PROGRAM
PENGAWASAN
KEPALA SEKOLAH
TAHUN
PELAJARAN 2020/2021
SD
NEGERI MARGAMULYA
UPTD
PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS
KABUPATEN TASIKMALAYA
2020
BAB I
P E N D A H U L
U A N
A. Latar Belakang.
Kegiatan pengawasan pembelajaran
sebagaimana dijelaskan dalam Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang
Standar Proses, meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak
lanjut. Kelima kegiatan tersebut menjadi tanggung jawab kepala dan pengawas
satuan pendidikan.
Sedangkan
pengawasan manajerial sebagaimana dijelaskan dalam Permendiknas RI Nomor 19
Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan berkaitan dengan pengelolaan sekolah
yang juga meliputi pemantauan,
supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut.
Sementara itu Permendiknas RI Nomor 13
Tahun 2007 menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah harus menguasai Standar Kompetensi
Kepala Sekolah yang terdiri atas : kompetensi kepribadian, kompetensi
manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi
sosial.
Kegiatan
pengawasan pembelajaran pada intinya adalah pengawalan terhadap tugas pokok guru
dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran agar ketiga kegiatan
tersebut selaras dengan standar yang telah ditetapkan. Apabila perencanaan
pembelajaran yang dibuat oleh para guru baik, pembelajaran yang dilakukan
berkualitas, dan penilaian yang dilakukan tepat, maka dapat dipastikan hasil
belajar peserta didik akan meningkat. Dengan demikian tujuan pendidikan
nasional dapat tercapai.
Mencermati
hasil analisis pelaksanaan Supervisi Tahun 2018/2019 pada SD Negeri Margamulya
secara umum ditemukan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki, seperti : pengembangan indikator dan materi
pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif, lemahnya
penguasaan guru dalam model-model pembelajaran aktif , teknik penilaian yang
kurang tepat, dan sebagainya.
Sejalan
dengan itu, maka perlu disusun program pengawasan pembelajaran yang menyeluruh dan sistematis agar terjadi
perbaikan yang signifikan dalam kegiatan akademis di SD Negeri Margamulya.
B. Landasan Hukum.
1.
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.
Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005
tentang Guru dan Dosen;
3.
PPRI Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan;
4.
Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007
tentang Standar Kualifikasi Akademik; dan Kompetensi Kepala Sekolah / Madrasah;
5.
Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007
tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;
6.
Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007
tentang Standar Pengelolaan; dan
7.
Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007
tentang Standar Proses.
C. Tujuan.
Penyusunan Program Pengawasan
Pembelajaran Tahun 2018/2019 pada SD Negeri Margamulya ini bertujuan sebagai
berikut :
1.
Acuan bagi pelaksanaan kegiatan pengawasan
di lingkungan SD Negeri Margamulya
2.
Meningkatkan provesionalisme guru dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik
3.
Meningkatkan kualitas proses
pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas
lulusan.
4.
Meningkatkan kualitas pengelolaan
sekolah
D. Ruang Lingkup.
Sebagaimana
disebutkan dalam Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 20007 tentang Standar Proses, ruang
lingkup Program Pengawasan Pembelajaran meliputi :
1.
Pemantauan
a.
Pemantauan proses pembelajaran dilakukan pada tahap perencanaan,
pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.
b.
Pemantauan dilakukan dengan cara diskusi kelompok terfokus, pengamatan,
pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi.
c.
Kegiatan pemantauan dilaksanakan oleh kepala dan pengawas satuan pendidikan.
2.
Supervisi
a.
Supervisi proses pembelajaran dilakukan pada tahap perencanaan,
pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.
b.
Supervisi pembelajaran diselenggarakan dengan cara pemberian contoh,
diskusi, pelatihan, dan konsultasi.
c.
Kegiatan supervisi dilakukan oleh kepala dan pengawas satuan pendidikan.
3.
Evaluasi
a.
Evaluasi proses pembelajaran dilakukan untuk
menentukan kualitas pembelajaran secara keseluruhan, mencakup tahap
perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian
hasil pembelajaran.
b.
Evaluasi proses pembelajaran diselenggarakan
dengan cara:
1) membandingkan
proses pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan standar proses,
2) mengidentifikasi
kinerja guru dalam proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi guru.
c.
Evaluasi proses pembelajaran memusatkan pada keseluruhan kinerja guru dalam
proses pembelajaran.
2.
Pelaporan
Hasil kegiatan pemantauan, supervisi, dan
evaluasi proses pembelajaran dilaporkan kepada pemangku kepentingan.
3.
Tindak Lanjut
a.
Penguatan dan penghargaan diberikan kepada
guru yang telah memenuhi standar.
b.
Teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada
guru yang belum memenuhi standar.
c.
Guru diberi kesempatan untuk
mengikuti pelatihan/penataran lebih lanjut.
Sementara dalam Permendiknas RI
Nomor 19 Tahun 20007 tentang Standar Pengelolaan disebutkan :
1. Sekolah/Madrasah menyusun program pengawasan
secara obyektif, bertanggung jawab dan berkelanjutan.
2. Penyusunan program pengawasan di
sekolah/madrasah didasarkan pada Standar Nasional Pendidikan.
3. Program pengawasan disosialisasikan keseluruh
pendidik dan tenaga kependidikan.
4. Pengawasan pengelolaan sekolah/madrasah
meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil
pengawasan.
