Friday, October 23, 2020

INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI BUKU 1 KTSP KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI

BUKU 1 KTSP KURIKULUM 2013

SD NEGERI MARGAMULYA

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 


Oleh :

 

Hj. DEDE DEWIYANI, S.Pd.,M.Pd.

 NIP.  19601012 197912 2 002

(Pengawas Sekolah)

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

KABUPATEN TASIKMALAYA

2020

 

INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI

BUKU 1 KTSP KURIKULUM 2013

 

Nama Sekolah                         : SDN Margamulya

Tahun Pelajaran                      : 2020/2021

Alamat                                    : Kp. Cipaku Desa Pakemitan Kecamatan Cikatomas

 Kabupaten Tasikmalaya

 

No.

Aspek

Deskripsi Aspek/Butir Penilaian

Keadaan

Keterangan

Ada

Tdk

1.

Cover/Halaman Judul

Berisi judul, logo sekolah, tahun pelajaran, nama sekolah, dan alamat sekolah

 

 

2.

Lembar Validasi

Diisi dan ditandantangani oleh Pengawas Sekolah

 

 

3.

Lembar Pengesahan

Lembar Pengesahan ditandatangani oleh Kepala Kekolah, Komite Sekolah, dan kolom tanda tangan Kepala Disdikbud Kab. Tasikmalaya

 

 

4.

Kata Pengantar

Berisi pernyataan Ketua TPK (Kepala Sekolah) yang menyatakan rasa syukur kepada Allah SWT., pernyataan alasan singkat penyusunan, dan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu

 

 

5.

Daftar Isi

Memuat daftar judul dan sub judul yang terdapat dalam KTSP dan halaman

 

 

6.

Daftar Tabel

Memuat daftar judul tabel dan halaman

 

 

7.

Daftar Lampiran

Memuat daftar  judul lampiran dan halaman

 

 

 

BAB I PENDAHULUAN

 

No.

Aspek

Deskripsi Aspek/Butir Penilaian

Keadaan

Keterangan

Ada

Tdk

1.

A.    Latar  Belakang

Berisi  dasar pemikiran dari kondisi ideal, kondisi nyata, dan rasionalisasi tentang pengembangan/revisi KTSP antara lain perubahan kurikulum yang berlaku, hasil analisis konteks, tuntutan kecakapan abad 21, dan muatan-muatan lain yang sesuai dengan karakteristik sekolah

 

 

2.

B.     Tujuan Penyusunan

Berisi tujuan pengembangan KTSP

 

 

3.

C.     Penyempurnaan Pola Pikir

Berisi deskripsi penyempurnaan pola pikir

 

 

4.

D.    Penguatan Tata Kelola dan Karakteristik Kurikulum

Berisi deskripsi penguatan tata kelola dan karakteristik kurikulum

 

 

5.

E.     Acuan Konseptual

Berisi deskripsi acuan konseptual pengembangan KTSP

 

 

6.

F.      Prinsip Pengembangan KTSP

Berisi deskripsi prinsip pengembangan KTSP

 

 

7.

G.    Prosedur Operasional

Berisi deskripsi prosedur operasional pengembangan KTSP

 

 

 

 

BAB II TUJUAN PENDIDIKAN, VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH

 

No.

Aspek

Deskripsi Aspek/Butir Penilaian

Keadaan

Keterangan

Ada

Tdk

1.

A.    Tujuan Pendidikan

Berisi deskripsi :

1.      Tujuan Pendidikan Nasional

2.      Tujuan Pendidikan Dasar

 

 

2.

B.     Visi

Berisi deskripsi visi yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan sebagaimana tertuang dalam rencana kerja

 

 

3.

C. Misi

Berisi deskripsi misi yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan sebagaimana tertuang dalam rencana kerja sekolah

 

 

4.

D. Tujuan Sekolah

Berisi deskripsi tujuan yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan sebagaimana tertuang dalam rencana kerja sekolah

 

 

 

 

 

BAB III KERANGKA DASAR, STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

 

No.

Aspek

Deskripsi Aspek/Butir Penilaian

Keadaan

Keterangan

Ada

Tdk

1.

A.    Kerangka Dasar

Berisi deskripsi :

1.      Landasan Filosofis

2.      Landasan Sosiologis

3.      Landasan Psikopedagogis

4.      Llandasan Teoritis

5.      Landasan Yuridis

 

 

2.

