Thursday, January 21, 2021

KISI KISI SOAL PAS KELAS 4 SEMESTER 1 TAHUN PEAJARAN 2020/2021

 


KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19

KELAS IV (EMPAT)

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Muatan Pelajaran        :  PKn

Cakupan Tema            : T1 , T2, T3, T4, T5

Jenis Sajian Soal       :  Parsial  Mupel

NO.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

(Sajian Parsial

Muatan Pelajaran)

 

TEMA 1

 

3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Keragaman Suku Bangsa

Disajikan gambar rumah adat Minangkabau, peserta didik dapat menyebutkan nama rumah adat tersebut.

L1

PG

1

 

 

 

 

 

Disajikan 3 gambar alat musik tradisional, peserta didik dapat memilih alat tradisional yang berasal dari Jawa Barat.

L2

PG

2

 

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menjabarkan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

L3

Uraian

26

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat mengaitkan pengaruh letak geografis Indonesia dengan keberagaman suku bangsa di Indonesia

L3

Isian Singkat

16

 

 

 

Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman sosial di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Keragaman Sosial

Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat.

L2

PG

3

 

 

 

Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Keragaman Budaya

Disajikan tabel nama tarian dan nama asal daerahnya secara acak, peserta didik dapat mencocokkan nama tarian dengan asal daerahnya yang sesuai.

L2

Isian Singkat

17

 

TEMA 2

 

3.2  Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidup sehari-hari.

Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Kewajiban Warga Masyarakat

Disajikan 4 contoh kewajiban dalam memanfaatkan air, peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh yang tepatnya.

L1

PG

4

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menjabarkan pentingnya melaksanakan kewajiban dan hak secara seimbang.

L3

Uraian

27

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menentukan contoh kewajiban dalam penggunaan bahan bakar.

L2

PG

5

 

 

 

 

 

 

Disajikan poster tentang menghemat energi, peserta didik dapat mengartikan maksud poster tersebut.

L2

PG

6

 

 

 

Mengidentifikasi pelaksanaan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Hak Warga Masyarakat

Peserta didik dapat menentukan bentuk hak warga masyarakat.

L2

Isian Singkat

18

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menjabarkan secara singkat alasan hak warga masyarakat perlu dibatasi.

L3

Isian Singkat

19

 

TEMA 3

 

3.2  Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Kewajiban Warga Masyarakat

Disajikan 4 contoh kewajiban dalam memanfaatkan tumbuhan, peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh yang tepatnya.

L1

PG

7

 

 

 

 

 

Disajikan ilustrasi dampak melalaikan kewajiban dalam memanfaatkan hutan dengan baik, peserta didik dapat memilih contoh sikap yang seharusnya dilakukan.

L2

PG

8

 

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menjabarkan perilaku yang baik dalam memperlakukan tumbuhan dan hewan di lingkungan sekitar.

L3

Uraian

28

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat mengaitkan pengaruh melalaikan kewajiban dalam menjaga kelangsungan hidup hewan langka.

L3

Isian Singkat

20

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menentukan contoh kewajiban dalam memanfaatkan dengan tepat dan baik hewan peliharaan.

L2

PG

9

 

 

 

Mengidentifikasi pelaksanaan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Hak Warga Masyarakat

Kita memiliki hak menikmati udara sejuk dan hasil tanaman berupa buah-buahan, peserta didik dapat menjabarkan secara singkat langkah untuk mendapatkan hak tersebut.

L3

Isian Singkat

21

 

TEMA 4

 

3.1. Memahami makna hubungan simbol dengan sila-silaPancasila

3.1.1. Menganalisis makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila

Pancasila

Disajikan gambar sila-sila Pancasila peserta didik dapat menyebutkan makna hubungan simbol dengan sila-sila Panacasila

 

L1

L1

L1

 

 

PG

Isian Singkat

Essay

 

 

10

22

29

 

 

 

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat menetukan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila

L2

 

Isian Singkat

 

23

 

 

 

 

 

 

Disajikan gambar peserta didik dapat menetukan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila

L2

 

PG

 

11

 

 

 

 

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat menganalisis makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila

L3

 

PG

IsianSingkat

 

12

24

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TEMA 5

 

3.1. Memahami makna hubungan simbol dengan sila-silaPancasila

3.1.1. Menganalisis makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila

Pancasila

Disajikan gambar sila-sila Pancasila peserta didik dapat menyebutkan makna hubungan simbol dengan sila-sila Panacasila

L1

 

 

 

 

Essay

 

 

 

30

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat menetukan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila

L2

 

PG

 

13

 

 

 

 

 

 

Disajikan gambar peserta didik dapat menetukan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila

L2

 

PG

 

14

 

 

 

 

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat menganalisis makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila

L3

 

PG

Isian sIngkat

 

15

25

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19

KELAS IV (EMPAT)

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Muatan Pelajaran        :  Bahasa Indonesia

Cakupan Tema            : T1 , T2, T3, T4, T5

Jenis Sajian Soal       : Parsial  Mupel

NO.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

(Sajian Parsial

Muatan Pelajaran)

 

TEMA 1

 

3.1       Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual

Mencermati gagasan pokok yang diperoleh dari teks tulis

Teks Tulis

Disajikan bacaan “ Keberagaman Budaya Bangsaku”, peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai bacaan tersebut.