5. Pemantauan pengelolaan sekolah/madrasah
dilakukan oleh komite sekolah/ madrasah atau bentuk lain dari lembaga
perwakilan pihak-pihak yang berkepentingan secara teratur dan berkelanjutan
untuk menilai efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas pengelolaan.
6. Supervisi pengelolaan akademik dilakukan
secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas
sekolah/madrasah.
E. Sasaran.
Sasaran program pengawasan ini
adalah semua pendidik dan tenaga kependidikan di SD Negeri Margamulya
sebagaimana tertera pada tabel di bawah ini
No |
Nama |
NIP |
Tugas |
Ket |
|
|
|
|
|
BAB II
IDENTIFIKASI/
MASALAH DALAM PENGAWASAN
TAHUN PELAJARAN
2018/2019
Penyusunan
program pengawasan pembelajaran didasarkan hasil pengawasan tahun sebelumnya. Adapun
hasil analisis pelaksanaan program pengawasan pembelajaran tahun tahun 2017/2018
sebagai berikut :
1. Perencanaan Pembelajaran
a. Sebagian guru belum mampu melakukan pemetaan KD
sesuai dengan hierarki konsep dan karakter mata pelajaran
b. Sebagian guru belum mampu merumuskan indikator
sesuai dengan tuntutan SK/KD
c. Sebagian guru masih kesulitan untuk memilih
materi ajar sesuai dengan karakteristik dan taraf kemampuan berpikir siswa
d. Sebagian guru belum terampil dalam menyusun
pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam PBM
e. Belum terampilnya sebagian guru dalam menyusun
pengorganisasian siswa
f. Sebagian
guru belum mampu menyusun jenis penilaian pengamatan
g. Sulit
bagi guru untuk mengubah pembelajaran konvensional kepada pembelajaran yang
inovatif
2. Pelaksanaan Pembelajaran
a. Rendahnya kemampuan guru dalam memanfaatkan TIK
dalam pembelajaran
b. Sebagian guru belum menggunakan media dalam
pembelajaran
c. Sebagian guru belum menggunakan metode yang
bervariasi
d. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran
pembelajaran masih kurang
e. Sebagian guru belum melakukan penilaian selama
proses berlangsung
f. Sebagian guru belum melakukan refleksi di
akhir pembelajaran
3. Penilaian Pembelajaran dan Tindak Lanjut
Hasil Penilaian
a. Belum
semua guru menyusun program evaluasi
b. Belum
semua guru melaksanakan penilaian harian per KD
c. Sebagian
guru belum dapat menyusun kisi-kisi penyusunan soal
d. Belum
semua guru melaksanakan penilaian portofolio
e. Belum
semua guru melakukan analisis dan tindak lanjut hasil penilaian
f. Belum
semua guru memanfaatkan penilaian untuk kegiatan perbaikan dan pengayaan.
3. Pengelolaan Kelas
a. Belum semua guru mengisi daftar kelas secara
lengkap
b. Belum semua guru mengisi bank data dengan
lengkap
c. Belum semua guru membuat program bimbingan
penyuluhan
d. Belum semua guru melaksanakan bimbingan dab
penyuluhan secara teratur
e. Belum semua guru membuat program kegiatan ekstra
kurikuler yang menjadi tanggung jawabnya
f. Sebagian guru tidak membuat buku catatan
prestasi siswa
g. Sebagian guru tidak memiliki buku catatan
hasil KKG
BAB III
PROGRAM PENGAWASAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
A. Deskripsi
Program Pengawasan Tahun Pelajaran 2018/2019
NO. |
PROGRAM |
SASARAN |
PELAKSANAAN |
KET |
|||||||||||||
Jul |
Ags |
Sep |
Okt |
Nov |
Des |
Jan |
Feb |
Mar |
Apr |
Mei |
Juni |
|
|
||||
1. |
PEMANTAUAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Perencanaan pembelajaran |
Guru Kelas dan Guru
Mapel |
|
X |
|
|
X |
|
X |
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
b. Pelaksanaan Pembelajaran |
Guru Kelas dan Guru
Mapel |
|
X |
|
|
X |
|
X |
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
c. Penilaian Pembelajaran |
Guru Kelas dan Guru
Mapel |
|
X |
|
|
X |
|
X |
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
d. Pengelolaan Kelas |
Guru Kelas dan Guru
Mapel |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
SUPERVISI |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Perencanaan pembelajaran |
Guru Kelas dan Guru
Mapel |
|
|
X |
X |
|
|
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
b. Pelaksanaan Pembelajaran |
Guru Kelas dan Guru
Mapel |
|
|
X |
X |
|
|
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
c. Penilaian Pembelajaran |
Guru Kelas dan Guru
Mapel |
|
|
X |
X |
|
|
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
d. Pengelolaan Kelas |
Guru Kelas dan Guru
Mapel |
|
|
X |
X |
|
|
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
3. |
EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perencanaan, pelaksanaan dan penilaian |
Guru Kelas dan Guru
Mapel |
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
4. |
PELAPORAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pelaporan hasil pengawasan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
TINDAK LANJUT |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Tindak lanjut hasil pemantauan |
Guru Kelas dan Guru
Mapel |
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Tindak lanjut hasil supervisi |
Guru Kelas dan Guru
Mapel |
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Tindak lanjut hasil evaluasi |
Guru Kelas dan Guru
Mapel |
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
B. Deskripsi
Kegiatan Pengawasan Proses Pembelajaran Tahun Pelajaran 2018/2019
No. |
TUJUAN |
SASARAN |
TARGET KEBERHASILAN |
METODE KERJA/TEKNIK |
Jadwal Kegiatan |
|
PEMANTAUAN |
|
|
|
|
1. |
Mengetahui kualitas guru dalam menyusun sylabus dan RPP |
Semua guru |
Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam menyusun
sylabus dan RPP |
Diskusi kelompok terfokus, pengamatan,
pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi |
Sepanjang Tahun |
2. |
Mengetahui kualitas guru dalam pembelajaran PAIKEM |
Semua guru |
Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam
melaksanakan pembelajaran |
Diskusi kelompok terfokus, pengamatan,
pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi |
|
3. |
Mengetahui kualitas guru dalam melaksanakan penilaian |
Semua guru |
Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam melakukan
penilaian pembelajaran |
Diskusi kelompok terfokus, pengamatan,
pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi |
|
|
SUPERVISI |
|
|
|
|
1. |
Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun sylabus dan
RPP |
Semua guru |
Terwujudnya perencanaan pembelajaran oleh guru |
Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan
konsultasi |
|
2. |
Meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran |
Semua guru |
Terwujudnya proses pembelajaran yang PAIKEM |
Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan
konsultasi |
|
3. |
Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penilaian
pembelajaran |
Semua guru |
Terwujudnya penilaian pembelajaran yang lebih baik |
Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan
konsultasi |
|
4. |
Meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas |
Semua guru |
Terwujudnya tata kelola administrasi pembelajaran dan
administrasi kelas yang lebih baik |
Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan
konsultasi |
|
|
EVALUASI |
|
|
|
|
1. |
Mengetahui kualitas kinerja Guru dalam perencanaan,
pelaksanaan dan penilaian pembelajaran |
Semua guru |
Terkumpulkannya data hasil penilaian proses
pembelajaran guru |
Membandingkan proses pembelajaran yang
dilaksanakan guru dengan standar proses |
|
2. |
Mengetahui Ketercapaian Sasaran
Kinerja Pegawai (SKP) |
Semua guru |
Terwujudnya laporan hasil
Sasaran Kinerja Pegawai |
Membandingkan kinerja guru
dalam kurun waktu 1 tahun dengan SKP yang diajukan |
|
|
PELAPORAN |
|
|
|
|
1. |
Memenuhi Transparansi dan akuntabilitas
kegiatan kepengawasan pembelajaran |
|
Terwujudnya Laporan hasil
Kepengawasan Smt-1 dan Smt-2 |
Pengumpulan Data dan Penyusunan Laporan |
|
|
TINDAK LANJUT |
|
|
|
|
1. |
Memperbaiki kelemahan guru berdasar hasil pemantauan
dan supervisi pembelajaran |
Semua guru |
Meningkatnya provesionalitas guru |
Fasilitasi dan pembinaan berkelanjutan |
C. Jadwal Kegiatan dan Matrik Rencana Pengawasan Proses Pembelajaran
Semester I
1. Jadwal
Kegiatan
No |
KEGIATAN |
Sasaran |
REALISASI
PELAKSANAAN |
|||||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
|||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
|
PEMANTAUAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Libur Akaka Akhir Semester I |
|
1. |
Pemantauan perencanaan proses pembelajaran |
Guru
Kelas 1, 2 dan 3 |
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
(sylabus dan RPP) |
Guru
Kelas 4, 5, dan 6 |
|
|
x |
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Guru
Mapel |
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2. |
Pemantauan pelaksanaan proses pembelajaran |
Guru
Kelas 1, 2 dan 3 |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
||
|
(Pendahuluan, Inti, Penutup) |
Guru
Kelas 4, 5, dan 6 |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
||
|
|
Guru
Mapel |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
||
3. |
Pemantauan penilaian pembelajaran |
Guru
Kelas 1, 2 dan 3 |
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
||
|
|
Guru
Kelas 4, 5, dan 6 |
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
||
|
|
Guru
Mapel |
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
||
|
SUPERVISI |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1. |
Supervisi perencanaan proses pembelajaran |
Guru
Kelas 1, 2 dan 3 |
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
||
|
(sylabus dan RPP) |
Guru
Kelas 4, 5, dan 6 |
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Guru
Mapel |
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
||
2. |
Supervisi pelaksanaan proses pembelajaran |
Guru
Kelas 1, 2 dan 3 |
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
(Pendahuluan, Inti, Penutup) |
Guru
Kelas 4, 5, dan 6 |
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Guru
Mapel |
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3. |
Supervisi penilaian pembelajaran |
Guru
Kelas 1, 2 dan 3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Guru
Kelas 4, 5, dan 6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Guru
Mapel |
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
EVALUASI |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1 |
Penilaian Proses Pembelajaran Semester I |
Semua
guru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
||
|
PELAPORAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
||
|
TINDAK LANJUT |
Semua
guru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
2. Rencana Pengawasan Model Matrik
2.1. PEMANTAUAN
ASPEK |
TUJUAN |
INDIKATOR
KEBERHASILAN |
STRATEGI/ METODE
KERJA |
SKENARIO KEGIATAN |
SUMBER DAYA YANG
DIGUNAKAN |
PENILAIAN DAN INSTRUMEN |
1.Pemantauan perencanaan proses pem-belajaran |
Mengetahui kualitas guru dalam menyusun sylabus dan RPP |
Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam menyusun
sylabus dan RPP |
Pengamatan, pencatatan, perekaman,
wawancara, dan dokumentasi |
a. Pembicaraan
awal dengan guru b. Mengamati
sylabus & RPP yang dibuat guru c. Mencatat kekurangan
dan kelebihan sylabus dan RPP yang dibuat oleh guru d. Pendokumentasian |
a. Permendiknas
RI Nomor 41 tahun 2007 b. Sylabus buatan guru c. RPP buatan
guru |
Instrumen pemantauan perencanaan pembelajaran |
2. Pemantauan pelaksanaan proses pem-belajaran |
Mengetahui kualitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran
PAIKEM |
Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam
melaksanakan pembelajaran |
Pengamatan, pencatatan, perekaman,
wawancara, dan dokumentasi |
a.
