KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I
EDISI COVID-19
KELAS IV (EMPAT)
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan
Pelajaran : PKn
Cakupan
Tema : T1 , T2, T3, T4, T5
Jenis
Sajian Soal : Parsial
Mupel
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
MATERI POKOK |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
BENTUK SOAL |
NOMOR SOAL (Sajian
Parsial Muatan
Pelajaran) |
|
TEMA 1 |
||||||||
|
3.4
Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. |
Mengidentifikasi
berbagai bentuk keragaman suku bangsa di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan. |
Keragaman
Suku Bangsa |
Disajikan
gambar rumah adat Minangkabau, peserta didik dapat menyebutkan nama rumah
adat tersebut. |
L1 |
PG |
1 |
|
|
|
|
|
Disajikan
3 gambar alat musik tradisional, peserta didik dapat memilih alat tradisional
yang berasal dari Jawa Barat. |
L2 |
PG |
2 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menjabarkan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. |
L3 |
Uraian |
26 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat mengaitkan pengaruh letak geografis Indonesia dengan keberagaman
suku bangsa di Indonesia |
L3 |
Isian Singkat |
16 |
|
|
|
Mengidentifikasi
berbagai bentuk keragaman sosial di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan. |
Keragaman
Sosial |
Peserta
didik dapat menentukan salah satu contoh bentuk kerjasama di lingkungan
masyarakat. |
L2 |
PG |
3 |
|
|
|
Mengidentifikasi
berbagai bentuk keragaman budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan. |
Keragaman
Budaya |
Disajikan
tabel nama tarian dan nama asal daerahnya secara acak, peserta didik dapat
mencocokkan nama tarian dengan asal daerahnya yang sesuai. |
L2 |
Isian Singkat |
17 |
|
TEMA 2 |
||||||||
|
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan
hak sebagai warga masyarakat dalam kehidup sehari-hari. |
Mengidentifikasi
pelaksanaan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
Kewajiban
Warga Masyarakat |
Disajikan
4 contoh kewajiban dalam memanfaatkan air, peserta didik dapat menyebutkan 3
contoh yang tepatnya. |
L1 |
PG |
4 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menjabarkan pentingnya melaksanakan kewajiban dan hak secara
seimbang. |
L3 |
Uraian |
27 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan contoh kewajiban dalam penggunaan bahan bakar. |
L2 |
PG |
5 |
|
|
|
|
|
Disajikan
poster tentang menghemat energi, peserta didik dapat mengartikan maksud
poster tersebut. |
L2 |
PG |
6 |
|
|
|
Mengidentifikasi
pelaksanaan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
Hak
Warga Masyarakat |
Peserta
didik dapat menentukan bentuk hak warga masyarakat. |
L2 |
Isian Singkat |
18 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menjabarkan secara singkat alasan hak warga masyarakat perlu
dibatasi. |
L3 |
Isian Singkat |
19 |
|
TEMA 3 |
||||||||
|
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan
hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
Mengidentifikasi
pelaksanaan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
Kewajiban
Warga Masyarakat |
Disajikan
4 contoh kewajiban dalam memanfaatkan tumbuhan, peserta didik dapat
menyebutkan 3 contoh yang tepatnya. |
L1 |
PG |
7 |
|
|
|
|
|
Disajikan
ilustrasi dampak melalaikan kewajiban dalam memanfaatkan hutan dengan baik,
peserta didik dapat memilih contoh sikap yang seharusnya dilakukan. |
L2 |
PG |
8 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menjabarkan perilaku yang baik dalam memperlakukan tumbuhan dan
hewan di lingkungan sekitar. |
L3 |
Uraian |
28 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat mengaitkan pengaruh melalaikan kewajiban dalam menjaga
kelangsungan hidup hewan langka. |
L3 |
Isian Singkat |
20 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan contoh kewajiban dalam memanfaatkan dengan tepat dan
baik hewan peliharaan. |
L2 |
PG |
9 |
|
|
|
Mengidentifikasi
pelaksanaan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
Hak
Warga Masyarakat |
Kita
memiliki hak menikmati udara sejuk dan hasil tanaman berupa buah-buahan,
peserta didik dapat menjabarkan secara singkat langkah untuk mendapatkan hak
tersebut. |
L3 |
Isian Singkat |
21 |
|
TEMA 4 |
||||||||
|
3.1.
Memahami makna hubungan simbol dengan
sila-silaPancasila |
3.1.1.
Menganalisis makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila |
Pancasila |
Disajikan
gambar sila-sila Pancasila peserta didik dapat menyebutkan makna hubungan
simbol dengan sila-sila Panacasila |
L1 L1 L1 |
PG Isian Singkat Essay |
10 22 29 |
|
|
|
|
|
Disajikan
teks peserta didik dapat menetukan makna hubungan simbol dengan sila-sila
Pancasila |
L2 |
Isian Singkat |
23 |
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat menetukan makna hubungan simbol dengan sila-sila
Pancasila |
L2 |
PG |
11 |
|
|
|
|
|
Disajikan
teks peserta didik dapat menganalisis makna hubungan simbol dengan sila-sila
Pancasila |
L3 |
PG IsianSingkat |
12 24 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TEMA 5 |
||||||||
|
3.1.
Memahami makna hubungan simbol dengan
sila-silaPancasila |
3.1.1.
