada kalimat penjelas.
40. (
IPS, KD 3.1)
(1) Garam
(2) Panas
Matahari
Kriteria
penilaian :
Bagian I :
2 x 5 = 10
Bagian II :
1 x 15 = 15
Bagian III : 1 x 10 = 10
Bagian IV : 3 x 5 = 15
Jumlah skor maksimal =
55
Nilai Akhir = skor perolehan x 100
Skor maksimal