Tuesday, October 13, 2020

SOAL DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) KELAS 4 SEMESTER 1 TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP

 





PENIAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SD NEGERI ........................................

UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TASIKMALAYA

 

Tema   :  3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Kelas   :  IV (empat)

 


 

Bacalah wacana di bawah ini  untuk menjawab soal nomor 1-5!

 

Padi adalah tanaman yang sangat penting di Indonesia. Padi menghasilkan beras. Banyak penduduk Indonesia yang mengonsumsinya. Padi dapat tumbuh di daerah panas dengan curah hujan tinggi. Daerah utama penghasil padi adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.

Karawang, Jawa Barat, dikenal sebagai lumbung padi nasional. Pertumbuhan padi dibagi menjadi 3 tahap besar. Pertama-tama, benih atau biji padi dimasukkan ke dalam karung goni dan direndam satu malam di dalam air mengalir supaya perkecambahan benih bersamaan. Selanjutnya, benih-benih ini ditanam di lahan sementara. Petani juga mengairi, memberi pestisida dan pupuk pada tanaman ini. Bibit yang telah siap dipindahtanamkan ke sawah. Biji atau benih tadi akan tumbuh berkecambah hingga muncul ke permukaan. Bakal akar dan tunas menonjol keluar. Lalu, batangnya memanjang. Selanjutnya, tanaman padi berbunga hingga gabah matang, berkembang penuh, keras, dan berwarna kuning. Gabah adalah bulir padi yang terbungkus dalam sekam (kulit padi). Gabah ini nantinya yang akan dijadikan benih lagi.

Tahap pertumbuhan padi berlangsung antara 110 hari hingga 130 hari. Setelah panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga sekam (kulit padi) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.

I.   Berdasarkan wacana di atas, jawablah pertanyaan-pertanyan di bawah ini!

1.       Apa isi bacaan di atas ....

2.       Mengapa tanaman tersebut penting bagi masyarakat Indonesia ....

3.       Dimana tanaman tersebut dapat tumbuh ....

4.       Berapa lama proses tanaman tersebut ....

5.       Apa yang dimaksud dengan gabah ....

 

II.   Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D di depan jawaban yang benar!


6.       Dataran rendah merupakan daerah dengan permukaan bumi yang tingginya ... di atas permukaan laut.

A.     300 meter

B.      0-200 meter

C.      200-300 meter

D.     lebih dari 200 meter

 

7.       Apa fungsi ekologis dari hutan mangrove?

A.     Sebagai penghasil keuntungan bagi masyarakat sekitar

B.      Sebagai tempat wisata indah bagi wisatawan

C.      Sebagai pelindung dari bahaya gempa bumi

D.     Sebagai habitat dari hidup binatang laut

8.       Jenis ikan yang dibudidayakan ditambak adalah ....

A.     bandeng dan tuna

B.      udang dan tuna

C.      bandeng dan cumi

D.     bandeng dan udang

 

9.       Contoh sikap mencintai lingkungan yaitu ....

A.     memanfaatkan SDA dengan boros

B.      menimbun sampah plastik ke dalam tanah

C.      membersihkan limgkungan secara teratur

D.     membuang sampah ke sungai

 

10.   Menjaga kelestarian sumber daya alam merupakan kewajiban ....

A.     warga setempat

B.      petugas kebersihan

C.      kita semua

D.     petugas kehutanan

 

11.   Menggunakan atau mengambil manfaat dari sumber daya alam hutan untuk kepentingan manusia secara liar dapat mengakibatkan ...

A.     terpenuhi semua kebutuhan manusia

B.      kesejahteraan masyarakat meningkat

C.      terjadi bencana alam seperti banjir

D.     kepadatan penduduk

 

12.   Batang berfungsi untuk mengangkut zat hara dari ....

A.     akar ke batang

B.      batang ke daun

C.      akar ke daun

D.     daun ke akar

 

13.   Menjaga kelestarian hewan dapat dilakukan dengan cara ....

A.     membiarkan hewan kelaparan

B.      menangkap ikan dengan menggunakan racun

C.      tidak berburu hewan yang dilindungi

D.     memelihara hewan dalam sangkar

 

14.   Membakar hutan dengan sengaja dapat mengakibatkan ....

A.     udara tercemar asap

B.      mudah membuka lahan

C.      hewan mudah mencari makan

D.     pohon mudah tumbuh kembali

 

15.   Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan biji adalah ....