B.     Struktur Kurikulum

Memuat tentang :

1.      Kompetensi Inti (KI)

2.      Kompetensi Dasar (KD)

3.      Mata Pelajaran

4.      Muatan Pembelajaran

 

 

3.

C.     Muatan Kurikulum

Muatan kurikulum terdiri dari :

1.      Muatan Nasional

2.      Muatan Lokal

 

 

4.

D.    Bimbingan Konseling / Psikoedukatif

Mendeskripsikan layanan Bimbingan Konseling / Psikoedukatif

 

 

5.

E.     Kegiatan Ekstrakurikuler

Memuat kegiatan ekstrakurikuler wajib (Pramuka) dan kegiatan ekstrakurikuler pilihan

 

 

6.

F.      Pengembangan Diri

Memuat program/kegiatan Pengembangan Diri

 

 

7.

G.    Penguatan Pendidikan Karakter

Memuat deskripsi/program/kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter

 

 

8.

H.    Pengembangan Literasi

Memuat deskripsi pengembangan literasi

 

 

9.

I.        Kecakapan Abad 21 dan HOTS

Memuat implementasi kecakapan abad 21 dan HOTS

 

 

10.

J.       Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Memuat proses penetapan dan hasil KKM satuan pendidikan

 

 

 

K.    Remidial dan Pengayaan

Memuat deskripsi pengayaan dan remedial

 

 

11.

L.     Kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan

Memuat ketentuan kriteria kenaikan dan kelulusan peserta didik berdasarkan peruaturan yang berlaku

 

 

 

 

 

 

BAB IV BEBAN BELAJAR

 

No.

Aspek

Deskripsi Aspek/Butir Penilaian

Keadaan

Keterangan

Ada

Tdk

1.

A.    Sistem Pembelajaran

Mendeskripsikan sistem yang digunakan dalam pengaturan beban belajar yang ditetapkan oleh satuan pendidikan serta pelaksanaan pembelajaran di masa darurat Covid-19

 

 

2.

B.     Beban Belajar Tambahan

Memuat beban belajar tambahan

 

 

 

BAB V KALENDER PENDIDIKAN

 

No.

Aspek

Deskripsi Aspek/Butir Penilaian

Keadaan

Keterangan

Ada

Tdk

1.

A.    Permulaan Tahun Pelajaran

Mendeskripsikan sistem yang digunakan dalam pengaturan beban belajar yang ditetapkan oleh satuan pendidikan

 

 

 

2.

B.     Pengaturan Waktu Belajar Efektif

Memuat minggu belajar efektif untuk setiap tahun pelajaran dan waktu pembelajaran efektif setiap minggu yang meliputi

 

 

3.

C.     Pengaturan Waktu Libur

Memuat pengaturan waktu libur

 

 

 

BAB VI PENUTUP

 

No.

Aspek

Deskripsi Aspek/Butir Penilaian

Keadaan

Keterangan

Ada

Tdk

1.

Penutup

Antara lain mendeskripsikan isi dokumen KTSP serta menyatakan hal-hal yang belum di dalam pedoman ini akan diatur kemudian melalui pedoman atau petunjuk teknis

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

No.

Aspek

Deskripsi Aspek/Butir Penilaian

Keadaan

Keterangan

Ada

Tdk

1.

SK Tim Pengembang Kurikulum (TPK)

 

 

 

2.

SK Pemberlakuan Kurikulum

 

 

 

3.

Kalender Pendidikan

 

 

 

4.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

 

 

 

5.

Peraturan Akademik Sekolah

 

 

 

6.

SK Pembagian Tugas Guru

 

 

 

7.

Jadwal Pelajaran

 

 

 

8.

Dokumen penyusunan KTSP (Penyusunan Awal, Surat Undangan, Berita Acara, Daftar Hadir, dan Foto Kegiatan)

 

 

 

9.

Hasil/instrumen validasi/verifikasi oleh Pengawas Sekolah

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala SD Negeri Margamulya

 

 

 

 

JAJANG SURYANA, S.Pd.SD

NIP. 19630216 198305 1 004

 

Tasikmalaya, 8 Juli 2020

Verifikator/Pengawas Sekolah

 

 

 

 

Hj. DEDE DEWIYANI, S.Pd.,M.Pd.

NIP.  19601012 197912 2 002

 

 

 

No comments:

Post a Comment