Tuesday, February 2, 2021

Bukti Fisik PKKS #Akreditasi #Program Supervisi

  

PROGRAM SUPERVISI

TAHUN PELAJARAN  2020/2021

 







SD NEGERI MARGAMULYA

UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS

 KABUPATEN TASIKMALAYA

2020

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur  dipersembahkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa, atas rahmat dan karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan penyusunan Program Supervisi Tahun Pelajaran 2020/2021 pada SD Negeri Margamulya.

Program Supervisi Tahun Pelajaran 2020/2021 pada  SD Negeri Margamulya ini disusun dengan latar belakang tuntutan untuk memenuhi implementasi salah satu kompetensi yang harus dikuasai dan dilaksanakan seorang Kepala Sekolah yaitu Kompetensi Supervisi. Pogram Supervisi Pelajaran 2020/2021 ini meliputi Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademis. Supervisi Akademis dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sedangkan Supervisi Manajerial dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan administrasi sekolah.

Harapan kami semoga Program Supervisi Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat terlaksana dengan efektif dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas pengelolaan setiap unit kegiatan  dan administrasi sekolah.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan Program Supervisi Tahun 2020 ini terutama Pengawas Pembina yang memberi masukan bagi terwujudnya Program Supervisi ini.

 

 

Margamulya, ..............................................

Kepala SDN Margamulya,

 

 

 

JAJANG SURYANA, S.Pd.SD

NIP. 19630216 198305 1 004

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR

 

DAFTAR ISI

 

BAB I PENDAHULUAN      

A.    Latar Belakang 

B.     Landasan Hukum

C.     Tujuan

D.    Ruang Lingkup

 

BAB II ANALISIS HASIL SUPERVISI TAHUN 2020/2021

A.  Analisis Hasil Supervisi Akademis Pelajaran 2020/2021

 

BAB III RENCANA PELAKSANAAN SUPERVISI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

A.    Rencana Supervisi Akademis Tahun

B.     Rencana Supervisi Internal Manajerial Tahun

C.     Jadwal Kegiatan Supervisi Akademis Tahun

D.    Jadwal Kegiatan Supervisi Internal Manajerial Tahun

BAB IV PENUTUP

 

LAMPIRAN

 Instrumen Supervisi

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.  Latar Belakang.

Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah harus menguasai Standar Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri atas : kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi sosial.

Penjabaran kompetensi supervisi pada intinya adalah supervisi akademis dimana langkah-langkah yang dilakukan adalah merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalismenya.

Mencermati hasil analisis Program Supervisi Tahun  pada SD Negeri Margamulya secara umum ditemukan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus peningkatan profesionalisme guru, seperti : pengembangan indikator dan materi pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif, lemahnya penguasaan guru dalam model-model pembelajaran aktif , dan sebagainya.

Karena itu dalam rangka melaksanakan tugas Kepala Sekolah sebagai Supevisor/Penyelia maka perlu disusun program supervisi yang secara menyeluruh dan sistematis menjabarkan rencana kegiatan yang akan dilakukan serta apa tindak lanjut dari hasil supervisi setelah kegiatan dilakukan agar terjadi perbaikan yang signifikan dalam kegiatan akademis di SD SD Negeri Margamulya

 

B. Landasan Hukum.

1.    Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

2.    Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

3.    Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

4.    Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi  Kepala Sekolah / Madrasah

5.    Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

6.    Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan.

C. Tujuan

Penyusunan Program Supervisi Tahun Pelajaran 2020/2021 pada SD Negeri Margamulya ini bertujuan sebagai berikut :

1.    Acuan bagi pelaksanaan kegiatan supervisi di lingkungan SD Negeri Margamulya.

2.    Meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik.

3.    Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas tamatan.

4.    Selain supervisi akademis , program supervisi ini juga dilengkapi dengan supervisi manajerial pada setiap unit kegiatan di lingkungan SD Negeri Margamulya yang merupakan supervisi internal dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan unit kegiatan dan administrasi sekolah.

 

D. Ruang Lingkup.

Adapun ruang lingkup Program Supervisi Tahun Pelajaran 2020/2021  pada SD Negeri Margamulya adalah :

1.    Supervisi Akademis :

a.    Pengembangan Silabus/ Perumusan Indikator

b.    Pengembangan RPP/Materi Pembelajaran

c.    Peningkatan Penguasaan Metode Pembelajaran

d.    Peningkatan Penguasaan Model Model Pembelajaran

e.    Peningkatan Penguasaan Sistem Penilaian Hasil Belajar

f.     Pelaksanaan Pembelajaran

g.    BK/Pengembangan Diri

2.    Supervisi Internal Manajerial :

a.    Administrasi Tata Usaha

b.    Kurikulum

c.    Kesiswaan/Ekstra Kurikuler

d.    Sarana/Prasarana

e.    Humas/Hubungan Industri

f.     Perpustakaan

g.    Koperasi Sekolah/Koperasi Siswa

h.    Lingkungan/Budaya Sekolah

BAB II

ANALISA HASIL SUPERVISI

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

A.            ANALISA HASIL SUPERVISI AKADEMIS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Adapun hasil analisis pelaksanaan program supervisi akademis tahun pelajaran tahun 2020/2021 sebagai berikut :

           No.

Aspek Supervisi

Ketuntasan

1

Pemetaan Standar Isi

Belum Tuntas (50%)

2

Pengembangan Indikator

Belum Tuntas (85%)

3

Pengembangan Silabus

Tuntas (75%)

4

Penyusunan RPP

Tuntas (75%)

5

Penyusunan Dokumen KKM

Tuntas (25%)

6

Penggunaan Media Pembelajaran

Belum Tuntas (65%)

7

Metode Pembelajaran

Belum Tuntas (75%)

8

Penggunaan Sumber Belajar

Belum Tuntas (85%)

9

Penggunaan Media Pembelajaran

Belum Tuntas (65%)

10

Penggunaan dan Teknik Penilaian

Belum Tuntas (80%)

11

Analisis Hasil Belajar

Belum Tuntas (65%)

12

Pemanfaatan TIK

Belum Tuntas (65%)

13

Analisis Ketuntasan Belajar

Belum Tuntas (50%)

 

Hasil ketuntasan target yang diharapkan pada program supervisi tahun 2020/2021 menunjukkan bahwa perlu dilakukan upaya untuk mencapai peningkatan pada aspek supervisi sebagai berikut :

·   Analisa konteks sebagai dasar pengembangan KTSP yang berorientasi kepada kesesuaian kurikulum dengan potensi peserta didik, karakteristik sekolah dan kondisi lingkungan

·     Pemetaan Standar Isi :

Perlu dilanjutkan pemetaan standar isi pada setiap SK-KD setiap mata pelajaran untuk menghasilkan silabus yang sesuai dengan karakter sekolah dan potensi daeran

Perumusan indikator pada SK-KD menunjukkan bahwa sebahagian besar sudah sesuai untuk memenuhi tuntutan pencapaian kompetensi namun sebahagian kecil masih perlu diperbaiki melalui kegiatan reviu di bawah koordinasi Tim Pengembang Kurikulum Sekolah

Penggunaan media pembelajaran perlu diperluas dengan media yang lebih akurat dan didukung oleh teknologi informasi dengan memanfaatkan : komputer dan internet Penggunaan Metode Pembelajaran masih perlu menjadi bagian yang perlu perbaikan dengan menerapkan metode pembelajaran aktif yang mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar

Penggunaan sumber belajar masih berorientasi pada buku paket dan modul diharapkan pada tahun berikutnya lebih diperkaya dengan pemanfaatan sumber belajar melalui internet, jurnal ilmiah dan media lainnya seperti buletin, koran, majalah dsb.

Sebahagian penggunaan teknik dan alat penilaian masih perlu disempurnakan terutama dalam pemilihan yang sesuai antara teknik dan alat penilaian dengan tuntutan KD. Analisa Hasil Belajar masih perlu peningkatan untuk dilakukan oleh seluruh guru dan seluruh mata pelajaran untuk mengetahui tingkat daya serap dan umpan balik bagi perbaikan pembelajaran tahun berikutnya.   Perlu peningkatan penguasaan teknologi informatika bagi guru untuk mampu menggunakan TIK dalam kegiatan pembelajaran. Perlu peningkatan pelaksanaan analisis ketuntasan sebagai pertimbangan bagi peningkatan KKM tahun berikutnya dan  sebagai bahan perbaikan pembelajaran

 

B. Analisis Hasil Supervisi Internal Manajerial tahun Pelajaran 2020/2021

Hasil supervisi internal manajerial terutama berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas staf manajerial perlu peningkatan pada :

·       Kinerja Tim Pengembang Kurikulum dalam mereviu dan merevisi KTSP

·       Perlunya dibentuk Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri Margamulya yang solid

·       Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana

·       Peningkatan pengelolaan lingkungan dan Budaya Sekolah

·       Peningkatan sistem informasi manajemen

·       Peningkatan Kemitraan dan kerjasama dengan stake holder/DU-DI

·       Peningkatan Manajemen Pengelolaan Bengkel dan Labor serta optimalisasi pemakaiannya dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa

·       Peningkatan kegiatan pengembangan diri meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler

 

 

BAB III

RENCANA PELAKSANAAN SUPERVISI

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

A. Rencana Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2020/2021

Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2020/2021 yang disusun berdasarkan hasil evaluasi dan analisis pelaksanaan supervisi akademis tahun sebelumnya diharapkan akan memberikan dampak berupa perbaikan sekaligus peningkatan mutu proses dan output proses pembelajaran langsung yang dilaksanakan guru-guru mata pelajaran di kelas yang diindikasikan dengan adanya perbaikan pada :

1.    Peningkatan pemahaman guru terhadap Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) dengan titik berat pada :

a.    Review KTSP berupa telaah terhadap pengembangan silabus yang sesuai dengan kebutuhan pada setiap mata pelajaran

b.    Perumusan Kompetensi Dasar dan Indikator

c.    Penyusunan RPP

 