L1

Isian Bacaan

1-5

 

 

 

Mencermati gagasan pokok yang diperoleh dari teks tulis

Gagasan Pokok

Disajikan dua paragraf tentang ‘ Suku Sunda”, peserta didik dapat menentukan gagasan pokok paragraf pertama tersebut.

L2

Isian Singkat

26

 

 

 

Mencermati gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis

Gagasan Pendukung

Berdasarkan bacaan paragraf pada soal nomor 26, peserta didik dapat menyimpulkan gagasan pendukung pada paragraf kedua tersebut.

L3

Isian Singkat

17

 

 

 

Mencermati gagasan pokok yang diperoleh dari teks visual

Teks Visual

Disajikan gambar tari jaipongan, peserta didik dapat membuat sebuah paragraf berdasarkan gambar tersebut.

L3

Uraian

26

 

TEMA 2

 

3.2       Mencermati keterhubungan antara gagasan yang didapat dari teks lisan, tulis atau visual.

Mencermati keterhubungan antara gagasan yang didapat dari teks tulis.

Teks Tulis

Disajikan bacaan “ Sumber Energi”, peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai bacaan tersebut.

L1

PG

6

 

 

 

 

 

Disajikan dua buah paragraf tentang Minyak Bumi, peserta didik dapat membuat peta pikiran berdasarkan bacaan pada paragraf pertama.

L3

PG

Uraian

7

27

 

 

 

 

 

Disajikan paragraf  tentang Manfaat Energi angin, peserta didik dapat menyimpulkan informasi yang terdapat pada paragraf tersebut.

L3

Isian Singkat

18

 

 

 

Mencermati keterhubungan antara gagasan yang didapat dari teks visual.

Teks Visual

Peserta didik dapat menentukan tujuan membangun cerita berdasarkan foto atau gambar.

L2

 

PG

Isian Singkat

8

19

 

 

TEMA 3

 

3.3       Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

Wawancara

Disajikan percakapan wawancara dengan peternak ayam “, peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai wawancara tersebut.

L1

PG

9

 

 

 

 

 

Disajikan gambar profesi seorang petugas kebun binatang, peserta didik dapat membuat daftar pertanyaan sesuai dengan ilustrasi gambar tersebut.

L3

Uraian

28

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menjabarkan tujuan melakukan wawancara

L3

PG

Isian Singkat

14

30

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menentukan 2 ciri pertanyaan wawancara yang baik.

L2

 

PG

Isian Singkat

11

21

 

 

TEMA 4

 

3.5. Mencermati puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan

3.5.1. Menganalisis puisi anak dalam bahasa Indonesia melalui teks tulis

 

 

Puisi Anak

Disajikan teks Puisi Anak peserta didik dapat menganalisis puisi anak dalam bahasa Indonesia melalui teks tulis

 

L1

 

 

 

PG

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 

3.5.2. Menganalisis puisi anak dalam bahasa daerah melalui teks tulis

 

Disajikan puisi anak peserta didik dapat menentukan judul puisi dalam bahasa Indonesia melalui teks tulis

 

L1

 

PG

Isian Singkat

 

13

22

 

 

 

 

 

 

Disajikan puisi anak peserta didik dapat menentukan pesan puisi dalam bahasa Indonesia melalui teks tulis

 

L2

 

Isian Singkat

 

23

 

 

 

 

 

 

Disajikan tema puisi anak peserta didik dalam menyusun puisi dalam bahasa Indonesia melalui teks tulis

L2

Essay

29

 

TEMA 5

 

3.7. Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi

3.7.1. Menganalisis pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi

Membaca Teks Non Fiksi

Disajikan teks non fiksi peserta didik dapat menjawab pertanyaan pada teks dengan kata tanya “siapa atau apa atau dimana”

L1

 

 

PG

 

14

 

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan teks non fiksi peserta didik dapat menjawab pertanyaan pada teks dengan kata tanya “bagaimana dan mengapa”

L2

 

PG

 

15

 

 

 

3.8. Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi

 

Teks Non Fiksi

Disajikan gambar peserta didik dapat menentukan judul gambar

L1

 

 

Isian Singkat

 

 

 

24

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat membandingkan watak pada teks bacaan

L2

 

Isian Singkat

 

25

 

 

 

 

 

 

Disajikan dua gambar peserta didik dapat mendeskripsikan menjadi teks non fiksi

L2

Essay

40

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19

KELAS IV (EMPAT)

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Muatan Pelajaran        :  IPA

Cakupan Tema            : T1 , T2, T3, T4, T5

Jenis Sajian Soal       : Parsial  Mupel

NO.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

(Sajian Parsial

Muatan Pelajaran)

 

TEMA 1

 

3.1       Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran

Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran

Sifat-Sifat Bunyi

Disajikan 4 pernyataan tentang syarat terjadinya bunyi, peserta didik dengan tepat dapat menentukan 3 syarat terjadinya bunyi.

L1

PG

1

 

 

 

 

 

Disajikan gambar telinga, peserta didik dapat merinci fungsi dari telinga bagian luar, tengah dan dalam.

L3

Uraian

26

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menjelaskan gangguan telinga tuli konduksi.

L2

Isian Singkat

16

 

 

 

 

 

Disajikan 3 pernyataan tentang merawat telinga, peserta didik dapat menyebutkan  2 pernyataan yang tepat merawat telinga

L1

PG

2

 

 

 

 

 

Disajikan 3 contoh bukti adanya perambatan melalui zat perantara, peserta didik dapat menentukan contoh perambatan bunyi melalui benda cair.

L2

PG

3

 

 

 

 

 

Bunyi mengalami pemantulan, peserta didik dapat menjelaskan gaung (kerdam)

L2

Isian Singkat

17

 

 

 

 

 

Bunyi dapat diserap oleh benda-benda yang permukaannya lunak. Peserta didik dapat menentukan benda-benda yang dapat menyerap bunyi.

L2

PG

4

 

TEMA 2

 

3.5       Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin,air,matahari,panas bumi,bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.

Mengidentifikasi berbagai sumber energi (angin,air,matahari,panas bumi,bahan bakar organik, dan nuklir)  dalam kehidupan sehari-hari.  

Sumber Energi

Peserta didik dapat menyebutkan manfaat cahaya matahari dalam home industri (Industri Rumahan)

L1

PG

5

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menjabarkan dampak dari penggunaan energi bahan bakar secara berlebihan.

L3

Uraian

27

 

 

 

 

 

Disajikan data tentang pemanfaatan sumber energi, peserta didik menentukan pemanfaatan sumber energi kegiatan di daerah pantai.

L2

Isian Singkat

18

 

 

 

Mengidentifikasi perubahan bentuk energi (angin,air,matahari,panas bumi,bahan bakar organik, dan nuklir)  dalam kehidupan sehari-hari.

Perubahan Bentuk Energi

Peserta didik dapat menyebutkan negara yang terkenal dengan sebutan kincir angin.

L1

PG

6

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menentukan contoh perubahan energi dari energi gerak menjadi energi listrik

L2

PG

7

 

 

 

 

 

Disajikan beberapa gambar elektronik, peserta didik dapat menentukan benda yang mengalami perubahan energi listrik menjadi energi gerak.

L2

PG

8

 

 

 

Mengidentifikasi  sumber energi alternatif (angin,air,matahari,panas bumi,bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber Energi Alternatif

Disajikan data beberapa sumber energi, peserta didik dapat menentukan 3 sumber energi alternatif yang tepat dari data yang disajikan.

L2

Isian Singkat

19

 

 

 

 

 

Disajikan gambar percobaan kentang sebagai energi alternatif, peserta didik dapat menyimpulkan percobaan tersebut.

L2

Isian Singkat

20

 

TEMA 3

 

3.1       Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan.

Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan.

Bentuk dan Fungsi Tubuh Hewan

Disajikan tabel data tentang fungsi bagian-bagian hewan, peserta didik dapat menunjukkan fungsi dari paruh.

L1

PG

9

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menjabarkan manfaat dari hewan dalam kehidupan sehari-hari manusia.

L3

Uraian

28

 

 

 

Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada tumbuhan.

Bentuk dan Fungsi Tubuh Tumbuhan

Disajikan tabel data tentang fungsi bagian-bagian tumbuhan, peserta didik dapat menunjukkan fungsi dari batang.

L1

PG

10

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menentukan letak pada daun sebagai tempat terjadinya fotosintesis.

L2

PG

11

 

 

3.8       Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

Upaya Pelestarian Sumber Daya Alam

Peserta didik dapat menentukan contoh dari pelestarian in situ.

L2

PG

12

 

 

 

 

 

Disajikan data hewan langka beserta asal daerahnya, peserta didik dapat menentukan hewan langka dan asal daerahnya dengan tepat/sesuai.

L2

Isian Singkat

21

 

TEMA 4

 

3.8. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam dilingkungannya

3.8.1. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya

 

Sumber Daya Alam

Disajikan gambar peserta didik dapat menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya

 

L1

 

 

 

PG

 

 

13

 

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan tabel peserta didik dapat menentukan pentingnya upaya keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya

L2

 

PG

 

14

 

 

 

 

 

 

Disajikan gambar peserta didik dapat menentukan pentingnya upaya keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya

L2

 

Isian Singkat

 

22

 

 

 

 

3.8.2. Menjelaskan pentingnya pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

 

Disajikan teks peserta didik dapat menjelaskan pentingnya pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

 

L3

 

Isian Singkat

 

23

 

 

 

 

 

 

Disajikan gambar peserta didik dapat menjelaskan pentingnya pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

L3

 

L3

Isian Singkat

 

Essay

24

 

29

 

TEMA 5

 

3.7.Menerapkansifat-sifat cahaya dan keterkaitan nya dengan indera Penglihatan

3.7.1. Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan

 

 

Sifat-Sifat Cahaya

 

Disajikan tabel peserta didik dapat menetukan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan

 

 

 

L2

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

15

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat menganalisis sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan

L3

 

Isian Singkat

 

25

 

 

 

 

3.7.2. Menganalisis sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan

 

Disajikan gambar peserta didik dapat menganalisis sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan

L3

 

Essay

30

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19

KELAS IV (EMPAT)

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Muatan Pelajaran        :    IPS

Cakupan Tema            :    T1, T2, T3, T4, T5

Jenis Sajian Soal       :    Parsial Mapel

No

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Indikator Soal

Level

Bentuk Soal

Nomor Soal

 

TEMA 1

3.2

Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan dengan karakteristik ruang.

Mengidentifikasi keragaman sosial di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan dengan karakteristik ruang.

Keragaman Sosial

Peserta didik dapat menyebutkan istilah dari sekelompok golongan yang hidup di suatu tempat dan memiliki ciri-ciri budaya yang sama.

L1

PG

1

 

Peserta didik menjabarkan keberagaman suku bangsa  di Indonesia beserta ciri khas yang dimilikinya.

L3

Uraian

26

 

Mengidentifikasi keragaman ekonomi di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan dengan karakteristik ruang.

Keragaman Ekonomi

Peserta didik dapat mengaitkan hubungan antara bentuk negara Indonesia sebagai negara kepulauan dengan keragaman ekonomi.

L2

PG

2

 

Mengidentifikasi keragaman budaya di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan dengan karakteristik ruang.

Keragaman Budaya

Salah satu keragaman budaya adalah makanan tradisional. Peserta didik dapat menjelaskan salah satu makanan tradisional dari Jawa Barat.

L1

PG

3

 

Disajikan gambar makanan tradisional khas Bali, peserta didik dapat mendeskripsikan secara singkat ciri khas makanan tersebut.

L2

Isian Singkat

16

 

Mengidentifikasi keragaman agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan dengan karakteristik ruang.

Keragaman Agama

Peserta didik dapat menjelaskan perayaan hari besar umat Islam.

L1

Isian Singkat

17

 

Disajikan pernyataan tentang perayaan hari besar yang dimulai di hari pertama pada bulan pertama penanggalan Tionghoa, peserta didik dapat menentukan istilah dari perayaan tersebut.

L2

Isian Singkat

18

 

TEMA 2

3.1

Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.

Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.

Sumber Daya Alam

Peserta didik menjabarkan pembagian SDA ( Sumber Daya Alam) berdasarkan sifatnya dilengkapi keterangan dan contoh.

L3

Uraian

27

 

 

 

 

 

Disajikan tabel nama-nama Sumber Daya Alam, peserta didik dapat menentukan 3 SDA yang tidak dapat diperbarui.

L2

PG

4

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menyebutkan bahan tambang bukan logam.

L1

PG

5

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menjelaskan SDA yang dapat diperbarui.

L1

Isian Singkat

19

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menentukan SDA yang dimanfaatkan untuk kesehatan.

L2

Isian Singkat

20

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TEMA 3

3.1

Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.

Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.

Sumber Daya Alam

Peserta didik dapat menjelaskan batas ketinggian permukaan bumi untuk daerah dataran tinggi.

L1

PG

6

 

 

 

 

 

Peserta didik menjabarkan bentang alam di Indonesia

L3

Uraian

28

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menentukan karakteristik daerah dataran rendah.

L2

PG

7

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menyebutkan sumber daya alam hayati.

L1

PG

8

 

 

 

 

 

Disajikan tabel data hasil SDA (Sumber Daya Alam), peserta didik menentukan hasil SDA dari perkebunan.

L2

Isian Singkat

21

 

 

 

 

 

Disajikan tabel data hasil SDA (Sumber Daya Alam), peserta didik menentukan hasil SDA dari peternakan.

L2

PG

9

 

TEMA 4

3.3

3..3.Mengidentifikasikegiatanekonomidanhubungannyadenganberbagaibidangpekerjaan, sertakehidupansosialdanbudaya di lingkungan

sekitar sampai provinsi.

3.3.1. Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan di lingkungan sekitar sampai provinsi.

 

 

Jenis-Jenis Pekerjaan

Disajikan teks peserta didik dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan di lingkungan sekitar sampai provinsi.

 

 

L1

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3.2. Mengidentifikasi kehidupan sosial di lingkungan sekitar sampai provinsi.

 

3.3.2. Mengidentifikasi kehidupan sosial di lingkungan sekitar sampai provinsi.

 

L2

Isian Singkat

22

 

 

 

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat menentukan kehidupan sosial di lingkungan sekitar sampai provinsi.

L2

 

PG

 

11

 

 

 

 

 

Disajikan tabel peserta didik dapat menentukan kehidupan sosial di lingkungan sekitar sampai provinsi.

L2

IsianSingkat

 

23

 

 

 

3.3.3. Mengidentifikasi kehidupan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

 

Disajkan teks peserta didik dapat mengidentifikasi kehidupan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

L3

PG

12

 

 

 

 

 

Disajikan gambar peserta didik dapat mengidentifikasi kehidupan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

L3

Essay

29

 

TEMA 5

 

3.4. Mengidentifikasikerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat,sertapengaruhnya pada kehidupan masyarakat masakini.

3.4.1. Menyebutkan Kerajaan bercorak Hindu

 

 

 

 

 

 

Kerjaan Bercorak Hindu, Budha dan Islam

Disajikan tabel peserta didik dapat menyebutkan kerajaan bercorak Hindu

 

 

 

 

L1

 

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

 

 

3.4.2. Menyeubutkan Kerajaan bercorak Budha

 

Disajikan gambar peserta didik dapat dapat menyebutkan kerajaan bercorak Budha

L1

 

PG

 

14

 

 

 

3.4.5. Mengidentifikasi pengaruh kerajaan bercorak Hindu pada kehidupan masyarakat

 

Disajikan teks peserta didik dapat menentukan pengaruh Kerajaan bercorak Hindu pada kehidupan masyarakat

L2

 

PG

 

15

 

 

 

 

3.4.6. Mengidentifikasi pengaruh kerajaan bercorak Budha pada kehidupan masyarakat

 

Disajikan tabel peserta didik dapat menentukan pengaruh Kerajaan bercorak Hindu pada kehidupan masyarakat

L2

 

Isian Singkat

 

24

 

 

 

 

3.4.7. Mengidentifikasi pengaruh kerajaan bercorak Islam pada kehidupan masyarakat

 

Disajikan beberapa gambar peserta didik dapat mengalisis Raja Kerajaan Islam

 

L3 

 

Isian Singkat

 

25

 

 

 

 

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat menganalisis pengaruh kerjaan Bercorak Islam

L3

 

Essay

30

 

 

 

 

 

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19

KELAS IV (EMPAT)

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Muatan Pelajaran        :  SBdP

Cakupan Tema            : T1 , T2, T3, T4, T5

Jenis Sajian Soal       : Parsial  Mupel

NO.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

(Sajian Parsial

Muatan Pelajaran)

 

TEMA 1

 

3.3       Memahami dasar – dasar gerak tari daerah.

Memahami dasar – dasar gerak tari daerah.

Gerak Tari Daerah.

Peserta didik dapat menjelaskan makna tari Bungong Jeumpa

L1

PG

1

 

 

 

 

 

Disajikan gambar gerak dasar tari Bungong Jeumpa posisi duduk, peserta didik dapat menentukan posisi penari sesuai gambar tersebut.

L2

Isian Singkat

16

 

 

 

 

 

Disajikan gambar tari Bungong Jeumpa pada posisi setengah lingkaran, peserta didik dapat menentukan pola lantai sesuai gambar tersebut.

L2

PG

2

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menentukan istilah dari ungkapan perasaan jiwa manusia yang diungkapkan melalui gerak ritmis yang indah dan diiringi musik.

L2

PG

3

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menentukan fungsi gerak tubuh dalam tari.

L2

Isian Singkat

17

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menjabarkan makna gerakan tari pada salah satu tarian daerah yang diketahui.

L3

Uraian

26

 

TEMA 2

 

3.2       Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.

Memahami tanda tempo.

Tanda Tempo

Peserta didik dapat menjelaskan definisi nada.

L1

PG

4

 

 

 

 

 

Disajikan notasi angka secara acak, peserta didik dapat mengurutkan urutan dari nada  yang tertinggi ke nada terendah.

L2

Isian Singkat

18

 

 

 

 

 

Disajikan data istilah-istilah tanda tempo, peserta didik dapat mengklasifikasikan tanda tempo lambat.

L2

PG

5

 

 

 

Memahami tinggi rendah nada.

Tinggi Rendah Nada

Peserta didik dapat menentukan istilah bernyanyi secara berkelompok.

L2

Isian Singkat

19

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menjabarkan langkah-langkah teknik bernyanyi yang baik.

L3

Uraian

27

 

TEMA 3

 

3.4       Memahami karya seni rupa tempel.

Memahami karya seni rupa tempel.

Karya Seni Rupa Tempel

Peserta didik dapat menjelaskan definisi kolase.

L1

PG

6

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat memberikan penilaian apresiasi terhadap hasil karya orang lain.

L2

PG

7

 

 

 

 

 

Disajikan gambar karya seni rupa tempel, peserta didik dapat menentukan karya kolase.

L2

PG

8

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menentukan bahan yang digunakan dalam pengambilan gambar untuk membuat montase.

L2

PG

9

 

 

 

 

 

Disajikan gambar karya seni rupa tempel, peserta didik dapat menentukan karya montase.

L2

Isian Singkat

20

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menentukan bahan-bahan untuk membuat kolase.

L2

Isian Singkat

21

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat menjabarkan langkah-langkah teknik pembuatan kolase.

L3

Uraian

28

 

TEMA 4

 

3.1. Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi

3.1.1. Menganalisis gambar tiga dimensi

Karya Seni Tiga Dimensi

Disjaikan gambar peserta didik dapat menyebutkan gambar tiga dimensi

L1

L1

L1

PG

Isian Singkat

Uraian

10

22

29

 

 

 

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat menentukan gambar tiga dimensi

L2

Isian Singkat

 

23

 

 

 

3.1.2. Menganalisis bentuk tiga dimensi

 

Disajikan tabel peserta didik dapat menentukan gambar tiga dimensi

L2

PG

Isian Singkat

 

11

24

 

 

 

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat menganalisis bentuk tiga dimensi

L3

PG

12

 

TEMA 5

 

3.2. mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada

3.2.1. Menyebutkan tanda tempo

Tangga Nada

Disajikan not balok peserta didik dapat menyebutkan tanda tempo

L1

 

PG

 

13

 

 

 

 

3.2.2. Menyebutkan tinggi rendah nada

 

 

Disajkan not angkat lagu peserta didik dapat menyebutkan

L1

Uraian

30

 

 

 

3.2.3. Menentukan tanda tempo

 

 

Disajikan not angka lagu pesetta didik dapat menentukan tanda tempo

L2

PG

14

 

 

 

3.2.4. Mengaitkan tinggi rendah nada

 

 

Disajikan lagu dan not angka peserta didik dapat mengaitkan tinggi rendah nada

L2

PG

15

 

 

 

3.2.5. Menganalisis tangga nada

 

 

Disajikan not balok peserta didik dapat menganalisis tangga nada

L3

Isian Singkat

 

25

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19

KELAS IV (EMPAT)

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

MATA PELAJARAN                      : BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

NO.

KOMPETENSI DASAR

LINGKUP MATERI

INDIKATOR SOAL

NOMOR SOAL

JENIS SOAL

TINGKAT KESUKARAN

LEVEL KOGNITIF

1

Mengenal teks pupujian tentang indahnya  kebersamaan

-    Teks Pupujian

 

-    Kecap Rundayan

 

 

-    awalan di-, ka-, jeung ti-.

 

-        Menentukan isi teks pupujian

 

-        Menentukan bagian dari  teks pupujian yang disajikan.

 

-        Menentukan kata-kata yang berawalan  di-, ka-, jeung ti-.

-          1-5

 

-          6

 

 

-          16

-          26

-          Isian

 

-          PG

 

 

-          Isian

-          Uraian

-          Sedang

 

-          Mudah

 

 

-          Mudah

-          Sedang

Pengetahuan dan Pemahaman

2

Melantunkan pupujian tentang Indahnya kebersamaan

-    Teks Pupujian

-    Kecap sinonim

 

 

-    Istilah hubungan istilah

 

-          Menyebutkan persamaan kata/sinonim dari teks pupujian yang telah dilantunkan sebelumnya.

 

-          Memberi contoh istilah-istilah dari tema yang sedang dibahas bersama

-          7

 

 

 

-          17

 

 

-          PG

 

 

 

-          Isian

-          Mudah

 

 

 

-          Mudah

Aplikasi

 

3

Memahami teks argumentasi sederhana tentang selalu berhemat Enérgi.

-  Teks argumentasi

-  Penggunaan tanda baca koma

-  Pengunaan kecap rundayan, rarangken tukang-keun, jeung-na.

 

-          Membedakan benda-benda di sekitar yang menggunakan sumber Enérgi.

 

-          Menganalisis gambar yang diperlihatkan oleh guru.

-          Mengidentifikasi isi teks argumentasi dengan teman dalam kelompok.

 

-          Menentukan kecap rundayan berakhiran -keunjeung–na.

-          8

 

 

-          27

 

 

-       9

 

 

 

-       18

-          PG

 

 

-          Urian

 

 

-          PG

 

 

 

-          Isian

 

-          Penalaran

 

 

-          Penalaran

 

 

-          Mudah

 

 

 

-          Mudah

Pengetahuan dan Pemahaman

 

4

Menceritakan isi teks argumentasi sederhana tentang selalu berhemat Enérgi. 

-    Teks argumentasi

-    Wangun kalimah ngantet

-    Daftar istilah sumber energi

 

-          Menyimpulkan kalimat dalam mengungkapkan pendapat tentang berhemat Enérgi dengan menerapkan tanda baca koma.

