PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Jl.
Dalem Wirawangsa Km.1.2 Margajaya Kec. Mangunreja Kab. Tasikmalaya 46462
Telp.
(0265) 548686-(0265) 548684 Fax (0265)
548682
e-mail:disdiktsm@gmail.com
website http://disdik.tasikmalayakab.go.id
DRAAF
JUKLAK FLS2N-SD TAHUN 2019
TINGKAT
KABUPATEN TASIKMALAYA
A.
DASAR
HUKUM
- Undang-undang
Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Undang-undang
Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah
- Undang-undang
Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara
- Undang-undang
Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan
- Peraturan
Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah
Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
- Peraturan
Mentri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan
- Daftar
Isian Pelaksanaan Anggaran Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar No; SP
DIPA:023.03.1.666.011/2019 Tanggal 5 Desember Tahun 2018
B.
TUJUAN
Festival dan Lomba Seni
Siswa Nasional SD bertujuan :
1. Memberikan wadah untuk berkreasi
dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik Sekolah Dasardalam
mengembangkan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu Pendidikan
2. Mengekpresikan seni sesuai dengan
norma budi pekerti dan karakter pserta didik
3. Menumbuh kembangkan daya
kreativitas dan motivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui
kegiatan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya
4. Menanamkan dan meningkatkan
apresiasu seni , khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
5. Menumbuhkan sikap kemandirian,
sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam
bersosialisasi
C.
TEMA
FLS2N TAHUN 2019
Tema Festival dan Lomba
Seni Siswa Nasional Tahun 2019 adlah :
“ Seni Membentuk Kepekaan
Rasa Terhadap Lingkungan Lokal dan Global “
D. PESERTA FLS2N TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA
1. Peserta
FLS2N–SD adalah warga Negara Indonesia (WNI) Pa atau Pi yang pada Tahun
Pelajaran 2019-2020 masih berstatus Siswa SD/MI dan atau sederajat
2. Peserta
FLS2N Tingkat Kabupaten Tasikmalaya adalah Juara ke 1 pada Materi lomba Tingkat
Kecamatan yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala UPT Pendidikan Wilayah
Kecamatan
3. Perta
FLS2N belum pernah menjadi Juara ke 1 di Tingkat Kabupaten Tasikmalaya pada
Materi Lomba yang sama.
E.
JUMLAH PESERTA FLS2N TINGKAT
KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2019
No |
Jenis Lomba |
Peserta |
Pelatih |
Ketua Tim |
1 |
Nyanyi
Tunggal |
1 |
1 |
1 |
2 |
Seni
Tari |
3 |
1 |
|
3 |
Pantomim |
1 |
1 |
|
4 |
Gambar
Bercerita |
1 |
1 |
|
5 |
Kriya
Anyaman |
1 |
1 |
|
6 |
Baca
Puisi |
1 |
1 |
|
7 |
Mendongeng |
1 |
1 |
|
Jumlah |
9 |
7 |
1 |
F.
MATERI
LOMBA/ KETENTUAN LOMBA
1.
Lomba
Menyanyi Solo
a. Menyanyi
Tunggal adalah menyanyi seorang diri dengan diiringi musik, baik piano, kibord
atau CD.
b. Materi
Lomba
1) Lagu
Pilihan Wajib
-
“Hamba Menyanyi” Ciptaan Bing Slamet
-
“ Tuhan” Ciptaan Bimbo
-
“ Andai Aku Besar Nanti” Ciptaan Elfa.S/
Vera Syl
-
“ Indonesia Jaya” Ciptaan Chaken M
2) .
Pakaian Peserta Nyanyi Tunggal Bebas sopan
3) .
Kriteria Penilaian :
-
Materi Vocal
-
Terknik ( pernapasan,intonasi, artikulasi
dan resonansi)
-
Ekpresi/Penjiwaan (dinamika, tempo,
penghayatan, ketepatan interpretasi lagu dan musikalitas)
4). Tempat dan waktu ditentukan
kemudian.
2.
Lomba
Seni Tari
Lomba Seni Tari pada
FLS2N Tahun 2019 adalah Lomba tari Ciptaan baru yang berangkat dari kreativitas
sesuai dengan tingkat usia dan psikologi anak. Tari Ciptaan baru tersebut
secara gerak, tema, kostum dan tata rias dapat memunculkan spirit budaya
setempat. Tari tersebut mengandung kekuatan tradisi lokal dan kekayaan budaya
lokal yang terlihat dari ragam gerak, nuansa musik, kostum,properti, dan
adegan(peristiwa yang terjadi di panggung)
1) Ketentuan
Lomba
- Peserta
terdiri dari 3 orang (boleh laki-laki saja, Perempuan saja atau Campuran)
- Menyerahkan
sinopsis (penjelasan singkat) 3 rangkap tentang konsep pada waktu sebelum
tampil
- Dalam
sinopsis harus dituliskan : Judul , Tema, pijakan karya dan pencipta
2).
Kostum, tata rias dan penunjang lainnya
disesuaikan dengan tema
3).
Iringan Musik menggunakan CD
4).
Diperbolehkan menggunakan porperti yang
tidak membahayakan
5).
Durasi waktu 5- 7 menit
6).
Tema Karya Tari yang dipilih : Anak dan
Lingkungan Alam, Anak dan Lingkungan Kesehatan/Sosial,
Anak dan permainan setempat
7). Aspek yang dinilai
- Kreografi ( elemen komposisi,kreativitas)
- Penerapan inovasi tema dalam karya tari
- Orsinilitas akar garapan dalam karya tari
- Penampilan utuh/performance
- Kesesuaian antara musik tari,tata rias dan
busana dengan tema tari
8). Tempat dan waktu ditentukan
kemudian.
3.
Pantomim
a.
Pengertian
Pantomim adalah seni
pertunjukan imajinatif yang memvisualisasikan suatu objek atau benda tanpa kata-kata serta dapat
menyampaikan rasa dan pesan melalui gerak tubuh, dan mimik wajah. Lomba
pantomim lebih menitik beratkan pada kreativitas dan perkembangan karakter,
olah gerak dan ekspresi anak yang bermuatasn lokal serta menjungjung tinggi
budaya bangsa.
b.
Tema
Lomba
-
Aku dan Alam ( antara lain tentang
lingkungan hidup, satwa, limbah air dll)
-
Aku dan Teknologio ( antara lain masalah tentang
internet, robot dll)
-
Tema Lomba dapat dikembangkan sesuai
kreativitas dan imajinasi masing-masing peseta serta diharapkan inspirasi
sebagai penyelesaian masalah
c. Ketentuan
-
Peserta Tunggal, boleh Pa boleh Pi
-
Durasi waktu 5-7 menit
-
Kostum,tata rias disesuaikan
-
Iringan musik menggunakan CD
-
Tidak diperbolehkan menggunakan porperti
d. Kriteria
Penilaian
-
Konsep (imajinatif,kreatif dan inspiratif)
-
Gerak (teknik tubuh, dan harmonisasi)
-
Ekspresi (penjiwaan dan mimik wajah)
-
Penampilan (kostum,dan tata rias)
-
Wawasan ( kepedulian terhadap lingkungan)
-
Menyerahkan sinopsis (penjelasan singkat)
3 rangkap tentang konsep pada waktu sebelum tampil
e. Tempat
dan waktu ditentukan kemudian.
4.
Gambar
Bercerita
a.
