PROGRAM SUPERVISI
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
SD NEGERI MARGAMULYA
UPTD
PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS
KABUPATEN TASIKMALAYA
2020
KATA PENGANTAR
Puji dan
syukur dipersembahkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa, atas rahmat
dan karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan penyusunan Program Supervisi
Tahun Pelajaran 2020/2021 pada SD Negeri Margamulya.
Program
Supervisi Tahun Pelajaran 2020/2021 pada SD Negeri Margamulya ini disusun dengan latar belakang tuntutan untuk
memenuhi implementasi salah satu kompetensi yang harus dikuasai dan
dilaksanakan seorang Kepala Sekolah yaitu Kompetensi Supervisi. Pogram
Supervisi Pelajaran 2020/2021 ini meliputi Supervisi Manajerial dan Supervisi
Akademis. Supervisi Akademis dilakukan sebagai salah satu upaya untuk
meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sedangkan
Supervisi Manajerial dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan
administrasi sekolah.
Harapan kami
semoga Program Supervisi Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat terlaksana dengan
efektif dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas
pengelolaan setiap unit kegiatan dan administrasi sekolah.
Terima kasih
kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan Program Supervisi Tahun
2020 ini terutama Pengawas Pembina yang memberi masukan bagi terwujudnya
Program Supervisi ini.
Margamulya,
..............................................
Kepala
SDN Margamulya,
JAJANG
SURYANA, S.Pd.SD
NIP. 19630216 198305 1 004
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Landasan Hukum
C.
Tujuan
D.
Ruang Lingkup
BAB II ANALISIS HASIL SUPERVISI TAHUN 2020/2021
A. Analisis Hasil Supervisi
Akademis Pelajaran
2020/2021
BAB III RENCANA PELAKSANAAN SUPERVISI TAHUN PELAJARAN 2020/2021
A.
Rencana Supervisi Akademis Tahun
B.
Rencana Supervisi Internal Manajerial Tahun
C.
Jadwal Kegiatan Supervisi Akademis Tahun
D.
Jadwal Kegiatan Supervisi Internal Manajerial Tahun
BAB IV PENUTUP
LAMPIRAN
Instrumen Supervisi
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah
harus menguasai Standar Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri atas :
kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi
kewirausahaan dan kompetensi sosial.
Penjabaran kompetensi supervisi pada intinya adalah supervisi akademis
dimana langkah-langkah yang dilakukan adalah merencanakan program supervisi
akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi
akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang
tepat serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka
peningkatan profesionalismenya.
Mencermati hasil analisis Program Supervisi Tahun pada SD Negeri Margamulya secara umum
ditemukan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas
pembelajaran sekaligus peningkatan profesionalisme guru, seperti
: pengembangan indikator dan materi pembelajaran, penggunaan metode
pembelajaran yang belum variatif, lemahnya penguasaan guru dalam model-model
pembelajaran aktif , dan sebagainya.
Karena itu dalam rangka melaksanakan tugas Kepala Sekolah sebagai
Supevisor/Penyelia maka perlu disusun program supervisi yang secara menyeluruh
dan sistematis menjabarkan rencana kegiatan yang akan dilakukan serta apa
tindak lanjut dari hasil supervisi setelah kegiatan dilakukan agar terjadi
perbaikan yang signifikan dalam kegiatan akademis di SD SD Negeri Margamulya
B. Landasan Hukum.
1. Undang Undang Nomor 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Undang Undang Nomor 14 Tahun
2005 tentang Guru dan Dosen
3. Peraturan Pemerintah RI
Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4. Permendiknas RI Nomor 13
Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan
Kompetensi Kepala Sekolah / Madrasah
5. Permendiknas RI Nomor 16
Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
6. Permendiknas RI Nomor 19
Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan.
C. Tujuan
Penyusunan Program Supervisi Tahun Pelajaran 2020/2021 pada SD Negeri Margamulya
ini bertujuan sebagai berikut :
1.
Acuan bagi pelaksanaan kegiatan supervisi di lingkungan SD Negeri Margamulya.
2.
Meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
sebagai pendidik.
3.
Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang
bermuara pada peningkatan kualitas tamatan.
4.
Selain supervisi akademis , program supervisi ini juga dilengkapi dengan
supervisi manajerial pada setiap unit kegiatan di lingkungan SD Negeri Margamulya
yang merupakan supervisi internal dalam rangka meningkatkan kualitas
pengelolaan unit kegiatan dan administrasi sekolah.
D. Ruang Lingkup.
Adapun ruang lingkup Program Supervisi Tahun Pelajaran 2020/2021 pada SD Negeri Margamulya adalah :
1. Supervisi Akademis :
a. Pengembangan Silabus/
Perumusan Indikator
b. Pengembangan RPP/Materi
Pembelajaran
c. Peningkatan Penguasaan
Metode Pembelajaran
d. Peningkatan Penguasaan Model
Model Pembelajaran
e. Peningkatan Penguasaan
Sistem Penilaian Hasil Belajar
f. Pelaksanaan Pembelajaran
g. BK/Pengembangan Diri
2. Supervisi Internal
Manajerial :
a. Administrasi Tata Usaha
b. Kurikulum
c. Kesiswaan/Ekstra Kurikuler
d. Sarana/Prasarana
e. Humas/Hubungan Industri
f. Perpustakaan
g. Koperasi Sekolah/Koperasi
Siswa
h. Lingkungan/Budaya Sekolah
BAB II
ANALISA HASIL SUPERVISI
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
A.
ANALISA HASIL SUPERVISI
AKADEMIS TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Adapun hasil analisis pelaksanaan program supervisi akademis tahun
pelajaran tahun 2020/2021 sebagai berikut :
No. |
Aspek Supervisi |
Ketuntasan |
1 |
Pemetaan Standar Isi |
Belum Tuntas (50%) |
2 |
Pengembangan Indikator |
Belum Tuntas (85%) |
3 |
Pengembangan Silabus |
Tuntas (75%) |
4 |
Penyusunan RPP |
Tuntas (75%) |
5 |
Penyusunan Dokumen KKM |
Tuntas (25%) |
6 |
Penggunaan Media Pembelajaran |
Belum Tuntas (65%) |
7 |
Metode Pembelajaran |
Belum Tuntas (75%) |
8 |
Penggunaan Sumber Belajar |
Belum Tuntas (85%) |
9 |
Penggunaan Media Pembelajaran |
Belum Tuntas (65%) |
10 |
Penggunaan dan Teknik Penilaian |
Belum Tuntas (80%) |
11 |
Analisis Hasil Belajar |
Belum Tuntas (65%) |
12 |
Pemanfaatan TIK |
Belum Tuntas (65%) |
13 |
Analisis Ketuntasan Belajar |
Belum Tuntas (50%) |
Hasil ketuntasan target yang diharapkan pada program supervisi tahun
2020/2021 menunjukkan bahwa perlu dilakukan upaya untuk mencapai peningkatan
pada aspek supervisi sebagai berikut :
· Analisa konteks sebagai dasar pengembangan KTSP yang
berorientasi kepada kesesuaian kurikulum dengan potensi peserta didik,
karakteristik sekolah dan kondisi lingkungan
· Pemetaan Standar Isi :
Perlu
dilanjutkan pemetaan standar isi pada setiap SK-KD setiap mata pelajaran untuk
menghasilkan silabus yang sesuai dengan karakter sekolah dan potensi daeran
Perumusan indikator pada SK-KD menunjukkan bahwa sebahagian besar sudah
sesuai untuk memenuhi tuntutan pencapaian kompetensi namun sebahagian kecil
masih perlu diperbaiki melalui kegiatan reviu di bawah koordinasi Tim
Pengembang Kurikulum Sekolah
Penggunaan media pembelajaran perlu diperluas dengan media yang lebih
akurat dan didukung oleh teknologi informasi dengan memanfaatkan : komputer dan
internet Penggunaan Metode Pembelajaran masih perlu menjadi bagian yang perlu
perbaikan dengan menerapkan metode pembelajaran aktif yang mendorong peserta
didik untuk menjadi pembelajar
Penggunaan sumber belajar masih berorientasi pada buku paket dan modul
diharapkan pada tahun berikutnya lebih diperkaya dengan pemanfaatan sumber
belajar melalui internet, jurnal ilmiah dan media lainnya seperti buletin,
koran, majalah dsb.
Sebahagian penggunaan teknik dan alat penilaian masih perlu disempurnakan
terutama dalam pemilihan yang sesuai antara teknik dan alat penilaian dengan
tuntutan KD. Analisa Hasil Belajar masih perlu peningkatan untuk dilakukan oleh
seluruh guru dan seluruh mata pelajaran untuk mengetahui tingkat daya serap dan
umpan balik bagi perbaikan pembelajaran tahun berikutnya. Perlu
peningkatan penguasaan teknologi informatika bagi guru untuk mampu menggunakan
TIK dalam kegiatan pembelajaran. Perlu peningkatan pelaksanaan analisis
ketuntasan sebagai pertimbangan bagi peningkatan KKM tahun berikutnya
dan sebagai bahan perbaikan pembelajaran
B. Analisis Hasil Supervisi Internal Manajerial tahun
Pelajaran 2020/2021
Hasil supervisi internal manajerial terutama berkaitan dengan pelaksanaan
tugas-tugas staf manajerial perlu peningkatan pada :
·
Kinerja Tim Pengembang Kurikulum dalam mereviu dan merevisi KTSP
·
Perlunya dibentuk Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri Margamulya yang solid
·
Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana
·
Peningkatan pengelolaan lingkungan dan Budaya Sekolah
·
Peningkatan sistem informasi manajemen
·
Peningkatan Kemitraan dan kerjasama dengan stake holder/DU-DI
·
Peningkatan Manajemen Pengelolaan Bengkel dan Labor serta optimalisasi
pemakaiannya dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa
·
Peningkatan kegiatan pengembangan diri meliputi 4 layanan konseling dan
peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler
BAB III
RENCANA PELAKSANAAN
SUPERVISI
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
A. Rencana Pelaksanaan
Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2020/2021
Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2020/2021 yang disusun
berdasarkan hasil evaluasi dan analisis pelaksanaan supervisi akademis tahun
sebelumnya diharapkan akan memberikan dampak berupa perbaikan sekaligus
peningkatan mutu proses dan output proses pembelajaran langsung yang
dilaksanakan guru-guru mata pelajaran di kelas yang diindikasikan dengan adanya
perbaikan pada :
1. Peningkatan pemahaman guru
terhadap Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) dengan titik berat pada :
a.