2.    Penggunaan Metode – Metode dan Model-Model  Pembelajaran yang lebih variatif dan meningkatkan antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran

3.    Penggunaan instrumen penilaian yang sesuai dengan tuntutan kompetensi

4.    Pelaksanaan proses pembelajaran yang efektif dan efisien dengan mengacu kepada tuntutan penguasaan kompetensi

 

Agar pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2020/2021 ini berlansung efektif dan dapat memvisitasi seluruh guru mata pelajaran maka petugas supervisi terdiri atas : Kepala Sekolah, Pengawas Pembina, Wakil Kepala Sekolah dan Guru-Guru Senior yang kompeten dan dianggap layak dan mampu melaksanakan Supervisi .

 

C. Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2020/2021

Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2020/2021 disusun dengan mempertimbangkan hari efektif belajar dan disusun atas Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis Semester Ganjil dan Jadwal Supervisi Akademis Semester Genap. Jadwal selengkapnya terlampir :

D. Rencana Supervisi Manajerial

Pelaksanaan Supervisi Internal dalam bidang manajerial sekolah dilakukan pada setiap unit kegiatan yang ada dalam jajaran manajerial SD Negeri Margamulya Pelaksanaannya dilakukan bersama oleh Kepala Sekolah bersama dengan Pengawas Pembina pada setiap unit dengan target utama adalah pembenahan pada :

·       Kinerja Tim Pengembang Kurikulum dalam mereviu dan merevisi KTSP

·       Perlunya dibentuk Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri Margamulya yang solid

·       Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana

·       Peningkatan pengelolaan lingkungan dan Budaya Sekolah

·       Peningkatan sistem informasi manajemen

·       Peningkatan Kemitraan dan kerjasama dengan stakeholder/DU-DI

·       Peningkatan Manajemen Pengelolaan Bengkel dan Labor serta optimalisasi pemakaiannya dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa

·       Peningkatan kegiatan pengembangan diri meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler

 

E. Jadwal Pelaksanaan Supervisi Internal Manajerial

Jadwal pelaksanaan supervisi internal manajerial akan disusun bersama dengan pengawas pembina SD Negeri Margamulya disesuaikan dengan program pembinaan manajerial dari Pengawas pembina

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

 

Demikianlah program supervisi SD Negeri Margamulya ini disusun dengan harapan dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pengelolaan sekolah dan kualitas pembelajaran pada setiap program keahlian di SD Negeri Margamulya Pada akhir tahun pelajaran akan dilakukan evaluasi dan dirumuskan tindak lanjut nya sebagai dasar penyusunan program supervisi SD Negeri Margamulya tahun pelajaran 2020/2021.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

JADWAL SUPERVISI SEMESTER GANJIL/GENAP

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

JADWAL SUPERVISI AKADEMIS SD Negeri Margamulya

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

No.

 

Nama Guru/NIP

 

Mata Pelajaran

Jadwal Pelaksanaan Supervisi

Juli

Agustus

September

Oktober

November

Desember

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

 

Semester Ganjil : ............................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Lampiran

Format APKG 1:

 

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1 (APKG – PKP 1) PGSD

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN

 


NAMA GURU/MAHASISWA             :   

NIM                                                        :   

TEMPAT MENGAJAR                         :   

KELAS                                                   :   

MATA PELAJARAN                            :   

WAKTU/JAM                                        :   

HARI, TANGGAL                                :   

UPBJJ-UT                                              :   

 

PETUNJUK

 

Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/ mahasiswa ketika mengajar, kemudian nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut menggunakan butir penilaian di bawah ini :

 

1.      Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan merumuskan tujuan/ indikator perbaikan pembelajaran

1.1.

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 1=A

 

 

 

 
Menggunakan bahan perbaikan Pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan masalah yang diperbaiki

1.2.Merumuskan tujuan khusus/ indikator perbaikan pembelajaran

 

 

2.      Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar

2.1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran

2.2.Menentukan dan mengembangkan alat bantu perbaikan pembelajaran

2.3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 2=B

 

 

 

 
Menentukan dan mengembangkan alat bantu pembelajaran

2.4.Memilih sumber belajar

 

 

 

3.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran

3.1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran/ yang sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik)

3.2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran/ yang sesuai tema (untuk pembelajaran tematik)

3.3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Menentukan alokasi waktu perbaikan pembelajaran

3.4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 3=C

 

 

 

 
Menentukan cara-cara memotivasi siswa

3.5.Menyiapkan pertanyaan

 

 

4.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Merancang pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran

4.1.Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar

4.2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 4=D

 

 

 

 
Menentukan cara-cara pengorganisasian agar siswa dapat berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran

 

 

 

5.      Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian perbaikan pembelajaran

5.1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 5=E

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Menentukan prosedur dan jenis penilaian (khusus untuk pembelajaran tematik prosedur penilaian harus dilakukan secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh)

5.2.Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban

 

6.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran

6.1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 6=F

 

 

 

 
Kebersihan dan kerapian

6.2.Penggunaan bahasa tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

.........................................

