KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR
SEMETER I EDISI COVID-19
KELAS
VI (ENAM)
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan Pelajaran :
PPKn
Cakupan Tema :
T1 , T2, T3, T4, T5
Jenis Sajian Soal :Parsial Mupel
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
MATERI
POKOK
|
INDIKATOR
SOAL
|
LEVEL
KOGNITIF
|
BENTUK
SOAL
|
NOMOR
SOAL
(Sajian Parsial
Muatan Pelajaran)
|
TEMA 1
|
1
|
3.1 Menganalisis
penerapan nilai-nilai
Pancasila
dalam kehidupansehari-hari
|
3.1.1.
Menyebutkan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1.2.
Menentukan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
3.1.3. Merinci
penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
3.1.4.
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
Penerapan
nilai-nilai Pancasila
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat menyebutkan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
Disajikan teks
peserta didik dapat menentukan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
Disajikan
gambar peserta didik dapat merinci penerapan nilai-nilai Pancasila dalam
kehdupan sehari-hari
Disajikan
tabel peserta didik dapat membandingkan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
|
L1
L2
L2
L3
L3
|
PG
PG
IsianSingkat
Essay
Isian
Singkat
|
1
2
16
26
17
|
TEMA 2
|
2
|
3.4 Menelaah
persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta
dampaknya
|
3.4.1 Menerapkan persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan
berbangsa dan bernegara
3.4.2 Menerapkan
dampak persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
3.4.3 Menentukan
persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
3.4.4 Menganalisis
dampak persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Persatuan
dan Kesatuan Bangsa
|
Disajikan
tabel peserta didik dapat menerapkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
Disajikan teks
peserta didik dapat menerapkan dampak persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara
Disajikan
gambar peserta didik dapat menentukan persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara
Disajikan teks
peserta didik dapat menganalisis dampak persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
L1
L1
L1
L2
L2
L3
|
PG
Isian
Singkat
PG
PG
Isian
Singkat
Essay
|
3
18
4
5
19
27
|
TEMA 3
|
3
|
3.2 Menganalisis
pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta
dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.2.1.
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara beserta dampaknya
3.2.2.
Menjelaskan dampak pelasksanaan hak sebagai warga negara dalam kehidupan
sehari-hari
3.2.3.
Menentukan dampak pelaksanaan
kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari
3.2.4.
Menentukan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari
3.2.5.
Menganalisis pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara
3.2.6.
Menganalisis pelaksanaan hak sebagai warga negara
|
Kewajiban,
hak, dan tanggung jawab
|
Disajikan
tabel peserta didik dapat mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban sebagai
warga negara dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan
gambar peserta didik dapat mengidentifikasi hak sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari
Disajikan teks peserta didik dapat menjelaskan dampak
pelaksanaan hak sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan teks
peserta didik dapat menentukan dampak pelaksanaan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan
gambar peserta didik dapat menentukan tanggung jawab sebagai warga negara
dalam sehari-hari
Disajikan teks
peserta didik dapat menganalisis pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga
negara
Disajikan
gamabar peserta didik dapat menganalisis pelaksanaan hak sebagai warga negara
|
L1
L1
L1
L2
L2
L3
L3
|
PG
Isian
Singkat
PG
PG
Isian
Singkat
Isian
Singkat
Essay
|
6
20
7
8
21
22
28
|
TEMA 4
|
4
|
3.3. Menelaah
keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
|
3.3.1. Menyebutkan keragaman sosial masyarakat
3.3.3. Menjelaskan keragaman ekonomi masyarakat
3.3.4. Menentukan keragaman sosial masyarakat
3.3.5. Menentukan keragaman budaya masyarakat
3.3.6. Menganalisis keberagaman budaya
masyarakat
3.3.7. Menganalisis ekonomi masyarakat
|
Persatuan
dan Kesatuan Bangsa
|
Disajikan teks
peserta didik dapat menyebutkan keberagaman sosial
Disajikan
gambar peserta didik dapat menjelaskan keragaman ekonomi masyarakat
Disajikan teks
peserta didik dapat menentukan keragaman sosial masyarakat
Disajikan
tabel peserta didik dapat menentukan keragaman budaya masyarakat
Disajikan teks
peserta didik dapat menganalisis keragaman budaya masyarakat
Disajikan
gambar peserta didik dapat menganalisis keragaman ekonomi masyarakat
|
L1
L1
L2
L2
L2
L3
|
PG
PG
PG
PG
Isian
Singkat
Essay
|
9
10
11
12
23
29
|
TEMA 5
|
5
|
3.3 Menelaah
keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
|
3.3.1 Menyebutkan
keragaman sosial masyarakat
3.3.3 Menjelaskan
keragaman ekonomi masyarakat
3.3.4. Menentukan keragaman sosial masyarakat
3.3.5. Menentukan keragaman budaya masyarakat
3.3.6. Menganalisis keberagaman budaya
masyarakat
3.3.7. Menganalisis ekonomi masyarakat
|
Persatuan
dan Kesatuan Bangsa
|
Disajikan teks
peserta didik dapat menyebutkan keberagaman sosial
Disajikan
gambar peserta didik dapat menjelaskan keragaman ekonomi masyarakat
Disajikan teks
peserta didik dapat menentukan keragaman sosial masyarakat
Disajikan
tabel peserta didik dapat menentukan keragaman budaya masyarakat
Disajikan teks
peserta didik dapat menganalisis keragaman budaya masyarakat
Disajikan
gambar peserta didik dapat menganalisis keragaman
|
L1
L1
L2
L2
L3
L3
|
PG
PG
PG
Isian
Singkat
Isian
Singkat
Essay
|
13
14
15
24
25
30
|
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR
SEMETER I EDISI COVID-19
KELAS
VI (ENAM)
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia
Cakupan Tema :
T1 , T2, T3, T4, T5
Jenis Sajian Soal :
Parsial Mupel
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
MATERI
POKOK
|
INDIKATOR
SOAL
|
LEVEL
KOGNITIF
|
BENTUK
SOAL
|
NOMOR
SOAL
(Sajian Parsial
Muatan Pelajaran)
|
TEMA 1
|
1
|
3.1 Menyimpulkan
informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dandibaca
|
3.1.1.
Menyebutkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang di
dengar
3.1.3.
Menentukan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang dibaca
3.1.5.
Menyimpulkan informasi berdasarkan laporan hasil pengamatan yang di dibaca
3.1.4.
Menentukan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar
|
Teks
laporan hasil pengamatan
|
Disajikan teks
peserta didik dapat menyebutkan informasi berdasarkan teks laporan hasil
pengamatan yang di dengar
Disajikan teks
peserta didik dapat menentukan informasi berdasarkan teks laporan hasil
pengamatan yang dibaca
Disajikan
gambar peserta didik dapat menyimpulkan informasi berdasarkan laporan hasil
pengamatan yang di dibaca
Disajikan teks
peserta didik dapat menentukan informasi berdasarkan teks laporan hasil
pengamatan yang didengar
|
L1
L2
L3
L2
L2
|
Isian
Bacaan
Isian
Bacaan
Isian
Bacaan
Isian
Singkat
Essay
|
1
2,
3, dan 4
5
21
26
|
TEMA 2
|
2
|
3.4 Menggali
informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
|
3.4.1.
Menyebutkan informasi penting dari buku sejarah dengan menggunakan aspek “apa”
3.4.2. Menjelaskan
informasi penting dari buku sejarah dengan menggunakan aspek “di mana”
3.4.3.
Menggali informasi dari buku sejarah dengan menggunakan aspek “kapan”
3.4.4.
Menggali informasi dari buku sejarah dengan menggunakan aspek “siapa”.
3.1.5. Menyimpulkan
informasi dari dari buku sejarah dengan menggunakan aspek “mengapa”.
3.4.4.
Menggali informasi dari buku sejarah dengan menggunakan aspek “kapan”
3.1.5.
Menyimpulkan informasi dari dari buku sejarah dengan menggunakan aspek
“Bagaimana”.
|
Membaca
Sejarah
|
Disajikan teks
peserta didik dapat menyebutkan informasi
penting dari buku sejarah dengan menggunakan aspek “apa”
Disajikan teks
peserta didik dapat menjelaskan informasi penting dari buku sejarah dengan
menggunakan aspek “di mana”
Disajikan teks
peserta didik dapat menggali informasi dari buku sejarah dengan menggunakan
aspek “kapan”
Disajikan teks
peserta didik dapat menggali informasi dari buku sejarah dengan menggunakan
aspek “siapa”
Disajikan teks,
peserta didik dapat menyimpulkan informasi dari dari buku sejarah dengan
menggunakan aspek “mengapa”.
Disajikan
gambar peserta didik dapat menggali informasi dari buku sejarah dengan
menggunakan aspek “kapan”
Disajikan teks
peserta didik dapat menyimpulkan informasi dari dari buku sejarah dengan
menggunakan aspek “Bagaimana”.
|
L1
L1
L2
L2
L3
L2
L3
|
PG
PG
PG
PG
PG
Isian
Singkat
Essay
|
6
7
8
9
10
22
27
|
TEMA 3
|
3
|
3.2 Menggali
isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
|
3.2.1.
Menjelaskan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
3.2.2.
Menentukan kata baku dalam teks penjelasan (eksplanasi)
3.2.3.
Menentukan kalimat efektif pada teks eksplanasi
3.2.4.
Menganalisis isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
3.2.3.
Menentukan kalimat efektif pad3.2.4. Menganalisis isi teks penjelasan
(eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
|
Teks
Ekplanasi
|
Disajikan teks
peserta didik dapat menjelaskan isi teks penjelasan (eksplanasi yang di baca)
Disajikan teks
peserta didik dapat menentukan kata baku dalam teks penjelasan (eksplanasi)
Disajikan teks
peserta didik dapat menentukan kalimat efektif pada teks ekpalanasi
Disajikan teks
peserta didik dapat menganalisis isi
teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang di baca
Disajikan teks
peserta didik dapat menentukan kalimat efektif
Disajikan teks
peserta didik dapat menganalisis isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang
didengar dan dibaca
|
L1
L2
L2
L3
L2
L3
|
PG
PG
PG
PG
Isian
singkat
Essay
|
11
12
13
14
23
28
|
TEMA 4
|
4
|
3.2 Menggali
isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
|
3.2.1.
Menjelaskan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
3.2.2.
Menentukan kata baku dalam teks penjelasan (eksplanasi)
3.2.4.
Menganalisis isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
3.1.2. Mengidentifikasi
kata baku
3.2.4.
Menganalisis isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
|
Teks
Ekplanasi
|
Disajikan teks
peserta didik dapat menjelaskan isi teks penjelasan (eksplanasi yang di baca)
Disajikan teks
peserta didik dapat menentukan kata baku dalam teks penjelasan (eksplanasi)
Disajikan teks
peserta didik dapat menganalisis isi
teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang di baca
Disajikan
tabel peserta didik dapat mengidentifikasi kata baku
Disajikan teks
peserta didik dapat menganalisis isi
teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
|
L1
L2
L3
L1
L3
|
PG
PG
PG
Isian
Singkat
Essay
|
15
16
17
24
29
|
TEMA 5
|
5
|
3.6 Mencermati
petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang
melalui bank/ kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.
|
3.1.1.
Menentukan petunjuk isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota pengiriman
uang melalui bank/ kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb)
3.1.2.
Menganalisis petunjuk isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota
pengiriman uang melalui bank/ kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb)
3.1.3.
Mengidentifikasi petunjuk isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/ kantor pos,
daftar riwayat hidup, dsb)
3.1.2.
Menganalisis petunjuk isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota
pengiriman uang melalui bank/ kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb)
|
Teks
Formulir
|
Disajikan
teks peserta didik dapat menentukan
petunjuk isi teks formulir daftar riwayat hidup
Disajikan
teks peserta didik dapat mengurutkan petunjuk isi teks formulir daftar
riwayat hidup
Disajikan
teks peserta didik dapat menganalisis
petunjuk isi teks formulir daftar riwayat hidup
Disajikan
formulir pengiriman peserta didik dapat menentukan petunjuk isi teks formulir
daftar riwayat hidup
|
L1
L2
L3
L2
L3
|
PG
PG
PG
Isian
singkat
Essay
|
18
19
20
25
30
|
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR
SEMETER I EDISI COVID-19
KELAS
VI (ENAM)
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan Pelajaran : IPA
Cakupan Tema :
T1 , T2, T3, T4, T5
Jenis Sajian Soal :
Parsial Mupel
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
MATERI
POKOK
|
INDIKATOR
SOAL
|
LEVEL
KOGNITIF
|
BENTUK
SOAL
|
NOMOR
SOAL
(Sajian Parsial
Muatan Pelajaran)
|
TEMA 1
|
3.1
|
Membandingkan
cara perkembangbiakan tumbuhan danhewan
|
3.1.1.
Menyebutkan cara perkembangbiakan tumbuhan
3.1.3. Membandingkan
cara perkembangbiakan tumbuhan
3.1.4.
Membandingkan cara perkembangbiakan hewan
3.1.5.
Menentukan cara perkembangbiakan
tumbuhan
3.1.6.
Menganalisis cara perkembangbiakan tumbuhan
|
Cara
perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat menyebutkan cara perkembangbiakan tumbuhan
Disajikan
tabel peserta didik dapat membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan
Disajikan teks
peserta didik dapat membandingkan cara perkembangbiakan hewan
Disajikan
gambar peserta didik dapat menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan
Disajikan teks
teks peserta didik dapat menganalisis cara perkembangbiakan tumbuhan
|
L1
L1
L2
L2
L2
L3
L3
|
PG
Isian
Singkat
PG
PG
Isian
Singkat
Isian
Singkat
Essay
|
1
16
2
3
17
18
26
|
TEMA 2
|
3.3
|
Menganalisis
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
|
3.3.1.
Menyebutkan cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungan sedikit air
3.3.2.
Membandingkan cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan
3.3.3.
Mengaitkan cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungan banyak air
3.3.4.
Menentukan cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungan pada saat musim
kemarau dan penghujan
3.3.5.
Menentukan cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan
3.3.6.
Menganalisis cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungan sedikit air
|
Adaptasi
Makhluk Hidup Terhadap Lingkungan
|
Disajikan
tabel peserta didik dapat menyebutkan cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan
lingkungan air
Disajikan
gambar peserta didik dapat membandingkan cara hewan menyesuaikan diri dengan
lingkungan
Disajikan teks
peserta didik dapat mengaitkan cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan
Disajikan
gambar peserta didik dapat menentukan cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan
lingkungan pada saat musim kemarau dan penghujan
Disajikan
tabel pesert didik dapat menentukan cara hewan menyesuaikan diri dengan
lingkungan
Disajikan teks
peserta didik dapat menganalisis cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan
lingkungan sedikit air
|
L1
L1
L3
L2
L2
L3
|
PG
PG
PG
Isian
Singkat
Isian
Singkat
Essay
|
4
5
6
19
20
27
|
TEMA 3
|
3.4
|
Mengidentifikasi
komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
|
3.5.1.
Menjelaskan cara menghasilkan energi
listrik
3.5.2.
Menyebutkan cara menghasilkan energi listrik
3.5.3. Merinci
cara menghemat energi listrik
3.4.3.
Menerapkan cara menghemat energi listrik
|
Energi
Listrik
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat menjelaskan cara menghasilkan energi listrik
Disajikan teks
peserta didik dapat menyebutkan cara menghasilkan energi listrik
Disajikan teks
peserta didik dapat merinci cara menghemat energi listrik
Disajikan
gambar peseta didik dapat merinci cara menghemat energi listrik
Disajikan
gambar peserta didik dapat menerapkan cara menghemat energi listrik
|
L1
L1
L3
L3
L2
|
PG
Isian
Singkat
PG
Essay
Isian
Singkat
|
7
21
8
28
22
|
TEMA 4
|
3.6
|
Menjelaskan
cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik
|
3.5.1.
Menjelaskan cara menghasilkan energi
listrik
3.5.2.
Menyebutkan cara menghasilkan energi listrik
3.5.3. Merinci
cara menghemat energi listrik
3.3.3.
Menentukan cara menyalurkan energi
listrik
3.4.3.
Menerapkan cara menghemat energi listrik
|
Energi
Listrik
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat menjelaskan cara menghasilkan energi listrik
Disajikan teks
peserta didik dapat menyebutkan cara menghasilkan energi listrik
Disajikan teks
peserta didik dapat merinci cara menghemat energi listrik
Disajikan
gambar peseta didik dapat merinci cara menghemat energi listrik
Disajikan teks
peserta didik dapat menentukan cara menyalurkan energi listrik
Disajikan gambar
peserta didik dapat menerapkan cara menghemat energi listrik
|
L1
L1
L3
L3
L2
L2
|
PG
Isian
Singkat
PG
Essay
PG
Isian
Singkat
|
9
23
10
29
11
24
|
TEMA 5
|
3.5
|
Mengidentifikasi
sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari
|
3.5.1.
