Friday, October 23, 2020

DRAF JUKLAK FLS2N-SD TAHUN 2019

 

parwisi copy (1)



PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Jl. Dalem Wirawangsa Km.1.2 Margajaya Kec. Mangunreja Kab. Tasikmalaya 46462

Telp. (0265) 548686-(0265) 548684 Fax  (0265) 548682

e-mail:disdiktsm@gmail.com website http://disdik.tasikmalayakab.go.id

 


DRAAF

 JUKLAK FLS2N-SD TAHUN 2019

TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA

A.      DASAR HUKUM

 

  1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah
  3. Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara
  4. Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan
  7. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar No; SP DIPA:023.03.1.666.011/2019 Tanggal 5 Desember Tahun 2018

 

B.       TUJUAN

 

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional SD bertujuan :

1.       Memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik Sekolah Dasardalam mengembangkan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan  mutu Pendidikan

2.       Mengekpresikan seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter pserta didik

3.       Menumbuh kembangkan daya kreativitas dan motivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya

4.       Menanamkan dan meningkatkan apresiasu seni , khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

5.       Menumbuhkan sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi

C.      TEMA FLS2N TAHUN 2019

 

Tema Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tahun 2019 adlah :

“ Seni Membentuk Kepekaan Rasa Terhadap Lingkungan Lokal dan Global “

 

D.   PESERTA FLS2N TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA

 

1.      Peserta FLS2N–SD adalah warga Negara Indonesia (WNI) Pa atau Pi yang pada Tahun Pelajaran 2019-2020 masih berstatus Siswa SD/MI dan atau sederajat

2.      Peserta FLS2N Tingkat Kabupaten Tasikmalaya adalah Juara ke 1 pada Materi lomba Tingkat Kecamatan yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala UPT Pendidikan Wilayah Kecamatan

3.      Perta FLS2N belum pernah menjadi Juara ke 1 di Tingkat Kabupaten Tasikmalaya pada Materi Lomba yang sama.

E.       JUMLAH PESERTA FLS2N TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2019

 

No

Jenis Lomba

Peserta

Pelatih

Ketua Tim

1

Nyanyi Tunggal

1

1

1

2

Seni Tari

3

1

3

Pantomim

1

1

4

Gambar Bercerita

1

1

5

Kriya Anyaman

1

1

6

Baca Puisi

1

1

7

Mendongeng

1

1

Jumlah

9

7

1

 

 

 

F.       MATERI LOMBA/ KETENTUAN LOMBA

 

1.      Lomba Menyanyi Solo

a.       Menyanyi Tunggal adalah menyanyi seorang diri dengan diiringi musik, baik piano, kibord atau CD.

b.      Materi Lomba

1)      Lagu Pilihan Wajib

-          “Hamba Menyanyi” Ciptaan Bing Slamet

-          “ Tuhan” Ciptaan Bimbo

-          “ Andai Aku Besar Nanti” Ciptaan Elfa.S/ Vera Syl

-          “ Indonesia Jaya” Ciptaan Chaken M

2)      . Pakaian Peserta Nyanyi Tunggal Bebas sopan

3)      . Kriteria Penilaian :

-          Materi Vocal

-          Terknik ( pernapasan,intonasi, artikulasi dan resonansi)

-          Ekpresi/Penjiwaan (dinamika, tempo, penghayatan, ketepatan interpretasi lagu dan musikalitas)

4). Tempat dan waktu ditentukan kemudian.

 

2.      Lomba Seni Tari

Lomba Seni Tari pada FLS2N Tahun 2019 adalah Lomba tari Ciptaan baru yang berangkat dari kreativitas sesuai dengan tingkat usia dan psikologi anak. Tari Ciptaan baru tersebut secara gerak, tema, kostum dan tata rias dapat memunculkan spirit budaya setempat. Tari tersebut mengandung kekuatan tradisi lokal dan kekayaan budaya lokal yang terlihat dari ragam gerak, nuansa musik, kostum,properti, dan adegan(peristiwa yang terjadi di panggung)

 

1)      Ketentuan Lomba

-     Peserta terdiri dari 3 orang (boleh laki-laki saja, Perempuan saja atau Campuran)

-     Menyerahkan sinopsis (penjelasan singkat) 3 rangkap tentang konsep pada waktu sebelum tampil

-     Dalam sinopsis harus dituliskan : Judul , Tema, pijakan karya dan pencipta

2).  Kostum, tata rias dan penunjang lainnya disesuaikan dengan tema

3).  Iringan Musik menggunakan CD

4).  Diperbolehkan menggunakan porperti yang tidak membahayakan

5).  Durasi waktu 5- 7 menit

6). Tema Karya Tari yang dipilih  : Anak dan Lingkungan Alam, Anak dan  Lingkungan Kesehatan/Sosial, Anak dan permainan setempat

7).  Aspek yang dinilai

-   Kreografi ( elemen komposisi,kreativitas)

-   Penerapan inovasi tema dalam karya tari

-  Orsinilitas akar garapan dalam karya tari

-  Penampilan utuh/performance

-  Kesesuaian antara musik tari,tata rias dan busana dengan tema tari

8). Tempat dan waktu ditentukan kemudian.

 

3.      Pantomim

a.      Pengertian

Pantomim adalah seni pertunjukan imajinatif yang memvisualisasikan suatu objek  atau benda tanpa kata-kata serta dapat menyampaikan rasa dan pesan melalui gerak tubuh, dan mimik wajah. Lomba pantomim lebih menitik beratkan pada kreativitas dan perkembangan karakter, olah gerak dan ekspresi anak yang bermuatasn lokal serta menjungjung tinggi budaya bangsa.

b.      Tema Lomba

-          Aku dan Alam ( antara lain tentang lingkungan hidup, satwa, limbah air dll)

-          Aku dan Teknologio ( antara lain masalah tentang internet, robot dll)

-          Tema Lomba dapat dikembangkan sesuai kreativitas dan imajinasi masing-masing peseta serta diharapkan inspirasi sebagai  penyelesaian masalah

c.       Ketentuan

-          Peserta Tunggal, boleh Pa boleh Pi

-          Durasi waktu 5-7 menit

-          Kostum,tata rias disesuaikan

-          Iringan musik menggunakan CD

-          Tidak diperbolehkan menggunakan porperti

d.      Kriteria Penilaian

-          Konsep (imajinatif,kreatif dan inspiratif)

-          Gerak (teknik tubuh, dan harmonisasi)

-          Ekspresi (penjiwaan dan mimik wajah)

-          Penampilan (kostum,dan tata rias)

-          Wawasan ( kepedulian terhadap lingkungan)

-          Menyerahkan sinopsis (penjelasan singkat) 3 rangkap tentang konsep pada waktu sebelum tampil

e.       Tempat dan waktu ditentukan kemudian.

 

 

4.      Gambar Bercerita

a.      Pengertian

Gambar bercerita adalah gambar yang memiliki narasi “literasi visual” yang tujuannya menceritakan proses kejadian /peristiwa melalui gambar, tanpa ada penjelasan tertulis.

b.      Topik/ Tema  Gambar Bercerita

Tema Utama “ Mengembangkan karakter dan Prestasi Melalui Kreasi Seni”

Tujuan kegiatan untuk menanamkan rasa cinta tanah air Indonesia dengan segala keragaman dan kekayaan budayanya, serta memupuk budi pekerti dan karakter budaya Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika.

c.       Bahan dan Alat

-          Ketas khusus gambar 270gr s/d 300 gr dengan ukuran 60x 80 cm (A1) khus kertas gambar disediakan oleh panitia

-          Krayon

-          Pensil warna( watercolour pencil)

-          Spidol gambar ( warna) 0.4 – 0.8

-          Pensil 2 B, 3 B dan 4 B + penghapus dan peraut pencil

d.      Durasi waktu  4 Jam

e.       Kostum bebas sopan, sesuaikan

f.        Kriteria Penilaian

1). Aspek edukasi

- Gambar dan ceritanya mendidiksesuai dengan norma kesusilaan dan tidak bertentangan dengan pornigrafi, dan sara

- Pengetahuan dan wawasan

- Memahami dan mengetahui makna(tema dan cerita yang dipilaih)

2).  Aspek Cerita

Aspek cerita mencakup:

-          Kehidupan dunia anak-anak Sekolah Dasar

-          Tidak terlalu rumit, jelas dan komunikatif

-          Isi Cerita gambar sesuai dengan tema yang dipilih

-          Keragaman objek

-          Penguasaan media mampu meng0mposisikan dan menyusun unsur-unsur visual.

3).  Aspek Gambar

Aspek Gambar meliputi :

-  Keaslian ide karya sendiri tanpa dibantu oleh siapapun

-  Merupakan karya baru

-  Keluwesan, unsur rupa yang dihadirkan enak dilihat, tidak kaku, menggambarkan  

   suasana yang hjidup

4). Peserta Tunggal, boleh Pa boleh Pi

g.    Tempat dan waktu ditentukan kemudian.

 

5.      Kriya Anyaman

a.      Pengertian

Kriya Anyaman merupakan ekspresi ungkap seni terapan dalam berkarya yang dibuat dalam jumlah terbatas, menonjolkan teknik keterampilan, mengolah material, metoda kerja, hasil yang mengutamakan segi nilai estetikserta keunikan dan nilai guna.

 

b.      Tema

Kreasi Baru karya anyam melalui medium bambu ubtuk mengasah keterampilan, ketekunan, ketelitian dengan inovatif yang kreatif dan berkarakter.

c.       Bahan dan Peralatan

1)      Bahan terbuat dari bambu yang secara umum banyak dilingkungan anak

2)      Bahan anyaman dibawa oleh peserta sesuai dengan kebutuhan, tidak diperbolehkan membawa setengah jadi, atau tinggal merakit, atau siap pasang sudah diserut..

3)      Bahan yang dibawa adalah bahan material utuh siap untuk dianyam

4)      Peralatan dibawa oleh peserta sesuai dengan kebutuhan pada waktu lomba yang khas biasa dipakai baik manual atau semi mesin(elektrik)

5)      Karya dapat diwarnai dengan bahansintetis atau campuran 9dilakukan sebelum perlombaan) kecuali finising ( melapisi karya dengan vernis)

d.      Durasi Waktu  6 jam

e.       Bentuk Karya Kriya Anyaman

1). Mempunyai nilai fungsi dan estetika

2). Ukuran Panjang 40 cm, lebar, 40 cm dan tinggi 40 cm

3). Boleh lebih kecil dan atau lebih besar sedikit sesuai dengan peoporsi produk

      karya yang dibuat.

f.        Kostum disesuaikan

g.       Peserta Tunggal, boleh Pa boleh Pi

h.      Tempat dan waktu ditentukan kemudian.

 

6.      Baca Puisi

a.      Pengertian

Lomba Baca Puisi adalah membaca karya puis yang ditampilkan di depan publik (panggung) yang diekspresikan dengan suara dan gerak tubuh sesuai dengan makna puisi tersebut. Dalam lomba ini peserta membaca bukan menghapal atau menalar.

b.      Materi Lomba

Peserta memilih untuk membacakan puisi di bawah ini :

1). “ Baju Bulan”  Karya Joko Pinurbo

2). “Sejumlah Anak” Karya Andri Darmadji Woko

3). “ Ibuku Dahulu” Karya Amir Hamzah

4). “ Doa “ Karya  Chairil Anwar

5).  “Kami Pewaris Negeri Ini “ Karya Paundra

c.   Kriteria Penilaian

1) . Penjiwaan atau interpretasi teks

2). Vokal, artikulasi, Intonasi, karakter suara, kekuatan suara dan tempo

3). Penampilan, Ekpresi

d. Ketentuan Penampilan,

1. Peserta membaca puisi dengan menggunakan teks tercetak diatas kertas

2. Dalam membacakan puisi tidak boleh menggunakan alat musik pengiring (termasuk suara latar.

e. Kostum disesuaikan

       f. Tempat dan waktu ditentukan kemudian.

g.  Peserta Tunggal, boleh Pa boleh Pi

 

 

 

7.      Mendongeng

a.      Pengertian

Mendongeng adalah menceritakan suatu kisah dengan tema tertentu yang diambil dari berbagai sumber.

b.      Ketentuan

-          Dongeng diutamakan mengandung warna lokal masing-masing daerah

-          Jika karya dongeng yang dilombakan diambil dari buku dongeng yang telah diterbitkan , sumbernya harus dicantumkan (buku, pengarang, dsb)

-          Peserta dibebaskan dalam berekpresi (boleh menggunakan alat perga yang tidak membahayakan untuk mendukung penampilan)

-          Peserta Mendongeng tidak dibenarkan menyampaikan kata pengantar, perkenalan, penutup dan  promosi sebelum maupun sesudah penampilan, kecuali bacaan salam (“Assalamualaikum”, “Selamat pagi”, “Selamat siang”)

-          Durasi waktu 5-7 menit

-          Peserta menyerahkan naskah dongeng 3 rangkap kepada panitia

-           

c.       Kriteria Penilaian

1). Kesesuaian isi dengan tema

2). Penyampaian isi dongeng dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar

3). Penjiwaan atas tema, isi dan pesan

4). Peampilan (ekspresi, penjiwaan, intonasi) dan kreativitas yang mendukung pesan

      dongeng dengan teknik gerak, suara, visual, propertyi dan lainnya

d.      Kostum bebas, sesuaikan

e.       Peserta Tunggal boleh Pa atau Pi

f.        Tempat dan waktu ditentukan kemudian.

 

 

 

                                                           Tasikmalaya,  01 Februari  2019

                                                                                 Penyusun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DRAAF

PASTRASENDA TAHUN 2019

TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA

 

 

A.      PESERTA PASTRASENDA

1.      Peserta Pastrasenda Terdiri dari Pa dan  Pi yang pada Tahun Pelajaran 2019-2020 masih berstatus Siswa SD/MI dan atau sederajat

2.      Peserta Pastrasenda Tingkat Kabupaten Tasikmalaya adalah Juara ke 1 pada Materi lomba Tingkat Kecamatan yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala UPT Pendidikan Wilayah Kecamatan

3.      Perta Pastrasenda belum pernah menjadi Juara ke 1 di Tingkat Kabupaten Tasikmalaya pada Materi Lomba yang sama.

 

B.  MATERI PASTRASENDA SEKOLAH DASAR TAHUN 2019 TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA TERDIRI DARI :

1.      Pasanggiri Kawih

2.      Baca Tulis aksara Sunda

3.      Maca Sajak

4.      Ngadongeng

 

  1. JUMLAH PESERTA PASTRASENDA TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2019

 

No

Jenis Lomba

Peserta

Pelatih

Ketua Tim

1

Pasanggiri Kawih

2

1

1

2

Baca Tulis Aksara Sunda

2

1

3

Maca Sajak

2

1

4

Ngadongeng

2

1

Jumlah

8

4

1

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      PASANGGIRI KAWIH

 

a.       Materi Lomba

Kawih Pilihan Wajib baik Pa maupun Pi

-          Kalemah Cai Kuring Jangji

-          Isola

-          Bandung Lembang

-          Invalid Satria Sajati

-          Cinta Nusa

-          Bandung

-          Cacandran

b.      Pakaian Peserta Adat Sunda (sesuaikan)

c.       . Kriteria Penilaian :

-          Materi Vocal

-          Terknik ( pernapasan,intonasi, artikulasi dan resonansi)

-          Ekpresi/Penjiwaan (dinamika, tempo, penghayatan, ketepatan interpretasi lagu dan musik)

d.      Ketentuan

-          Peserta memillih salahsatu Kawih yang telah ditentukan di atas

-          Pasanggiri Kawih  diiringi Kacapi (lave), disediakan oleh Panitia

-          Peserta boleh membawa pengiring sendiri

e.       Tempat dan waktu ditentukan kemudian.

 

  1. Baca Tulis Aksara Sunda

a.Peserta : Pa dan Pi

b. Materi Baca maupun Nulis aksara Sunda ditentukan pada waktunya oleh Dewan Juri

c. Kostum Bebas Sopan

d. Kriteria Penilaian

-   Ketepatan dan kecepatan dalam membaca Aksara Sunda

-   Ketepatan, Kerapihan, keindahan  dan Kecepatan dalam menulis Aksara Sunda

-   Vokal, artikulasi, Intonasi, karakter suara, kekuatan suara dan tempo dalam membaca   Aksara Sunda

e. Waktu dan Tempat ditentuka kemudian

3. Maca Sajak

a.Peserta : Pa dan  pi

-  Juara ke I hasil seleksi di Tingkat Kecamatan

            b Judul Sajak

                Siswa membacakan salah satu judul sajak pada Buku “ Daweung Panineungan”

                 Karya Nanang Sos

c.       Peserta menyerahkan naskah Sajak 3 rangkap kepada Panitia sebelum lomba dimulai

d.      Ketentuan

-          Peserta membaca sajak dengan menggunakan teks tercetak diatas kertas

-          Kostum Pakaian Adat Sunda

e.       Waktu dan Tempat ditentuka kemudian

 

4. Seni Ngadongeng

a. Peserta : Pa + pi

b. Tema mendongeng

-   Cerita Fabel yang mengakar di wilayah Jawa barat

c. Durasi  5- 6 menit

d. Busana Sesuaikan

e. Ketentuan

-   Dongeng diutamakan mengandung warna lokal masing-masing daerah

-   Jika karya dongeng yang dilombakan diambil dari buku dongeng yang telah diterbitkan , sumbernya harus dicantumkan (buku, pengarang, dsb)

-   Peserta dibebaskan dalam berekpresi (boleh menggunakan alat perga yang tidak membahayakan untuk mendukung penampilan)

-   Peserta ngadongeng  tidak dibenarkan menyampaikan  kata pengantar, perkenalan, penutup dan promosi sebelum maupun sesudah penampilan, kecuali bacaan salam

-       Peserta menyerahkan naskah dongeng 3 rangkap kepada panitia

 

f.        Kriteria Penilaian

1). Kesesuaian isi dengan tema

2). Penyampaian isi dongeng dengan bahasa Sunda yang baik dan benar

3). Penjiwaan atas tema, isi dan pesan

4). Peampilan (ekspresi, penjiwaan, intonasi) dan kreativitas yang mendukung pesan

      dongeng dengan teknik gerak, suara, visual, propertyi dan lainnya

g.      Waktu dan Tempat ditentuka kemudian

 

                                                                                            Tasikmalaya,  03 Februari  2019

                                                                                              Penyusun

 

 

  • Keterangan bila ada kekurangan dan belum jelas, akan diperbaiki kemudian.