NIP. .............................................

 

Pembimbing II

 

 

 

 

............................................

NIP. ...................................................

 


Format 2

Daftar Pertanyaan Setelah Observasi

No

Pertanyaan

Jawaban

1.

Bagaimana pendapat saudara setelah menyajikan pelajaran ini?

 

2.

Apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?

 

3.

Dapatkah saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?

 

4.

Bagaimana perkiraan saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran?

 

5.

Apa yang menjadi kesulitan siswa?

 

6.

Apa yang menjadi kesulitasn saudara?

 

7.

Adakah alternatif lain untuk mengatasi kesulitan saudara?

 

8.

Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang peerlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang baru saja saudara lakukan dan pengamatan saya.

 

9.

Dengan demikian, apa yang akan saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?

 

 

Kesan umum:

Saran:

 

 

 

……………........., ………………..

Kepala sekolah

 

 

…………………………………….

NIP.

Format 3.

Hasil Observasi

No

Komponen yang dianalisis

Aspek yang disupervisi

Hasil penilaian dengan instrumen yang dikembangkan

 

 

 

1

2

3

4

5

1.

Tahap sebelum observasi

Contoh:

§  Persiapan mengajar yang disiapkan

§  Konsep yang akan dibahas

§  Tujuan yang akan dicapai

§  Langkah-langkah penyajian

§  Pemanfaatan media

§  Proses interaksi

 

 

 

 

 

2.

Tahap pelaksanaan observasi

§  Kejelasan konsep

§  Tingkat keberhasilan

§  Penggunaan media

§  Efektivitas interaksi

 

 

 

 

 

3.

Tahap sesudah observasi

§  Kesan-kesan penampilan

§  Kemampuan mengidentifikasi ketrampilan yang sudah baik

§  Kemampuan mengidentifikasi ketrampilan yang belum berhasil

§  Diskusi tentang gagasan-gagasan alternatif

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

Rata-rata

 

……………........., ………………..

Kepala sekolah

 

 

 

………………………………….

NIP.

Rentang penilaian:

1.    Tidak ada (0-40)

2.    Kurang baik (41-54)

3.    Cukup (55-74)

4.    Baik (75-90)

5.    Sangat baik (91-100)


Format 4.

Isikan jadwal supervisi kunjungan kelas sesuai dengan kolom yang tersedia

Jadwal Supervisi Kunjungan Kelas

No.

Hari/Tgl

Nama Guru

Mata Pelajaran

Kelas

Jam ke

Pelaksanaan Supervisi

Keterangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

…………….........,…………………..

Kepala Sekolah

 

 

……………………………………

NIP.

Format 5.

Rekapitulasi hasil supervisi

No

Nama

Nilai

Keterangan

Administrasi

Penampilan

Test

Rata-rata

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

……………........., ………………..

Kepala Sekolah

 

 

……………………………………

NIP.

Rentang penilaian:

91-100 = A

75-90  = B

55-74  = C

<55     = K

 
 

 

 

 


Format 6.

INSTRUMEN PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.    Nama Guru                         : ……………………………..

2.    Sekolah                               : ……………………………..

3.    Kelas, Semester                  : ……………………………..

4.    Identitas Mata pelajaran     : ……………………………..

5.    Standar Kompetensi           : ……………………………..

6.    Kompetensi Dasar              :  ……………………………..

7.    Hari tanggal                        : ……………………………..

No

URAIAN KEGIATAN

KRITERIA NILAI

1

2

3

4

1.

Menentukan identitas mata pelajaran

 

 

 

 

2.

Menentukan standar kompetensi

 

 

 

 

3.

Menentukan kompetensi dasar

 

 

 

 

4.

Menentukan indicator pencapaian kompetensi

 

 

 

 

5.

Menentukan tujuan pembelajaran

 

 

 

 

6.

Menentukan materi ajar

 

 

 

 

7.

Menentukan alokasi waktu

 

 

 

 

8.

Menentukan metode pembelajaran

 

 

 

 

9.

Menentukan kegiatan pembelajaran

 

 

 

 

10.

Menentukan penilaian hasil belajar

 

 

 

 

11.

Menentukan sumber belajar

 

 

 

 

 

Jumlah NILAI RIIL     = ……………………….

 

 

 

 

 

Jumlah NILAI IDEAL = 44

KLASIFIKASI

…………………….

 

Nilai PERSENTASI   = …………………….. %

 SARAN PEMBINAAN :

…………………,…………………..

Kepala Sekolah

 

 

……………………

NIP

 
………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 


Format 7.

INSTRUMEN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS

 

1.    Nama Guru                         : ……………………………..

2.    Sekolah                               : ……………………………..

3.    Kelas, Semester                  : ……………………………..

4.    Identitas Mata pelajaran     : ……………………………..

5.    Standar Kompetensi           : ……………………………..

6.    Kompetensi Dasar              :……………………………..

7.    Hari tanggal                        : ……………………………..

 

No

URAIAN KEGIATAN

KRITERIA NILAI

1

2

3

4

1.

