Tuesday, February 2, 2021

Bukti Fisik PKKS #Akreditasi #APKG 2

 


ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU

APKG 2

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PERBAIKAN  PEMBELAJARAN

 

1.         SATUAN PENDIDIKAN     :     ...........................................

2.         NAMA GURU                      :     ...........................................

3.         NIP                                         :     ...........................................

4.         KELAS                                  :     ...........................................

5.         MATA PELAJARAN           :    ...........................................

6.         WAKTU                                  :     ...........................................

7.         HARI / TANGGAL                :    ...........................................

 

PETUNJUK :

1.    Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung

2.    Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.

3.    Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian dibawah ini .

4.    Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu pilihan yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.

5.    Nilailah semua aspek kemamuanguru.

1.    Mengelola ruang dan fasilitas belajar.                  1       2        3         4         5

1.1    Menata fasilitas dan sumber belajar.

1.2    Melaksanakan tugas rutin kelas.

 


Rata – rata butir 1 = A

2.      Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran.

2.1  Memulai perbaikan pembelajaran.           

2.2  Melaksanakan perbaiakan pembelajaran

yang sesuai dengan tujuan, siswa,situasi,

dan lingkungan.

2.3    Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran

 yang sesuai dengan tujuan, siswa,situasi,

dan lingkungan.

2.4    Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang

logis.

2.5    Melaksanakan perbaikan pembelajaran secara

individual, kelompok, dan klasikal.

2.6    Mengelola waktu pembelajaran secara efisien.

 


Rata – rata butir 2 = B

3.      Mengelola interaksi kelas.

3.1  Memberiakan petunjuk dan penjelasan yang

berkaitan dengan isi pembelajaran.

3.2  Menangani pertanyaan dan resons siswa.

3.3  Menggunakan ekspresi lisan,tulisan,isyarat,

dan gerakan badan.

3.4  Memicu dan memelihara keterlibatan siswa.

3.5  Memantapkan penguasaan mateeri pembelajaran.

 


Rata – rata butir 3 = C

4.      Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar.

4.1    Menunjukkan sikap ramah, luwes, terbuka,

penuh pengertian dan sabar kepada siswa.

4.2    Menunjukkan kegairahan dalam mengajar.

4.3    Mengembangkan hubungan antar pribadi siswa

yang sehat dan serasi.

4.4    Membantu siswa menyadari kelebihan dan

kekurangannya.

4.5    Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan

diri.

Rata – rata butir 4 = D

5.      Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu.

a.  Bahasa Indonesia

5.1     Mendemonstrasikan penguasaan materi

Bahasa Indonesia       

5.2      Mengembangkan kemampuan siswa
untuk berkomunikasi dan bernalar.    

5.3     Memberikan latihan keterampilan

berbahasa.

5.4     Peka terhadap kesalahan penggunaan

istilah teknis.

5.5     Memupuk kegemaran membaca.                                           

                                                                       

Rata-rata nilai 5.a = E

b.  Matematika

5.1     Menanamkan konsep matematika melalui

metode bervariasi yang sesuai dengan

karakteristik materi.

5.2     Menguasai simbol-simbol matematika

5.3     Memberikan latihan matematika dalam

kehidupan sehari-hari.

5.4     Menguasai materi Matematika.                                                                                                                                              Rata-rata nilai 5.b = E

c.  IPA

5.1    Membimbing siswa membuktikan konsep

IPA melaui pengalaman langsung terhadap

objek yang dipelajari.

5.2    Meningkatkan keterlibatan siswa melalui

pengalaman belajar dengan berbagai kegiatan.

5.3    Menggunakan istilah yang tepat pada setiap

langkah pembelajaran.

5.4    Terampil dalam melakukan percobaan IPA

serta tepat dalam memilih alat peraga IPA.

5.5    Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan

sehari-hari.

5.6    Menampilkan penguasaan IPA.

 


                                                                                    Rata-rata nilai 5.c = E

d.  IPS

5.1    Menerapkan metode bervarasi dalam

pembelajaran IPS.

5.2    Menggunakan media/alat bantu dalam

pembelajaran IPS.

5.3    Meningkatkan keterlibatan siswa dalam

proses pembelajaran IPS.

5.4    Ketepatan menggunakan istilah-istilah/konsep

IPS dalam pembelajaran IPS.

5.5    Menerapkan konsep IPS terpadu dalam

kehidupan sehari – hari.                                  

                                                                                Rata-rata nilai 5.d = E

e.    PKn

5.1     Menggunakan metode dan alat bantu dalam

pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

5.2     Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses

pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

5.3     Ketepatan penggunaan istilah-istilak khusus

dan konsep dalam Pendidikan

Kewarganegaraan.

5.4     Menunjukkan penguasaan materi Pendidikan

Kewarganegaraan

5.5     Menerapkan konsep Pendidikan

Kewarganegaraan dalam kehidupan

sehari-hari.

                                                                            Rata-rata nilai 3.e = E

f.     Tematik

5.1     Menampilkan penguasaan materi

pembelajaran secara holistik.

5.2     Terampil menggunakan metode dan media

pembelajaran.                                                  

5.3     Mahir dalam mengaitkan tema dengan

kehidupan sehari-hari.                                     

5.4     Meningkatkan keterlibatan siswa melalui

pengamatan langsung.

5.5     Mengembangkan kemampuan siswa dalam

berbagai aspek yang terkait dengan tema.             

5.6     Menerapkan konsep dalam kehidupan

sehari-hari.

                                                                            Rata-rata nilai 5.f = E

6.    Melaksanakam penilaian proses dan hasil belajar.

6.1     Melaksanakan penilaian selama proses

pembelajaran.

6.2     Melaksanakan penilaian pada akhir

pembelajaran.                         

                                                                            Rata-rata nilai 6 = F

7.    Kesan umum pelaksanaan perbaikan pembelajaran.

7.1     Keaktifan proses pembelajaran.

7.2     Penggunaan bahasa Indonesia lisan.

7.3     Peka terhadap kemampuan berbahasa

siswa.

7.4     Penampilan guru dalam pembelajaran.                                              

                                                                                               

                                                                           Rata-rata nilai  7 = G

 

Nilai APKG 2 PKP PGSD =

A + B + C + D + E + F + G

=

7

 

Diketahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………..

NIP.

Tasikmalaya, …………………..

Supervisor 2/ Penilai 1

 

 

 

………………………………..

NIP.

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment