ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
APKG 2
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
1.
SATUAN
PENDIDIKAN :
........................................... 2.
NAMA
GURU : ........................................... 3.
NIP : ........................................... 4.
KELAS : ........................................... 5.
MATA
PELAJARAN : ........................................... 6.
WAKTU :
........................................... 7.
HARI
/ TANGGAL :
........................................... |
PETUNJUK
:
1.
Amatilah
dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2.
Pusatkan
perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya
pada diri siswa.
3.
Nilailah
kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian dibawah ini .
4.
Khusus
untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran,
pilih salah satu pilihan yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang
diajarkan.
5.
Nilailah
semua aspek kemamuanguru.
1. Mengelola ruang dan fasilitas belajar. 1 2 3 4 5
1.1
Menata
fasilitas dan sumber belajar.
1.2
Melaksanakan
tugas rutin kelas.
Rata – rata butir 1 =
A
2. Melaksanakan
kegiatan perbaikan pembelajaran.
2.1 Memulai perbaikan pembelajaran.
2.2 Melaksanakan
perbaiakan pembelajaran
yang sesuai dengan tujuan, siswa,situasi,
dan lingkungan.
2.3
Menggunakan
alat bantu (media) pembelajaran
yang sesuai dengan tujuan,
siswa,situasi,
dan lingkungan.
2.4
Melaksanakan
pembelajaran dalam urutan yang
logis.
2.5
Melaksanakan
perbaikan pembelajaran secara
individual,
kelompok, dan klasikal.
2.6
Mengelola waktu pembelajaran secara efisien.
Rata – rata butir 2 = B
3. Mengelola
interaksi kelas.
3.1 Memberiakan
petunjuk dan penjelasan yang
berkaitan dengan isi pembelajaran.
3.2 Menangani
pertanyaan dan resons siswa.
3.3 Menggunakan
ekspresi lisan,tulisan,isyarat,
dan gerakan badan.
3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan siswa.
3.5 Memantapkan
penguasaan mateeri pembelajaran.
Rata – rata butir 3 =
C
4. Bersikap
terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap
belajar.
4.1
Menunjukkan
sikap ramah, luwes, terbuka,
penuh pengertian dan sabar kepada siswa.
4.2
Menunjukkan
kegairahan dalam mengajar.
4.3
Mengembangkan
hubungan antar pribadi siswa
yang
sehat dan serasi.
4.4
Membantu
siswa menyadari kelebihan dan
kekurangannya.
4.5
Membantu
siswa menumbuhkan kepercayaan
diri.
Rata – rata butir 4 =
D
5. Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu.
a. Bahasa Indonesia
5.1
Mendemonstrasikan
penguasaan materi
Bahasa Indonesia
5.2
Mengembangkan kemampuan siswa
untuk berkomunikasi dan bernalar.
5.3
Memberikan
latihan keterampilan
berbahasa.
5.4
Peka
terhadap kesalahan penggunaan
istilah teknis.
5.5
Memupuk
kegemaran membaca.
Rata-rata nilai 5.a =
E
b. Matematika
5.1 Menanamkan
konsep matematika melalui
metode bervariasi yang sesuai dengan
karakteristik materi.
5.2 Menguasai simbol-simbol matematika
5.3 Memberikan
latihan matematika dalam
kehidupan
sehari-hari.
5.4 Menguasai
materi Matematika. Rata-rata
nilai 5.b = E
c. IPA
5.1
Membimbing
siswa membuktikan konsep
IPA melaui
pengalaman langsung terhadap
objek yang dipelajari.
5.2
Meningkatkan
keterlibatan siswa melalui
pengalaman belajar
dengan berbagai kegiatan.
5.3
Menggunakan
istilah yang tepat pada setiap
langkah
pembelajaran.
5.4
Terampil
dalam melakukan percobaan IPA
serta tepat
dalam memilih alat peraga IPA.
5.5
Menerapkan
konsep IPA dalam kehidupan
sehari-hari.
5.6
Menampilkan
penguasaan IPA.
Rata-rata
nilai 5.c = E
d. IPS
5.1
Menerapkan
metode bervarasi dalam
pembelajaran IPS.
5.2
Menggunakan media/alat bantu dalam
pembelajaran IPS.
5.3
Meningkatkan keterlibatan siswa dalam
proses pembelajaran IPS.
5.4
Ketepatan menggunakan istilah-istilah/konsep
IPS dalam pembelajaran IPS.
5.5
Menerapkan
konsep IPS terpadu dalam
kehidupan
sehari – hari.
Rata-rata
nilai 5.d = E
e. PKn
5.1 Menggunakan metode dan alat bantu dalam
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
5.2
Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
5.3 Ketepatan penggunaan istilah-istilak khusus
dan
konsep dalam Pendidikan
Kewarganegaraan.
5.4 Menunjukkan
penguasaan materi Pendidikan
Kewarganegaraan
5.5 Menerapkan
konsep Pendidikan
Kewarganegaraan
dalam kehidupan
sehari-hari.
Rata-rata
nilai 3.e = E
f. Tematik
5.1 Menampilkan
penguasaan materi
pembelajaran secara holistik.
5.2
Terampil menggunakan metode dan media
pembelajaran.
5.3 Mahir
dalam mengaitkan tema dengan
kehidupan sehari-hari.
5.4 Meningkatkan
keterlibatan siswa melalui
pengamatan langsung.
5.5 Mengembangkan
kemampuan siswa dalam
berbagai aspek yang terkait dengan tema.
5.6 Menerapkan
konsep dalam kehidupan
sehari-hari.
Rata-rata
nilai 5.f = E
6. Melaksanakam
penilaian proses dan hasil belajar.
6.1 Melaksanakan
penilaian selama proses
pembelajaran.
6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir
pembelajaran.
Rata-rata
nilai 6 = F
7. Kesan umum pelaksanaan perbaikan pembelajaran.
7.1
Keaktifan
proses pembelajaran.
7.2
Penggunaan bahasa Indonesia lisan.
7.3
Peka
terhadap kemampuan berbahasa
siswa.
7.4
Penampilan
guru dalam pembelajaran.
Rata-rata nilai 7 = G
Nilai APKG 2 PKP PGSD = |
A + B + C + D + E + F + G |
= |
7 |
Diketahui Kepala Sekolah, ……………………………….. NIP. |
Tasikmalaya, ………………….. Supervisor 2/ Penilai 1 ……………………………….. NIP. |
No comments:
Post a Comment