Menjelaskan tujuan dan kompetensi dasar

 

 

 

 

2.

Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai dengan silabus

 

 

 

 

3.

Menjelaskan isi kegiatan kepada siswa/langkah kegiatan

 

 

 

 

4.

Menggunakan ekspresi dalam berkomunikasi dengan siswa

 

 

 

 

5.

Menggunakan respon siswa dalam menyelenggarakan kegiatan

 

 

 

 

6.

Menggunakan media dan alat pembelajaran yang sesuai dengan tujuan

 

 

 

 

7.

Menyelenggarakan kegiatan dengan urutan yang logis

 

 

 

 

8.

Menggunakan berbagai metode dalam menjelaskan isi kegiatan

 

 

 

 

9.

Membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan secara individual maupun kelompok

 

 

 

 

10.

Memberikan banyak kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan

 

 

 

 

11.

Memberikan penguatan kepada siswa

 

 

 

 

12.

Melaksanakan penilaian selama kegiatan berlangsung

 

 

 

 

13.

Menutup kegiatan dengan tepat

 

 

 

 

14.

Memberikan tugas

 

 

 

 

 

Jumlah NILAI RIIL     = ……………………….

 

 

 

 

 

Jumlah NILAI IDEAL = 56

KLASIFIKASI

……………….

 

Nilai PERSENTASI    = …………………….. %

       

          SARAN PEMBINAAN :

…………………………………………..

……………………………………….……..

………………………………………………

……………..,…………………

Kepala Sekolah/madrasah,

 

 

……………………

NIP

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

……………………

NIP

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Format 8

Contoh : Lembar Observasi Siswa

 

INSTRUMEN OBSERVASI SISWA

PADA PROSES PEMBELAJARAN

 

NO

NAMA

KEGIATAN

SKOR

NILAI

KET

1

2

3

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

 

 

 

 

 

 

 

KETERANGAN

1.    Berpartisipasi aktif

2.    Tanggung jawab

3.    Disiplin dalan mengikuti pembelajaran

4.    Memusatkan perhatian pada materi pembelajaran

 

KRITERIA SKOR PENILAIAN

KRITERIAN KEAKTIFAN PESERTA

Nilai

Sebutan

Kuantitatif

Kualitatif

1

Tidak Aktif

85 – 100

Sangat Aktif (SA)

2

Kurang Aktif

69 – 84

Aktif (A)

3

Aktif

53 – 68

Cukup Aktif (CA)

4

Sangat Aktif

37 – 52

Kurang Aktif (KA)

……………..,……………

Kepala Sekolah,

 

 

.…………………

 

 

 


Format 9:

Format APKG 2

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 2 (APKG – PKP 1) PGSD

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

 


NAMA GURU/MAHASISWA             :   

NIM                                                        :   

TEMPAT MENGAJAR                         :   

KELAS                                                   :   

MATA PELAJARAN                            :   

WAKTU/JAM                                        :   

HARI, TANGGAL                                :   

UPBJJ-UT                                              :   

 

PETUNJUK

 

1.      Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung

2.      Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran

3.      Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut

4.      Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.

5.      Nilailah semua aspek kemampuan guru.

 

1.     

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Mengelola ruang dan fasilitas belajar

1.1  Menata fasilitas dan sumber belajar

1.2 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 1=A

 

 

 

 
Melaksanakan tugas rutin kelas

 

 

 

 

2.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran

2.1  Memulai pembelajaran

2.2 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan

2.3 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan

2.4 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis

2.5 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 2=B

 

 

 

 
Melaksanakan perbaikan pembelajaran secara individual, kelompok atau klasikal

2.6  Mengelola waktu pembelajaran secara efisien

3.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Mengelola interaksi kelas

3.1 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran

3.2  Menangani pertanyaan dan respons siswa

3.3 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat, dan gerakan badan

3.4 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 3=C

 

 

 

 
Memicu dan memelihara keterlibatan siswa

3.5  Memantapkan penguasaan materi pembelajaran

 

 

4.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Bersikap terbuka dan luwes serta membantu me-ngembangkan sikap positif siswa terhadap belajar

4.1 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Menunjukka sikap ramah, luwes, terbuka penuh pengertian, dan sabar kepada siswa.

