Tuesday, February 2, 2021

Bukti Fisik PKKS #Akreditasi #Program Pengawasan Kepala Sekolah

  

PROGRAM

PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 




SD NEGERI MARGAMULYA

UPTD PENDIDIKAN WILAYAH CIKATOMAS

 KABUPATEN TASIKMALAYA

2020

 

BAB I

P E N D A H U L U A N

 

A.      Latar Belakang.

              Kegiatan pengawasan pembelajaran sebagaimana dijelaskan dalam Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses, meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut. Kelima kegiatan tersebut menjadi tanggung jawab kepala dan pengawas satuan pendidikan.

              Sedangkan pengawasan manajerial sebagaimana dijelaskan dalam Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan berkaitan dengan pengelolaan sekolah yang juga meliputi       pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut.

              Sementara itu Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah harus menguasai Standar Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri atas : kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi sosial.

              Kegiatan pengawasan pembelajaran pada intinya adalah pengawalan terhadap tugas pokok guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran agar ketiga kegiatan tersebut selaras dengan standar yang telah ditetapkan. Apabila perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh para guru baik, pembelajaran yang dilakukan berkualitas, dan penilaian yang dilakukan tepat, maka dapat dipastikan hasil belajar peserta didik akan meningkat. Dengan demikian tujuan pendidikan nasional dapat tercapai.

              Mencermati hasil analisis pelaksanaan Supervisi Tahun 2018/2019 pada SD Negeri Margamulya secara umum ditemukan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki, seperti :  pengembangan indikator dan materi pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif, lemahnya penguasaan guru dalam model-model pembelajaran aktif , teknik penilaian yang kurang tepat, dan sebagainya.

              Sejalan dengan itu, maka perlu disusun program pengawasan pembelajaran  yang menyeluruh dan sistematis agar terjadi perbaikan yang signifikan dalam kegiatan akademis di SD Negeri Margamulya.

 

B.       Landasan Hukum.

1.         Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

2.         Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;

3.         PPRI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;

4.         Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik; dan Kompetensi  Kepala Sekolah / Madrasah;

5.         Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;

6.         Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan; dan

7.         Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.

 

C.      Tujuan.

Penyusunan Program Pengawasan Pembelajaran Tahun 2018/2019 pada SD Negeri Margamulya ini bertujuan sebagai berikut :

1.         Acuan bagi pelaksanaan kegiatan pengawasan di lingkungan SD Negeri Margamulya

2.         Meningkatkan provesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik

3.         Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas lulusan.

4.         Meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah

 

D.      Ruang Lingkup.

              Sebagaimana disebutkan dalam Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 20007 tentang Standar Proses, ruang lingkup Program Pengawasan Pembelajaran meliputi :

1.         Pemantauan

a.       Pemantauan proses pembelajaran dilakukan pada ta­hap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.

b.      Pemantauan dilakukan dengan cara diskusi kelompok terfokus, pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi.

c.       Kegiatan pemantauan dilaksanakan oleh kepala dan pengawas satuan pendidikan.

2.         Supervisi

a.       Supervisi proses pembelajaran dilakukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pem­belajaran.

b.      Supervisi pembelajaran diselenggarakan dengan cara pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi.

c.       Kegiatan supervisi dilakukan oleh kepala dan penga­was satuan pendidikan.

 

 

3.         Evaluasi

a.         Evaluasi proses pembelajaran dilakukan untuk me­nentukan kualitas pembelajaran secara keseluruhan, mencakup tahap perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.

b.        Evaluasi proses pembelajaran diselenggarakan dengan cara:

1)    membandingkan proses pembelajaran yang dilak­sanakan guru dengan standar proses,

2)    mengidentifikasi kinerja guru dalam proses pem­belajaran sesuai dengan kompetensi guru.

c.         Evaluasi proses pembelajaran memusatkan pada keseluruhan kinerja guru dalam proses pembelajaran.

2.         Pelaporan

Hasil kegiatan pemantauan, supervisi, dan evaluasi proses pembelajaran dilaporkan kepada pemangku kepentingan.

3.         Tindak Lanjut

a.         Penguatan dan penghargaan diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar.

b.        Teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada guru yang belum memenuhi standar.

c.          Guru diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/pe­nataran lebih lanjut.

              Sementara dalam Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 20007 tentang Standar Pengelolaan disebutkan :

1.    Sekolah/Madrasah menyusun program pengawasan secara obyektif, bertanggung jawab dan berkelanjutan.

2.    Penyusunan program pengawasan di sekolah/madrasah didasarkan pada Standar Nasional Pendidikan. 

3.    Program pengawasan disosialisasikan keseluruh pendidik dan tenaga kependidikan. 

4.    Pengawasan pengelolaan sekolah/madrasah meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil pengawasan.

5.    Pemantauan pengelolaan sekolah/madrasah dilakukan oleh komite sekolah/ madrasah atau bentuk lain dari lembaga perwakilan pihak-pihak yang berkepentingan secara teratur dan berkelanjutan untuk menilai efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas pengelolaan.

