Monday, October 7, 2019

KISI KISI PTS MATEMATIKA KELAS 4, 5, 6 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 TAHUN 2019


KISI- KISI SOAL
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA
Kelas/Semester          : IV (EMPAT)/Satu

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Soal
Bentuk Soal
Bobot
1.
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
Disajikan gambar, siswa mampu membaca bilangan bulat
PG
1
2.
3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Disajikan wancana, siswa mampu  membulatkan menjadi dua bentuk decimal
PG
1
3
4.7 Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
Disajikan wancana, siswa mampu  merubah satuan berat ton ke kg.
PG
1
4
4.1 Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
Disajikan gambar, siswa mampu menentukan pecahan senilai
PG
1
5
3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Disajikan bilangan desimal, siswa mampu merubah kedalam bentuk persen
PG
1
6
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
Disajikan bilangan pecahan biasa, siswa mampu menentukan pecahan senilai
PG
1
7
4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Disajikan bilangan pecahan campuran, siswa mampu mengubah ke dalam pecahan biasa
PG
1
8
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
Disajikan bilangan pecahan biasa, siswa mampu menentukan gambar yang sesuai dengan pecahan tersebut
PG
1
9
3.7 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
Disajikan bilangan, siswa mampu menentukan pembulatan puluhan terdekat
PG
1
10
4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Disajikan bilangan pecahan campuran, siswa mampu mengubah kedalam bentuk decimal
PG
1
11
3.7 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
Disajikan bilangan desimal, siswa mampu membulatkan kesatu desimal.
PG
1
12
3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Disajikan bilangan desimal, siswa mampu mengubah ke bentuk pecahan  biasa
PG
1
13
3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Disajikan wancan, siswa mampu menentukan pecahan desimal yang sesuai
PG
1
14
3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Disajikan wancan, siswa mampu menentukan pecahan desimal yang sesuai
PG
1
15
3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua
Disajikan gambar, siswa mampu menentukan luas bangun datar
PG
1
16
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
Disajikan gambar, siswa mampu membaca bilangan bulat
ISIAN
2
17
4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Disajikan bilangan pecahan biasa, siswa mampu  menyederhanakan pecahan tersebut
ISIAN
2
18
4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Disajikan bilangan pecahan biasa, siswa mampu  menentukan tiga pecahan yang senilai lainnya.
ISIAN
2
19
3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
Disajikan bilangan, siswa mampu  menyelesaikan operasi hitung FPB.
ISIAN
2
20
3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
Disajikan bilangan, siswa mampu  menyelesaikan operasi hitung KPK.
ISIAN
2
21
3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
Disajikan bilangan, siswa mampu  menyelesaikan Faktorisasi dari suatu bilangan.
ISIAN
2
22
4.3 Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
Disajikan bilangan, siswa mampu  memberikan  tanda pada bilangan tersebut .
ISIAN
2
23
4.3 Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
Disajikan data, siswa mampu  membedakan nalai bilangan.
ISIAN
2
24
4.3 Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
Disajikan Wancana , siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan
ISIAN
2
25
4.3 Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
Disajikan data, siswa mampu  mengurutkan pecahan dari yang terkecil ke terbesar
ISIAN
2
26
4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Disajikan bilangan pecahan biasa, siswa mampu  mengambarkan  pecahan tersebut
URAIAN
3
27
4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Disajikan bilangan pecahan biasa, siswa mampu  menjumlahkan pecahan tersebut
URAIAN
3
28
4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Disajikan bilangan pecahan biasa, siswa mampu  mengurangi pecahan tersebut
URAIAN
3
29
4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Disajikan bilangan pecahan biasa, siswa mampu  menjumlahkan pecahan tersebut
URAIAN
3
30
4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Disajikan bilangan pecahan biasa, siswa mampu  mengurangi pecahan tersebut
URAIAN
3













KISI- KISI SOAL
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA
Kelas/Semester          : V (LIMA)/Satu

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Soal
Bentuk Soal
Bobot
1.
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
PG
1
2.
4.1 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan  
Disajikan data, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
PG
1
3
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
PG
1
4
4.1 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan  
Disajikan gambar, siswa mampu  menunjukan pecahan yang sesuai dengan gambar tersebut.
PG
1
5
4.1 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan  
Disajikan gambar, siswa mampu  menunjukan pecahan yang sesuai dengan gambar tersebut.
PG
1
6
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
PG
1
7
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
PG
1
8
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
PG
1
9
3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan
Disajikan gambar, siswa mampu melakuan perkalian pecahan
PG
1
10
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
PG
1
11
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
PG
1
12
3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan
Disajikan gambar, siswa mampu melakuan pembagian pecahan
PG
1
13
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
PG
1
14
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
PG
1
15
3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan
Disajikan data, siswa mampu melakuan pembagian pecahan
PG
1
16
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
ISIAN
2
17
3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan
Disajikan gambar, siswa mampu melakuan perkalian pecahan
ISIAN
2
18
3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan
Disajikan gambar, siswa mampu melakuan perkalian pecahan
ISIAN
2
19
3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan
Disajikan gambar, siswa mampu melakuan perkalian pecahan
ISIAN
2
20
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
ISIAN
2
21
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
ISIAN
2
22
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
ISIAN
2
23
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung pecahan.
ISIAN
2
24
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan mengurutkan  pecahan.
ISIAN
2
25
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan mengurutkan  pecahan.
ISIAN
2
26
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan mengurutkan  pecahan.
URAIAN
3
27
4.1 emnyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahann
Disajikan bilangan pecahan biasa, siswa mampu  menjumlahkan pecahan tersebut
URAIAN
3
28
3.3 menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda  
Disajikan bilangan pecahan biasa, siswa mampu  mengerjakan operasi bilangan tersebut
URAIAN
3
29
3.3 menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda  
Disajikan bilangan pecahan biasa, siswa mampu  mengerjakan operasi bilangan tersebut
URAIAN
3
30
3.3 menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda  
Disajikan bilangan pecahan biasa, siswa mampu  mengerjakan operasi bilangan tersebut
URAIAN
3















KISI- KISI SOAL
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA
Kelas/Semester          : VI (ENAM)/Satu

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Soal
Bentuk Soal
Bobot
1.
3.1 Menjelaskan bilangan bulat negative
Disajikan data, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung bilangan bulat.
PG
1
2.
3.1 Menjelaskan bilangan bulat negative
Disajikan data, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung bilangan bulat.
PG
1
3
4.1 Menggunakan konsep bilangan bulat negative untuk menyatakan situasi sehari-hari
Disajikan wancana, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung bilangan bulat.
PG
1
4
3.1 Menjelaskan bilangan bulat negative
Disajikan data, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung bilangan bulat.
PG
1
5
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
Disajikan data, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung bilangan bulat.
PG
1
6
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
Disajikan data, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung bilangan bulat.
PG
1
7
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
Disajikan data, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung bilangan bulat.
PG
1
8
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
Disajikan data, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung bilangan bulat.
PG
1
9
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan data, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung bilangan bulat.
PG
1
10
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
PG
1
11
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
Disajikan data, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung bilangan bulat.
PG
1
12
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
Disajikan data, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung bilangan bulat.
PG
1
13
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
Disajikan data, siswa mampu  mengerjakan operasi hitung bilangan bulat.
PG
1
14
3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi
Disajikan wancana, siswa mampu  mengurutkan  pecahan.
PG
1
15
3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi
Disajikan data, siswa mampu menyederhanakan pecahan
PG
1
16
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan diagram , siswa mampu mengurutkan bilangan bulat.
ISIAN
2
17
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan gambar, siswa mampu melakuan  pengerjaan bilangan bulat
ISIAN
2
18
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan gambar, siswa mampu melakuan  pengerjaan bilangan bulat
ISIAN
2
19
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan gambar, siswa mampu melakuan  pengerjaan bilangan bulat
ISIAN
2
20
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan gambar, siswa mampu melakuan  pengerjaan bilangan bulat
ISIAN
2
21
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan gambar, siswa mampu melakuan  pengerjaan bilangan bulat
ISIAN
2
22
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan gambar, siswa mampu melakuan  pengerjaan bilangan bulat
ISIAN
2
23
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan gambar, siswa mampu melakuan  pengerjaan bilangan bulat
ISIAN
2
24
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan gambar, siswa mampu melakuan  pengerjaan bilangan bulat
ISIAN
2
25
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan gambar, siswa mampu melakuan  pengerjaan bilangan bulat
ISIAN
2
26
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan gambar, siswa mampu melakuan  pengerjaan bilangan bulat
URAIAN
3
27
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan gambar, siswa mampu melakuan  pengerjaan bilangan bulat
URAIAN
3
28
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan gambar, siswa mampu melakuan  pengerjaan bilangan bulat
URAIAN
3
29
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan gambar, siswa mampu melakuan  pengerjaan bilangan bulat
URAIAN
3
30
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Disajikan gambar, siswa mampu melakuan  pengerjaan bilangan bulat
URAIAN
3




No comments:

Post a Comment