Tuesday, February 2, 2021

Bukti Fisik PKKS #Akreditasi #APKG 1

 


ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU

APKG I

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN

 PEMBELAJARAN

 

1.         SATUAN PENDIDIKAN     :     ...........................................

2.         NAMA GURU                      :     ...........................................

3.         NIP                                         :     ...........................................

4.         KELAS                                  :     ...........................................

5.         MATA PELAJARAN           :    ...........................................

6.         WAKTU                                  :     ...........................................

7.         HARI / TANGGAL                :    ...........................................

 

PETUNJUK :

Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru / mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.

1.    Mementukan bahan pembelajaran dan merumuskan

tujuan / indikator perbaikan pembelajaran.

        1             2            3            4             5

1.1    Menggunakan bahan perbaikan

pembelajaran yang sesuai dengan

kurikulum dan masalah yang diperbaiki.                                                       

1.2    Merumuskan tujuan khusus / indikator

Perbaikan pembelajaran.                                                                                        

                                                                           Rata-rata butir 1 = A

2.    Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, menentukan tema, media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar.

2.1     Mengembangkan dan mengorgani
       sasikan  materi pembelajaran.                                                                        

2.2    Mengembangkan jaringan tema dan

menentukan tema

( khusus untuk pembelajaran tematik).

2.3    Menentukan dan mengembangkan alat
bantu pembelajaran.                                                                                       

2.4    Memilih sumber belajar                                                                                                                                               

Rata-rata butir 2 = B

3.    Merencanakan sekenario perbaikan pembelajaran

3.1    Menentukan jenis perbaikan pembelajaran/

yang sesuai dengan tema.

(untuk pembelajaran tematik).                                                                       

3.2    Menyusun langkah-langkah perbaikan

pembelajaran yang sesuai dengan tema

(untuk pembelajaran tematik).                                               

3.3    Menentukan alokasi waktu pembelajaran.                                                     

3.4    Menentukan cara-cara motivasi siswa.

3.5    Menyiapkan pembelajaran.                                                                            

 


                                                                  Rata-rata nilai 3 = C

4.    Merancang pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran.

4.1    Menentukan penataan ruang dan fasilitas
belajar.                                                            

4.2    Menentukan cara-cara pengorganisasian

siswa agar dapat berpartisipasi dalam

perbaikan pembelajaran.                                                                                                                                                          Rata-rata nilai 4 = D

5.    Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan

     alat penilaian perbaikan pembelajaran.

5.1    Menentukan prosedur dan jenis penilaian

(khusus untuk perbaikan pembelajaran

tematik prosedur penilaian harus dilakukan

secara berkala, berkesinambungan, dan

menyeluruh.                                                                

5.2    Membuat alat-alat penilaian dan
kunci jawaban.                                                                                   

                                                                     Rata-rata nilai 5 = E

6.    Tampilan dokumen rencana pembelajaran

6.1    Kebersihan dan kerapihan.                                                                             

6.2    Penggunaan bahasa tulis.                                                                                                       

                                                                     Rata-rata nilai  6 = F

 

Nilai APKG 1 PKP PGSD  =       =

 

                                                                       

Diketahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………..

NIP.

Tasikmalaya, …………………..

Supervisor 2/ Penilai 1

 

 

 

………………………………..

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment