Saturday, January 18, 2020

SOAL OSN BIDANG MATEMATIKA TERBARU



PETUNJUK:
1.       Berdo’alah sebelum mulai mengerjakan soal!
2.       Tulislah nomor peserta dengan jelas!
3.       Bacalah dengan teliti sebelum mengerjakan soal!
4.       Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap mudah!
5.       Tulisan harus jelas, bersih, rapi, dan tidak menggunakan tipe-ex!
6.       Periksa kembali sebelum pekerjaanmu diserahkan kepada pengawas ruang!

I.        Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar pada lembar jawaban yang telah disediakan!

1.       Bu Wati membeli alat kebutuhan rumah tangga dengan harga Rp 85.000,00 mendapat diskon 20 %. Bu Wati harus membayar ....

2.       Julia mempunyai uang sebanyak Rp 1.000,00. Dia bermaksud membeli permen. Harga satu buah permen Rp 150,00. Paling banyak permen yang bisa dibeli oleh Julia adalah ... buah.

3.       Sebanyak 72 siswa dibagi menjadi tiga kelompok dengan perbandingan banyaknya anggota 3 : 4 : 5. Banyaknya siswa pada kelompok terkecil adalah ... orang.

4.       Di laci terdapat 10 kaos kaki yang terdiri dari atas 5 pasang, masing-masing berwarna hitam, putih, biru, cokelat, dan merah. Paling sedikit banyaknya kaos kaki yang harus diambil dari laci agar diperoleh sepasang kaos kaki berwarna sama adalah ....

5.       When multiplaying two 2-digit numbers, Ardi made an error. He multiplied the ones and tens digit separately and added the results. With this error, he obtained 65 x 72 = 42 + 10 = 52. Keeping the same error, he calculated 27 x ab = 27. Determine the 2-digit number ab.

6.       Fahmi diminta mencari bilangan 6-angka yang memenuhi persyaratan berikut:
i.    Empat angka yang terletak di tengah adalah 2009.
ii.  Angka terdepannya (angka ratus-ribuannya) merupakan bilangan genap.
iii.Bilangan dimaksud harus habis dibagi 8 dan juga habis dibagi 3.

Bilangan yang memenuhi ketiga persyaratan di atas adalah ....

7.       Ito dan Yanto bersepeda dari A ke B. mereka mulai bersepeda pada saat yang sama. Ito bersepeda dengan kecepatan 30 km/jam, sedangkan Yanto dengan kecepatan 20 km/jam. Setelah bersepeda selama setengah jam, Ito tiba di B dan Yanto membutuhkan ... menit lagi untuk sampai ke B.

8.       Dari 12 anak akan dibentuk beberapa tim yang masing-masing terdiri dari lima anak. Apabila seorang anak hanya boleh berada paling banyak pada dua tim, maka banyaknya tim yang dapat dibentuk adalah ....

9.       Faktorisasi prima 168 = ....


10.    Sebuah bak mandi dapat diisi penuh air dengan cara mengisinya dengan sembilan ember kecil air dan empat ember besar air. Bak mandi tersebut dapat pula diisi penuh air dengan cara mengisinya dengan enam ember besar air dan enam ember kecil air. Perbandingan volume ember besar dan volume ember kecil adalah ....

11.    Suatu keluarga memiliki beberapa anak. Salah satu anak laki-lakinya adalah Alfa dan salah satu anak perempuannya adalah Beti. Banyaknya saudara laki-laki Alfa adalah dua kali banyaknya saudara perempuannya. Banyaknya saudara laki-laki Beti adalah lima kali banyaknya saudara perempuannya. Banyaknya anak pada keluarga itu adalah ....

12.    Jumlah dari 31 bilangan bulat kelipatan 13 yang berurutan sama dengan 12493. Bilangan terbesarnya adalah ....

13.    Seorang pedagang membeli beras 1,5 ton, gula pasir  kuintal, cabai merah 200 ons, dan bawang merah 50 kg. Jumlah berat keseluruhan ada ... kg.

14.    Sepuluh anak kelas VI berangkat berkemah dengan membawa bekal yang cukup untuk 9 hari. Dalam perjalanan, 5 anak lain bergabung untuk ikut berkemah, tetapi mereka tidak membawa bekal. Bekal semula yang mereka bawa tersebut cukup untuk ... hari.

15.    Sebuah kotak berisi bola merah dan bola putih dengan 80 % di antaranya adalah bola merah. Mula-mula diambil 35 bola dan 5 bola putih dari kotak tersebut. Sisanya dibagi menjadi beberapa kelompok, masinhg-masing terdiri atas 7 bola. Pada setiap kelompok 5 bola merah. Pada awalnya paling sedikit terdapat ... bola dalam kotak tersebut.
 

16.                                                       AB = 70 cm dan CD = 55 cm. Luas gambar disamping adalah ....





17.    Banyaknya segitiga berbeda yang ukuran ketiga sisinya merupakan bilangan asli dan ukuran sisi terpanjangnya 10 adalah ....

18.    Saat ini, usia Hasan sama dengan 7 kali usia Yenny. Dua tahun lalu, usia Hasan sama dengan 9 kali usia Yenny. Usia Hasan saat ini adalah ....

19.    Dua belas segitiga sama sisi disusun seperti pada gambar dibawah.





Banyak nya segi empat pada gambar tersebut adalah ....
20.                                                                                                                  Apabila memperhatikan diagram batang disamping, jumlah hasil panen kopi dan mangga sebanyak ... kuintal.






II.      Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar pada lembar jawaban yang telah disediakan!

21.    Jarak Kota Yogyakarta ke Magelang pada peta 3 cm. Jarak kedua kota itu sebenarnya 60 km. Berapakah skala peta tersebut?

22.    Pekerjaan pengangkutan pasir oeh suatu perusahaan harus diselesaikan dalam waktu 480 hari. Pekerjaan tersebut akan dapat diselesaikan tepat waktu jika perusahaan tersebut menggunakan 36 truk per hari. Pada awalnya perusahaan tersebut menggunakan 18 truk per hari selama 120 hari. Setelah itu pekerjaan terhenti selama 120 hari. Berapakah banyaknya truk per hari yang harus digunakan perusahaan agar pekerjaannya dapat selesai tepat waktu?

23.    In a class, the ratio between the number of girls and boys is 4 : 5. If four boys go out, then the ratio becomes 1 : 1. How many girls are there in the class?
24.    Panjang sisi persegi ABCD adalah 5 cm. Tinggi titik B dari lantai adalah 3 m dan jarak dari A ke tembok adalah 4 m. Berapakah tinggi titik C dari lantai?





25.    Hasil penimbangan balita di posyandu sebagai berikut.
3 anak masing-masing beratnya 5,5 kg;
7 anak beratnya 5,9 kg;
4 anak beratnya 6,3 kg; dan
6 anak beratnya 6,5 kg.
Berapa kg berat rata-rata balita tersebut?

No comments:

Post a Comment