Thursday, January 21, 2021

KISI KISI SOAL PAS KELAS 5 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 


KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19

KELAS V (LIMA)

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

Muatan Pelajaran          :  PPKn

Cakupan Tema : T1 , T2, T3, T4, T5

Jenis Sajian Soal         : Parsial  Mupel

NO.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

(Sajian Parsial

Muatan Pelajaran)

 

TEMA 1

1

3.1 Mengidentifikasi nilai Pancasila dalam kehidupan hari-hari.

-          mengidentifikasi sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila

 

Sikap yang sesuai dengan Pancasila

Keberagaman bangsa Indonesia

-          Menyebutkan sikap yang sesuai dengan nilai yang terkandung Pancasila 

-          Menyebutkan asal suku bangsa yang ada di Indonesia

-          Menyebutkan prilaku yang tidak sesuai dengan niai-nilai Pancasila

-          Membedakan prilaku-prilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila

-          Memberi contoh prilaku yang sesuai dengan sila-sila  pancasila

-          Menyebutkan sila pancasila yang bertentangan dengan perilaku yang disajikan gambar

-          Menyebutkan nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila pertama pancasila

 

 

L1

 

 

L1

 

L2

 

 

L2

 

 

L2

 

 

L3

 

 

 

L3

PG

 

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

 

ISIAN SINGKAT

 

ISIAN SINGKAT

 

 

URAIAN

1

 

 

2

 

3

 

 

4

 

 

16

 

 

17

 

 

 

26

 

 

 

TEMA 2

2

3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari

-          melihat wujud tanggung jawab sebagai warga masyarakat

 

-          makna hak, kewajiban, Tanggung jawab warga

-          Menunjukkan  contoh perilaku tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari- hari

-          Menyebutkan contoh perilaku  tidak bertanggung  jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari- hari

-          Menanggapi suatu masalah  yang  disajikan yang berkaitan dengan  hak, kewajiban dan tanggung jawab dalam bermusyawarah

-          Mengklasifikasi  apa saja yang  termasuk  hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai masyarakat

-          Menyebutkan makna  kewajiban

-          Menyebutkan istilah kuorum sebagai salah satu persyaratan musyawarah.

-          Menjelaskan sikap – sikap yang harus ditunjukkan dalam bermusywarah

L1

 

 

 

 

L2

 

 

 

 

 

L2

 

 

 

 

 

L2

 

 

 

L2

 

L3

 

 

L3

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

ISIAN SINGKAT

 

 

ISIAN SINGKAT

ISIAN SINGKAT

 

URAIAN

5

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

18

 

 

 

19

 

20

 

 

27

 

 

 

 

 

 

 

-           

-           

-           

 

 

 

 

TEMA 3

3

3.3 Menelaah keragaman sosial budaya masyarakat

 

-          interaksi manusia dengan lingkungannya dan mendeskripsikan keragaman

-          mengidentifikasikan interaksi manusia dengan lingkungannya

-          Keragaman Sosial Budaya Masyarakat

-          Menyebutkan nama daerah  yang melaksanakan adat upacara kematian Rambu Solo

-          Menentukan sikap yang harus ditunjukkan dalam menghadapi keragaman

-          Memaknai adat istiadat

-          Memaknai Semboyan Bhineka Tunggal Ika

-          Memberi contoh upaya  pembangunan  sosial budaya

-          Menentukan sikap yang harus ditunjukkan  dalam mensikapi

-          Menentukan beberapa sikap yang harus dijauhi  dalam mensikapi keragaman

L1

 

 

 

L2

 

 

L2

L2

 

L2

 

L3

 

 

L3

PG

 

 

 

PG

 

 

PG

ISIAN SINGKAT

ISIAN SINGKAT

ISIAN SINGKAT

 

URAIAN

8

 

 

 

9

 

 

10

21

 

22

 

23

 

 

28

 

 

 

TEMA 4

4

3.2 Memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

 

-          menjelaskan makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat

 

Makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

 

-          Disajikan deskripsi suatu masalah yang ada kaitannya dengan kewajiban sebagai masyarakat , siswa dapat menetukan sikap yang harus diambil dari masalah tersebut

-          Menjelaskan pengertian  hak sebagai warga masyarakat

-          Menjelaskan manfaat gotong royong

-          Menyebutkan bentuk tanggung jawab siswa di sekolah

-          membedakan hak dan kewajiban

-          memberi contoh melaksanakan tanggung  jawabnya terhadap lingkungan

L1

 

 

 

 

 

L2

 

L2

 

L2

 

 

 

L3

 

L3

PG

 

 

 

 

 

PG

 

PG

 

ISIAN SINGKAT

 

ISIAN SINGKAT

URAIAN

11

 

 

 

 

 

12

 

13

 

24

 

 

 

25

 

29

 

 

 

TEMA 5

5

3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup.

