Tuesday, October 13, 2020

SOAL DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) KELAS 4 SEMESTER 1 BERBAGAI PEKERJAAN

 



PENIAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SD NEGERI ..............................

UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TASIKMALAYA

 

Tema   :  4. Berbagai Pekerjaan

Kelas   :  IV (empat)

 


 

 

Bacalah wacana di bawah ini  untuk menjawab soal nomor 1-5!

 

Kelinci dan Kura-Kura

 

Di sebuah hutan, ada seekor kelinci yang terkenal mampu berlari sangat cepat. Namun sayang, kemampuan itu membuat dia menjadi sombong. Pada suatu hari, kura-kura, keong, dan bekicot sedang bercakap-cakap. Tiba-tiba, kelinci datang menhampiri mereka dengan berlari sangat cepat. Debu yang bertebangan membuat tiga hewan tersebut batuk-batuk. “Hai kelinci! Bisakah kamu menghargai teman-temanmu?” teriak kura-kura dengan kesal.

Mendengar perkataan kura-kura, kelinci berhenti dan berkata, mengapa aku harus mendengar perkataan dari hewan lamban sepertimu? Pasti kalian iri karena tak mampu berlari secepat aku. Kalian hanya bisa merayap pelan-pelan, hahaha . . .”.

Kura-kura tidak terima jika dia dan teman-teman diejek seperti itu. “Jangan sombong kau kelinci! Kalau berani, mari kita lomba lari!” tantang kura-kura. Mendengar tantangan dari kura-kura, kelinci pun tertawa. “Hahaha . . . baiklah, aku akan memberimu pelajaran tentang arti kecepatan dan kemenangan.” Akhirnya, mereka memutuskan untuk mengadakan lomba lari. Bekicot dan keong pun ikut mendukung kura-kura.

Lomba lari pun dimulai kelinci dengan mudah meminpin lomba lari jauh di depan kura-kura yang berjalan lambat. Karena merasa sudah menang, kelinci berniat untuk mengejek kura-kura. Kelinci memutuskan untuk beristirahat sejenak di pohon dekat garis akhir.

 Dia mengira kalau kura-kura masih sulit menyusulnya. Kura-kura pantang menyerah terus berjalan walaupun dengan lambat. Tak lama kemudian, dia melihat kelinci sedang tertidur pulas di bawah pohon. Kura-kura terus bejalan dengan pasti. Kura-kura berjalan dengan hati-hati agar kelinci tidak terbangun. Beberapa saat kemudian, kura-kura pun sudah mendekati garis akhir. Kelinci akhirnya terbangun dan kaget bahwa kura-kura sudah menyusulnya. Dia langsung berlari dengan cepat untuk menyusul kura-kura. Namun sayang, kura-kura sudah berhasil melewati garis akhir dan memenangkan pertandingan.

 

I.          Berdasarkan wacana di atas, jawablah pertanyaan-pertanyan di bawah ini!

1.    Siapakah tokoh utama dalam cerita di atas ?

2.    Bagaimanakah sikap tokoh utama cerita di atas ?

3.    Apa pesan moral yang kamu temukan dalam cerita di atas?

4.    Mengapa kelinci kalah dalam lomba lari melawan kura-kura ?

5.    Berdasarkan cerita di atas, tuliskan tokoh, sifat tokoh dan tempat, dalam bentuk peta pikiran !

 

 

 

II.       Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D di depan jawaban yang benar!


6.       Perhatikan diagram venn berikut !

 

 

 

 

Dari diagram Venn di atas dapat disimpulkan salah satu jenis pekerjaan, yaitu ....

A.     nelayan

B.      pedagang

C.      pelaut

D.     nahkoda

 

7.       Jenis pekerjaan yang terdapat pada tahap distribusi adalah . . . .

A.     dokter 

B.      pedagang        

C.      nelayan

D.     peternak

 

8.       Jenis pekerjaan yang menghasilkan barang adalah . . . .

A.     guru

B.      dokter

C.      pengacara 

D.     petani

 

9.       Pekerjaan ayahku adalah pengrajin kayu. Ayahku membuat meja dan kursi. Untuk menghasilkan kursi, awalnya ayahku membeli kayu, memotongnya, membentuk menjadi kursi, menghaluskan, lalu mengecatnya. Waktu yang dihabiskan untuk membuat kursi kurang lebih satu minggu. Ayahku menjual meja dan kursi yang dibuat ke toko mebel. Dari toko mebel itulah orang-orang bisa membeli meja dan kursi buatan ayahku.

Produk dari pekerjaan ayahku adalah ....

A.     kayu

B.      kursi dan meja

C.      barang 

D.     jasa

 

10.   Pak Tono adalah seorang pedagang daging ayam, ia membeli daging ayam tersebut dari peternak ayam, lalu ia menjual kembali ke masyarakat. Kegiatan yang dilakukan pedagang ayam ini termasuk kegiatan ekonomi jenis . . . .

A.     prodiksi                      

B.      distribusi         

C.      konsumsi

D.     koveksi

 

11.     Perhatikan peta pikiran di bawah ini !

 

 

1

Melakukan reboisasi

 

 

 

 

 

 

4

Melakukan illegal logging

Cara menjaga keseimbangan alam dan kelestarian alam sumber daya alam

2

Mendaur ulang sampah

 

 

 

 

 

 

3

Penggunaan BBM yang bijak

 

 

Kegiatan yang sesuai berdasarkan peta pikiran di atas adalah ....

A.     1, 2, dan 3

B.      1, 2, dan 4

C.      1, 3, dan 4

D.     2, 3, dan 4

 

12.     Untuk menahan air di lahan miring dapat dilakukan dengan cara ....

A.     reboisasi

B.      irigasi

C.      illegal logging

D.     terasering

 

13.     

1.       Penggunaan pukat harimau

2.       Penggunaan turbin untuk PLTA

3.       Penggunaan gergaji mesin untuk kegiatan illegal logging

4.       Penggarapan traktor di sawah

Penggunaan teknlogi yang berdampak negatif bagi keberadaan sumber daya alam yaitu....

A.     1 dan 2      

B.      2 dan 3

C.      1 dan 3

D.     2 dan 4

 

14.     Kegiatan yang tidak termasuk penghematan air adalah ....

A.        mandi dengan air secukupnya

B.        jangan terlalu sering mencuci kendaraan

C.        menyiram tanaman dengan air cucian piring

D.        membiarkan kran air terbuka terus menerus

 

15.     Pemanfaatan sampah plastik untuk dijadikan berbagai kerajinan disebut ....

A.      abiotik

B.        daur ulang

C.       biotik

D.        organik

 


16.                                 Makna sila Pancasila      

                            berdasarkan simbol di

                            samping adalah ....

 

A.     mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia

B.      menggalang persatuan dan keasatuan Indoesia

C.      bermusyawarah mufakat dengan semangat  kekeluargaan

D.     menjamin penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya

 

17.     Jika ada teman kita yang berbeda agama sedang melaksanakan ibadah, yang harus kita lakukan adalah ....

A.     menunggunya 

B.      mengikutinya 

C.      menghargaianya

D.     mengganggunya

 

18.     Adi sebagai KM di kelas IV. Sudah tiga hari Adi tidak masuk sekolah dikarenakan sakit. Semua teman kelasnya menjenguk Adi. Sikap yang ditunjukkan oleh teman Adi sesuai dengan nilai yang terkandung dalam pancasila yaitu ....

A.        Ketuhanan Yang Maha Esa

B.        Kemanusiaan yang adil dan beradab

C.        Persatuan Indonesia

D.        Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia

 

19.     Bentuk rantai yang persegi pada simbol sila kedua pancasila mencerminkan ....

A.     abiotik

B.      daur ulang

C.      biotik

D.     organik

 

20.     Sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila yaitu ....

A.        musyawarah

B.        gemar menabung

C.        menghargai umat lain

D.        tenggang rasa

 

 

 

21.     Anto dan adiknya sedang berjalan-jalan di taman. Mereka menemukan dompet yang terjatuh. Di dalam dompet tersebut terdapat tanda pengenal. Ternyata dompet tersebut milik Pak Budi, tetangga mereka. Anto dan adiknya segera mengembalikan dompet tersebut kepada pemiliknya.

Tokoh utama dalam cerita tersebut adalah ....

A.     Pak Budi dan adik Anto

B.      Pak Budi dan Anto

C.      Anto dan adiknya

D.     Anto dan tetangganya

 

22.     Di sebuah desa di kaki bukit, hiduplah seorang petani miskin. Setiap hari ia bekerja di sawah. Bila sudah lelah mencangkul, ia pergi ke hutan mencari kayu bakar. Selain untuk kebutuhan sendiri, kayu bakar itu dijual ke pasar. Uangnya untuk membeli keperluan dapur, seperta garam, ikan asin, dan gula.

Sifat tokoh petani dalam cerita di atas adalah ....

A.     penakut

B.      rajin bekerja

C.      kikir

D.     periang

 

23.     Orang yang berperan dengan watak tertentu dalam sebuah cerita disebut ....

A.     alur cerita

B.      latar

C.      amanat

D.     tokoh

 

24.     Setiap hari Senin Cakra upacara. Pagi itu dia tampak kebingungan. Dia mondar-mandir di dalam rumah mencari sesuatu. Dia ternyata mencari topi. Hari senin kemarin dia menaruhnya di kursi tamu. Akan tetapi, topi itu sudah tidak ada.

Amanat yang dapat diambil dari cerita tersebut adalah ....

A.     segera membeli yang baru apabila ada barang kita yang hilang

B.      bangun lebih pagi agar tidak terlambat mengikuti upacara

C.      menyuruh ibu menyiapkan segala keperluan sekolah

D.     kita tidak boleh sembarangan meletakkan barang-barang

 

25.     Suasana kelas siang itu sangat gaduh. Seorang anak mencuri uang temannya.” Ada apa ini ?” kata guru mereka dengan  nada tinggi. “ Ada maling, bu” kata Dito kepada gurunya.

Latar atau tempat kejadian pada penggalan cerita tersebut adalah ....

A.     di sekolah

B.      di pasar

C.      di kantor polisi

D.     di dalam sebuah rumah

 


 

III.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

26.     Seseorang yang mempunyai keterampilan khusus dan bekerja membuat barang-barang kerajinan disebut ....

27.     Proses pengolahan bahan baku menjadi barang jadi disebut ....

28.     Di daerah pantai banyak dijumpai penduduk yang bermata pencaharian sebagai ....

29.     Seseorang yang mempunyai keahlian khusus memainkan boneka wayang disebut ....

30.     Makan nasi, minum susu dan memakai sepatu termasuk kegiatan ekonomi jenis ....

31.     Tidak mengambil dan tidak merusak terumbu karang, serta melakukan pemeliharaan hewan laut termasuk menjaga keseimbangan dan kelestarian sumberdaya alam di ....

32.     Menanam pohon kembali untuk penghijauan disebut ....

33.     Kotoran hewan bisa menghasilkan energi yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia, yang disebut energi ....

34.     Apabila menebang pohon sebaiknya ... kembali pohon yang baru

35.     Menggunakan botol bekas air mineral untuk membuat vas bunga merupakan contoh kegiatan ....

 

IV.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!

36.     Sikap jujur merupakan contoh pengamalan Pancasila. Sila keberapakah yang sesuai dengan sikap tersebut tuliskan bunyinya?

37.     Amati gambar di bawah ini!

 

 

 

 


Gambar 1

 

 

 

Gambar 2

 

 

 

Gambar 3

Gambar nomor berapa saja yang sesuai dengan Sila Pertama Pancasila? Jelaskan alasanmu!

38.     Dayu suka menolong temannya yang kesusahan. Sikap tersebut sesuai dengan sila pada Pancasila. Sila keberapakah yang sesuai dengan sikap Dayu tersebut. Tuliskan bunyinya!

 

39.                                                          Perhatikan gambar di samping!

                                                            Apa nama kegiatan pada gambar di samping? Sila keberapakah

                                                            pada Pancasila yang menerminkan sikap tersebut?

 

40.     Tuliskan contoh prilaku/sikap yang sesuai dengan sila ke tiga Pancasila di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat!

 

 

 

 

PENIAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SD NEGERI ..............................

UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TASIKMALAYA

 

Tema     :  4. Berbagai Pekerjaan

Kelas     :  IV (empat)

 

Kunci Jawaban

Bagian I  Isian

Bahasa Indonesia KD. 4.5

1.          Kelinci dan Kura-kura

2.          Kelinci: Sombong                            Kura-kura: pantang menyerah

3.          Jangan sombong dan menganggap rendah orang lain, tetap bersemangat dan gigih dalam mencapai sesuatu

4.          Karena kelinci menganggap remeh yakin bisa mengalahkan kura-kura karena jalannya lebih cepat.

5.          Peta pikiran Tokoh : Kelinci, Kura-kura, Babicot, Keong

Sifat tokoh : kelinci: sombong, kura-kura pantang menyerah

Tempat : Hutan

Bagian II Pilihan Ganda

 

IPS KD. 3.3

6.       A

7.       B

8.       D

9.       C

10.    B

IPA KD. 3.8

11.    A

12.    D

13.    C

14.    D

15.    B

PPKn KD. 3.1

16.    D

17.    C

18.    B

19.    A

20.    D

Bahasa Indonesia KD. 3.5

21.    C

22.    B

23.    D

24.    D

25.    A

Bagian III Isian

             IPS KD 3.3

26.    Pengrajin                      

27.    Produksi                       

28.    Nelayan                        

29.    Dalang                          

30.    Konsumsi                     

           IPA KD. 4.8

31.    Laut                              

32.    Reboisasi                      

33.    Biogas           

34.    Ditanam atau menanam            

35.    Reuse                            

Bagian IV Uraian

PPKn KD. 4.1

36.    Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa

37.    Gambar 1  : Karena gambar 1 sesuai dengan sila pertama Pancasila yaitu sedang beribadah.

Gambar 2  : Karena gambar 1 sesuai dengan sila pertama Pancasila yaitu  anak melaksakan kewajibannya yaitu belajar mengaji.

38.    Ke dua, kemanusiaan yang adil dan beradab

39.    Bakti sosial, Sila ke dua, Penjelasan (diserahkan pada guru)

40.     (diserahkan kepada guru)

1)    Di lingkungan keluarga :

a.     Mencintai sesama anggota keluarga dan membina kerukunan serta keutuhan keluarga.

2)    Di lingkungan sekolah :

a.     Mencintai dan saling menghormati antarteman, guru dan petugas sekolah.

b.     Tertib membayar uang sekolah.

3)    Di lingkungan masyarakat :

a.     Saling tukar kesenian daerah.

b.     Bergaul dengan masyarakat tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan.

Penilaian :

 

Bagian I

Bagian II

Bagian III

Bagian IV

2

1

2

3

 

 

Skor maksimal

 

 

Nilai =

Skor yang diperoleh

X 100

Skor maksimal