ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
APKG 2
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
|
1.
SATUAN
PENDIDIKAN :
........................................... 2.
NAMA
GURU : ........................................... 3.
NIP : ........................................... 4.
KELAS : ........................................... 5.
MATA
PELAJARAN : ........................................... 6.
WAKTU :
........................................... 7.
HARI
/ TANGGAL :
........................................... |
PETUNJUK
:
1.
Amatilah
dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2.
Pusatkan
perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya
pada diri siswa.
3.
Nilailah
kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian dibawah ini .
4.
Khusus
untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran,
pilih salah satu pilihan yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang
diajarkan.
5.
Nilailah
semua aspek kemamuanguru.
1. ![]()
![]()
![]()
![]()
Mengelola ruang dan fasilitas belajar. 1 2 3 4 5
1.1
Menata
fasilitas dan sumber belajar.
1.2
![]()
![]()
![]()
![]()
Melaksanakan
tugas rutin kelas.
![]()
Rata – rata butir 1 =
A
2. Melaksanakan
kegiatan perbaikan pembelajaran.
2.1 ![]()
![]()
![]()
![]()
Memulai perbaikan pembelajaran.
2.2 ![]()
![]()
![]()
![]()
Melaksanakan
perbaiakan pembelajaran
yang sesuai dengan tujuan, siswa,situasi,
dan lingkungan.
2.3
![]()
![]()
![]()
Menggunakan
alat bantu (media) pembelajaran
yang sesuai dengan tujuan,
siswa,situasi,
dan lingkungan.
2.4
![]()
![]()
![]()
![]()
Melaksanakan
pembelajaran dalam urutan yang
logis.
2.5
![]()
![]()
![]()
![]()
Melaksanakan
perbaikan pembelajaran secara
![]()
![]()
individual,
kelompok, dan klasikal.
2.6
![]()
Mengelola waktu pembelajaran secara efisien.
![]()
Rata – rata butir 2 = B
3. Mengelola
interaksi kelas.
3.1 ![]()
![]()
![]()
![]()
Memberiakan
petunjuk dan penjelasan yang
berkaitan dengan isi pembelajaran.
3.2 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menangani
pertanyaan dan resons siswa.
3.3 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menggunakan
ekspresi lisan,tulisan,isyarat,
dan gerakan badan.
3.4 ![]()
![]()
![]()
![]()
Memicu dan memelihara keterlibatan siswa.
3.5 ![]()
![]()
![]()
![]()
Memantapkan
penguasaan mateeri pembelajaran.
![]()
Rata – rata butir 3 =
C
4. Bersikap
terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap
belajar.
4.1
![]()
![]()
![]()
![]()
Menunjukkan
sikap ramah, luwes, terbuka,
penuh pengertian dan sabar kepada siswa.
4.2
![]()
![]()
![]()
![]()
Menunjukkan
kegairahan dalam mengajar.
4.3
![]()
![]()
![]()
![]()
Mengembangkan
hubungan antar pribadi siswa
![]()
![]()
![]()
![]()
yang
sehat dan serasi.
4.4
Membantu
siswa menyadari kelebihan dan
![]()
![]()
![]()
![]()
kekurangannya.
4.5
Membantu
siswa menumbuhkan kepercayaan
diri.
Rata – rata butir 4 =
D
5. Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu.
a. Bahasa Indonesia
5.1
![]()
![]()
![]()
![]()
Mendemonstrasikan
penguasaan materi
Bahasa Indonesia
5.2
![]()
![]()
![]()
![]()
Mengembangkan kemampuan siswa
untuk berkomunikasi dan bernalar.
5.3
![]()
![]()
![]()
![]()
Memberikan
latihan keterampilan
berbahasa.
5.4
![]()
![]()
![]()
![]()
Peka
terhadap kesalahan penggunaan
istilah teknis.
5.5
![]()
![]()
![]()
![]()
Memupuk
kegemaran membaca.
Rata-rata nilai 5.a =
E
b. Matematika
5.1 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menanamkan
konsep matematika melalui
metode bervariasi yang sesuai dengan
karakteristik materi.
5.2 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menguasai simbol-simbol matematika
5.3 ![]()
![]()
![]()
![]()
Memberikan
latihan matematika dalam
![]()
![]()
![]()
![]()
kehidupan
sehari-hari.