4.2  Menunjukkan kegairahan dalam mengajar

4.3 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi

4.4 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 4=D

 

 

 

 
Mengembangkan sikap menyadari kelebihan dan kekurangannya

4.5  Membantu siswa menumbukan kepercayaan diri

 

 

 

5.      Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu

a.       Bahasa Indonesia

5.1 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia

5.2 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar

5.3 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Memberikan latihan keterampilan berbahasa

5.4 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 5a=E

 

 

 

 
Peka terhadap kesalahan penggunaan istilah teknis

5.5  Memupuk kegemaran membaca

 

 

 

b.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Matematika

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.1       Menanamkan konsep matematika melalui metode bervariasi yang sesuai dengan karakteristik materi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.2 Menguasai simbol-simbol matematika

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 5b=E

 

 

 

 
5.3 Memberikan latihan matematika dalam kehidupan sehari-hari

5.4 Menguasai materi matematika

 

 

 

 

c.       IPA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.1       Membimbing siswa membuktikan konsep IPA melalui pengalaman langsung terhadap objek yang dipelajari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.2 Meningkatkan keterliatan siswa melalui pengalaman belajar dengan berbagai kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.3 Menggunakan istilah yang tepat pada setiap langkah pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.4 Terampil dalam melakukan percobaan IPA serta tepat dalam memilih alat peraga IPA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 5c=E

 

 

 

 
5.5 Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari

5.6 Menampilkan penguasaan IPA

 

 

d.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
IPS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.1 Menerapkan metode bervariasi dalam pembelajaran IPS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.2 Menggunakan media/ alat bantu dalam pembelajaran IPS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.3 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran IPS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 5d=E

 

 

 

 
5.4 Ketepatan menggunakan istilah-istilah/ konsep IPS dalam pembelajaran IPS

5.5 Menerapkan konsep IPS terpadu dalam kehidupan sehari-hari

 

 

e.      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
PKn

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.1       Menggunakan metode dan alat bantu dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

5.3 Ketetapan penggunaan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.4 Menunjukkan penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 5e=E

 

 

 

 
5.5 Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari

 

 

f.       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Tematik

5.1       Menampilkan penguasaan pembelajaran tematik secara holistik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.2 Terampil menggunakan metode dan media pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.3 Mahir dalam mengaitkan tema dengan kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
5.4 Mengingatkan keterlibatan siswa melalui pengamatan langsung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 5f=E

 

 

 

 
5.5 Mengembangkan kemampuan siswa dalam  berbagai aspek yang berkaitan dengan tema

5.6 Menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

6.      Melakukan penilaian proses dan hasil belajar

6.1 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 6=F

 

 

 

 
Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran

6.2  Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran

 

 

7.     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Kesan umum pelaksanaan pembelajaran

7.1 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Keefektifan proses pembelajaran

7.2 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Penggunaan bahasa Indonesia lisan

7.3 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 7=G

 

 

 

 
Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa

7.4  Penampilan guru dalam pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 


Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

           ............................................          

NIP. .........................................

 

Pembimbing II

 

 

 

 

........................................

NIP. ...............................................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Format 10. Instrumen supervisi akademik dengan teknik individual:

 

Sekolah                       :

Kelas                           :

Nama guru                  :

Mata pelajaran :

SK/KD                                    :

Waktu                         :

 

No

Komponen

Rentang Skor

Skor perolehan

Catatan khusus

I

Perencanaan pembelajaran

1.      ……….

2.      ………..

3.      ………….

4.      ………….

 

 

 

II

Pelaksanaan pembelajaran:

A.    Pendahuluan

1.      ………..

2.      ………..

3.      …………

B.     Inti

1.      ………..

2.      ………..

3.      …………

4.      ………….

5.      ………..

6.      ……….

7.      ………..

8.      ………..

  1. Penutup

1.      ……..

2.      ………

 

 

 

 

Rerata Skor

 

 

 

 

Keterangan:     0 -60 = Kurang                                                        ……..,………………..

                        61-70   = cukup                                               Supervisor

                        71-80   = Baik

                        81-100 = amat baik                            

 

(…………………………..)


Format 11. Dokumen Perencanaan program supervisi akademik

 

1.      Pendahuluan (Diskripsi umum, dan Dasar hukum)

2.      Tujuan supervisi

3.      Teknik supervisi: Individual atau kelompok.

4.      Sasaran obyek kegiatan dan subyek

5.      Waktu pelaksanaan supervisor (kepsek & guru senior)

6.      Lampiran

a.    Jadwal (aloksi waktu, nomor, hari tanggal, jam, kelas sasaran, maple, nama guru, nama supervisor)

b.    Instrumen supervisi: lembar observasi, pedoman wawancara

c.    Form rekapitulasi hasil berisi nomor, nama guru, mapel, skor angka, konversi kedalam kualivikasi dan meeting, serta tidak lanjut berupa konfirmasi dengan guru.

 

No

Nama Guru

Mapel

Kelas

Hasil skor

Catatan Khusus

Tindak lanjut

Realisasi Tindak lanjut

Kualita

Kuanti

1.

 

 

 

 

 

 

Meeting

(sumbang saran, pembinaan, dll)

Supervisi lanjutan dengan kompetensi dasar selanjutnya.

 

 

 

 

                                                                             

…………,…………………

                                                                              Kepala Seolah,

 

                                                                                         

 

 

(……………………………)


LEMBAR PENILAIAN RENCANA PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                                     :………………….……………………........................

Guru                                                       :…………………………………………………………..

Kelas                                                      :…………………………………………………………..

Mata Pelajaran                                    :…………………………………………………………..

Topik Pembelajaran                           :………………………………........……………………..

Waktu                                                    :…………..........................................................................