6.    Supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/madrasah.

 

E.       Sasaran.

            Sasaran program pengawasan ini adalah semua pendidik dan tenaga kependidikan di SD Negeri Margamulya sebagaimana tertera pada tabel di bawah ini

No

Nama

NIP

Tugas

Ket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

IDENTIFIKASI/ MASALAH DALAM PENGAWASAN

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

           

 

            Penyusunan program pengawasan pembelajaran didasarkan hasil pengawasan tahun sebelumnya. Adapun hasil analisis pelaksanaan program pengawasan pembelajaran tahun tahun 2017/2018 sebagai berikut :

1.    Perencanaan Pembelajaran

a. Sebagian guru belum mampu melakukan pemetaan KD sesuai dengan hierarki konsep dan karakter mata pelajaran

b. Sebagian guru belum mampu merumuskan indikator sesuai dengan tuntutan SK/KD

c. Sebagian guru masih kesulitan untuk memilih materi ajar sesuai dengan karakteristik dan taraf kemampuan berpikir siswa

d. Sebagian guru belum terampil dalam menyusun pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam PBM

e. Belum terampilnya sebagian guru dalam menyusun pengorganisasian siswa

f.  Sebagian guru belum mampu menyusun jenis penilaian pengamatan

g.    Sulit bagi guru untuk mengubah pembelajaran konvensional kepada pembelajaran yang inovatif

2.    Pelaksanaan Pembelajaran

a. Rendahnya kemampuan guru dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran

b. Sebagian guru belum menggunakan media dalam pembelajaran

c. Sebagian guru belum menggunakan metode yang bervariasi

d. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran pembelajaran masih kurang

e. Sebagian guru belum melakukan penilaian selama proses berlangsung

f.   Sebagian guru belum melakukan refleksi di akhir pembelajaran

3.    Penilaian Pembelajaran dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian

       a.  Belum semua guru menyusun program evaluasi

       b. Belum semua guru melaksanakan penilaian harian per KD

       c.  Sebagian guru belum dapat menyusun kisi-kisi penyusunan soal

       d.  Belum semua guru melaksanakan penilaian portofolio

       e.  Belum semua guru melakukan analisis dan tindak lanjut hasil penilaian

       f.  Belum semua guru memanfaatkan penilaian untuk kegiatan perbaikan dan pengayaan.

3.    Pengelolaan Kelas

a. Belum semua guru mengisi daftar kelas secara lengkap

b. Belum semua guru mengisi bank data dengan lengkap

c. Belum semua guru membuat program bimbingan penyuluhan

d. Belum semua guru melaksanakan bimbingan dab penyuluhan secara teratur

e.  Belum semua guru membuat program kegiatan ekstra kurikuler yang menjadi tanggung jawabnya

f.  Sebagian guru tidak membuat buku catatan prestasi siswa

g.  Sebagian guru tidak memiliki buku catatan hasil KKG


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PROGRAM PENGAWASAN

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

A.  Deskripsi Program Pengawasan Tahun Pelajaran 2018/2019

NO.

PROGRAM

SASARAN

PELAKSANAAN

KET

Jul

Ags

Sep

Okt

Nov

Des

Jan

Feb

Mar

Apr

Mei

Juni

 

 

1.

PEMANTAUAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a. Perencanaan pembelajaran

Guru Kelas dan Guru Mapel

 

X

 

 

X

 

X

 

 

X

 

 

 

 

 

b. Pelaksanaan Pembelajaran

Guru Kelas dan Guru Mapel

 

X

 

 

X

 

X

 

 

X

 

 

 

 

 

c. Penilaian Pembelajaran

Guru Kelas dan Guru Mapel

 

X

 

 

X

 

X

 

 

X

 

 

 

 

 

d. Pengelolaan Kelas

Guru Kelas dan Guru Mapel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

SUPERVISI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a. Perencanaan pembelajaran

Guru Kelas dan Guru Mapel

 

 

X

X

 

 

 

X

X

 

 

 

 

 

 

b. Pelaksanaan Pembelajaran

Guru Kelas dan Guru Mapel

 

 

X

X

 

 

 

X

X

 

 

 

 

 

 

c. Penilaian Pembelajaran

Guru Kelas dan Guru Mapel

 

 

X

X

 

 

 

X

X

 

 

 

 

 

 

d. Pengelolaan Kelas

Guru Kelas dan Guru Mapel

 

 

X

X

 

 

 

X

X

 

 

 

 

 

3.

EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perencanaan, pelaksanaan dan penilaian

Guru Kelas dan Guru Mapel

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

4.

PELAPORAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaporan hasil pengawasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

TINDAK LANJUT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a. Tindak lanjut hasil pemantauan

Guru Kelas dan Guru Mapel

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b. Tindak lanjut hasil supervisi

Guru Kelas dan Guru Mapel

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c. Tindak lanjut hasil evaluasi

Guru Kelas dan Guru Mapel

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

B.  Deskripsi Kegiatan Pengawasan Proses Pembelajaran Tahun Pelajaran 2018/2019

No.

TUJUAN

SASARAN

TARGET KEBERHASILAN

METODE KERJA/TEKNIK

Jadwal Kegiatan

 

PEMANTAUAN

 

 

 

 

1.

Mengetahui kualitas guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Semua guru

Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Diskusi kelompok terfokus, pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi

Sepanjang Tahun

2.

Mengetahui kualitas guru dalam pembelajaran PAIKEM

Semua guru

Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran

Diskusi kelompok terfokus, pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi

3.

Mengetahui kualitas guru dalam melaksanakan penilaian

Semua guru

Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam melakukan penilaian pembelajaran

Diskusi kelompok terfokus, pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi

 

SUPERVISI

 

 

 

1.

Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Semua guru

Terwujudnya perencanaan pembelajaran oleh guru

Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi

2.

Meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran

Semua guru

Terwujudnya proses pembelajaran yang PAIKEM

Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi

3.

Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penilaian pembelajaran

Semua guru

Terwujudnya penilaian pembelajaran yang lebih baik

Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi

4.

Meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas

Semua guru

Terwujudnya tata kelola administrasi pembelajaran dan administrasi kelas yang lebih baik

Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi

 

EVALUASI

 

 

 

1.

Mengetahui kualitas kinerja Guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran

Semua guru

Terkumpulkannya data hasil penilaian proses pembelajaran guru

Membandingkan proses pembelajaran yang dilak­sanakan guru dengan standar proses

2.

Mengetahui Ketercapaian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP)

Semua guru

Terwujudnya laporan hasil Sasaran Kinerja Pegawai

Membandingkan kinerja guru dalam kurun waktu 1 tahun dengan SKP yang diajukan

 

PELAPORAN

 

 

 

1.

Memenuhi Transparansi dan akuntabilitas kegiatan kepengawasan pembelajaran

 

Terwujudnya Laporan hasil Kepengawasan Smt-1 dan Smt-2

Pengumpulan Data dan Penyusunan Laporan

 

TINDAK LANJUT

 

 

 

1.

Memperbaiki kelemahan guru berdasar hasil pemantauan dan supervisi pembelajaran

Semua guru

Meningkatnya provesionalitas guru

Fasilitasi dan pembinaan berkelanjutan

 

C.   Jadwal Kegiatan dan Matrik Rencana Pengawasan Proses Pembelajaran Semester I

       1.    Jadwal Kegiatan

No

KEGIATAN

Sasaran

REALISASI PELAKSANAAN

Juli

Agustus

September

Oktober

November

Desember

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

 

PEMANTAUAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Libur Akaka Akhir Semester I

1.

Pemantauan perencanaan proses pembelajaran

Guru Kelas 1, 2 dan 3

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(sylabus dan RPP)

Guru Kelas 4, 5, dan 6

 

 

x

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mapel

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Pemantauan pelaksanaan proses pembelajaran

Guru Kelas 1, 2 dan 3

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

(Pendahuluan, Inti, Penutup)

Guru Kelas 4, 5, dan 6

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

Guru Mapel

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

3.

Pemantauan penilaian pembelajaran

Guru Kelas 1, 2 dan 3

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

Guru Kelas 4, 5, dan 6

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

Guru Mapel

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

SUPERVISI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.

Supervisi perencanaan proses pembelajaran

Guru Kelas 1, 2 dan 3

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

x

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

(sylabus dan RPP)

Guru Kelas 4, 5, dan 6

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

x

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mapel

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

x

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

2.

Supervisi pelaksanaan proses pembelajaran

Guru Kelas 1, 2 dan 3

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Pendahuluan, Inti, Penutup)

Guru Kelas 4, 5, dan 6

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mapel

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Supervisi penilaian pembelajaran

Guru Kelas 1, 2 dan 3

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Kelas 4, 5, dan 6

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mapel

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

Penilaian Proses Pembelajaran Semester I

Semua guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

PELAPORAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

TINDAK LANJUT

Semua guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

      

 

 

2.    Rencana Pengawasan Model Matrik

 

            2.1. PEMANTAUAN

ASPEK

TUJUAN

INDIKATOR KEBERHASILAN

STRATEGI/ METODE KERJA

SKENARIO KEGIATAN

SUMBER DAYA YANG DIGUNAKAN

PENILAIAN DAN INSTRUMEN

1.Pemantauan perencanaan proses pem-belajaran

Mengetahui kualitas guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi

a. Pembicaraan awal dengan guru

b. Mengamati sylabus & RPP yang dibuat guru

c. Mencatat kekurangan dan kelebihan sylabus dan RPP yang dibuat oleh guru

d. Pendokumentasian

a. Permendiknas RI  Nomor 41 tahun 2007

b. Sylabus  buatan guru

c. RPP buatan guru 

 

Instrumen pemantauan perencanaan pembelajaran

2. Pemantauan pelaksanaan proses pem-belajaran

Mengetahui kualitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran PAIKEM

Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran

Pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi

a. Pembicaraan awal dengan guru

b. Mengamati proses pembelajaran guru

c. Mencatat kekurangan dan kelebihan proses    pembelajaran yang dilaksanakan guru

d. Pendokumentasian

a. Permendiknas RI  Nomor 41 tahun 2007

b. RPP buatan guru

c. Media pembelajaran yg akan digunakan 

Instrumen pemantauan pelaksanaan pembelajaran

3. Pemantauan penilaian pembelajaran

Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penilaian pembelajaran

Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam melakukan penilaian pembelajaran

Pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi

a. Pembicaraan awal dengan guru

b. Mengamati rencana penilaian guru dalam Sylabus dan RPP

c. Mengamati buku: (rencana program evaluasi, kisi-kisi, bank soal, daftar nilai, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut hasil evaluasi, PT dan KMTT, portofolio siswa, KKM, dll.

d. Mencatat kekurangan &  kelebihan penilaian    pembelajaran yang dilaksanakan guru

e. Pendokumentasian

a. Permendiknas RI  Nomor 20 tahun 2007

b. Sylabus dan RPP

c. Program evaluasi, kisi-kisi, bank soal, daftar nilai, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut hasil evaluasi, PT dan KMTT, portofolio siswa, KKM, dll.

Instrumen pemantauan penilaian pembelajaran

4. Pemantauan pengelolaan kelas

Mengetahui kualitas guru dalam pengelolaan kelas

Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam pengelolaan kelas

Pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi

a. Pembicaraan awal dengan guru

b. Mengamati buku: (Daftar Kelas, Daftar hadir siswa, Keuangan, Buku Tamu umum, Supervisi, Penerimaan rapor, inventaris kelas, Notulen rapat, Notulen KKG, Catatan Prestasi Siswa, dll.)

d. Mencatat kekurangan &  kelebihan adminis-trasi pengelolaan kelas yang dibuat guru

e. Pendokumentasian

a. Permendiknas RI  Nomor 19 tahun 2007

b. Buku Daftar Kelas, Daftar hadir siswa, Keuangan, Buku Tamu umum, Supervisi, Penerimaan rapor, inventaris kelas, Notulen rapat, Notulen KKG, Catatan Prestasi Siswa, dll.

Instrumen pemantauan pengelolaan kelas

           

2.2. SUPERVISI PROSES PEMBELAJARAN

ASPEK

TUJUAN

INDIKATOR KEBERHASILAN

STRATEGI/ METODE KERJA

SKENARIO KEGIATAN

SUMBER DAYA YANG DIGUNAKAN

PENILAIAN DAN INSTRUMEN

1. Supervisi perencanaan proses pem-belajaran

Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Terwujudnya sylabus dan RPP yg baik sesuai Permendiknas RI Nomor 41 tahun 2007

Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi

a. Pembicaraan awal dengan guru ttg kekurangan yang dihadapinya dalam menyusun Sylabus dan RPP

b. Membuat kesepakatan ttg  jenis pembinaan yang akan dilaksanakan

c. Melaksanakan supervisi sesuai kesepakatan

d. Pemberian arahan dan saran

a. Laptop dan LCD

b. Power point tentang pengembangan sylabus dan RPP

c. contoh sylabus & RPP yang baik

Instrumen supervisi perencanaan pembelajaran

2. Supervisi pelaksanaan proses pem-belajaran

Meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran yang PAIKEM

Terwujudnya proses pembelajaran yang PAIKEM sesuai Permendiknas RI Nomor 41 tahun 2007

Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi

a. Pertemuan pra pengamatan

    Pembicaraan awal dengan guru

b. Kegiatan awal/ Pengamatan

-  Identifikasi konteks pembelajaran yang menjadi perhatian guru

-  Menentukan perilaku yg dapat diobservasi

-  Mengidentifikasi prosedur untuk perbaikan pembelajaran yg diinginkan

-  Membantu guru menetapkan tujuan perbaikan

-  Menyusun jadwal kegiatan observasi

-  Memilih instrumen observasi dan menetapkan perilaku yg akan direkam

-  Mengklarifikasikan konteks pembelajaran dan data informasi yg akan direkam 

c. Kegiatan inti

-  Mengamati tindakan guru yang diarahkan kepada tujuan/kompetensi yg dirumuskan sesuai kesepakatan awal

-  Merekam semua kegiatan secara lengkap sebagai bahan diskusi

d. Kegiatan penutup

-  Analisis hasil observasi

-  Guru menginterprestasi hasil observasi

-  membuat keputusan perubahan yg akan dilakukan

-  Memperoleh kesimpulan dan opini guru

-  Mendorong guru mempertimbangkan model, tujuan, dan metode pembelajaran

a. Laptop dan LCD

b. Power point tentang model-meodel pembelajaran

c. CD Pembelajaran

Instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran

ASPEK

TUJUAN

INDIKATOR KEBERHASILAN

STRATEGI/ METODE KERJA

SKENARIO KEGIATAN

SUMBER DAYA YANG DIGUNAKAN

PENILAIAN DAN INSTRUMEN

3. Supervisi penilaian pembelajaran

Meningkatkan  kualitas guru dalam melaksanakan penilaian

Terwujudnya penilaian pembelajaran yang baik sesuai Permendiknas RI  Nomor 20 tahun 2007

Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi

a. Pembicaraan awal dengan guru ttg kekurangan yang dihadapinya dalam menilai pembelajaran

b. Membuat kesepakatan ttg  jenis pembinaan yang akan dilaksanakan

c. Melaksanakan supervisi sesuai kesepakatan

d. Pemberian arahan dan saran

a. Laptop dan LCD

b. Power point tentang pengembangan penilaian

c. Contoh administrasi penilaian yang baik

Instrumen supervisi penilaian pembelajaran

4. Supervisi pengelolaan kelas

Meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas

Terwujudnya tata kelola administrasi kelas yang lebih baik

Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi

a. Pembicaraan awal dengan guru ttg kekurangan yang dihadapinya dalam mengelola kelas

b. Membuat kesepakatan ttg  jenis pembinaan yang akan dilaksanakan

c. Melaksanakan supervisi sesuai kesepakatan

d. Pemberian arahan dan saran

a. Laptop dan LCD

b. Power point tentang pengembangan pengelolaan kelas

c. Contoh administrasi kelas yang baik

Instrumen pemantauan pengelolaan kelas

 

2.3. EVALUASI  PROSES PEMBELAJARAN

 

ASPEK

TUJUAN

INDIKATOR KEBERHASILAN

STRATEGI/ METODE KERJA

SKENARIO KEGIATAN

SUMBER DAYA YANG DIGUNAKAN

PENILAIAN DAN INSTRUMEN

Penilaian kiner-ja guru dalam perencanaan proses pembe-lajaran

Me­nentukan  kualitas kinerja Guru dalam perencanaan  proses pembelajaran

Terkumpulkannya data hasil penilaian guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Observasi, pengamatan dan pencatatan

a. Pembicaraan awal dgn guru ttg pelaksanaan penilaian perencanaan pembelajaran

b. Observasi sylabus dan RPP yang dibuat guru dan membandingkannya  dengan standar proses.

a. Sylabus

b. RPP

 

Instrumen penilaian perencanaan pembelajaran

Penilaian kiner-ja guru dalam perencanaan proses pembe-lajaran

Me­nentukan  kualitas kinerja Guru dalam perencanaan  proses pembelajaran

Terkumpulkannya data hasil penilaian guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Observasi, pengamatan dan pencatatan

a. Pembicaraan awal dgn guru ttg pelaksanaan penilaian pelaksanaan pembelajaran

b. Mengamati pembelajaran yang dilaksanakan  guru dan membandingkannya dengan standar proses

a. Sylabus

b. RPP

 

Instrumen penilaian perencanaan pembelajaran

Penilaian kiner-ja guru dalam perencanaan proses pembe-lajaran

Me­nentukan  kualitas kinerja Guru dalam perencanaan  proses pembelajaran

Terkumpulkannya data hasil penilaian guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Observasi, pengamatan dan pencatatan

a. Pembicaraan awal dgn guru ttg penilaian guru dalam melakukan penilaian hasil proses pembelajaran

b. Observasi penilaian pembelajaran yang dilakukan  guru dan membandingkannya  dengan standar penilaian.  

a. Kisi-kisi, soal buatan guru

b. Daftar nilai, Buku analisis, perbaikan & pengayaan, porto folio, dll

Instrumen penilaian perencanaan pembelajaran

 

2.4. PELAPORAN  HASIL PENGAWASAN PROSES PEMBELAJARAN

 

ASPEK

TUJUAN

INDIKATOR KEBERHASILAN

STRATEGI/ METODE KERJA

SKENARIO KEGIATAN

SUMBER DAYA YANG DIGUNAKAN

PENILAIAN DAN INSTRUMEN

Pelaporan hasil pemantauan dan supervisi proses pembelajaran

Memenuhi Transparansi dan akuntabilitas kegiatan kepengawasan proses pembelajaran

Tersusunnya laporan hasil pengawasan  proses pembelajaran semester I

Pengumpulan data, penyusunan laporan

a. Pengumpulan data hasil pengawasan

b. Penyusunan laporan.

a. Hasil pemantauan

b. Hasil supervisi

c. Hasil evaluasi proses pembelajaran

 

Rekapitulasi  hasil penga-wasan proses pembelajaran

 

 

2.5. RENCANA TINDAK  LANJUT  HASIL PENGAWASAN PROSES PEMBELAJARAN

 

No

NAMA GURU

NILAI KINERJA

TINDAK LANJUT

KETERANGAN

1.

 

 

1)   Penguatan dan penghargaan

2)   Guru diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/pe­nataran lebih lanjut.

Guru yang nilai kinerjanya telah memenuhi standar

2.

 

 

1)   Teguran yang bersifat mendidik (teguran lisan/ tertulis)

2)   Guru diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/pe­nataran lebih lanjut.

Guru yang nilai kinerjanya telah memenuhi standar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.   Jadwal Kegiatan dan Matrik Rencana Pengawasan Proses Pembelajaran Semester II

       1.    Jadwal Kegiatan

No

KEGIATAN

Sasaran

REALISASI PELAKSANAAN

Januari

Februari

Maret

April

Mei

Juni

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

 

PEMANTAUAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Libur Akaka Akhir Semester II

1.

Pemantauan perencanaan proses pembelajaran

Guru Kelas 1, 2 dan 3

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(sylabus dan RPP)

Guru Kelas 4, 5, dan 6

 

x

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mapel

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Pemantauan pelaksanaan proses pembelajaran

Guru Kelas 1, 2 dan 3

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

(Pendahuluan, Inti, Penutup)

Guru Kelas 4, 5, dan 6

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mapel

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

3.

Pemantauan penilaian pembelajaran

Guru Kelas 1, 2 dan 3

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

Guru Kelas 4, 5, dan 6

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

Guru Mapel

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

SUPERVISI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.

Supervisi perencanaan proses pembelajaran

Guru Kelas 1, 2 dan 3

 

 

 

x

 

 

 

 

 

x

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(sylabus dan RPP)

Guru Kelas 4, 5, dan 6

 

 

 

x

 

 

 

 

 

x

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mapel

 

 

 

x

 

 

 

 

 

x

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Supervisi pelaksanaan proses pembelajaran

Guru Kelas 1, 2 dan 3

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Pendahuluan, Inti, Penutup)

Guru Kelas 4, 5, dan 6

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mapel

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Supervisi penilaian pembelajaran

Guru Kelas 1, 2 dan 3

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Kelas 4, 5, dan 6

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mapel

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

Penilaian Proses Pembelajaran Semester II

Semua guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

PELAPORAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

TINDAK LANJUT

Semua guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

       2.  Rencana Pengawasan Model Matrik

 

 

 

 

 

            2.1. PEMANTAUAN

ASPEK

TUJUAN

INDIKATOR KEBERHASILAN

STRATEGI/ METODE KERJA

SKENARIO KEGIATAN

SUMBER DAYA YANG DIGUNAKAN

PENILAIAN DAN INSTRUMEN

1.Pemantauan perencanaan proses pem-belajaran

Mengetahui kualitas guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi

a. Pembicaraan awal dengan guru

b. Mengamati sylabus & RPP yang dibuat guru

c. Mencatat kekurangan dan kelebihan sylabus dan RPP yang dibuat oleh guru

d. Pendokumentasian

a. Permendiknas RI  Nomor 41 tahun 2007

b. Sylabus  buatan guru

c. RPP buatan guru 

 

Instrumen pemantauan perencanaan pembelajaran

2. Pemantauan pelaksanaan proses pem-belajaran

Mengetahui kualitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran PAIKEM

Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran

Pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi

a. Pembicaraan awal dengan guru

b. Mengamati proses pembelajaran guru

c. Mencatat kekurangan dan kelebihan proses    pembelajaran yang dilaksanakan guru

d. Pendokumentasian

a. Permendiknas RI  Nomor 41 tahun 2007

b. RPP buatan guru

c. Media pembelajaran yg akan digunakan 

Instrumen pemantauan pelaksanaan pembelajaran

3. Pemantauan penilaian pembelajaran

Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penilaian pembelajaran

Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam melakukan penilaian pembelajaran

Pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi

a. Pembicaraan awal dengan guru

b. Mengamati rencana penilaian guru dalam Sylabus dan RPP

c. Mengamati buku: (rencana program evaluasi, kisi-kisi, bank soal, daftar nilai, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut hasil evaluasi, PT dan KMTT, portofolio siswa, KKM, dll.

d. Mencatat kekurangan &  kelebihan penilaian    pembelajaran yang dilaksanakan guru

e. Pendokumentasian

a. Permendiknas RI  Nomor 20 tahun 2007

b. Sylabus dan RPP

c. Program evaluasi, kisi-kisi, bank soal, daftar nilai, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut hasil evaluasi, PT dan KMTT, portofolio siswa, KKM, dll.

Instrumen pemantauan penilaian pembelajaran

4. Pemantauan pengelolaan kelas

Mengetahui kualitas guru dalam pengelolaan kelas

Terpetakannya tingkat kompetensi guru dalam pengelolaan kelas

Pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi

a. Pembicaraan awal dengan guru

b. Mengamati buku: (Daftar Kelas, Daftar hadir siswa, Keuangan, Buku Tamu umum, Supervisi, Penerimaan rapor, inventaris kelas, Notulen rapat, Notulen KKG, Catatan Prestasi Siswa, dll.)

d. Mencatat kekurangan &  kelebihan adminis-trasi pengelolaan kelas yang dibuat guru

e. Pendokumentasian

a. Permendiknas RI  Nomor 19 tahun 2007

b. Buku Daftar Kelas, Daftar hadir siswa, Keuangan, Buku Tamu umum, Supervisi, Penerimaan rapor, inventaris kelas, Notulen rapat, Notulen KKG, Catatan Prestasi Siswa, dll.

