TEMA :
REKREASI
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 1
KD : 1.1,1.2, 2.1, 2.5, 2.7, 2.9, 2.11, 2.14, 3.1,
4.1, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.13, 4.13, 3.14,
4.14, 3.15, 4.15.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
TEMPAT-TEMPAT
REKREASI |
1.1.4.Mensyukuri
ciptaan Tuhan |
1.Berdiskusi tentang
tempat – tempat rekreasi, manfaat & tata tertib |
|
|
1.2.6.Kelestarian
lingkungan |
2.Mengurutkan gambar
seri cara berkunjung ke tempat rekreasi |
|
|
2.1.4.Menjaga
kesehatan |
3.Mau bermain dengan
teman |
|
|
2.5.6.Bercerita
tentang pengalaman |
4.Bercerita tentang
pengalaman anak |
|
|
2.7.2.Sabar menunggu
giliran |
5.Pentingnya menjaga
kebersihan di tempat rekreasi |
|
|
2.9.5. Mau berbagi
dengan teman |
6.Menyanyi lagu
“Kebun Binatang, Pemandangan, Menuju pantai “ |
|
|
2.11.4. Mudah
bergaul/berteman |
7.Memberi tanda
perbuatan baik dan buruk |
|
|
2.14.4.Memberi dan
membalas salam |
8.Mencari jejak
menuju tempat rekreasi |
|
|
3.1.3.dan 4.1.3.Doa
sebelum bepergian |
9.Berkunjung ke
tempat rekreasi terdekat |
|
|
3.4.3.dan
4.4.3.Membuang sampah pada tempatnya |
10.Mewarnai gambar
anak sedang rekreasi |
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep pengurangan |
11.Melengkapi huruf
gambar tempat rekreasi |
|
|
3.5.2.dan
4.5.2.Mencari jejak tempat rekreasi |
12.Bermain pasir,
bermain di bak air |
|
|
3.8.5.dan 4.8.5Tanya
jawab tempat-tempat rekreasi. |
13.Mengahafal doa
sebelum bepergian |
|
|
3.10.4.dan
4.10.4.Suku kata awal sama |
14.Menghitung hasil
penjumlahan dan pengurangan dengan benda |
|
|
3.11.3.dan
4.11.3.Lagu anak-anak |
15. Bermain sepak
bola, menaiki tangga |
|
|
3.13.2.dan
3.13.2.Orang-orang yang ada di tempat rekreasi |
16.Berlari sambil
melompat dengan seimbang |
|
|
3.14.1.dan
4.14.1.Bermain bebas |
17.Melipat kertas
menjadi bentuk keranjang sampah |
|
|
3.15.1.dan
4.15.1.Senandung bunyi-bunyian yangmenyenangkan |
18.Menggambar bebas
taman kota |
|
|
|
19.Membedakan kata
yang mempunyai suku kata awal / akhir sama |
|
|
|
20.Bermain dengan
alat perkusi |
|
|
|
21.Berdiskusi
tentang memberi dan membalas salam |
|
|
|
22.Berdiskusi
tentang orang – orang yang ada di pantai |
|
|
|
23.Mengelompokkan
benda – benda yang ada di tempat rekreasi |
|
|
|
24.Konsep waktu
(membaca jam) |
|
|
|
25.Bermain peran
sebagai petugas penjaga tiket masuk |
|
|
|
26.Membatik dan
jumputan |
|
|
|
27.Gerak dan lagu |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
REKREASI
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 2
KD : 1.1,1.2, 2.1, 2.5, 2.7, 2.9, 2.11, 2.14, 3.1,
4.1, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.13, 4.13, 3.14,
4.14, 3.15, 4.15.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
PERLENGKAPAN |
1.1.7.Tidak
menyakiti binatang |
1.Berdiskusi tentang
perlengkapan untuk rekreasi |
|
REKREASI |
1.2.6.Kelestarian
lingkungan |
2.Berdiskusi tentang
pentingnya rekreasi bagi kesehatan |
|
|
2.1.4.Menjaga
kesehatan |
3.Memberi tanda pada
gambar perlengkapan rekreasi |
|
|
2.5.6.Bercerita ttg
prngalaman |
4.Menghafal doa
sebelum bepergian |
|
|
2.7.2.Sabar menunggu
giliran |
5.Menggambar bebas
perlengkapan rekreasi |
|
|
2.9.5. Mau berbagi
dengan teman |
6.Tata tertib di
tempat rekreasi |
|
|
2.11.4. Mudah
bergaul/berteman |
7.Menggunting dan
menempel gambar pelampung |
|
|
2.14.4.Memberi dan
membalas salam |
8.Kolase topi mainan
dengan kertas |
|
|
3.1.3.dan 4.1.3.Doa
sebelum bepergian |
9.Memasangkan benda
sesuai kata |
|
|
3.4.2.dan 4.4.2.Cuci
tangan, mandi, menyisir rambut |
10.Menebali suku
kata awal sama perlengkapan rekreasi |
|
|
3.5.3.dan
4.5.3.Puzel |
11.Diskusi tentang
orang-orang yang ada ditempat rekreasi |
|
|
3.8.5.dan 4.8.5Tanya
jawab perlengkapan rekreasi. |
12.Menganyam bentuk
tas |
|
|
3.10.2.dan
4.10.2.Menirukan 3 – 4 urutan kata |
13.Bercerita tentang
pengalaman anak |
|
|
3.11.3.dan
4.11.3.Lagu anak-anak |
14.Mencocokkan
bilangan sesuai gambar |
|
|
3.13.2.dan
3.13.2.Orang-orang yang ada di tempat rekreasi |
15.Mewarnai gambar
tenda |
|
|
3.14.1.dan
4.14.1.Bermain bebas |
16.Menyanyi lagu
Topi saya bundar |
|
|
3.15.1.dan
4.15.1.Senandung bunyi-bunyian yang menyenangkan |
17.Menghitung topi |
|
|
|
18.Praktek membuka
dan menutup payung |
|
|
|
19.Membuat bentuk
payung dari kertas |
|
|
|
20.Menceritakan
gambar yang disediakan |
|
|
|
21.Menirukan gerkan
sederhana |
|
|
|
22.Memilih baju
renang |
|
|
|
23.Mengelompokkan
peralatan untuk berenang |
|
|
|
24.Berjalan
membungkuk |
|
|
|
25.Menyebutkan jenis
obat anti mabuk |
|
|
|
26.Menari / tari
payung |
|
|
|
27.Membedakan besar
– kecil benda |
|
|
|
28.Bermain sambung
lidah |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
KENDARAAN
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 3
KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2,
4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12.
2.3.15, 4.15.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
KENDARAAN DARAT |
2.1.4.Menjaga
kesehatan |
1.Berdiskusi tentang
kendaraan darat, bagian – bagian kendaraan |
|
|
2.2.3.Mengetahui apa
yang terjadi |
2.Bercerita mengapa
mobil bisa berjalan |
|
|
2.5.8.Mengikuti
lomba naik sepeda |
3.Mencari jejak
tempat pemberhentian kendaraan |
|
|
2.6.5.Mentaati
tertib lalu lintas |
4.Bercerita tentang
tata tertib berkendara |
|
|
2.7.1. Saling
menghormati antar pengendara |
5.Mengelompokkan
gambar kendaraan darat (roda 2, roda 3, roda 4) |
|
|
2.9.3. Mau
meminjamkan miliknya |
6.Menyusun pusel
gambar mobil sedan |
|
|
2.12.2. Memohon dan
memberi maaf |
7.Naik sepeda roda 2 |
|
|
2.14.1.Mengucap
terima kasih |
8.Membuat sajak |
|
|
3.2.4.dan
4.2.4.Menolong orang yang kesusahan |
9.Menggambar bebas
kendaraan darat |
|
|
3.3.3.dan 4.3.3.Guna
anggota tubuh untuk |
10.Menempel
bentuk-bentuk geometri pada gambar truk |
|
|
mengendarai kendaraan |
11.Mewarnai gambar
kendaraan darat |
|
|
3.5.3.dan
4.5.3.Menyusun puzel bentuk mobil |
12.Menghubungkan
gambar dengan kata |
|
|
3.6.2.dan
4.6.2.Bagian-bagian kendaraan. |
13.Menyanyi lagu
“Sepeda Baru, Bis kota “ |
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep bilangan |
14.Penjumlahan dan
pengurangan dengan benda |
|
|
3.7.4.dan
4.7.4.Macam-macam kendaraan darat |
15.Bermain
mobil-mobilan |
|
|
3.9.4.dan
4.9.4.Miniatur kendaraan darat |
16.Membuat terminal
dengan balok-balok |
|
|
3.11.4.dan
3.11.4.Syair |
17.Membuat
mobil-mobilan dari kardus bekas |
|
|
3.12.1.dan
4.12.1.Huruf vokal dan konsonan |
18.Menghitung jumlah
roda kendaraan |
|
|
3.15.2.dan
4.15.2.Tertarik ingin naik sepeda / becak |
19.Memasangkan angka
dengan jumlah bagian – bagian kendaraan |
|
|
. |
20.Membuat tulisan /
cerita mengenai gambar yang telah dibuatnya |
|
|
|
21.Mengamati sepeda,
sepeda motor |
|
|
|
22.Menirukan gerakan
orang mengemudi |
|
|
|
23.Membuat bentuk
kereta api dengan tehnik 3m |
|
|
|
24.Melengkapi kata |
|
|
|
25.Gerak dan lagu
“Tamasya “ |
|
|
|
26.Tepuk tangan
dengan pola |
|
|
|
27.Membedakan dua
benda (sepeda dan sepeda motor) |
|
|
|
28.Mengunjungi
stasiun |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
KENDARAAN
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 4
KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2,
4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12.
2.3.15, 4.15.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
KENDARAAN AIR |
2.1.4.Menjaga
kesehatan |
1.Berdiskusi tentang
kendaraan air |
|
- Perahu layar |
2.2.3.Mengetahui apa
yang terjadi |
2.Mengelompokkan
gambar kendaraan air |
|
- Kapal laut |
2.5.1.Berani
bertanya |
3.Bercerita tentang
gambar yang disediakan |
|
- Rakit |
2.6.5.Mentaati
tertib berkendara |
4.Membuat bentuk
dermaga dari balok - balok |
|
- Perahu karet / |
2.7.1. Saling
menghormati antar penumpang |
5.Mozaik gambar
kapal laut |
|
pelampung |
2.9.3. Mau
meminjamkan miliknya |
6.Menyusun pusel
gambar kapal laut |
|
|
2.12.1.
Menyelesaikan pekerjaan sampai selesai |
7.Bersyair “Kapal
Laut” |
|
|
2.14.1.Mengucap
terima kasih |
8.Menyebutkan huruf
konsonan dari nama-nama kendaraan laut |
|
|
3.2.4.dan
4.2.4.Menolong orang yang kesusahan |
9.Membiasakan anak
mengucap terimakasih |
|
|
3.3.3.dan 4.3.3.Guna
anggota tubuh untuk |
10.Melipat kertas
menjadi bentuk perahu |
|
|
mengendarai
kendaraan |
11.Menirukan gerakan
mendayung perahu |
|
|
3.5.3.dan
4.5.3.Menyusun puzel bentuk kapal laut |
12.Menghubungkan
gambar kendaraan laut dengan kartu kata |
|
|
3.6.2.dan
4.6.2.Bentuk-bentuk kendaraan air |
13.Mencipta bentuk
perahu layar dengan kepingan geometri |
|
|
3.7.4.dan
4.7.4.Macam-macam kendaraan air |
14.Melengkapi gambar
kapal laut |
|
|
3.9.4.dan
4.9.4.Miniatur kendaraan air |
15.Bermain
manjalankan kapal laut di bak air |
|
|
3.11.4.dan
4.11.4.Syair |
16.Membuat urutan
bilangan |
|
|
3.12.1.dan
4.12.1.Huruf vokal dan konsonan |
17.Menggambar bebas
perahu layar |
|
|
3.15.2.dan
4.15.2.Tertarik ingin naik perahu |
18.Mengelompokkan
huruf vokal dari suatu kata |
|
|
|
19.Menghitung gambar
perahu layar |
|
|
. |
20.Membuat bentuk
rakit dari sedotan |
|
|
|
21.Membedakan besar
– kecil kendaraan air |
|
|
|
22.Menyebutkan
posisi benda |
|
|
|
23.Berjalan di atas
papan titian |
|
|
|
24.Mengulang kalimat
sederhana |
|
|
|
25.Bemain lompat
tali |
|
|
|
26.Mencocok gambar
perahu layar |
|
|
|
27.Mencocokkan
bilangan dengan benda |
|
|
|
28.Bercerita tentang
pengalaman |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
KENDARAAN
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 5
KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2,
4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12,
4.12, 2.3.15, 4.15.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
KENDARAAN UDARA |
2.1.4.Menjaga
kesehatan |
1.Berdiskusi tentang
kendaraan udara |
|
- Pesawat terbang |
2.2.3.Mengetahui apa
yang terjadi |
2.Bermain peran
sebagai pilot |
|
- Helikopter |
2.5.1.Berani
bertanya |
3.Menggunting gambar
pesawat terbang |
|
-Kapal layang |
2.6.5.Mentaati
tertib berkendara |
4.Mengelompokkan
gambar kendaraan udara |
|
- Balon udara |
2.7.1. Saling
menghormati antar penumpang |
5.Bersyair
“Pesawatku” |
|
|
2.9.3. Mau
meminjamkan miliknya |
6.Memasangkan kartu
huruf pada gambar kendaraan udara |
|
|
2.12.1.
Menyelesaikan pekerjaan sampai selesai |
7.Menggambar bentuk
helikopter |
|
|
2.14.1.Mengucap
terima kasih |
8.Membuat bentuk
pesawat terbang |
|
|
3.2.4.dan
4.2.4.Menolong orang yang kesusahan |
9.Mau meminjamkan
pesawat mainan miliknya |
|
|
3.3.3.dan 4.3.3.Guna
anggota tubuh untuk |
10.Mencari huruf
awal sama nama kendaraan udara |
|
|
mengendarai
kendaraan |
11.Kolase gambar
helikopter dengan kertas |
|
|
3.5.2.dan
4.5.2.Mencari jejak |
12.Menyebutkan
konsep waktu |
|
|
3.6.2.dan
4.6.2.Bentuk-bentuk kendaraan udara |
13.Menirukan gerakan
pesawat terbang |
|
|
3.7.4.dan
4.7.4.Macam-macam kendaraan udara |
14.Menghitung jumlah
pesawat, helikopter dll |
|
|
3.9.4.dan
4.9.4.Miniatur kendaraan udara |
15.Mencari jejak
menuju bandara |
|
|
3.11.4.dan
4.11.4.Syair |
16.Memasangkan kartu
huruf pada gambar kendaraan udara |
|
|
3.12.2.dan
4.12.2.Huruf awal sama |
17.Gerak dan lagu |
|
|
3.15.2.dan
4.15.2.Tertarik ingin naik pesawat |
18.Membuat baling –
baling dari stiker es |
|
|
|
19.Mencari perbedaan
pesawat terbang dengan helikopter |
|
|
. |
20.Membuat mainan
balon udara |
|
|
|
21.Melambungkan bola |
|
|
|
22.Mengukur panjang
benang dengan jengkal |
|
|
|
23.Menceritakan
mengapa balon udara bisa terbang |
|
|
|
24.Mewarnai gambar
kapal layang |
|
|
|
25.Menghitunghasil
penjumlahan dengan benda |
|
|
|
26.Meneruskan pola
gambar kendaraan udara |
|
|
|
27.Melengkapi
kalimat |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
PEKERJAAN
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 6
KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14,
3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3,3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14,
4.14. .3.15, 4.15.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
BIDANG PENDIDIKAN |
1.1.6.Memanfaatkan
cipataan Tuhan |
1.Berdiskusi tentang
pekerjaan di bidang pendidikan, kesehatan |
|
- Guru |
1.2.7.Menghargai
hasil karya orang lain |
2.Bertepuk tangan
membentuk irama |
|
- TU / Pesuruh |
2.1.1.Berolah raga |
3.Mengelompokkan
peralatan yang dipakai bekerja guru,dokter |
2 |
BIDANG KESEHATAN |
2.2.2.Mengetahui
sebab akibat |
4.Bermain peran
sebagai guru,dokter,bidan dll |
|
- Dokter |
2.6.5. Mentaati tata
tertib dalam bekerja |
5.Memberi tanda pada
gambar alat-alat dokter |
|
- Bidan |
2.7.4. Saling
menghargai sesama teman |
6.Menggambar bebas
peralatan guru,dokter |
|
- Perawat |
2.9.2. Tenggang rasa
|
7.Menyanyi lagu
“Guruku” |
|
|
2.13.2.Mengakui
kesalahannya |
8.Mencocok gambar
termometer |
|
|
2.14.2.Memperhatikan
orang tua bicara |
9.Melipat baju
dokter |
|
|
3.1.7.dan
4.1.7.Tenaga pendidik dan tenaga medis |
10.Pantomim pergi ke
dokter |
|
|
3.2.6.dan
4.2.6.Simpati terhadap orang sakit |
11.Mencipta bentuk
alat-alat dokter dengan plastisin |
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Koordinasi motorik halus |
12.Membuat urutan
bilangan gambar alat-alat untuk bekerja |
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep bilangan |
13.Menyebutkan
konsep waktu |
|
|
3.7.5.dan
4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak |
14.Mencari jejak
tempat bekerja guru |
|
|
3.9.2.dan
4.9.2.Alat-alat untuk bekerja |
15.Menghitung jumlah
guru di sekolahnya |
|
|
3.11.2.dan
4.11.2.Pantomim |
16.Menyebutkan nama
– nama guru |
|
|
3.13.5.dan
3.13.5.Dapat bekerja kelompok |
17.Senam irama |
|
|
3.14.4.dan
4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia |
18.Memberi tanda
pada gambar anak yang sopan |
|
|
3.15.4.dan
4.15.4.Tertarik aktifitas seni |
19.Menirukan 3 – 4
urutan kata |
|
|
. |
20.Permainan warna
dengan cat & kuas |
|
|
|
21.Menyebutkan
perbedaan guru & TU / pesuruh |
|
|
|
22.Membuat sajak |
|
|
|
23.Mengurutkan
peralatan dokter dari kecil – besar |
|
|
|
24.Menghitung jarum
suntik maiana |
|
|
|
25.Menghubungkan
tulisan dengan benda |
|
|
|
26.Membuat bentuk
jarum suntik |
|
|
|
27.Menimbang berat
badannya sendiri & teman |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
PEKERJAAN
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 7
KD : 1.2, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1,
3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6 ,3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14, 4.14, 3.15,
4 15
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
BIDANG KEAMANAN |
1.2.7.Menghargai
hasil karya orang lain |
1.Mengulang kalimat
sederhana |
2 |
BIDANG PEMERINTAHAN |
2.2.2.Mengetahui
sebab akibat |
2.Diskusi tentang
polisi tentara, satpam, hansip, kepala desa, bupati |
|
(POLISI, TENTARA, |
2.6.5. Mentaati tata
tertib dalam bekerja |
3.Membuat pos ronda
dengan balok-balok |
|
HANSIP, SATPAM,
BUPATI |
2.7.4. Saling
menghargai sesama teman |
4.Menyanyi lagu
Polisi |
|
KEPALA DESA) |
2.9.2. Tenggang rasa
|
5.Senam fantasi
(bapak polisi) |
|
|
2.13.2.Mengakui
kesalahannya |
6.Membuat bentuk
trafe ligt dari kepingan geometri |
|
|
2.14.2.Memperhatikan
orang tua bicara |
7.Mencari peralatan
polisi |
|
|
3.1.7.dan
4.1.7.Tenaga pemerintahan dan tenaga |
8.Membuat bentuk
pistol dari bombig |
|
|
keamanan |
9.Bermain balok |
|
|
3.2.6.dan
4.2.6.Peduli terhadap keamanan |
10.Menggambar rambu
– rambu lalu lintas |
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Koordinasi motorik halus |
11.Mengurutkan
bilangan |
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep bilangan |
12.Melengkapi
kalimat |
|
|
3.7.5.dan
4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak |
13.Menari (Tari
Perang) |
|
|
3.9.2.dan
4.9.2.Alat-alat untuk bekerja |
14.Membuat baju
untuk tentara |
|
|
3.11.2.dan
4.11.2.Pantomim |
15.Membuat topi
tentara |
|
|
3.13.5.dan
4.13.5.Dapat bekerja kelompok |
16.Membedakan polisi
dengan tentara |
|
|
3.14.4.dan
4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia |
17.Mencocok gambar
rangsel tentara |
|
|
3.15.4.dan
4.15.4.Tertarik aktifitas seni |
18.Mengulang kalimat
sederhana |
|
|
|
19.Lari estafet
membawa tongkat |
|
|
. |
20.Membuat sabuk
hansip dari karton bekas |
|
|
|
21.Mengukur panjang
sabuk dengan penggaris |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
PEKERJAAN
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 8
KD : 1.1, 1.2, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6. 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14, 4.14, 3.15,
4.15.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
BIDANG SWASTA |
1.1.6.Memanfaatkan
cipataan Tuhan |
1.Diskusi tentang
petani, nelayan, koki, penjahit |
|
(PETANI,KOKI, |
1.2.7.Menghargai
hasil karya orang lain |
2.Diskus tentang
peralatan untuk bekerja |
|
TUKANG KAYU, |
2.2.2.Mengethui
sebab akibat |
3.Pantomim sebagai
petani |
|
NELAYAN) |
2.6.5. Mentaati tata
tertib dalam bekerja |
4.Mengelompokkan
alat pertanian, tukang kayu, koki, penjahit dll |
|
|
2.7.4. Saling
menghargai sesama teman |
5.Meniru angka pada
gambar kue |
|
|
2.9.2. Tenggang rasa
|
6.Membaca buku
cerita bergambar |
|
|
2.13.2.Mengakui
kesalahannya |
7.Mewarnai gambar
petani |
|
|
2.14.2.Memperhatikan
orang tua bicara |
8.Mengisi pola
gambar palu dengan serbuk gergaji |
|
|
3.1.7.dan
4.1.7.Seniman,wira usahawan,wartawan |
9.Menghitung hasil
petani (penjumlahan) |
|
|
3.2.6.dan
4.2.6.Simpati terhadap berita dimedia |
10.Membuat cangkul
dari karton bekas |
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Koordinasi motorik halus |
11.Bergerak bebas
sesuai irama musik |
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep bilangan |
12.Senam fantasi
meniru petani |
|
|
3.7.5.dan
4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak |
13.Menghitung hasil
petani |
|
|
3.9.2.dan
4.9.2.Alat-alat untuk bekerja |
14.Mencari jejak
hasil pertanian |
|
|
3.11.2.dan
4.11.2.Pantomim |
15.Mengurutkan
caramenanam padi |
|
|
3.13.5.dan
4.13.5.Dapat bekerja kelompok |
16.Melompati simpai |
|
|
3.14.4.dan
4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia |
17.Menganyam bentuk
caping petani |
|
|
3.15.4.dan
4.15.4.Tertarik aktifitas seni |
18.Mengukur panjang
meja dengan meteran |
|
|
|
19.Permainan fisik
ular naga |
|
|
. |
20.Bermain dengan
pasir (mencetak kue 0 |
|
|
|
21.Menggunting pola
baju |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
AIR, UDARA, API
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 9
KD : 1.1, 1.2, 2.1,2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
AIR |
1.1.2.Air ciptaan
Tuhan |
1.Diskusi tentang
guna,sumber,manfaat dan bahaya air |
|
- Sumber air |
1.2.1.Bersyukur atas
nikmat Tuhan |
2.Mengelompokkan
sumber – sumber air |
|
- Guna air |
2.1.3.Menjaga
kebersihan air |
3.Praktek berwudhu |
|
- Tempat air |
2.2.2.Mengetahui
sebab akibat |
4.Mengurutkan cara
anak sedang mandi, cara mencuci baju dll |
|
- Sifat air |
2.6.1.Perilaku baik
/buruk |
5.Menghubungkan
tempat air dengan kartu kata |
|
- Bahaya air |
2.10.5. Toleransi |
6.Menggunting gambar
bak air |
|
|
2.11.1. Menyesuaikan
diri dengan orang lain |
7.Cuci tangan,gosok
gigi yang benar |
|
|
2.12.3.
Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan |
8.Mencoba membuat
hujan, proses terjadinya banjir |
|
|
3.1.2dan
4.1.2.Berwudhu |
9.Penjumlahan dengan
benda-benda:mis cangkir |
|
|
3.2.6.dan
4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang |
10.Menirukan 4
urutan kata |
|
|
kebanjiran |
11.Mengisi wadah
dengan air |
|
|
3.4.2.dan 4.4.2.Cuci
tangan,mandi,gosok gigi |
12.Membuat urutan
bilangan |
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep penjumlahan |
13.Diskusi tentang
mengapa bisa terjadi hujan,banjir dll |
|
|
3.6.5.dan
4.6.5.Sifat air. |
14.Mewarnai gambar
orang mencuci baju |
|
|
3.8.7.dan
4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur |
15.Meniru gerakan
sederhana |
|
|
Mis,Proses
terjadinya banjir |
16.Menyanyi lagu |
|
|
3.10.2.dan
4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata |
17.Memberi tanda
perbuatan benar dan salah |
|
|
3.12.3.dan
4.12.3.Cerita tentang hujan/banjir |
18.Melipat kertas |
|
|
|
19.Perlombaan
memindahkan air ke dalam timba |
|
|
. |
20.Percampuran air
dengan sabun, benda – benda dimasukkan dalam |
|
|
|
Air (terapung, melayang, tenggelam) |
|
|
|
21.Membuat sajak
sederhana |
|
|
|
22.Mencari jejak |
|
|
|
23.Membedakan besar
– kecil tempat air |
|
|
|
24.Bermain balok ;
membuat tanggul air |
|
|
|
25.Melakukan tiga
perintah secara urut |
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
AIR, UDARA, API
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 10
KD : 1.1, 1.2, 2.1,2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
API |
1.1.2.Api ciptaan
Tuhan |
1.Diskusi tentang
guna ,manfaat,sumber dan bahaya api |
|
- Guna api |
1.2.1.Bersyukur atas
nikmat Tuhan |
2.Menyebutkan benda
yang mudah terbakar |
|
- Sumber api |
2.1.3.Menjaga
kebersihan lingkungan |
3.Cerita tentang
Kebakaran |
|
- Sifat api |
2.2.2.Mengetahui
sebab akiabt |
4.Mengelompokkan
sumber-sumber api |
|
- Bahaya api |
2.6.1.Perilaku baik
/buruk |
5.Membakar
kertas,membuat abu |
|
|
2.10.5. Toleransi |
6.Memberi angka pada
gambar lilin sesuai jumlahnya |
|
|
2.11.1. Menyesuaikan
diri dengan orang lain |
7.Mengurutkan
bilangan |
|
|
2.12.3.
Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan |
8.Mengurutkan pola
lilin,dop, api unggun |
|
|
3.1.2dan
4.1.2.Beribadah |
9.Mencocok gambar
alat pemadam api |
|
|
3.2.6.dan
4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang |
10.Menebali suku
kata awal sama |
|
|
terkena musibah
kebakaran |
11.Menggambar dengan
arang |
|
|
3.4.1.dan 4.4.1.Alat
alat |
12.Pengurangan
dengan benda-benda |
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep penjumlahan |
13.Mencoba membuat
panas dengan menggesekan batu |
|
|
3.6.5.dan
4.6.5.Sifat api |
14.Mewarnai gambar
lilin |
|
|
3.8.7.dan
4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur |
15.Senam fantasi |
|
|
membuat arang |
16.Dramatisasi
memadamkan api |
|
|
3.10.2.dan
4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata |
17.Mencoba memasak
air |
|
|
3.12.2.dan
4.12.2.Huruf awal sama |
18.Permainan fisik
kata berantai |
|
|
|
19.Tepuk api |
|
|
. |
20.Menyanyi lagu Api |
|
|
|
21.Menyempurnakan /
menjiplak gambar kompor |
|
|
|
22.Memasangkan kartu
huruf dengan benda |
|
|
|
23.Membuat bentuk
api unggun dengan batang korek api |
|
|
|
24.Berjalan pada
garis lurus |
|
|
|
25.Mengukur panjang
kabel |
|
|
|
26.Mengisi pola pada
gambar lampu belajar |
|
|
|
27.Membedakan
perilaku baik dan buruk |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
AIR, UDARA, API
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 11
KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12,
3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12,
4.12.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
UDARA |
1.1.2.Udara ciptaan
Tuhan |
1.Diskusi tentang
manfaat udara |
|
- Manfaat udara |
1.2.1.Bersyukur atas
nikmat Tuhan |
2.Menyanyi lagu
balonku |
|
- Sumber udara |
2.1.3.Menjaga
kebersihan lingkungan |
3.Meniup balon |
|
- Sifat udara |
2.2.2.Mengetahui
sebab akibat |
4.Menghitung gambar
balon |
|
- Bahaya udara |
2.6.1.Perilaku baik
/buruk |
5.Cerita tentang
balon udara,angin puting beliung dll |
|
|
2.10.5. Toleransi |
6.Membuat
layang-layang dari kertas |
|
|
2.11.1. Menyesuaikan
diri dengan orang lain |
7.Menghitung gambar
layang-layang |
|
|
2.12.3.
Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan |
8.Menyebutkan posisi
benda |
|
|
3.1.2dan
4.1.2.Beribadah |
9.Bercerita tentang
pengalaman |
|
|
3.2.6.dan
4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang terkena musibah |
10.Menggunting
gambar balon udara |
|
|
angin puting beliung |
11.Membuat coretan
bentuk angin puting beliung |
|
|
3.4.1.dan
4.4.1.Benda yang membutuhkan udara |
12.Melipat kertas
menjadi bentuk kipas / baling – baling / kitiran |
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep penjumlahan |
13.Diskusi tentang
sifat/wujud udara |
|
|
3.6.5.dan
4.6.5.Sifat udara. |
14.Melukis didalam
gambar balon, melukis dengan meniup |
|
|
3.8.7.dan
4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur meniup balon |
15.Bermain kempit
balon, bermain menggelindingkan roda |
|
|
3.10.2.dan
4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata |
16.Percobaan tanaman
dimasukkan dalam toples (tertutup dan terbuka) |
|
|
3.12.3.dan
4.12.3.Cerita tentang balon udara |
17.Membedakan besar
– kecil pompa |
|
|
|
18.Mengelompokkan
benda yang membutuhkan udara |
|
|
|
19.Menirukan 3 – 4
urutan kata |
|
|
. |
20.Menceritakan jika
tidak ada udara |
|
|
|
21.Menirukan gerakan
sederhana (ambil nafas) |
|
|
|
22.Menyalakan kipas
angin dan merasakan akibat yang ditimbulkannya |
|
|
|
23.Menggunting
gambar kipas angin |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
ALAT KOMUNIKASI
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 12
KD : 1.1, 2.2, 2.3, 2.4, 2.5, 2.7, 2.9, 2.12, 2.14,
3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12.3.13, 4.13,
3.15, 4.15.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
ALAT KOMUNIKASI |
1.2.7.Menghargai
hasil karya orang lain |
1.Diskusi tentang
alat komunikasi elektronik |
|
ELEKTRONIK |
2.2.3.Mengetahui apa
yang terjadi bila tidak ada |
2.Menggambar bebas
alat komunikasi elektronik (hp, televisi, radio dll) |
|
-Radio |
Telepon,televisi,hp,computer
dll |
3.Belajar
menggunakan hp |
|
-Televisi |
2.3.2.Berkreasi
menggunakan berbagai media |
4.Bicara sopan saat
menelepon |
|
-Telepon |
2.4.1. Bergerak
sesuai irama musik |
5.Membuatbentuk
televisi dengan kardus bekas |
|
-Handphone |
2.5.2. Menyampaikan
pendapat lewat telepon |
6.Menjawab
pertanyaan tentang sopan santun dalam menelepon |
|
-Laptop |
2.7.3. Mendengarkan
temannya bicara |
7.Membuat garis
menjadi bentuk radio,televisi, HP |
|
-Komputer |
2.9.3.Mau
meminjamkan miliknya |
8.Bergerak bebas
sambil mendengarkan musik |
|
|
2.12.2.Memberi dan
memohon maaf |
9.Menyanyi lagu
radio televisi |
|
|
2.14.3.Berbicara
sopan |
10.Menyampaikan
pendapat lewat telepon |
|
|
3.2.2.dan
4.2.2.Ucapan salam |
11.Percakapan dua
arah |
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Mengkoordinasikan motorik halus |
12.Melengkapi gambar
radio, telepon |
|
|
3.6.6.dan
4.6.6.Mengembalikan mainan. |
13.Bermain alat
perkusi |
|
|
3.9.4.dan 4.9.4.Alat
tehnologi sederhana. |
14.Membuat bentuk
alat komunikasi dengan plastisin |
|
|
3.10.1.dan
4.10.1.Percakapan dua arah/lebih |
15.Menyebutkan
perbedaan radio dan televisi |
|
|
3.12.4.dan 4.12.4.
Garis tegak,datar,lengkung |
16.Konsep waktu
(membaca jam) |
|
|
3.13.1.dan
4.13.1.Mengendalikan emosi |
17.Menirukan 3
urutan kata |
|
|
3.15.1.dan
4.15.1.Senandung bunyi-bunyian, |
18.Membuat urutan
angkan pada Hp |
|
|
|
19.Menyebutkan
bagian – bagian alat komunikasi |
|
|
. |
20.Membuat laptop
mainan |
|
|
|
21.Menghubungkan
bagian – bagian alat komunikasi dengan tulisan |
|
|
|
22.Membedakan besar
– kecil benda |
|
|
|
23.Mencocok bentuk
komputer |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
ALAT KOMUNIKASI
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 13
KD : 1.1, 2.2, 2.3, 2.4, 2.5, 2.7, 2.9, 2.12, 2.14,
3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12.3.13, 4.13,
3.15, 4.15.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
ALAT KOMUNIKASI |
1.2.7.Menghargai
hasil karya orang lain |
1.Diskusi tentang
alat komunikasi cetak & tradisional |
|
CETAK &
TRADISIONAL |
2.2.3.Mengetahui apa
yang terjadi bila tidak ada |
2.Membaca majalah
bersama-sama |
|
-Koran |
Alat komunikasi |
3.Mengulang kalimat
yang sudah didengar |
|
-Majalah |
2.3.2.Berkreasi
menggunakan berbagai media |
4.Kolase dengan
koran bekas pada gambar koran |
|
-Baleho / selebaran |
2.4.1. Bergerak
sesuai irama musik |
5.Bermain alat
perkusi |
|
-Kentongan |
2.5.2. Menyampaikan
pesan |
6.Mencocok bentuk
gambar kentongan |
|
-Peluit |
2.7.3. Mendengarkan
temannya bicara |
7.Bermain kentongan
sambil bernyanyi |
|
-Bedug |
2.9.3.Mau
meminjamkan miliknya |
8.Membuat betuk
baleho |
|
|
2.12.2.Memberi dan
memohon maaf |
9.Mengukur panjang
koran |
|
|
2.14.3.Berbicara
sopan |
10.Meronce dengan
koran bekas |
|
|
3.2.2.dan
4.2.2.Ucapan salam |
11.Bermain dengan
bola dari koran |
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Mengkoordinasikan motorik halus |
12.Berjalan maju
membawa beban majalah di atas kepala |
|
|
3.9.4.dan 4.9.4.Alat
komunikasi tradisional. |
13.Montase gambar –
gambar dari majalah |
|
|
3.10.1.dan
4.10.1.Percakapan dua arah/lebih |
14.Menghitung
majalah, kentongan dll |
|
|
3.12.4.dan 4.12.4.
Garis tegak,datar,lengkung |
15.Membuat bentuk
baleho |
|
|
3.13.1.dan
4.13.1.Mengendalikan emosi |
16.Menyebutkan
posisi benda |
|
|
3.15.1.dan
4.15.1.Senandung bunyi-bunyian, |
17.Membuat tulisan
isi dari baleho |
|
|
|
18.Bercerita tentang
pengalaman |
|
|
|
19.Lomba lari |
|
|
. |
20.Membuat peluit
mainan dari daun / sedotan |
|
|
|
21.Memasangkan
gambar peluit sesuai angka |
|
|
|
22.Membedakan suara
peluit |
|
|
|
23.Menirukan suara
bedug |
|
|
|
24.Menghubungkan
gambar dengan tulisan |
|
|
|
25.Melengkapi gambar
bedug |
|
|
|
26.Kolase gambar
bedug dengan kertas |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
NEGARAKU
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 14
KD : 1.1, 1.2,2.4, 2.5, 2.6, 2.9, 2.10, 2.11, 2.14,
3.1, 4.1, 3.5, 4.5, 3.6, 4 .6,3.7, 4.7, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11.3.15, 4.15.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
NAMA NEGARA |
1.1.4.Mensyukuri
ciptaan Tuhan |
1.Diskusi tentang
nama,dasar ,lambang negara indonesia, pulau |
|
DASAR NEGARA |
1.2.7.Menghargai
hasil karya orang lain |
2.Menyanyi lagu ANAK
INDONESIA |
|
LAMBANG NEGARA |
2.5.6.Menceritakan
pengalaman |
3.Menggunting gambar
burung garuda |
|
BENDERA NEGARA |
2.6.5.Mentaati tata
tertib yang ada |
4.Menjahit membuat
bentuk bendera |
|
PULAU |
2.9.1.Gotong royong |
5.Menghafal syair
Pancasila |
|
|
2.10.5.Toleransi |
6.Menghubungkan
gambar-gambar perisai Burung garuda |
|
|
2.11.3.Menyesuaikan
diri dengan lingkungan |
sesuai angka sila
Pancasila |
|
|
2.14.2.Mendengarkan
orang tua bicara |
7.Bermain balok
membuat tugu monas |
|
|
3.1.8.dan
4.1.8.Hari-hari besar nasional |
8.Mencari jejak
gambar tugu monas |
|
|
3.5.2.dan
4.5.2.Mencari jejak |
9.Melengkapi gambar
pada perisai burung garuda |
|
|
3.6.4.dan
4.6.4.Meniru pola |
10.Berjalan maju
pada garis lurus |
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep bilangan |
11.Meloncat dengan
ketinggian 40cm |
|
|
3.7.5.dan
4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak |
12.Memasangkan nama
pulau dengan gambarnya |
|
|
3.10.3.dan
4.10.3.Menceritakan isi buku |
13.Meniru pola pulau
jawa |
|
|
3.11.3.dan.4.11.3.Lagu
lagu-lagu nasional |
14.Menggunting
gambar burung garuda |
|
|
3.15.2.dan
4.15.2.Tertarik pada karya seni |
15.Menghitung bulu
pada gambar burung garuda |
|
|
|
16.Melengkapi
tulisan di bawah gambar burung garuda |
|
|
|
17.Permainan fisik
pindah bendera |
|
|
|
18.Meniru menulis
syair lagu bendera mebrah putih |
|
|
. |
19.Meniru gerakan
sederhana |
|
|
|
20.Mengurutkan benda
berdasarkan tinggi – rendah |
|
|
|
21.Menghitung hasil
pengurangan dengan benda |
|
|
|
22.Mozaik pada gabar
tugu monas |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
NEGARAKU
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 15
KD : 1.1, 1.2,2.4, 2.5, 2.6, 2.9, 2.10, 2.11, 2.14,
3.1, 4.1, 3.5, 4.5,3.6,4.6, 3.7, 4.7, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11.3.15, 4.15..
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
PRESIDEN &
WAKILNYA |
1.1.4.Mensyukuri
ciptaan Tuhan |
1.Menunjukkan foto
presiden dan wakil presiden Indonesia |
|
PAHLAWAN |
1.2.7.Menghargai
hasil karya orang lain |
2.Menebali huruf
nama presiden dan wakil presiden |
|
HARI BESAR NASIONAL |
2.4.5.Adat istiadat |
3.Diskusi tentang
hari-hari besar nasional |
|
ADAT ISTIADAT |
2.5.6.Menceritakan
pengalaman |
4.Menari |
|
LAGU – LAGU NASIONAL |
2.6.5.Mentaati tata
tertib yang ada |
5.Bercerita tentang
pengalaman ikut /melihat pawai |
|
|
2.9.1.Gotong royong |
6.Menjiplak gambar
benda pusaka |
|
|
2.10.5.Toleransi |
7.Mewarnai gambar
pakaian adat |
|
|
2.11.3.Menyesuaikan
diri dengan lingkungan |
8.Memakai pakaian
adat |
|
|
2.14.2.Mendengarkan
orang tua bicara |
9.Menyanyi lagu-lagu
nasional |
|
|
3.1.8.dan
4.1.8.Hari-hari besar nasional |
10.Mengisi pola
dengan garis pada gambar rumah adat |
|
|
3.5.2.dan
4.5.2.Mencari jejak |
11.Senam irama |
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep bilangan |
12.Melipat kertas
menjadi bentuk pigura |
|
|
3.7.5.dan
4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak |
13.Menulis nama
pahlawan sesuai gambar |
|
|
3.10.3.dan
4.10.3.Menceritakan isi buku |
14.Menghubungkan
gambar dengan angka |
|
|
3.11.3.dan.4.11.3.Lagu
lagu-lagu nasional |
15.Mencari jejak
gambar rumah adat |
|
|
3.15.2.dan
4.15.2.Tertarik pada karya seni |
16.Diskusi tentang
adat istiadat |
|
|
|
17.Lomba memasang
foto persiden |
|
|
|
18.Membuat bentuk
umbul – umbul |
|
|
|
19.Meronce hiasan
dengan kertas merah putih |
|
|
. |
20.Meneruskan pola |
|
|
|
21.Membuat bentuk
bambu runcing |
|
|
|
22.Menyebutkan nama
pahlawan wanita |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
ALAM SEMESTA
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 16
KD : 1.1, 1.2,2.1, 2.2, 2.3, 2.5, 2.7, 2.9,, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.11, 4.11, 3.13, 4.13.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
BUMI |
1.1.1.Alam semesta
ciptaan Tuhan |
1.Bersyukur atas
nikmat Tuhan |
|
- Pegunungan |
1.2.1.Bersyukur |
2.Diskusi tentang
benda-benda yang ada di bumi |
|
- Perkotaan |
2.1.5.Kebersihan
diri sendiri |
3.Lomba mengumpulkan
batu |
|
- Pedesaan |
2.2.3.Mengetahui apa
yang terjadi |
4.Menghitung
batu/kerikil |
|
- Gunung meletus |
2.3.1.Mengembangkan
hasil karyanya |
5.Membatik jumputan
dengan kerikil |
|
- Tanah longsor |
2.5.6.Menceritakan
pengalaman sederhana |
6.Bermain dengan
tanah liat |
|
|
2.7.5.Mengendalikan
emosi |
7.Mengelompokkan
benda – benda yang ada di sekitar anak |
|
|
2.9.4.Rasa empati
padaorang lain |
8.Mneyebutkan benda
yang terbuat dari tanah liat |
|
|
3.1.3.dan
4.1.3.Hafalan doa sehari-hari |
9.Mencetak dengan
jari pada gambar guci / kendi |
|
|
3.2.7.dan
4.2.7.Perbuatan baik terhadap sesama |
10.Gerak dan lagu
naik – nai ke puncak gunung |
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep penjumlahan dan pengurangan |
11.Percobaan membuat
gunung meletus |
|
|
3.8.4.dan
4.8.4.Suasana pedesaan,pegunungan, perkotaan. |
12.Membuat sajak
sederhana |
|
|
3.10.3.dan
4.10.3.Menceritakan isi buku |
13.Menyanyi lagu
matahari terbenam |
|
|
3.11.4.dan
4.11.4.Sajak sederhanan |
14.Membuat mainan
dengan tehnik 3m |
|
|
3.13.2.dan
4.13.2.Beradaptasi dengan lingkungan sekitar. |
15.Mencari jejak
daerah pegunungan |
|
|
|
16.Bermain perosotan |
|
|
|
17.Memberi tanda
perbuatan benar dan salah |
|
|
|
18.Permainan warna
usap abur dengan krayon |
|
|
|
19.Menirukan 4
urutan kata |
|
|
|
20.Membuat orang –
orangan sawah |
|
|
|
21.Menggambar
suasana desa |
|
|
|
22.Menceritakan isi
gambar yang dibuatnya dengan tulisan |
|
|
|
23.Memanjat tangga
majemuk |
|
|
|
24.Membuat bentuk
gedung bertingkat dengan kubus |
|
|
|
25.Menyebutkan kota
yang dikenal anak |
|
|
|
26.Mengulang kalimat
yang sudah didengar |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA :
ALAM SEMESTA
KELOMPOK :
B
SEMESTER / MINGGU :
2 / 17
KD : 1.1, 1.2,2.1, 2.2, 2.3, 2.5, 2.7, 2.9,, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.11, 4.11, 3.13, 4.13.
NO |
SUB TEMA |
MUATAN / MATERI |
RENCANA KEGIATAN |
1 |
BENDA – BENDA |
1.1.1.Alam semesta
ciptaan Tuhan |
1.Dikusi tentang
benda – benda langit |
|
LANGIT |
1.2.1.Bersyukur |
2.Bercerita tentang
pengalaman anak |
|
- Matahari |
2.1.5.Kebersihan
diri sendiri |
3.Menyanyi lagu
matahari terbenam, pelangi dll |
|
- Bulan |
2.2.3.Mengetahui apa
yang terjadi |
4.Membuat sajak
sederhana |
|
- Bintang |
2.3.1.Mengembangkan
hasil karyanya |
5.Membuat coretan
menjadi bentuk halilintar |
|
- Pelangi |
2.5.6.Menceritakan
pengalaman sederhana |
6.Diskusi tentang
terjadinya pelang, hujan dll |
|
- Awan |
2.7.5.Mengendalikan
emosi |
7.Menggunting ganbar
pelangi |
|
- Petir / halilintar |
2.9.4.Rasa empati
padaorang lain |
8.Mengisi pola pada
gambar matahari |
|
|
3.1.3.dan
4.1.3.Hafalan doa sehari-hari |
9.Percobaan membuat
sinar dengan senter |
|
|
3.2.7.dan
4.2.7.Perbuatan baik terhadap sesama |
10.Menghafal doa
waktu hujan/ada petir |
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep penjumlahan dan pengurangan |
11.Menghitung hasil
pengurangan dengan benda |
|
|
3.8.4.dan
4.8.4.Suasana pedesaan, pegunungan, perkotaan. |
12.Kolase pada
gambar bulan, bentuk awan |
|
|
3.10.3.dan
4.10.3.Menceritakan isi buku |
13.Membedakan dua
benda |
|
|
3.11.4.dan
4.11.4.Sajak sederhanan |
14.Mencocokkan
bilangan dengan benda |
|
|
3.13.2.dan
4.13.2.Beradaptasi dengan lingkungan sekitar. |
15.Permainan fisik
lintang alihan, petak umpet |
|
|
|
16.Melipat kertas
menjadi bentuk bintang |
|
|
|
17.Menghitung bentuk
– bentuk bintang |
|
|
|
18.Membaca buku
cerita bergambar |
|
|
|
19.Menyebutkan
konsep waktu |
|
|
|
20.Bersenandung
sesuai irama lagu |
|
|
|
21.Permainan warna
dengan krayon |
|
|
|
22.Melengkapi kata
di bawah gambar |
|
|
|
23.Meneruskan pola
bentuk benda – benda langit |
|
|
|
24.Menyebutkan huruf
awal sama |
|
|
|
25.Membedakan suara
– suara (petir, halilintar) |
|
|
|
26.Mengelompokkan
gambar benda – benda langit |
|
|
|
27.Menghubungkan
gambar benda langit dengan kartu kata |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________