Menganalisis makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila |
Pancasila |
Disajikan
gambar sila-sila Pancasila peserta didik dapat menyebutkan makna hubungan
simbol dengan sila-sila Panacasila |
L1 |
Essay |
30 |
|
|
|
|
|
Disajikan
teks peserta didik dapat menetukan makna hubungan simbol dengan sila-sila
Pancasila |
L2 |
PG |
13 |
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat menetukan makna hubungan simbol dengan sila-sila
Pancasila |
L2 |
PG |
14 |
|
|
|
|
|
Disajikan
teks peserta didik dapat menganalisis makna hubungan simbol dengan sila-sila
Pancasila |
L3 |
PG Isian sIngkat |
15 25 |
|
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I
EDISI COVID-19
KELAS IV (EMPAT)
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Cakupan
Tema : T1 , T2, T3, T4, T5
Jenis
Sajian Soal : Parsial Mupel
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
MATERI POKOK |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL
KOGNITIF |
BENTUK SOAL |
NOMOR SOAL (Sajian
Parsial Muatan
Pelajaran) |
|
TEMA 1 |
||||||||
|
3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan
pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual |
Mencermati
gagasan pokok yang diperoleh dari teks tulis |
Teks
Tulis |
Disajikan
bacaan “ Keberagaman Budaya Bangsaku”, peserta didik dapat menjawab pertanyaan
sesuai bacaan tersebut. |
L1 |
Isian Bacaan |
1-5 |
|
|
|
Mencermati
gagasan pokok yang diperoleh dari teks tulis |
Gagasan
Pokok |
Disajikan
dua paragraf tentang ‘ Suku Sunda”, peserta didik dapat menentukan gagasan
pokok paragraf pertama tersebut. |
L2 |
Isian Singkat |
26 |
|
|
|
Mencermati
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis |
Gagasan
Pendukung |
Berdasarkan
bacaan paragraf pada soal nomor 26, peserta didik dapat menyimpulkan gagasan
pendukung pada paragraf kedua tersebut. |
L3 |
Isian Singkat |
17 |
|
|
|
Mencermati
gagasan pokok yang diperoleh dari teks visual |
Teks
Visual |
Disajikan
gambar tari jaipongan, peserta didik dapat membuat sebuah paragraf
berdasarkan gambar tersebut. |
L3 |
Uraian |
26 |
|
TEMA 2 |
||||||||
|
3.2 Mencermati keterhubungan antara
gagasan yang didapat dari teks lisan, tulis atau visual. |
Mencermati
keterhubungan antara gagasan yang didapat dari teks tulis. |
Teks
Tulis |
Disajikan
bacaan “ Sumber Energi”, peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai
bacaan tersebut. |
L1 |
PG |
6 |
|
|
|
|
|
Disajikan
dua buah paragraf tentang Minyak Bumi, peserta didik dapat membuat peta
pikiran berdasarkan bacaan pada paragraf pertama. |
L3 |
PG Uraian |
7 27 |
|
|
|
|
|
Disajikan
paragraf tentang Manfaat Energi angin,
peserta didik dapat menyimpulkan informasi yang terdapat pada paragraf
tersebut. |
L3 |
Isian Singkat |
18 |
|
|
|
Mencermati
keterhubungan antara gagasan yang didapat dari teks visual. |
Teks
Visual |
Peserta
didik dapat menentukan tujuan membangun cerita berdasarkan foto atau gambar. |
L2 |
PG Isian Singkat |
8 19 |
|
TEMA 3 |
||||||||
|
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh
melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan. |
Menggali
informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan. |
Wawancara |
Disajikan
percakapan wawancara dengan peternak ayam “, peserta didik dapat menjawab
pertanyaan sesuai wawancara tersebut. |
L1 |
PG |
9 |
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar profesi seorang petugas kebun binatang, peserta didik dapat membuat
daftar pertanyaan sesuai dengan ilustrasi gambar tersebut. |
L3 |
Uraian |
28 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menjabarkan tujuan melakukan wawancara |
L3 |
PG Isian Singkat |
14 30 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan 2 ciri pertanyaan wawancara yang baik. |
L2 |
PG Isian Singkat |
11 21 |
|
TEMA 4 |
||||||||
|
3.5.
Mencermati puisi anak dalam bahasa
Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan |
3.5.1.
Menganalisis puisi anak dalam bahasa Indonesia melalui teks tulis |
Puisi
Anak |
Disajikan
teks Puisi Anak peserta didik dapat menganalisis puisi anak dalam bahasa
Indonesia melalui teks tulis |
L1 |
PG |
12 |
|
|
|
3.5.2.
Menganalisis puisi anak dalam bahasa daerah melalui teks tulis |
|
Disajikan
puisi anak peserta didik dapat menentukan judul puisi dalam bahasa Indonesia
melalui teks tulis |
L1 |
PG Isian Singkat |
13 22 |
|
|
|
|
|
Disajikan
puisi anak peserta didik dapat menentukan pesan puisi dalam bahasa Indonesia
melalui teks tulis |
L2 |
Isian Singkat |
23 |
|
|
|
|
|
Disajikan
tema puisi anak peserta didik dalam menyusun puisi dalam bahasa Indonesia
melalui teks tulis |
L2 |
Essay |
29 |
|
TEMA 5 |
||||||||
|
3.7.
Menggali pengetahuan baru yang terdapat
pada teks nonfiksi |
3.7.1.
Menganalisis pengetahuan baru yang terdapat
pada teks nonfiksi |
Membaca
Teks Non Fiksi |
Disajikan
teks non fiksi peserta didik dapat menjawab pertanyaan pada teks dengan kata
tanya “siapa atau apa atau dimana” |
L1 |
PG |
14 |
|
|
|
|
|
Disajikan
teks non fiksi peserta didik dapat menjawab pertanyaan pada teks dengan kata
tanya “bagaimana dan mengapa” |
L2 |
PG |
15 |
|
|
3.8.
Membandingkan hal yang sudah diketahui
dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi |
|
Teks
Non Fiksi |
Disajikan
gambar peserta didik dapat menentukan judul gambar |
L1 |
Isian Singkat |
24 |
|
|
|
|
|
Disajikan
teks peserta didik dapat membandingkan watak pada teks bacaan |
L2 |
Isian Singkat |
25 |
|
|
|
|
|
Disajikan
dua gambar peserta didik dapat mendeskripsikan menjadi teks non fiksi |
L2 |
Essay |
40 |
|
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I
EDISI COVID-19
KELAS IV (EMPAT)
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan
Pelajaran : IPA
Cakupan
Tema : T1 , T2, T3, T4, T5
Jenis
Sajian Soal : Parsial Mupel
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
MATERI POKOK |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
BENTUK SOAL |
NOMOR SOAL (Sajian
Parsial Muatan
Pelajaran) |
|
TEMA 1 |
||||||||
|
3.1 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran |
Menerapkan
sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran |
Sifat-Sifat
Bunyi |
Disajikan
4 pernyataan tentang syarat terjadinya bunyi, peserta didik dengan tepat
dapat menentukan 3 syarat terjadinya bunyi. |
L1 |
PG |
1 |
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar telinga, peserta didik dapat merinci fungsi dari telinga bagian luar,
tengah dan dalam. |
L3 |
Uraian |
26 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menjelaskan gangguan telinga tuli konduksi. |
L2 |
Isian Singkat |
16 |
|
|
|
|
|
Disajikan
3 pernyataan tentang merawat telinga, peserta didik dapat menyebutkan 2 pernyataan yang tepat merawat telinga |
L1 |
PG |
2 |
|
|
|
|
|
Disajikan
3 contoh bukti adanya perambatan melalui zat perantara, peserta didik dapat
menentukan contoh perambatan bunyi melalui benda cair. |
L2 |
PG |
3 |
|
|
|
|
|
Bunyi
mengalami pemantulan, peserta didik dapat menjelaskan gaung (kerdam) |
L2 |
Isian Singkat |
17 |
|
|
|
|
|
Bunyi
dapat diserap oleh benda-benda yang permukaannya lunak. Peserta didik dapat
menentukan benda-benda yang dapat menyerap bunyi. |
L2 |
PG |
4 |
|
TEMA 2 |
||||||||
|
3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber
energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif
(angin,air,matahari,panas bumi,bahan bakar organik, dan nuklir) dalam
kehidupan sehari-hari. |
Mengidentifikasi
berbagai sumber energi (angin,air,matahari,panas bumi,bahan bakar organik,
dan nuklir) dalam kehidupan
sehari-hari. |
Sumber
Energi |
Peserta
didik dapat menyebutkan manfaat cahaya matahari dalam home industri (Industri
Rumahan) |
L1 |
PG |
5 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menjabarkan dampak dari penggunaan energi bahan bakar secara
berlebihan. |
L3 |
Uraian |
27 |
|
|
|
|
|
Disajikan
data tentang pemanfaatan sumber energi, peserta didik menentukan pemanfaatan
sumber energi kegiatan di daerah pantai. |
L2 |
Isian Singkat |
18 |
|
|
|
Mengidentifikasi
perubahan bentuk energi (angin,air,matahari,panas bumi,bahan bakar organik,
dan nuklir) dalam kehidupan
sehari-hari. |
Perubahan
Bentuk Energi |
Peserta
didik dapat menyebutkan negara yang terkenal dengan sebutan kincir angin. |
L1 |
PG |
6 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan contoh perubahan energi dari energi gerak menjadi
energi listrik |
L2 |
PG |
7 |
|
|
|
|
|
Disajikan
beberapa gambar elektronik, peserta didik dapat menentukan benda yang
mengalami perubahan energi listrik menjadi energi gerak. |
L2 |
PG |
8 |
|
|
|
Mengidentifikasi sumber energi alternatif
(angin,air,matahari,panas bumi,bahan bakar organik, dan nuklir) dalam
kehidupan sehari-hari. |
Sumber
Energi Alternatif |
Disajikan
data beberapa sumber energi, peserta didik dapat menentukan 3 sumber energi
alternatif yang tepat dari data yang disajikan. |
L2 |
Isian Singkat |
19 |
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar percobaan kentang sebagai energi alternatif, peserta didik dapat
menyimpulkan percobaan tersebut. |
L2 |
Isian Singkat |
20 |
|
TEMA 3 |
||||||||
|
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk
dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan. |
Menganalisis
hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan. |
Bentuk
dan Fungsi Tubuh Hewan |
Disajikan
tabel data tentang fungsi bagian-bagian hewan, peserta didik dapat
menunjukkan fungsi dari paruh. |
L1 |
PG |
9 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menjabarkan manfaat dari hewan dalam kehidupan sehari-hari
manusia. |
L3 |
Uraian |
28 |
|
|
|
Menganalisis
hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada tumbuhan. |
Bentuk
dan Fungsi Tubuh Tumbuhan |
Disajikan
tabel data tentang fungsi bagian-bagian tumbuhan, peserta didik dapat
menunjukkan fungsi dari batang. |
L1 |
PG |
10 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan letak pada daun sebagai tempat terjadinya
fotosintesis. |
L2 |
PG |
11 |
|
|
3.8 Menjelaskan pentingnya upaya
keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya. |
Menjelaskan
pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di
lingkungannya. |
Upaya
Pelestarian Sumber Daya Alam |
Peserta
didik dapat menentukan contoh dari pelestarian in situ. |
L2 |
PG |
12 |
|
|
|
|
|
Disajikan
data hewan langka beserta asal daerahnya, peserta didik dapat menentukan
hewan langka dan asal daerahnya dengan tepat/sesuai. |
L2 |
Isian Singkat |
21 |
|
TEMA 4 |
||||||||
|
3.8.
Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan
dan pelestarian sumber daya alam dilingkungannya |
3.8.1.
Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya |
Sumber
Daya Alam |
Disajikan
gambar peserta didik dapat menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan sumber
daya alam di lingkungannya |
L1 |
PG |
13 |
|
|
|
|
|
Disajikan
tabel peserta didik dapat menentukan pentingnya upaya keseimbangan sumber
daya alam di lingkungannya |
L2 |
PG |
14 |
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat menentukan pentingnya upaya keseimbangan sumber
daya alam di lingkungannya |
L2 |
Isian Singkat |
22 |
|
|
|
3.8.2.
Menjelaskan pentingnya pelestarian sumber daya alam di lingkungannya |
|
Disajikan
teks peserta didik dapat menjelaskan pentingnya pelestarian sumber daya alam
di lingkungannya |
L3 |
Isian Singkat |
23 |
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat menjelaskan pentingnya pelestarian sumber daya
alam di lingkungannya |
L3 L3 |
Isian Singkat Essay |
24 29 |
|
TEMA 5 |
||||||||
|
3.7.Menerapkansifat-sifat cahaya dan keterkaitan nya dengan
indera Penglihatan |
3.7.1.
Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan |
Sifat-Sifat
Cahaya |
Disajikan
tabel peserta didik dapat menetukan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya
dengan indra penglihatan |
L2 |
PG |
15 |
|
|
|
|
|
Disajikan
teks peserta didik dapat menganalisis sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya
dengan indra penglihatan |
L3 |
Isian Singkat |
25 |
|
|
|
3.7.2.
Menganalisis sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan |
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat menganalisis sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya
dengan indra penglihatan |
L3 |
Essay |
30 |
|
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I
EDISI COVID-19
KELAS IV (EMPAT)
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan
Pelajaran : IPS
Cakupan
Tema : T1, T2, T3, T4, T5
Jenis
Sajian Soal : Parsial Mapel
No |
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
Indikator
Soal |
Level |
Bentuk
Soal |
Nomor
Soal |
|
|
TEMA 1 |
|||||||||
3.2 |
Mengidentifikasi
keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan dengan karakteristik
ruang. |
Mengidentifikasi
keragaman sosial di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia;
serta hubungannya dengan dengan karakteristik ruang. |
Keragaman
Sosial |
Peserta
didik dapat menyebutkan istilah dari sekelompok golongan yang hidup di suatu
tempat dan memiliki ciri-ciri budaya yang sama. |
L1 |
PG |
1 |
|
|
Peserta
didik menjabarkan keberagaman suku bangsa
di Indonesia beserta ciri khas yang dimilikinya. |
L3 |
Uraian |
26 |
|
|||||
Mengidentifikasi
keragaman ekonomi di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia;
serta hubungannya dengan dengan karakteristik ruang. |
Keragaman
Ekonomi |
Peserta
didik dapat mengaitkan hubungan antara bentuk negara Indonesia sebagai negara
kepulauan dengan keragaman ekonomi. |
L2 |
PG |
2 |
|
|||
Mengidentifikasi
keragaman budaya di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia;
serta hubungannya dengan dengan karakteristik ruang. |
Keragaman
Budaya |
Salah
satu keragaman budaya adalah makanan tradisional. Peserta didik dapat
menjelaskan salah satu makanan tradisional dari Jawa Barat. |
L1 |
PG |
3 |
|
|||
Disajikan
gambar makanan tradisional khas Bali, peserta didik dapat mendeskripsikan
secara singkat ciri khas makanan tersebut. |
L2 |
Isian Singkat |
16 |
|
|||||
Mengidentifikasi
keragaman agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia;
serta hubungannya dengan dengan karakteristik ruang. |
Keragaman
Agama |
Peserta
didik dapat menjelaskan perayaan hari besar umat Islam. |
L1 |
Isian Singkat |
17 |
|
|||
Disajikan
pernyataan tentang perayaan hari besar yang dimulai di hari pertama pada
bulan pertama penanggalan Tionghoa, peserta didik dapat menentukan istilah
dari perayaan tersebut. |
L2 |
Isian Singkat |
18 |
|
|||||
TEMA 2 |
|||||||||
3.1 |
Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi. |
Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi. |
Sumber
Daya Alam |
Peserta
didik menjabarkan pembagian SDA ( Sumber Daya Alam) berdasarkan sifatnya
dilengkapi keterangan dan contoh. |
L3 |
Uraian |
27 |
|
|
|
|
|
|
Disajikan
tabel nama-nama Sumber Daya Alam, peserta didik dapat menentukan 3 SDA yang
tidak dapat diperbarui. |
L2 |
PG |
4 |
|
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menyebutkan bahan tambang bukan logam. |
L1 |
PG |
5 |
|
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menjelaskan SDA yang dapat diperbarui. |
L1 |
Isian Singkat |
19 |
|
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan SDA yang dimanfaatkan untuk kesehatan. |
L2 |
Isian Singkat |
20 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TEMA 3 |
|||||||||
3.1 |
Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi. |
Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi. |
Sumber
Daya Alam |
Peserta
didik dapat menjelaskan batas ketinggian permukaan bumi untuk daerah dataran
tinggi. |
L1 |
PG |
6 |
|
|
|
|
|
|
Peserta
didik menjabarkan bentang alam di Indonesia |
L3 |
Uraian |
28 |
|
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan karakteristik daerah dataran rendah. |
L2 |
PG |
7 |
|
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menyebutkan sumber daya alam hayati. |
L1 |
PG |
8 |
|
|
|
|
|
|
Disajikan
tabel data hasil SDA (Sumber Daya Alam), peserta didik menentukan hasil SDA
dari perkebunan. |
L2 |
Isian Singkat |
21 |
|
|
|
|
|
|
Disajikan
tabel data hasil SDA (Sumber Daya Alam), peserta didik menentukan hasil SDA
dari peternakan. |
L2 |
PG |
9 |
|
|
TEMA 4 |
|||||||||
3.3 |
3..3.Mengidentifikasikegiatanekonomidanhubungannyadenganberbagaibidangpekerjaan,
sertakehidupansosialdanbudaya di lingkungan sekitar sampai provinsi. |
3.3.1.