Pengertian
Gambar bercerita adalah
gambar yang memiliki narasi “literasi visual” yang tujuannya menceritakan
proses kejadian /peristiwa melalui gambar, tanpa ada penjelasan tertulis.
b. Topik/
Tema Gambar Bercerita
Tema Utama “
Mengembangkan karakter dan Prestasi Melalui Kreasi Seni”
Tujuan kegiatan untuk
menanamkan rasa cinta tanah air Indonesia dengan segala keragaman dan kekayaan
budayanya, serta memupuk budi pekerti dan karakter budaya Indonesia yang
Bhineka Tunggal Ika.
c. Bahan
dan Alat
-
Ketas khusus gambar 270gr s/d 300 gr
dengan ukuran 60x 80 cm (A1) khus kertas gambar disediakan oleh panitia
-
Krayon
-
Pensil warna( watercolour pencil)
-
Spidol gambar ( warna) 0.4 – 0.8
-
Pensil 2 B, 3 B dan 4 B + penghapus dan
peraut pencil
d. Durasi
waktu 4 Jam
e. Kostum
bebas sopan, sesuaikan
f.
Kriteria
Penilaian
1).
Aspek edukasi
- Gambar dan ceritanya
mendidiksesuai dengan norma kesusilaan dan tidak bertentangan dengan
pornigrafi, dan sara
- Pengetahuan dan wawasan
- Memahami dan mengetahui
makna(tema dan cerita yang dipilaih)
2). Aspek Cerita
Aspek cerita mencakup:
-
Kehidupan dunia anak-anak Sekolah Dasar
-
Tidak terlalu rumit, jelas dan komunikatif
-
Isi Cerita gambar sesuai dengan tema yang
dipilih
-
Keragaman objek
-
Penguasaan media mampu meng0mposisikan dan
menyusun unsur-unsur visual.
3). Aspek Gambar
Aspek Gambar meliputi :
- Keaslian ide karya sendiri tanpa dibantu oleh
siapapun
- Merupakan karya baru
- Keluwesan, unsur rupa yang dihadirkan enak
dilihat, tidak kaku, menggambarkan
suasana yang hjidup
4).
Peserta Tunggal, boleh Pa boleh Pi
g.
Tempat
dan waktu ditentukan kemudian.
5.
Kriya
Anyaman
a.
Pengertian
Kriya Anyaman merupakan
ekspresi ungkap seni terapan dalam berkarya yang dibuat dalam jumlah terbatas,
menonjolkan teknik keterampilan, mengolah material, metoda kerja, hasil yang
mengutamakan segi nilai estetikserta keunikan dan nilai guna.
b.
Tema
Kreasi Baru karya anyam
melalui medium bambu ubtuk mengasah keterampilan, ketekunan, ketelitian dengan
inovatif yang kreatif dan berkarakter.
c.
Bahan
dan Peralatan
1) Bahan
terbuat dari bambu yang secara umum banyak dilingkungan anak
2) Bahan
anyaman dibawa oleh peserta sesuai dengan kebutuhan, tidak diperbolehkan
membawa setengah jadi, atau tinggal merakit, atau siap pasang sudah diserut..
3) Bahan
yang dibawa adalah bahan material utuh siap untuk dianyam
4) Peralatan
dibawa oleh peserta sesuai dengan kebutuhan pada waktu lomba yang khas biasa
dipakai baik manual atau semi mesin(elektrik)
5) Karya
dapat diwarnai dengan bahansintetis atau campuran 9dilakukan sebelum perlombaan)
kecuali finising ( melapisi karya dengan vernis)
d.
Durasi
Waktu 6 jam
e.
Bentuk
Karya Kriya Anyaman
1). Mempunyai nilai
fungsi dan estetika
2). Ukuran Panjang 40 cm,
lebar, 40 cm dan tinggi 40 cm
3). Boleh lebih kecil dan
atau lebih besar sedikit sesuai dengan peoporsi produk
karya yang dibuat.
f.
Kostum
disesuaikan
g.
Peserta Tunggal, boleh Pa boleh Pi
h.
Tempat
dan waktu ditentukan kemudian.
6.
Baca
Puisi
a.
Pengertian
Lomba Baca Puisi adalah
membaca karya puis yang ditampilkan di depan publik (panggung) yang
diekspresikan dengan suara dan gerak tubuh sesuai dengan makna puisi tersebut.
Dalam lomba ini peserta membaca bukan menghapal atau menalar.
b.