Menyebutkan–jenis magnet
3.5.3.
Mengidentifikasi sifat-sifat magnet
3.3.3.
Menentukan cara membuat magnet
3.3.4.
Menentukan cara menghilangkan sifat magnet
3.3.5.
Menganalisis cara menghilangkan sifat magnet
|
Magnet
|
Disajikan gambar
peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis magnet
Disajikan teks
peserta didik dapat mengidentifikasi kutub-kutub magnet
Disajikan teks
peserta didik dapat mengaitkan cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan
Disajikan gambar
peserta didik dapat menentukan cara membuat magnet
Disajikan tabel
pesert didik dapat menentukan cara menghilangkan sifat magnet
Disajikan
gambar peserta didik dapat menganalisis cara menghilangkan sifat
magnet
|
L1
L1
L3
L2
L2
L3
|
PG
PG
PG
PG
Isian
Singkat
Essay
|
12
13
14
15
25
30
|
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR
SEMESTER I EDISI COVID-19
KELAS
VI (ENAM)
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan Pelajaran :
IPS
CakupanTema : T1, T2, T3, T4, T5
Jenis Sajian Soal :
ParsialMapel
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
MATERI
POKOK
|
INDIKATOR
SOAL
|
LEVEL
KOGNITIF
|
BENTUK
SOAL
|
NOMOR
SOAL
(Sajian
soal
Tematik
Terpadu)
|
TEMA 1
|
3.1
|
Mengidentifikasi
karakteristikgeografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di
wilayahASEAN.
|
3.1.1.
Mengidentifikasi karakteristik geografis di wilayah ASEAN
3.1.2.
Mengindentifikasi kehidupan sosial budaya di wilayah ASEAN
3.1.3.
Mengindentifikasi kehidupan ekonomi di wilayah ASEAN
3.1.4.
Mengindentifikasi kehidupan politik di wilayah ASEAN
3.1.5.
Membandingkan karakteristik geografis wilayah ASEAN
3.1.6.
Mengaitkan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
|
Karakteristik
geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
|
Disajikan peta
peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik geografis di wilayah ASEAN
Disajikan teks
peserta didik dapat mengidentifikasi kehidupan sosial budaya di wilayah ASEAN
Disajikan gambar
peserta didik dapat mengidentifikasi kehidupan ekonomi di wilayah ASEAN
Disajikan teks
peserta didik dapat mengindentifikasi kehidupan politik di wilayah ASEAN
Disajikan
gambar peserta didik dapat membandingkan karakteristik geografis wilayah
ASEAN
Disajikan teks
peserta didik dapat mengaitkan Mengaitkan kehidupan sosial budaya, ekonomi,
politik di wilayah ASEAN
|
L1
L2
L1
L2
L2
L3
|
PG
Isian Singkat
Isian
Singkat
PG
Essay
PG
|
1
16
17
2
26
3
|
TEMA 2
|
3.4
|
Memahami makna
proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera
|
3.4.1.
Menunjukkan makna proklamasi kemerdekaan
3.4.2.
Menyebutkan upaya mempertahankan kemederkaan
3.4.4.
Mengurutkan makna proklamasi kemerdekaan
3.4.5.
Menentukan upaya mempertahankan kemerdekaan
3.4.6.
Menganalisis upaya mempertahankan kemerdekaan
|
Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat menunjukkan makna proklamasi kemerdekaan
Disajikan teks
peserta didik dapat menyebutkan upaya mempertahankan kemederkaan
Disajikan
gambar peserta didik dapat mengurutkan makna proklamasi kemerdekaan
Disajikan
tabel peserta didik dapat menentukan upaya mempertahankan kemerdekaan
Disajikan teks
peserta didik peserta didik dapat menganalisis upaya tahankan kemerdekaan
|
L1
L2
L2
L2
L3
|
PG
IsianSingkat
PG
Essay
PG
|
4
18
5
27
6
|
TEMA 3
|
3.2
|
Menganalisis
perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
|
3.4.1.
Menunjukkan poisis Indonesia dalam kerjasasama di bidang ekonomi dalam
lingkup ASEAN
3.4.2.
Menyebutkan peran Indonesia dalam kerjasama di bidang politik dalam lingkup
ASEAN
3.4.3.
Menentukan peran Indonesia dalam kerjasam di bidang teknologi dalam lingkup
ASEAN
3.4.4.
Menentukan peran Indoesia dalam kerjasama di bidang pendidikan dalam lingkup
ASEAN
3.4.5. Menganalisis
posisi Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN
|
Kerjasama
ASEAN
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat menunjukkan posisis Indonesia dalam kerjasama di
bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN
Disajikan teks
peserta didik dapat menyebutkan peran Indonesia dalam kerjasama di bidang
politik dalam lingkup ASEAN
Disjaikan teks
peserta didik dapat menentukan peran Indonesia dalam kerjasam di bidang
teknologi dalam lingkup ASEAN
Disajikan
gambar peserta didik dapat menentukan peran Indoesia dalam kerjasama di
bidang pendidikan dalam lingkup ASEAN
Disajikan peta
peserta didik dapat menganalisis posisi Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN
|
L1
L1
L2
L2
L2
L2
L3
|
PG
PG
IsianSingkat
Isian
Singkat
Isian
Singkat
Essay
PG
|
7
8
19
20
21
28
9
|
TEMA 4
|
3.3
|
Menganalisis
posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik,
sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN
|
3.4.1.
Menunjukkan poisis Indonesia dalam kerjasasama di bidang ekonomi dalam
lingkup ASEAN
3.4.2.
Menyebutkan peran Indonesia dalam kerjasama di bidang politik dalam lingkup
ASEAN
3.4.3.
Menentukan peran Indonesia dalam kerjasam di bidang teknologi dalam lingkup
ASEAN
3.4.4.
Menentukan peran Indoesia dalam kerjasama di bidang pendidikan dalam lingkup
ASEAN
3.4.5.
Menganalisis posisi Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi dalam lingkup
ASEAN
|
Kerjasama
ASEAN
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat menunjukkan posisis Indonesia dalam kerjasama di
bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN
Disajikan teks
peserta didik dapat menyebutkan peran Indonesia dalam kerjasama di bidang
politik dalam lingkup ASEAN
Disajikan teks
peserta didik dapat menentukan peran Indonesia dalam kerjasam di bidang
teknologi dalam lingkup ASEAN
Disajikan
gambar peserta didik dapat menentukan peran Indoesia dalam kerjasama di
bidang pendidikan dalam lingkup ASEAN
Disajikan peta
peserta didik dapat menganalisis posisi Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN
|
L1
L2
L2
L2
L3
|
PG
Isian Singkat
Isian
Singkat
Essay
PG
|
10
22
23
29
11
|
TEMA 5
|
3.3
|
Menganalisis
posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik,
sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN
|
3.4.1.
Menunjukkan poisis Indonesia dalam kerjasasama di bidang ekonomi dalam
lingkup ASEAN
3.4.2.
Menyebutkan peran Indonesia dalam kerjasama di bidang politik dalam lingkup
ASEAN
3.4.3.
Menentukan peran Indonesia dalam kerjasam di bidang teknologi dalam lingkup
ASEAN
3.4.4.
Menentukan peran Indoesia dalam kerjasama di bidang pendidikan dalam lingkup
ASEAN
3.4.5. Menganalisis
posisi Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN
|
Kerjasama
ASEAN
|
Disajikan gambar
peserta didik dapat menunjukkan posisis Indonesia dalam kerjasama di bidang
ekonomi dalam lingkup ASEAN
Disajikan teks
peserta didik dapat menyebutkan peran Indonesia dalam kerjasama di bidang
politik dalam lingkup ASEAN
Disajikan teks
peserta didik dapat menentukan peran Indonesia dalam kerjasam di bidang
teknologi dalam lingkup ASEAN
Disajikan gambar
peserta didik dapat menentukan peran Indoesia dalam kerjasama di bidang
pendidikan dalam lingkup ASEAN
Disajikan peta
peserta didik dapat menganalisis posisi Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN
|
L1
L1
L2
L2
L2
L2
L3
|
PG
PG
PG
Isian
Singkat
Isian
Singkat
Essay
PG
|
12
13
14
24
25
30
15
|
KISI-KISI
SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER
I EDISI COVID-19
KELAS
VI (ENAM)
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Muatan Pelajaran : SBdP
Cakupan Tema :
T1 , T2, T3, T4, T5
Jenis Sajian Soal :
Parsial Mupel
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
MATERI
POKOK
|
INDIKATOR
SOAL
|
LEVEL
KOGNITIF
|
BENTUK
SOAL
|
NOMOR
SOAL
(Sajian Parsial
Muatan Pelajaran)
|
TEMA 1
|
1
|
3.4 Memahami
patung
|
3.4.1. Menyebutkan patung
sebagai karya seni tiga dimensi
3.4.2. Membandingkan teknik
pembuatan patung
3.4.3. Menentukan bahan
pembuatan patung
|
Patung
|
Disajikan gambar peserta
didik dapat menyebutkan patung sebagai
karya seni tiga dimensi
Disajikan teks peserta didik
dapat membandingkan teknik pembuatan patung
Disajikan teks peserta didik
dapat menentukan bahan pembuatan patung
Disajikan gambar peserta
didik dapat menentukan bahan pembuatan patung
|
L1
L1
L1
L2
L2
L2
|
PG
Isian
Singkat
Essay
PG
PG
Isian
Singkat
|
1
16
26
2
3
17
|
TEMA 2
|
2
|
3.3 Memahami
penampilan tari kreasi daerah
|
3.3.1. Menyebutkan
penampilan tari kreasi daerah
3.3.2. Menentukan penampilan
tari kreasi daerah
3.3.3. Menggambarkan penampilan tari kreasi daerah
3.3.4. Menganalisis
penampilan tari kreasi daerah
|
Tari
Kreasi Daerah
|
Disajikan gambar peserta
didik dapat menyebutkan penampilan tari kreasi daerah
Disajikan gambar peserta
didik dapat menentukan penampilan tari kreasi daerah
Disajikan teks peserta didik
dapat menggambarkan penampilan tari kreasi daerah
Disajikan gambar peserta
didik dapat menganalisis penampilan tari kreasi daerah
|
L1
L1
L2
L2
L2
L3
|
PG
Essay
PG
PG
Isian
Singkat
Isian
Singkat
|
4
27
5
6
18
19
|
TEMA 3
|
3
|
3.2 Memahami
interval nada
|
3.2.1. Menyebutkan Interval
nada
3.2.2. Menentukan Jenis-jenis
interval nada
3.2.3. Menganalisis interval
nada
|
Interval
Nada
|
Disajikan tabel peserta
didik dapat menyebutkan interval nada
Disajikan not balok peserta
didik dapat menyebutkan interval nada
Disajikan teks lagu, peserta
didik dapat menentukan jenis-jenis interval nada
Disajikan not balok peserta
didik dapat menentukan jenis interval nada
Disajikan not lagu peserta
didik dapat menganalisis interval nada
|
L1
L1
L1
L1
L2
L3
|
PG
Isian
Singkat
Essay
PG
PG
Isian
Singkat
|
7
20
28
8
9
21
|
TEMA 4
|
4
|
3.1 Memahami
reklame
|
3.1.1. Mengidentifikasi
reklame
3.1.2. Menentukan
Jenis-jenis
3.1.3. Menggambarkan reklame
3.1.4. Menganalisis reklame
|
Reklame
|
Disajikan gambar peserta
didik dapat mengidentifikasi reklame
Disajikan teks peserta didik
dapat mengidentifikasi reklame
Disajikan gambar peserta
didik dapat menentukan Jenis-jenis reklame
Disajikan teks peserta didik
dapat menggambarkan reklame
Disajikan gambar peserta
didik dapat menganalisis reklame
|
L1
L1
L1
L2
L2
L3
|
PG
Isian
Singkat
Essay
PG
PG
Isian
Singkat
|
10
22
29
11
12
23
|
TEMA 5
|
5
|
3.1 Memahami
reklame
|
3.1.1. Mengidentifikasi
reklame
3.1.2. Menentukan
Jenis-jenis
3.1.3. Menggambarkan reklame
3.1.4. Menganalisis reklame
|
Reklame
|
Disajikan gambar peserta
didik dapat mengidentifikasi reklame
Disajikan teks peserta didik
dapat mengidentifikasi reklame
Disajikan gambar peserta
didik dapat menentukan Jenis-jenis
Disajikan teks peserta didik
dapat menggambarkan reklame
Disajikan gambar peserta
didik dapat menganalisis reklame
|
L1
L1
L1
L2
L2
L3
|
PG
Isian
Singkat
Essay
PG
PG
Isian
Singkat
|
13
24
30
14
15
25
|
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMETER I
EDISI COVID-19
KELAS
VI (ENAM)
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021