A.     akar

B.      batang

C.      daun

D.     bunga

 

16.   Kewajiban kita dalam memanfaatkan tumbuhan adalah ....

A.     merawatnya

B.      membiarkannya

C.      memandangnya

D.     merusaknya

 

17.   Berikut ini hak kita sebagai warga masyarakat dalam memanfaatkan tumbuhan yang paling tepat, yaitu ....

A.     mengambil semua jenis tumbuhan sesuka hati sesuai dengan kebutuhan

B.      mengambil jenis tumbuhan yang belum hampir punah saja tetapi dalam jumlah yang besar

C.      mengambil jenis tumbuhan sesuai keperluan dengan jumlah secukupnya.

D.     mengambil hanya tumbuhan langka saja supaya terkesan mewah

 

18.   Salah satu kewajiban anak di rumah adalah ....

A.     mendapatkan kasih sayang

B.      menggunakan seragam sekolah

C.      mendengarkan penjelasan guru

D.     mematikan kran air setelah mandi

 

19.   Pelestarian hewan dilakukan dengan tujuan untuk menjaga agar makhluk hidup ....

A.     berkembang biak

B.      mudah di sembelih

C.      tidak punah

D.     harganya mahal

 

20.   Pak Karjo tinggal didaerah pantai. Ia dikenal sebagai pengrajin kerang. Hasil karya beliau dipasarkan sendiri didaerah sekitar rumahnya yang dekat dekat pantai saat liburan tiba.

Berdasarkan bacaan di atas, pertanyaan yang tepat untuk mewawancarai pak Karjo adalah ….

A.     Dimana bapak akan menjual kerang itu?

B.      Apakah bapak senang kami datang kemari?

C.      Berapa buah hiasan dari kerang yang dapat bapak buat salam satu bulan?

D.     Bagaimana perasaan bapak saat menjual kerang di pantai?

 

21.   Pertanyaan wawancara yang baik disusun menggunakan bahasa yang ....

A.     tidak sopan

B.      acak-acakan

C.      sulit dipahami

D.     mudah di pahami

 

22.   Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang narasumber dalam wawancara adalah ....

A.     memiliki pengetahuan

B.      tidak terlibat dalam peristiwa

C.      berbicara tidak sopan

D.     tidak memiliki keahlian

 

23.   Cara menulis laporan hasil wawancara yang baik adalah memuat bagian-bagian berikut, kecuali ...

A.     topik wawancara

B.      narasumber

 

C.      pewawancara

D.     pertanyaan wawancara

 

24.   Melalui wawancara kita dapat menggali informasi secara rinci tentang suatu hal atau peristiwa dengan cara ....

A.     menanggapi laporan

B.      mencatat laporan

C.      mengajukan pertanyaan

D.     membaca pertanyaan

25.   Dalam memberikan pendapat terhadap laporan yang ditulis teman sebaiknya menggunakan bahasa sebagai berikut, kecuali ....

A.     bahasa yang menyinggung

B.      bahasa yang asing

C.      bahasa yang santun

D.     bahasa yang bertele-tele

 

 

 

 

 


 

III.   Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!

26.   Dalam memperbaiki tulisan pada laporan hasil wawancara sebaiknya menggunakan kalimat efektif, artinya kalimat yang mudah ....

27.   Sumber daya alam yang dapat di manfaatkan di daerah pantai untuk meningkatkan ikan asin adalah ....

28.   Contoh pemanfaatan sumber daya alam pada wilayah pegunungan adalah..., ...., dan ....

29.   Ayam merupakan sumber daya alam hayati. Bagian dari ayam yang dapat di manfaatkan sebagai sumber makanan adalah ... dan ....