Materi
Lomba
Peserta memilih untuk
membacakan puisi di bawah ini :
1). “ Baju Bulan” Karya Joko Pinurbo
2). “Sejumlah Anak” Karya
Andri Darmadji Woko
3). “ Ibuku Dahulu” Karya
Amir Hamzah
4). “ Doa “ Karya Chairil Anwar
5). “Kami Pewaris Negeri Ini “ Karya Paundra
c.
Kriteria Penilaian
1) . Penjiwaan atau
interpretasi teks
2). Vokal, artikulasi,
Intonasi, karakter suara, kekuatan suara dan tempo
3). Penampilan, Ekpresi
d.
Ketentuan Penampilan,
1.
Peserta membaca puisi dengan menggunakan teks tercetak diatas kertas
2.
Dalam membacakan puisi tidak boleh menggunakan alat musik pengiring (termasuk
suara latar.
e. Kostum disesuaikan
f. Tempat dan waktu ditentukan kemudian.
g. Peserta Tunggal, boleh Pa boleh Pi
7.
Mendongeng
a.
Pengertian
Mendongeng adalah
menceritakan suatu kisah dengan tema tertentu yang diambil dari berbagai
sumber.
b.
Ketentuan
-
Dongeng diutamakan mengandung warna lokal
masing-masing daerah
-
Jika karya dongeng yang dilombakan diambil
dari buku dongeng yang telah diterbitkan , sumbernya harus dicantumkan (buku,
pengarang, dsb)
-
Peserta dibebaskan dalam berekpresi (boleh
menggunakan alat perga yang tidak membahayakan untuk mendukung penampilan)
-
Peserta Mendongeng tidak dibenarkan
menyampaikan kata pengantar, perkenalan, penutup dan promosi sebelum maupun sesudah penampilan,
kecuali bacaan salam (“Assalamualaikum”, “Selamat pagi”, “Selamat siang”)
-
Durasi waktu 5-7 menit
-
Peserta menyerahkan naskah dongeng 3
rangkap kepada panitia
-
c.
Kriteria
Penilaian
1). Kesesuaian isi dengan
tema
2). Penyampaian isi
dongeng dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
3). Penjiwaan atas tema,
isi dan pesan
4). Peampilan (ekspresi,
penjiwaan, intonasi) dan kreativitas yang mendukung pesan
dongeng dengan teknik gerak, suara,
visual, propertyi dan lainnya
d.
Kostum
bebas, sesuaikan
e.
Peserta
Tunggal boleh Pa atau Pi
f.
Tempat
dan waktu ditentukan kemudian.
Tasikmalaya, 01 Februari 2019
Penyusun
DRAAF
PASTRASENDA TAHUN 2019
TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA
A. PESERTA PASTRASENDA
1.
Peserta Pastrasenda Terdiri dari Pa dan Pi yang pada Tahun Pelajaran 2019-2020 masih
berstatus Siswa SD/MI dan atau sederajat
2.
Peserta Pastrasenda Tingkat Kabupaten
Tasikmalaya adalah Juara ke 1 pada Materi lomba Tingkat Kecamatan yang
ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala UPT Pendidikan Wilayah Kecamatan
3.
Perta Pastrasenda belum pernah menjadi
Juara ke 1 di Tingkat Kabupaten Tasikmalaya pada Materi Lomba yang sama.
B. MATERI PASTRASENDA SEKOLAH DASAR
TAHUN 2019 TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA TERDIRI DARI :
1.
Pasanggiri Kawih
2.
Baca Tulis aksara Sunda
3.
Maca Sajak
4.
Ngadongeng
- JUMLAH
PESERTA PASTRASENDA TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2019
No |
Jenis Lomba |
Peserta |
Pelatih |
Ketua Tim |
1 |
Pasanggiri
Kawih |
2 |
1 |
1 |
2 |
Baca
Tulis Aksara Sunda |
2 |
1 |
|
3 |
Maca
Sajak |
2 |
1 |
|
4 |
Ngadongeng |
2 |
1 |
|
Jumlah |
8 |
4 |
1 |
1.