Hari/Tanggal                                        :…………………....……………………………………..

 
 

 

 

 

 

 


Petunjuk

  1. Berilah penilaian rencana pemebelajaran yang dibuat guru sesuai aspek-aspek yang ada.
  2. Semakin baik yang ditampilkan semakin tinggi nilainya (1-4).

 

A. MERENCANAKAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN     

Skala Nilai

1

Merumuskan kompetensi dasar dan indikator

1

2

3

4

2

Menentukan metode pembelajaran

1

2

3

4

3

Menentukan langkah-langkah pembelajaran

1

2

3

4

4

Menentukan cara-cara memotivasi siswa

1

2

3

4

5

Menentukan pengalaman belajar siswa

1

2

3

4

6

Menentukan alokasi waktu

1

2

3

4

 

 

                                                                                           Rata-rata:

 

B. MERENCANAKAN PENGORGANISASIAN MATERI PEMBELAJARAN

Skala Nilai

1

Kesesuaian materi pembelajaran dengan kurikulum

1

2

3

4

2

Mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa

1

2

3

4

 

 

 

 
 


                                                                                           Rata-rata:

C. MERENCANAKAN PENGELOLAAN KELAS

Skala Nilai

1

Penataan ruang kelas

1

2

3

4

2

Pengorganisasian siswa aktif ddalam pembelajaran

1

2

3

4

 

 

                                                                                                Rata-rata:

 

D. MERENCANAKAN PENGGUNAAN SUMBER MEDIA PELAJARAN

Skala Nilai

1

Memilih sumber pembelajaran

1

2

3

4

2

Menentukan penggunaan alat/media pembelajaran

1

2

3

4

 

 

                                                                                                Rata-rata:       

 

E. MERENCANAKAN PENILAIAN

Skala Nilai

1

Menentukan bentu-bentuk prosedur dan teknik penilaian

1

2

3

4

2

Menyusun alat penilaian

1

2

3

4

 

 

                                                                                                Rata-rata:                 

 

 

 

 

F. PENAMPILAN FISIK RENCANA PEMBELAJARAN

Skala Nilai

1

Penggunaan bahasa tulis

1

2

3

4

2

Kerapian dan kebersihan

1

2

3

4

 

 
                                                                                                Rata-rata:                 

 

 

 

 
                            Jumlah Nilai Rata-rata

Nilai Akhir  =   -------------------------------               =

                                        6  

 

Komentar/Saran

………………………………………………………………………………………………………………………………

                                                                                                                                                                                                                           ………………..,…………

    Penilai

 

 

   

    (Nama Jelas)

 

 

Keterangan

A = 3.28 – 4.00 Sangat Memuaskan

B = 2.78 – 3.27 Memuaskan

C = 2.38 – 2.77 Kurang Memuaskan

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 


LEMBAR PENILAIAN RENCANA PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                           :………………….……………. ....................

Guru                                         :…………………………………………......…..

Kelas                                        :……………………………………………..…..

Mata Pelajaran                            :……………………………………………..…..

Topik Pembelajaran       :……………………………………………........

Waktu                                       :…………...........................................................

Hari/Tanggal                              :…………………………………………….......

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 


Petunjuk

  1. Berilah penilaian rencana pemebelajaran yang dibuat guru sesuai aspek-aspek yang ada.
  2. Semakin baik yang ditampilkan semakin tinggi nilainya (1-4).

       A. MEMBUKA KEGIATAN PEMBELAJARAN                               

             Skala Nilai

1

Menyampaiakan materi pengait/persepsi

1

2

3

4

2

Memotivasi siswa untuk memulai pembelajaran

1

2

3

4

3

Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai siswa

1

2

3

4

 

 

 
                                                                                                Rata-rata:

 

        B. MENGELOLA KEGIATAN PEMBELAJARAN INTI

 

1

Penguasaan materi pembelajaran

1

2

3

4

2

Memberi contoh/ilustrasi/analogi                              

1

2

3

4

3

Menggunakan sumber, alat, media pembelajaran

1

2

3

4

4

Mengarahkan siswa untuk aktif berpartisipasi

1

2

3

4

5

Memberi penguatan

1

2

3

4

6

Melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan urutan yang logis/teratur

1

2

3

4

7

Merespon secara positif keingintahuan siswa

1

2

3

4

8

Menunjukkan antusiasme/gairah mengajar

1

2

3

4

 

 
   

                                                                                                Rata-rata:

C. MENGORGANISASI WAKTU, SISWA, SUMBER DAN ALAT/MEDIA

     PEMBELAJARAN

1

Mengatur penggunaan waktu

1

2

3

4

2

Melaksanakan pengorganisasian siswa

1

2

3

4

3

Menyiapkan sumber dan alat bantu/media pembelajaran

1

2

3

4

 

 
                                                                                                Rata-rata:

 

D. MELAKSANAKAN PENILAIAN

 

1

Melaksanakan penilaian proses

1

2

3

4

2

Melaksanakan penilaian hasil/akhir

1

2

3

4

 

 

 
                                                                                                Rata-rata:                 

 

E. MENUTUP KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

1

Merangkum materi

1

2

3

4

2

Memberi tindak lanjut

1

2

3

4

 

 

 
                                                                                                Rata-rata:                 

 

 

 

F. PENAMPILAN GURU

 

1

Kesan umum

1

2

3

4

2

Penampilan dan sikap guru dalam pembelajaran

1

2

3

4

 

 

                                                                                                Rata-rata:                 

 

 

 
 


                            Jumlah Nilai Rata-rata

Nilai Akhir  =   -------------------------------  =

                                             6

 

Komentar/Saran

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………                                                                                                                                                                                                                                                ………………..,…………2010

                            Penilai

 

Keterangan

A = 3.28 – 4.00 Sangat Memuaskan

B = 2.78 – 3.27 Memuaskan

C = 2.38 – 2.77 Kurang Memuaskan

 
 

 


                            (Nama Jelas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

KETERAMPILAN MELAKSANAKAN HUBUNGAN PRIBADI

Nama Sekolah                         :………………….……………..........................

Guru                                        :………………………………………………..

Kelas                                       :………………………………………………..

Mata Pelajaran                        :……………………....………………………..

Topik Pembelajaran    :……………………………....………………..

Waktu                                     :…………..........................................................

Hari/Tanggal                           :………………………………………………..

 
 

 

 

 

 

 

 

 


Petunjuk

  1. Berilah penilaian rencana pemebelajaran yang dibuat guru sesuai aspek-aspek yang ada.
  2. Semakin baik yang ditampilkan semakin tinggi nilainya (1-4).

 

A. MEMBANTU MENGEMBANGKAN PERILAKU POSITIF PADA DIRI SISWA

 

1

Membantu murid untuk menyadari kekuatan dan kelemahan diri

1

2

3

4

2

Membantu murid untuk menumbuhkan kepercayaan pada diri sendiri

1

2

3

4

3

Membantu siswa untuk dapat mengekspresikan perasaan dan pikiran

1

2

3

4

4

Menunjukkan simpati

1

2

3

4

5

Menunjukkan keramahan dan menghargai orang lain

1

2

3

4

                                                                                                           

 

 

                                                                                                Rata-rata:

 

B. MENAMPILKAN KEGAIRAHAN DAN KESUNGGUHAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

1

Menunjukkan kegairahan dalam pembelajaran

1

2

3

4

2

Memberikan kesan menguasai materi

1

2

3

4

3

Menunjukkan kemantapan mengajar

1

2

3

4

 

 
   

                                                                                                Rata-rata:

C. MENGELOLA INTERAKSI DALAM KELAS

 

1

Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi

1

2

3

4

2

Menciptakan iklim belajar yang kondusif

1

2

3

4

 

 
                                                                   

                                                                                                Rata-rata:

 

 

 

 

 
                            Jumlah Nilai Rata-rata

Nilai Akhir  =   -------------------------------  = 

                                             3

 

 

Komentar/Saran

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

                                                                                                                                                                                                               ………………..,…………2010

Penilai

 

 

 

(Nama Jelas)

 

Keterangan

A = 3.28 – 4.00 Sangat Memuaskan

B = 2.78 – 3.27 Memuaskan

C = 2.38 – 2.77 Kurang Memuaskan

 

 


LEMBAR PENILAIAN

AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                         :………………….…………..............................

Guru                                        :………………………………………………..

Kelas                                       :………………………………………………..

Mata Pelajaran                        :………………………………………………..

Topik Pembelajaran                :………………………………………………..

Waktu                                     :…………..........................................................

Hari/Tanggal                           :………………………………………………..

 
 

 

 

 

 

 

 


Petunjuk

  1. Berilah penilaian rencana pemebelajaran yang dibuat guru sesuai aspek-aspek yang ada.
  2. Semakin baik yang ditampilkan semakin tinggi nilainya (1-4).

 

                                                                                                       Skala Nilai

1

Siswa antusias dalam mengikuti pelajaran

1

2

3

4

2

Siswa menyimak ketika guru memberikan penjelasan

1

2

3

4

3

Siswa mengajukan pertanyaan pada saat yang tepat

1

2

3

4

4

Siswa tidak canggung bertanya atau mengajukan pendapat

1

2

3

4

5

Siswa melakukan aktivitas sesuai dengan pengalaman belajar yang direncanakan

1

2

3

4

6

Siswa menunjukkan keinginan untuk menguasai materi

1

2

3

4

7

Siswa berbahasa dengan baik dan benar

1

2

3

4

 

 

                                                                                                Rata-rata:

 

 
                            Jumlah Nilai Rata-rata

Nilai Akhir  =   -------------------------------  = 

                                             7

Komentar/Saran

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

                                                                                                                                                                                       ………………..,…………2010

Penilai

 

 

 

(Nama Jelas)

 

Keterangan

A = 3.28 – 4.00 Sangat Memuaskan

B = 2.78 – 3.27 Memuaskan

C = 2.38 – 2.77 Kurang

 

 

No comments:

Post a Comment