Instrumen pemantauan pengelolaan kelas

           

2.2. SUPERVISI PROSES PEMBELAJARAN

 

ASPEK

TUJUAN

INDIKATOR KEBERHASILAN

STRATEGI/ METODE KERJA

SKENARIO KEGIATAN

SUMBER DAYA YANG DIGUNAKAN

PENILAIAN DAN INSTRUMEN

1. Supervisi perencanaan proses pem-belajaran

Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Terwujudnya sylabus dan RPP yg baik sesuai Permendiknas RI Nomor 41 tahun 2007

Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi

a. Pembicaraan awal dengan guru ttg kekurangan yang dihadapinya dalam menyusun Sylabus dan RPP

b. Membuat kesepakatan ttg  jenis pembinaan yang akan dilaksanakan

c. Melaksanakan supervisi sesuai kesepakatan

d. Pemberian arahan dan saran

a. Laptop dan LCD

b. Power point tentang pengembangan sylabus dan RPP

c. contoh sylabus & RPP yang baik

Instrumen supervisi perencanaan pembelajaran

2. Supervisi pelaksanaan proses pem-belajaran

Meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran yang PAIKEM

Terwujudnya proses pembelajaran yang PAIKEM sesuai Permendiknas RI Nomor 41 tahun 2007

Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi

a. Pertemuan pra pengamatan

    Pembicaraan awal dengan guru

b. Kegiatan awal/ Pengamatan

-  Identifikasi konteks pembelajaran yang menjadi perhatian guru

-  Menentukan perilaku yg dapat diobservasi

-  Mengidentifikasi prosedur untuk perbaikan pembelajaran yg diinginkan

-  Membantu guru menetapkan tujuan perbaikan

-  Menyusun jadwal kegiatan observasi

-  Memilih instrumen observasi dan menetapkan perilaku yg akan direkam

-  Mengklarifikasikan konteks pembelajaran dan data informasi yg akan direkam 

c. Kegiatan inti

-  Mengamati tindakan guru yang diarahkan kepada tujuan/kompetensi yg dirumuskan sesuai kesepakatan awal

-  Merekam semua kegiatan secara lengkap sebagai bahan diskusi

d. Kegiatan penutup

-  Analisis hasil observasi

-  Guru menginterprestasi hasil observasi

-  membuat keputusan perubahan yg akan dilakukan

-  Memperoleh kesimpulan dan opini guru

-  Mendorong guru mempertimbangkan model, tujuan, dan metode pembelajaran

a. Laptop dan LCD

b. Power point tentang model-meodel pembelajaran

c. CD Pembelajaran

Instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran

ASPEK

TUJUAN

INDIKATOR KEBERHASILAN

STRATEGI/ METODE KERJA

SKENARIO KEGIATAN

SUMBER DAYA YANG DIGUNAKAN

PENILAIAN DAN INSTRUMEN

3. Supervisi penilaian pembelajaran

Meningkatkan  kualitas guru dalam melaksanakan penilaian

Terwujudnya penilaian pembelajaran yang baik sesuai Permendiknas RI  Nomor 20 tahun 2007

Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi

a. Pembicaraan awal dengan guru ttg kekurangan yang dihadapinya dalam menilai pembelajaran

b. Membuat kesepakatan ttg  jenis pembinaan yang akan dilaksanakan

c. Melaksanakan supervisi sesuai kesepakatan

d. Pemberian arahan dan saran

a. Laptop dan LCD

b. Power point tentang pengembangan penilaian

c. Contoh administrasi penilaian yang baik

Instrumen supervisi penilaian pembelajaran

4. Supervisi pengelolaan kelas

Meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas

Terwujudnya tata kelola administrasi kelas yang lebih baik

Pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi

a. Pembicaraan awal dengan guru ttg kekurangan yang dihadapinya dalam mengelola kelas

b. Membuat kesepakatan ttg  jenis pembinaan yang akan dilaksanakan

c. Melaksanakan supervisi sesuai kesepakatan

d. Pemberian arahan dan saran

a. Laptop dan LCD

b. Power point tentang pengembangan pengelolaan kelas

c. Contoh administrasi kelas yang baik

Instrumen pemantauan pengelolaan kelas

 

2.3. EVALUASI  PROSES PEMBELAJARAN

 

ASPEK

TUJUAN

INDIKATOR KEBERHASILAN

STRATEGI/ METODE KERJA

SKENARIO KEGIATAN

SUMBER DAYA YANG DIGUNAKAN

PENILAIAN DAN INSTRUMEN

Penilaian kiner-ja guru dalam perencanaan proses pembe-lajaran

Me­nentukan  kualitas kinerja Guru dalam perencanaan  proses pembelajaran

Terkumpulkannya data hasil penilaian guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Observasi, pengamatan dan pencatatan

a. Pembicaraan awal dgn guru ttg pelaksanaan penilaian perencanaan pembelajaran

b. Observasi sylabus dan RPP yang dibuat guru dan membandingkannya  dengan standar proses.

a. Sylabus

b. RPP

 