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam hubungannya dengan berbagai bidang
pekerjaan di lingkungan sekitar sampai
provinsi. |
Jenis-Jenis
Pekerjaan |
Disajikan
teks peserta didik dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam hubungannya
dengan berbagai bidang pekerjaan di lingkungan sekitar sampai provinsi. |
L1 |
PG |
10 |
|
|
|
|
3.3.2.
Mengidentifikasi kehidupan sosial di lingkungan sekitar sampai provinsi. |
|
3.3.2.
Mengidentifikasi kehidupan sosial di lingkungan sekitar sampai provinsi. |
L2 |
Isian Singkat |
22 |
|
|
|
|
|
|
Disajikan
teks peserta didik dapat menentukan kehidupan sosial di lingkungan sekitar sampai provinsi. |
L2 |
PG |
11 |
|
|
|
|
|
|
Disajikan tabel peserta didik
dapat menentukan kehidupan sosial di lingkungan sekitar sampai provinsi. |
L2 |
IsianSingkat |
23 |
|
|
|
|
3.3.3.
Mengidentifikasi kehidupan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi. |
|
Disajkan teks peserta didik dapat mengidentifikasi kehidupan
budaya di lingkungan sekitar sampai
provinsi. |
L3 |
PG |
12 |
|
|
|
|
|
|
Disajikan gambar peserta didik dapat mengidentifikasi kehidupan
budaya di lingkungan sekitar sampai
provinsi. |
L3 |
Essay |
29 |
|
|
TEMA 5 |
|||||||||
|
3.4. Mengidentifikasikerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di
lingkungan daerah setempat,sertapengaruhnya pada kehidupan masyarakat masakini. |
3.4.1.
Menyebutkan Kerajaan bercorak Hindu |
Kerjaan
Bercorak Hindu, Budha dan Islam |
Disajikan
tabel peserta didik dapat menyebutkan kerajaan bercorak Hindu |
L1 |
PG |
13 |
|
|
|
|
3.4.2.
Menyeubutkan Kerajaan bercorak Budha |
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat dapat menyebutkan kerajaan bercorak Budha |
L1 |
PG |
14 |
|
|
|
|
3.4.5.
Mengidentifikasi pengaruh kerajaan bercorak Hindu pada kehidupan masyarakat |
|
Disajikan
teks peserta didik dapat menentukan pengaruh Kerajaan bercorak Hindu pada
kehidupan masyarakat |
L2 |
PG |
15 |
|
|
|
|
3.4.6.
Mengidentifikasi pengaruh kerajaan bercorak Budha pada kehidupan masyarakat |
|
Disajikan
tabel peserta didik dapat menentukan pengaruh Kerajaan bercorak Hindu pada
kehidupan masyarakat |
L2 |
Isian Singkat |
24 |
|
|
|
|
3.4.7.
Mengidentifikasi pengaruh kerajaan bercorak Islam pada kehidupan masyarakat |
|
Disajikan
beberapa gambar peserta didik dapat mengalisis Raja Kerajaan Islam |
L3
|
Isian Singkat |
25 |
|
|
|
|
|
|
Disajikan
teks peserta didik dapat menganalisis pengaruh kerjaan Bercorak Islam |
L3 |
Essay |
30 |
|
|
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I
EDISI COVID-19
KELAS IV (EMPAT)
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan
Pelajaran : SBdP
Cakupan
Tema : T1 , T2, T3, T4, T5
Jenis
Sajian Soal : Parsial Mupel
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
MATERI POKOK |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
BENTUK SOAL |
NOMOR SOAL (Sajian
Parsial Muatan
Pelajaran) |
|
TEMA 1 |
||||||||
|
3.3 Memahami dasar – dasar gerak tari
daerah. |
Memahami
dasar – dasar gerak tari daerah. |
Gerak Tari Daerah. |
Peserta
didik dapat menjelaskan makna tari Bungong Jeumpa |
L1 |
PG |
1 |
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar gerak dasar tari Bungong Jeumpa posisi duduk, peserta didik dapat
menentukan posisi penari sesuai gambar tersebut. |
L2 |
Isian Singkat |
16 |
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar tari Bungong Jeumpa pada posisi setengah lingkaran, peserta didik
dapat menentukan pola lantai sesuai gambar tersebut. |
L2 |
PG |
2 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan istilah dari ungkapan perasaan jiwa manusia yang
diungkapkan melalui gerak ritmis yang indah dan diiringi musik. |
L2 |
PG |
3 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan fungsi gerak tubuh dalam tari. |
L2 |
Isian Singkat |
17 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menjabarkan makna gerakan tari pada salah satu tarian daerah yang
diketahui. |
L3 |
Uraian |
26 |
|
TEMA 2 |
||||||||
|
3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah
nada. |
Memahami
tanda tempo. |
Tanda
Tempo |
Peserta
didik dapat menjelaskan definisi nada. |
L1 |
PG |
4 |
|
|
|
|
|
Disajikan
notasi angka secara acak, peserta didik dapat mengurutkan urutan dari
nada yang tertinggi ke nada terendah. |
L2 |
Isian Singkat |
18 |
|
|
|
|
|
Disajikan
data istilah-istilah tanda tempo, peserta didik dapat mengklasifikasikan
tanda tempo lambat. |
L2 |
PG |
5 |
|
|
|
Memahami
tinggi rendah nada. |
Tinggi
Rendah Nada |
Peserta
didik dapat menentukan istilah bernyanyi secara berkelompok. |
L2 |
Isian Singkat |
19 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menjabarkan langkah-langkah teknik bernyanyi yang baik. |
L3 |
Uraian |
27 |
|
TEMA 3 |
||||||||
|
3.4 Memahami karya seni rupa tempel. |
Memahami
karya seni rupa tempel. |
Karya
Seni Rupa Tempel |
Peserta
didik dapat menjelaskan definisi kolase. |
L1 |
PG |
6 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat memberikan penilaian apresiasi terhadap hasil karya orang lain. |
L2 |
PG |
7 |
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar karya seni rupa tempel, peserta didik dapat menentukan karya kolase. |
L2 |
PG |
8 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan bahan yang digunakan dalam pengambilan gambar untuk
membuat montase. |
L2 |
PG |
9 |
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar karya seni rupa tempel, peserta didik dapat menentukan karya montase. |
L2 |
Isian Singkat |
20 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan bahan-bahan untuk membuat kolase. |
L2 |
Isian Singkat |
21 |
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menjabarkan langkah-langkah teknik pembuatan kolase. |
L3 |
Uraian |
28 |
|
TEMA 4 |
||||||||
|
3.1.
Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi |
3.1.1.
Menganalisis gambar tiga dimensi |
Karya
Seni Tiga Dimensi |
Disjaikan
gambar peserta didik dapat menyebutkan gambar tiga dimensi |
L1 L1 L1 |
PG Isian Singkat Uraian |
10 22 29 |
|
|
|
|
|
Disajikan
teks peserta didik dapat menentukan gambar tiga dimensi |
L2 |
Isian Singkat |
23 |
|
|
|
3.1.2.
Menganalisis bentuk tiga dimensi |
|
Disajikan
tabel peserta didik dapat menentukan gambar tiga dimensi |
L2 |
PG Isian Singkat |
11 24 |
|
|
|
|
|
Disajikan
teks peserta didik dapat menganalisis bentuk tiga dimensi |
L3 |
PG |
12 |
|
TEMA 5 |
||||||||
|
3.2.
mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah
nada |
3.2.1.
Menyebutkan tanda tempo |
Tangga
Nada |
Disajikan
not balok peserta didik dapat menyebutkan tanda tempo |
L1 |
PG |
13 |
|
|
|
3.2.2.
Menyebutkan tinggi rendah nada |
|
Disajkan
not angkat lagu peserta didik dapat menyebutkan |
L1 |
Uraian |
30 |
|
|
|
3.2.3.
Menentukan tanda tempo |
|
Disajikan
not angka lagu pesetta didik dapat menentukan tanda tempo |
L2 |
PG |
14 |
|
|
|
3.2.4.
Mengaitkan tinggi rendah nada |
|
Disajikan
lagu dan not angka peserta didik dapat mengaitkan tinggi rendah nada |
L2 |
PG |
15 |
|
|
|
3.2.5.
Menganalisis tangga nada |
|
Disajikan
not balok peserta didik dapat menganalisis tangga nada |
L3 |
Isian Singkat |
25 |
|
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I
EDISI COVID-19
KELAS IV (EMPAT)
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
MATA
PELAJARAN : BAHASA
DAN SASTRA SUNDA
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
LINGKUP MATERI |
INDIKATOR SOAL |
NOMOR SOAL |
JENIS SOAL |
TINGKAT KESUKARAN |
LEVEL KOGNITIF |
1 |
Mengenal
teks pupujian tentang indahnya kebersamaan |
-
Teks
Pupujian -
Kecap
Rundayan -
awalan
di-, ka-, jeung ti-. |
-
Menentukan isi teks pupujian -
Menentukan bagian dari
teks pupujian yang disajikan. -
Menentukan kata-kata yang berawalan di-, ka-, jeung ti-. |
-
1-5 -
6 -
16 -
26 |
-
Isian
-
PG -
Isian -
Uraian |
-
Sedang -
Mudah -
Mudah -
Sedang |
Pengetahuan dan
Pemahaman |
2 |
Melantunkan pupujian tentang Indahnya kebersamaan |
-
Teks
Pupujian -
Kecap
sinonim -
Istilah
hubungan istilah |
-
Menyebutkan persamaan kata/sinonim dari teks pupujian yang
telah dilantunkan sebelumnya. -
Memberi contoh istilah-istilah dari tema yang sedang dibahas
bersama |
-
7 -
17 |
-
PG -
Isian |
-
Mudah -
Mudah |
Aplikasi |
3 |
Memahami teks argumentasi sederhana tentang selalu
berhemat Enérgi. |
- Teks argumentasi - Penggunaan tanda baca koma - Pengunaan kecap rundayan, rarangken tukang-keun,
jeung-na. |
-
Membedakan benda-benda di sekitar yang menggunakan
sumber Enérgi. -
Menganalisis gambar yang diperlihatkan oleh
guru. -
Mengidentifikasi isi teks argumentasi dengan teman
dalam kelompok. -
Menentukan kecap rundayan berakhiran -keunjeung–na. |
-
8 -
27 -
9 -
18 |
-
PG -
Urian -
PG -
Isian |
-
Penalaran -
Penalaran -
Mudah -
Mudah |
Pengetahuan dan Pemahaman |
4 |
Menceritakan isi teks argumentasi sederhana tentang selalu
berhemat Enérgi. |
-
Teks
argumentasi -
Wangun
kalimah ngantet -
Daftar
istilah sumber energi |
-
Menyimpulkan kalimat dalam mengungkapkan pendapat
tentang berhemat Enérgi dengan menerapkan tanda baca koma. -
Menentukan istilah sumber Enérgi pada teks yang
disajikan. -
Membandingkan isi teks argumentasi. |
-
10 -
19 -
20 -
28 -
11 |
-
PG -
Isian -
Isian -
Uraian -
PG |
-
Penalaran -
Sedang -
Sedang -
Sedang -
Sedang |
Penalaran |
5 |
Memahami teks percakapan tentang peduli terhadap sesama
mahluk hidup |
Teks percakapan. Rarangken barung ka-an. Wangun kalimah ngantet lalawanan. |
-
Menerapkan teks percakapan -
Menentukan isi teks percakapan tentang perduli terhadap
makhluk hidup. -
Menentukan kata rarangken barung ka-an |
-
12 -
29 -
21 -
22 |
-
PG -
Uraian -
Isian -
Isian |
-
Sedang -
Sedang -
Penalaran -
Sedang |
Pengetahuan |
6 |
4.1 Memeragakan percakapan tentang peduli terhadap
sesama mahluk hidup dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar. |
- Istilah miara ingon-ingon. -Ragam basa loma. - Ragam basa hormat |
-
Memberi contoh kalimah ngantet lalawanan. -
Mencari istilah miara ingon-ingon. -
Menunjukkan ragam basa loma jeung hormat. -
Memeragakan percakapan dengan lafal, intonasi,
dan ekspresi yang tepat. |
-
13 -
23 -
24 |
-
PG -
Isian -
Isian |
-
Mudah -
Mudah -
Penalaran |
Pengetahuan dan Pemahaman |
7 |
Memahami teks deskripsi sederhana
tentang berbagai pekerjaan (gambar berbagai jenis pekerjaan). |
-
Teksdeskripsi -
Kecap
rajekan dwi purwa |
-
Mencari contoh kecap rajekan dwi purwa. |
-
14 |
-
PG |
-
Mudah |
Penalaran |
8 |
Menyusun karangan
pendek berdasarkan
gambar tentang berbagai jenis pekerjaan dengan menggunakan ejaan yang
tepat. |
-
Teks
karangan pendek -
Kalimah
wawaran -
Babasan
paribasa -
istilah-istilah
dina profesi |
-
Menyebutkan fungsi kalimah wawaran. -
Menentukan babasan pada kalimah wawaran. -
Menyebutkan istilah berbagai pekerjaan |
-
15 -
25 -
30 |
-
PG -
Isian -
Uraian |
-
Mudah -
Penalaran -
Penalaran |
Aplikasi dan Penalaran |
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I
EDISI COVID-19
KELAS IV (EMPAT)
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan
Pelajaran : Matematika
Jenis
Sajian Soal : Parsial Mupel
No |
Kompetensi Dasar |
IPK |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Level |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
1 |
3.1.
Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret |
1.
Menentukan pecahan-pecahan senilai dengan gambar |
Pecahan |
Disajikan
gambar peserta didik dapat menentukan Pengukuran Panjang dan Berat |
L2 |
PG |
1 |
2 |
4.1.
Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret |
1.
Mengidentifikasi pecahan senilai dengan gambar 2.
Mengidentifikasi pecahan senilai
dengan menggunakan model benda konkrit |
Pecahan |
Disajikan
gambar peserta didik dapat mengidentifikasi pecehan senilai Disajikan
teks peserta didik dapat mengidentifikasi pecahan senilai dengan model benda
konkrit |
L1 L1 |
PG Essay |
2 21 |
3 |
3.2.
Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen)
dan hubungan diantaranya |
1.
Menghitung berbagai bentuk pecahan pecahan (biasa, campuran, desimal, dan
persen) dan hubungan diantaranya |
Pecahan |
Disajikan
soal peserta didik dapat menghitung berbagai bentuk pecahan (mengubah biasa
ke pecahan campuran) Disajikan
soal peserta didik dapat menghitung berbagai bentuk pecahan (mengubah pecahan
campuran ke pecahan desimal) Disajikan
soal peserta didik dapat menghitung berbagai bentuk pecahan (mengubah pecahan
biasa ke bentuk persen) |
L2 L2 L2 |
PG PG PG |
3 4 5 |
4 |
4.2.
Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal dan
persen) dan hubungan diantaranya |
Menghitung
berbagai bentuk pecahan |
Pecahan |
Disajikan
teks peserta didik dapat menghitung berbagai
bentuk pecahan |
|
|
|
5 |
3.3.
Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali dan
hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal |
1.
Melakukan penaksiran jumlah dua bilangan cacah 2.
Melakukan penaksiran selisih dua bilangan cacah 3.
Melakukan penaksiran hasil kali dua bilangan cacah 4.
Melakukan penaksiran hasil bagi dua bilangan cacah 5.
Melakukan penaksiran jumlah dua bilangan pecahan dan desimal 6.
Melakukan penaksiran selisih dua bilangan pecahan dan desimal 7.
Melakukan penaksiran hasil kali dua bilangan pecahan dan desimal 8.
Melakukan penaksiran hasil bagi dua bilangan pecahan dan desimal |
Penaksiran
Bilangan |
Disajikan
operasi hitung peserta didik dapat melakukan penaksiran jumlah dua bilangan Disajikan
teks peserta didik dapat melakukan penaksiran hasil kali dua bilangan desimal |
L1 L1 |
PG PG |
6 7 |
6 |
4.3.
Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali dan hasil
bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal |
1.
Memecahkan masalah penaksiran dari jumlah dua bilangan cacah 2.
Memecahkan masalah penaksiran dari selisih dua bilangan cacah 3.
Memecahkan masalah penaksiran dari hasil kali dua bilangan cacah 4.
Memecahkan masalah penaksiran dari hasil bagi dua bilangan cacah 1.
Memecahkan masalah penaksiran dari jumlah dua bilangan pecahan dan desimal 2.
Memecahkan masalah penaksiran dari selisih dua bilangan pecahan dan desimal 3.
Memecahkan masalah penaksiran dari hasil kali dua bilangan pecahan dan
desimal 4.
Memecahkan masalah penaksiran dari hasil bagi dua bilangan pecahan dan
desimal |
Penaksiran
Pecahan |
Disajikan
teks peserta didik dapat memecahkan masalah penaksiran dari selisih dua
bilangan Disajikan
teks peserta didik dapat memecahkan masalah penaksiran dari hasil bagi dua
bilangan cacah Disajikan
teks peserta didik dapat memecahkan penaksiran selisih dua bilangan desimal |
L3 L3 L3 |
PG Isian Singkat Isian Singkat |
8 11 12 |
7 |
3.4.
Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan |
1.
Menentukan faktor bilangan |
Faktor
Bilangan |
Disajikan
dua bilangan peserta didik dapat menentukan faktor bilangan tersebut |
L1 |
PG |
9 |
8 |
4.4.
Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan |
1.
Menentukan faktor suatu bilangan 2.
Menentuka kelipatan suatu bilangan |
Faktor
Bilangan |
Disajikan
dua bilangan peserta didik dapat menentukan faktor suatu bilangan Disajikan
teks peserta didik dapat menentukan keliapatan suatu bilangan |
L1 L1 |
Isian Singkat Essay |
13 22 |
9 |
3.5.
Bilangan prima |
1.
Menentukan bilangan prima |
Bilangan
Prima |
Disajikan
bilangan peserta dapat menentukan bilangan prima antara 30 sampai 40 |
L2 |
Isian Singkat |
14 |
10 |
4.5.
Mengidentifikasi bilangan prima |
Mengidentifikasi
bilangan prima |
Bilangan
Prima |
Disajikan
tabel bilangan peserta didik dapat mengidentifikasi bilangan prima |
L2 |
Isian Singkat |
15 |
11 |
3.6.
Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan
persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari |
1.
Menghitung FPB dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari 2.
Menghitung KPK dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari |
FPB
dan KPK |
Disajikan
dua bilangan peserta didik dapat menghitung FPB dari dua bilangan berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari Disajikan
dua bilangan peserta didik dapat menghitung KPK dari dua bilangan berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari |
L1 L1 |
Isian Singkat PG |
16 10 |
12 |
4.6.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan terbesar (FPB)
dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari |
1.
Memecahkan masalah FPB dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari 2.
Memecahkan masalah KPK dari dua
bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari |
FPB
dan KPK |
Disajikan
teks peserta didik dapat memecahkan masalah FPB dari dua bilangan berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari Disajikan
teks peserta didik dapat memecahkan masalah KPK dari dua bilangan berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari |
L3 L3 L3 |
Essay Isian Singkat Essay |
23 17 24 |
13 |
3.7.
Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke
satuan terdekat |
1.
Menentukan pembulatan hasil pengukuran panjang ke satuan terdekat 2.
Menentukan pembulatan hasil pengukuran berat ke satuan terdekat |
Pengukuran
Panjang dan Berat |
Disajikan
teks peserta didik dapat menentukan pembulatan pengukuran panjang ke
satuan terdekat Disajikan
gambar peserta didik dapat menentukan pembulatan pengukuran ke satuan
terdekat |
L2 L2 |
Isian Singkat Isian singkat |
18 19 |
14 |
4.7.
Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan
terdekat |
1.
Memecahkan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang ke satuan terdekat 2.
Memecahkan masalah pembulatan hasil pengukuran berat ke satuan terdekat |
Pengukuran
Panjang dan Berat |
Disajikan
teks peserta didik dapat memecahkan hasil pembulatan pengukuran panjang ke
satuan terdeat Disajikan
teks peserta didik dapat memecahkan masalah pembulatan hasil pengukuran berat
ke satuan terdekat |
L3 L3 |
Isian Singkat Essay |
20 25 |
No comments:
Post a Comment