Review KTSP berupa telaah terhadap pengembangan silabus yang sesuai dengan
kebutuhan pada setiap mata pelajaran
b.
Perumusan Kompetensi Dasar dan Indikator
c.
Penyusunan RPP
2. Penggunaan Metode – Metode
dan Model-Model Pembelajaran yang lebih variatif dan meningkatkan
antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran
3. Penggunaan instrumen
penilaian yang sesuai dengan tuntutan kompetensi
4. Pelaksanaan proses pembelajaran
yang efektif dan efisien dengan mengacu kepada tuntutan penguasaan kompetensi
Agar pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2020/2021 ini
berlansung efektif dan dapat memvisitasi seluruh guru mata pelajaran maka
petugas supervisi terdiri atas : Kepala Sekolah, Pengawas Pembina, Wakil Kepala
Sekolah dan Guru-Guru Senior yang kompeten dan dianggap layak dan mampu
melaksanakan Supervisi .
C. Jadwal Pelaksanaan Supervisi
Akademis Tahun Pelajaran 2020/2021
Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2020/2021 disusun
dengan mempertimbangkan hari efektif belajar dan disusun atas Jadwal
Pelaksanaan Supervisi Akademis Semester Ganjil dan Jadwal Supervisi Akademis
Semester Genap. Jadwal selengkapnya terlampir :
D. Rencana Supervisi Manajerial
Pelaksanaan Supervisi Internal dalam bidang manajerial sekolah dilakukan
pada setiap unit kegiatan yang ada dalam jajaran manajerial SD Negeri Margamulya
Pelaksanaannya dilakukan bersama oleh Kepala Sekolah bersama dengan Pengawas
Pembina pada setiap unit dengan target utama adalah pembenahan pada :
· Kinerja Tim Pengembang
Kurikulum dalam mereviu dan merevisi KTSP
· Perlunya dibentuk Tim
Pengembang Kurikulum SD Negeri Margamulya yang solid
· Peningkatan pengelolaan
sarana dan prasarana
· Peningkatan pengelolaan
lingkungan dan Budaya Sekolah
· Peningkatan sistem informasi
manajemen
· Peningkatan Kemitraan dan
kerjasama dengan stakeholder/DU-DI
· Peningkatan Manajemen
Pengelolaan Bengkel dan Labor serta optimalisasi pemakaiannya dalam rangka
meningkatkan kompetensi siswa
· Peningkatan kegiatan
pengembangan diri meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan kualitas
kegiatan ekstra kurikuler
E. Jadwal Pelaksanaan Supervisi
Internal Manajerial
Jadwal pelaksanaan supervisi internal manajerial akan disusun bersama
dengan pengawas pembina SD Negeri Margamulya disesuaikan dengan program
pembinaan manajerial dari Pengawas pembina
BAB IV
PENUTUP
Demikianlah program supervisi SD Negeri Margamulya ini disusun dengan
harapan dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pengelolaan sekolah dan
kualitas pembelajaran pada setiap program keahlian di SD Negeri Margamulya Pada
akhir tahun pelajaran akan dilakukan evaluasi dan dirumuskan tindak lanjut nya
sebagai dasar penyusunan program supervisi SD Negeri Margamulya tahun pelajaran
2020/2021.
JADWAL SUPERVISI SEMESTER
GANJIL/GENAP
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
JADWAL SUPERVISI AKADEMIS SD
Negeri Margamulya
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
No. |
Nama Guru/NIP |
Mata Pelajaran |
Jadwal Pelaksanaan Supervisi |
|||||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
|||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
Semester Ganjil : ............................
Format APKG 1:
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1
(APKG – PKP 1) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN
NAMA
GURU/MAHASISWA :
NIM :
TEMPAT
MENGAJAR :
KELAS :
MATA
PELAJARAN :
WAKTU/JAM
:
HARI,
TANGGAL :
UPBJJ-UT :
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran
yang akan digunakan oleh guru/ mahasiswa ketika mengajar, kemudian nilailah
semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut menggunakan butir penilaian di
bawah ini :
1. Menentukan bahan perbaikan pembelajaran
dan merumuskan tujuan/ indikator perbaikan pembelajaran
1.1.
1 2 3 4 5 Rata-rata butir 1=A
Menggunakan bahan
perbaikan Pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan masalah yang diperbaiki
1.2.Merumuskan tujuan khusus/ indikator
perbaikan pembelajaran
2. Mengembangkan dan mengorganisasikan
materi, media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar
2.1.
Mengembangkan dan
mengorganisasikan materi pembelajaran
2.2.Menentukan dan mengembangkan alat bantu
perbaikan pembelajaran
2.3.
Rata-rata butir 2=B
Menentukan dan
mengembangkan alat bantu pembelajaran
2.4.Memilih sumber belajar
3.
Merencanakan
skenario perbaikan pembelajaran
3.1.
Menentukan jenis
kegiatan perbaikan pembelajaran/ yang sesuai dengan tema (untuk pembelajaran
tematik)
3.2.
Menyusun
langkah-langkah perbaikan pembelajaran/ yang sesuai tema (untuk pembelajaran
tematik)
3.3.
Menentukan alokasi
waktu perbaikan pembelajaran
3.4.
Rata-rata butir 3=C
Menentukan
cara-cara memotivasi siswa
3.5.Menyiapkan pertanyaan
4.
Merancang
pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran
4.1.Menentukan penataan ruang dan fasilitas
belajar
4.2.
Rata-rata butir 4=D
Menentukan
cara-cara pengorganisasian agar siswa dapat berpartisipasi dalam perbaikan
pembelajaran
5. Merencanakan prosedur, jenis, dan
menyiapkan alat penilaian perbaikan pembelajaran
5.1.
Rata-rata butir 5=E
Menentukan prosedur
dan jenis penilaian (khusus untuk pembelajaran tematik prosedur penilaian harus
dilakukan secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh)
5.2.Membuat alat-alat penilaian dan kunci
jawaban
6.
Tampilan dokumen
rencana perbaikan pembelajaran
6.1.
Rata-rata butir 6=F
Kebersihan dan
kerapian
6.2.Penggunaan bahasa tulis
Mengetahui Kepala Sekolah, ......................................... NIP.
............................................. |
Pembimbing II ............................................ NIP. ................................................... |
Format 2
Daftar Pertanyaan Setelah Observasi
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1. |
Bagaimana pendapat saudara setelah menyajikan pelajaran ini? |
|
2. |
Apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan? |
|
3. |
Dapatkah saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam
proses pembelajaran tadi? |
|
4. |
Bagaimana perkiraan saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran? |
|
5. |
Apa yang menjadi kesulitan siswa? |
|
6. |
Apa yang menjadi kesulitasn saudara? |
|
7. |
Adakah alternatif lain untuk mengatasi kesulitan saudara? |
|
8. |
Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan
hal-hal yang peerlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang baru saja saudara
lakukan dan pengamatan saya. |
|
9. |
Dengan demikian, apa yang akan saudara lakukan untuk pertemuan
berikutnya? |
|
|
Kesan umum: Saran: |
|
……………........., ………………..
Kepala sekolah
…………………………………….
NIP.
Format 3.
Hasil Observasi
No |
Komponen yang dianalisis |
Aspek yang disupervisi |
Hasil penilaian dengan instrumen yang dikembangkan |
||||
|
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1. |
Tahap sebelum observasi |
Contoh: § Persiapan mengajar yang disiapkan § Konsep yang akan dibahas § Tujuan yang akan dicapai § Langkah-langkah penyajian § Pemanfaatan media § Proses interaksi |
|
|
|
|
|
2. |
Tahap pelaksanaan observasi |
§ Kejelasan konsep § Tingkat keberhasilan § Penggunaan media § Efektivitas interaksi |
|
|
|
|
|
3. |
Tahap sesudah observasi |
§ Kesan-kesan penampilan § Kemampuan mengidentifikasi ketrampilan
yang sudah baik § Kemampuan mengidentifikasi ketrampilan
yang belum berhasil § Diskusi tentang gagasan-gagasan
alternatif |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
||||
|
|
Rata-rata |
|
……………........., ………………..
Kepala sekolah
………………………………….
NIP.
Rentang penilaian:
1. Tidak ada (0-40)
2. Kurang baik (41-54)
3. Cukup (55-74)
4. Baik (75-90)
5. Sangat baik (91-100)
Format 4.
Isikan jadwal supervisi kunjungan kelas sesuai dengan kolom yang tersedia
Jadwal Supervisi Kunjungan Kelas
No. |
Hari/Tgl |
Nama Guru |
Mata Pelajaran |
Kelas |
Jam ke |
Pelaksanaan Supervisi |
Keterangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………….........,…………………..
Kepala Sekolah
……………………………………
NIP.
Format 5.
Rekapitulasi hasil supervisi
No |
Nama |
Nilai |
Keterangan |
|||
Administrasi |
Penampilan |
Test |
Rata-rata |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
……………........., ………………..
Kepala Sekolah
……………………………………
NIP.
Rentang penilaian:
91-100 = A 75-90 = B 55-74 = C <55 = K
Format 6.
INSTRUMEN PERENCANAAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Nama
Guru :
……………………………..
2.
Sekolah : ……………………………..
3.
Kelas,
Semester : ……………………………..
4.
Identitas
Mata pelajaran : ……………………………..
5.
Standar
Kompetensi : ……………………………..
6.
Kompetensi
Dasar : ……………………………..
7.
Hari
tanggal :
……………………………..
No |
URAIAN KEGIATAN |
KRITERIA NILAI |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
Menentukan
identitas mata pelajaran |
|
|
|
|
2. |
Menentukan
standar kompetensi |
|
|
|
|
3. |
Menentukan
kompetensi dasar |
|
|
|
|
4. |
Menentukan
indicator pencapaian kompetensi |
|
|
|
|
5. |
Menentukan
tujuan pembelajaran |
|
|
|
|
6. |
Menentukan
materi ajar |
|
|
|
|
7. |
Menentukan
alokasi waktu |
|
|
|
|
8. |
Menentukan
metode pembelajaran |
|
|
|
|
9. |
Menentukan
kegiatan pembelajaran |
|
|
|
|
10. |
Menentukan
penilaian hasil belajar |
|
|
|
|
11. |
Menentukan
sumber belajar |
|
|
|
|
|
Jumlah NILAI RIIL = ………………………. |
|
|
|
|
|
Jumlah
NILAI IDEAL = 44 |
KLASIFIKASI ……………………. |
|||
|
Nilai PERSENTASI = …………………….. % |
SARAN PEMBINAAN :
…………………,………………….. Kepala Sekolah …………………… NIP
………………………………………………………………………………………………………………………………
Format 7.
INSTRUMEN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS
1. Nama Guru :
……………………………..
2. Sekolah :
……………………………..
3. Kelas, Semester : ……………………………..
4. Identitas Mata pelajaran : ……………………………..
5. Standar Kompetensi : ……………………………..
6. Kompetensi Dasar :……………………………..
7. Hari tanggal : ……………………………..
No |
URAIAN KEGIATAN |
KRITERIA NILAI |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
Menjelaskan tujuan dan kompetensi dasar |
|
|
|
|
2. |
Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai dengan silabus |
|
|
|
|
3. |
Menjelaskan isi kegiatan kepada siswa/langkah kegiatan |
|
|
|
|
4. |
Menggunakan ekspresi dalam berkomunikasi dengan siswa |
|
|
|
|
5. |
Menggunakan respon siswa dalam menyelenggarakan kegiatan |
|
|
|
|
6. |
Menggunakan media dan alat pembelajaran yang sesuai dengan tujuan |
|
|
|
|
7. |
Menyelenggarakan kegiatan dengan urutan yang logis |
|
|
|
|
8. |
Menggunakan berbagai metode dalam menjelaskan isi kegiatan |
|
|
|
|
9. |
Membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan secara individual maupun
kelompok |
|
|
|
|
10. |
Memberikan banyak kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam
kegiatan yang dilaksanakan |
|
|
|
|
11. |
Memberikan penguatan kepada siswa |
|
|
|
|
12. |
Melaksanakan penilaian selama kegiatan berlangsung |
|
|
|
|
13. |
Menutup kegiatan dengan tepat |
|
|
|
|
14. |
Memberikan tugas |
|
|
|
|
|
Jumlah NILAI RIIL = ………………………. |
|
|
|
|
|
Jumlah NILAI IDEAL = 56 |
KLASIFIKASI ………………. |
|||
|
Nilai PERSENTASI = …………………….. % |
SARAN PEMBINAAN :
…………………………………………..
……………………………………….……..
………………………………………………
……………..,………………… Kepala Sekolah/madrasah, …………………… NIP Guru Mata Pelajaran …………………… NIP
Format 8
Contoh : Lembar Observasi
Siswa
INSTRUMEN OBSERVASI SISWA
PADA PROSES PEMBELAJARAN
NO |
NAMA |
KEGIATAN |
SKOR |
NILAI |
KET |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN
1. Berpartisipasi aktif
2. Tanggung jawab
3. Disiplin dalan mengikuti pembelajaran
4. Memusatkan perhatian pada materi
pembelajaran
KRITERIA SKOR PENILAIAN |
KRITERIAN KEAKTIFAN PESERTA |
||
Nilai |
Sebutan |
Kuantitatif |
Kualitatif |
1 |
Tidak Aktif |
85 – 100 |
Sangat Aktif (SA) |
2 |
Kurang Aktif |
69 – 84 |
Aktif (A) |
3 |
Aktif |
53 – 68 |
Cukup Aktif (CA) |
4 |
Sangat Aktif |
37 – 52 |
Kurang Aktif (KA) |
……………..,…………… Kepala
Sekolah, .…………………
Format 9:
Format APKG 2
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 2
(APKG – PKP 1) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA
GURU/MAHASISWA :
NIM :
TEMPAT
MENGAJAR :
KELAS :
MATA
PELAJARAN :
WAKTU/JAM
:
HARI,
TANGGAL :
UPBJJ-UT :
PETUNJUK
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang
sedang berlangsung
2. Pusatkan perhatian anda pada kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan
menggunakan butir-butir penilaian berikut
4. Khusus untuk butir 5, yaitu
mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilihlah salah satu
butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
5. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1.
1 2 3 4 5
Mengelola ruang dan fasilitas belajar
1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar
1.2
Rata-rata butir 1=A
Melaksanakan tugas
rutin kelas
2.
