Tuesday, August 18, 2020

SOAL ULANGAN HARIAN MATEMATIKA KELAS 4 (MATERI PECAHAN)

 


 

 

  

Pilihlah jawaban a, b, c atau d dengan cara memberi tanda silang pada jawaban yang paling tepat di bawah ini !


1.    Bentuk pecahan yang senilai dengan 3⁄5 adalah....


       a. 6⁄5                              b. 9⁄12

       c. 6⁄10                            d. 12⁄15


2.    Pada pecahan, bilangan yang berada di atas      

       dinamakan....

       a. Pembilang                  b. Pemfaktor

       c. Penyebut                    d. Pembagi

3.    Pecahan 1⁄6  dibaca .....

       a. Satu enam                  b. Enam satu

       c. Seperenam                 d. Enam persatu


4.    Pecahan lima persembilan ditulis ....

       a. 1⁄59                             b. 9⁄5   

       c. 5⁄9                               d. 59⁄1


5.

         

       Bagian yang diberi warna merah tersebut bernilai ....

       a.  5⁄3                              b.  1⁄5  

       c.  3⁄8                               d.  5⁄8


6.    Badu membelah semangka menjadi 9 bagian. Badu

        kemudian memakan tiga bagian semangka.

       Maka nilai semangka yang dimakan Badu jika ditulis

      dalam bentuk pecahan adalah ....

       a.  1⁄3                              b.  9⁄3 

       c.  3⁄9                              d.  2⁄3


7.    2⁄6 , .....  ,  4⁄6  , 5⁄6

       Pecahan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas  

       agar menjadi urutan yang tepat adalah .....

       a.  1⁄6                               b.  2⁄6

       c.  3⁄6                               d.  6⁄6


8.    1⁄4  ......  1⁄9

       Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas   

        adalah .....

        a. >                                  b. <   

        c. =                                  d. +-


9.    9⁄10 ,  4⁄10 ,  5⁄10 ,  1⁄10

       Pecahan-pecahan di atas jika ditulis secara urut dari

       yang terkecil menjadi ....

       a.   1⁄10 ,  4⁄10 ,  5⁄10 ,  9⁄10   

       b.  9⁄10 ,  5⁄10 ,  4⁄10 ,  1⁄10   

       c.  9⁄10 ,  1⁄10 ,  5⁄10 ,  4⁄10

       d.  5⁄10 ,  4⁄10 ,  9⁄10 ,  1⁄10

 

10.  Bentuk paling sederhana dari 75⁄100 adalah ....

       a. 1⁄2                                 b. 1⁄4    

       c. 2⁄3                                 d. 3⁄4


11.  Pecahan di bawah ini yang tidak senilai dengan 1⁄2

       adalah ....

       a. 2⁄4                                 b. 6⁄10    

       c. 11⁄22                             d. 50⁄100


12.  Siti mempunyai pita sepanjang 1⁄3 meter, Amelia

       sepanjang 4⁄10  meter dan Ni Luh sepanjang

       3⁄4 meter. Maka dari hal tersebut dapat diketahui  

       bahwa   ....

       a. Pita Siti paling panjang

       b. Pita Amelia yang paling pendek

       c. Pita Siti lebih panjang dari pita Amelia

       d. Pita Ni Luh paling panjang


13.  3⁄8  + 2⁄3  = ....

        Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....

        a. 5⁄24                                 b. 5⁄11   

        c. 25⁄24                               d. 6⁄24


14.  1⁄4  + 1⁄2  + 2⁄5 = ....

       Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....

       a. 4⁄11                                 b. 23⁄20   

       c. 4⁄20                                 d. 2⁄40


15.  3⁄4  - 2⁄3  = ....

       Hasil dari pengurangan pecahan di atas adalah ....

       a.  3⁄12                                b. 4⁄12  

       c. 1⁄12                                 d. 1⁄1


16.  Bentuk pecahan desimal dari 3⁄8  adalah ....

       a. 0,5                                   b. 0,25  

       c. 0,125                               d. 0,375


17.  Bilangan 30% jika ditulis kedalam bentuk pecahan

       adalah...

       a.  2⁄5                                   b.  3⁄5

       c.  2⁄10                                 d. 3⁄10


18. Bilangan pecahan 18⁄4 jika ditulis dalam bentuk

      pecahan  campuran adalah ....

       a.  4 1⁄2                                 b.  3 3⁄4

       c. 3  1⁄2                                 d. 4 3⁄4


19. Bilangan 0,675 jika ditulis dalam bentuk persen

      adalah....

      a.  6%                                     b. 67,5%

      c. 65%                                    d. 675%


20. Bilangan 0,15 jika ditulis dalam bentuk pecahan biasa

      adalah....

      a.  3⁄10                                   b.  3⁄20

      c.  3⁄15                                   d. 3⁄25



Monday, July 27, 2020

TUGAS SISWA SELAMA BELAJAR DARI RUMAH (BDR) KELAS 4


TUGAS SISWA SELAMA BELAJAR DARI RUMAH ( BDR )
SD NEGERI MARGAMULYA
KELAS 4 SEMESTER 1
GURU KELAS :  SUTIANA, S.Pd.                                                      NO. Hp. :  085282944922
 


TUGAS MINGGU KE 1 ( 27 Juli s/d 01 Agustus 2020)

TEMA 1           :  INDAHNYA KEBERSAMAAN
Sub Tema 1    :  Keberagaman Budaya Bangsaku

Kegiatan BDR Ke 1 :  27 Juli 2020
1.      Jangan lupa selalu jaga kebersihan Cuci Tangan dan Pakai selalu Masker.
2.      Membuat rangkuman tentang Bunyi (Buku Akses halaman 6)
3.      Melengkapi Tabel alat musik no.1-5 (Buku siswa Tema 1 Halaman 11)

Kegiatan BDR Ke 2 :  28 Juli 2020
1.      Jangan lupa selalu jaga kebersihan Cuci Tangan dan Pakai selalu Masker.
2.      Parsial Matematika (Buku Akses halaman 164) Membaca dan Mencoba tentang Pecahan  ( ada pembilang dan penyebut )
3.      Gambarlah salah satu bentuk rumah adat di indonesia (bahan Crayon, Cat Air, Spidol)

Kegiatan BDR Ke 3 :  29 Juli 2020
1.      Jangan lupa selalu jaga kebersihan Cuci Tangan dan Pakai selalu Masker.
2.      Membuat Rangkuman Sifat-sifat Bunyi, Perambatan Bunyi dan Macam-macam gelombang bunyi (Buku Akses halaman 9 dan 10) atau bisa melihat gambarnya di buku siswa halaman 37, 38, 39 .

Kegiatan BDR Ke 4 :  30 Juli 2020
1.      Jangan lupa selalu jaga kebersihan Cuci Tangan dan Pakai selalu Masker                                           
2.      Gambar Desain Batik motif Bebas di buku gambar

Kegiatan BDR Ke 5 :  31 Juli 2020
1.      Jangan lupa selalu jaga kebersihan Cuci Tangan dan Pakai selalu Masker.
2.      Membuat rangkuman Keberagaman Sosial dan budaya, keanekaragaman suku bangsa di indonesia (Buku akses halaman 12                                                                                                       

Kegiatan BDR Ke 6 :  01 Agustus 2020
1.      Jangan lupa selalu jaga kebersihan Cuci Tangan dan Pakai selalu Masker.
2.      Baca Buku siswa dari pembelajaran 1 s/d 6.
3.      Buatlah beberapa Contoh yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah
4.      Kerjakan soal penilaian harian subtema 1 tema 1 bagian I dan II ( buku akses halaman 15)


Catatan :
1.      Kerjakan tugas di buku tugas
2.      Foto kegiatan anak untuk 1 kali kegiatan BDR 1 foto di upload ke grup,
3.      Selalu pantau Grup Whatsaf kelas 4 kalau ada informasi terbaru
4.       Di mungkinkan ada tugas online dari gogle form (linknya menyusul) boleh di bantu sama orantuanya
5.       Informasi tambahan ada di blog https://sdnmargamulya.blogspot.com/

Selamat bekerja semoga covid-19 virus corona yang melanda dunia segera sirna agar kita bisa belajar tatap muka seperti biasa. Aminnn

Saturday, July 4, 2020

ADAPTASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KKG GUGUS II CIKATOMAS


ADAPTASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19
DI FKKG GUGUS II CIKATOMAS

Oleh : Tutin Karsiti, S.Pd.SD (SDN Margamulya)





Pembelajaran untuk tahun ajaran 2020/2021 akan dilaksanakan mulai tanggal 13 Juli 2020, dengan sistem pembelajaran yang berbeda dengan biasanya yaitu dengan cara Daring dan Luring, khususnya di kecamatan kami yaitu kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya.
Untuk persiapan tahun ajaran baru kami pengurus FKKKG Gugus II Kecamatan Cikatomas menyelenggarakan kegiatan KKG Untuk Guru Kelas I sd VI dengan bahasan materi tentang pembelajaran masa Pandemi Covid-19 (prota, Promes dll) Dengan Bimbingan Bapak/Ibu Pengawas yaitu Pak Rivani Herman Munandar dan Ibu Hj. Dede Dewiyani, Kami Sangat terbantu, karena mereka mengarahkan dan membimbing kami dengan baik.
Pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 memaksa guru menyajikan pembelajaran yang berbeda. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian, sampai tindak lanjut yang dilakukan. Berbagai penyesuaian harus dilakukan dengan tetap berorientasi pada kepentingan siswa sebagai subjek utama pembelajaran.
Dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 mengenai pembelajaran di masa pandemi, tertulis bahwa pembelajaran tidak harus menuntaskan kurikulum. Pembelajaran yang disajikan merupakan pembelajaran bermakna dan memuat kecakapan hidup. Surat edaran tersebut dikeluarkan ketika akhir tahun ajaran. Namun, sebagai guru harus bisa menyikapinya ketika tahun ajaran baru telah datang.
Tidak dapat dipungkiri, bahwa tidak sedikit guru yang bingung untuk menyajikan pembelajaran jarak jauh pada awal tahun ajaran. Jika pembelajaran hanya difokuskan pada kecakapan hidup tanpa menyentuh kurikulum akan membuat siswa menjadi bosan. Dampak lain yang bisa muncul juga siswa tidak mengenal kurikulum yang nantinya akan ditemuinya ketika sekolah dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka kembali.
Berdasarkan pertimbangan tersebut, Kelompok Kerja Guru (KKG) merupakan wadah yang tepat untuk berdiskusi menghadapi permasalahan yang dihadapi. Sebagaimana tertuang dalam Rambu-Rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP (Kemdiknas, 2010: 10) bahwa hasil dari kegiatan KKG diantaranya memberi kesempatan kepada guru untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik.

Pada kegiatan KKG, pengurus dan anggota KKG mendiskusikan perencanaan kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan secara daring atau luring sehingga seluruh anggota KKG dapat menggunakan perencanaan tersebut. Tentunya disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing.
Kegiatan diawali dengan musyawarah anatara pengurus KKG kelas. Hasil musyawarah tersebut diteruskan ke anggota KKG untuk ditindak lanjuti. Pembagian tugas antar anggota KKG pun dapat dimusyawarahkan di grup anggota. Hasilnya, rencana pembelajaran jarak jauh masing-masing kelas dapat tersusun untuk nantinya digunakan di sekolah masing-masing.
Melalui gotong royong yang dilakukan di dalam forum KKG, berbagai kendala yang dihadapi guru dapat teratasi. Saling berbagi pengalaman, saling memberi masukan, serta saling bertukar pikiran dalam mencapai kesepakatan yang dapat digunakan oleh semua pihak. Tidak lupa dukungan dari Dinas Pendidikan juga kan memperlancar kegiatan KKG.







Tuesday, June 30, 2020

CARA GURU MENGAJAR SAAT PANDEMI COVID-19 DI SDN MARGAMULYA


CARA GURU MENGAJAR SAAT PANDEMI COVID-19

(WABAH CORONA )

 

PENDIDIKAN BERSEJARAH DI TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020, 2020 / 2021

SD NEGERI MARGAMULYA



Suasana para siswa SDN Margamulya saat belajar di rumah di era Pandemi Covid-19, di Desa Lengkongbarang, Cayur, Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya. Kami guru SDN Margamulya mesti mendatangi rumah siswanya agar proses belajar di rumah berjalan maksimal, dan kadang kadang juga memberikan tugas lewat Whatsaf atau dengan Google Clasroom, tetapi terkendala dengan beberapa siswa yang tidak mempunyai HP android sehingga harus mendatangi siswa tersebut ke rumahnya masing masing.
Pada pertengahan Bulan Maret, Pemerintah telah menginstruksikan kepada sekolah-sekolah mulai dari tingkatan pendidikan usia dini (PAUD) hingga universitas menerapkan sistem belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19. Namun, tak semua sekolah dapat melakukan sistem belajar di rumah dengan baik, khususnya untuk sekolah saya. Karena terkendala dengan biaya, sinyal dan keadaan siswa yang tidak memiliki HP untuk belajar Daring sehingga kadang kadang dilakukan secara luring.
Para guru di sekolah kami kadang kadang mendatangi siswanya satu per satu agar materi pembelajaran dapat disampaikan dengan baik. Salah satu guru di SDN Margamulya, Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Ibu Enung Nurhaeni sebagai Guru Kelas satu di SDN Margamulya, memilih mendatangi rumah siswanya untuk mengajar. Dia tak bisa mengandalkan teknologi sebagai panduan siswa belajar.
Sejak pekan pertama sekolah diliburkan, pada pertengahan Maret 2020, Ibu Enung Nurhaeni, S.Pd.SD selalu mendatangi rumah siswanya satu per satu dengan ditemani suaminya dengan menggunakan sepeda motor (Suaminya Pensiunan Kepala Sekolah Yaitu Pak Ujang , sama sama dari dunia Pendidikan ). Ia ingin memastikan aktivitas para siswa belajar di rumah berjalan dengan baik. "Jadi ke rumah-rumah siswa kasih materi pelajaran selama 30 menit sampai satu jam,"
Ia mengakui, sudah ada anjuran agar siswa belajar secara daring. Bahkan, saat ini program belajar juga sudah ditayangkan melalui TVRI. Namun, tak banyak yang memiliki telepon pintar dan menggunakannya untuk belajar. Sementara jaringan TVRI di kami juga tak semua jernih.
Dengan segala keterbatasan fasilitas itu, dia mengatakan, tak memungkinkan proses pembelajaran siswanya akan berjalan dengan maksimal. Karena itu, Ibu Enung Nurhaeni berinisiatif mendatangi rumah para siswanya, siswa kelas I, untuk memberi materi pelajaran. "Alhamdulillah orang tua juga banyak yang mengerti. Kadang saya disuguhkan kopi, kadang saat pulang dibekali makanan," kata dia.
Menurut dia, para siswanya juga rindu untuk belajar di sekolah. Sebab, lanjut dia, ketika belajar di sekolah para siswa bisa bertemu dengan teman-temannya.
Ibu Enung Nurhaeni yang mengajar kelas I SD itu setiap hari rutin datang ke rumah siswa. Total terdapat 25 siswa yang harus diajarnya. Ia membagi ke dalam beberapa kelompok untuk memudahkan tugasnya. "Murid saya tinggal di 3 Desa 4 kampung. Jadi kalau tinggalnya sekampung, dikumpulkan di satu rumah. Pas selama empat hari itu untuk datang ke empat kampung," kata dia.
Mengajar ke rumah, diakui Bu Enung jadi inisiatif sendiri. Ia merasa punya tanggung jawab untuk tetap memberikan pelajaran ke muridnya. Pihak sekolah, menurut dia, tak menginstruksikan untuk mengajar siswa secara langsung.
Ibu Enung berharap, para guru tetap memerhatikan siswanya belajar di rumah, bukan semata mengandalkan teknologi. Apalagi masa belajar di rumah kemungkinan bisa diperpanjang selama pandemi corona belum berakhir. Karena pada semester 2 tahun peajaran 20202021 kemungkinan siswa masih belajar di rumah secara Daring dan Luring, sampai bulan september, dan mudah mudahan bulan september siswa bisa masuk sekolah seperti biasa dengan New Normal.



Monday, June 1, 2020

HASIL ASISTENSI ARKAS TAHUN 2020


Hasil asistensi sementara penggunaan arkas tahun 2020

1.      Segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan tupoksi guru baik pns maupun non pns yang sudah di beri honor tidak boleh di bayar kan
2.      Uang lelah di berikan bagi hal hal yang tidak berhubungan dengan tupoksi guru
3.      Untuk Amplop satuannya DUS
4.      Untuk penjilidan harganya harus sama,
5.      Pembelian HVS harus sesuai kebutuhan
6.      Transportasi untuk kegiatan kegiatan
Transportasi guru pendamping dalam kecamatan
Gol IV = Rp. 75.000
Gol III = Rp. 65.000
Gol II  = Rp. 50.000
Gol I    = Rp. 50.000 sama dengan sukwan
Transportasi guru pendamping tk. Kbupaten
Gol IV = Rp. 125.000
Gol III = Rp. 110.000
Gol II  = Rp. 100.000
Gol I    = Rp. 75.000 sama dengan sukwan
Cikatomas itu masuk ke zona 2
Apabla ada transport dan jasa narasumber sebaiknya uangnya di satukan ke jasa nrasumber satuannnya ok orang kegiatan

Kegiatan workshop dipilih nging sadaya
Bih aya kneh kode workshop sim pas dll, updating guru, updating kesiswaan , hapus
7.      Mamin Kegiatan dalam standar apapun ganti semuanya dengan kata : dan bisa memilih salah satu
Kalau kegiatannnya berakhir sebelum jam 12 pake jamrng kalau lebih pake makan
Jamuan Ringan Rp. 20.000/Orang satuannnya DUS
Jamuan Makan Rp. 40.000/Orang satuannnya BOX
Semuanya memakai Pajak Daerah (PPD 10%) berapapun
Untuk PPH 23 ; kalau Mamin lebih dari 1 Juta ada PPH 23 sebesar 2 %

8.      Uang lembur di hitung dalam waktu minimal 5 jam sebesar
Gol IV = Rp. 25.000
Gol III = Rp. 20.000
Gol II  = Rp. 17.500
Gol I    = Rp. 13.000 sama dengan sukwan
SPJ BOS...... Kali X berapa jam X 13.000
Dapodi .....kali X 12 Bulan X 13.000

Uang lembur juga ada pajak nya seperti biasa per golongan
Gol IV = 15 %
Gol III = 5 %
Gol II  = Gratis
Honorer = 5 %

9.      Honorarium pengelola bos dimasukkan ke dalam uang lembur
10.  Penulisan ijazah di hitung uang lembur
11.  Pendaftaran ke smp di hitung uang lembur,
12.  Transportasi Hut pgri di tiada kan
13.  Kegiatan tingkat kabupaten harus di masukan seperti o2sn, sapta lomba dll
Misalkan calistung : Transportasi di ganti dengan akomodasi atau sewa kendaraan satuannnya unit dalam spj laporannya cukup PC STNK kendaraan

14.  Penggandaan harus di hitung per lembar, foto copy 500 lembar
15.  Pembelian ATK yang lebih dari 1 juta harus ada PPN cara menghitungnya
100/110 X harga barang = ......... X 10 % = ......? bayar PPN
16.   

17.  Pembelian elektronik harus sesuai siplah
18.  Kegiatan pelaksanaan US dan pat di hilangkan.
19.  Operator yang di rangkap dengan guru kelas /bidang tidak ada honor tapi uang lembur di satukan dengan honor guru kelas
20.  Guru non PNS dalam kegiatan ekstra kurikuler tidak di bayar karena sudah di bayar tiap bulan,
21.  Transpor peningkatan kompetensi guru atau kepala sekolah dalam pelatihan kegiata K3S, KKG, semina, Workshop, harus di jelaskan(catatan di triwulan 2 tidak ada karena vandemi)
Harus di jelaskan berapa orang, jumlah hari kegiatan, di mana tempatnyah, bayar transpor per golongan

22.  Service laptop harus dengan seperpark ya, jangan Cuma service aja, di jelaska
23.  Pembelian bahan harus di rinci misal paralon berapa inci berapa buah
24.  Upah kegiatannnya 90.000 tukang laden 60.000

25.  Kegiatan PPDB kalau ada makan jelaskan untuk berapa orang dan pasti ada ATK, foto copy formulir pendaftaran,

26.  Tidak ada biaya supervisi kepala sekolah

27.  Jasa penyusunan BOS, RKAS, RKJM ganti dengan uang lembur dan kena PPH

28.  Pebiayaan adm kegiatan sekolah
Pembuatan visi misi tidak boleh tiap tahun tapi harus 4 tahun 1 kali kecuali kalu ada kepsek baru paling ada revisi visi misi.
Tidak ada konsumsi tamu atau transport pengawas yang ada narasumber
29.