PASANGGIRI KAWIH
a. Materi
Lomba
Kawih
Pilihan Wajib baik Pa maupun Pi
-
Kalemah Cai Kuring Jangji
-
Isola
-
Bandung Lembang
-
Invalid Satria Sajati
-
Cinta Nusa
-
Bandung
-
Cacandran
b. Pakaian
Peserta Adat Sunda (sesuaikan)
c. .
Kriteria Penilaian :
-
Materi Vocal
-
Terknik ( pernapasan,intonasi, artikulasi
dan resonansi)
-
Ekpresi/Penjiwaan (dinamika, tempo,
penghayatan, ketepatan interpretasi lagu dan musik)
d. Ketentuan
-
Peserta memillih salahsatu Kawih yang
telah ditentukan di atas
-
Pasanggiri Kawih diiringi Kacapi (lave), disediakan oleh
Panitia
-
Peserta boleh membawa pengiring sendiri
e. Tempat
dan waktu ditentukan kemudian.
- Baca Tulis Aksara
Sunda
a.Peserta
: Pa dan Pi
b. Materi Baca
maupun Nulis aksara Sunda ditentukan pada waktunya oleh Dewan Juri
c. Kostum Bebas
Sopan
d. Kriteria
Penilaian
-
Ketepatan dan kecepatan dalam membaca
Aksara Sunda
- Ketepatan, Kerapihan, keindahan dan Kecepatan dalam menulis Aksara Sunda
-
Vokal, artikulasi, Intonasi, karakter
suara, kekuatan suara dan tempo dalam membaca
Aksara Sunda
e. Waktu dan
Tempat ditentuka kemudian
3.
Maca Sajak
a.Peserta : Pa dan pi
- Juara ke I hasil seleksi di
Tingkat Kecamatan
b Judul Sajak
Siswa membacakan salah satu judul sajak pada Buku “
Daweung Panineungan”
Karya Nanang Sos
c. Peserta
menyerahkan naskah Sajak 3 rangkap kepada Panitia sebelum lomba dimulai
d. Ketentuan
-
Peserta membaca sajak dengan menggunakan
teks tercetak diatas kertas
-
Kostum Pakaian Adat Sunda
e.
Waktu dan Tempat ditentuka kemudian
4. Seni Ngadongeng
a.
Peserta : Pa + pi
b.
Tema mendongeng
- Cerita
Fabel
yang mengakar di wilayah Jawa
barat
c.
Durasi 5- 6 menit
d.
Busana Sesuaikan
e.
Ketentuan
-
Dongeng diutamakan mengandung warna lokal
masing-masing daerah
-
Jika karya dongeng yang dilombakan diambil
dari buku dongeng yang telah diterbitkan , sumbernya harus dicantumkan (buku,
pengarang, dsb)
-
Peserta dibebaskan dalam berekpresi (boleh
menggunakan alat perga yang tidak membahayakan untuk mendukung penampilan)
-
Peserta ngadongeng tidak dibenarkan menyampaikan kata pengantar, perkenalan, penutup dan promosi
sebelum maupun sesudah penampilan, kecuali bacaan salam
- Peserta
menyerahkan naskah dongeng 3 rangkap kepada panitia
f.
Kriteria
Penilaian
1).
Kesesuaian isi dengan tema
2).
Penyampaian isi dongeng dengan bahasa Sunda yang baik dan benar
3).
Penjiwaan atas tema, isi dan pesan
4).
Peampilan (ekspresi, penjiwaan, intonasi) dan kreativitas yang mendukung pesan
dongeng dengan teknik gerak, suara,
visual, propertyi dan lainnya
g. Waktu dan Tempat ditentuka kemudian
Tasikmalaya, 03 Februari
2019
Penyusun
- Keterangan bila ada
kekurangan dan belum jelas, akan diperbaiki kemudian.
No comments:
Post a Comment