 

o   Menjelaskan peristiwa Sumpah Pemuda

 

o   Rasa Persatuan dan kesatuan

o   Keutuhan NKRI

 

-          Menyebutkan  bahwa persatuan dan kesatuan  antar pelaku kegiatan ekonomi diperlukan  untuk pemenuhan kebutuhan manusia

-          Mengidentifikasi manfaat  dari nilai persatuan dan kesatuan pada peristiwa persiapan proklamasi kemerdekaan

-          Menetukan sikap – sikap yang diperlukan untuk turut menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Repubilk Indonesia

L2

 

 

 

 

L3

 

 

 

L3

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

URAIAN

14

 

 

 

 

15

 

 

 

30

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19

KELAS V (LIMA)

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

Muatan Pelajaran          :  Bahasa Indonesia

Cakupan Tema : T1 , T2, T3, T4, T5

Jenis Sajian Soal         : Parsial  Mupel

NO.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

(Sajian Parsial

Muatan Pelajaran)

 

TEMA 1

1

3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.

 

o    menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan

o    mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf

o    menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan

Ide pokok setiap paragraf

 

-          Menguraikan jawaban berdasarkan bacaan

-          Menemukan ide pokok

-          Menyebutkan letak pokok pikiran dalam sebuah paragraf

-          Menentukan ide pokok bacaan

-          Mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraph

-          Menyebutkan fuungsi dari pokok pikiran dalam membuat suatu tulisan

-          Menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas dalam sebuah paragraph

-          Menunlis sebuah paragraph dari sebuah pokok pikiran yang ditentukan

L1

 

L1

L2

 

L2

 

L2

 

L2

 

 

L3

 

 

L3

 

Isian bacaan

 

 isian bacaan

Isian bacaan

 

Isian bacaan

 

Isian bacaan

 

Isian singkat

 

 

Isian singkat

 

 

Uraian

1

 

2

3

 

4

 

5

 

16

 

 

17

 

 

26

 

TEMA 2

2

3.2 Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana

 

-          menyebutkan informasi terkait dengan pertanyaan apa, di mana, kapan, dan siapa

-           

-          Memahami Bacaan

-          Pengguanaan kata tanya  apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana

-          Menguraikan  jawaban berdasarkan bacaan

-          Menentukan kata tanya yang tepat untuk kalimat rumpang

-          Menentukan kalimat tanya dari sebuah pernyataan yang disediakan

-          Menyebutkan salah satu cara menyajikan informasi dari bacaan

-          Menyebutkan  kegunaan salah satu kata tanya yang ditentukan

-          Membagankan informasi dari sebuah paragraf yang disediakan  dengan menggunakan  peta pikiran

L2

 

L2

 

L2

 

 

L2

 

 

L3

 

 

L3

 

PG

 

PG

 

PG

 

 

Isian singkat

 

 

Isian singkat

 

 

Uraian

6

 

7

 

8

 

 

18

 

 

19

 

 

27

 

TEMA 3

3

3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik

 

-          mengidentifikasikan kata kunci pada iklan media cetak

-          mengenal dan menyebutkan unsur-unsur iklan

-          Kata kunci pada iklan

-          Disajikan bahan bacaan siswa dapat menguraikan  jawaban berdasarkan bacaan

-          Disajikan contoh iklan siswa dapat mengidentifikasikan kata kunci pada iklan media cetak

-          Menyebutkan ciri – ciri kata kunci

-          Mengklasifikasi  iklan niaga dan iklan layanan masyarakat

-          Disajikan contoh iklan siswa dapat menjelaskan maksud dari iklan tersebut

-          Siswa dapat menyebut jenis – jenis media iklan cetak

-          Siswa dapat menjelaskan  bahasa yang digunakan  dalam iklan

L1

 

 

L2

 

 

 

L2

 

L2

 

L2

 

 

L3

 

L3

 

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

PG

 

Isian singkat

 

 

Isian singkat

 

Uraian

9

 

 

10

 

 

 

11

 

12

 

20

 

 

21

 

28

 

 

 

-           

-           

-           

 

 

 

 

TEMA 4

4

3.6 Menggali isi dan amanatpantun yang disajikan secara lisan dan tulisdengan tujuan untuk kesenangan

-          Menyebutkan bagian-bagian dan ciri-ciri pantun dengan tepat

-          menunjukkanciri-ciri serta unsur-unsur pantun yang dibuat

-          menjelaskanmakna pantun, bagian-bagian pantun, dan ciri-ciri pantun

 

Pantun

-          Disajikan pantun siswa dapat menyimpulkan pesan yang terkandung pada pantun tersebut

-          Memilih kata yang tepat untuk melengkapi sebuah pantun

-          Disajikan sebuah pantun siswa dapat menunjukkan bagian yang disebut dengan sampiran

-          Menyebutkan   jenis pantun yang berisi hal – hal yang lucu dan menarik

-          Mencipta sebuah pantun nasihat tentang kesehatan

L2

 

 

 

L2

 

 

L2

 

 

 

L3

 

 

L3

 

PG

 

 

 

PG

 

 

Isian singkat

 

 

 

Isian singkat

 

 

Uraian

13

 

 

 

14

 

 

22

 

 

 

23

 

 

29

 

 

 

TEMA 5

5

3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi

o   menemukan pokok pikiran dalam bacaan secara tepat

o   membuat pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan bacaan. secara tepat

Pokok pikiran

-          Siswa mengklasifikasi pernyataan yang benar tentang pikiran utama

-          Menyebutkan langkah – langkah membuat  peta pikiran dari sebuah  teks nonfiksi

-          Disajikan sebuah paragraf  siswa dapat menyimpulkan informasi penting dari paragraf tersebut

-          Disajikan sebuah paragraf siswa dapat  menuliskan informasi penting dengan membuat peta pikiran

L2

 

 

L2

 

 

 

L3

 

 

 

L3

 

PG

 

 

Isian singkat

 

 

 

Isian singkat

 

 

 

Uraian

15

 

 

24

 

 

 

25

 

 

 

30

 

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19

KELAS V (LIMA)

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

Muatan Pelajaran          :  IPA

Cakupan Tema : T1 , T2, T3, T4, T5

Jenis Sajian Soal         : Parsial  Mupel

NO.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

(Sajian Parsial

Muatan Pelajaran)

 

TEMA 1

1

3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.

 

-          Menyebutkan alat gerak hewan dan manusia

-          menyebutkan organ gerak hewan beserta fungsinya

-          mengetahui ciri-ciri hewan vertebrata dan avertebrata

 

 

-          aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan organ manusia.

-          mengetahui macam-macam otot pada manusia.

-          memahami kelainan tulang sebagai salah satu organ gerak manusia

 

Alat gerak hewan dan manusia

-          Menyebutkan kesamaan organ gerak hewan dan manusia.

-          Menyebutkan kerangka hewan.

 

-          Membedakan alat gerak hewan vertebrata dan avertebrata.

 

 

-          Menyebutkan aktivitas yang memanfaatkan kerja organ gerak manusia.

 

 

-          Mengidentifikasi manfaat fungsi otot manusia.

 

-          Menyebutkan perbedaan kelainan tulang sebagai salah satu organ gerak manusia.

L1

 

 

L2

 

 

L1

 

 

 

 

L2

 

 

 

 

L3

 

 

L3

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

 

Isian singkat

 

 

 

 

Isian singkat

 

 

Uraian

1

 

 

2

 

 

3

 

 

 

 

16

 

 

 

 

17

 

 

26

 

TEMA 2

2

3.2. Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia

-          Menemukan informasi tentang organ-organ pernapasan hewan

-          mendeskripsikan organ-organ pernapasan pada manusia

 

 

-          Organ pernapasan manusia

-          Mendeskripsikan organ-organ pernapasan pada manusia

-          Mampu membuat bagan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia

-          Informasi tentang berbagai penyakit yang berhubungan dengan organ pernapasan manusia

-          Menyebutkan  tempat terjadinya pengikatan oksigen pada sistem pernapasan manusia

-          Cara merawat organ pernapasan pada manusia

-          Membedakan pernapasan dada dan pernapasan perut

L1

 

L2

 

 

L1

 

 

 

L2

 

 

 

L2

 

L3

PG

 

PG

 

 

PG

 

 

 

Isian singkat

 

 

 

Isian singkat

 

Uraian

4

 

5

 

 

6

 

 

 

18

 

 

 

19

 

27

 

TEMA 3

3

3.3. Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia

 

-          memukan informasi tentang organ-organ pencernaan hewan

-          menjelaskan organ-organ pencernaan hewan dan fungsinya

-          mendeskripsikan organ-organ pencernaan pada manusia

-          Organ pencernaan hewan

-          menjelaskan organ pencernaan hewan dan fungsinya

-          Menjelaskan  fungsi dari organ  usus besar

-          Menjelaskan dari fungsi organ usus halus

-          Memberi contoh beberapa gangguan (penyakit) pada sistem pencernaan

-          Mengemukakan  cara mengatasi gangguan pada lambung

-          Membedakan sistem pencernaan hewan ruminansia dengan sistem pencernaan manusia

 

L1

 

 

L2

 

L1

 

L2

 

 

L2

 

 

L3

PG

 

 

PG

 

PG

 

Isian singkat

 

 

Isian singkat

 

 

Uraian

7

 

 

8

 

9

 

20

 

 

21

 

 

28

 

TEMA 4

4

3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah

 

-          menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada manusiasecara rinci.

-          menggambar cara kerja organ peredaran darah manusia secara rinci

-          cara kerja peredaran darahpada hewan

Peredaran darah manusia dan hewan

-          menunjukkan gambar organ peredaran darah pada manusia

-          menunjukkan  gambar oragn peredaran darah hewan

-          Mengindentifikasi jenis gangguan pada organ peredaran manusia

-          Berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah pada manusia.

-          Membedakan sistem peredaran darah tertutup dan terbuka pada hewan

-          Mengemukakan cara menjaga kesehatan  organ peredaran  kita

-          Menggambar  kerja jantung manusia

 

L1

 

 

L2

 

L1

 

 

L2

 

 

 

L2

 

 

L3

 

 

L3

PG

 

 

PG

 

PG

 

 

Isian singkat

 

 

 

Isian singkat

 

 

Isian singkat

 

 

Uraian

10

 

 

11

 

12

 

 

22

 

 

 

23

 

 

24

 

 

29

 

TEMA 5

5

3.5. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.

 

-          menggolongkan hewan jenis makanannya

-          membuat tulisan tentang daur hidup hewan, terutama yang mengalami metamorfosis

 

 

Klasifikasi hewan

-          menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya

-          Disajikan beberapa nama hewan , siswa dapat mengidentifikasi hewan  Karnivora

-          siswa mampu membuat gambar rantai makanan pada ekosistem lengkap dengan keterangannya.

-          Disajikan beberapa nama hewan, siswa dapat mengklasifikasi hewan yang termasuk konsumen tingkat I

-          Mengidentifikasi hewan yang mengalami persaingan untuk mendapatkan makanan dalam komunitas yang dicontohkan

L1

 

 

L2

 

 

 

 

L1

 

 

 

L2

 

 

 

L3

PG

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

Isian singkat

 

 

 

Uraian

13

 

 

14

 

 

 

 

15

 

 

 

25

 

 

 

30

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19

KELAS V (LIMA)

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Muatan Pelajaran         :    IPS

Cakupan Tema             :    T1, T2, T3, T4, T5

Jenis Sajian Soal         :    Parsial Mapel

NO.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

(Sajian soal

Tematik Terpadu)

TEMA 1

1

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

 

-          mengidentifikasi kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia

 

-         Kondisi geografis Indonesia

-         Pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap sosial dan budaya di Indonesia

-          Menyebutkan alasan Negara Indonesia disebut Negara maritim

-          Menyebutkan nama gunung yang tertinggi di Indonesia

-          Menyebutkan pembagian fauna di Indonesia

-          Disajikan gambar kenampakkan alam, siswa dapat menyebutkan jenis pekerjaan yang memanfaatkan potensi alam yang tergambar

-          Menyebutkan pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap sarana komunikasi dan  transportasi

-          Menyebutkan dampak negatif dan positif akibat dari letak dan kondisi geografis Indonesia

L1

 

 

L2

 

L2

 

L2

 

 

 

 

L3

 

 

 

L3

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

Isian Singkat

 

 

 

 

Isian Singkat

 

 

 

Uraian

1

 

 

2

 

3

 

16

 

 

 

 

17

 

 

 

26

 

 

 

-           

-          

-           

 

 

 

TEMA 2

2

3.3. Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa

 

-          mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dalam bidang: pertanian, peternakan, perkebunan dan kehutanan, -perikanan, pertambangan dan perindustrian

-          Kegiatan ekonomi masyarakat

-          Mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di sekitarnya

-          Mengidentifikasi jenis-jenis usaha yang dikelola sendiri maupun kelompok

-          Menunjukkan  jenis kegiatan yang termasuk jenis usaha bidang peternakan

-          Mengidentifikasi jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri

-          Disajikan  ilustrasi sebuah pekerjaan siswa dapat menyimpulkan kegiatan ekonomi yang dilakukan

-          Menjelaskan cara menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain

L1

 

 

L2

 

 

L2

 

 

L2

 

L3

 

 

 

L3

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

 

Isian Singkat

 

Isian Singkat

 

 

 

Uraian

4

 

 

5

 

 

6

 

 

18

 

19

 

 

 

27

TEMA 3

3

3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosbud, dan ekonomi masyarakat Indonesia

 

-          mengidentifikasikan interaksi manusia dengan lingkungannya

-          melaporkan interaksi manusia dengan lingkungannya dan mendeskripsikan keragaman

 

-          Interaksi Manusia dengan lingkungan

-          Menyebutkan interaksi manusia dengan lingkungannya, dan mendeskripsikan keragaman

-          Menunjukan interaksi manusia dengan lingkungan alam sekitarnya dan lingkungan sosialnya.

-          mengidentifikasikan aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya

-          menceritakan gambar yang disajikan, siswa menceritakan dan memberikan contoh keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitarnya.

-          Disajikan sebuah deskrifsi interaksi sosial, siswa dapat menyimpulkan bentuk interaksi  yang terjadi pada deskrifsi tersebut

-          Mengemukan alasan mengapa terjadi interksi sosial

 

L1

 

 

 

L1

 

 

 

L2

 

 

 

L2

 

 

 

 

L3

 

 

 

 

L3

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

Isian Singkat

 

 

 

 

Isian Singkat

 

 

 

 

Uraian

7

 

 

 

8

 

 

 

9

 

 

 

20

 

 

 

 

21

 

 

 

 

28

TEMA 4

4

3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

 

-          observasi tentang interaksi manusia dengan lingkungan sekitar

-          mengidentifikasi aktivitas masyarakat sekitar dalam upayapembangunan sosial budaya

Interaksi sosial

-          Disajikan deskripsi peristiwa suatu sekolah memberikan sumbangan kepada korban bencana alam, siswa dapat menentukan  jenis  interaksi sosial yang terjadi pada peristiwa tersebut.

-          aktivitas masyarakan di tempat tinggalnya terkait pembangunan sosial budaya.

-          Mengklasifikasi contoh  jenis   interaksi sosial antar individu dengan individu

-          Disajikan deskripsi contoh  peristiwa interaksi sosial , siswa dapat menyimpulkan bidang interaksi yang dilakukan pada deskripsi tersebut.

-          Menyebutkan  jenis kebutuhan  manusia

-          Jelaskan dan beri contoh jenis – jenis interaksi sosial

L1

 

 

 

 

 

 

L1

 

 

L2

 

 

L2

 

 

 

 

 

L2

 

 

L3

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

Isian Singkat

 

 

 

 

 

Isian Singkat

 

 

Uraian

10

 

 

 

 

 

 

11

 

 

12

 

 

22

 

 

 

 

 

23

 

 

29

TEMA 5

5

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,komunikasi serta transportasi

o   mengenali letak dan luas Indonesia melalui peta

o   mengenali kegunaan komponen-komponen pada peta untuk membuat sebuah peta

 

 

Letak Indonesia

Arah mata angin

-          menyebutkan pulau-pulau, perairan, serta negara-negara yang berbatasan dengan Indonesia

-          menyebutkan gambar peta dengan warna yang berbeda untuk kenampakan kenampakan alam

-          Disajikan gambar pasar terapung, siswa dapat menyebutkan kondisi geografis masyarakat yang melakukan kegiatan ekonomi  tersebut

-          Mengindentifikasi potensi agraris Indonesia

-          Menyebutkan contoh tranportasi yang mendukung potensi maritim Indonesia

-          Menjelaskan pengaruh Letak geografis Indonesia terhadap kehidupan  ekonomi masyarakat

L1

 

 

 

L1

 

 

 

L2

 

 

 

 

 

 

L2

 

L2

 

L3

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

Isian Singkat

 

Isian singkat

 

Uraian

13

 

 

 

14

 

 

 

15

 

 

 

 

 

 

24

 

25

 

30

 

 

 

 

 

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19

KELAS V (LIMA)

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

Muatan Pelajaran          :  SBdP

Cakupan Tema : T1 , T2, T3, T4, T5

Jenis Sajian Soal         : Parsial  Mupel

NO.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

(Sajian Parsial

Muatan Pelajaran)

 

TEMA 1

1

3.1 Memahami gambar cerita

 

o         mengamati gambar , siswa merangkai sebuah cerita

 

Gambar ilustrasi

-          Mnyebutkan jenis gambar yang disajikan pada butir soal

-          Mengamati gambar menentukan jenis gambar yang tersaji

-          Mengidentifikasi salahsatu jenis gambar serta karakternya

-          mengamati gambar, siswa dapat menyusun cerita secara benar

-          menentukan ciri gambar  cover yang ditentukan

-          membuat komik dengan baik percaya diri.

L1

 

L2

 

 

L2

 

L2

 

 

L2

 

L3

PG

 

PG

 

 

PG

 

Isian singkat

 

 

Isian singkat

 

Uraian

1

 

2

 

 

3

 

16

 

 

17

 

26

 

 

 

TEMA 2

2

3.2 Memahami tangga nada

 

Menentukan jenis lagu bertanda mayor dan minor

Lagu tangga nada mayor dan minor

o    Menyebutkan nama alat musik yang bisa digunakan dal mrngiringi lagu

o    Menentukan tangga nada diatonis mayor yang disajikan notasinya

-          menyanyikan lagu bertangga nada mayor dan minor

-          mengidentifikasi notasi dan atau tanda notasi

-          mengenal contoh lagu-lagu yang bernada diatonis minor

-          memahami isi lagu yang tersaji

 

L1

 

 

L2

 

 

 

L2

 

L2

 

L3

 

L3

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

Isian singkat

 

Isian singkat

 

Uraian

4

 

 

5

 

 

 

6

 

18

 

19

 

27

 

TEMA 3

3

3.2 Memahami tangga nada.

 

-          menyanyikan lagu bertangga nada mayor dengan iringan musik.

Menyanyikan lagu dengan tangga nada mayor

-          Melengkapi lagu Mars Hidup Sehat sederhana

-          Disajikan alat musik musik ritmis

-          Menentukan tangga nada diatonis mayor yang disajikan notasinya

-          mengenal contoh lagu-lagu yang bernada diatonis minor

-          mengenal alat music ritmis

 

-          Ditampilkan alat musik sederhana untuk mengiringi lagu bertangga nada mayor dan minor

L1

 

L1

 

L2

 

 

L2

 

L3

 

L3

PG

 

PG

 

PG

 

 

Isian singkat

 

Isian singkat

 

Uraian

7

 

8

 

9

 

 

20

 

21

 

28

 

TEMA 4

4

3.3 Memahami properti tari daerah.

-          mengidentifikasi berbagai properti tari, menyebutkanproperti tari yang digunakan dan karya tari daerah yang menggunakanproperti tari

-          menggabungkangerak tari menggunakan properti dengan iringan 

 

Tarian daerah

-          Menyebutkan karya tari daerah menggunakan properti pola tarian .

-          Menyajikan contoh  karya tari daerah menggunakan properti.

-          Menyiapkan karya tari daerah menggunakan properti.

-          Mengidentifikasi unsur-unsur persiapan peragaan karya tari dengan properti

-          Menjelaskan arti pola lantai

-          Menjelaskan unsur-unsur yang harus dipersiapkan untuk memperagakan suatu karya tari yang telah dipilih

L1

 

 

L1

 

L2

 

 

L2

 

 

L3

 

L3

PG

 

 

PG

 

PG

 

 

Isian singkat

 

 

Isian singkat

 

Uraian

10

 

 

11

 

12

 

 

22

 

 

23

 

29

 

 

 

 

 

 

 

TEMA 5

5

3.2 Memahami tangga nada.

 

-          mengenal perbedaan tangga nada mayor dan minor

Perbedaan nada mayor /minor

-          menyebutkan nama lat music yang bisa digunakan dalam mengiringi lagu

-          menentukan jenis irama mayor maupun minor

-          Menyebutkan lagu nasional yang bertangga nada minor

-          Menyebutkan lagu nasional yang bertangga nada mayor

-          Melengkapi lagu nasional yang bertangga nada mayor

-          Melengkapi lagu nasional yang bertangga nada minor

 

 

L1

 

 

L1

 

L2

 

L2

 

L3

 

L3

PG

 

 

PG

 

PG

 

Isian singkat

 

Isian singkat

 

Uraian

13

 

 

14

 

15

 

24

 

25

 

30

 

 

 

 

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19

KELAS V (LIMA)

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

Muatan Pelajaran          : Matematika

Jenis Sajian Soal         : Parsial  Mupel

 

No

Kompetensi Dasar

IPK

Materi Pokok

Indikator Soal

Level

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

2

3

4

5

6

7

8

1

3.1. Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda

1. Melakukan penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda

 

2. Menghitung penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda

 

3. Melakukan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda

 

 

4. Menghitung pengurangan dua pecahan berbeda penyebut

Operasi Hitung Pecahan

Disajikan opersi hitung peserta didik dapat melakukan penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda

 

Disajikan teks peserta didik dapat menghitung penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda

 

Disajikan operasi hitung peserta didik melakukan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda

 

 

Disajikan gambar peserta didik dapat menghitung pengurangan pecahan berbeda penyebut

 

Disajikan teks peserta didik dapat menghitung pengurangan pecahan berbeda penyebut

L1

 

 

 

 

L2

 

 

 

 

L1

 

 

 

 

 

L2

L2

 

 

 

L2

L2

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

Essay

 

 

 

PG

Isian singkat

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

21

 

 

 

5

11

2

4.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda

1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan  dua pecahan dengan penyebut berbeda

2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda

Operasi Hitung Pecahan

Disajikan teks peserta didik dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan  dua pecahan dengan penyebut berbeda

L3

L3

PG

Isian singkat

6

12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

3.2. Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal

1. Menentukan perkalian pecahan biasa

 

 

 

2. Menentukan perkalian desimal

 

 

 

 

3. Menghitung pembagian pecahan campuran

 

4. Menghitung pembagian percahan persen

 

 

4. Menghitung pembagian desimal

Operasi Hitung Pecahan

Disajikan operasi hitung peserta didik dapat menentukan perkalian pecahan

 

Disajikan operasi hitung peserta didik dapat menentukan perkalian desimal

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat menghitung pembagian desimal

 

Disajikan teks peserta didik dapat menghitung pembagian pecahan persen

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat menghitung pembagian desimal

 

L1

L1

 

 

L1

L1

 

 

 

L2

 

 

 

L2

L2

 

 

 

L2

PG

Essay

 

 

PG

Isian singkat

 

 

 

PG

 

 

 

PG

Isian Singkat

 

 

 

Isian singkat

7

22

 

 

8

13

 

 

 

9

 

 

 

10

14

 

 

 

15

4

4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal

1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perkalian pecahan

 

 

 

2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pembagian desimal

Operasi Hitung Pecahan

Disajikan teks peserta didik dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan perkalian pecahan

L3

 

Isian singkat

16

5

3.3. Menjelaskan perbandingan dua besaran yang bebeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu)

1. Menentukan Kecepatan

 

 

 

 

 

 

2. Menghitung kecepatan

 

 

 

3. Menghitung debit

 

Disajikan operasi hitung peserta didik dapat mengkorversi satuan waktu

 

Disajikan operasi hitung peserta didik dapat mengkonversi satuan panjang

 

Disajikan  teks peserta didik dapat menghitung kecepatan

 

 

Disajikan teks peserta didik dapat menghitung debit

L1

 

 

 

L1

 

 

 

L2

 

 

 

L2

 

Essay

 

 

 

Isian singkat

 

 

 

Isian singkat

Essay

 

 

Isian Singkat

23

 

 

 

17

 

 

 

18

24

 

 

19

 

4.3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit)

1. Memecahkan masalah kecepatan

 

 

2. Memecahkan masalah debit

 

Disajikan teks peserta didik dapat memecahkan masalah kecepatan (berpapasan)

L3

Isian Singkat

20

 

3.4. Menjelaskan skala melalui denah

1. Menentukan skala melalui denah

 

Disajikan peta peserta didik dapat menentukan skala melalui denah

L2

 

 

 

Essay

 

 

 

25

 

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19

KELAS V (LIMA)

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

MATA PELAJARAN               : BAHASA DAN SASTRA SUNDA

KELAS                                                : V (LIMA)

NAMA SATUAN PENDIDIKAN         : SEKOLAH DASAR KABUPATEN TASIKMALAYA

NO.

LEVEL KOGNITIF / KOMPETENSI DASAR

LINGKUP MATERI

INDIKATOR SOAL

NOMOR SOAL

JENIS SOAL

LEVEL KOGNITIF

KET.

1

Pengetahuan dan Pemahaman

3.1 Memahamiteks deskripsi

tentang kaulinan barudak

yang menggunakan bendadi sekitar.

-      Teks deskripsi. Kalimah aktif. Kata benda.

-      Istilah kaulinan.

-          Menentukan tokoh, latar dan unsur lainnya dari teks deskripsi tentang kaulinan barudak.

-          Memakanai kata atau kalimat dari isi teks bacaan.

-          Menentukkan kalimat aktif yang ada pada bacaan.

-          Menunjukkan kecap barang/kata benda yang terdapat pada bacaan.

-          Menunjukkan istilah kaulinan pada bacaan.

-          1

 

 

-          2

 

-          3

 

-          4

 

-          5

-          Isian

 

 

-          Isian

 

-          Isian

 

-          Isian

 

-          Isian

-          L 1

 

 

-          L 1

 

-          L 2

 

-          L 2

 

-          L 2

 

2

Aplikasi

4.1 Memeragakan

kaulinan barudak yang

menggunakan benda di

sekitar.

-          Tata cara memainkan kaulinan barudak.

-          Barang-barang di lingkungansekitar yang bisa dipakai sebagai alat permainan.