 

-          Menentukan istilah sumber Enérgi pada teks yang disajikan.

 

-          Membandingkan isi teks argumentasi.

-       10

-       19

 

 

 

-       20

-       28

 

-          11

-          PG

-          Isian

 

 

 

-          Isian

-          Uraian

 

-          PG

-          Penalaran

-          Sedang

 

 

 

-          Sedang

-          Sedang

 

-          Sedang

Penalaran

 

5

Memahami teks percakapan tentang peduli terhadap sesama mahluk hidup

Teks percakapan.

 

Rarangken barung ka-an.

 

Wangun kalimah ngantet lalawanan.

-       Menerapkan teks percakapan

 

-       Menentukan isi teks percakapan tentang perduli terhadap makhluk hidup.

 

-          Menentukan kata rarangken barung ka-an

-          12

 

-        29

-        21

 

 

-          22

-          PG

 

-          Uraian

-          Isian

 

 

-          Isian

-          Sedang

 

-          Sedang

-          Penalaran

 

 

-          Sedang

Pengetahuan

 

6

4.1 Memeragakan percakapan tentang peduli terhadap sesama mahluk hidup dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.

 

- Istilah miara ingon-ingon.

 

-Ragam basa loma.

-

Ragam basa hormat

-          Memberi contoh kalimah ngantet lalawanan.

 

-          Mencari istilah miara ingon-ingon.

-          Menunjukkan ragam basa loma jeung hormat.

-          Memeragakan percakapan dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.         

-          13

 

 

-          23

-          24

 

-          PG

 

 

-          Isian

-          Isian

 

-          Mudah

 

 

-          Mudah

-          Penalaran

 

Pengetahuan dan Pemahaman

 

7

Memahami teks deskripsi sederhana tentang berbagai pekerjaan (gambar berbagai jenis pekerjaan).

-    Teksdeskripsi

-    Kecap rajekan dwi purwa

 

-          Mencari contoh kecap rajekan dwi purwa.

-          14

-          PG

-          Mudah

Penalaran

 

8

Menyusun karangan pendek berdasarkan gambar tentang berbagai jenis pekerjaan dengan menggunakan ejaan yang tepat. 

-   Teks karangan pendek

-   Kalimah wawaran

-   Babasan paribasa

-   istilah-istilah dina profesi

 

-          Menyebutkan fungsi kalimah wawaran.

 

-          Menentukan babasan pada kalimah wawaran.

 

-          Menyebutkan istilah berbagai pekerjaan

-       15

 

 

-       25

 

 

-       30

 

-          PG

 

 

-          Isian

 

 

-          Uraian

-          Mudah

 

 

-          Penalaran

 

 

-          Penalaran

Aplikasi dan Penalaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19

KELAS IV (EMPAT)

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Muatan Pelajaran        : Matematika

Jenis Sajian Soal       : Parsial  Mupel

 

No

Kompetensi Dasar

IPK

Materi Pokok

Indikator Soal

Level

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

2

3

4

5

6

7

8

1

3.1. Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret

1. Menentukan pecahan-pecahan senilai dengan gambar

Pecahan

Disajikan gambar peserta didik dapat menentukan Pengukuran Panjang dan Berat

L2

 

PG

 

1

 

 

2

4.1. Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret

1. Mengidentifikasi pecahan senilai dengan gambar

 

2. Mengidentifikasi pecahan senilai  dengan menggunakan model benda konkrit

Pecahan

Disajikan gambar peserta didik dapat mengidentifikasi pecehan senilai

 

Disajikan teks peserta didik dapat mengidentifikasi pecahan senilai dengan model benda konkrit

L1

 

 

 

L1

PG

 

 

 

Essay

2

 

 

 

21

3

3.2. Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya

1. Menghitung berbagai bentuk pecahan pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya

 

 

 

Pecahan

Disajikan soal peserta didik dapat menghitung berbagai bentuk pecahan (mengubah biasa ke pecahan campuran)

 

 

Disajikan soal peserta didik dapat menghitung berbagai bentuk pecahan (mengubah pecahan campuran ke pecahan desimal)

Disajikan soal peserta didik dapat menghitung berbagai bentuk pecahan (mengubah pecahan biasa ke bentuk persen)

L2

 

 

 

 

 

L2

 

 

 

L2

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

4

4.2. Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal dan persen) dan hubungan diantaranya

Menghitung berbagai bentuk pecahan

Pecahan

Disajikan teks peserta didik dapat menghitung berbagai  bentuk pecahan

 

 

 

5

3.3. Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal

1. Melakukan penaksiran jumlah dua bilangan cacah

 

2. Melakukan penaksiran selisih dua bilangan cacah

 

3. Melakukan penaksiran hasil kali dua bilangan cacah

4. Melakukan penaksiran hasil bagi dua bilangan cacah

 

5. Melakukan penaksiran jumlah dua bilangan pecahan dan desimal

 

6. Melakukan penaksiran selisih dua bilangan pecahan dan desimal

 

7. Melakukan penaksiran hasil kali dua bilangan pecahan dan desimal

 

8. Melakukan penaksiran hasil bagi dua bilangan pecahan dan desimal

Penaksiran Bilangan

Disajikan operasi hitung peserta didik dapat melakukan penaksiran jumlah dua bilangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat melakukan penaksiran hasil kali dua bilangan desimal

L1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

L1

PG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PG

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

6

4.3. Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal

1. Memecahkan masalah penaksiran dari jumlah dua bilangan cacah

 

2. Memecahkan masalah penaksiran dari selisih dua bilangan cacah

 

3. Memecahkan masalah penaksiran dari hasil kali dua bilangan cacah

 

4. Memecahkan masalah penaksiran dari hasil bagi dua bilangan cacah

 

1. Memecahkan masalah penaksiran dari jumlah dua bilangan pecahan dan desimal

 

2. Memecahkan masalah penaksiran dari selisih dua bilangan pecahan dan desimal

 

3. Memecahkan masalah penaksiran dari hasil kali dua bilangan pecahan dan desimal

 

4. Memecahkan masalah penaksiran dari hasil bagi dua bilangan pecahan dan desimal

Penaksiran Pecahan

Disajikan teks peserta didik dapat memecahkan masalah penaksiran dari selisih dua bilangan

 

Disajikan teks peserta didik dapat memecahkan masalah penaksiran dari hasil bagi dua bilangan cacah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat memecahkan penaksiran selisih dua bilangan desimal

L3

 

 

 

L3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

L3

 

 

PG

 

 

 

Isian Singkat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Isian Singkat

 

 

8

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

 

 

7

3.4. Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan

1. Menentukan faktor bilangan

 

Faktor Bilangan

Disajikan dua bilangan peserta didik dapat menentukan faktor bilangan tersebut

L1

 

 

PG

 

 

9

 

 

8

4.4. Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan

1. Menentukan faktor suatu bilangan

 

 

2. Menentuka kelipatan suatu bilangan

Faktor Bilangan

Disajikan dua bilangan peserta didik dapat menentukan faktor suatu bilangan

 

Disajikan teks peserta didik dapat menentukan keliapatan suatu bilangan

L1

 

 

 

L1

Isian Singkat

 

 

 

Essay

13

 

 

 

22

9

3.5. Bilangan prima

1. Menentukan bilangan prima

 

Bilangan Prima

Disajikan bilangan peserta dapat menentukan bilangan prima antara 30 sampai 40

L2

 

 

Isian Singkat

 

 

14

 

 

10

4.5. Mengidentifikasi bilangan prima

Mengidentifikasi bilangan prima

Bilangan Prima

Disajikan tabel bilangan peserta didik dapat mengidentifikasi bilangan prima

L2

Isian Singkat

 

15

11

3.6. Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

1. Menghitung FPB dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

 

2. Menghitung KPK dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

FPB dan KPK

Disajikan dua bilangan peserta didik dapat menghitung FPB dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

 

Disajikan dua bilangan peserta didik dapat menghitung KPK dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

L1

 

 

 

 

 

L1

 

 

Isian Singkat

 

 

 

 

 

PG

 

 

16

 

 

 

 

 

10

 

 

12

4.6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

1. Memecahkan masalah FPB dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

 

2. Memecahkan masalah  KPK dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

FPB dan KPK

Disajikan teks peserta didik dapat memecahkan masalah FPB dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

 

Disajikan teks peserta didik dapat memecahkan masalah KPK dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

L3

 

 

 

 

L3

 

L3

 

Essay

 

 

 

 

Isian Singkat

 

Essay

23

 

 

 

 

17

 

24

13

3.7. Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat

1. Menentukan pembulatan hasil pengukuran panjang ke satuan terdekat

 

2. Menentukan pembulatan hasil pengukuran berat ke satuan terdekat

Pengukuran Panjang dan Berat

Disajikan teks peserta didik dapat menentukan pembulatan pengukuran panjang ke satuan terdekat

 

Disajikan gambar peserta didik dapat menentukan pembulatan pengukuran ke satuan terdekat

L2

 

 

 

 

L2

 

 

Isian Singkat

 

 

 

 

Isian singkat

 

 

18

 

 

 

 

19

 

 

 

14

4.7. Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat

1. Memecahkan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang ke satuan terdekat

 

2. Memecahkan masalah pembulatan hasil pengukuran berat ke satuan terdekat

Pengukuran Panjang dan Berat

Disajikan teks peserta didik dapat memecahkan hasil pembulatan pengukuran panjang ke satuan terdeat

 

Disajikan teks peserta didik dapat memecahkan masalah pembulatan hasil pengukuran berat ke satuan terdekat

L3

 

 

 

 

L3

Isian Singkat

 

 

 

 

Essay

20

 

 

 

 

25

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment