INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI
BUKU 1 KTSP
KURIKULUM 2013
SD NEGERI
MARGAMULYA
TAHUN PELAJARAN
2020/2021
Oleh :
Hj. DEDE
DEWIYANI, S.Pd.,M.Pd.
NIP.
19601012 197912 2 002
(Pengawas
Sekolah)
DINAS PENDIDIKAN
DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN
TASIKMALAYA
2020
INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI
BUKU 1 KTSP KURIKULUM
2013
Nama Sekolah : SDN Margamulya
Tahun Pelajaran :
2020/2021
Alamat :
Kp. Cipaku Desa Pakemitan Kecamatan Cikatomas
Kabupaten Tasikmalaya
No. |
Aspek |
Deskripsi Aspek/Butir Penilaian |
Keadaan |
Keterangan |
|
Ada |
Tdk |
||||
1. |
Cover/Halaman Judul |
Berisi judul, logo sekolah, tahun pelajaran, nama sekolah, dan alamat
sekolah |
√ |
|
|
2. |
Lembar
Validasi |
Diisi dan
ditandantangani oleh Pengawas Sekolah |
√ |
|
|
3. |
Lembar Pengesahan |
Lembar Pengesahan ditandatangani oleh Kepala Kekolah, Komite Sekolah, dan
kolom tanda tangan Kepala Disdikbud Kab. Tasikmalaya |
√ |
|
|
4. |
Kata Pengantar |
Berisi pernyataan Ketua TPK (Kepala Sekolah) yang menyatakan rasa syukur
kepada Allah SWT., pernyataan alasan singkat penyusunan, dan ucapan terima
kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu |
√ |
|
|
5. |
Daftar Isi |
Memuat daftar judul dan sub judul yang terdapat dalam KTSP dan halaman |
√ |
|
|
6. |
Daftar Tabel |
Memuat daftar judul tabel dan halaman |
√ |
|
|
7. |
Daftar Lampiran |
Memuat daftar judul lampiran dan
halaman |
√ |
|
|
BAB I PENDAHULUAN
No. |
Aspek |
Deskripsi Aspek/Butir Penilaian |
Keadaan |
Keterangan |
|
Ada |
Tdk |
||||
1. |
A. Latar Belakang |
Berisi dasar pemikiran dari
kondisi ideal, kondisi nyata, dan rasionalisasi tentang pengembangan/revisi
KTSP antara lain perubahan kurikulum yang berlaku, hasil analisis konteks,
tuntutan kecakapan abad 21, dan muatan-muatan lain yang sesuai dengan karakteristik
sekolah |
√ |
|
|
2. |
B. Tujuan Penyusunan |
Berisi tujuan pengembangan KTSP |
√ |
|
|
3. |
C. Penyempurnaan Pola Pikir |
Berisi deskripsi penyempurnaan pola pikir |
√ |
|
|
4. |
D. Penguatan Tata Kelola dan Karakteristik Kurikulum |
Berisi deskripsi penguatan tata kelola dan karakteristik kurikulum |
√ |
|
|
5. |
E. Acuan Konseptual |
Berisi deskripsi acuan konseptual pengembangan KTSP |
√ |
|
|
6. |
F. Prinsip Pengembangan KTSP |
Berisi deskripsi prinsip pengembangan KTSP |
√ |
|
|
7. |
G. Prosedur Operasional |
Berisi deskripsi prosedur operasional pengembangan KTSP |
√ |
|
|
BAB II TUJUAN PENDIDIKAN, VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
No. |
Aspek |
Deskripsi Aspek/Butir Penilaian |
Keadaan |
Keterangan |
|
Ada |
Tdk |
||||
1. |
A. Tujuan Pendidikan |
Berisi deskripsi : 1.
Tujuan Pendidikan Nasional 2.
Tujuan Pendidikan Dasar |
√ |
|
|
2. |
B. Visi |
Berisi deskripsi visi yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan
sebagaimana tertuang dalam rencana kerja |
√ |
|
|
3. |
C. Misi |
Berisi deskripsi misi yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan
sebagaimana tertuang dalam rencana kerja sekolah |
√ |
|
|
4. |
D. Tujuan Sekolah |
Berisi deskripsi tujuan yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan
sebagaimana tertuang dalam rencana kerja sekolah |
√ |
|
|
BAB III KERANGKA DASAR, STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
No. |
Aspek |
Deskripsi Aspek/Butir Penilaian |
Keadaan |
Keterangan |
|
Ada |
Tdk |
||||
1. |
A. Kerangka Dasar |
Berisi deskripsi : 1.
Landasan Filosofis 2.
Landasan Sosiologis 3.
Landasan Psikopedagogis 4.
Llandasan Teoritis 5.
Landasan Yuridis |
√ |
|
|
2. |
B. Struktur Kurikulum |
Memuat tentang : 1.
Kompetensi Inti (KI) 2.
Kompetensi Dasar (KD) 3.
Mata Pelajaran 4.
Muatan Pembelajaran |
√ |
|
|
3. |
C. Muatan Kurikulum |
Muatan kurikulum terdiri dari : 1.
Muatan Nasional 2.
Muatan Lokal |
√ |
|
|
4. |
D. Bimbingan Konseling / Psikoedukatif |
Mendeskripsikan layanan Bimbingan Konseling / Psikoedukatif |
√ |
|
|
5. |
E. Kegiatan Ekstrakurikuler |
Memuat kegiatan ekstrakurikuler wajib (Pramuka) dan kegiatan
ekstrakurikuler pilihan |
√ |
|
|
6. |
F. Pengembangan Diri |
Memuat program/kegiatan Pengembangan Diri |
√ |
|
|
7. |
G. Penguatan Pendidikan Karakter |
Memuat deskripsi/program/kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter |
√ |
|
|
8. |
H. Pengembangan Literasi |
Memuat deskripsi pengembangan literasi |
√ |
|
|
9. |
I.
Kecakapan Abad
21 dan HOTS |
Memuat implementasi kecakapan abad 21 dan HOTS |
√ |
|
|
10. |
J. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) |
Memuat proses penetapan dan hasil KKM satuan pendidikan |
√ |
|
|
|
K. Remidial dan Pengayaan |
Memuat deskripsi pengayaan dan remedial |
√ |
|
|
11. |
L. Kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan |
Memuat ketentuan kriteria kenaikan dan kelulusan peserta didik berdasarkan
peruaturan yang berlaku |
√ |
|
|
BAB IV BEBAN BELAJAR
No. |
Aspek |
Deskripsi Aspek/Butir Penilaian |
Keadaan |
Keterangan |
|
Ada |
Tdk |
||||
1. |
A. Sistem Pembelajaran |
Mendeskripsikan sistem yang digunakan dalam pengaturan beban belajar yang
ditetapkan oleh satuan pendidikan serta pelaksanaan pembelajaran di masa
darurat Covid-19 |
√ |
|
|
2. |
B. Beban Belajar Tambahan |
Memuat beban belajar tambahan |
√ |
|
|
BAB V KALENDER PENDIDIKAN
No. |
Aspek |
Deskripsi Aspek/Butir Penilaian |
Keadaan |
Keterangan |
|
Ada |
Tdk |
||||
1. |
A. Permulaan Tahun Pelajaran |
Mendeskripsikan sistem yang digunakan dalam pengaturan beban belajar yang
ditetapkan oleh satuan pendidikan |
√ |
|
|
2. |
B. Pengaturan Waktu Belajar Efektif |
Memuat minggu belajar efektif untuk setiap tahun pelajaran dan waktu
pembelajaran efektif setiap minggu yang meliputi |
√ |
|
|
3. |
C. Pengaturan Waktu Libur |
Memuat pengaturan waktu libur |
√ |
|
|
BAB VI PENUTUP
No. |
Aspek |
Deskripsi Aspek/Butir Penilaian |
Keadaan |
Keterangan |
|
Ada |
Tdk |
||||
1. |
Penutup |
Antara lain mendeskripsikan isi dokumen KTSP serta menyatakan hal-hal
yang belum di dalam pedoman ini akan diatur kemudian melalui pedoman atau
petunjuk teknis |
√ |
|
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
No. |
Aspek |
Deskripsi Aspek/Butir Penilaian |
Keadaan |
Keterangan |
|
Ada |
Tdk |
||||
1. |
SK Tim Pengembang Kurikulum (TPK) |
|
√ |
|
|
2. |
SK Pemberlakuan Kurikulum |
|
√ |
|
|
3. |
Kalender Pendidikan |
|
√ |
|
|
4. |
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar |
|
√ |
|
|
5. |
Peraturan Akademik Sekolah |
|
√ |
|
|
6. |
SK Pembagian Tugas Guru |
|
√ |
|
|
7. |
Jadwal Pelajaran |
|
√ |
|
|
8. |
Dokumen penyusunan KTSP (Penyusunan Awal, Surat Undangan, Berita Acara,
Daftar Hadir, dan Foto Kegiatan) |
|
√ |
|
|
9. |
Hasil/instrumen validasi/verifikasi oleh Pengawas Sekolah |
|
√ |
|
|
Mengetahui Kepala SD Negeri Margamulya JAJANG SURYANA, S.Pd.SD NIP. 19630216 198305 1 004 |
Tasikmalaya, 8 Juli 2020 Verifikator/Pengawas Sekolah Hj. DEDE DEWIYANI,
S.Pd.,M.Pd. NIP. 19601012
197912 2 002 |