5.4
Menguasai
materi Matematika. Rata-rata
nilai 5.b = E
c. IPA
5.1
![]()
![]()
![]()
![]()
Membimbing
siswa membuktikan konsep
IPA melaui
pengalaman langsung terhadap
objek yang dipelajari.
5.2
![]()
![]()
![]()
![]()
Meningkatkan
keterlibatan siswa melalui
pengalaman belajar
dengan berbagai kegiatan.
5.3
![]()
![]()
![]()
![]()
Menggunakan
istilah yang tepat pada setiap
langkah
pembelajaran.
5.4
![]()
![]()
![]()
![]()
Terampil
dalam melakukan percobaan IPA
serta tepat
dalam memilih alat peraga IPA.
5.5
![]()
![]()
![]()
![]()
Menerapkan
konsep IPA dalam kehidupan
sehari-hari.
5.6
![]()
![]()
![]()
![]()
Menampilkan
penguasaan IPA.
![]()
Rata-rata
nilai 5.c = E
![]()
![]()
![]()
![]()
d. IPS
5.1
Menerapkan
metode bervarasi dalam
pembelajaran IPS.
5.2
![]()
![]()
![]()
![]()
Menggunakan media/alat bantu dalam
pembelajaran IPS.
5.3
![]()
![]()
![]()
![]()
Meningkatkan keterlibatan siswa dalam
proses pembelajaran IPS.
5.4
![]()
![]()
![]()
![]()
Ketepatan menggunakan istilah-istilah/konsep
![]()
![]()
![]()
![]()
IPS dalam pembelajaran IPS.
5.5
Menerapkan
konsep IPS terpadu dalam
kehidupan
sehari – hari.
![]()
![]()
![]()
![]()
Rata-rata
nilai 5.d = E
e. PKn
5.1 Menggunakan metode dan alat bantu dalam
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
5.2
![]()
![]()
![]()
![]()
Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
5.3 Ketepatan penggunaan istilah-istilak khusus
![]()
![]()
![]()
![]()
dan
konsep dalam Pendidikan
Kewarganegaraan.
5.4 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menunjukkan
penguasaan materi Pendidikan
Kewarganegaraan
5.5 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menerapkan
konsep Pendidikan
Kewarganegaraan
dalam kehidupan
sehari-hari.
Rata-rata
nilai 3.e = E
f. Tematik
5.1 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menampilkan
penguasaan materi
pembelajaran secara holistik.
5.2
![]()
![]()
![]()
![]()
Terampil menggunakan metode dan media
pembelajaran.
5.3 ![]()
![]()
![]()
![]()
Mahir
dalam mengaitkan tema dengan
kehidupan sehari-hari.
5.4 ![]()
![]()
![]()
![]()
Meningkatkan
keterlibatan siswa melalui
pengamatan langsung.
5.5 ![]()
![]()
![]()
![]()
Mengembangkan
kemampuan siswa dalam
berbagai aspek yang terkait dengan tema.
5.6 ![]()
![]()
![]()
![]()
Menerapkan
konsep dalam kehidupan
sehari-hari.
Rata-rata
nilai 5.f = E
6. Melaksanakam
penilaian proses dan hasil belajar.
6.1 ![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
Melaksanakan
penilaian selama proses
pembelajaran.
6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir
pembelajaran.
Rata-rata
nilai 6 = F
7. ![]()
![]()
![]()
![]()
Kesan umum pelaksanaan perbaikan pembelajaran.
7.1
Keaktifan
proses pembelajaran.
7.2
![]()
![]()
![]()
![]()
Penggunaan bahasa Indonesia lisan.
7.3
![]()
![]()
![]()
![]()
Peka
terhadap kemampuan berbahasa
siswa.
7.4
![]()
![]()
![]()
![]()
Penampilan
guru dalam pembelajaran.
Rata-rata nilai 7 = G
|
Nilai APKG 2 PKP PGSD = |
A + B + C + D + E + F + G |
|
|
7 |
|
Diketahui Kepala Sekolah, ……………………………….. NIP. |
Tasikmalaya, ………………….. Supervisor 2/ Penilai 1 ……………………………….. NIP. |

No comments:
Post a Comment