Instrumen penilaian perencanaan pembelajaran

Penilaian kiner-ja guru dalam perencanaan proses pembe-lajaran

Me­nentukan  kualitas kinerja Guru dalam perencanaan  proses pembelajaran

Terkumpulkannya data hasil penilaian guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Observasi, pengamatan dan pencatatan

a. Pembicaraan awal dgn guru ttg pelaksanaan penilaian pelaksanaan pembelajaran

b. Mengamati pembelajaran yang dilaksanakan  guru dan membandingkannya dengan standar proses

a. Sylabus

b. RPP

 

Instrumen penilaian perencanaan pembelajaran

Penilaian kiner-ja guru dalam perencanaan proses pembe-lajaran

Me­nentukan  kualitas kinerja Guru dalam perencanaan  proses pembelajaran

Terkumpulkannya data hasil penilaian guru dalam menyusun sylabus dan RPP

Observasi, pengamatan dan pencatatan

a. Pembicaraan awal dgn guru ttg penilaian guru dalam melakukan penilaian hasil proses pembelajaran

b. Observasi penilaian pembelajaran yang dilakukan  guru dan membandingkannya  dengan standar penilaian.  

a. Kisi-kisi, soal buatan guru

b. Daftar nilai, Buku analisis, perbaikan & pengayaan, porto folio, dll

Instrumen penilaian perencanaan pembelajaran

            2.4. PELAPORAN  HASIL PENGAWASAN PROSES PEMBELAJARAN

 

ASPEK

TUJUAN

INDIKATOR KEBERHASILAN

STRATEGI/ METODE KERJA

SKENARIO KEGIATAN

SUMBER DAYA YANG DIGUNAKAN

PENILAIAN DAN INSTRUMEN

Pelaporan hasil pemantauan dan supervisi proses pembelajaran

Memenuhi Transparansi dan akuntabilitas kegiatan kepengawasan proses pembelajaran

Tersusunnya laporan hasil pengawasan  proses pembelajaran semester II

Pengumpulan data, penyusunan laporan

a. Pengumpulan data hasil pengawasan

b. Penyusunan laporan.

a. Hasil pemantauan

b. Hasil supervisi

c. Hasil evaluasi proses pembelajaran

 

Rekapitulasi  hasil penga-wasan proses pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

            2.5. RENCANA TINDAK  LANJUT  HASIL PENGAWASAN PROSES PEMBELAJARAN

 

No

NAMA GURU

NILAI KINERJA

TINDAK LANJUT

KETERANGAN

1.

 

 

1)   Penguatan dan penghargaan

2)   Guru diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/pe­nataran lebih lanjut.

Guru yang nilai kinerjanya telah memenuhi standar

2.

 

 

1)   Teguran yang bersifat mendidik (teguran lisan/ tertulis)

2)   Guru diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/pe­nataran lebih lanjut.

Guru yang nilai kinerjanya telah memenuhi standar


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

 

                     Program pengawasan proses pembelajaran merupakan pedoman bagi kepala sekolah dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. Program pengawasan proses pembelajaran disusun selaras dengan visi, misi dan tujuan pendidikan di sekolah. Program yang disusun diarahkan pada layanan professional kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam penyusunan program pengawasan proses pembelajaran, antara lain :

1.         Kegiatan pengawasan proses pembelajaran dikembangkan atas dasar hasil pengawasan pada tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa pengawasan proses pembelajaran harus dilaksanakan secara berkesinambungan. Dalam hal ini diterapkan prinsip peningkatan mutu berkelanjutan (continous quality improvement ). Walaupun terjadi pergantian kepala sekolah, kepala sekolah yang baru harus tetap memperhatikan apa yang telah dilaksanakan serta dicapai oleh kepala sekolah sebelumnya.

2.         Kegiatan pengawasan proses pembelajaran mengacu pada kebijakan pendidikan baik itu kebijakan pendidikan yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) di tingkat pusat maupun dinas pendidikan setempat (Kabupaten/Kota).

3.         Program kegiatan pengawasan proses pembelajaran memuat prioritas pembinaan dengan target pencapaiannya dalam jangka pendek (semester), jangka menengah       (1 tahun), dan jangka panjang (3-4 tahun).  Sasaran prioritas jangka pendek ditetapkan atas dasar persoalan / masalah yang dihadapi oleh setiap guru. Keragaman persoalan yang dihadapi akan membedakan sasaran prioritas pengawasan pada setiap guru.

4.         Pelaksanaan program pengawasan proses pembelajaran bersifat fleksibel namun tidak keluar dari ketentuan tentang pembinaan terhadap guru. Kepala sekolah memiliki wewenang dalam menetapkan, metode kerja, langkah-langkah, dan indikator keberhasilan program pengawasan proses pembelajaran dengan memperhatikan kemampuan guru yang bersangkutan.

 

   Margamulya, .............

Kepala Sekolah

 

 

 

 

JAJANG SURYANA, S.Pd.SD

NIP. 19630216 198305 1004

                                                                                                

No comments:

Post a Comment