Pembicaraan awal dengan guru b. Mengamati
proses pembelajaran guru c. Mencatat
kekurangan dan kelebihan proses
pembelajaran yang dilaksanakan guru d.
Pendokumentasian |
a.
Permendiknas RI Nomor 41 tahun 2007 b. RPP buatan
guru c. Media
pembelajaran yg akan digunakan |
Instrumen pemantauan pelaksanaan pembelajaran |
3. Pemantauan penilaian pembelajaran |
Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penilaian
pembelajaran |
Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam melakukan
penilaian pembelajaran |
Pengamatan, pencatatan, perekaman,
wawancara, dan dokumentasi |
a.
Pembicaraan awal dengan guru b. Mengamati
rencana penilaian guru dalam Sylabus dan RPP c. Mengamati buku:
(rencana program evaluasi, kisi-kisi, bank soal, daftar nilai, analisis hasil
evaluasi, tindak lanjut hasil evaluasi, PT dan KMTT, portofolio siswa, KKM,
dll. d. Mencatat
kekurangan & kelebihan penilaian pembelajaran yang dilaksanakan guru e. Pendokumentasian |
a.
Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007 b. Sylabus
dan RPP c. Program
evaluasi, kisi-kisi, bank soal, daftar nilai, analisis hasil evaluasi, tindak
lanjut hasil evaluasi, PT dan KMTT, portofolio siswa, KKM, dll. |
Instrumen pemantauan penilaian pembelajaran |
4. Pemantauan pengelolaan kelas |
Mengetahui kualitas guru dalam pengelolaan kelas |
Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam pengelolaan
kelas |
Pengamatan, pencatatan, perekaman,
wawancara, dan dokumentasi |
a.
Pembicaraan awal dengan guru b. Mengamati
buku: (Daftar Kelas, Daftar hadir siswa, Keuangan, Buku Tamu umum, Supervisi,
Penerimaan rapor, inventaris kelas, Notulen rapat, Notulen KKG, Catatan
Prestasi Siswa, dll.) d. Mencatat
kekurangan & kelebihan adminis-trasi
pengelolaan kelas yang dibuat guru e.
Pendokumentasian |
a.
Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007 b. Buku
Daftar Kelas, Daftar hadir siswa, Keuangan, Buku Tamu umum, Supervisi, Penerimaan
rapor, inventaris kelas, Notulen rapat, Notulen KKG, Catatan Prestasi Siswa,
dll. |
Instrumen pemantauan pengelolaan kelas |
2.2.
SUPERVISI PROSES PEMBELAJARAN
ASPEK |
TUJUAN |
INDIKATOR
KEBERHASILAN |
STRATEGI/ METODE
KERJA |
SKENARIO KEGIATAN |
SUMBER DAYA YANG
DIGUNAKAN |
PENILAIAN DAN
INSTRUMEN |
1. Supervisi perencanaan proses pem-belajaran |
Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun sylabus dan
RPP |
Terwujudnya sylabus dan RPP yg baik sesuai Permendiknas
RI Nomor 41 tahun 2007 |
Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan
konsultasi |
a.
Pembicaraan awal dengan guru ttg kekurangan yang dihadapinya dalam menyusun
Sylabus dan RPP b. Membuat
kesepakatan ttg jenis pembinaan yang
akan dilaksanakan c. Melaksanakan
supervisi sesuai kesepakatan d. Pemberian
arahan dan saran |
a. Laptop dan
LCD b. Power
point tentang pengembangan sylabus dan RPP c. contoh
sylabus & RPP yang baik |
Instrumen supervisi perencanaan pembelajaran |
2. Supervisi pelaksanaan proses pem-belajaran |
Meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran
yang PAIKEM |
Terwujudnya proses pembelajaran yang PAIKEM sesuai
Permendiknas RI Nomor 41 tahun 2007 |
Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan
konsultasi |
a. Pertemuan
pra pengamatan Pembicaraan awal dengan guru b. Kegiatan
awal/ Pengamatan - Identifikasi konteks pembelajaran yang
menjadi perhatian guru - Menentukan perilaku yg dapat diobservasi - Mengidentifikasi prosedur untuk perbaikan
pembelajaran yg diinginkan - Membantu guru menetapkan tujuan perbaikan - Menyusun jadwal kegiatan observasi - Memilih instrumen observasi dan menetapkan
perilaku yg akan direkam - Mengklarifikasikan konteks pembelajaran dan
data informasi yg akan direkam c. Kegiatan
inti - Mengamati tindakan guru yang diarahkan
kepada tujuan/kompetensi yg dirumuskan sesuai kesepakatan awal - Merekam semua kegiatan secara lengkap sebagai
bahan diskusi d. Kegiatan
penutup - Analisis hasil observasi - Guru menginterprestasi hasil observasi - membuat keputusan perubahan yg akan
dilakukan - Memperoleh kesimpulan dan opini guru - Mendorong guru mempertimbangkan model,
tujuan, dan metode pembelajaran |
a. Laptop dan
LCD b. Power
point tentang model-meodel pembelajaran c. CD
Pembelajaran |
Instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran |
ASPEK |
TUJUAN |
INDIKATOR
KEBERHASILAN |
STRATEGI/ METODE
KERJA |
SKENARIO KEGIATAN |
SUMBER DAYA YANG DIGUNAKAN |
PENILAIAN DAN
INSTRUMEN |
3. Supervisi penilaian pembelajaran |
Meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan penilaian |
Terwujudnya penilaian pembelajaran yang baik sesuai Permendiknas
RI Nomor 20 tahun 2007 |
Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan
konsultasi |
a.
Pembicaraan awal dengan guru ttg kekurangan yang dihadapinya dalam menilai
pembelajaran b. Membuat
kesepakatan ttg jenis pembinaan yang
akan dilaksanakan c.
Melaksanakan supervisi sesuai kesepakatan d. Pemberian
arahan dan saran |
a. Laptop dan
LCD b. Power
point tentang pengembangan penilaian c. Contoh
administrasi penilaian yang baik |
Instrumen supervisi penilaian pembelajaran |
4. Supervisi pengelolaan kelas |
Meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas |
Terwujudnya tata kelola administrasi kelas yang lebih
baik |
Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan
konsultasi |
a.
Pembicaraan awal dengan guru ttg kekurangan yang dihadapinya dalam mengelola
kelas b. Membuat
kesepakatan ttg jenis pembinaan yang
akan dilaksanakan c. Melaksanakan
supervisi sesuai kesepakatan d. Pemberian
arahan dan saran |
a. Laptop dan
LCD b. Power
point tentang pengembangan pengelolaan kelas c. Contoh
administrasi kelas yang baik |
Instrumen pemantauan pengelolaan kelas |
2.3.
EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN
ASPEK |
TUJUAN |
INDIKATOR
KEBERHASILAN |
STRATEGI/ METODE
KERJA |
SKENARIO KEGIATAN |
SUMBER DAYA YANG
DIGUNAKAN |
PENILAIAN DAN
INSTRUMEN |
Penilaian kiner-ja guru dalam perencanaan proses pembe-lajaran
|
Menentukan kualitas kinerja
Guru dalam perencanaan proses
pembelajaran |
Terkumpulkannya data hasil penilaian guru dalam
menyusun sylabus dan RPP |
Observasi, pengamatan dan pencatatan |
a.
Pembicaraan awal dgn guru ttg pelaksanaan penilaian perencanaan pembelajaran b. Observasi sylabus dan RPP yang dibuat guru dan
membandingkannya dengan standar proses. |
a. Sylabus b. RPP |
Instrumen penilaian perencanaan pembelajaran |
Penilaian kiner-ja guru dalam perencanaan proses
pembe-lajaran |
Menentukan kualitas kinerja
Guru dalam perencanaan proses
pembelajaran |
Terkumpulkannya data hasil penilaian guru dalam
menyusun sylabus dan RPP |
Observasi, pengamatan dan pencatatan |
a. Pembicaraan
awal dgn guru ttg pelaksanaan penilaian pelaksanaan pembelajaran b. Mengamati pembelajaran yang dilaksanakan guru dan membandingkannya dengan standar
proses |
a. Sylabus b. RPP |
Instrumen penilaian perencanaan pembelajaran |
Penilaian kiner-ja guru dalam perencanaan proses
pembe-lajaran |
Menentukan kualitas kinerja
Guru dalam perencanaan proses
pembelajaran |
Terkumpulkannya data hasil penilaian guru dalam
menyusun sylabus dan RPP |
Observasi, pengamatan dan pencatatan |
a.
Pembicaraan awal dgn guru ttg penilaian guru dalam melakukan penilaian hasil
proses pembelajaran b. Observasi penilaian pembelajaran yang dilakukan guru dan membandingkannya dengan standar penilaian. |
a. Kisi-kisi,
soal buatan guru b. Daftar nilai,
Buku analisis, perbaikan & pengayaan, porto folio, dll |
Instrumen penilaian perencanaan pembelajaran |
2.4.
PELAPORAN HASIL PENGAWASAN PROSES
PEMBELAJARAN
ASPEK |
TUJUAN |
INDIKATOR
KEBERHASILAN |
STRATEGI/ METODE
KERJA |
SKENARIO KEGIATAN |
SUMBER DAYA YANG
DIGUNAKAN |
PENILAIAN DAN
INSTRUMEN |
Pelaporan hasil pemantauan dan supervisi proses
pembelajaran |
Memenuhi Transparansi dan akuntabilitas kegiatan
kepengawasan proses pembelajaran |
Tersusunnya laporan hasil pengawasan proses pembelajaran semester I |
Pengumpulan data, penyusunan laporan |
a. Pengumpulan
data hasil pengawasan b. Penyusunan
laporan. |
a. Hasil
pemantauan b. Hasil
supervisi c. Hasil
evaluasi proses pembelajaran |
Rekapitulasi
hasil penga-wasan proses pembelajaran |
2.5.
RENCANA TINDAK LANJUT HASIL PENGAWASAN PROSES PEMBELAJARAN
No |
NAMA GURU |
NILAI KINERJA |
TINDAK LANJUT |
KETERANGAN |
1. |
|
|
1) Penguatan dan
penghargaan 2) Guru diberi kesempatan untuk mengikuti
pelatihan/penataran lebih lanjut. |
Guru yang nilai kinerjanya telah memenuhi standar |
2. |
|
|
1) Teguran yang bersifat mendidik (teguran
lisan/ tertulis) 2) Guru diberi kesempatan untuk mengikuti
pelatihan/penataran lebih lanjut. |
Guru yang nilai kinerjanya telah memenuhi standar |
D. Jadwal Kegiatan dan Matrik Rencana Pengawasan Proses Pembelajaran
Semester II
1. Jadwal
Kegiatan
No |
KEGIATAN |
Sasaran |
REALISASI
PELAKSANAAN |
|||||||||||||||||||||||
Januari |
Februari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
|||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
|
PEMANTAUAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Libur Akaka Akhir Semester II |
|
1. |
Pemantauan perencanaan proses pembelajaran |
Guru
Kelas 1, 2 dan 3 |
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
(sylabus dan RPP) |
Guru
Kelas 4, 5, dan 6 |
|
x |
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Guru
Mapel |
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2. |
Pemantauan pelaksanaan proses pembelajaran |
Guru
Kelas 1, 2 dan 3 |
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
||
|
(Pendahuluan, Inti, Penutup) |
Guru
Kelas 4, 5, dan 6 |
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
||
|
|
Guru
Mapel |
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
||
3. |
Pemantauan penilaian pembelajaran |
Guru
Kelas 1, 2 dan 3 |
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
||
|
|
Guru
Kelas 4, 5, dan 6 |
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
||
|
|
Guru
Mapel |
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
||
|
SUPERVISI |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1. |
Supervisi perencanaan proses pembelajaran |
Guru
Kelas 1, 2 dan 3 |
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
(sylabus dan RPP) |
Guru
Kelas 4, 5, dan 6 |
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Guru
Mapel |
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2. |
Supervisi pelaksanaan proses pembelajaran |
Guru
Kelas 1, 2 dan 3 |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
(Pendahuluan, Inti, Penutup) |
Guru
Kelas 4, 5, dan 6 |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Guru
Mapel |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3. |
Supervisi penilaian pembelajaran |
Guru
Kelas 1, 2 dan 3 |
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Guru
Kelas 4, 5, dan 6 |
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Guru
Mapel |
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
EVALUASI |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1 |
Penilaian Proses Pembelajaran Semester II |
Semua
guru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
||
|
PELAPORAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
||
|
TINDAK LANJUT |
Semua
guru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
2. Rencana
Pengawasan Model Matrik
2.1. PEMANTAUAN
ASPEK |
TUJUAN |
INDIKATOR
KEBERHASILAN |
STRATEGI/ METODE
KERJA |
SKENARIO KEGIATAN |
SUMBER DAYA YANG
DIGUNAKAN |
PENILAIAN DAN
INSTRUMEN |
1.Pemantauan perencanaan proses pem-belajaran |
Mengetahui kualitas guru dalam menyusun sylabus dan RPP |
Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam menyusun
sylabus dan RPP |
Pengamatan, pencatatan, perekaman,
wawancara, dan dokumentasi |
a.
Pembicaraan awal dengan guru b. Mengamati
sylabus & RPP yang dibuat guru c. Mencatat
kekurangan dan kelebihan sylabus dan RPP yang dibuat oleh guru d.
Pendokumentasian |
a.
Permendiknas RI Nomor 41 tahun 2007 b.
Sylabus buatan guru c. RPP buatan
guru |
Instrumen pemantauan perencanaan pembelajaran |
2. Pemantauan pelaksanaan proses pem-belajaran |
Mengetahui kualitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran
PAIKEM |
Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam
melaksanakan pembelajaran |
Pengamatan, pencatatan, perekaman,
wawancara, dan dokumentasi |
a.
Pembicaraan awal dengan guru b. Mengamati
proses pembelajaran guru c. Mencatat
kekurangan dan kelebihan proses
pembelajaran yang dilaksanakan guru d.
Pendokumentasian |
a.
Permendiknas RI Nomor 41 tahun 2007 b. RPP buatan
guru c. Media
pembelajaran yg akan digunakan |
Instrumen pemantauan pelaksanaan pembelajaran |
3. Pemantauan penilaian pembelajaran |
Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penilaian
pembelajaran |
Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam melakukan
penilaian pembelajaran |
Pengamatan, pencatatan, perekaman,
wawancara, dan dokumentasi |
a.
Pembicaraan awal dengan guru b. Mengamati
rencana penilaian guru dalam Sylabus dan RPP c. Mengamati
buku: (rencana program evaluasi, kisi-kisi, bank soal, daftar nilai, analisis
hasil evaluasi, tindak lanjut hasil evaluasi, PT dan KMTT, portofolio siswa,
KKM, dll. d. Mencatat
kekurangan & kelebihan
penilaian pembelajaran yang
dilaksanakan guru e.
Pendokumentasian |
a.
Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007 b. Sylabus
dan RPP c. Program evaluasi,
kisi-kisi, bank soal, daftar nilai, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut
hasil evaluasi, PT dan KMTT, portofolio siswa, KKM, dll. |
Instrumen pemantauan penilaian pembelajaran |
4. Pemantauan pengelolaan kelas |
Mengetahui kualitas guru dalam pengelolaan kelas |
Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam pengelolaan
kelas |
Pengamatan, pencatatan, perekaman,
wawancara, dan dokumentasi |
a.
Pembicaraan awal dengan guru b. Mengamati
buku: (Daftar Kelas, Daftar hadir siswa, Keuangan, Buku Tamu umum, Supervisi,
Penerimaan rapor, inventaris kelas, Notulen rapat, Notulen KKG, Catatan
Prestasi Siswa, dll.) d. Mencatat
kekurangan & kelebihan
adminis-trasi pengelolaan kelas yang dibuat guru e.
Pendokumentasian |
a.
Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007 b. Buku
Daftar Kelas, Daftar hadir siswa, Keuangan, Buku Tamu umum, Supervisi,
Penerimaan rapor, inventaris kelas, Notulen rapat, Notulen KKG, Catatan
Prestasi Siswa, dll. |
Instrumen pemantauan pengelolaan kelas |
2.2.
SUPERVISI PROSES PEMBELAJARAN
ASPEK |
TUJUAN |
INDIKATOR
KEBERHASILAN |
STRATEGI/ METODE
KERJA |
SKENARIO KEGIATAN |
SUMBER DAYA YANG
DIGUNAKAN |
PENILAIAN DAN
INSTRUMEN |
1. Supervisi perencanaan proses pem-belajaran |
Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun sylabus dan
RPP |
Terwujudnya sylabus dan RPP yg baik sesuai Permendiknas
RI Nomor 41 tahun 2007 |
Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan
konsultasi |
a.
Pembicaraan awal dengan guru ttg kekurangan yang dihadapinya dalam menyusun
Sylabus dan RPP b. Membuat
kesepakatan ttg jenis pembinaan yang
akan dilaksanakan c.
Melaksanakan supervisi sesuai kesepakatan d. Pemberian
arahan dan saran |
a. Laptop dan
LCD b. Power
point tentang pengembangan sylabus dan RPP c. contoh
sylabus & RPP yang baik |
Instrumen supervisi perencanaan pembelajaran |
2. Supervisi pelaksanaan proses pem-belajaran |
Meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran
yang PAIKEM |
Terwujudnya proses pembelajaran yang PAIKEM sesuai
Permendiknas RI Nomor 41 tahun 2007 |
Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan
konsultasi |
a. Pertemuan
pra pengamatan Pembicaraan awal dengan guru b. Kegiatan
awal/ Pengamatan - Identifikasi konteks pembelajaran yang
menjadi perhatian guru - Menentukan perilaku yg dapat diobservasi - Mengidentifikasi prosedur untuk perbaikan
pembelajaran yg diinginkan - Membantu guru menetapkan tujuan perbaikan - Menyusun jadwal kegiatan observasi - Memilih instrumen observasi dan menetapkan
perilaku yg akan direkam - Mengklarifikasikan konteks pembelajaran dan
data informasi yg akan direkam c. Kegiatan
inti - Mengamati tindakan guru yang diarahkan
kepada tujuan/kompetensi yg dirumuskan sesuai kesepakatan awal - Merekam semua kegiatan secara lengkap
sebagai bahan diskusi d. Kegiatan
penutup - Analisis hasil observasi - Guru menginterprestasi hasil observasi - membuat keputusan perubahan yg akan
dilakukan - Memperoleh kesimpulan dan opini guru - Mendorong guru mempertimbangkan model,
tujuan, dan metode pembelajaran |
a. Laptop dan
LCD b. Power
point tentang model-meodel pembelajaran c. CD
Pembelajaran |
Instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran |
ASPEK |
TUJUAN |
INDIKATOR
KEBERHASILAN |
STRATEGI/ METODE
KERJA |
SKENARIO KEGIATAN |
SUMBER DAYA YANG
DIGUNAKAN |
PENILAIAN DAN
INSTRUMEN |
3. Supervisi penilaian pembelajaran |
Meningkatkan
kualitas guru dalam melaksanakan penilaian |
Terwujudnya penilaian pembelajaran yang baik sesuai Permendiknas
RI Nomor 20 tahun 2007 |
Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan
konsultasi |
a. Pembicaraan
awal dengan guru ttg kekurangan yang dihadapinya dalam menilai pembelajaran b. Membuat
kesepakatan ttg jenis pembinaan yang
akan dilaksanakan c.
Melaksanakan supervisi sesuai kesepakatan d. Pemberian
arahan dan saran |
a. Laptop dan
LCD b. Power
point tentang pengembangan penilaian c. Contoh
administrasi penilaian yang baik |
Instrumen supervisi penilaian pembelajaran |
4. Supervisi pengelolaan kelas |
Meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas |
Terwujudnya tata kelola administrasi kelas yang lebih
baik |
Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan
konsultasi |
a.
Pembicaraan awal dengan guru ttg kekurangan yang dihadapinya dalam mengelola
kelas b. Membuat
kesepakatan ttg jenis pembinaan yang
akan dilaksanakan c.
Melaksanakan supervisi sesuai kesepakatan d. Pemberian
arahan dan saran |
a. Laptop dan
LCD b. Power
point tentang pengembangan pengelolaan kelas c. Contoh
administrasi kelas yang baik |
Instrumen pemantauan pengelolaan kelas |
2.3.
EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN
ASPEK |
TUJUAN |
INDIKATOR
KEBERHASILAN |
STRATEGI/ METODE
KERJA |
SKENARIO KEGIATAN |
SUMBER DAYA YANG
DIGUNAKAN |
PENILAIAN DAN
INSTRUMEN |
Penilaian kiner-ja guru dalam perencanaan proses
pembe-lajaran |
Menentukan kualitas kinerja
Guru dalam perencanaan proses
pembelajaran |
Terkumpulkannya data hasil penilaian guru dalam
menyusun sylabus dan RPP |
Observasi, pengamatan dan pencatatan |
a.
