ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
APKG
I
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN
PEMBELAJARAN
|
1.
SATUAN
PENDIDIKAN :
........................................... 2.
NAMA
GURU :
........................................... 3.
NIP :
........................................... 4.
KELAS :
........................................... 5.
MATA
PELAJARAN :
........................................... 6.
WAKTU :
........................................... 7.
HARI
/ TANGGAL :
........................................... |
PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang
akan digunakan oleh guru / mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua
aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian
di bawah ini.
1.
Mementukan
bahan pembelajaran dan merumuskan
tujuan /
indikator perbaikan pembelajaran.
1 2
3 4
5
1.1 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menggunakan bahan
perbaikan
pembelajaran
yang sesuai dengan
kurikulum
dan masalah yang diperbaiki.
1.2 ![]()
![]()
![]()
![]()
Merumuskan tujuan
khusus / indikator
Perbaikan
pembelajaran.
Rata-rata butir 1 = A
2.
Mengembangkan
dan mengorganisasikan materi, menentukan tema, media (alat bantu pembelajaran),
dan sumber belajar.
2.1 ![]()
![]()
![]()
![]()
Mengembangkan dan
mengorgani
sasikan materi pembelajaran.
2.2 ![]()
![]()
![]()
![]()
Mengembangkan
jaringan tema dan
menentukan
tema
(
khusus untuk pembelajaran tematik).
2.3 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menentukan dan
mengembangkan alat
bantu pembelajaran.
2.4 ![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
Memilih sumber
belajar
Rata-rata butir 2 = B
3.
Merencanakan
sekenario perbaikan pembelajaran
3.1 Menentukan
jenis perbaikan pembelajaran/
![]()
![]()
![]()
![]()
yang
sesuai dengan tema.
(untuk
pembelajaran tematik).
3.2 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menyusun
langkah-langkah perbaikan
pembelajaran
yang sesuai dengan tema
(untuk
pembelajaran tematik).
3.3 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menentukan alokasi
waktu pembelajaran.
3.4 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menentukan cara-cara
motivasi siswa.
3.5 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menyiapkan
pembelajaran.
![]()
Rata-rata
nilai 3 = C
4.
Merancang
pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran.
4.1 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menentukan
penataan ruang dan fasilitas
belajar.
4.2 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menentukan cara-cara
pengorganisasian
siswa
agar dapat berpartisipasi dalam
perbaikan pembelajaran. Rata-rata nilai 4 = D
5.
Merencanakan
prosedur, jenis, dan menyiapkan
alat penilaian perbaikan pembelajaran.
5.1 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menentukan
prosedur dan jenis penilaian
(khusus
untuk perbaikan pembelajaran
tematik
prosedur penilaian harus dilakukan
secara
berkala, berkesinambungan, dan
menyeluruh.
5.2 ![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
Membuat alat-alat
penilaian dan
kunci jawaban.
Rata-rata nilai 5 = E
6.
Tampilan
dokumen rencana pembelajaran
6.1 ![]()
![]()
![]()
![]()
Kebersihan dan
kerapihan.
6.2 ![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
Penggunaan bahasa
tulis.
Rata-rata nilai 6 = F
|
|
|
Diketahui Kepala Sekolah, ……………………………….. NIP. |
Tasikmalaya, ………………….. Supervisor 2/ Penilai 1 ……………………………….. NIP. |

No comments:
Post a Comment