KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19
KELAS V (LIMA)
TAHUN
PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan Pelajaran : PPKn
Cakupan Tema : T1 , T2, T3, T4, T5
Jenis Sajian Soal : Parsial Mupel
NO. |
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
MATERI
POKOK |
INDIKATOR
SOAL |
LEVEL
KOGNITIF |
BENTUK
SOAL |
NOMOR
SOAL (Sajian Parsial Muatan Pelajaran) |
|
TEMA
1 |
||||||||
1 |
3.1
Mengidentifikasi nilai Pancasila dalam kehidupan hari-hari. |
-
mengidentifikasi
sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila
Pancasila |
Sikap yang
sesuai dengan Pancasila Keberagaman
bangsa Indonesia |
-
Menyebutkan
sikap yang sesuai dengan nilai yang terkandung Pancasila -
Menyebutkan
asal suku bangsa yang ada di Indonesia -
Menyebutkan
prilaku yang tidak sesuai dengan niai-nilai Pancasila -
Membedakan
prilaku-prilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila -
Memberi
contoh prilaku yang sesuai dengan sila-sila
pancasila -
Menyebutkan
sila pancasila yang bertentangan dengan perilaku yang disajikan gambar -
Menyebutkan
nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila pertama pancasila |
L1 L1 L2 L2 L2 L3 L3 |
PG PG PG PG ISIAN
SINGKAT ISIAN
SINGKAT URAIAN
|
1 2 3 4 16 17 26 |
|
TEMA
2 |
||||||||
2 |
3.2 Memahami hak, kewajiban dan
tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari |
-
melihat
wujud tanggung jawab sebagai warga masyarakat |
-
makna
hak, kewajiban, Tanggung jawab warga |
-
Menunjukkan contoh perilaku tanggung jawab sebagai
warga masyarakat dalam kehidupan sehari- hari -
Menyebutkan
contoh perilaku tidak bertanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari- hari -
Menanggapi
suatu masalah yang disajikan yang berkaitan dengan hak, kewajiban dan tanggung jawab dalam
bermusyawarah -
Mengklasifikasi apa saja yang termasuk
hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai masyarakat -
Menyebutkan
makna kewajiban -
Menyebutkan
istilah kuorum sebagai salah satu persyaratan musyawarah. -
Menjelaskan
sikap – sikap yang harus ditunjukkan dalam bermusywarah |
L1 L2 L2 L2 L2 L3 L3 |
PG PG PG ISIAN
SINGKAT ISIAN
SINGKAT ISIAN
SINGKAT URAIAN
|
5 6 7 18 19 20 27 |
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
TEMA
3 |
||||||||
3 |
3.3
Menelaah keragaman sosial budaya masyarakat |
-
interaksi
manusia dengan lingkungannya dan mendeskripsikan keragaman -
mengidentifikasikan
interaksi manusia dengan lingkungannya |
-
Keragaman
Sosial Budaya Masyarakat |
-
Menyebutkan
nama daerah yang melaksanakan adat
upacara kematian Rambu Solo -
Menentukan
sikap yang harus ditunjukkan dalam menghadapi keragaman -
Memaknai
adat istiadat -
Memaknai
Semboyan Bhineka Tunggal Ika -
Memberi
contoh upaya pembangunan sosial budaya -
Menentukan
sikap yang harus ditunjukkan dalam
mensikapi -
Menentukan
beberapa sikap yang harus dijauhi
dalam mensikapi keragaman |
L1 L2 L2 L2 L2 L3 L3 |
PG PG PG ISIAN
SINGKAT ISIAN
SINGKAT ISIAN
SINGKAT URAIAN
|
8 9 10 21 22 23 28 |
|
TEMA
4 |
||||||||
4 |
3.2
Memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari. |
-
menjelaskan
makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat |
Makna
tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
-
Disajikan
deskripsi suatu masalah yang ada kaitannya dengan kewajiban sebagai
masyarakat , siswa dapat menetukan sikap yang harus diambil dari masalah tersebut -
Menjelaskan
pengertian hak sebagai warga
masyarakat -
Menjelaskan
manfaat gotong royong -
Menyebutkan
bentuk tanggung jawab siswa di sekolah -
membedakan
hak dan kewajiban -
memberi
contoh melaksanakan tanggung jawabnya
terhadap lingkungan |
L1 L2 L2 L2 L3 L3 |
PG PG PG ISIAN
SINGKAT ISIAN
SINGKAT URAIAN
|
11 12 13 24 25 29 |
|
TEMA
5 |
||||||||
5 |
3.4
Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup. |
o
Menjelaskan
peristiwa Sumpah Pemuda |
o Rasa Persatuan dan kesatuan o Keutuhan NKRI |
-
Menyebutkan bahwa persatuan dan kesatuan antar pelaku kegiatan ekonomi
diperlukan untuk pemenuhan kebutuhan
manusia -
Mengidentifikasi
manfaat dari nilai persatuan dan
kesatuan pada peristiwa persiapan proklamasi kemerdekaan -
Menetukan
sikap – sikap yang diperlukan untuk turut menjaga keutuhan, persatuan dan
kesatuan Negara Kesatuan Repubilk Indonesia |
L2 L3 L3 |
PG PG URAIAN
|
14 15 30 |
|
KISI-KISI
SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19
KELAS V (LIMA)
TAHUN
PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Cakupan Tema : T1 , T2, T3, T4, T5
Jenis Sajian Soal : Parsial Mupel
NO. |
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
MATERI
POKOK |
INDIKATOR
SOAL |
LEVEL
KOGNITIF |
BENTUK
SOAL |
NOMOR
SOAL (Sajian Parsial Muatan Pelajaran) |
|
TEMA
1 |
||||||||
1 |
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis. |
o
menentukan
ide pokok setiap paragraf dalam bacaan o
mengembangkan
ide pokok menjadi sebuah paragraf o
menyebutkan
pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan |
Ide
pokok setiap paragraf |
-
Menguraikan
jawaban berdasarkan bacaan -
Menemukan
ide pokok -
Menyebutkan
letak pokok pikiran dalam sebuah paragraf -
Menentukan
ide pokok bacaan -
Mengembangkan
ide pokok menjadi sebuah paragraph -
Menyebutkan
fuungsi dari pokok pikiran dalam membuat suatu tulisan -
Menentukan
kalimat utama dan kalimat penjelas dalam sebuah paragraph -
Menunlis
sebuah paragraph dari sebuah pokok pikiran yang ditentukan |
L1 L1 L2 L2 L2 L2 L3 L3 |
Isian
bacaan isian bacaan Isian
bacaan Isian
bacaan Isian
bacaan Isian
singkat Isian
singkat Uraian
|
1 2 3 4 5 16 17 26 |
|
TEMA
2 |
||||||||
2 |
3.2
Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana |
-
menyebutkan
informasi terkait dengan pertanyaan apa, di mana, kapan, dan siapa -
|
-
Memahami
Bacaan -
Pengguanaan
kata tanya apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, dan bagaimana |
-
Menguraikan jawaban berdasarkan bacaan -
Menentukan
kata tanya yang tepat untuk kalimat rumpang -
Menentukan
kalimat tanya dari sebuah pernyataan yang disediakan -
Menyebutkan
salah satu cara menyajikan informasi dari bacaan -
Menyebutkan kegunaan salah satu kata tanya yang
ditentukan -
Membagankan
informasi dari sebuah paragraf yang disediakan dengan menggunakan peta pikiran |
L2 L2 L2 L2 L3 L3 |
PG PG PG Isian
singkat Isian
singkat Uraian
|
6 7 8 18 19 27 |
|
TEMA
3 |
||||||||
3 |
3.4
Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau
elektronik |
-
mengidentifikasikan
kata kunci pada iklan media cetak -
mengenal
dan menyebutkan unsur-unsur iklan |
-
Kata
kunci pada iklan |
-
Disajikan
bahan bacaan siswa dapat menguraikan
jawaban berdasarkan bacaan -
Disajikan
contoh iklan siswa dapat mengidentifikasikan kata kunci pada iklan media
cetak -
Menyebutkan
ciri – ciri kata kunci -
Mengklasifikasi iklan niaga dan iklan layanan masyarakat -
Disajikan
contoh iklan siswa dapat menjelaskan maksud dari iklan tersebut -
Siswa
dapat menyebut jenis – jenis media iklan cetak -
Siswa
dapat menjelaskan bahasa yang
digunakan dalam iklan |
L1 L2 L2 L2 L2 L3 L3 |
PG PG PG PG Isian
singkat Isian
singkat Uraian
|
9 10 11 12 20 21 28 |
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
TEMA
4 |
||||||||
4 |
3.6 Menggali isi dan amanatpantun
yang disajikan secara lisan dan tulisdengan tujuan untuk kesenangan |
-
Menyebutkan
bagian-bagian dan ciri-ciri pantun dengan tepat -
menunjukkanciri-ciri
serta unsur-unsur pantun yang dibuat -
menjelaskanmakna
pantun, bagian-bagian pantun, dan ciri-ciri pantun |
Pantun
|
-
Disajikan
pantun siswa dapat menyimpulkan pesan yang terkandung pada pantun tersebut -
Memilih
kata yang tepat untuk melengkapi sebuah pantun -
Disajikan
sebuah pantun siswa dapat menunjukkan bagian yang disebut dengan sampiran -
Menyebutkan jenis pantun yang berisi hal – hal yang
lucu dan menarik -
Mencipta
sebuah pantun nasihat tentang kesehatan |
L2 L2 L2 L3 L3 |
PG PG Isian
singkat Isian
singkat Uraian
|
13 14 22 23 29 |
|
TEMA
5 |
||||||||
5 |
3.7 Menguraikan konsep-konsep
yang saling berkaitan pada teks nonfiksi |
o menemukan pokok pikiran
dalam bacaan secara tepat o membuat
pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan bacaan. secara tepat |
Pokok
pikiran |
-
Siswa
mengklasifikasi pernyataan yang benar tentang pikiran utama -
Menyebutkan
langkah – langkah membuat peta pikiran
dari sebuah teks nonfiksi -
Disajikan
sebuah paragraf siswa dapat
menyimpulkan informasi penting dari paragraf tersebut -
Disajikan
sebuah paragraf siswa dapat menuliskan
informasi penting dengan membuat peta pikiran |
L2 L2 L3 L3 |
PG Isian
singkat Isian
singkat Uraian
|
15 24 25 30 |
|
KISI-KISI
SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19
KELAS V (LIMA)
TAHUN
PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan Pelajaran :
IPA
Cakupan Tema : T1 , T2, T3, T4, T5
Jenis Sajian Soal : Parsial Mupel
NO. |
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
MATERI
POKOK |
INDIKATOR
SOAL |
LEVEL
KOGNITIF |
BENTUK
SOAL |
NOMOR
SOAL (Sajian Parsial Muatan Pelajaran) |
|
TEMA
1 |
||||||||
1 |
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia. |
-
Menyebutkan
alat gerak hewan dan manusia -
menyebutkan
organ gerak hewan beserta fungsinya -
mengetahui
ciri-ciri hewan vertebrata dan avertebrata -
aktivitas-aktivitas
manusia yang memanfaatkan organ manusia. -
mengetahui
macam-macam otot pada manusia. -
memahami
kelainan tulang sebagai salah satu organ gerak manusia |
Alat
gerak hewan dan manusia |
-
Menyebutkan
kesamaan organ gerak hewan dan manusia. -
Menyebutkan
kerangka hewan. -
Membedakan
alat gerak hewan vertebrata dan avertebrata. -
Menyebutkan
aktivitas yang memanfaatkan kerja organ gerak manusia. -
Mengidentifikasi
manfaat fungsi otot manusia. -
Menyebutkan
perbedaan kelainan tulang sebagai salah satu organ gerak manusia. |
L1 L2 L1 L2 L3 L3 |
PG PG PG Isian
singkat Isian
singkat Uraian
|
1 2 3 16 17 26 |
|
TEMA
2 |
||||||||
2 |
3.2. Menjelaskan organ pernapasan
dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ
pernapasan manusia |
-
Menemukan
informasi tentang organ-organ pernapasan hewan -
mendeskripsikan
organ-organ pernapasan pada manusia |
-
Organ
pernapasan manusia |
-
Mendeskripsikan
organ-organ pernapasan pada manusia -
Mampu
membuat bagan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia -
Informasi
tentang berbagai penyakit yang berhubungan dengan organ pernapasan manusia -
Menyebutkan tempat terjadinya pengikatan oksigen pada
sistem pernapasan manusia -
Cara
merawat organ pernapasan pada manusia -
Membedakan
pernapasan dada dan pernapasan perut |
L1 L2 L1 L2 L2 L3 |
PG PG PG Isian
singkat Isian
singkat Uraian
|
4 5 6 18 19 27 |
|
TEMA
3 |
||||||||
3 |
3.3.
Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan organ pencernaan manusia |
-
memukan
informasi tentang organ-organ pencernaan hewan -
menjelaskan
organ-organ pencernaan hewan dan fungsinya -
mendeskripsikan
organ-organ pencernaan pada manusia |
-
Organ
pencernaan hewan |
-
menjelaskan
organ pencernaan hewan dan fungsinya -
Menjelaskan fungsi dari organ usus besar -
Menjelaskan
dari fungsi organ usus halus -
Memberi
contoh beberapa gangguan (penyakit) pada sistem pencernaan -
Mengemukakan cara mengatasi gangguan pada lambung -
Membedakan
sistem pencernaan hewan ruminansia dengan sistem pencernaan manusia |
L1 L2 L1 L2 L2 L3 |
PG PG PG Isian
singkat Isian
singkat Uraian
|
7 8 9 20 21 28 |
|
TEMA
4 |
||||||||
4 |
3.4
Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta
cara memelihara kesehatan organ peredaran darah |
-
menjelaskan
organ peredaran darah dan fungsinya pada manusiasecara rinci. -
menggambar
cara kerja organ peredaran darah manusia secara rinci -
cara
kerja peredaran darahpada hewan |
Peredaran
darah manusia dan hewan |
-
menunjukkan gambar organ peredaran darah pada
manusia -
menunjukkan
gambar oragn peredaran darah hewan -
Mengindentifikasi jenis gangguan pada organ
peredaran manusia -
Berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ
peredaran darah pada manusia. -
Membedakan
sistem peredaran darah tertutup dan terbuka pada hewan -
Mengemukakan
cara menjaga kesehatan organ
peredaran kita -
Menggambar kerja jantung manusia |
L1 L2 L1 L2 L2 L3 L3 |
PG PG PG Isian
singkat Isian
singkat Isian
singkat Uraian
|
10 11 12 22 23 24 29 |
|
TEMA
5 |
||||||||
5 |
3.5.
Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di
lingkungan sekitar. |
-
menggolongkan
hewan jenis makanannya -
membuat
tulisan tentang daur hidup hewan, terutama yang mengalami metamorfosis |
Klasifikasi
hewan |
-
menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya -
Disajikan
beberapa nama hewan , siswa dapat mengidentifikasi hewan Karnivora -
siswa
mampu membuat gambar rantai makanan pada ekosistem lengkap dengan
keterangannya. -
Disajikan
beberapa nama hewan, siswa dapat mengklasifikasi hewan yang termasuk konsumen
tingkat I -
Mengidentifikasi
hewan yang mengalami persaingan untuk mendapatkan makanan dalam komunitas
yang dicontohkan |
L1 L2 L1 L2 L3 |
PG PG PG Isian
singkat Uraian
|
13 14 15 25 30 |
|
KISI-KISI
SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19
KELAS V (LIMA)
TAHUN
PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan Pelajaran : IPS
Cakupan Tema : T1,
T2, T3, T4, T5
Jenis Sajian Soal : Parsial
Mapel
NO. |
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
MATERI
POKOK |
INDIKATOR
SOAL |
LEVEL
KOGNITIF |
BENTUK
SOAL |
NOMOR
SOAL (Sajian
soal Tematik
Terpadu) |
|||
TEMA 1 |
||||||||||
1 |
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi. |
-
mengidentifikasi
kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia |
-
Kondisi
geografis Indonesia -
Pengaruh
kondisi geografis Indonesia terhadap sosial dan budaya di Indonesia |
-
Menyebutkan
alasan Negara Indonesia disebut Negara maritim -
Menyebutkan
nama gunung yang tertinggi di Indonesia -
Menyebutkan
pembagian fauna di Indonesia -
Disajikan
gambar kenampakkan alam, siswa dapat menyebutkan jenis pekerjaan yang
memanfaatkan potensi alam yang tergambar -
Menyebutkan
pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap sarana komunikasi dan transportasi -
Menyebutkan
dampak negatif dan positif akibat dari letak dan kondisi geografis Indonesia |
L1 L2 L2 L2 L3 L3 |
PG PG PG Isian
Singkat Isian
Singkat Uraian
|
1 2 3 16 17 26 |
|||
|
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|||
TEMA 2 |
||||||||||
2 |
3.3.
Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat
di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa |
-
mengidentifikasi
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dalam bidang:
pertanian, peternakan, perkebunan dan kehutanan, -perikanan, pertambangan dan
perindustrian |
-
Kegiatan
ekonomi masyarakat |
-
Mengidentifikasi
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di sekitarnya -
Mengidentifikasi
jenis-jenis usaha yang dikelola sendiri maupun kelompok -
Menunjukkan jenis kegiatan yang termasuk jenis usaha
bidang peternakan -
Mengidentifikasi
jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri -
Disajikan ilustrasi sebuah pekerjaan siswa dapat
menyimpulkan kegiatan ekonomi yang dilakukan -
Menjelaskan
cara menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain |
L1 L2 L2 L2 L3 L3 |
PG PG PG Isian
Singkat Isian
Singkat Uraian
|
4 5 6 18 19 27 |
|||
TEMA 3 |
||||||||||
3 |
3.2
Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan
pengaruhnya terhadap pembangunan sosbud, dan ekonomi masyarakat Indonesia |
-
mengidentifikasikan
interaksi manusia dengan lingkungannya -
melaporkan
interaksi manusia dengan lingkungannya dan mendeskripsikan keragaman |
-
Interaksi
Manusia dengan lingkungan |
-
Menyebutkan
interaksi manusia dengan lingkungannya, dan mendeskripsikan keragaman -
Menunjukan
interaksi manusia dengan lingkungan alam sekitarnya dan lingkungan sosialnya. -
mengidentifikasikan
aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya -
menceritakan
gambar yang disajikan, siswa menceritakan dan memberikan contoh
keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitarnya. -
Disajikan
sebuah deskrifsi interaksi sosial, siswa dapat menyimpulkan bentuk
interaksi yang terjadi pada deskrifsi
tersebut -
Mengemukan
alasan mengapa terjadi interksi sosial |
L1 L1 L2 L2 L3 L3 |
PG PG PG Isian
Singkat Isian
Singkat Uraian
|
7 8 9 20 21 28 |
|||
TEMA 4 |
||||||||||
4 |
3.2
Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan
pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
Indonesia. |
-
observasi
tentang interaksi manusia dengan lingkungan sekitar -
mengidentifikasi
aktivitas masyarakat sekitar dalam upayapembangunan sosial budaya |
Interaksi
sosial |
-
Disajikan
deskripsi peristiwa suatu sekolah memberikan sumbangan kepada korban bencana
alam, siswa dapat menentukan
jenis interaksi sosial yang
terjadi pada peristiwa tersebut. -
aktivitas
masyarakan di tempat tinggalnya terkait pembangunan sosial budaya. -
Mengklasifikasi
contoh jenis interaksi sosial antar individu dengan
individu -
Disajikan
deskripsi contoh peristiwa interaksi
sosial , siswa dapat menyimpulkan bidang interaksi yang dilakukan pada
deskripsi tersebut. -
Menyebutkan jenis kebutuhan manusia -
Jelaskan
dan beri contoh jenis – jenis interaksi sosial |
L1 L1 L2 L2 L2 L3 |
PG PG PG Isian
Singkat Isian
Singkat Uraian
|
10 11 12 22 23 29 |
|||
TEMA 5 |
||||||||||
5 |
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya,komunikasi serta transportasi |
o mengenali letak dan luas
Indonesia melalui peta o mengenali kegunaan komponen-komponen
pada peta untuk membuat sebuah peta |
Letak
Indonesia Arah
mata angin |
-
menyebutkan
pulau-pulau, perairan, serta negara-negara yang berbatasan dengan Indonesia -
menyebutkan
gambar peta dengan warna yang berbeda untuk kenampakan kenampakan alam -
Disajikan
gambar pasar terapung, siswa dapat menyebutkan kondisi geografis masyarakat
yang melakukan kegiatan ekonomi
tersebut -
Mengindentifikasi
potensi agraris Indonesia -
Menyebutkan
contoh tranportasi yang mendukung potensi maritim Indonesia -
Menjelaskan
pengaruh Letak geografis Indonesia terhadap kehidupan ekonomi masyarakat |
L1 L1 L2 L2 L2 L3 |
PG PG PG Isian
Singkat Isian
singkat Uraian
|
13 14 15 24 25 30 |
|||
KISI-KISI
SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19
KELAS V (LIMA)
TAHUN
PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan Pelajaran :
SBdP
Cakupan Tema : T1 , T2, T3, T4, T5
Jenis Sajian Soal : Parsial Mupel
NO. |
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
MATERI
POKOK |
INDIKATOR
SOAL |
LEVEL
KOGNITIF |
BENTUK
SOAL |
NOMOR
SOAL (Sajian Parsial Muatan Pelajaran) |
|
TEMA
1 |
||||||||
1 |
3.1
Memahami gambar cerita |
o
mengamati
gambar , siswa merangkai sebuah cerita |
Gambar
ilustrasi |
-
Mnyebutkan
jenis gambar yang disajikan pada butir soal -
Mengamati
gambar menentukan jenis gambar yang tersaji -
Mengidentifikasi
salahsatu jenis gambar serta karakternya -
mengamati
gambar, siswa dapat menyusun cerita secara benar -
menentukan
ciri gambar cover yang ditentukan -
membuat
komik dengan baik percaya diri. |
L1 L2 L2 L2 L2 L3 |
PG PG PG Isian
singkat Isian
singkat Uraian |
1 2 3 16 17 26 |
|
TEMA
2 |
||||||||
2 |
3.2
Memahami tangga nada |
Menentukan
jenis lagu bertanda mayor dan minor |
Lagu
tangga nada mayor dan minor |
o
Menyebutkan
nama alat musik yang bisa digunakan dal mrngiringi lagu o
Menentukan
tangga nada diatonis mayor yang disajikan notasinya -
menyanyikan
lagu bertangga nada mayor dan minor -
mengidentifikasi
notasi dan atau tanda notasi -
mengenal
contoh lagu-lagu yang bernada diatonis minor -
memahami
isi lagu yang tersaji |
L1 L2 L2 L2 L3 L3 |
PG PG PG Isian
singkat Isian
singkat Uraian |
4 5 6 18 19 27 |
|
TEMA
3 |
||||||||
3 |
3.2
Memahami tangga nada. |
-
menyanyikan
lagu bertangga nada mayor dengan iringan musik. |
Menyanyikan lagu dengan tangga
nada mayor |
-
Melengkapi
lagu Mars Hidup Sehat sederhana -
Disajikan
alat musik musik ritmis -
Menentukan
tangga nada diatonis mayor yang disajikan notasinya -
mengenal
contoh lagu-lagu yang bernada diatonis minor -
mengenal
alat music ritmis -
Ditampilkan
alat musik sederhana untuk mengiringi lagu bertangga nada mayor dan minor |
L1 L1 L2 L2 L3 L3 |
PG PG PG Isian
singkat Isian
singkat Uraian |
7 8 9 20 21 28 |
|
TEMA
4 |
||||||||
4 |
3.3 Memahami properti tari
daerah. |
-
mengidentifikasi
berbagai properti tari, menyebutkanproperti tari yang digunakan dan karya
tari daerah yang menggunakanproperti tari -
menggabungkangerak
tari menggunakan properti dengan iringan
|
Tarian
daerah |
-
Menyebutkan
karya tari daerah menggunakan properti pola tarian . -
Menyajikan
contoh karya tari daerah menggunakan
properti. -
Menyiapkan
karya tari daerah menggunakan properti. -
Mengidentifikasi
unsur-unsur persiapan peragaan karya tari dengan properti -
Menjelaskan
arti pola lantai -
Menjelaskan
unsur-unsur yang harus dipersiapkan untuk memperagakan suatu karya tari yang
telah dipilih |
L1 L1 L2 L2 L3 L3 |
PG PG PG Isian
singkat Isian
singkat Uraian |
10 11 12 22 23 29 |
|
TEMA
5 |
||||||||
5 |
3.2
Memahami tangga nada. |
-
mengenal
perbedaan tangga nada mayor dan minor |
Perbedaan
nada mayor /minor |
-
menyebutkan
nama lat music yang bisa digunakan dalam mengiringi lagu -
menentukan
jenis irama mayor maupun minor -
Menyebutkan
lagu nasional yang bertangga nada minor -
Menyebutkan
lagu nasional yang bertangga nada mayor -
Melengkapi
lagu nasional yang bertangga nada mayor -
Melengkapi
lagu nasional yang bertangga nada minor |
L1 L1 L2 L2 L3 L3 |
PG PG PG Isian
singkat Isian
singkat Uraian |
13 14 15 24 25 30 |
|
KISI-KISI
SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19 KELAS V (LIMA) TAHUN
PELAJARAN 2020 / 2021 Muatan Pelajaran : Matematika Jenis Sajian Soal : Parsial Mupel |
|||||||
No |
Kompetensi
Dasar |
IPK |
Materi
Pokok |
Indikator
Soal |
Level |
Bentuk
Soal |
Nomor
Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
1 |
3.1. Menjelaskan dan melakukan
penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda |
1. Melakukan penjumlahan dua
pecahan dengan penyebut berbeda 2. Menghitung penjumlahan dua
pecahan dengan penyebut berbeda 3. Melakukan pengurangan dua
pecahan dengan penyebut berbeda 4. Menghitung pengurangan dua
pecahan berbeda penyebut |
Operasi Hitung Pecahan |
Disajikan opersi hitung peserta
didik dapat melakukan penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda Disajikan teks peserta didik
dapat menghitung penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda Disajikan operasi hitung peserta
didik melakukan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda Disajikan gambar peserta didik
dapat menghitung pengurangan pecahan berbeda penyebut Disajikan teks peserta didik
dapat menghitung pengurangan pecahan berbeda penyebut |
L1 L2 L1 L2 L2 L2 L2 |
PG PG PG PG Essay PG Isian singkat |
1 2 3 4 21 5 11 |
2 |
4.1. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
berbeda |
1. Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan penjumlahan dua
pecahan dengan penyebut berbeda 2. Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda |
Operasi Hitung Pecahan |
Disajikan teks peserta didik
dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda |
L3 L3 |
PG Isian singkat |
6 12 |
3 |
3.2. Menjelaskan dan melakukan
perkalian dan pembagian pecahan dan desimal |
1. Menentukan perkalian pecahan
biasa 2. Menentukan perkalian desimal 3. Menghitung pembagian pecahan
campuran 4. Menghitung pembagian percahan
persen 4. Menghitung pembagian desimal |
Operasi Hitung Pecahan |
Disajikan operasi hitung peserta
didik dapat menentukan perkalian pecahan Disajikan operasi hitung peserta
didik dapat menentukan perkalian desimal Disajikan teks peserta didik
dapat menghitung pembagian desimal Disajikan teks peserta didik
dapat menghitung pembagian pecahan persen Disajikan teks peserta didik
dapat menghitung pembagian desimal |
L1 L1 L1 L1 L2 L2 L2 L2 |
PG Essay PG Isian singkat PG PG Isian Singkat Isian singkat |
7 22 8 13 9 10 14 15 |
4 |
4.2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal |
1. Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan perkalian pecahan 2. Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan pembagian desimal |
Operasi Hitung Pecahan |
Disajikan teks peserta didik
dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan perkalian pecahan |
L3 |
Isian singkat |
16 |
5 |
3.3. Menjelaskan perbandingan dua
besaran yang bebeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit
sebagai perbandingan volume dan waktu) |
1. Menentukan Kecepatan 2. Menghitung kecepatan 3. Menghitung debit |
|
Disajikan operasi hitung peserta
didik dapat mengkorversi satuan waktu Disajikan operasi hitung peserta
didik dapat mengkonversi satuan panjang Disajikan teks peserta didik dapat menghitung
kecepatan Disajikan teks peserta didik
dapat menghitung debit |
L1 L1 L2 L2 |
Essay Isian singkat Isian singkat Essay Isian Singkat |
23 17 18 24 19 |
|
4.3. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit) |
1. Memecahkan masalah kecepatan 2. Memecahkan masalah debit |
|
Disajikan teks peserta didik
dapat memecahkan masalah kecepatan (berpapasan) |
L3 |
Isian Singkat |
20 |
|
3.4. Menjelaskan skala melalui denah |
1. Menentukan skala melalui denah |
|
Disajikan peta peserta didik
dapat menentukan skala melalui denah |
L2 |
Essay |
25 |
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I EDISI COVID-19
KELAS
V (LIMA)
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
MATA PELAJARAN : BAHASA DAN SASTRA SUNDA
KELAS : V (LIMA)
NAMA SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH DASAR KABUPATEN TASIKMALAYA
NO. |
LEVEL KOGNITIF / KOMPETENSI DASAR |
LINGKUP MATERI |
INDIKATOR SOAL |
NOMOR SOAL |
JENIS SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
KET. |
1 |
Pengetahuan dan Pemahaman 3.1 Memahamiteks deskripsi tentang kaulinan barudak yang
menggunakan bendadi sekitar. |
-
Teks deskripsi. Kalimah aktif. Kata benda. -
Istilah kaulinan. |
-
Menentukan tokoh, latar dan unsur lainnya dari teks deskripsi
tentang kaulinan barudak. -
Memakanai kata atau kalimat dari isi teks bacaan. -
Menentukkan kalimat aktif yang ada pada bacaan. -
Menunjukkan kecap barang/kata benda yang terdapat pada bacaan. -
Menunjukkan istilah kaulinan pada bacaan. |
-
1 -
2 -
3 -
4 -
5 |
-
Isian -
Isian -
Isian -
Isian -
Isian |
-
L 1 -
L 1 -
L 2 -
L 2 -
L 2 |
|
2 |
Aplikasi 4.1 Memeragakan kaulinan barudak yang menggunakan benda di sekitar. |
-
Tata cara memainkan kaulinan barudak. -
Barang-barang di lingkungansekitar yang bisa dipakai sebagai alat
permainan. -
Kalimat ajakan |
-
Mengklasifikasi tata cara kaulinan berdasarkan paragraf yang
disajikan. -
Membandingkan benda-benda yang bisa dipergunakan sebagai alat
kaulinan barudak berdasarkan bacaan. -
Menentukan kalimat yang tepat untuk mengajak teman untuk bermain. -
Menerapkan istilah kaulinan barudak yang menggunakan benda di
sekitar pada kalimat. |
-
6 -
7 -
8 -
9 |
-
PG -
PG -
PG -
PG |
-
L 3 -
L 3 -
L 3 -
L 3 |
|
3 |
Pengetahuan dan Pemahaman 3.2 Memahami teks narasitentang peristiwa
dalamkehidupan (peristiwayang menyenangan,menyedihkan, berkesan). |
-
Teks Narasi. -
Kalimah tanya. -
Kecap kaayaan. -
Tanda baca |
-
Menyebutkan nama peristiwa pada paragraf/ teks narasi tentang
peristiwa dalam kehidupan -
Membuat pertanyaan dan atau jawabanya berdasarkan teks/paragraf
bacaan -
Memaknai kalimat memakai kecap kaayaan yang sesuai -
Menentukan tanda baca yang tepat pada kalimat |
-
10 -
11 -
12 -
13 |
-
PG -
PG -
PG -
PG |
-
L 2 -
L 2 -
L 1 -
L 1 |
|
4 |
Penalaran 4.2 Membuat ringkasandari teks narasi
tentangperistiwa dalam kehidupan |
-
Pokok pikiran tiapparagraf. |
-
Membandingkan dua paragraf berdasarkan pokok pikiran tiap paragraf. -
Menyimpulkan pokok pikiran dari paragraf yang disajikan |
-
16 -
17, 30 |
-
Isian -
Isian, uraian |
-
L 4 -
L 4 |
|
5 |
Penalaran 3.3Memahami
isi teks guguritan tentang hidup rukun. |
-
Teks Pupuh Magatru |
-
Menganalisis ciri-ciri teks pupuh Magatru. -
Memprediksi maksud kalimat mengenai kata yang tidak dimengaeri pada
teks pupuh yang etrsaji. -
Menjawab pertanyaan tentang unsur dan isi pupuh. |
-
18 -
19, 27 -
20 |
-
Isian -
Isian,uraian -
Isian |
-
L 4 -
L 4 -
L 4 |
|
6 |
Pengetahuan dan Pemahaman 4.3 Menembangkan dan menceritakan isi
guguritan tantang hidup rukun. |
-
Lantunan tembang -
Pupuh Magatru |
-
Menemutunjukan bagian-bagian pendukung teks pupuh (Pada, Padalisan. -
Mengartikan maksud kalimat pada padalisan pupuh. -
Menyebutkan engangdari padalisan pupuh. |
-
21 -
14 -
15 |
-
Isian -
PG -
PG |
-
L 2 -
L 2 -
L1 |
|
7 |
Pengetahuan dan Pemahaman 3.4 Memahami isi tekspercakapan tentang
sehat itu penting. |
-
Teks percakapan -
Istilah kasehatan -
Sinonim dan antonym -
Tanda kutip |
-
Menentukan kata sinonim dari sajian teks percakapan -
Menentukan antonim dari kaliamat yang tersaji -
Menyebutkan unsur pendukung percakapan dengan istilah kesehatan yang
ditentukan -
Mencari persamaan dan atau lawan kata yang ada pada teks bacaan -
Menggunakan tanda kutip pada kalimat langsung |
-
22 -
23 -
24 -
26 -
25 |
-
Isian -
Isian -
isian -
Uraian -
Isian |
-
L 1 -
L 2 -
L 2 -
L 1 -
L 1 |
|
8 |
Aplikasi dan Penalaran 4.4 Memeragakan danmenceritakan isi percakapan tentang sehat itu penting. |
-
Sajian contoh percakapan pada media audio visual -
Kalimah lansung/tidak langsung |
-
Menyimpulkan inti materi percakapan yang disajikan -
Mengubah kalimat lansung menjadi kalimat tidak langsung |
-
28 -
29 |
-
Uraian -
Uraian |
-
L 4 -
L 3 |
|
No comments:
Post a Comment