ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
APKG
I
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN
PEMBELAJARAN
1.
SATUAN
PENDIDIKAN :
........................................... 2.
NAMA
GURU :
........................................... 3.
NIP :
........................................... 4.
KELAS :
........................................... 5.
MATA
PELAJARAN :
........................................... 6.
WAKTU :
........................................... 7.
HARI
/ TANGGAL :
........................................... |
PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang
akan digunakan oleh guru / mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua
aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian
di bawah ini.
1.
Mementukan
bahan pembelajaran dan merumuskan
tujuan /
indikator perbaikan pembelajaran.
1 2
3 4
5
1.1 Menggunakan bahan
perbaikan
pembelajaran
yang sesuai dengan
kurikulum
dan masalah yang diperbaiki.
1.2 Merumuskan tujuan
khusus / indikator
Perbaikan
pembelajaran.
Rata-rata butir 1 = A
2.
Mengembangkan
dan mengorganisasikan materi, menentukan tema, media (alat bantu pembelajaran),
dan sumber belajar.
2.1 Mengembangkan dan
mengorgani
sasikan materi pembelajaran.
2.2 Mengembangkan
jaringan tema dan
menentukan
tema
(
khusus untuk pembelajaran tematik).
2.3 Menentukan dan
mengembangkan alat
bantu pembelajaran.
2.4 Memilih sumber
belajar
Rata-rata butir 2 = B
3.
Merencanakan
sekenario perbaikan pembelajaran
3.1 Menentukan
jenis perbaikan pembelajaran/
yang
sesuai dengan tema.
(untuk
pembelajaran tematik).
3.2 Menyusun
langkah-langkah perbaikan
pembelajaran
yang sesuai dengan tema
(untuk
pembelajaran tematik).
3.3 Menentukan alokasi
waktu pembelajaran.
3.4 Menentukan cara-cara
motivasi siswa.
3.5 Menyiapkan
pembelajaran.
Rata-rata
nilai 3 = C
4.
Merancang
pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran.
4.1 Menentukan
penataan ruang dan fasilitas
belajar.
4.2 Menentukan cara-cara
pengorganisasian
siswa
agar dapat berpartisipasi dalam
perbaikan pembelajaran. Rata-rata nilai 4 = D
5.
Merencanakan
prosedur, jenis, dan menyiapkan
alat penilaian perbaikan pembelajaran.
5.1 Menentukan
prosedur dan jenis penilaian
(khusus
untuk perbaikan pembelajaran
tematik
prosedur penilaian harus dilakukan
secara
berkala, berkesinambungan, dan
menyeluruh.
5.2 Membuat alat-alat
penilaian dan
kunci jawaban.
Rata-rata nilai 5 = E
6.
Tampilan
dokumen rencana pembelajaran
6.1 Kebersihan dan
kerapihan.
6.2 Penggunaan bahasa
tulis.
Rata-rata nilai 6 = F
Nilai APKG 1 PKP
PGSD = = |
Diketahui Kepala Sekolah, ……………………………….. NIP. |
Tasikmalaya, ………………….. Supervisor 2/ Penilai 1 ……………………………….. NIP. |
No comments:
Post a Comment