Pembicaraan awal dgn guru ttg pelaksanaan penilaian perencanaan pembelajaran b. Observasi sylabus dan RPP yang dibuat guru dan
membandingkannya dengan standar
proses. |
a. Sylabus b. RPP |
Instrumen penilaian perencanaan pembelajaran |
Penilaian kiner-ja guru dalam perencanaan proses
pembe-lajaran |
Menentukan kualitas kinerja
Guru dalam perencanaan proses
pembelajaran |
Terkumpulkannya data hasil penilaian guru dalam
menyusun sylabus dan RPP |
Observasi, pengamatan dan pencatatan |
a. Pembicaraan
awal dgn guru ttg pelaksanaan penilaian pelaksanaan pembelajaran b. Mengamati pembelajaran yang dilaksanakan guru dan membandingkannya dengan standar
proses |
a. Sylabus b. RPP |
Instrumen penilaian perencanaan pembelajaran |
Penilaian kiner-ja guru dalam perencanaan proses
pembe-lajaran |
Menentukan kualitas kinerja
Guru dalam perencanaan proses
pembelajaran |
Terkumpulkannya data hasil penilaian guru dalam
menyusun sylabus dan RPP |
Observasi, pengamatan dan pencatatan |
a. Pembicaraan
awal dgn guru ttg penilaian guru dalam melakukan penilaian hasil proses
pembelajaran b. Observasi penilaian pembelajaran yang dilakukan guru dan membandingkannya dengan standar penilaian. |
a. Kisi-kisi,
soal buatan guru b. Daftar
nilai, Buku analisis, perbaikan & pengayaan, porto folio, dll |
Instrumen penilaian perencanaan pembelajaran |
2.4. PELAPORAN HASIL PENGAWASAN PROSES PEMBELAJARAN
ASPEK |
TUJUAN |
INDIKATOR
KEBERHASILAN |
STRATEGI/ METODE
KERJA |
SKENARIO KEGIATAN |
SUMBER DAYA YANG DIGUNAKAN |
PENILAIAN DAN
INSTRUMEN |
Pelaporan hasil pemantauan dan supervisi proses
pembelajaran |
Memenuhi Transparansi dan akuntabilitas kegiatan
kepengawasan proses pembelajaran |
Tersusunnya laporan hasil pengawasan proses pembelajaran semester II |
Pengumpulan data, penyusunan laporan |
a.
Pengumpulan data hasil pengawasan b. Penyusunan
laporan. |
a. Hasil
pemantauan b. Hasil
supervisi c. Hasil
evaluasi proses pembelajaran |
Rekapitulasi
hasil penga-wasan proses pembelajaran |
2.5. RENCANA TINDAK LANJUT
HASIL PENGAWASAN PROSES PEMBELAJARAN
No |
NAMA GURU |
NILAI KINERJA |
TINDAK LANJUT |
KETERANGAN |
1. |
|
|
1) Penguatan dan
penghargaan 2) Guru diberi kesempatan untuk mengikuti
pelatihan/penataran lebih lanjut. |
Guru yang nilai kinerjanya telah memenuhi standar |
2. |
|
|
1) Teguran yang bersifat mendidik (teguran
lisan/ tertulis) 2) Guru diberi kesempatan untuk mengikuti
pelatihan/penataran lebih lanjut. |
Guru yang nilai kinerjanya telah memenuhi standar |
BAB IV
PENUTUP
Program
pengawasan proses pembelajaran merupakan pedoman bagi kepala sekolah dalam
pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. Program pengawasan proses pembelajaran
disusun selaras dengan visi, misi dan tujuan pendidikan di sekolah. Program
yang disusun diarahkan pada layanan professional kepala sekolah dalam rangka
peningkatan mutu pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, terdapat beberapa
prinsip yang perlu diperhatikan dalam penyusunan program pengawasan proses
pembelajaran, antara lain :
1.
Kegiatan
pengawasan proses pembelajaran dikembangkan atas dasar hasil pengawasan pada
tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa pengawasan proses pembelajaran harus
dilaksanakan secara berkesinambungan. Dalam hal ini diterapkan prinsip
peningkatan mutu berkelanjutan (continous quality improvement ). Walaupun
terjadi pergantian kepala sekolah, kepala sekolah yang baru harus tetap
memperhatikan apa yang telah dilaksanakan serta dicapai oleh kepala sekolah
sebelumnya.
2.
Kegiatan
pengawasan proses pembelajaran mengacu pada kebijakan pendidikan baik itu
kebijakan pendidikan yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional
(Depdiknas) di tingkat pusat maupun dinas pendidikan setempat (Kabupaten/Kota).
3.
Program
kegiatan pengawasan proses pembelajaran memuat prioritas pembinaan dengan
target pencapaiannya dalam jangka pendek (semester), jangka menengah (1 tahun), dan jangka panjang (3-4 tahun). Sasaran prioritas jangka pendek ditetapkan
atas dasar persoalan / masalah yang dihadapi oleh setiap guru. Keragaman
persoalan yang dihadapi akan membedakan sasaran prioritas pengawasan pada
setiap guru.
4.
Pelaksanaan
program pengawasan proses pembelajaran bersifat fleksibel namun tidak keluar
dari ketentuan tentang pembinaan terhadap guru. Kepala sekolah memiliki wewenang
dalam menetapkan, metode kerja, langkah-langkah, dan indikator keberhasilan
program pengawasan proses pembelajaran dengan memperhatikan kemampuan guru yang
bersangkutan.
Margamulya, .............
Kepala Sekolah
JAJANG SURYANA, S.Pd.SD
NIP. 19630216 198305 1004
No comments:
Post a Comment