30.   Tubuhnya tegak dan lincah, kulitnyah bersih, dan matanya jernih merupakan ciri-ciri hewan yang ....

31.   Proses mengolah kembali sampah atau benda bekas menjadi produk baru yang bermanfaat disebut  ....

32.   Tidak memakai pukat harimau merupakan upaya menjaga ekosistem di ....

33.   Burung cendrawasih berasal dari ....

34.   Bagian tubuh ikan yang berfungsi untuk bergerak adalah ....

35.   Tempat untuk melestarikan hewan agar tidak punah adalah ....

 

IV.   Jawablah pertanyaan ini dengan benar!

36.   Lengkapi diagram ven tubuh hewan berikut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


37.   Tuliskan 2 hak dan kewajiban dalam memanfaatkan tumbuhan!

 

38.   Tuliskan 4 kegiatan dalam rangka melaksanakan kewajiban merawat tanaman!

 

39.   Jelaskan tujuan melaksanakan hak dan kewajiban dan tanggung jawab dalam masyarakat!

 

40.   Tuliskan hak dan kewajiban kita dalam melindungi hewan langka!

 

 

 

PENIAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SD NEGERI ........................................

UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TASIKMALAYA

 

Tema     :  3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Kelas     :  IV (empat)

 

KUNCI JAWABAN

Bagian I Isian

1.       Tempat ( Bhs. Indonesia KD 4.3 )

2.       dimana alamat rumah Pak Amir ? ( Bhs. Indonesia KD 4.3 )

3.       Kapan ( Bhs. Indonesia KD 4.3 )

4.       Laporan hasil wawancara ( Bhs. Indonesia KD 4.3 )

5.       Dimana bapak menemukan dompet tersebut ? ( Bhs. Indonesia KD 4.3 )

Bagian II pilihan ganda


6.       B ( IPS KD 3.1 )

7.       D ( IPS KD 3.1 )

8.       D ( IPS KD 3.1 )

9.       C ( IPS KD 3.1 )

10.    C ( IPS KD 3.1 )

11.    C (IPA KD 3.8)

12.    C (IPA KD 3.8)

13.    C (IPA KD 3.8)

14.    A (IPA KD 4.8)

15.    D (IPA KD 4.8)

16.    A (PPKn KD 3.2)

17.    C (PPKn KD 3.2)

18.    A (PPKn KD 3.2)

19.    C (PPKn KD 3.2)

20.    A ( Bhs. Indonesia KD. 3.3 )

21.    D ( Bhs. Indonesia KD. 3.3 )

22.    B ( Bhs. Indonesia KD. 3.3 )

23.    D ( Bhs. Indonesia KD. 3.3 )

24.    A ( Bhs. Indonesia KD. 3.3 )

25.    C ( Bhs. Indonesia KD. 4.3 )


Bagian III


26.    Pahami ( Bhs. Indonesia KD. 4.3 )

27.    Matahari  ( IPS KD. 4.1 )

28.    Teh, kopi dan kina ( IPS KD. 4.1 )

29.    Daging dan telurnya ( IPS KD. 4.1 )

30.    Terawat ( IPS KD. 4.1 )

31.    Recycle (IPS KD. 4.1 )

32.    Laut ( IPA KD. 4.8 )

33.    Papua ( IPA KD. 3.1 )

34.    Sirip ( IPA KD. 3.1 )

35.    Suaka margasatwa ( IPA KD. 4.1 )


Bagian IV Uraian

 

36.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

37.    1. menebang tumbuhan yang sudah pantas untuk di  tebang

2. memanfaatkan buah, ranting maupun daunnya untuk keperluan sehari-hari

38.    1. Pemupukan

2. menyiangi tanaman

3. mencabut rumput liar sekitar tanaman

4. menyiram tanaman ( PKn KD. 4.2 )

39.    1. Untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat yang selaras dan seimbang dimana tidak ada pelanggaran peraturan yang berlaku

2. akan terciptanya kenyamanan dan keamanan ( PKn KD. 4.2 )

40.    Hak : memiliki hak untuk menikmati keindahan hewan dan tumbuhan langka tersebut

Kewajiban : menjaga dan melestarikan hewan dan tumbuhan langka tersebut ( PKn KD. 4.2 )

 

Kriteria penilaian :

Bagian I                                           : 2

Bagian II                                         : 1

Bagian III                                        : 1

Bagian IV                                        : 3

Jumlah skor maksimal                     

Nilai Akhir = skor perolehan x 100

                                  Skor maksimal