Melaksanakan
kegiatan perbaikan pembelajaran
2.1
Memulai
pembelajaran
2.2
Melaksanakan
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan
2.3
Menggunakan alat
bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan
lingkungan
2.4
Melaksanakan
pembelajaran dalam urutan yang logis
2.5
Rata-rata butir 2=B
Melaksanakan
perbaikan pembelajaran secara individual, kelompok atau klasikal
2.6
Mengelola
waktu pembelajaran secara efisien
3.
Mengelola
interaksi kelas
3.1
memberi petunjuk
dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran
3.2 Menangani pertanyaan dan respons siswa
3.3
Menggunakan
ekspresi lisan, tulisan, isyarat, dan gerakan badan
3.4
Rata-rata butir 3=C
Memicu dan
memelihara keterlibatan siswa
3.5 Memantapkan penguasaan materi pembelajaran
4.
Bersikap terbuka
dan luwes serta membantu me-ngembangkan sikap positif siswa terhadap belajar
4.1
Menunjukka
sikap ramah, luwes, terbuka penuh pengertian, dan sabar kepada siswa.
4.2 Menunjukkan kegairahan
dalam mengajar
4.3
Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi
4.4
Rata-rata butir 4=D
Mengembangkan
sikap menyadari kelebihan dan kekurangannya
4.5 Membantu siswa menumbukan
kepercayaan diri
5. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu
a. Bahasa Indonesia
5.1
Mendemonstrasikan
penguasaan materi bahasa Indonesia
5.2
Mengembangkan
kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar
5.3
Memberikan latihan
keterampilan berbahasa
5.4
Rata-rata butir 5a=E
Peka terhadap
kesalahan penggunaan istilah teknis
5.5 Memupuk kegemaran membaca
b.
Matematika
5.1 Menanamkan konsep matematika melalui
metode bervariasi yang sesuai dengan karakteristik materi
5.2 Menguasai simbol-simbol matematika
Rata-rata butir 5b=E
5.3 Memberikan latihan matematika dalam kehidupan
sehari-hari
5.4 Menguasai materi matematika
c. IPA
5.1 Membimbing siswa membuktikan konsep IPA
melalui pengalaman langsung terhadap objek yang dipelajari
5.2 Meningkatkan keterliatan siswa melalui
pengalaman belajar dengan berbagai kegiatan
5.3 Menggunakan istilah yang tepat pada setiap
langkah pembelajaran
5.4 Terampil dalam melakukan percobaan IPA serta
tepat dalam memilih alat peraga IPA
Rata-rata butir 5c=E
5.5 Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan
sehari-hari
5.6 Menampilkan penguasaan IPA
d.
IPS
5.1 Menerapkan
metode bervariasi dalam pembelajaran IPS
5.2 Menggunakan media/ alat bantu dalam
pembelajaran IPS
5.3 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran IPS
Rata-rata butir 5d=E
5.4 Ketepatan menggunakan istilah-istilah/ konsep
IPS dalam pembelajaran IPS
5.5 Menerapkan konsep IPS terpadu dalam kehidupan
sehari-hari
e.
PKn
5.1 Menggunakan metode dan alat bantu dalam pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan
5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
5.3 Ketetapan penggunaan istilah-istilah khusus dan
konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan
5.4 Menunjukkan penguasaan materi Pendidikan
Kewarganegaraan
Rata-rata butir 5e=E
5.5 Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan
dalam kehidupan sehari-hari
f.
Tematik
5.1 Menampilkan penguasaan pembelajaran
tematik secara holistik
5.2 Terampil menggunakan metode dan media
pembelajaran
5.3 Mahir dalam mengaitkan tema dengan kehidupan
sehari-hari
5.4 Mengingatkan keterlibatan siswa melalui
pengamatan langsung
Rata-rata butir 5f=E
5.5 Mengembangkan kemampuan siswa dalam berbagai aspek yang berkaitan dengan tema
5.6 Menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari
6. Melakukan penilaian proses dan hasil
belajar
6.1
Rata-rata butir 6=F
Melaksanakan
penilaian selama proses pembelajaran
6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir
pembelajaran
7.
Kesan umum
pelaksanaan pembelajaran
7.1
Keefektifan proses
pembelajaran
7.2
Penggunaan bahasa
Indonesia lisan
7.3
Rata-rata butir 7=G
Peka terhadap
kesalahan berbahasa siswa
7.4 Penampilan guru dalam pembelajaran
Mengetahui Kepala Sekolah, ............................................ NIP.
......................................... |
Pembimbing II ........................................ NIP.
............................................... |
Format 10. Instrumen
supervisi akademik dengan teknik individual:
Sekolah :
Kelas :
Nama guru :
Mata pelajaran :
Waktu :
No |
Komponen |
Rentang Skor |
Skor perolehan |
Catatan khusus |
I |
Perencanaan pembelajaran 1. ………. 2. ……….. 3. …………. 4. …………. |
|
|
|
II |
Pelaksanaan pembelajaran: A. Pendahuluan 1. ……….. 2. ……….. 3. ………… B. Inti 1. ……….. 2. ……….. 3. ………… 4. …………. 5. ……….. 6. ………. 7. ……….. 8. ………..
1. …….. 2. ……… |
|
|
|
|
Rerata Skor |
|
|
|
Keterangan: 0 -60 = Kurang ……..,………………..
61-70 = cukup Supervisor
71-80 = Baik
81-100 = amat
baik
(…………………………..)
Format 11. Dokumen Perencanaan program
supervisi akademik
1. Pendahuluan (Diskripsi umum, dan Dasar
hukum)
2. Tujuan supervisi
3. Teknik supervisi: Individual atau
kelompok.
4. Sasaran obyek kegiatan dan subyek
5. Waktu pelaksanaan supervisor (kepsek &
guru senior)
6. Lampiran
a. Jadwal (aloksi waktu, nomor, hari tanggal,
jam, kelas sasaran, maple, nama guru, nama supervisor)
b. Instrumen supervisi: lembar observasi,
pedoman wawancara
c. Form rekapitulasi hasil berisi nomor, nama
guru, mapel, skor angka, konversi kedalam kualivikasi dan meeting, serta tidak
lanjut berupa konfirmasi dengan guru.
No |
Nama Guru |
Mapel |
Kelas |
Hasil skor |
Catatan Khusus |
Tindak lanjut |
Realisasi Tindak lanjut |
|
Kualita |
Kuanti |
|||||||
1. |
|
|
|
|
|
|
Meeting (sumbang saran, pembinaan, dll) |
Supervisi lanjutan dengan kompetensi dasar selanjutnya. |
…………,…………………
Kepala
Seolah,
(……………………………)
LEMBAR PENILAIAN RENCANA PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah :………………….……………………........................ Guru :………………………………………………………….. Kelas :………………………………………………………….. Mata
Pelajaran :………………………………………………………….. Topik
Pembelajaran :………………………………........…………………….. Waktu :………….......................................................................... Hari/Tanggal :…………………....……………………………………..
Petunjuk
- Berilah penilaian rencana pemebelajaran yang dibuat guru sesuai
aspek-aspek yang ada.
- Semakin baik yang ditampilkan semakin tinggi nilainya (1-4).
A. MERENCANAKAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN
Skala Nilai
1 |
Merumuskan kompetensi dasar dan indikator |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Menentukan metode pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
3 |
Menentukan langkah-langkah pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
4 |
Menentukan cara-cara memotivasi siswa |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
Menentukan pengalaman belajar siswa |
1 |
2 |
3 |
4 |
6 |
Menentukan alokasi waktu |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
B. MERENCANAKAN PENGORGANISASIAN MATERI
PEMBELAJARAN
Skala Nilai
1 |
Kesesuaian materi pembelajaran dengan kurikulum |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai
dengan perkembangan siswa |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
C. MERENCANAKAN PENGELOLAAN KELAS
Skala Nilai
1 |
Penataan ruang kelas |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Pengorganisasian siswa aktif ddalam pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
D. MERENCANAKAN PENGGUNAAN SUMBER MEDIA PELAJARAN
Skala Nilai
1 |
Memilih sumber pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Menentukan penggunaan alat/media pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
E. MERENCANAKAN PENILAIAN
Skala Nilai
1 |
Menentukan bentu-bentuk prosedur dan teknik
penilaian |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Menyusun alat penilaian |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
F. PENAMPILAN FISIK RENCANA PEMBELAJARAN
Skala Nilai
1 |
Penggunaan bahasa tulis |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Kerapian dan kebersihan |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
Jumlah Nilai
Rata-rata
Nilai Akhir =
------------------------------- =
6
Komentar/Saran
………………………………………………………………………………………………………………………………
………………..,…………
Penilai
(Nama
Jelas)
Keterangan A = 3.28 – 4.00
Sangat Memuaskan B = 2.78 – 3.27
Memuaskan C = 2.38 – 2.77 Kurang Memuaskan
LEMBAR PENILAIAN RENCANA PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :………………….…………….
.................... Guru :…………………………………………......….. Kelas :……………………………………………..….. Mata Pelajaran :……………………………………………..….. Topik Pembelajaran :……………………………………………........ Waktu :…………........................................................... Hari/Tanggal :…………………………………………….......
Petunjuk
- Berilah penilaian rencana
pemebelajaran yang dibuat guru sesuai aspek-aspek yang ada.
- Semakin baik yang ditampilkan semakin
tinggi nilainya (1-4).
A.
MEMBUKA KEGIATAN PEMBELAJARAN
Skala Nilai
1 |
Menyampaiakan materi pengait/persepsi |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Memotivasi siswa untuk memulai pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
3 |
Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai siswa |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
B.
MENGELOLA KEGIATAN PEMBELAJARAN INTI
1 |
Penguasaan materi pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Memberi contoh/ilustrasi/analogi |
1 |
2 |
3 |
4 |
3 |
Menggunakan sumber, alat, media pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
4 |
Mengarahkan siswa untuk aktif berpartisipasi |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
Memberi penguatan |
1 |
2 |
3 |
4 |
6 |
Melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan urutan
yang logis/teratur |
1 |
2 |
3 |
4 |
7 |
Merespon secara positif keingintahuan siswa |
1 |
2 |
3 |
4 |
8 |
Menunjukkan antusiasme/gairah mengajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
C. MENGORGANISASI WAKTU, SISWA, SUMBER DAN
ALAT/MEDIA
PEMBELAJARAN
1 |
Mengatur penggunaan waktu |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Melaksanakan pengorganisasian siswa |
1 |
2 |
3 |
4 |
3 |
Menyiapkan sumber dan alat bantu/media
pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
D. MELAKSANAKAN PENILAIAN
1 |
Melaksanakan penilaian proses |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Melaksanakan penilaian hasil/akhir |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
E. MENUTUP KEGIATAN PEMBELAJARAN
1 |
Merangkum materi |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Memberi tindak lanjut |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
F. PENAMPILAN GURU
1 |
Kesan umum |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Penampilan dan sikap guru dalam pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
Jumlah Nilai
Rata-rata
Nilai Akhir =
------------------------------- =
6
Komentar/Saran
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… ………………..,…………2010
Penilai
Keterangan A = 3.28 – 4.00
Sangat Memuaskan B = 2.78 – 3.27
Memuaskan C = 2.38 – 2.77 Kurang Memuaskan
(Nama
Jelas)
LEMBAR PENILAIAN
KETERAMPILAN MELAKSANAKAN HUBUNGAN PRIBADI
Nama Sekolah :………………….…………….......................... Guru :……………………………………………….. Kelas :……………………………………………….. Mata
Pelajaran :……………………....……………………….. Topik
Pembelajaran :……………………………....……………….. Waktu :………….......................................................... Hari/Tanggal :………………………………………………..
Petunjuk
- Berilah penilaian rencana pemebelajaran yang dibuat guru sesuai aspek-aspek
yang ada.
- Semakin baik yang ditampilkan semakin tinggi nilainya (1-4).
A. MEMBANTU MENGEMBANGKAN PERILAKU POSITIF PADA
DIRI SISWA
1 |
Membantu murid untuk menyadari kekuatan dan
kelemahan diri |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Membantu murid untuk menumbuhkan kepercayaan
pada diri sendiri |
1 |
2 |
3 |
4 |
3 |
Membantu siswa untuk dapat mengekspresikan
perasaan dan pikiran |
1 |
2 |
3 |
4 |
4 |
Menunjukkan simpati |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
Menunjukkan keramahan dan menghargai orang lain |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
B. MENAMPILKAN KEGAIRAHAN DAN KESUNGGUHAN DALAM
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1 |
Menunjukkan kegairahan dalam pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Memberikan kesan menguasai materi |
1 |
2 |
3 |
4 |
3 |
Menunjukkan kemantapan mengajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
C. MENGELOLA INTERAKSI DALAM KELAS
1 |
Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat
dan serasi |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Menciptakan iklim belajar yang kondusif |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
Jumlah Nilai
Rata-rata
Nilai Akhir =
-------------------------------
=
3
Komentar/Saran
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………..,…………2010
Penilai
(Nama Jelas)
Keterangan
A = 3.28 – 4.00 Sangat Memuaskan
B = 2.78 – 3.27 Memuaskan
C = 2.38 – 2.77 Kurang Memuaskan
LEMBAR PENILAIAN
AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :………………….………….............................. Guru :……………………………………………….. Kelas :……………………………………………….. Mata Pelajaran :……………………………………………….. Topik
Pembelajaran :……………………………………………….. Waktu :………….......................................................... Hari/Tanggal :………………………………………………..
Petunjuk
- Berilah penilaian rencana pemebelajaran yang dibuat guru sesuai
aspek-aspek yang ada.
- Semakin baik yang ditampilkan semakin tinggi nilainya (1-4).
Skala Nilai
1 |
Siswa antusias dalam mengikuti pelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Siswa menyimak ketika guru memberikan penjelasan |
1 |
2 |
3 |
4 |
3 |
Siswa mengajukan pertanyaan pada saat yang tepat |
1 |
2 |
3 |
4 |
4 |
Siswa tidak canggung bertanya atau mengajukan
pendapat |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
Siswa melakukan aktivitas sesuai dengan
pengalaman belajar yang direncanakan |
1 |
2 |
3 |
4 |
6 |
Siswa menunjukkan keinginan untuk menguasai
materi |
1 |
2 |
3 |
4 |
7 |
Siswa berbahasa dengan baik dan benar |
1 |
2 |
3 |
4 |
Rata-rata:
Jumlah Nilai
Rata-rata
Nilai Akhir =
-------------------------------
=
7
Komentar/Saran
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………..,…………2010
Penilai
(Nama Jelas)
Keterangan
A = 3.28 – 4.00 Sangat Memuaskan
B = 2.78 – 3.27 Memuaskan
C = 2.38 – 2.77 Kurang
No comments:
Post a Comment