-          Kalimat ajakan

-          Mengklasifikasi tata cara kaulinan berdasarkan paragraf yang disajikan.

-          Membandingkan benda-benda yang bisa dipergunakan sebagai alat kaulinan barudak berdasarkan bacaan.

-          Menentukan kalimat yang tepat untuk mengajak teman untuk bermain.

-          Menerapkan istilah kaulinan barudak yang menggunakan benda di sekitar pada kalimat.

 

-          6

 

 

-          7

 

 

 

-          8

 

 

 

-          9

-          PG

 

 

-          PG

 

 

 

-          PG

 

 

 

-          PG

-          L 3

 

 

-          L 3

 

 

 

-          L 3

 

 

 

-          L 3

 

3

Pengetahuan dan Pemahaman

3.2 Memahami teks narasitentang peristiwa dalamkehidupan (peristiwayang menyenangan,menyedihkan, berkesan).

-          Teks Narasi.

-          Kalimah tanya.

-          Kecap kaayaan.

-          Tanda baca

-          Menyebutkan nama peristiwa pada paragraf/ teks narasi tentang peristiwa dalam kehidupan

-          Membuat pertanyaan dan atau jawabanya berdasarkan teks/paragraf bacaan

-          Memaknai kalimat memakai kecap kaayaan yang sesuai

-          Menentukan tanda baca yang tepat pada kalimat

-          10

 

 

-          11

 

 

-          12

 

-          13

-          PG

 

 

-          PG

 

 

-          PG

 

-          PG

-          L 2

 

 

-          L 2

 

 

-          L 1

 

-          L 1

 

4

Penalaran

4.2 Membuat ringkasandari teks narasi tentangperistiwa dalam kehidupan

-          Pokok pikiran tiapparagraf.

-          Membandingkan dua paragraf berdasarkan pokok pikiran tiap paragraf.

-          Menyimpulkan pokok pikiran dari paragraf yang disajikan

-          16

 

 

-          17, 30

-          Isian

 

 

-          Isian, uraian

-          L 4

 

 

-          L 4

 

5

Penalaran

3.3Memahami isi teks guguritan tentang hidup rukun.

-          Teks Pupuh Magatru

-          Menganalisis ciri-ciri teks pupuh Magatru.

-          Memprediksi maksud kalimat mengenai kata yang tidak dimengaeri pada teks pupuh yang etrsaji.

-          Menjawab pertanyaan tentang unsur dan  isi pupuh.

 

-          18

 

-          19, 27

 

 

 

-          20

-          Isian

 

-          Isian,uraian

 

 

 

-          Isian

-          L 4

 

-          L 4

 

 

 

-          L 4

 

6

Pengetahuan dan Pemahaman

4.3 Menembangkan dan menceritakan isi guguritan tantang hidup rukun.

-          Lantunan tembang

-          Pupuh Magatru

-          Menemutunjukan bagian-bagian pendukung  teks pupuh (Pada, Padalisan.

-          Mengartikan maksud kalimat pada padalisan pupuh.

-          Menyebutkan engangdari padalisan pupuh.

 

-          21

 

 

-          14

 

 

-          15

-          Isian

 

 

-          PG

 

 

-          PG

-          L 2

 

 

-          L 2

 

 

-          L1

 

7

Pengetahuan dan Pemahaman

3.4 Memahami isi tekspercakapan tentang sehat

itu penting.

-          Teks percakapan

-          Istilah kasehatan

-          Sinonim dan antonym

-          Tanda kutip

-          Menentukan kata sinonim dari sajian teks percakapan

-          Menentukan antonim dari kaliamat yang tersaji

-          Menyebutkan unsur pendukung percakapan dengan istilah kesehatan yang ditentukan

-          Mencari persamaan dan atau lawan kata yang ada pada teks bacaan

-          Menggunakan tanda kutip pada kalimat langsung

-          22

 

-          23

 

-          24

 

 

-          26

 

 

-          25

-          Isian

 

-          Isian

 

-          isian

 

 

-          Uraian

 

 

-          Isian

-          L 1

 

-          L 2

 

-          L 2

 

 

-          L 1

 

 

-          L 1

 

8

Aplikasi dan Penalaran

4.4 Memeragakan danmenceritakan isi

percakapan tentang

sehat itu penting.

-          Sajian contoh percakapan pada media audio visual

-          Kalimah lansung/tidak langsung

-          Menyimpulkan inti materi percakapan yang disajikan

-          Mengubah kalimat lansung menjadi kalimat tidak langsung

-          28

 

-          29

-          Uraian

 

-          Uraian

-          L 4

 

-          L 3

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment